Undian Pipis Jutaan

WhatsApp Image 2021-04-09 at 14.06.16.jpeg
4.00
(7 votes)
Photo credit
Contributor
Ni Luh Putu Lisna Erikayani
Wikithon competition
Misinformation


Made Ariyana

5 months ago
Score 1
Sekadi mantap niki

EniSulistia

5 months ago
Score 0
Juk mantappp

You are not allowed to post comments.

Description


English

Balinese

Om Swastyastu. Sane pinih ajeng, ngiring ngaturang sesanti angayu bagia majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa duaning asung kerta wara nugrahan ida, iraga polih kerahayuan kerahajengan sakadi mangkin.

Ade pepatah ane ngraos care kene uang bukanlah segalanya, tapi segalanya perlu uang . Yen sube kene lantas, nyen an sing demen ajak pipis? Apabuin pipis ento maan gratis lan ento tusing je madan bedik. Jani tiang lakar macerita unduke dugas pidan rikala ade sane nanjenang pipis gratis. Dugas ipidan, rikala tiang liburan semester, tiang liburan ka umah tiang ring dese. Dugase ento sampun galah siya lebih nem menit petengne, tiang mabalih TV sareng Mek Tut tiange. Nanging Mek Tut sampun sirep maluan ulian ragane kenjel suudan maburuh. Saget suba pas tiang seleg mabalih sinetron, mamunyi hapene ade telpon masuk. Masaut tiang Selamat malam . Sautine ajak ane nelpon ento Selamat malam, dengan saudara Lisna Erikayani? Kesyab bane, adi jeg tawange adane ajak ane nelpon ento. Kene lantas ye ngorahang, Selamat mbak, Anda mendapatkan uang sejumlah tiga juta rupiah dari undian Shopee. Bih, jeg langsung kendel kenehe maan pipis gratis telung juta. Tuturange suba engken carane apang bakat pipise ento. Saget nagih pipis voucher Shopee pay keto ring aplikasine, telung atus ye nagih, lakar anggone ongkos ngirim kone. Saking dotne ajak pipise ento, keorahin benjep biin nelpon karna tiang lakar ngalih solusi engken carane ngemang bli ane nelpon to pipis voucher e. Buin lantas bli ne ento nelpon, oraine ngasukang kode ane ade di SMS e. Karna sing nawang lan sing ngeh ajak bacaan ane di SMS e ento, bakat orahang kodene. Mare pas nelpon to sambilang meorahan jak timpale lewat WhatsApp. We raga maan pipis tiga juta, uli undian Shopee. Seken je to? Tuturine ajak timpale, nak to penipuan kone. Mara kirimange berita-berita ane misi penipuan-penipuan care keto. Bah, mare ketug bayune, kesyab bane ajak berita ane kebaca to. Karna busan be matiange telpone ajak ane ngemang hadiah undian ento. Buin telpone, nagih pipis voucher ane lakar anggone ongkos kirim. Keorahang sube peteng, sing ngidang pesu, lan sing ade tongos top up di dese. Buin manine biin tiang telpone, nagih ongkos kirime ento. Nanging sing bakat angkat telpone. Nanging jelene akun aplikasi ane kone ngemang hadiah ento suba bakatange, tiang sing ngidang muka biin. Agetne tiang sing taen meblanja lewat aplikasine ento.

Yen suba kene dadi baan ulian pipis telung juta iraga kilangan pis telung atus? Apabuin pipis ane telung juta ento konden je lakar bakatang. Pipis telung atus payu ilang, pipis telung juta sing bakat. Jani lan sareng sami bijak yening maan informasi sane tawah utawi ten melah. Sampunang mase enggal percaye ngajak anak sane durung iraga kenal. Apabuin kanti ade ane ngorahang ngemang pipis nanging misi nagih foto kartu keluarga utawi identitas pribadi sane lianan, sampunang pun baange. Iraga mase patut seleg ngwacen surat kabar, ring media online utawi media cetak, apang nawang mase perkembangan ring jagate puniki. Bin abesik, sampunang ragu metakon utawi macarita ajak timpale, apang nawang mase, saget ye suba maluan maan ngasanin utawi maan informasi.

Wantah asapunika sane prasida titiang atur, kirang langkung nunas genggrene sinampura. Tiang sineb antuk paramasantih. Om Santih, Santih, Santih Om

Indonesian

Om Swastyastu.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena atas anugerah-Nya lah kita diberi kelancaran hingga saat ini.

Ada pepatah yang mengatakan seperti ini "uang bukanlah segalanya, tapi segalanya perlu uang." Kalau sudah seperti ini, siapa yang tidak suka kepada uang? Apalagi uang tersebut didapatkan secara gratis dan jumlahnya tidak sedikit. Sekarang saya akan menceritakan kejadian dulu dimana ada orang yang menawarkan uang gratis kepada saya. Dulu, di saat saya liburan semester, saya liburan ke rumah di kampung halaman. Pada saat itu sudah sembilan lewat enam menit di malam hari, saya menonton TV bersama Mek Tut. Tapi Mek Tut sudah tidur terlebih dahulu karena lelah selesai dari bekerja serabutan. Ketika saya sedang menonton sinetron, berdering handphone saya, ternyata ada panggilan masuk. Saya jawab "Selamat malam." Kemudian dia yang menelpon tersebut kemudian menjawab "Selamat malam, dengan saudara Lisna Erikayani?" Saya merasa kaget, kenapa bisa nama saya diketahui sama seseorang yang ada dalam panggilan tersebut. Kemudian dia berbicara seperti ini, "Selamat mbak, Anda mendapatkan uang sejumlah tiga juta rupiah dari undian Shopee." Wah, saya merasa sangat bahagia karena mendapatkan uang tiga juta secara gratis. Si penelpon akhirnya memberikan informasi bagaimana caranya agar uang tersebut saya dapatkan. Ternyata dia meminta voucher Shopee pay di aplikasi tersebut, dia meminta uang sejumlah tiga ratus ribu rupiah, katanya mau dipakai sebagai biaya kirim. Karena sangat ingin mendapatkan uang tersebut, saya kasi tahu agar menelpon saya nanti karena saya ingin mencari solusi bagaimana caranya saya memberikan uang voucher tersebut. Akhirnya seseorang tersebut kembali menelpon, saya diminta memasukkan kode yang ada di SMS saya. Karena saya tidak tahu dan tidak sadar akan bacaannya, dan saya terlanjur memberitahukan kode yang saya dapatkan. Ketika saya sedang menelpon, saya juga memberi tahu kepada teman saya tentang apa yang sedang saya alami melalui WhatsApp. "We aku dapat uang tiga juta, dari undian Shopee. Bener ngga ya?" Akhirnya teman saya memberikan saya nasehat, bahwa itu penipuan. Dia memberikan saya informasi dan berita yang berisi tentang penipuan yang sejenis. Saya merasa takut sekaligus kaget dengan berita yang telah saya baca. Karena tadi telponnya sudah berakhir, maka dihubungi lagi oleh seseorang yang mengaku memberikan uang tersebut. Dia menelpon untuk meminta uang voucher yang ia akan gunakan sebagai biaya kirim tersebut. Saya katakan sudah malam, tidak bisa keluar rumah, dan tidak ada tempat untuk top up Shopee pay di desa. Keesokan harinya, nomor tersebut kembali menelpon untuk meminta biaya pengiriman, karena sebelumnya ia sudah berjanji akan menelpon keesokan harinya. Namun, panggilan tersebut tidak saya angkat. Musibahnya adalah akun aplikasi yang dipakai iming-iming untuk memberikan saya hadiah uang tersebut sudah tidak bisa saya buka karena di hack oleh orang yang menelpon. Untungnya, saya tidak pernah belanja online di aplikasi tersebut.

Kalau sudah seperti ini, mungkinkah hanya karena uang tiga juta kita kehilangan uang tiga ratus? Apalagi uang tiga juta tersebut belum tentu kita dapatkan. Uang asli tiga ratus hilang, tapi uang tiga juta tidak juga didapatkan. Oleh sebab itu, maka marilah kita bersama-sama bijak ketika mendapatkan informasi yang aneh atau tidak baik. Jangan juga terlalu percaya dengan seseorang yang belum atau baru saja kita kenal. Kita juga harus tetap rajin membaca surat kabar, baik media online maupun media cetak, agar kita juga tahu akan perkembangan dari dunia ini. Satu lagi, jangan ragu untuk bertanya ataupun bercerita kepada teman, agar kita juga bisa berbagi cerita, dan siapa tahu dia sudah terlebih dahulu merasakan ataupun mendapatkan informasi tentang suatu hal.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya meminta maaf. Saya tutup dengan paramasanthi.

Om Santih, Santih, Santih Om

Other local Indonesian Language ( )