Usefulness of the Bali Wiki Basa Platform as a Space for Expression

20221113T154339000Z329013.jpg
0
Vote
Title (Other local language)
Kawigunan Platform Basa Bali Wiki Kaanggen Ruang Berekspresi Lan Matetimbangan
Photograph by
Issue name
Year
ISBN
Reference for photograph
Author(s)
Subject(s)
    Reference
    Related Places
    Event
    Related scholarly work
    Reference
    Competition
    Pemaksimalan
    Category
    University
    Affiliation


    Swandewi Putu

    2 months ago
    Score 0
    Saya sangat setuju dengan opini ini dan sangat benar yang dikatakan oleh kelompok ini bahwa bahasa Bali Wiki adalah satu platform digital yang sangat bagus di zaman sekarang, karena beberapa anak zaman sekarang berbicara atau menggunakan bahasa Bali sangat kurang karena kebanyakan anak zaman sekarang berbicara menggunakan bahasa Indonesia,kalau ditanya apa bahasa Balinya ini mereka pun agak ragu untuk menjawab karena pengaruh perkembangan zaman, untungnya ada platform bahasa Bali Wiki yang berkembang di era sekarang ini yang bisa membuat anak-anak belajar bahasa Bali atau yang sedang kesusahan belajar bahasa Bali atau mencari kosa kata bahasa Bali bisa langsung mencari platform ini, selain itu platform bahasa Bali Wiki ini juga bisa menjadi wadah untuk kita berkreativitas karena platform bahasa Bali Wiki sering mengadakan wikithon yaitu Wiki marathon yaitu lomba -lomba, seperti lomba membuat Vidio pemanfaatan bale Banjar dan seperti sekarang membuat opini ,yang bermanfaat bagi kita semua, tentunya paltform bahasa Bali Wiki ini sangat melestarikan atau me-ajeg kan budaya Bali.diharapkan generasi muda zaman sekarang bisa memanfaatkan platform ini untuk belajar dan agar budaya bali tidak tertinggal dizaman sekarang ini dan masih tetap ajeg sampai kapanpun

    You are not allowed to post comments.

    How can the BASAbali Wiki platform encourage you to participate with civic issues?

    Description


    In English

    In Balinese

    Media sosial dados wangun perkembangan teknologi informasi komunikasi inggih punika sarana mababaosan sane nenten dados lali kawentenannyane. Media sosial pinaka ruang publik antuk nyobyahang kebebasan berekspresi miwah berpendapat ngwangun jagat demokrasi sane partisipatif. Utsaha pelibatan media punika patut kacumpu olih pemerintah mejalaran antuk penjaminan demokrasi taler kebebasan mababaosan ring Indonesia.

    Indik kawentenan punika, Basa Bali rauh utawi hadir kaangge silih sinunggil platform digital sane mendukung dua hal punika, ruang beropini lan didukung malih antuk nglimbakang penggunaan teknologi. Asapunapi kaangge ruang publik, Basa Bali Wiki jagi mempertemukan sarwa tetimbangan utawi isin kepala akeh kramane. Ngawinang wenten pabligbagan selagan pengguna ring kolom komentar sane sampun kasediaang nenten bisa kahindarin.

    Basa Bali Wiki inggih punika platform sane maguna antuk ngajegang budaya bali. Tetimbangan iraga antuk kawentenan platform niki inggih punika basa bali ngidang kalimbakang wit ngidang kalestariang, asapunika iraga uning enu akeh para yowana lan cerik - cerike jani nenten tertarik malajah basa bali krana anggepnyane basa bali punika membosankan, keweh lan nenten mengikuti zaman. Nika ngawinang Basa Bali Wiki rauh antuk memberantas stigma negatif teken basa bali.

    Ring zaman sane mangkin,ten kaloktah hadiah stata prasida kaangen dadalan para yowana ne mangkin manyarengin wimbakara sane kasobiahang ring masyarakat sakadi ring Basa Bali wiki, nenten je ulian hadiah kemanten,ring wimbakara basa bali wiki sane kreatif puniki sakadi sane sampun lintang sakadi wawancara ngindikin pemanfaatan bale banjar anggen para yowana istri. Ring manut arsa titiang,platfrom puniki becik pisan kaangen genah nyobiahang penampen iraga sane katujon mangdan prasida kapireng ring pemerintah,lan stata pastika aman anggen iraga mablibagan utawi nyobiahang penampen iragane.

    Pastika akeh keluh kesah utawi suara sane kayun iraga sobiahang ring publik, sakewanten daweg lintang puniki iraga sareng sami nenten uning sapunapi antuk nyobiahang ring publik. Iraga sareng sami sapatutnyane sadar diri, indik yening iraga wantah krama biasa nenten ja pemerintah. Napi malih yening sajebag isu publik, pastika pendapat iraga nenten ja lakar kapiragi olih pemerintah. Lianan punika, iraga madue rasa jejeh ritatkala nyurat ring platform yening nenten jakti keni suksman sasuratan iraga. Dados masyarakat sane nenten madue kakuatan sakadi masyarakat sipil,pastika nyane penampen iraga kapah kapireng ring pejabat utawi pemerintah.

    Basa bali wiki wenten kaangen akomodasi lan ruang mablibagan,dumogi para yowana prasida wikan nganggen media sosial saantukan teknologi mangkin sampun berkembang,punang kanti iraga katinggal zaman. Nenten je platfrom kemanten sane wikan ring teknologi,nanging iraga patut masih matindakan yening wenten sane ten manut ring arsa.

    Basa Bali Wiki inggih punika platfrom bahasa bali sane kapertama kapercaya lan terverifikasi keamanan lan manfaatnyane. Sajabaning melestarikan bahasa bali,kebudayaan miwah sastra nyane platfrom puniki kaangen masih ring masyarakat ring bali. Kaangen antuk nekedang penampen ring opini isu terkini sakadi politik utawi isu sipil. Niki ngranayang iraga dados masyarakat kristis nanging stata berbudaya.

    Sane nenten tatas ring bahasa bali,nenten perlu je khawatir saantukan ring platfrom basa bali wiki kasadiang tiga bahasa minakadi,bahasa bali,indonesia miwah bahasa inggris. Basa bali wiki sampun kauningin ring manca negara,puniki asil perubahan saking founder basa bali wiki saantukan prasida makta bahasa bali ring kancah internasional.

    In Indonesian

    Media sosial sebagai bentuk perkembangan teknologi informasi komunikasi merupakan sarana komunikasi yang tidak dapat diabaikan keberadaannya. Media sosial sebagai ruang publik untuk merealisasikan kebebasan berekspresi dan berpendapat mendorong negara demokrasi yang partisipatif. Tentunya, upaya pelibatan media tersebut harus didukung oleh pemerintah melalui penjaminan demokrasi dan kebebasan berbicara di Indonesia.

    Maka dari itu, Basa Bali Wiki pun hadir menjadi salah satu platform digital yang mendukung dua hal tersebut, ruang beropini dan juga didukung oleh pengembangan penggunaan teknologi. Sebagai ruang publik Basa Bali Wiki akan mempertemukan sejumlah opini maupun isi kepala orang lain. Sehingga adanya diskusi antara pengguna melalui kolom komentar yang telah disediakan tidak dapat dihindarkan.

    Basa Bali Wiki adalah sebuah platform yang mana berfungsi untuk meng-ajeg kan budaya bali, menurut saya dengan adanya platform ini maka bahas bali akan terus bisa dikembangkan dan juga dilestarikan, yang mana banyak sekali anak-anak muda saat ini yang enggan belajar tentang bahasa bali, mereka mengganggap bahwasannya bahasa bali itu membosannkan, susah, tidak mengikuti zaman, dan lain sebagainnya. Maka dari itu didirikannya Basabali Wiki ini sendiri untuk memberantas stigma negatif tentang bahasa bali.

    Pada zaman sekarang, tak bisa dihindarkan bahwa hadiah selalu bisa menjadi alasan untuk seseorang mengikuti sebuah kompetisi ataupun kegiatan. Tak terkecuali Basa Bali Wiki menghadirkan hal tersebut setiap kompetisi atau lomba yang diadakan. Bukan karena hadiahnya juga, melainkan kompetisi yang diadakan oleh Basa Bali Wiki juga sangat kreatif misalnya pada waktu lalu sempat ada lomba untuk wawancara terkait pemanfaatan Bale Banjar untuk perempuan. Jadi, menurut saya Platform Basa Bali Wiki sangat bermanfaat dan menjadi salah satu platform yang menjanjikan jaminan keamanan bagi kita yang ingin menyuarakan pendapat.

    Pasti banyak keluh kesah maupun suara yang ingin kita sampaikan ke publik, namun sejauh ini kita tidak tau bagaimana untuk merealisasikannya. Kita sadar diri, bahwa kita hanya masyarakat biasa yang kemungkinan kecil suara kita didengar. Apalagi jika lingkup isu publik, mungkin terdengar tidak mungkin untuk suara kita didengar. Terkadang disaat kita sudah menulis keresahan kita untuk pemerintah di suatu platfrom, kita takut jika tulisan tersebut tidak tepat sasaran bahkan bisa saja segera dilupakan.

    Basa Bali Wiki hadir untuk menjadi akomodasi dan ruang berbagi serta beropini dengan sasaran yang tepat. Diharapkan generasi muda sekarang dapat menggunakan media sosial dengan bijak, karena teknologi semakin berkembang jangan biarkan diri kita semakin tertinggal. Jangan hanya platform yang semakin pintar, namun kita sebagai masyarakat juga harus kritis, kreatif dan mengambil tindakan akan suatu keganjilan yang ada di sekitar.

    Basa Bali Wiki merupakan platform bahasa Bali pertama yang terpercaya dan terverifikasi keamanan dan kebermanfaatannya. Selain melestarikan bahasa bali, kebudayaan serta sastranya, platfrom ini juga ternyata membawa masyarakat untuk berani beropini terkait isu sipil maupun politik yang ada. Membawa kita menjadi masyarakat yang kritis namun tetap berbudaya.

    Untuk yang tidak mengerti bahasa Bali, tidak perlu khawatir. Karena, platform ini disediakan dalam 3 bahasa, yaitu Bali, Indonesia dan juga Inggris. Lingkup yang dicapai Basa Bali Wiki ternyata hingga internasional, ini merupakan perubahan besar yang diciptakan oleh founder Basa Bali Wiki karena berhasil membawa bahasa bali ke taraf internasional.