Desa Pelaga

Desa Pelaga.jpg
Name of Place
Desa Pelaga
Reference
Lontar
Events
Folktales
Biographies
Children's Books
Books
Holidays and Ceremonies
Dictionary words

Information about place

Kecamatan Petang, Kabupaten Badung

In English

In Balinese

In Indonesian

Desa Pelaga merupakan desa adat sekaligus desa seni yang sering dikunjungi wisatawan yang suka dengan konsep agrowisata. Lokasinya berada di Gunung Catur, yaitu di puncak Mangu, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Kawasan Desa Pelaga dan agrowisatanya biasa disebut sebagai Bagus Agro Pelaga. Banyaknya ragam vegetasi yang ditanam oleh para warga setempat membuat konsep agrowisata dirasa sangat tepat untuk dikembangkan di Pelaga.

Aneka hasil perkebuna yang paling banyak dikembangkan di Desa Pelaga adalah sayur-sayuran, bunga potong dan buah-buahan, seperti strawberry, vanilla, kopi dan jagung. Desa Pelaga merupakan wilayah dataran tinggi dengan kondisi lahan pegunungan atau perbukitan. Oleh karena itu Desa Pelaga memiliki panorama alam dengan bentangan wilayah menghijau, sehingga udaranya masih segar dan bebas polusi. Hal menarik dari tempat ini sudah tentu keindahan alamnya yang masih hijau. Suasan yag sejuk dan dingin akan membuat wisatawan betah berlama-lama ditempat ini. Saat bertandang ke desa ini, jangan lupa untuk sempatkan diri mengunjungi salah satu jembatan tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Jembatan Tukad Bangkung. Dari jembatan tinggi ini, pengunjung akan dapat menyaksikan keindahan luar biasa Desa Pelaga yang asri dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, di Desa Pelaga juga terdapat air terjun bernama Air Terjun Nungnung yang menjadi salah satu objek wisata di Pelaga. Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian 50 meter dan luas 0.4 hektar dengan debit air cukup besar. Selain air terjun, di Pelaga terdapat pula Puncak Mangu di mana ada sebuah pura dengan ukuran 14 x 24 meter. Di puncak Mangu ada beberap pelinggih dan bangunan yang bernilai sejarah kepurbakalaan.

Ketika berkunjung ki Desa Pelaga, disamping melihat keunikan alam, seperti Air Terjun Nungnung, Puncak Mangu dan Tukad Bangkung, wisatawan juga bisa memanfaatkan tempat ini untuk berolahraga (jogging), tracking dan bersepeda atau bisa juga untuk sekadar menikmati indahnya pemandangan alam pedesaan.


http://www.desapelaga.badungkab.go.id/


I Kadek