Soroh Upacara Ngaben
- Title of Work
- Soroh Upacara Ngaben
- Type
- Traditional Text
- Photo Reference
- Location
- Credit
- Reference
- NGABEN DI KREMATORIUM (Fenomena Perubahan Sosial di Bali), GPB Suka Arjawa, 2010
- Background information
Summary
In English
In Balinese
Ada makudang-kudang soroh Upacara Ngab n di Bali krana nganutin lontar-lontar, sastra Agama, lan padrestan di soang-soang desa, kala, muah patra. Lenan ento masih ada pengaruh uli Hindu ane teka ka Bali sekat jaman Mpu Kuturan kanti Dang Hyang Nirartha, ane ngeranaang ada makudang-kudang tafsiran. Manutin bangke layonne 1. Sawa Wedana, soroh ngab n an kalaksanaang baan morbor bangk layon matah. Bangk layon ento tusing misi matanem utawi makingsanang, k wala prajanian kaupacarain ngab n. Ngab n di Krematorium cara janin nyidang masuk di soroh en . 2. Asti W dana, soroh ngab n an bangk layon mara tuah katanem kakingsanang di pertiwi. Lantas ento eb ta teken kulawargan , laut ab nanga. Kewala ada masih tusing mab t tuah nganggon pinget simbolis . 3. Swasta, soroh ngab n an ngupacarain pinget sawa krana bangk layon anak ento tusing tepukina utawi ilang.
Manutin apa ane kaborbor 1. Sawa Preteka, ngaben ane morbor bangke layon matah 2. Sawa Wedana, ngabe ane morbor bangke layon ane simalunane tuah makingsan di pertiwi kewala pangawakane enu. 3. Asti Wedana ngaben ane morbor tulang-tulang. tulang-tulange ena kabakatang di setra tongos ngingsanang bangke layon anake mati. 4. Swasta, soroh ngab n an ngupacarain pinget sawa krana bangk layon anak ento tusing tepukina utawi ilang.
Manutin tingkatan yadnya 1.Utama kakepah dadi telu utamaning utama, madyaning utama, kanistaning utama 2.Madia kakepah dadi telu utamaning madya, madyaning madya, dan kanistaning madya 3.Nista kakepah dadi telu utamaning kanista, madyaning kanista, dan kanistaning kanista
In Indonesian
Ada berbagai ragam jenis ngaben di Bali. Ini dikarenakan adanya berbagai lontar-lontar, sastra Agama, dan kepercayaan lokal di Desa, kala dan patra. Disamping itu juga disebabkan oleh banyaknya pengaruh Hindu yang datangnya bergelombang ke Bali sejak jaman Mpu Kuturan, sampai dengan Dang Hyang Nirartha, yang membuat penafsiran-penafsiran tersebut menjadi beragam.
Berdasarkan keadaan jenasah
1.Sawa wedana adalah upacara ngaben dimana yang dibakar tersebut masih ada jenazahnya. Upacara jenis ini, sangat lazim dilakukan. Begitu orang meninggal, jenazahnya tidak langsung dikubur, melainkan langsung dikremasi. Di jaman sekarang, ada kecenderungan jika orang meninggal akan langsung dibakar. Ngaben yang dilakukan di krematorium, juga termasuk golongan ini.
2.Asti wedana, adalah upacara ngaben dimana jenazah orang yang akan diaben, ditanam atau dikubur terlebih dahulu, sebelum kemudian tulang-belulalangnya diangkut lagi untuk diaben. Ada juga yang menyebutkan bahwa tulang-belulang tersebut tidak perlu dibongkar lagi, melainkan cukup disimboliskan saja.
3.Swasta, adalah upacara ngaben dimana jenazah seseorang tidak ditemukan lagi.
Berdasarkan objek yang dibakar
1.Sawa preteka adalah ngaben, dimana obyek yang dibakar adalah jenazah. 2.Sawa wedana, adalah ngaben, dimana obyek yang dibakar adalah jenazah yang telah sempat ditaman atau dikubur terlebih dahulu. Tetapi jenazahnya masih utuh. 3.Asti wedana, adalah ngaben dengan obyek yang dibakar berupa tulang-tulang. Tulang ini didapatkan dari hasil penggalian terhadap jenazah yang dikubur sebelumnya. Artinya jenazah itu telah lama dikubur sehingga hanya tulang-tulangnya saja yang didapatkan. 4.Swasta adalah ngaben dimana jenazahnya tidak bisa ditemukan lagi (yang dibakar adalah pengawakannya yang merupakan simbol dari jenazah tersebut).
Berdasarkan kuantitas atau tingkatan yadnya 1.Utama dibagi lagi menjadi 3 (utamaning utama, madyaning utama, kanistaning utama) 2.Madia dibagi lagi menjadi 3 (utamaning madya, madyaning madya, dan kanistaning madya)
3.Nista dibagi juga menjadi 3 (utamaning kanista, madyaning kanista, dan kanistaning kanista)Text Excerpt
Bahasa Kawi/Kuno
In English
In Balinese
In Indonesian
Index
Enable comment auto-refresher