What is your hope for 2024 in one word? Post your comments here or propose a question.

PENTING NYA MELESTARIKAN BAHASA BALI

0
Vote
Title
PENTING NYA MELESTARIKAN BAHASA BALI
Affiliation
SMA NEGERI 1 GIANYAR
Author(s)
Category
High School
Year
Photo Credit/Source
Video Credit/Source
School/Org (if applicable)
Location


Add your comment
BASAbaliWiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.

Election 2024: What are the most urgent issues for Bali's leader candidates to prioritize?

In English

In Balinese

Om Swastyastu, suksma mewali- wali, para hadirin sami yang terhormat. Kali ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya melestarikan aksara Bali. Aksara Bali adalah warisan budaya nenek moyang kita yang harus kita jaga dan lestarikan agar tetap hidup dan berkembang. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk memperkenalkan dan melestarikan aksara Bali.

Sakadi sane kita kabeh pacang ngamargiang, Bali puniki taler pacang ngamargiang. Bali puniki taler punya kawentenan sane ngajengang jagat. Sane mangkin, Bali puniki taler pacang ngajengang jagat ngangge aksara Bali. Aksara Bali puniki taler sampun kenten-kenten ngangge olih para wargi Bali, nanging sampun kenten-kenten ngangge olih para wargi mancanegara. Oleh karena itu, kita harus melestarikan aksara Bali agar tetap hidup dan berkembang.

Aksara Bali puniki taler pacang ngamargiang nika mangda para wargi Bali pacang ngamargiang ring kawentenan sane sampun ngajengang jagat. Dados aksara Bali puniki taler sampun kenten-kenten ngangge olih para wargi mancanegara, maka kita punya tanggung jawab kangge ngajengang aksara Bali puniki ring jagat. Salah satunya, kita bisa memperkenalkan aksara Bali puniki kangge para wargi mancanegara, sehingga aksara Bali puniki tetap hidup dan berkembang.

Kita punya tanggung jawab kangge melestarikan aksara Bali puniki, salah satunya dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menggunakan aksara Bali puniki dalam menulis surat, buku, atau bahkan dalam media sosial. Dengan begitu, aksara Bali puniki tetap hidup dan berkembang, dan kita bisa memperkenalkannya kepada generasi muda agar tetap melestarikan budaya Bali. Oleh karena itu, mari kita jaga dan lestarikan aksara Bali puniki agar tetap hidup dan

Matur suksma, para hadirin sami yang terhormat, atas perhatian dan kehadirannya dalam kesempatan ini. Kita telah membahas tentang pentingnya melestarikan aksara Bali sebagai warisan budaya nenek moyang kita. Mari kita jaga dan lestarikan aksara Bali ini agar tetap hidup dan berkembang, sehingga generasi muda pun bisa mengenal dan memperkenalkannya kepada dunia.

Terima kasih. Om Shanti Shanti Shanti Om.

In Indonesian