What is your hope for 2024 in one word? Post your comments here or propose a question.

Baruna Murti

20230330T151008902Z271670.jpeg
Wikithon Winner
0
Vote
Title
Baruna Murti
Photo Credit/Source
@sttgarantika
Artist / contributor
Ni Komang Wydiantari
Genre
Nature
Related Place
SMA Negeri 1 Gianyar
The place does not exists yet in wiki, click to create it
Organization/school

Jury comments

Terima kasih atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara ini. Kontes Teks Ogoh Ogoh oleh Basabali Wiki adalah kontes yang benar-benar konstruktif dan kreatif. Apa yang saya temukan benar-benar positif dalam hal ini adalah cara luar biasa seni tradisional Ogoh Ogoh digabungkan dengan suara independen masyarakat. Seringkali, seni dapat diisolasi dan kehilangan kontak dengan audiensnya. Atau bisa dipraktikkan karena kebiasaan tanpa pemikiran orisinil atau orisinil yang baru. Dalam kombinasi ini, merupakan cara yang segar dan positif untuk menghadirkan bentuk seni ini sebagai cara untuk menyampaikan pemikiran dan masalah yang diangkat oleh masyarakat dalam konteks yang lebih luas. Ini akan menyatukan lebih banyak pikiran. Keluar dari banjar atau desanya sendiri, memungkinkan audiens yang lebih luas untuk menikmati dan berinteraksi dengan Ogoh Ogoh yang berbeda. Ini juga merupakan tanda bahwa seni sedang bertransformasi dan berkembang bersama masyarakat. Yang berarti hidup dan berkembang.

Untuk para peserta, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah berbagi pemikiran dan keprihatinan Anda. Karena semua entri adalah sesuatu yang saya pelajari. Senang mendengar tentang isu-isu terkini yang diangkat oleh anggota masyarakat dari semua daerah. Ini menunjukkan bahwa semangat komunitas di Balit berkembang dan sangat menggembirakan mengetahui bahwa komunitas kami memiliki tingkat kepedulian yang tinggi. Jika saya dapat menawarkan rekomendasi untuk peserta, itu akan mempertimbangkan pertanyaan dengan hati-hati, karena beberapa jawaban, meskipun mengangkat topik yang menarik, tidak menjawab persyaratan kontes dengan cukup jelas. Yang lainnya adalah,.. perlu diingat bahwa kontribusi pada platform Basabali Wikis inilah yang membuat Basabali Wiki tumbuh dan menguat. Agar peserta menginput informasi dengan jelas dan mengisi kolom data semampunya.

Sekali lagi terima kasih atas kesempatannya, senang dan pengalaman yang luar biasa menjadi bagian dari tim juri Basabali Wikithon. Dewi Dian Reich (Seniman & Founder Sawidji Gallery)


I Gst. Ngr. Wiriawan (Perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali) Evaluasi: 1. Lomba sudah bagus, dan menjadi inspirasi bagi kami di Disbud untuk kegiatan selanjutnya yg berkaitan dengan bahasa Bali. 2. Banyak peserta yg sudah menyampaikan caption dengan bahasa yg baik, tp blm mengarah ke substansi yg menjadi pertanyaan dari kriterio lomba. 3. Kedepannya perlu diperjelas lg dalam kriteria tentang perincian dari kriteria penilaian, biar tidak ada kekeliruan persepsi dari peserta.

4. Terus laksanakan lomba seperti ini sebagai langkah memasyarakatkan bahasa Bali dalam dunia luas


Anonymous user #1

one month ago
Votes 0 You
Mantap
Add your comment
BASAbaliWiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.

What values do you want the government to learn from your choice of Ogoh-ogoh?

In English

Lord Baruna is the presiding deity over the sea. The sea is a source of holy water when carrying out the Yadnya ceremony . However, nowadays the holiness of the sea is diminishing because people like to throw rubbish into the sea. This makes the sea polluted and causes fish to die. The government should issue strict rules and regulations so that the people will no longer throw waste into the sea. Based on strict regulations of the government, the people will contribute to the beauty and purity of the sea. If the government and the people are consistent in preserving the beauty and the purity of the sea, it will be long-lasting.

In Balinese

Sang Hyang Baruna inggih punika Bhatara sane malinggih ring Segara. Segara sane kaanggen tirtha suci ritatkala ngelaksananyang upakara Yadnya.

Nanging ring aab jagate mangkin kasucian Segarane punika ngancan rered sangkaning parilaksanan masyarakate sane demen ngentungang lulu ring segara ngeranayang toya segarane punika tercemar mewastu sekancan ulam sane maurip ring segara punika padem. Pemerintah sepatutnyane ngaryanin peraturan utawi sanksi sane tegas majeng ring masyarakat mangdane nenten malih ngentungang lulu ring Segara. Malarapan antuk peraturan tegas saking pemerintah, masyarakate sareng nyaga keasrian miwah kesucian segarane Yening sampun pemerintah sareng masyarakate konsisten mliara keasrian miwah kesucian segarane sinah sampun Segarane punika lestari

In Indonesian

Sang Hyang Baruna adalah dewa yang berstama di laut. Laut sebagai sumber air suci ketika melaksanakan upacara Yadnya.

Namun pada zaman sekarang, kesucian laut semakin berkurang karena perilaku masyarakat yang senang membuang sampah ke lautan, sehingga air laut tercemar dan mengakibatkan ikan yang hidup di laut menjadi mati. Pemerintah seharusnya membuat peraturan atau sanksi yang tegas kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut. Berdasarkan peraturan tegas dari pemerintah tersebut, masyarakat berkontribusi menjaga keasrian dan kesucian laut.

Apabila pemerintah dan masyarakat sudah konsisten memelihara keasrian dan kesucian laut maka lestarilah laut tersebut.