What is your hope for 2024 in one word? Post your comments here or propose a question.

Titah Pemerintah Saksat Mantraning Jagat

20230328T050717640Z333203.jpeg
Wikithon Winner
0
Vote
Title
Titah Pemerintah Saksat Mantraning Jagat
Photo Credit/Source
https://www.instagram.com/p/CqIuh-zpi0J/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
Artist / contributor
Krisna Dewantara; Permana Mahardika; Agus Suambaranata
Genre
-
Related Place
Organization/school

Jury comments

Terima kasih atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara ini. Kontes Teks Ogoh Ogoh oleh Basabali Wiki adalah kontes yang benar-benar konstruktif dan kreatif. Apa yang saya temukan benar-benar positif dalam hal ini adalah cara luar biasa seni tradisional Ogoh Ogoh digabungkan dengan suara independen masyarakat. Seringkali, seni dapat diisolasi dan kehilangan kontak dengan audiensnya. Atau bisa dipraktikkan karena kebiasaan tanpa pemikiran orisinil atau orisinil yang baru. Dalam kombinasi ini, merupakan cara yang segar dan positif untuk menghadirkan bentuk seni ini sebagai cara untuk menyampaikan pemikiran dan masalah yang diangkat oleh masyarakat dalam konteks yang lebih luas. Ini akan menyatukan lebih banyak pikiran. Keluar dari banjar atau desanya sendiri, memungkinkan audiens yang lebih luas untuk menikmati dan berinteraksi dengan Ogoh Ogoh yang berbeda. Ini juga merupakan tanda bahwa seni sedang bertransformasi dan berkembang bersama masyarakat. Yang berarti hidup dan berkembang.

Untuk para peserta, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah berbagi pemikiran dan keprihatinan Anda. Karena semua entri adalah sesuatu yang saya pelajari. Senang mendengar tentang isu-isu terkini yang diangkat oleh anggota masyarakat dari semua daerah. Ini menunjukkan bahwa semangat komunitas di Balit berkembang dan sangat menggembirakan mengetahui bahwa komunitas kami memiliki tingkat kepedulian yang tinggi. Jika saya dapat menawarkan rekomendasi untuk peserta, itu akan mempertimbangkan pertanyaan dengan hati-hati, karena beberapa jawaban, meskipun mengangkat topik yang menarik, tidak menjawab persyaratan kontes dengan cukup jelas. Yang lainnya adalah,.. perlu diingat bahwa kontribusi pada platform Basabali Wikis inilah yang membuat Basabali Wiki tumbuh dan menguat. Agar peserta menginput informasi dengan jelas dan mengisi kolom data semampunya.

Sekali lagi terima kasih atas kesempatannya, senang dan pengalaman yang luar biasa menjadi bagian dari tim juri Basabali Wikithon. Dewi Dian Reich (Seniman & Founder Sawidji Gallery)


I Gst. Ngr. Wiriawan (Perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali) Evaluasi: 1. Lomba sudah bagus, dan menjadi inspirasi bagi kami di Disbud untuk kegiatan selanjutnya yg berkaitan dengan bahasa Bali. 2. Banyak peserta yg sudah menyampaikan caption dengan bahasa yg baik, tp blm mengarah ke substansi yg menjadi pertanyaan dari kriterio lomba. 3. Kedepannya perlu diperjelas lg dalam kriteria tentang perincian dari kriteria penilaian, biar tidak ada kekeliruan persepsi dari peserta.

4. Terus laksanakan lomba seperti ini sebagai langkah memasyarakatkan bahasa Bali dalam dunia luas


Add your comment
BASAbaliWiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.

What values do you want the government to learn from your choice of Ogoh-ogoh?

In English

It is said that offerings can be made perfect by mantras. What would happen if one mispronounced a mantra? It is true that in every ceremony, the offerings are perfected by mantras. The main power of a mantra is that it can bring the world to life. The same goes for the voice of the government; it can change the world. The government's orders must be executed by the people. Therefore, the government should think carefully before giving orders. The government should consider the people's opinions so that the best decision can be made. The government should not rush because it can make the people suffer. Being a government is not easy. If the decision is wrong, the world will suffer.

In Balinese

Kocap sarana upakara sida kaparipurnayang antuk mantra. Punapi dadosne yening iwang ngucap mantra? Ring sajeroning upakara, wenang sampun Sarana ta Mantra . Kautaman mantra sida nguripang jagat. Pateh sakadi titah ratuning jagat, prasida nguwah jagat. Suaran pemerintah wantah swadharma krama sane patut kamargiang. Punika ngawinang dados pemerintah patut tiling makayun sadurung mutusang titah. Patut matetimbang ring panampen anyar para krama. Mangda titah sane medal wantah pamutus pinih luih. N nten dados patigrusu mangda n nten pamutus punika ngawinang kramane sayan sangsara. Sujatinne nenten ja dangan dados pemerintah, iwang ngucap sida nyengkalen jagat.

In Indonesian

Konon sarana upacara bisa disempurnakan dengan mantra. Bagaimana jadinya kalau salah merapalkan mantra? Pada setiap upacara, memang benar “Sarana ta Mantra” (sarana disempurnakan oleh mantra). Keutaan mantra bisa menghidupkan dunia. Sama halnya dengan perintah penguasa wilayah, bisa merubah dunia. Suara pemerintah adalah kewajiban rakyat yang harus dijalankan. Hal tersebut yang menyebabkan sebagai pemerintah harus berpikir dengan teliti sebelum memutuskan perintah. Harus mempertimbangkan pendapat baru para rakyat. Agar perintah yang dikeluarkan adalah keputusan yang terbaik. Tidak boleh tergesa-gesa agar tidak keputusan tersebut yang membuat rakyat semakin sengsara. Sebenarnya menjadi raja tidaklah mudah menjadi pemerintah, salah berucap maka akan mencelakakan dunia.