UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Seorang Siswa Ingin Mengumpul Tugas Di Masa Pandemi Covid 19". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Literature Lestari bali  + (Semoga Bali selalu jadi tempat wisata yang paling indah untuk wisatawan luar dan selalu asri)
  • Literature Bali Era Baru New  + (Semoga Bali semakin maju ke depannya dan sukses.)
  • Literature Membangun bali lebih maju  + (Semoga pemuda pemudi dibali terus berkaryaSemoga pemuda pemudi dibali terus berkarya,menggunakan teknologi yang sudah canggih ini dengan hal yang positif,menjadikan bali menjadi provinsi yang maju,menjaga adat dan budaya bali agar tetap lestari dan tidak hilang karena budaya barat,mari bersama sama membangun bali menjadi lebih majuama sama membangun bali menjadi lebih maju)
  • Keep Preserving Balinese Culture and Customs  + (Semoga pulau Bali bisa terus bangkit dengan kebudayaan dan Adat istiadat nya yang akan membuat dunia pariwisata semakin bersemarak.)
  • Literature Harapan untuk semua orang dan di Pulau Bali  + (Semoga semua orang di Bali bisa hidup dengan damai dan sejahtera. Semoga Bali menjadi tempat wisata lestari, terjaga subak, seni dan budaya Bali, dan semoga mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.)
  • Literature Harapan Pelajar untuk Pemimpin Era 2024  + (Semoga, melalui video ini. Harapan saya sebagai seorang pelajar kepada pemimpin yang terpilih kelak tahun 2024 tersampaikan. Jadilah pemimpin yang mengambil keputusan selalu untuk kebaikan rakyat.)
  • Om Swastyastu  + (Semua agama di Indonesia memiliki salamnya masing-masing, begitu pun dengan agama Hindu memiliki salam "Om Swastyastu". Om Swastyastu bermakna semoga ada dalam keadaan baik atas karunia Hyang Widhi.)
  • Sang Mong Nangtang Manusa  + (Semua binatang di hutan Jenggala Sila takuSemua binatang di hutan Jenggala Sila takut kepada harimau. Sebab harimau buas dan suka menerkam binatang lainnya. Kijang, kambing, kera, banteng, kuda, semua diburu dan dimangsa. Binatang buas dengan kuku dan taring tajam itu juga mengalahkan binatang besar seperti gajah. Sejak saau itu, suasana di hutan Jenggala Sila mencekam. “Lebih baik menghindari harimau daripada binasa diterkam binatang buas itu,” keluh kesah para binatang di hutan Jenggala Sila. </br></br>Suatu siang, harimau jalan-jalan di hutan. Saat itu ia melihat seekor gajah sedang berteduh di bawah pohon. </br></br>“Hai, gajah,” gertak harimau.</br></br>“Bangun, bangun, bangun. Cepatlah menyembah. Rajamu datang kenapa kau masih tidur. Tidak punya etika kau. Bangun, bangun, bangun!”</br> </br>“Ampun paduka,” ucap gajah.</br></br>Gajah teringat akan temannya yang mati diterkam binatang belang itu. Ia tertidur bukan karena tidak hormat, namun karena sakit. </br></br>“Hanya tubuhmu yang besar namun kau bodoh dan penakut,” ledek harimau.</br></br>Gajah berusaha berdiri. Ia mengangguk-anggukkan kepalanya pertanda beri hormat. Dalam hati Gajah menggerutu, “Sombong sekali kau. Tunggu balasanku.”</br></br>“Mohon ampun paduka. Benar saya binatang bodoh, namun bukan penakut. Lihatlah punggung hamba,” jawab gajah sambil menunjukkan luka di punggung yang masih berdarah. “Hamba baru saja usai bertarung dengan manusia. Saya marah karena manusia itu merusak kerajaan tuanku. Bahkan manusia itu menantang paduka raja. ‘Siapa rajamu, ayo ke sini bertarung denganku. Akan kubunuh rajamu’. Seperti itu tantangan manusia itu. Saya terpancing dan marah untuk menjaga kewibawaan negeri ini. Saya bertarung dengannya karena dia menantang tuanku. Hamba kejar dan ringkus dengan belalai. Namun manusia itu cepat menghindar dan menyerang hamba dari belakang. Punggung hamba dilukai dengan kapak. Hamba marah dan berusaha mengejarnya lagi. Setelah bertemu lagi dia bilang hamba bukanlah tandingannya. Hamba disuruh pulang dan menyampaikan kepada tuanku. Sebab hanya tuankulah yang sepadan dengan kesaktiannya. Hamba takut menyampaikan tantangan ini kepada paduka. Biarlah hamba yang melawannya walaupun nyawa ini taruhannya. Ini adalah kewajiban hamba melindungi tuanku.”</br></br>“Jangan,” jawab harimau. </br></br>Gajah tersenyum karena telah berhasil membakar amarah harimau. </br></br>“Aku bangga dengan keberanianmu. Biarlah aku yang membinasakan manusia itu, sebab tantangannya ditujukan padaku. Kamu diam saja di sini,” kata harimau. </br></br>“Bersabarlah tuanku,” pinta gajah melanjutkan ceritanya. “Ketika hamba mengatakan kepadanya, hai manusia jagalah perkataanmu. Rajakulah yang terkuat dan terhebat, kau akan binasa. Manusia itu menjawab dengan suara tinggi, aku sudah terbiasa membunuh harimau!”</br></br>Harimau makin marah. Matanya mendelik, ekornya naik. Ia mengaum menunjukkan taring dan kukunya yang tajam.</br></br>“Bagaimana rupa manusia itu, cepat katakana!”</br></br>“Tubuhnya kecil. Berkaki dua, bertangan dua, larinya cepat. Setelah melukai hamba dia lari ke arah timur.”</br></br>Harimau melompat dan berlari meninggalkan tempat itu. Gajah cekikikan karena berhasil memperdayai harimau. </br></br>“Sekarang saatnya kau binasa. Memang kau hebat kuat, namun sombong. Kau akan binasa di tangan manusa. Rasain lu!”</br></br>Harimau berlari kencang. Setiba di tepi jurang, ia melihat lelaki tua mengangkut kayu bakar. Lelaki tua itu berkaki dua, bertangan dua, jalannya tegak. “Pastilah manusia,” pikir harimau. </br></br>“Hai, manusia,” gertak harimau. “Apakah kau manusia yang telah membinasakan banyak harimau? Apakah kau yang melukai gajah?”</br></br>Lelaki tua itu gemetar. Ingin berlari, namun harimau pastilah dapat mengejar dan memangsanya. Ia berusaha menenangkan diri, lalu menjawab perkataan harimau. </br></br>“Maafkan hamba paduka, saya hanyalah menusia bodoh dan lemah. Nama hamba Ketut Nyamprut. Pekerjaan hamba mencari kayu bakar di hutan ini. Hamba manusia lemah manalah mungkin mampu mengalahkan paduka yang maha kuat. Paduku terkenal perkasa,” ucap Ketut Nyamprut. </br></br>“Lalu, siapa manusia kuat yang mampu mengalahkan harimau itu?”</br></br>“Dia adalah teman hamba, namanya Putu Bagas. Dia adalah pemburu pemberani dan sudah banyak membunuh harimau.”</br></br>Amarah harimau berkobar-kobar. Ingin sekali ia segera bertemu pemburu bernama Putu Bagas itu. </br></br>“Beritahu temanmu itu agar segera datang kemari. Aku mau membuktikan padanya, akulah yang terkuat dan terhebat di hutan ini.”</br></br>“Maafkan paduka, jika hamba pergi dari tempat ini untuk mencari Putu Bagas, tidakkah paduka akan meninggalkan tempat ini. Setahu hamba, Putu Bagas manusia tangguh, tidak menyerah melawan musuh meskipun dia terikat.”</br> </br>“Oh, kau tak usah ragu padaku? Jika seperti itu kekhawatiranmu, ikatlah aku agar tak bias pergi dari tempat ini. Aku tunggu pemburu sombong itu di sini.”</br></br>Ketut Nyamprut tersenyum. Benar tutur tetua, tak ada salahnya merendahkan diri, mengaku takut ataupun lemah. Terbukti harimau berhasil dikibuli. Ia bergegas mengambil seutas talu dan mengikat harimau di batang pohon. Ia lalu pergi mengangkut kayu bakar.</br></br>Sekembalinya ke hutan, Ketut Nyamprut tak mengajak serta Putu Bagas, pemburu yang hebat itu. Dia datang seorang diri membawa tombak. Tak lama kemudian, tombak itu menancap di leher harimau.ian, tombak itu menancap di leher harimau.)
  • difference for unity  + (Semua masyarakat harus menjaga kerukunan dSemua masyarakat harus menjaga kerukunan dalam tali persaudaraan meskipun berbeda agama. Jika itu tidak dilaksanakan pastinya akan hancur. Banyak tindakan yang menjadi ciri agar kita bisa menjaga toleransi dan membuat kita agar tetap rukun antar umat beragama. Contoh caranya yaitu semua daerah di Indonesia menyiapkan tempat beribadah untuk masing-masing agama. Tidak ada istilah bahwa jika di Bali mayoritas masyarakat beragama Hindu, hanya harus ada pura saja. Bukti yang nyata yautu ada Puja Mandala di Desa Kampial, Nusa Dua. Di sana sudah disediakan tempat beribadah semua umat beragama yang saling berdampingan. Itulah yang sekarang menjadi ciri kita bisa menjaga toleransi antar umat beragama. Setiap hari bergantian suara yang berkumandang. Jika sering didengar, maka bisa membuat kita tahu dan terkesan dengan adanya perbedaan agama itu. Belum lagi ketika ada orang studi banding berhenti di situ untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan agamanya masing-masing. Berdasarkan hal itu, kita tidak boleh merasa agama yang kita anut adalah agama yang paling bagus. Sebaiknya kita sadar bahwa perbedaan itu memiliki tujuan agar kita bisa saling merangkul, mengasihi, dan menyayangi sesama. Itulah yang bisa membuat kita menjadi negara Indonesia yang maju.t kita menjadi negara Indonesia yang maju.)
  • Literature Mereka Yang Perlu Diperhatikan Demi Merdeka  + (Semua orang berhak untuk mendapatkan kebebSemua orang berhak untuk mendapatkan kebebasan dalam memilih seorang pemimpin, tanpa terkecuali. Bahkan mereka yang memiliki kekurangan fisik sekali pun dapat memilih seorang pemimpin. Program atau sebuah aksi nyata yang dapat di rancang bagi seorang pemimpin untuk membantu para masyarakat disabilitas agar bisa menjalakan pemilu kedepannya, seperti melakukan sosialisasi tentang pentingnya pemilu, membantu memberikan donasi agar digunakan untuk membangun tempat pemilihan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat disabilitas namun tidak memisahkan tempat tersebut dari tempat pemilu untuk orang bisa agar tidak terjadi diskriminasi. Kenapa tidak dipisah? Agar membantu masyrakat disabilitas untuk setara dengan orang biasa/tanpa memiliki perbedaan.ngan orang biasa/tanpa memiliki perbedaan.)
  • Unduké Ané Palajahin Tiang uli Bali  + (Semua orang ingin datang ke Bali. Saya selSemua orang ingin datang ke Bali. Saya selalu bertanya-tanya mengapa. Mengapa mereka ingin datang ke sini? Orang mungkin melihat Bali sebagai surga liburan. Namun, saya melihat Bali sebagai rumah saya, di mana saya telah banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran.</br>Bali telah mengajari saya tentang pentingnya rasa syukur. Selama tinggal di sini, saya belajar untuk lebih bersyukur atas semua yang saya miliki. Saya bersyukur atas kenyataan bahwa saya bisa menyebut Bali sebagai rumah. Tinggal di Bali telah memberi saya kesempatan untuk menjadi lebih berpikiran terbuka dengan tinggal di tempat yang kaya akan budaya dan tradisi, upacara, dan seni yang unik. Dari hari raya seperti Nyepi di mana orang Bali membuat ogoh-ogoh yang sangat besar dan mendetail hingga upacara lain seperti Galungan ketika jalan-jalan dipenuhi penjor dan prosesi orang Bali dalam pakaian tradisional mereka.</br>Saya juga berada dalam lingkungan yang baik dan ramah dalam masyarakat Bali. Mereka selalu menyapa saya dengan senyum lebar saat saya lewat, yang selalu mendorong saya untuk terus berusaha menjadi lebih baik pada orang lain. Salah satu pengalaman yang paling berarti buat saya yaitu hubungan saya dengan pembantu kami dan keluarganya. Ibu Ketut sudah bekerja untuk keluarga saya selama kurang lebih 14 tahun. Seiring waktu, saya menganggapnya sebagai anggota keluarga yang saya sayangi. Dia telah membantu membesarkan saya sejak saya lahir. Dia memperlakukan saya seolah-olah saya adalah anaknya sendiri, dan telah menjadi ibu Bali saya. Dari melihat saya mulai bisa berjalan sampai mengajari saya bahasa Bali, saya bersyukur memiliki seseorang seperti dia dalam hidup saya.</br>Saya juga selalu bersyukur dengan lingkungan alam Bali. Setiap kali saya mengunjungi negara asal saya, Korea Selatan selama liburan sekolah, saya melihat kota-kota urban modern yang selalu sibuk dan ramai. Ketika saya di sana, saya merindukan Bali. Saya merindukan suasana Bali yang tenang dan spiritual, dari air terjunnya yang menakjubkan, pantai, hutan, dan sawah hingga orang-orangnya yang ramah dan bersahabat. Saya rindu menatap langit di sore hari dan melihat anak-anak kecil menerbangkan layang-layang mereka tinggi di langit.</br>Meski seumur hidup saya telah tinggal di Bali, keindahan Bali sepertinya tidak pernah luntur atau kehilangan kesegarannya. Setiap pagi saya teringat akan keajaibannya—melihat ke luar jendela dan menyaksikan matahari terbit, mendengarkan kicauan burung yang merdu, dan gema kokok ayam jantan yang menjadi jam alarm alami Bali. Setiap hari diakhiri dengan langit penuh dengan warna-warni yang memukau, menampilkan warna-warni yang berubah-ubah, senantiasa berbeda dari hari sebelumnya.</br>Inilah tempat yang saya sebut rumah. Di sini saya dibesarkan, bersekolah, dan masih tinggal hingga sekarang. Saya bersyukur Bali menjadi tempat yang saya sebut rumah.</br>Terima kasih, matur suksma.a sebut rumah. Terima kasih, matur suksma.)
  • Mbok tiange bisa ningalin naga  + (Semua orang punya kakak perempuan atau laki-laki yang bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dia lakukan. Namun, ada anak yang punya kakak dengan kemampuan istimewa!)
  • Literature Semua Mempunyai Hak Pilih pada Pemilu  + (Semua warga apah tahu sekarang sudah tahunSemua warga apah tahu sekarang sudah tahun 2023 ? artinya pemilu sudah dekat. Siap tidak siap kita harus tetap nyoblos. Nyoblos pemimpin yang berkualias. Jika kita akan pergi ke TPS pasti terasa mudah. Tetapi jika diingat Kembali, kita punya saudara yang kekurangan, seperti penyandang disabilitas. Uud no 19 tahun 2011 yang berbunyi penyandang disabilitas mempunyai hak pilih. Artinya pemerintah supaya menyiapkan fasilitas khusus seperti pendamping dan tempat yang khusus. Penyandang disabilitas biasanya susah dalam membuka kertas suara, apalagi yang penyandang tuna netra. Maka dari itu, pemerintah harus menyiapkan pendamping yang harus mengisi formulir C3 yang disediakan di masing-masing TPS. Jika sudah dilaksanakan seperti seharusnya pastinya penyandang disabilitas bisa menyuarakan hak pilihnya di Pemilu 2024.a menyuarakan hak pilihnya di Pemilu 2024.)
  • Semut Perang Tanding  + (Semut Merah berjalan beriringan mencari maSemut Merah berjalan beriringan mencari makanan di tempat jauh. Di tengah jalan mereka berjumpa dan berpapasan dengan rombongan Semut Hitam. Mereka akhirnya bersitegang di jalan. Tak ada yang mau mengalah. Saling pandang, saling curiga, dan saling ejek. </br>“Minggir! Aku yang punya jalan ini!” kata Semut Merah.</br>“Aha, kamu yang semestinya minggir. Aku pertama tiba di sini, kamu yang belakangan datang semestinya mengalah!” jawab Semut Hitam. </br>“Yih, agar kamu tahu ya. Aku bernama Semut Merah, kamu mesti tahu aku ini keturunan Dewa Brahma!” kata Semuk Merah seraya meledek dengan mengangkat pantatnya. “Kamu tahu Dewa Brahma? Belia adalah pencipta bumi dan isinya. Beliau yang menciptakan matahari, bumi, dan tumbuh-tumbuhan. Beliau juga yang menciptakan hewan di dunia ini. Jika bukan karena kehendak Beliau, kamu tidak terlahir ke dunia ini!”</br>“Apa yang kau katakana? Tidak terlahir ke dunia ini, begitu?” jawab Semut Hitam emosi. “Keterluan bicaramu. Lihatlah kulitku yang hitam! Aku adalah keturunan Dewa Wisnu, pencipta alam dan isinya. Beliau yang memelihara matahari, bulan, dan bintang agar tetap bersinar. Beliau juga yang menyediakan air dan merawat tumbuh-tumbuhan ahar tetap hidup. Beliau juga yang menganugerahkan makanan ahar kita bisa hidup di dunia ini. Jika beliau tidak berkehandak, kamu sudah binasa dari muka bumi ini!” </br>Semut Merah lan Semut Hitam sama-sama tersinggung dan marah. Mereka saling menjatihkan dan merasa diri paling benar serta paling hebat. Semut Merah mendekatkan pantatnya ka mulut Semut Hitam. Semut Hitam yang marah membalas dengan menggigit pantat Semur Merah. Semut Merah tak mau mengalah, ia menyemprotkan air kencingnya ke wajah Semut Hitam. Semut Hitam merasakan matanya perih sehingga menyerang membabi buta. </br>Semur Merah tak mau mengalah. Jangankah kalah, seri pun pantang. Dia tak hanya menangkis, juga memukul, menendang, dan menggigit. Tak lama berselang, kawan-kawannya berikan pertolongan, menyebabkan pertarungan semakin rame, seperti di Kurusetra. Saling membanting, mencakar, dan menggigit. Ada yang menjerit karena leher dan kakinya patah. Ada pula yang berteriak karena isi perutnya terburai. Darah berceceran dan bangkai semut bergelimpangan. </br>Tak jauh dari tempat pertempuran Semut Merah dan Semuh Hitam, tampak iring-iringan semut berwarna coklat. Semut itu adalah I Semangah. Tujuannya sama yakni pergi mencari makanan. Semakin dekat, I Semangah mendengar teriakan yang mengiris hati. “Ada apakah gerangan di sana, terdengar suara gaduh. Menjerit menahan sakit?” I Semangah bertanya-tanya. I Semangat terkejut melihat bangsa semut saling bunuh. “He, hentikan! Jangan berkelahi dengan saudara sendiri!” teriak I Semangah menghentikan saudara-saudaranya saling serang. </br>Mendengar teriakan itu, Semut Merah dan Semut Hitam berhenti saling pukul. Semuanyya terpesoona melohat kedatangan semut berwarna coklat. Perawakannya tidak tinggi besar, kepalanya agak besar dan perutnya buncing, namun senyumnya berwibawa. Semut Merah dan Semut hitam yang menghentikan pertarungan mereka kemudian mendekati I Semangah. Mereka ingin tahu siapa semut yang baru datang itu. “Semut itu tinggi besar namun tidak terlihat galak,” bisik Semut Merah dan Semut Hitam. “Warnanya merah, ah bukan merah namun kekuning-kuningan. Ada merahnya, putihnya, kuningnya, dan ada pula hitamnya. Indah sekali warnanya,” para semut mengaguminya. </br>“Kenapa kalian saling serang dan berambisi membunuh saudara?” Tanya I Semangah. </br>Semut Merah menceritakan perihal perselisihan itu yang bermula berpapasan di jalan hingga berkelahi. Namun Semut Hitam mementahkan perkataan Semut Merah. Semut-semut yang bermusuhan itu pun semua kaku, merasa diri paling benar. Merendahkan lawan dan mengunggulkan kelompok sendiri. </br>“Duh, kalian semua binatang bodoh! Akibat tidak tahu dan kurang memahami hakikat hidup menyebabkan kalian saling serang. Aku tahu, kalian semuuanya punya Dewa sesuai tugas pokok fungsinya. Namun jika Dewaku tidak berkehendak, para dewa kalian tidak ada artinya!”</br>Semut Merah dan Semut Hitam tersinggung mendengar perkataan I Semangah. Mereka pun memberanikan diri menanyakannya. </br>“Siapa Dewamu?” Tanya Semut Merah dan Semut Hitam berbarengan. </br>“Dewaku adalah Dewa Siwa, sebagai pelebur. Beliau yang melebur segala yang hidup di muka bumi. Jika beliau berkehendak, matahari, langit, bumi, tumbuh-tumbuhan, manusia, binatang, apalagi semut, semuanya sirna.”</br>Semut Api dan Semut Hitam kagum, saling pandang, dan menundukkan kepala tanda malu. </br>“Sesungguhnya kita semuanya berguna. Jalankan kewajiban masing-masing agar hidup kita berguna dan kehidupan ini berjalan harmonis. Agar kamu pahami, tujuan hidup adalah kedamaian. Jika sudah damai, kebahagiaan menyertai sepanjang hayat kita.”</br>Semut Merah dan Semut Hitam merenungi perkataan I Semangah. “Benar, untuk apa kita berperangt. Apa yang didapatkan dari perang? Benar petuah semut coklat itu. Kebodohan dan tidak mampu memahami arti hidup menyebabkan kita berperang. Tidak perlu mengagung-agungkan diri sendiri. Sebijaknya mencari makan dengan suka cita agar hidup ini damai. Di atas langit masih ada langit.”</br>Mereka bertiga kemudian berpisah, mencari jalan masing-masing.ian berpisah, mencari jalan masing-masing.)
  • Taru Art  + (Senarai kehidupan, kerap hadir memberikan Senarai kehidupan, kerap hadir memberikan 'guptasewaka' dan bernarasi dalam riak dan kesunyian, selalu beradu tak langgeng dalam kegairahan, pesona meruak mengangkasa raya yang mencerahkan jiwa, karena dualisme hadir dalam setiap sisi-sisinya, sebagai penghias romantika,bak bukit dan lembah danau jernih nan hijau, yang menghiasi dan menjelajah di nalar-nalar manusia yang merindu atas kasih kemuliaan Tuhan yang Maha Memberi. </br></br>Lalu, dikisahkan seseorang yang bernama Rajapala, yang berasal dari Wanakeling. Dalam perjalanannya menuju kehutan dilihatlah lima bidadari sedang menari di suatu taman yang dikelilingi dengan pepohonan dan bunga-bunga harum. Pada saat menikmati keheningan terdengarlah percikan air, dimana kelima bidadari sedang asyik mandi, sang rajapala mengintip dari pohon pudak, dengan niat untuk mendapatkan seorang dari kelima bidadari itu, diiambillah salah satu selendang bidadari yang bernama Ken Sulasih. </br></br>Akhirnya Ken Sulasih tidak dapat terbang kembali ke khayangan. Keluarlah amarah Ken Sulasih karena ia mengira salah satu dari saudaranya mengambil selendang Ken Sulasih. Timbullah pertengkaran dari lima bidadari yang membuat salah paham.ri lima bidadari yang membuat salah paham.)
  • Dewi Kunti - Suluh Ibu Sejati  + (Sendratari Dewi Kunti - Suluh Ibu Sejati dSendratari Dewi Kunti - Suluh Ibu Sejati disarikan dari cerita epik pewayangan Maha Barata di mana peran Dewi Kunti diangkat sebagai suluh dan tauladan dari seorang ibu tunggal yang berhasil membesarkan, mendidik dan membimbing ke 5 Putra Pandawa menjadi ksatria yang berbudi luhur, rendah hati, mengabdi kepada rakyat dan berbakthi kepada orang tua, ibunda terkasih Dewi Kunti. </br></br>Sendratari Dewi Kunti - Suluh Ibu Sejati diciptakan dan diproduksi oleh Deniek G. Sukarya sebagai penggagas ide, sutradara, penulis naskah dan jalan ceritra. Sendratari ini juga untuk pertama kali memanfaat kayonan sebagai simbol perjalanan dan pergantian waktu untuk pertunjukan di panggung dengan ditarikan dinamis oleh 5 penari. Untuk pertama kali juga, Palawakia yang menjelaskan tentang kisah cerita ini dibawakan dalam dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Bali kuno yang biasa dipakai dalam pewayangan hingga bisa dinikmati oleh masyarakat luas.</br></br>Sendratari ini telah dipentaskan di 3 acara spesial: Dharma Shanti Propinsi Banten 2012 di Serang, rangkaian acara HUT Taman Mini Indonesia Indah untuk mewakili Anjungan Bali, dan pementasan khusus dengan dinner masakan Bali di Garden the Sultan Hotel Jakarta.n Bali di Garden the Sultan Hotel Jakarta.)
  • Balinese Culture Art  + (SENI BUDAYA BALI Bali terkenal akan banySENI BUDAYA BALI </br> Bali terkenal akan banyaknya seni tradisi Bali.Keberadaan kesenian rakyat seperti seni seni tradisional menjadi aset penting yang mendukung perkembangan pariwisata di Pulau Dewata Bali.Laju modernisasi yang tak terbendung tidak lantas membuat kesenian rakyat tradisional menjadi punah, masyarakat Bali tetap bisa menjaga berbagai budaya serta kreativitas seni sampai saat ini. </br>Agar kesenian Bali semakin terkenal kita memanfaatkan dunia pariwisata sebagai alat untuk menyebarkan kesenian kepada wisatawan agar kesenian Bali semakin berkembang dan semakin terkenal di manca negara.</br>Untuk mempertahankan kesenian Bali agar tidak punah ada beberapa cara : </br>1.melaksanakan nya dalam kegiatan sehari-hari.</br>2.mempelajari budaya lokal .</br>3.mengenalkan kesenian budaya ke berbagai daerah. </br>4.menjadikan budaya sebagai identitas.</br>5.mengekspor barang kesenian.</br>6.tidak meninggalkan tradisi tradisional .</br>7.menggunakan produk daerah .</br>8.memahami kebudayaan sendiri.</br>9.mempelajari budaya ,serta .</br>10.tidak terpengaruh budaya asing .</br>Mari jaga budaya Bali agar tetap lestari. Mari jaga budaya Bali agar tetap lestari)
  • Literature Melestarikan Seni Dan Budaya Di Bali  + (Seni dan Budaya Bali sudah berkembang cepaSeni dan Budaya Bali sudah berkembang cepat sekali, karena sudah ada yang dari kecil sudah memiliki seni, baik seni musik( gamelan ) , seni tari, ataupun seni lukis Bali. Harapan dan impian saya supaya Seni dan Budaya Bali tetap dilestarikan dan dikembangkan, agar Seni dan Budaya Bali ini tidak luntur atau hilang di Bali. Mari kita sama-sama melestarikan Seni dan Budaya Bali ini mangda tetap hidup dan ber-taksu atau lestari.da tetap hidup dan ber-taksu atau lestari.)
  • Postmodern Aesthetic Idioms in Bali Tourism Performance  + (Seni pertunjukan pariwisata Bali merupakanSeni pertunjukan pariwisata Bali merupakan suatu bentuk seni yang sengaja diolah untuk disajikan kepada wisatawan. Seni ini memiliki karakteristik teatrikal dan spektakuler yang lebih menonjolkan daya tarik visual daripada nilai ketakutan, magis, dan simbolis. Beberapa jenis kesenian seperti Tari Legong, Sendratari Ramayana, Tari Barong dan Keris, Tari Kera, Tari Topeng Wajah, dan Tari Wayang Kulit telah menjadi menu utama tontonan seni di Bali. Seni pertunjukan pariwisata Bali muncul dalam kemasan baru sejak tahun 1980. Konsep ini dominan dipengaruhi oleh ciri-ciri estetika pos-modern seperti: Pastiche, Parodi, Kitsch, Camp, dan Skizofrenia. Tujuannya agar seni pertunjukan menjadi lebih eksotik yang berkaitan dengan kepentingan ekonomi. Oleh karena itu, banyak aktivitas seni budaya Bali termasuk nilai sakralnya yang tergerus oleh proses sekularisasi yang cepat dan fantastis baik secara kualitas maupun kuantitas.tis baik secara kualitas maupun kuantitas.)
  • Tourists Satisfaction towards Museum in Tourism Industry: A Perspective in Postmodernism  + (Seni pertunjukan pariwisata Bali merupakanSeni pertunjukan pariwisata Bali merupakan suatu bentuk seni yang sengaja diolah untuk disajikan kepada wisatawan. Seni ini memiliki karakteristik teatrikal dan spektakuler yang lebih menonjolkan daya tarik visual daripada nilai ketakutan, magis, dan simbolis. Beberapa jenis kesenian seperti Tari Legong, Sendratari Ramayana, Tari Barong dan Keris, Tari Kera, Tari Topeng Wajah, dan Tari Wayang Kulit telah menjadi menu utama tontonan seni di Bali. Seni pertunjukan pariwisata Bali muncul dalam kemasan baru sejak tahun 1980. Konsep ini dominan dipengaruhi oleh ciri-ciri estetika pos-modern seperti: Pastiche, Parodi, Kitsch, Camp, dan Skizofrenia. Tujuannya agar seni pertunjukan menjadi lebih eksotik yang berkaitan dengan kepentingan ekonomi. Oleh karena itu, banyak aktivitas seni budaya Bali termasuk nilai sakralnya yang tergerus oleh proses sekularisasi yang cepat dan fantastis baik secara kualitas maupun kuantitas.tis baik secara kualitas maupun kuantitas.)
  • Literature Pendidikan di pandemi covid-19  + (Seorang anak yang peringkatnya turun dan tugasnya banyak yang tidak tuntas karena tidak mengerjakan tugas karena sering di panggil orangtuanya untuk kerja)
  • Praca lan Satha  + (Seorang murid kelas 6 bernama Satha merundSeorang murid kelas 6 bernama Satha merundung Praca, murid kelas 4. Praca sangat ingin meminta bantuan, tetapi takut Satha akan semakin mengganggunya. Suatu hari, Vety, sahabat Praca, mengetahui tentang perundungan itu dan mengadu pada gurunya. Satha dan Praca berhasil menyelesaikan masalah dan malah mendapatkan kejutan.kan masalah dan malah mendapatkan kejutan.)
  • Bidadari Dalam Kesunyian  + (Seorang nenek mantan penari yang rindu akan kesehariannya kembali untuk berhias dan menari menghibur penontonnya.)
  • I Botol Ngalih Pamutus  + (Seorang petani pencari kayu bakar bernama Seorang petani pencari kayu bakar bernama I Botol pergi ke hutan. Sedang asyik membabat semak, ia mendengar suara yang mengiris hati. Ia mendekati suara itu. Didapatinya seekor harimau bernama I Samong terkurung di dalam perangkap. Badannya kurus dan matanya sembab karena menangis terus. Berkali-kali ia minta tolong agar I Botol mau melepasnya.</br>“Setelah lepas kamu pasti memangsaku!” kata I Botol curiga.</br>“Tidak mungkin, Botol! Walaupun aku binatang, tetapi aku masih punya rasa balas budi. Tak sampai hati aku memangsa orang yang menolongku. Kalau kau melepaskanku, aku bukan saja berhutang budi kepadamu, bahkan aku berjanji tidak akan makan manusia lagi.”</br>Petani yang baik itu sangat kasihan melihat harimau yang malang itu. Hatinya tersentuh. I Botol percaya akan janji yang diucapkan I Samong. Maka ia pun membuka pintu perangkap itu. I Samong meloncat ke luar. Ia mengaum lalu secepatnya menyergap tubuh I Botol.</br>“Samong!” teriak I Botol. “Ternyata kamu binatang yang tidak tahu balas budi!”</br>“Aummm....., ha ha ha,.....! Bodoh benar kau, Botol! Manusia saja tidak tahu balas budi, apalagi binatang!” jawab I Samong memperkeras sergapannya.</br>“Siapa bilang manusia tidak punya balas budi? Bukankah aku telah menolongmu?” kata I Botol.</br>“Tidak, aummmm, aummmmm....! Tidak! Kau harus kumakan!”</br>“Tunggu dulu! Sebaiknya kita sampaikan peristiwa ini kepada binatang yang pintar dan adil. Ia pasti mengatakan manusia punya balas budi, tetapi harimau tidak.”</br>“Baik! Tetapi kalau ia mengatakan manusia tidak punya balas budi, maka kau akan kumakan!” kata I Samong melepaskan cengkeraman kukunya.</br>Di tengah jalan petani pencari kayu bakar dan harimau itu berjumpa dengan seekor kuda yang sedang beristirahat. Mereka berdua menjelaskan peristiwa yang baru saja dialami.</br>“Hriiingkh....!” Kuda itu meringkik. “Benar katamu, Samong! Manusia tidak punya balas budi. Lihat badanku yang kurus ini! Dulu aku dipelihara manusia. Setiap dini hari aku dipaksa menarik pedati ke pasar kota. Pedati itu penuh dengan beban berat. Lengah sedikit aku dicemeti. Sampai di rumah aku tidak disediakan makan, bahkan aku disuruh mencari rumput sendiri. Setelah tua aku dijual. Untung aku dapat melepaskan diri. Sudah sepantasnya harimau makan manusia.”</br>Harimau yang garang itu mencengkeramkan taringnya ke leher petani malang itu. Namun I Botol masih bertangguh untuk mengutarakan peristiwa itu kepada hakim lainnya. </br>“Tuan Sapi!” kata kedua hewan bersengketa itu kepada seeokor sapi yang sedang merumput. “Berilah kami keputusan yang adil,” katanya setelah menceritakan perkaranya.</br>“Mbooooo....!” lenguh sapi itu. “Jelas manusia tidak punya rasa terimakasih. Kau lihat hidungku yang dicocok ini? Ini semua perbuatan manusia yang kejam itu. Dari pagi sampai tengah hari aku dipaksa membajak sawah. Setelah tua, aku dijual kepada jagal yang akan menyembelihku. Untung aku dapat meloloskan diri. Jadi sangat adil kalau harimau makan manusia.”</br>Harimau itu sangat bernafsu. Ia memperkeras cengkeramannya. </br>“Tunggu dulu! Kita sampaikan perkara ini kepada hakim yang terakhir. Kalau keputusannya sama dengan Hakim Kuda dan Hakim Sapi, maka aku akan menyerahkan diri,” kata I Botol dengan suara lemah.</br>Tidak jauh dari tempat itu mereka berdua bertemu dengan seekor burung elang yang sedang bertengger di pohon.</br>“Hormat, Nyonya Elang! Kudengar Nyonya adalah hakim yang bijaksana,” kata I Botol dan I Samong seraya menjelaskan peristiwa yang sulit dipecahkan itu.</br>“Nguik...., nguik....! Jelas sekali manusia tidak punya balas budi. Kamu ingin bukti?” Tanya burung elang itu. “Manusia sejak kecil memang jahat. Anak-anak melempari sarangku, lalu mengambil anak-anakku dijadikan mainan. Belum terhitung berapa elang yang mati ditembak oleh manusia. Sungguh kejam manusia itu dan sedikit pun tidak punya rasa terimakasih. Makanlah manusia itu sekarang juga!” teriak Elang.</br>I Samong melepaskan cengkeramannya. Ia merasa telah memenangkan perkara. Ia mundur beberapa langkah, lalu berancang-ancang menyergap I Botol.</br>“Tunggu, tunggu! Hai, Kawan, tunggu dulu!” Tiba-tiba dari kejauhan terdengar teriakan seekor hewan yang berlari-lari mendekati tempat itu. Hewan itu adalah I Kancil. Melihat hewan kecil tetapi lincah itu, I Botol sangat senang. Ia segera mengutarakan peristiwa yang dirasakannya tidak adil itu.</br>“Tolonglah, Tuan Kancil! Kami menginginkan keputusan yang seadil-adilnya,” kata I Botol.</br>“Ya, putuskanlah segera, Kancil! Aku sudah tidak dapat menahan nafsu,” kata I Samong.</br>Kancil berkali-kali menggelengkan kepala lalu katanya, “Maaf, peristiwa itu sulit dipahami. Aku harus melihat jalannya peristiwa itu dari awal. Hanya dengan cara demikian, aku dapat memberi keputusan yang benar dan adil.”</br>I Samong dan I Botol menyetujui tindakan yang bijaksana itu. Mereka bertiga lalu kembali ke tempat terjadinya perkara. I Kancil menyuruh peristiwa itu diperagakan seperti keadaan semula. I Samong berada dalam perangkap yang tertutup. Ia menangis minta tolong. I Botol datang. I Samong minta bantuan kepada I Botol untuk melepaskannya. I Samong berjanji, kalau I Botol menolongnya, maka harimau itu tidak akan makan manusia lagi.</br>“Stop!” teriak I Kancil. “Jelas sekali masalahnya! I Samong tidak punya rasa balas budi.”</br>I Kancil menarik tangan I Botol, lalu bersama-sama meninggalkan tempat itu. “Menolong sesama makhluk adalah kewajiban yang baik, tetapi pertimbangkanlah, kepada siapa dan untuk apa kewajiban itu dilakukan,” kata I Kancil kepada I Botol. </br>Dari jauh mereka berdua masih mendengar tangisan harimau yang terperangkap itu. Makin lama makin lemah.</br> </br>Sumber: Kisah-kisah Tantri Made Taroh. Sumber: Kisah-kisah Tantri Made Taro)
  • Wayang Tantri  + (Seorang seniman Indonesia dan seorang maesSeorang seniman Indonesia dan seorang maestro dalang wayang kulit Parwa Bali, I Wayan Wija lahir di Kecamtan Sukawati, Gianyar, Bali, di sebuag desa dengan jumlah dalang per kapita terbanyak di Bali. Wija adalah putra dari dalang I Wayan Gombloh, yang sekaligus juga menjadi guru dalangnya sejak usia sebelas tahun. Pada usia tiga belas, Wija mulai melakukan pementasan pertamanya.</br></br>Meskipun Wija terlatih secara tradisional (secara alami dan otodidak), Wija juga merupakan salah satu seniman dalang yang paling inovatif. Dia menciptakan Wayang Tantri pada tahun l982, sebuah bentuk pertunjukan wayang kulit yang menceritakan dongeng binatang (fable) yang disisipkan dalam rangkaian cerita seperti kisah dongeng Sheherazade: Tantri mengisahkan tentang cara seorang perempuan mempertahankan hidupnya dengan menceritakan rangkaian kisah kehidupan binatang kepada seorang raja yang misoginis. Wija mempopulerkan cerita yang kurang dikenal ini setelah presentasinya pada tahun 1980 di akademi seni Bali dan menciptakan jenis wayang-wayang baru dengan menambahkan banyak persendian/sambungan yang memungkinkan gerakan halus dan realistis, seperti misalnya harimau yang menggaruk pahanya dan rusa yang melompat dengan anggun. Pada tahun 1997, Festival Kesenian Bali di seluruh pulau menampilkan kompetisi wayang Tantri. Hingga kini Wayang Tantri masih banyak digemari, karena kisahnya yang jenaka dan kemampuan dalang Wija yang luar biasa dalam menyampaikan petuah cerita Tantri.</br></br>Karya kolaboratif Wija dengan seniman barat meliputi eksperimen dengan Lee Breuer dari Mabou Mimes dan Larry Reed dari Shadowlight Theatre di San Francisco (dengan siapa ia menciptakan Electric Shadows pada tahun l998, dan karya lainnya menggunakan layar besar , proyeksi, dan campuran penari bayangan mengenakan topeng-hiasan kepala dan boneka). Dengan komposer Evan Ziporyn dari Boston, Wija menciptakan Shadow Bang (2001 dan 2004). Pada tahun 2011, ia menjadi seniman terpilih untuk residensi di Asian Art Museum of San Francisco. I Wayan Wija berkolaborasi dengan komposer Australia Paul Grabowsky dan sutradara Nigel Jamieson dalam konsep produksi The Theft of Sita (1998-2000), berdasarkan Ramayana. Eksperimen wayang internasional ini melibatkan mahasiswa Wija di ISI Denpasar (Institut Seni Indonesia, Institut Seni Indonesia Cabang Denpasar Bali) di mana ia terkadang mengajar dan memastikan warisan inovasinya diwarisi oleh generasi dalang Bali yang akan datang.</br>Sebagian besar pertunjukan I Wayan Wija adalah wayang tunggal untuk upacara adat, tetapi keterbukaan terhadap perluasan tradisi Bali ini merupakan ciri penting karyanya. Bali ini merupakan ciri penting karyanya.)
  • Literature Bali Bebas Sampah  + (sepatutnya kita sadar dengan masalah sampasepatutnya kita sadar dengan masalah sampah yang semakin menyusahkan seperti sekarang .</br>Kira - kira semua orang membuat sampah ,ada yang dari rumah tangga ,ada yang dari usaha ,ada yang dari orang habis ada acara , sampai ada yang dadi sisa upacara .kita memang ngampang membuat apa - apa .jika dibandingkan dengan yang di bawah seperti sampah . cobak diliat TPA yang ada di angantiga ,sudah seperti gunung tumpukan sampahnya .petugas kebersihan juga kesulitan mengatasi sampah yang sudah seperti gunung itu.</br>Kalau boleh saya mintak ,kita bersama - sama ingat ,sadar mulai sekarang .yuk buat sampah lebih sedikit ,yang masih bisa di pakek, pake aja dulu, yang bisa diolah yuk olah bersama- sama .</br>Kalok sudah semua kenapa mager supaya besok lusa batu tidak menjadi pulau sampah.</br></br> * YUK JAGA BALI DARI SAMPAH ,LESTARIKAN HIDUP BERSIH *ALI DARI SAMPAH ,LESTARIKAN HIDUP BERSIH *)
  • Subhadra Wiwaha  + (Seperti kakawin-kakawin lain yang diadaptaSeperti kakawin-kakawin lain yang diadaptasi dari teks asli berbahasa Sanskerta, Subhadra Wiwaha juga merupakan saduran yang mengalami banyak modifikasi dari kisah asli Mahabharata yang ditulis oleh Krishna Dvaipayana Vedavyasa.</br></br>Arjuna bertemu Ulupuy (Ulupi atau Udupi dalam literatur asli) di hulu sungai Gangga. Setelah lewat pembicaraan panjang, Arjuna memperisteri Ulupuy putri raja Korawa (dalam teks Mahabharata, Ulupi adalah putri dari bangsa naga). Arjuna meninggalkan Ulupuy dan meneruskan perjalanan. Sewaktu tiba di permandian Swabhadra, Arjuna diserang oleh seekor buaya. Buaya itu dibunuh, lalu berubah menjadi bidadari. Atas permintaan bidadari itu Arjuna juga membebaskan empat bidadari lainnya. Sang bidadari menyarankan agar Arjuna pergi ke negara Mayura. Arjuna pun pergi ke Mayura, dan diterima oleh raja Citradahana (Citravahana dalam teks Sanskerta). Arjuna diambil menantu oleh raja itu, dikawinkan dengan Citragandha. Arjuna dan Citragandha dikaruniai anak bernama Wabhruwahana yang kelak akan mewarisi kerajaan Mayura (Manipura menurut teks asli. Kini wilayahnya masih ada di India bagian timur laut).</br></br>Arjuna melanjutkan perjalanan dan tiba di tepi sungai Saraswati. Para bangsawan Yadu sedang mengadakan pesta. Oleh Kresna, Samba disuruh mengundang Arjuna. Arjuna menghadiri pesta bersama Kresna. Arjuna tertarik kecantikan Subhadra. Kresna mengetahui, lalu menyetujui bila Arjuna cinta dan mau melarikan Subhadra. Arjuna membawa lari Subhadra. Baladewa dan para Yadu marah, merasa dihina oleh Arjuna. Kresna menyadarkan mereka. Akhirnya Arjuna berhasil memperisteri Subhadra, lalu memboyongnya ke Indraprastha.bhadra, lalu memboyongnya ke Indraprastha.)
  • Literature USAHA MELESTARIKAN SENI DAN BAHASA BALI  + (Seperti sekarang Indonesia kususnya Bali sSeperti sekarang Indonesia kususnya Bali seperti sekarang sudah di jajah dengan namanya alat teknologi modern,salah satu contohnya yang sekarang yaitu ada di anak-anak,remaja,dan bapak-bapak & ibu-ibu yang sudah mengikuti kemajuan zaman atau teknologi.nah ini yang saya bahas di taks ini,apa sih yang tidak ada di medsos atau media sosial? apa aja je cari pasti ada,ini lah penyebap nya anak-anak malas belajar seni dan budaya balinya,karena sudah mengenal alat teknologi yang canggih. Nah siapa lagi kalou bukan kita yang menjaga semua yang ada di bali,sekarang semuanya melestarikan atau menjaga semua yang ada di bali.Dengan cara kurangi menggunakan alat teknologi yang berlebihan,di setiap desa atau sekolah di bali di adakan les (pasraman) untuk belajar menulis aksara bali,berbicara berbahasa bali,dan tentang kesenian budaya bali,contohnya megambel,tari-tarian.dan punyai rasa memiliki pulau bali. hanya ini yang bisa saya sampaikan semoga anak-anak bisa melesatarikan seni lan bahase balinya dengan cara masing-masingi lan bahase balinya dengan cara masing-masing)
  • Elections as a place of welfare for people with disabilities  + (Seperti sudah diketahui, pemilu yang akan Seperti sudah diketahui, pemilu yang akan datang ini sangat berarti dan berguna, seperti: sebagai sarana untuk penggantian pemimpin secara konstitusional dan tempat masyarakat berpatisipasi di proses politik. Karena itu, saya tidak setuju kalo ada masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya, atau GOLPUT di pemilu 2024. Apalagi masyarakat disabilitas di Indonesia sudah 22,77 juta jiwa atau 8,5%. Menurut pendapat saya yang tidak bisa berjalan untuk nyoblos, sebaliknya disediakan kursi roda. Dan masyarakat yang mempunyai kebutuhan khusus harus lebih diurusi oleh pemerintah, agar asas LUBER JURDIL berjalan. Kita tidak boleh membedakan masyarakat agar mendapatkan kesejahteraan, terimakasih.ar mendapatkan kesejahteraan, terimakasih.)
  • Literature PENGUNGSIAN UKRAINA  + (Seperti yang diketahui , pada tahun ini tSeperti yang diketahui , pada tahun ini telah dipanaskannya peperangan antara dua negara bertetangga yaitu negara Rusia dan Ukraina, dilansir dari TEMPO.CO , Rusia sudah mulai menyerang Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022 , Serangan Rusia dimulai dengan ledakan di sejumlah kota di Ukraina. Maka tidak heran warga negara Ukraina beralih untuk mengungsi di negara tetangga mereka, seperti Polandia, Hungaria , dan Moldova. Mayoritas dari pengungsi tersebut adalah wanita dan anak-anak, mereka harus rela berpisah dengan suami dan anak laki-laki mereka untuk membantu perlawanan. Pada Polandia menampung pengungsi dari Ukraina tersebut kisaran 3 juta orang , Hungaria menampung 471.000 pengungsi dan Moldova menampung 427.000 pengungsi.</br>Beberapa pengungsi Ukraina mulai kembali ke negaranya, berbagai alasan mendorong pengungsi Ukraina ini untuk kembali ke negaranya, seperti sekedar melihat kondisi rumah mereka atau untuk mengambil hewan-hewan peliharaan mereka, ada pula tanpa perbekalan apapun, mereka datang hanya membawa dokumen pribadi.</br>Menutup kemungkinan Ukraina mengungsi ke Indonesia karena Jokowi tidak berpihak atas peperangan tersebut, karena Menurut Jokowi, perang di Ukraina telah menciptakan tragedi kemanusiaan dan memperburuk perekonomian dunia. Kita sebagai warga negara Indonesia yang memilih sifat pancasila dapat mengamalkannya dengan memberikan sedikit bantuan berupa panganan pokok dan beberapa baju untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dan tidak perlu ikut campur atas peperangan tersebut, kita hanya perlu membantu korban-korban dari peperangan tersebut.</br></br>Sekian hanya itu saja opini dari saya, semoga para korban peperangan antar Rusia dan Ukraina selalu dilindungi oleh tuhan yang maha esa dan secepatnya di perdamaikan peperangan yang terjadi, saya tutup om Shanti Shanti Shanti Omadi, saya tutup om Shanti Shanti Shanti Om)
  • Creating a sense of tolerance to be able to respect each other between communities  + (Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merSeperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan macam-macam keberagaman di dalamnya, dari mulai suku, ras, budaya bahkan bahasa.</br></br>Sehingga dari keberagaman itu kadang mudah sekali untuk menimbulkan yang namanya kesalahpahaman yang ditimbulkan.</br></br>Maka dari itu dibutuhkan rasa toleransi yang tinggi, demi bisa menjaga kerukunan yang ada antar masyarakat.</br></br>Toleransi sendiri merupakan sikapyang harus ditumbuhkan untuk saling menghormati serta menghargai antar individu maupun kelompok.</br>Maka hal yang paling diperlukan dari adanya perbedaan yaitu rasa toleransi yang tinggi antar satu sama lain.</br></br>Tapi yang harus kita lakukan adalah bisa saling membantu tanpa perlu memandang apa latar belakang yang dimilikinya, karena seperti semboyan di negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya walau berbeda-beda tetap satu tujuan.</br></br>Maka bisa disimpulkan bahwa walaupun kita berbeda kita tetap satu, sehingga kita harus bisa saling menjaga kerukunan dalam keberagaman tersebut.jaga kerukunan dalam keberagaman tersebut.)
  • The Importance of Preserving the Existence of the Balinese Language as the Cultural Center of Bali  + (Seperti yang kita ketahui bahasa Bali meruSeperti yang kita ketahui bahasa Bali merupakan bahasa ibu yang mesti dilestarikan. Karena seiring dengan perkembangan arus globalisasi,  penggunaan bahasa Bali sudah semakin  berkurang. Kemerosotan ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak karena bahasa Bali merupakan salah satu akar kebudayaan Bali. Bahasa Bali sebagai bahasa ibu atau bahasa pertama bagi sebagian besar masyarakat Bali mempunyai peranan penting, yakni sebagai lambang kebanggaan, lambang identitas, dan dipakai secara luas sebagai alat komunikasi dalam berbagai aktivitas di dalam rumah tangga dan di luar rumah tangga yang mencakupi berbagai aktivitas kehidupan sosial masyarakat Bali. Namun sekarang tentu tidak demikian adanya, karena justru yang menjadi bahasa Ibu bagi anak-anak masyarakat Bali adalah bahasa Indonesia, sedangkan bahasa Bali adalah sebagai bahasa asing kedua bagi mereka. Penggunaan bahasa Bali dikalangan anak muda kini rasanya telah mulai terjadi penurunan minat karena dianggap susah dan cenderung kuno sehingga peminatnya mulai berkurang. Ini tentu menjadi suatu permasalahan di mana bahasa Bali kini mendapat porsi dan perhatian yang kurang dari penggunanya, digeser oleh bahasa-bahasa yang dianggap modern. Kondisi objektif ini tentu menunjukkan bahwa bahasa Bali memiliki peranan penting sebagai alat komunikasi di daerah Bali yang patut dipelihara dan dilestarikan keberlangsungannya. Pelestarian dan pengembangan bahasa Bali tentu mendapat perhatian yang cukup penting mengingat bahasa merupakan bagian dari kebudayaan khususnya budaya Bali. Dalam melestarikan bahasa Bali tidak cukup  hanya sekedar wacana belaka, melainkan perlu adanya tindakan dan usaha dari berbagai kalangan baik itu dari kalangan pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.)
  • Cagar Alam Bali  + (seperti yang kita ketahui Bali adalah tempseperti yang kita ketahui Bali adalah tempat wisata terkenal dimanca negara salah satunya pantai pantai diBali. </br></br>Pantai sangat diminati oleh wisatawan. Selain pantai gunung tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jadi bagaimana agar Gunung diBali lebih diminati oleh wisatawan yang datang keBali? </br></br>Banyak sekali gunung gunung dibali yang bisa dikunjungi selain pantai atau air terjun. Gunung sangat indah bila kita nikmati setiap perjalanannya. jadi untuk para wisatawan sangat di rekomendasikan untuk berwisata ke gunung. </br></br>Untuk permasalah disini, bagaiamana agar para wisatawan yang datang keBali agar lebih dominan berwisata ke Gunung?li agar lebih dominan berwisata ke Gunung?)
  • THE IMPORTANCE OF INTERRELIGIOUS TOLERANCE  + (Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lSeperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu pada saat hari Raya Nyepi di Kecamatan Gerokgak para umat lain membuat kericuhan dengan menorobos masuk ke Segara Rupek, bahkan sampai membuka paksa portal oleh salah satu oknum yang di jaga oleh pecalang. </br></br>Karena sudah ada kesepakatan antar tokoh agama di Bali agar saling menghormati saat ada perayaan, seandainya ada kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan isi kesepakatan tersebut upaya pertama yang dilakukan adalah pendekatan secara persuasif dan kekeluargaan dengan tetap berprinsip pada menjaga kerukunan umat agama di Bali. Jika hal tersebut tidak berhasil dilakukan, maka hal tersebut harus dibawa ke hukum.</br></br>Pemerintah harus mengambil tindakan tegas dan proaktif terhadap umat lain yang tidak menunjukkan toleransi selama Hari Raya Nyepi di Bali. Diperlukan penegakan hukum yang kuat terhadap individu atau kelompok yang melanggar ketertiban dan mengganggu perayaan tersebut. Selain itu, pendekatan edukasi dan dialog antaragama harus ditingkatkan untuk mempromosikan pemahaman dan saling menghormati antara umat lain dengan masyarakat Bali. Pengawasan yang lebih ketat dan pengembangan program pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai toleransi agama dan budaya juga harus menjadi fokus utama pemerintah. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan tercipta lingkungan yang harmonis dan penuh toleransi antarumat beragama di Bali, menjaga keberagaman Indonesia sebagai modal utama dalam membangun bangsa yang inklusif dan berdampingan secara damai.ng inklusif dan berdampingan secara damai.)
  • Ngaryanin Meja antuk Ekobricks  + (seperti yang kita ketahui bersama jumlah sseperti yang kita ketahui bersama jumlah sampah di Bali telah meningkat dari hari ke hari. Menurut detik.com Bali memproduksi sampah pelastik 829 ton perhari dan hanya 7%  yang di daur ulang. Maka dari itu kami melakukan inovasi untuk mengolah sampah pelastik menjadi ecobrik dan menyusunnya menjadi meja. Selain memiliki keuntungan untuk lingkungan sekitar hasil dari kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijual sehingga memiliki nilai ekonomis.k dijual sehingga memiliki nilai ekonomis.)
  • Detik Detik Hari Kemerdekaan Tanpe Covid-19  + (Seperti yang kita ketahui dari tahun 2019-Seperti yang kita ketahui dari tahun 2019-2022 Indonesia dilanda dengan adanya Covid-19 yang cukup memakan banyak korban. Sehingga membuat acara-acara pada hari kemerdekaan dibatasi bahkan upacara penaikan bendera pun hanya dihadiri oleh presiden dan rekan-rekannya. Namun, pada tahun 2022 ini Covid-19 di Indonesia pun mulai mereda, aktivitas-aktivitas di Indonesia khususnya di Bali pun sudah berjalan normal, namun kejadian ini membuat komunikasi, pengetahuan tentang budaya-budaya pun mulai memudar. Oleh karena itu, kita harus saling merangkul meskipun dihalangi dengan adanya wabah besar ini.n dihalangi dengan adanya wabah besar ini.)
  • Kanentenmanutan Sane Kamargiang Ring Pekayunan Anak Luh  + (Seperti yang kita ketahui ketidakadilan geSeperti yang kita ketahui ketidakadilan gender bagi perempuan sudah terjadi sejak zaman dahulu. Dimana wanita selalu di nomor dua kan dan dianggap lemah. Hingga akhirnya peran perempuan mulai di anggap setelah R.A Kartini memperjuangkan emansipasi wanita, hingga akhirnya menerbitkan buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Tetapi nyatanya ketidakadilan bagi perempuan tersebut masih berlanjut hingga sekarang ini. Banyak berita yang saya temui lewat media sosial dan media informasi lainnya tentang terjadinya kekerasan terhadap wanita. Selain itu contoh nyatanya peran perempuan di anggap tidak penting terjadi di lingkungan saya sendiri, sering kali terjadi pembeda bedaan antara anak lai laki dan anak perempuan. Terkadang anak laki laki selalu di anggap mampu menaikan taraf hidup krluarga hingga anak laki laki selalu di prioritaskan ketimbang anak perempuan , seperti contohnya dalam hal pendidikan. Padahal nyatanya semua orang baik itu gender laki laki atau perempuan sama sama memiliki kemampuan yang bisa di kembangkan. Perempuan tidak selalu lemah, perempuan juga berhak mendapatkan perlakuan dan pendidikan yang tinggi. Memang pekerjaan perempuan nantinya akan menjadi seorang istri dan mengatur rumah tangga, namun perempuan sangat berhak mendapatkan pendidikan tinggi agar menjadi insan yang baik untuk mengatur keluarganya kelak. Selain itu yang sering terjadi di masyarakat adalah dimana perempuan selalu dianggap lemah dan perempuan sering di anggap tidak becus dalam kegiatan kegiatan penting contohnya seperti menjadi pemimpin, jarang sekali perempuan di beri kesempatan buat memimpin.</br>Dan desas desus yang sering terjadi di masyarakat juga kalau perempuan sering keluar, sering dianggap perempuan tidak bener oleh masyarakat, ini juga yang perlu di sadari bahwa setiap orang memiliki kepentingan masing masing, dan tidk semua orang wajib tau hal tersebut. Intinya anakperempuan juga berhak mendapatkan keadilan yang sama dengan anak laki laki, perbedaan gender memang ada tetapi hal ini harus mendapatkan keadilan.tetapi hal ini harus mendapatkan keadilan.)
  • Bali getting dirty  + (Seperti yang kita ketahui, Bali terkenal dSeperti yang kita ketahui, Bali terkenal dengan kebersihan dan keasrian lingkungannya. Tapi sayang sekarang di Bali banyak sekali terdapat sampah-sampah di jalan maupun di tempat pariwisata. Sampah-sampah ini banyak yang merupakan sampah plastik. Sampai saat ini kebanyakan berasal dari kemasan makanan maupun kantong kresek. Itu karena banyak masyarakat dan para wisatawan kurang peduli dengan lingkungan. Tetapi masih ada daerah di Bali yang masih bersih dan asri, seperti di daerah Bangli khususnya di Desa Penglipuran. ada baiknya di daerah-daerah lain juga mencontoh daerah tersebut agar keasrian daerah Bali tetap terjaga hingga masa mendatang. Ayo semua kita jaga kebersihan dan keasrian lingkungan di Bali agar ciri khas Bali kembali seperti dahulu.gar ciri khas Bali kembali seperti dahulu.)
  • Literature Kalau bukan kita, siapa lagi? -Ayu Lestari  + (Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupSeperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman yang melimpah. Mulai dari agama, suku, ras, adat istiadat, warna kulit dan sebagainya. Khususnya di Bali, setiap daerah di Bali memiliki adat istiadat dan keunikan yang berbeda-beda. Pada akhir-akhir ini, masyarakat mulai bersifat tidak memiliki rasa saling menghormati dan menghargai. Contohnya seperti, minimnya toleransi masyarakat luar Bali pada saat perayaan hari suci Nyepi, selain itu munculnya fitnah dengan mengolok-olok ogoh-ogoh pada saat hari raya pengerupukan. Hilangnya rasa saling menghargai dan toleransi pada masyarakat baik di Bali maupun luar Bali sangat tidak patut di contoh. Sepatutnya, kita sebagai bangsa Indonesia bangga akan perbedaan yang ada, bukan sebagai pemecah belah bangsa. Saling menghargai dan menghormati adalah kunci agar sebuah bangsa bisa bersatu. Semoga semakin berkembangnya zaman, membuat masyarakat Indonesia semakin memiliki pemikiran yang luas dengan cara saling menghargai.</br></br>Kalau bukan kita, siapa lagi?menghargai. Kalau bukan kita, siapa lagi?)
  • Bangkitkan Pariwisata Bali  + (Seperti yang kita ketahui, pariwisata BaliSeperti yang kita ketahui, pariwisata Bali merupakan ujung tombak perekonomian di Bali. Sudah setahun lebih pariwisata di Bali sepi karena pandemi, tempat wisata ditutup, tidak ada turis, dan perekonomian pun turun drastis. Jika terus di biarkan, maka akan berdampak sangat buruk bagi perekonomian kita di Bali. </br></br>Maka dari itu, kita harus memberikan gerakan baru untuk membangkitkan pariwisata Bali ini. Menurut saya, salah satu cara awal untuk membangkitkan pariwisata Bali iyalah dengan membuka kembali tempat wisata Bali.dengan membuka kembali tempat wisata Bali.)
  • BALI kemBALI BANGKIT  + (Seperti yang kita ketahui, saat ini pariwiSeperti yang kita ketahui, saat ini pariwisata Bali sedang berada di titik terendah sejak adanya covid-19. Banyak hotel dan tempat wisata yang tutup karena adanya anjuran pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan covid 19. Untuk membangkitkan pariwisata agar tetap berjalan seperti dahulu pemerintah harus mengeluarkan berbagai upaya. Menurut saya, langkah yang perlu dilakukan pemerintah untuk membangkitkan pariwisata bali saat ini dan nanti ialah: </br>1. Berani untuk membuka tempat wisata di Bali untuk masyarakat umum dengan syarat harus tetap mematuhi protokol kesehatan saat memasuki area wisata serta wajib menunjukkan bukti vaksin</br>2. Adanya subsidi test swab/rapid antigen gratis dari pemerintah untuk masyarakat yang ingin datang ke Bali</br>3. Berani memberikan harga promo kepada masyarakat yang ingin berkunjung ke tempat wisata guna memancing daya tarik wisatawan untuk berkunjung serta melancarkan pemasukan bagi tempat wisata tersebut.kan pemasukan bagi tempat wisata tersebut.)
  • Literature Apakah Kebijakan Pemerintah Dalam Menangani Pandemi Covid-19 Sudah Efektif?  + (Seperti yang kita ketahui, saat ini sedangSeperti yang kita ketahui, saat ini sedang diberlakukan kebijakan PPKM yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Kebijakan ini diberlakukan untuk menurunkan penularan Covid-19. Namun, apakah kebijakan yang diberlakukan sudah efektif untuk menangani pandemi Covid-19? Menurut saya, mengukur efektivitas kebijakan suatu pemerintah biasanya sulit diukur pada suatu negara berkembang, karena efektivitas suatu kebijakan sangat ditentukan oleh tingkat kedisiplinan masyarakat. Namun, tingkat kedisiplinan masyarakat juga dipengaruhi oleh kemampuan negara dalam menjamin kesejahteraan penduduknya. Pertanyaannya, saat berlangsungnya kebijakan PPKM, apakah pemerintah sudah mensejahterakan masyarakat dengan memberikan bantuan? Pemerintah sudah memberikan bantuan kepada masyarakat baik itu bantuan sembako dan uang tunai, tapi tidak semua masyarakat menerima bantuan tersebut karena masih ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, salah dalam menyalurkan bantuan tersebut. Inilah salah satu faktor masyarakat tidak disiplin dalam melaksanakan PPKM. Maka dari itu, pemerintah harus memastikan dan mengawasi distribusi bantuan tersebut, agar semua masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan bantuan.</br></br>Terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 ini pada prinsipnya semua bertujuan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19.</br>Namun dalam pelaksanaannya, ada beberapa kebijakan yang menurut saya kurang efektif. Seperti pemadaman lampu di malam hari, dan juga adanya penyekatan-penyekatan di jalan. Mungkin pemadaman lampu di malam hari bertujuan agar masyarakat tidak berpergian di malam hari. Tetapi masih banyak masyarakat berpergian di malam hari karena ada kepentingan tertentu. Maka dari itu, menurut saya lebih baik dilaksanakan patroli malam untuk menertibkan masyarakat daripada memadamkan lampu, karena nyatanya banyak orang kecelakan hingga meninggal dunia karena lampu di malam hari dipadamkan. Penyekatan tersebut juga menurut saya sangat tidak efektif dalam mengurangi penyebaran virus ini, karena menimbulkan kemacetan atau kerumunan massa di jalan yang bisa mempermudah tersebarnya virus ini.</br></br>Jika saya sebagai pemegang kebijakan, saya akan melonggarkan sistem PPKM selama ini dan konsisten memperketat pengawasan di lapangan melalui petugas-petugas sesuai kompetensinya serta diikuti dengan sanksi-sanksi tegas pula. Sehingga terciptanya win-win solution antara masyarakat.dengan pemerintah yaitu di satu sisi masyarakat dapat beraktifitas seperti biasa dengan new normal/ kebiasaan baru sedangkan pemerintah dapat menekan penyebaran virus Covid-19 ini. Tidak hanya peran pemerintah tetapi dibutuhkan juga peran dari seluruh masyarakat untuk menangani pandemi Covid-19 ini.</br></br>Maka dari itu, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu dan saling bahu-membahu melawan Covid-19 ini. Dengan usaha keras kita bersama astungkara kita bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19, dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal.al ekonomi masyarakat bisa kembali normal.)
  • Bali Tourism Preservation  + (Seperti yang kita tahu bersama objek wisatSeperti yang kita tahu bersama objek wisata yang ada di Bali sangat banyak dan terkenal di hampir seluruh penjuru dunia. Tapi sayangnya pariwisata di Bali masih terbilang murah untuk para wisatawan asing sehingga banyak wisatawan yang datang karena objek wisata yang murah. Saya berharap sektor pariwisata di Bali semakin berkembang dan maju dengan terus mengembangkan objek wisata dan meningkatkan nilai ekonomi di Bali. Sehingga para wisatawan datang ke Bali bukan hanya karena murah tapi karena wisatanya yang berkelas.murah tapi karena wisatanya yang berkelas.)
  • Literature PENGUNGSI  + (Seperti yang kita tahu, Ukraina negara yanSeperti yang kita tahu, Ukraina negara yang berada di Eropa bagian timur dan saat sedang mengalami perang dengan negara lain yaitu Rusia. Pada 24 Februari 2022, Rusia melancarkan operasi militer berskala besar ke Ukraina, salah satu negara tetangganya di sebelah barat daya. Ini menandakan peristiwa penting dalam perang Rusia-Ukraina yang dimulai tahun 2014. Rusia telah memulai invasi ke Ukraina usai pasukan Moskow mengerahkan pasukan, tank, artileri dan peralatan tempur lain ke perbatasan negara bekas Uni Soviet, Kamis (24/2). Beberapa pihak juga khawatir akan potensi Perang Dunia III menyusul langkah Rusia menginvasi Ukraina. Pasalnya tak hanya dua negara ini yang terlibat, Amerika Serikat dan NATO juga kemungkinan turun tangan. Sementara itu, Rusia merupakan sekutu dekat China, sehingga bukan tak mungkin Moskow akan meminta saran atau bantuan ke Beijing. Dalam percaturan politik global, China juga kerap bersitegang dengan AS. Hubungan Ukraina dan Rusia sebagai negara maupun suku bangsa memiliki masa lalu yang panjang, rumit, dan kadang diwarnai konflik.</br>Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-79 pada Jumat (13/5/2022) sejak diluncurkan pada 24 Februari. Invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan jutaan warga sipil Ukraina meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ke negara lain untuk mencari keamanan. Perang Rusia di Ukraina telah menyebabkan 10 juta orang mengungsi dari rumah mereka, kata kepala badan pengungsi PBB, UNHCR pada Minggu. “Perang di Ukraina sangat menghancurkan sehingga 10 juta telah mengungsi – baik mengungsi di dalam negeri, atau sebagai pengungsi di luar negeri,” kata Filippo Grandi, komisaris tinggi PBB untuk pengungsi, lewat Twitter. Menurut data PBB, hampir 3,4 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari lalu dengan lebih dari 2 juta mengungsi ke negara tetangga yaitu Polandia, hampir 530.000 mengungsi ke Rumania dan lebih dari 362.000 ke Moldova. Sekitar 6,5 juta diperkirakan menjadi pengungsi dalam negeri di Ukraina. Perang antara Ukraina dan Rusia telah merenggut nyawa sedikitnya 847 warga sipil dan menyebabkan sekitar 1.400 orang terluka di Ukraina, kata PBB, sambil menekankan bahwa angka sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi karena kondisi di lapangan membuat verifikasi menjadi sulit.</br>Disituasi seperti ini tentu saja pasti ada warga Ukraina yang berdatangan ke negara kita untuk mengungsi (mencari tempat yang aman) bukan? Seperti yang kita ketahui, ketika pengungsi meninggalkan negara asal atau tempat tinggalnya, mereka meninggalkan hidup, rumah, kepemilikan dan keluarganya. Pengungsi tersebut tidak dapat dilindungi oleh negara asalnya karena mereka terpaksa meninggalkan negaranya. Indonesia sendiri belum menjadi Negara Pihak dari Konvensi 1951 tentang Status Pengungsi dan Protokol 1967, serta belum memiliki sebuah sistem penentuan status pengungsi. Dengan demikian, Pemerintah memberikan kewenangan kepada UNHCR untuk menjalankan mandat perlindungan pengungsi dan untuk menangani permasalahan pengungsi di Indonesia. Di Indonesia, unit Pelayanan Komunitas UNHCR bekerja dengan mitra pelaksana, seperti Church World Service, untuk menyediakan kebutuhan dasar bagi pencari suaka dan pengungsi, termasuk bantuan mental, konseling, pendidikan, dan pelatihan dalam berbagai bahasa, dan hal-hal teknis. Selain itu, Pelayanan Komunitas UNHCR juga melaksanakan kunjungan rumah secara reguler untuk memfasilitasi aktivitas kelompok bantu-mandiri. </br></br>Menurut saya sendiri, sikap dan tanggung jawab saya ketika ada pengungsi datang ke tempat saya karena konflik yang terjadi di Ukraina adalah, melayani mereka dan menerima mereka dengan baik. Sebab dengan situasi yang mencekam mereka alami disana menyebabkan efek psikis yang sangat menyakitkan bagi mereka dan sudah pasti menderita. Disini saya akan menyediakan tempat tinggal, makanan dan pakaian yang layak untuk mereka serta tidak menutup kemungkinan kita siapkan beberapa hiburan seperti tari-tarian dan permainan untuk mereka dan anak-anak mereka. Kita akan membuat pos-pos penjagaan agar mereka merasa nyaman dan aman. Bertanggung jawab terhadap pengungsi memang bukan lah hal yang mudah, namun kita sebagai sesama manusia bukan kah harus saling membantu? Meskipun tidak bisa membantu mereka banyak setidaknya kita sudah membuat mereka merasa nyaman dan aman.dah membuat mereka merasa nyaman dan aman.)
  • Unconditionally Perfect  + (seperti yang sudah diketahui bersama di Inseperti yang sudah diketahui bersama di Indonesia penyandang disabilitas harus menjadi fokus pemerintah,ntah dari kasus bullying dari lingkungan sekitar maupun kurang mampu nya penyandang disabilitas yang terkesan mendapat sanksi sosial dengan kesalahan yang tidak dilakukannya.Program “MANDANG DASA” (Mewujudkan Penyandang Disabilitas Tanpa Batasan) yaitu memiliki filosofi melihat angka sepuluh sebagai angka yang sempurna namun harus bisa berlaku untuk semua manusia. Program ini diharapkan bisa menyongsong sinergi pemerintah agar lebih terfokus kepada pendidikan dan lingkungan sekitar dari penyandang disabilitas. Kita semua sama, Kita semua bersaudara, Kita semua teman., Kita semua bersaudara, Kita semua teman.)
  • Literature Strategi TFBT Untuk Kesembuhan Ibu Pertiwi  + (Seperti yang sudah diketahui, dunia sedangSeperti yang sudah diketahui, dunia sedang menghadapi maraknya virus corona atau covid-19. Karena hal ini, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan - perubahan, mulai dari dunia perekonomian yang semakin melemah, hubungan sosial semakin menurun karena kurangnya interaksi satu sama lain. Semua kegiatan pun terhambat karena wabah ini. </br> Pemerintah tidak bisa tinggal diam akan hal ini, pemerintah harus mengambil tindakan dengan cara mengeluarkan kebijakan - kebijakan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19. Pemerintah perlu menerapkan strategi TFBT. </br>Apa itu TFBT?</br>T = Targetkan vaksinasi untuk semua masyarakat </br>F = Fokuskan kesehatan pada lansia</br>B = Biaya pengobatan tidak dinaikan tarifnya</br>T = Tutup tempat wisata</br>Kita perlu menerapkan strategi ini dengan sungguh - sungguh agar bisa mengurangi penyebaran virus corona ini. Dengan cara menargetkan vaksinasi untuk semua masyarakat maka secara tidak langsung akan mencegah penyebaran virus corona. Mengapa demikian? Sebab, tubuh kita sudah kebal karena efek dari vaksin tersebut dan virus tidak mudah menyerang tubuh kita. Selain menargetkan vaksinasi, kita juga perlu memfokuskan kekesehatan para lansia, karena sistem kekebalan tubuh lansia sangat lemah dan sangat mudah terserang oleh virus. Karena ini, tidak hanya lansia saja yang terkena, tapi orang-orang yang merawatnya pun memiliki kemungkinan besar untuk ikut terserang virus. </br>Ketika virus masih menyerang sangat gencar seperti ini, biaya pengobatan pun harus diturunkan. Mengapa demikian? Banyak masyarakat yang sakit terpaksa tidak jadi berobat karena kekurangan dana karena biaya pengobatan sangat mahal jika hal ini terus dibiarkan bagaimana nasib masyarakat lainnya? Tentu saja akan ikut tertular penyakit yang menyebabkan kondisi tubuhnya drop dan mudah terserang virus. Oleh karena itu, sangat diharapkan biaya pengobatan tidak dinaikan tarifnya, tingkatkan rasa kepeduliannya satu sama lain demi bisa keluar dari virus yang mematikan ini. </br>Dan yang terakhir dan yang paling penting dan harus terlaksana yaitu tutup tempat wisata. Bali memang terkenal dengan keindahan alamnya sampai mendunia pemasukan masyarakatnya pun dari hasil wisata , namun jika wisata terus dibiarkan dibuka seperti ini, maka akan semakin memperparah keadaan, karena wisatawan yang berkunjung ke Bali itu tidak hanya masyarakat lokal saja, melainkan wisatawan - wisatawan dari berbagai negara . Hal inilah yang menjadi pemicu utama penyebaran virus corona ini. Demi keselamatan kita semua, sangat diharapkan wisata - wisata yang ada di Bali ditutup sampai keadaaan benar - benar baik. </br>Tingkatkan rasa kepedulian satu sama lain, turunkan ego sejenak, sekarang bukan waktunya untuk jadi egois. Kita semua ingin sembuh, bahkan seluruh dunia pun ingin sembuh. Jadi mari patuhi semua kebijakan yang telah ditetapkan, patuhi protokol kesehatan dan jangan berkerumun. Semakin tinggi rasa pedulimu, semakin sedikit kabar duka yang pedulimu, semakin sedikit kabar duka yang)
  • Literature Penyandang Disabilitas Punya Hak Yang Sama  + (Seperti yang sudah diketahui, tahun 2024 aSeperti yang sudah diketahui, tahun 2024 akan dilaksanakan PEMILU. Semua rakyat diharapkan mengikuti PEMILU agar menghasilkan Pemimpin yang baik. Penyandang disabilitas juga mempunyai hak yang sama. Seperti yang tertuang dalam UU No 8 Tahun 2016 tentang penyandang disanilitas.</br></br> Menurut saya, yang bisa dilaksanakan pemerintah agar penyandang disabilitas bisa mengikuti PEMILU adalah pada saat PEMILU penyandang disabilitas diizinkan didampingi keluarga maupun petugas. Selain itu, dibuatkan program PEMILU daring untuk penyandang disabilitas agar tidak lagi datang ke TPS. Tetapi dari tempat masing-masing yang mengikuti PEMILU adalah penyandang disabilitas yang bersangkutan. Menurut asas PEMILU yaitu LUBER JURDIL.n. Menurut asas PEMILU yaitu LUBER JURDIL.)
  • Understanding Civil Issues and Preserving Balinese Language with BASAbali Wiki  + (Seperti yang sudah kita ketahui, BASAbali Seperti yang sudah kita ketahui, BASAbali Wiki selalu aktif dan inovatif dalam menciptakan konten atau isu-isu sipil yang terdapat di lingkup masyarakat Bali. Konten tersebut antara lain edukasi, sosial, politik, lingkungan, dan lain-lain. Apalagi konten tersebut menjadi trending topic dan berkolaborasi dengan influencer atau tokoh masyarakat. Hal tersebut dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan awareness atau perhatian terhadap keberadaan isu-isu sipil tersebut.</br></br>Kemudian, konten tersebut juga selalu dikemas kreatif dengan menggunakan konsep yang selalu bisa menarik perhatian masyarakat untuk mengikuti konten tersebut. Contohnya seperti konten yang dibuat dengan berisikan video bertemakan komedi yang ditambah dengan menggunakan animasi atau desain yang menarik.</br>WIkithon Partisipasi Publik, ini merupakan salah satu program yang dapat mendorong masyarakat untuk mengikuti isu-isu sipil. Ketika topik atau tema yang dibuat menggunakan bahasa Bali, maka dari itu masyarakat Bali khususnya dapat mengetahui dan meningkatkan motivasinya untuk mengikuti hadirnya isu-isu sipil.</br></br>Semoga BASAbali Wiki selalu konsisten dalam memberikan karya yang sarat akan edukasi dan informasi yang menggunakan bahasa Bali, agar masyarakat Bali selalu dapat tahu dan ingat untuk melestarikan bahasa Bali. dan ingat untuk melestarikan bahasa Bali.)
  • COVID-19 Nenten Sida Ngawinan Surud Pamargin Spiritualitas Maagama ring Bali  + (Seperti yang telah diketahui, kini bumi inSeperti yang telah diketahui, kini bumi ini sedang dilanda oleh COVID-19. Ini disebabkan karena adanya penyebaran dari luar negeri ke Indonesia. Khususnya di Bali, COVID-19 ini tidak dapat mengurangi jalanya spiritualitas beragama di Bali berkurang. Walaupun diwajibkan agar mengguanakan standar protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selalu menggunakan masker jika berpergian, mencuci tangan menggunakan sabun, dan mari berdoa kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa semoga Ida bersedia menuntun kita kejalan yang benar khususnya di Bali.kita kejalan yang benar khususnya di Bali.)
  • Kapiambeng ring sejeroning pariwisata  + (seperti yg terjadi di Pantai Kuta ada bebeseperti yg terjadi di Pantai Kuta ada beberapa penjual yg memaksa beberapa wisatawan untuk duduk ataupun membeli makanan atau barang dari mereka.</br>yang membuat beberapa wisatawan resah itu adalah cara mereka menawarkan nya terkesan memaksa dan mengejar agar beberapa wisatawan mau menggunakan jasa mereka atau membeli makanan/minuman atau barang dari mereka.</br>dan beberapa wisatawan ada yg speak up di twitter/instagram dan beberapa sosmed lainnya tentang hal ini. tolong diperbaiki soal ini karena membuat beberapa wisatawan takut untuk berwisata disini dan mengganggap di semua tempat wisata akan ada penjual seperti mereka </br>dan perlu mempromosikan pariwisata pariwisata baru yang berpeluang menghasilkan untung yg banyak, di setiap tempat wisata harus bersih dan higenis seperti kamar mandi yg bersih.dan higenis seperti kamar mandi yg bersih.)