UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Rumah seorang anak tiba-tiba kacau balau. Apa kira-kira sebabnya?". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Dina tatkala Jukut-Jukutan Majalan ka Sekolah  + (Raju tidak percaya dengan penglihatannya. Raju tidak percaya dengan penglihatannya. Dalam perjalanan ke sekolah, dia melihat sayur-sayuran dalam berbagai bentuk dan ukuran juga menuju sekolah dengan menyandang tas sekolah dan botol minum! Yang lebih mengherankan tidak seorang pun, termasuk gurunya, terkejut melihat mereka. Ada apa ini?nya, terkejut melihat mereka. Ada apa ini?)
  • Literature KONTRIBUSI PEMUDA DALAM MEMBANTU PENANGANAN PENGUNGSI INTERNASIONAL DI INDONESIA  + (RANGGA REPANSA SMP KUNTUM WIJAYAKUSUMA KeRANGGA REPANSA</br>SMP KUNTUM WIJAYAKUSUMA</br></br>Kedatangan Pengungsi Ukraina di Indonesia</br>Indonesia merupakan negara yang memiliki tradisi untuk menerima pengungsi yang harus terpaksa keluar dari negara asalnya karena disebabkan oleh suatu permasalahan. Sikap terbuka Indonesia terhadap pengungsi, karena Indonesia menjunjung tinggi kemanusiaan sehingga pihak Indonesia memilih untuk menerima pengungsi dan tidak mengusirnya, hal inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai destinasi tujuan pengungsi atau bahkan hanya sebatas tempat transit sebelum melanjutkan perjalan ke negara tujuan pengungsian. Menurut data dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, setidaknya terdapat 400 kelompok pengungsi internasional di Indonesia, dan jumlah tersebut berpotensi meningkat seiring dengan adanya konflik perang antara Ukraina dan Rusia. Terjadinya perang antara Ukraina dan Rusia dipicu oleh permasalahan geopolitik antar kedua negara, yang tidak dapat diselesaikan melalui cara damai sehingga kemudian menyebabkan terjadinya perang antar kedua negara. Lokasi terjadinya perang adalah pada berbagai daerah di negara Ukraina, agresi militer yang disebabkan oleh pihak militer Rusia kemudian menyebabkan kehancuran dan menimbulkan banyak korban jiwa, termasuk diantaranya adalah korban dari pihak sipil yang merupakan non kombatan yang dilindungi oleh hukum humaniter.</br></br>Dengan situasi yang tidak kondusif, hal ini kemudian mendorong Warga Negara Ukraina untuk mengungsi keluar negaranya untuk mendapatkan perlindungan, serta dapat melanjutkan kehidupannya dengan aman. Warga Negara Ukraina dapat mengungsi ke berbagai negara yang dapat menerima kehadiran mereka sebagai pengungsi, tidak menutup kemungkinan mereka akan mengungsi ke Indonesia dikarenakan adanya tradisi menerima pengungsi yang datang ke Indonesia. Pengungsi memiliki hak asasi manusia yang melekat pada mereka sebagaimana manusia lainnya yang memiliki hak asasi manusia sejak dilahirkan, hak asasi tersebut dibangun dengan dasar prinsip universalitas, persamaan, anti diskriminasi, dan dapat diterapkan pada setiap individu termasuk inidividu yang masuk kedalam mandat United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) seperti kalangan pengungsi. Menjadi penting untuk dapat memberikan perlindungan, serta melakukan penanganan berbagai bentuk permasalahan yang dihadapi oleh pengungsi di Indonesia, sebagai upaya memenuhi hak asasi manusia yang juga dimiliki oleh kalangan pengungsi.</br></br>Kontribusi Pemuda Dalam Membantu Penanganan Pengungsi di Indonesia</br></br>Meskipun Indonesia merupakan negara yang terbuka terhadap kedatangan pengungsi, namun pihak pemerintah Indonesia tidak dapat melakukan penanganan pengungsi yang datang ke Indonesia, hal ini dikarenakan Indonesia belum meratifikasi Konvensi 1951 tentang Status Pengungsi dan Protokol 1967, dan belum memiliki sistem penentuan status pengungsi. Pemerintah Indonesia kemudian memberikan wewenang kepada UNHCR untuk menjalankan mandat perlindungan dan penanganan permasalahan pengungsi di Indonesia. Meskipun mandat penanganan pengungsi internasional di Indonesia berada pada UNHCR, namun kita sebagai pemuda dapat turut serta berkontribusi dalam membantu penanganan pengungsi melalui berbagai aksi atau tindakan nyata. Penulis berpedapat bahwa, terdapat beberapa bentuk bantuan yang dapat diberikan oleh kalangan pemuda untuk membantu pengungsi internasional yang berada di Indonesia seperti melalui dialog lintas komunitas, dan lokakarya keterampilan.</br></br>Salah satu bentuk bantuan yang dapat diberikan kalangan pemuda bagi pengungsi internasional yang berada di Indonesia adalah melalui dialog lintas komunitas, yang dapat difasilitasi oleh kalangan pemuda. Adanya dialog lintas komunitas dapat membantu masyarakat untuk memahami situasi dan kondisi yang dialami oleh setiap pengungsi, sehingga dapat membentuk keterbukaan masyarakat terhadap pengungsi. Bagi pengungsi, adanya dialog lintas komunitas dapat membantu pengungsi dalam beradaptasi dengan situasi, kondisi, adat, dab norma yang ada dalam lingkungan masyarakat, sehingga kemudian pengungsi dapat beraktivitas dalam lingkungan masyarakat dengan baik. </br>Bantuan lain yang dapat diberikan oleh kalangan pemuda kepada pengungsi adalah pembentukkan keterampilan melalui lokakarya keterampilan yang diadakan oleh kalangan pemuda. Melalui acara lokakarya yang diselenggarakan oleh kalangan pemuda, kalangan pemuda dapat membantu membentuk berbagai bentuk keterampilan yang bermanfaat bagi pengungsi. Adanya pembentukkan berbagai bentuk keterampilan, kemudian akan mendorong peningkatan produktivitas para pengungsi khususnya dalam perjuangan untuk bertahan hidup di luar negara asalnya. Beberapa bantuan yang diberikan oleh kalangan pemuda tersebut, merupakan bentuk empati dan sikap solidaritas sosial yang ditunjukkan oleh kalangan pemuda terhadap para pengungsi yang harus keluar dari negaranya secara paksa akibat adanya konflik yang ada di negara asalnya. Melalui pemberian beberapa bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu para pengungsi untuk dapat menjalani kehidupannya. </br></br>Melalui tulisan ini, penulis memberikan saran bagi setiap pihak untuk tidak apatis terhadap berbagai bentuk permasalahan seperti diantaranya adalah permasalahan pengungsi seperti pengungsi Ukraina yang harus terpaksa keluar dari negaranya akibat adanya konflik. Hadirnya pengungsi yang datang di sekitar kita dapat kita tanggapi dengan bijaksana, dengan turut serta membantu para pengungsi tersebut untuk dapat tetap menjalani kehidupannya, meskipun hidup di luar negara asalnya. Para pengungsi, termasuk diantaranya adalah pengungsi Ukraina dan pengungsi dari negara lainnya, memiliki hak asasi sebagai manusia yang harus kita lindungi. Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kita wajib untuk membantu para pengungsi tersebut melalui berbagai upaya yang dapat dilakukan.lalui berbagai upaya yang dapat dilakukan.)
  • "Wangsa Indonesia Mangkin Sampun Mayusa 77 Warsa"  + (Rasa cinta kepada bangsa Indonesia semakinRasa cinta kepada bangsa Indonesia semakin dalam. Seperti lambang garuda pancasila yang mencerminkan rasa persatuan meski berbeda suku, adat, budaya dan lain sebagainya . berbeda -beda namun tetap satu. Fasilitas infrastruktur yang semakin maju seperti jalan tol, pembangunan pada bidang pendidikan, teknologi, pariwisata, pertanian dan lain sebagainya. Semoga penerus bangsa Indonesia 'JAYA'.a. Semoga penerus bangsa Indonesia 'JAYA'.)
  • Literature Bangkit bersama bali  + (rasa sedih melihat keadaan bali sekarang. rasa sedih melihat keadaan bali sekarang.</br></br>selalu berlinang air mata, rasa gelisah dan kebingungan </br></br>yang dulunya sering melihat pemandangan sawah, pegunungan, bukit, namun sekarang berubah seiringnya perkembangan zaman dan era baru.</br></br>sekarang aku tidak melihat itu semua, melainkan pabrik, dan rumah berserakan di setiap jalan</br></br>akan di bawa kemana warisan ku ini jika semua akan berubah dengan seiring berjalannya zaman?</br></br>aku sangat berharap agar para warga Indonesia tetap menjaga dan melestarikan warisan dari leluhur karena kita ‘ satu keluarga dari seluruh isi dunia’ta ‘ satu keluarga dari seluruh isi dunia’)
  • Bangga  + (Ratu lebah dan prajuritnya selalu bekerja sama. Selalu menyelesaikan pekerjaan walaupun sudah lelah. Apa yang menyebabkan seperti itu?)
  • Ratu Sandar  + (Ratu Sandar meapit tedung, Maselendang, MRatu Sandar </br>meapit tedung,</br>Maselendang,</br>Masesimping,</br>Makuping masubeng emas</br>Gelungan makober, maoncer </br></br>Ratu Sandar adalah Tari Telek yang dipersepsikan sebagai pemimpin dari Tari Sandar/Sesandaran gaya Tanjung Benoa dalam tradisi pementasan sakral Mapajar.</br>Karya ini adalah hasil penuangan ide-ide dari kecintaan dan capaian penata terhadap proses kreatif ketika belajar dan mengenal tradisi Mapajar. </br></br>Karya ini juga merupakan suatu upaya dalam mempertahankan pakem-pakem Tari Telek gaya Tanjung Benoa yang sesungguhnya untuk diwariskan kepada seniman generasi masa kini. </br></br>Ratu Sandar adalah bentuk dedikasi penata untuk seniman tari di Desa Tanjung Benoa khususnya Pregina Pengelingsir.jung Benoa khususnya Pregina Pengelingsir.)
  • -  + (RAYAKAN KELULUSAN TANPA CORAT CORET BAJU RAYAKAN KELULUSAN TANPA CORAT CORET BAJU</br></br>Anak Anak mileniall kayak sekarang pasti mau sekali mengikuti zaman,setiap kelulusan pasti acara yang dinanti nanti yaitu Corat coret baju, grang grung di jalan dan mengganggu lalu lintas.tau kenapa dampaknya? Dampaknya menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan dan di tempat coret coret baju,pasti banyak sampah yang membuang sembarangan tanpa pertanggung jawaban.sebenarnya boleh mengikuti zaman kayak sekarang tapi banyak banget cara merayakan kelulusan seperti yang sudah dihimbau oleh polres Jembrana,yakni menyumbangkan baju di anak yatim,merencanakan tirte yatra atau melali ke Bedugul atau tempat yang lain.</br>Jadilah contoh yang benar untuk anak anak yang lain,dan rayakan kelulusan dengan hal positif jangan alay dan jangan gengsii.al positif jangan alay dan jangan gengsii.)
  • Self Discovery Through Unexpected Redundancy  + (Refleksi seorang fotografer dalam proses kolaborasi seni, bersama ManButur Suantara. Membahas karya Human Imprints dan Sacred Mimicry yang dipamerkan dalam Manus Kolaborasi Seni Perjalanan Sadar.)
  • Rejang Tadung Jagat  + (Rejang Tedung Jagat dipersembahkan sebagai bentuk perlindungan dan persembahan pada dunia sekala dan niskala.)
  • Mother Tongue Film Festival  + (Reklamasi bahasa, penekanan pada bahasa daReklamasi bahasa, penekanan pada bahasa dari dislokasi saat ini dan sejarah serta relokasi paksa, dan pembuatan film untuk tujuan pendidikan adalah beberapa baris yang akan dieksplorasi dalam meja bundar pendidikan kami, 2 April. Kurator Smithsonian Mary Linn akan memoderasi diskusi langsung dengan Ruben Reyes, direktur "Garifuna in Peril"; Ni Nyoman Clara Listya Dewi, sutradara "Luh Ayu Manik Mas"; dan Kari Chew (Chickasaw), pemimpin proyek untuk "Growing the Fire Within."</br></br>Festival Film Bahasa Ibu dipersembahkan oleh Recovering Voices, kolaborasi antara Smithsonian’s National Museum of Natural History, National Museum of the American Indian, and the Center for Folklife and Cultural Heritage.</br></br>Program ini mendapat dukungan dari Bicentenario Perú 2021, Columbia School of the Arts, Documentary Educational Resources, Embassy of Canada to the United States, Ferring Pharmaceuticals, Mexican Cultural Institute of Washington, Taiwan Academy, Taiwan Ministry of Culture, the Embassy of New Zealand, The Elizabeth and Whitney MacMillan Endowment, Wick and Bonnie Moorman, dan masih banyak lagi.and Bonnie Moorman, dan masih banyak lagi.)
  • Tombak Perjuangan Rakyat Indonesia  + (Remaja adalah satu-satunya harapan bangsa)
  • Hoax tentang Keadilan Untuk Audrey  + (Remaja Putri bernama Audrey mengaku dikeroRemaja Putri bernama Audrey mengaku dikeroyok oleh 12 orang pelajar. Pengeroyokan dilakukan di dua tempat. Ada dua motif pelajar ini melakukan penganiayaan. Pertama sakit hati, karena korban kerap mengungkit-ungkit persoalan piutang yang pernah dilakukan oleh almarhumah ibu tersangka. Kedua, karena masalah lelaki. </br>Ketika penganiayaan berlangsung, Audrey mengaku dirinya dijatuhkan ke aspal dan ditendang berkali - kali oleh temannya dan mengalami pendarahan di hidung dan luka - luka di wajah. Kemudian Audrey juga menyatakan bahwa salah satu pelaku melakukan pelecehan di organ vitalnya yaitu dengan mencolok organ kewanitaannya dengan menggunakan jari tangannya, dan karena hal tersebut membuat korban sudah tidak perawan lagi dan juga mengalami pembengkakan di daerah area vitalnya. Peristiwa ini begitu cepat viral di media sosial sampai menggemparkan masyarakat seluruh Indonesia. </br>Namun setelah cek dalam bidang kesehatan Audrey divisum dan pihak visum menolak pernyataan yang diucapkan oleh Audrey, pihak visum mengatakan bahwa tidak ada bekas dan selaput dara, Audrey tidak mengalami robekan dan Audrey tidak mengalami trauma fisik dalam area tersebut. </br>Kasus ini sangat disayangkan, dan tidak seperti yang viral di medsos. Semoga hoax seperti ini tidak terulang kembaliga hoax seperti ini tidak terulang kembali)
  • Bali Water Protection Program  + (Research bersama Politeknik Negeri Bali dan Program penyelamatan air tanah di bali dengan melakukan 3 solusi, antara lain : Adopsi Sumur, Adopsi Sungai dan Adopsi Air.)
  • Mih, Entud Rey Babakt!  + (Rey jatuh dari bersepeda sampai lututnya terluka. Disana ia dibantu oleh teman-temannya.)
  • Iseng Bali Sane Kuna  + (RINDU BALI YANG DULU Pandemi Covid-19 yangRINDU BALI YANG DULU</br>Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat Pemerintah terpaksa membatasi kunjungan dari para turis lokal ataupun asing, hal ini menyebabkan hingga saat ini Bali masih sepi kunjungan, situasi ini dikarenakan dari berbagai sebab, mulai dari sempat meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga perizinan yang dianggap memberatkan bagi pengunjung.</br>Berbicara tentang pariwisata Bali berarti kita fokus pada sektor budaya dan alam yang menjadi nilai jual utama. Melihat dari problema dan situasi yang terjadi saat ini, diharapkan agar pemerintah memanfaatkan kondisi Bali yang masih sepi dari turis dengan fokus pada pemeliharaan alam dan memperkuat nilai budaya yang dimiliki. Bagaimana caranya, yaitu dengan mengambil langkah besar dalam pembatasan pembangunan instruktur yang tidak perlu dan tidak memiliki dampak dalam menarik minat turis asing. Kita semua tau Bali bahkan lebih dikenal didunia Internasional dari pada negara kita sendiri, kita dikenal dengan uniknya budaya dan asrinya alam yang ditawarkan.</br>Saya sempat mencari beberapa informasi disekitar, baik dari pemandu wisata ataupun dari turis yang sudah menetap di Bali, saya memberikan beberapa pertanyaan mengenai apa yang biasanya para turis asing sukai dan membuat mereka nyaman berada di Bali, jawaban mereka hampir sama pada intinya yaitu budaya dan alam yang ditawarkan, bukan dari segi teknologi maupun kemegahan bangunan modern yang ada disini. beberapa hal menarik yang saya temukan dalam jawaban yang diberikan oleh para narasumber yang saya berikan pertanyaan, yaitu mereka rindu akan suasana Bali yang dulu, mereka rindu akan budaya dan alam tradisonal Bali saat mereka baru pertamakali datang ke Bali.</br>Harapan terbesar saya sebagai generasi milenial yang belum pernah merasakan apa itu “Bali Yang Dulu”, yang hanya tahu dari cerita orang tua, gambar dari Google dan video dari Youtube, semoga Pemerintah bisa memprioritaskan dan membuat program yang mampu membentuk Bali Tradisonal yang dirindukan, karena yang dicari wisatawan bukan Bali dengan teknologi maju ataupun infrastruktur megah, melainkan Bali yang asri dengan lingkungan yang ramah.li yang asri dengan lingkungan yang ramah.)
  • Ngolah Botol Plastik Dados Perabotan Sane Mawiguna  + (Ring partisipasi public wikithon #3 punikiRing partisipasi public wikithon #3 puniki titiang Anak Agung Istri Gaudia Anjeli sareng Diva Zahra Anggraini saking program studi Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana prasida ngamiletin partisipasi public puniki antuk mengunggah video tata cara pengolahan limbah botol plastic dados perabotan sane mawiguna ring palemahan sameton sareng sami. Silih tunggil conto punika ngubah botol plastic dados pot gantung kaanggen ngias tembok umah sameton soang – soang. Nenten nyelametang palemahan kemanten, nanging taler prasida ngaryanin palemahan sameton soang – soang dados asri. Video puniki kabuat ring desa peemcutan kelod pinanggal 2 Oktober warsa 2021.utan kelod pinanggal 2 Oktober warsa 2021.)
  • Wawancara Covid-19: Dr Pande Januraga MD Phd  + (Rio Helmi: Doktor Januraga, belakangan inRio Helmi: Doktor Januraga, belakangan ini di medsos dan kalangan publik sudah marak berbagai teori tentang immunitas Bali terhadap covid-19, ada juga teori bahwa sebenarnya puncak pandemi di Bali sudah lewat, dan sebagainya. Sebagai orang yang terlatih dalam ilmu kesehatan masyarakat (public health), apakah ada bukti atau argumen bahwa hal seperti itu mungkin?</br></br>Dr Pande Januraga: Teori imunitas berasal dari konsep herd immunity yang dalam ilmu epidemiologi berarti kekebalan terhadap penyakit menular yang diperoleh masyarakat di tempat tertentu karena sebagian besar masyarakat telah kebal karena vaksinasi atau paparan infeksi sebelumnya, akibatnya masyarakat yang tidak kebal akan terlindungi. Untuk bisa melindungi masyarakat yang tidak kebal paling tidak 60% dari masyarakat harus kebal, bahkan mungkin perlu angka yang lebih tinggi jika penyakit menular disebabkan oleh kuman yang penularannya lebih mudah seperti SARS-CoV2 penyebab COVID-19 ini. Nah jelas vaksinasi belum pernah ada untuk COVID-19 kemudian jika sudah pernah terinfeksi apakah benar 60% orang Bali sudah pernah terinfeksi sebelumnya? Sangat sulit untuk yakin. Ada blog yang menulis bahwa pada awal Januari sampai Februari ada banyak hotel yang meliburkan karyawan karena mereka melaporkan sakit, wah dimana laporannya? Sakitnya apa? Apakah benar karena COVID? Berapa banyak karyawan hotel di Bali, apakah 60% dari penduduk Bali? Sulit diterima. Hal lain adalah jika benar telah cukup banyak orang Bali yang pernah menderita COVID-19 maka statistik dari tempat lain bisa digunakan untuk menghitung bahwa akan ada kurang lebih 10% yang sakit berat dan 5% perlu perawatan di ICU dan anggap saja paling sedikit 20% dari yang masuk ICU meninggal, coba hitung sendiri angkanya dari 60% penduduk Bali. Jika kita memiliki 4,5 juta jiwa maka, 2,7 juta terinfeksi, 270 ribu sakit bergejala berat, 135 ribu perlu ICU dan 20% dari 135 ribu ini meninggal maka ada minimal 27 ribu kematian, jumlah yang sulit dibayangkan kan? Silahkan diturunkan setengah persentase di atas, maka tetap saja belum pernah ada laporan bahwa ada kejadian kesakitan dan kematian masal di Januari dan Februari di Bali. Bagaimana jika memang orang Bali, sakitnya tidak berat…mungkin saja, tetapi ini tidak ada dasarnya, apakah ada pengaruh genetik? Belum ada jawabannya.</br></br>OK, mungkin akan ada yang membantah, tidak perlu sebanyak itu yang terinfeksi. Kalau begitu apa dasarnya? Pernah dengar polio, vaksinasi polio malah dikampanyekan 100% karena memang sulit mencapai herd immunity.</br></br>Hal lain adalah seberapa lama kekebalan pada COVID-19 bertahan? Ini penyakit baru, penelitian terkait belum banyak, tetapi coba pikirkan, sampai sekarang MERS dan SARS yang virusnya setipe yaitu Corona belum ditemukan vaksinnya, mengapa karena sulit menguji kekebalan spesifik untuk jenis virus ini. Itu sebabnya ada banyak informasi yang mengatakan perlu waktu untuk vaksin berhasil ditemukan. Plus, ingat saja influenza, jika anda pernah tinggal di negara 4 musim, maka wajib vaksin tiap tahun, yang artinya kekebalannya tidak bertahan lama, nah silahkan nilai sendiri bagaimana mungkin ada klaim bahwa anda akan kebal 30 tahun setelah sembuh dari COVID-19, butuh 30 tahun menunggu untuk klaim ini hehehe.</br></br>Untuk pertanyaan kedua, Bali sudah lewat puncak, sudahlah ini pernyataan tanpa basis data, lihat saja laporan Satgas Bali, apakah ada gambar grafik temuan kasus turun terus? Masih fluktuatif. Saya pribadi berharap ya, tapi itu lihat data-nya.</br></br>di lanjutkan di sini: http://ubudnowandthen.com/wawancara-covid-19-dr-pande-januraga-md-phd/wancara-covid-19-dr-pande-januraga-md-phd/)
  • Rise From the Ashes  + (Rise From the Ashes menggunakan simbolismeRise From the Ashes menggunakan simbolisme melalui letusan gunung berapi dimana bencana memiliki dua makna. Memang ada kesedihan di awal, namun melalui kesedihan semua makhluk hidup akan sadar bahwa segala sesuatu harus kembali ke awal. Kehidupan akan mulai tumbuh setelah dampak letusan. RUMAH, merupakan awal mula kehidupan manusia dibesarkan dan diajarkan segala cara menjalani hidup dan belajar memahami kehidupan. RUMAH adalah tempat kita belajar dan berkumpul untuk memulai perjalanan.ar dan berkumpul untuk memulai perjalanan.)
  • RITME DEMOKRASI: bonus demografi nuju Indonesia maju 2045  + (RITME DEMOKRASI : bonus demografi menuju IRITME DEMOKRASI : bonus demografi menuju Indonesia maju 2045</br></br>“Om swastyastu para hadirin yang terhomat.</br>Indonesia, sebagai negara dengan bonus demografi yang melimpah, kini berada pada puncak peluang besar untuk mencapai kemajuan yang luar biasa. Bonus demografi tidak hanya sekadar jumlah penduduk yang banyak, tetapi penting nya ritme masyarakat yang membawa Indonesia maju pada tahun 2045. Karena bangsa perlu rakyat yang berani menyuarakan pilihan Inilah saatnya bagi kita sebagai bangsa untuk merangkul peluang ini dengan tekad dan kebijakan yang bijak."</br></br></br>“Dalam merangkul bonus demografi, penting bagi kita untuk fokus pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. namun selain itu kita tidak bisa melupakan ritme masyarakat yang harus di hargai, Pemilu adalah panggung di mana kita sebagai warga negara tampil sebagai bintang utama, dan hak kita untuk memilih adalah instrumen utama yang menciptakan keindahan melodi demokrasi. Hal ini dapat dicapai dengan memfokuskan upaya pada pembangunan sumber daya manusia, terutama generasi muda. Edukasi yang berkualitas, pelatihan keterampilan, dan pembinaan karakter menjadi notasi penting dalam melengkapi melodi keberhasilan. Maka dari itu Mari kita bersama-sama mengejar keadilan, keterbukaan, dan keberlanjutan, sebagai bagian dari orkestra demokrasi yang mampu menciptakan karya besar untuk tahun 2045 mendatang. </br></br></br>Sebagai penutup, marilah kita bersama-sama menyelaraskan ritme demokrasi dengan bonus demografi menuju Indonesia maju 2045. Ini adalah panggung besar bagi kita semua, di mana peran setiap individu, tanpa memandang usia atau latar belakang, adalah kunci utama dalam menjalani orkestra kemajuan. Dengan melibatkan semua elemen dalam ritme demokrasi ini, kita akan mampu mencapai prestasi besar sebagai bangsa, mengukir masa depan yang cemerlang dan sejahtera. Terima kasih."ng cemerlang dan sejahtera. Terima kasih.")
  • Literature subak bukit  + (Ritual yang tahun ini sudah dilaksanakan oleh warga disubak ini dengan upacara nanglhk merana. Minta kesuburan sama ida batari biar hasil pertanian warga melimpah)
  • HUMANITY'S HOPE IN PEACE KNITTING  + (Rudal dan penembakan terus menghujani kotaRudal dan penembakan terus menghujani kota-kota Ukraina setelah Rusia melancarkan invasi darat dan serangan udara skala penuh, memaksa warga sipil untuk berlindung di sistem metro, dengan 100.000 orang mengungsi. Dilansir dari okezone.com, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan di seluruh Ukraina, sedikitnya 137 "pahlawan" meninggal dan 316 orang terluka setelah hari pertama pertempuran. Dia menyerukan wajib militer dan tentara cadangan di seluruh negeri untuk berperang dalam mobilisasi umum. Selain itu setelah beberapa minggu penyerangan terjadi, kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melaporkan, lebih dari 900 warga Ukraina tewas sejak invasi Rusia ke Ukraina. Adapun lebih dari 1.450 orang terluka. Mengutip France24. Kurangnya informasi dari kota-kota yang terkena dampak parah, termasuk Mariupol, jumlah korban sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi.</br>Dengan penyerangan yang terus-menerus terjadi ini menyebabkan korban terus bertambah, sangat sedih mengungkapkan bagaimana negara yang dicintai warganya hingga kini menjadi tempat yang setiap harinya menjadi pusat penyerangan. Bagaimana warga Ukraina dapat tertidur tenang, bekerja, dan memulai aktivitas seperti biasanya jika penyerangan seperti bom, ledakkan dan penjagaan yang ketat terus mengintai sisi kota-kota di Ukraina.</br> Hal-hal tersebut menyebabkan tidak sedikit dari warga Ukraina yang mengungsi ke kota bahkan negara lain untuk mencari keamanan, tentu saja menjadi tugas kita dalam menjaga asa kemanusiaan. Lantas hal-hal apakah yang perlu kita lakukan?</br>Mengikuti jejak-jejak negara Eropa dalam hal memberi bantuan seperti halnya :</br>Polandia yang ikut membantu pengungsi, semenjak pengungsi datang, Pemerintah Polandia membentuk posko penerimaan dan menyediakan kebutuhan pokok dan bahkan banyak orang disana yang terlibat aksi solidaritas dan menjadi relawan. Selain itu, Pemerintah Inggris juga akan memberi 350 pounds atau Rp 6,53 juta per bulan untuk penduduk yang menampung pengungsi Ukraina. Bantuan itu untuk penduduk yang menyediakan ruangan atau properti bagi pengungsi Ukraina selama enam bulan. Tidak hanya bantuan berupa pangan dan property, Negara-negara lain juga meluncurkan Layanan transportasi kereta Eurostar menawarkan perjalanan gratis warga Ukraina yang memasuki Inggris dari Paris, Brussel dan Amsterdam. Perusahaan kereta api di Polandia, Jerman, Belgia, Austria, Republik Ceko, Hungaria, Slovakia, Denmark dan Prancis juga telah meluncurkan skema yang sama bagi mereka mengungsi. Ini membuktikan bahwa negara-negara lain ingin menyalurkan bantuan untuk Ukraina. Walaupun bukan bantuan dengan skala yang amat besar, kita masih bisa menggunakan daerah yang kita tinggali untuk meniru yang dilakukan negara-negara tersebut dalam menjaga asa para warga Ukraina tetap bisa hidup lebih tenang tanpa ancaman invasi.</br>Bersama-sama saling membantu dengan menerima para pengungsi untuk bertempat di daerah kita</br>Bali, daerah yang kita tinggali saat ini sudah terbilang kaya dengan luas dan akomodasi kebutuhan yang saat ini tersedia. Para pengungsi harus kita anggap seperti keluarga dengan memberinya fasilitas seperti apa yang kita dapat. Selain itu, perlunya lapangan kerja untuk membantu para warga pengungsi memperbaiki finansial mereka saat ini yang sedang tidak stabil karena adanya invasi. Seperti misalnya di daerah Gianyar Klungkung dimana mereka saat ini biasa mempelajari hal-hal penting dalam kerajinan dan digunakan sebagai mata pencaharian. Lalu, di daerah Tabanan untuk membantu pengungsi dalam hal pangan seperti beras. Dimanapun para pengungsi mendapatkan tempat mereka bisa juga menggunakan daerah yang lain selain daerah-daerah tersebut untuk membantu meringankan beban finansial maupun beban mental akibat penyerangan yang terjadi di Ukraina. Bali juga mempunyai daerah lain yang secara spesifik sebagai tempat wisata yang digemari di mancanegara. </br>Terlepas dari fakta-fakta yang tersirat bisa dikatakan bahwa bukan hanya negara di Eropa yang menyalurkan bantuan, Indonesia juga perlu mengulurkan tangan untuk para warga dari beberapa aspek. Hal-hal yang bisa kita lihat adalah bagaimana keadaan WNI yang saat itu terpuruk dan tidak tahu kepastian keamanan jiwa mereka, tetapi kita harus bersyukur karena mereka dapat kembali dengan selamat kepada pelukan keluarga tercinta. Perlu juga bantuan tersebut kita ulurkan kepada WNA yang menjadi pengungsi akibat invasi yang terjadi. Bantuan dan cinta kasih harus kita bagikan secara netral tanpa memandang dari manakah orang yang membutuhkan tersebut berasal.h orang yang membutuhkan tersebut berasal.)
  • Rujak Culinary, Improving Bali's Economy during the Pandemic  + (Rujak adalah kuliner khas Indonesia. SederRujak adalah kuliner khas Indonesia. Sederhana namun banyak penggemar, masyarakat senang mengkonsumsi rujak setelah makan. Buah-buahan yang biasa digunakan dalam pembuatan rujak adalah apel, manggis, nanas, jambu air dan lain sebagainya. Buah-buahan tersebut disiram dengan bumbu pedas yang biasanya terbuat dari gula bali, gula pasir maupun dicampur kuah ikan pindang. Di masa pandemi ini rekomendasi kuliner yang dapat dibuat usaha untuk meningkatkan perekonomian bali adalah rujak.ningkatkan perekonomian bali adalah rujak.)
  • Harmoni di Margine  + (Rukun atau "Harmonisai" ketika bermayarakaRukun atau "Harmonisai" ketika bermayarakat patut dipegang erat agar bisa menemukan keselamatan. Di jalan Kota Amlapura ada Tugu Garuda Pancasila yang menjadi dasar atau pedoman kita sebagai warga Indonesia. Keberadaan tugu ini bertujuan agar para warga sekalian ingat mengimplementasikan nilai-nilai Panca Sila di dalam kehidupannya.ai-nilai Panca Sila di dalam kehidupannya.)
  • River in Bali  + (Rumah saya berada di pinggir sungai,dulunyRumah saya berada di pinggir sungai,dulunya sungai tersebut masih bersih,asri dan tidak tercemari sampah.namun seiring berjalannya waktu,sungai yang dulunya bersih,dan asri berubah menjadi sungai yang airnya kotor,keruh dan banyak sampah.harapan saya untuk pemerintah adalah supaya lebih memperhatikan keadaan lingkungan di Bali contohnya yaitu sungai.selain bisa membantu kegiatan penduduk sekitar,mungkin juga bisa menjadi daya tarik wisata untuk warga lokal dan turis.serta Impian saya adalah Bali menjadi tempat yang aman, bersih, dan lestari bagi penduduknya dan para wisatawan.stari bagi penduduknya dan para wisatawan.)
  • River in bali  + (Rumah saya berada di pinggir sungai,dulunyRumah saya berada di pinggir sungai,dulunya sungai tersebut masih bersih,asri dan tidak tercemari sampah.namun seiring berjalannya waktu,sungai yang dulunya bersih,dan asri berubah menjadi sungai yang airnya kotor,keruh dan banyak sampah.harapan saya untuk pemerintah adalah supaya lebih memperhatikan keadaan lingkungan di Bali contohnya yaitu sungai.selain bisa membantu kegiatan penduduk sekitar,mungkin juga bisa menjadi daya tarik wisata untuk warga lokal dan turis.serta Impian saya adalah Bali menjadi tempat yang aman, bersih, dan lestari bagi penduduknya dan para wisatawan.stari bagi penduduknya dan para wisatawan.)
  • Benyah Latig  + (Rumah seorang anak tiba-tiba kacau balau. Apa kira-kira sebabnya?)
  • My house is my palace  + (Rumahku Surgaku” Rumahku kebanggaanku TempRumahku Surgaku”</br>Rumahku kebanggaanku</br>Tempat bersinggahku</br>Tempat berteduh keluargaku</br>Dari apa yang mengganggu</br>Rumahku surgaku</br>Tempat dimana banyak sekali pengalamanku</br>Mulai dari aku kecil hingga dewasa</br>Bahkan sampai tua nantinya</br>Rumahku suurgaku</br>Tempat yang sangat berguna untukku</br>Untuk orang tuaku</br>Dan semua anggota rumahkuntuk orang tuaku Dan semua anggota rumahku)
  • Shelter Houses for Refugees in Indonesia Become a Minimal Risk Management Solution through Emergency Online Command Posts  + (Rusia mulai melakukan agresi militer terhaRusia mulai melakukan agresi militer terhadap Ukraina pada 24 Februari 2022. Menurut The Conversation, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan pernyataan yang sangat jelas, bahwa semua pihak yang terlibat harus menahan diri dan perang tidak boleh terjadi.</br></br>Sikap tersebut menunjukkan prinsip diplomasi Indonesia yang menerapkan politik luar negeri bebas aktif. Masih pada sumber yang sama, menurut UU No.37 tahun 1999, politik luar negeri bebas aktif artinya Indonesia bebas menentukan sikap tanpa terikat pada salah satu poros politik dunia serta aktif dalam penyelesaian konflik global yang selalu menyerukan perdamaian antara pihak berkonflik tanpa menuduh atau memihak salah satu pihak.</br></br>Menurut teori Faktor Pendorong dan Penarik (Push and Pull Factors Theory) perang menjadi salah satu faktor pendorong manusia untuk mengungsi. Sementara itu, negara yang relatif aman dari segi kondisi politik, seperti Indonesia, menjadi negara tujuan strategis bagi para pengungsi.</br>Oleh karena itu, Indonesia perlu mempersiapkan diri untuk memperkuat tata kelola pengungsi agar meminimalisir risiko yang diakibatkan membludaknya jumlah pengungsi di Asia Tenggara.</br></br>Berkenaan dengan hal tersebut, dalam memberikan solusi dalam mengelola pengungsi sebaiknya berbasis masalah. Beberapa alasan pengungsi pergi dari tempat perang adalah karena faktor keamanan, kenyamanan, dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang tidak stabil. Karena permasalahan itu, Indonesia harus berusaha membantu untuk membuat pengungsi seperti tinggal layaknya di rumah sendiri yang penuh keamanan, kenyamanan, dan segala kebutuhan sehari-harinya terpenuhi. Solusi untuk hal ini adalah dengan membuat Program “Rumah Singgah untuk Pengungsi di Indonesia”. Program ini dibuat untuk menampung para pengungsi bukan di posko atau tenda darurat yang suasananya mengerikan melainkan tinggal di rumah-rumah warga. Akan tetapi, teknis penyebarannya diatur melalui posko daring agar semuanya terkelola dengan baik.</br>Pemerintah bisa membuat posko daring sebelum memberikan pengungsi tempat tinggal di rumah warga. Dalam posko daring ini, akan ada 4 fitur yang tertera, yakni fitur Identitas Keluarga Pengungsi, Fitur Calon Tuan Rumah Singgah, Fitur Media Sosial, dan Fitur Berbagi. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fitur.</br>1. Fitur Identitas Keluarga Pengungsi</br>Saat memasuki perbatasan Negara Indonesia, para pengungsi harus mengisi data pengungsi pada posko daring agar semua pengungsi terdata. Data yang dimasukkan harus lengkap, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat asal, hingga akun email dan media sosial. Data ini diisi setiap keluarga agar data setiap orang menjadi satu dalam satu keluarga. Dengan demikian, pemetaan calon rumah singgah untuk pengungsi per keluarga menjadi lebih mudah.</br>2. Identitas Calon Tuan Rumah Singgah</br>Sebelum menampung para pengungsi, pemerintah harus sudah melakukan sosialisasi darurat kepada masyarakat setempat melalui pemimpin daerah sehingga posko daring fitur calon tuan rumah singgah bisa diisi. Perlu disampaikan bahwa program ini bersifat sukarela namun penuh koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam pemenuhan kebutuhan para pengungsi. Dalam fitur ini, tuan rumah singgah harus mengisi data lengkap tentang rumah singgah, misalnya alamat, spesifikasi rumah singgah, jumlah keluarga dalam rumah, kondisi sekitar rumah singgah, dan lain-lain yang berhubungan dengan kelayakan rumah sebagai rumah singgah bagi pengungsi. Dengan demikian, admin posko darurat bisa dengan mudah mengetahui berapa rumah singgah yang tersedia dan dicocokkan dengan jumlah keluarga yang akan tinggal di rumah singgah. Selain itu, pemetaan ini juga dilakukan untuk mengusahakan agar pengungsi dengan keluarga yang banyak bisa ditampung di beberapa rumah singgah yang letaknya cukup berdekatan.</br>3. Fitur Media Sosial</br>Fitur ini sangat bermanfaat untuk tetap menghubungkan para pengungsi meskipun tinggal di rumah singgah yang berbeda-beda. Tentunya, fitur ini hanya bisa digunakan oleh semua pihak yang sudah mengisi fitur Identitas Keluarga Pengungsi dan fitur Calon Tuan Rumah Singgah. Dengan demikian, para pengungsi akan tetap merasa aman dan nyaman karena keluarganya masih dalam keadaan yang baik dan terpantau terus.</br>4. Fitur Ruang Berbagi</br>Dalam fitur ini, semua pihak bisa menyumbangkan donasi berupa uang, barang, ataupun jasa. Jika ingin menyumbangkan uang, donatur bisa berkoordinasi langsung dengan koordinator keuangan untuk teknis transfer dana; jika menyumbang barang, bisa berkoordinasi langsung dengan koordinator pengadaan untuk teknis pengiriman logistik; dan jika ingin menjadi relawan jasa, seperti menjadi pengajar, tenaga kesehatan, koki, ahli gizi, psikolog anak, dan lain sebagainya, bisa berkoordinator dengan koordinator pemetaan kebutuhan jasa. Sebelumnya, para donator dan relawan harus mengisi data identitas diri dalam fitur ini, seperti nama, alamat, nomor telepon, hingga jumlah uang, jenis barang, atau jasa sesuai profesinya yang ingin disumbangkan.</br> </br>Sesungguhnya, jika program ini bisa terlaksana dengan baik, Indonesia, baik pemerintah pusat maupun daerah akan mendapatkan timbale balik dari pengungsi yang mungkin berasal dari bidang profesi yang beragam. Hal ini bisa kita manfaat sebagai ajang studi banding dari dua negara yang berbeda di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, gizi, keuangan, dan lain-lain. Stabilitas program ini tentu akan membuat pengungsi kian mandiri dan percaya diri untuk bangkit dari keterpurukan akibat perang.k bangkit dari keterpurukan akibat perang.)
  • 4 - Luh Ayu Manik Mas Nglawan Luu Plastik  + (Saat berada di pantai bersama neneknya, moSaat berada di pantai bersama neneknya, monster buas muncul dari air dan mulai menyerang orang-orang. Ternyata monster itu adalah makhluk laut yang tidak berbahaya yang menderita karena menelan plastik laut. Luh Ayu Manik Mas datang untuk membantu, tetapi ia mesti berjuang dengan dilema membunuh monster yang sebenarnya adalah korban polusi manusia.g sebenarnya adalah korban polusi manusia.)
  • 3 - Luh Ayu Manik Mas, Luh Ayu Manik Pahlawan Lingkungan  + (Saat berjalan pulang setelah menonton ogohSaat berjalan pulang setelah menonton ogoh-ogoh, Luh Ayu Manik dan Putu Nita terkejut melihat para muda-mudi lari tunggang langgang, dan berteriak ketakutan sembari meminta pertolongan. "Tolong-tolong..." Demikian Wayan berteriak-teriak. Ada ogoh-ogoh bisa berjalan. Badannya tinggi besar dan terbuat dari segala macam plastik dan gabus. Seketika Luh Ayu Manik ingat dengan perbuatan I Wayan dan I Made yang membuang sampah sisa saat membuat ogoh-ogoh ke sungai tadi pagi.aat membuat ogoh-ogoh ke sungai tadi pagi.)
  • Uli Jendelan Bise  + (Saat bertamasya keliling Yogyakarta Oji melihat banyak sekali pemandangan menarik dari jendela bus. Kira-kira, apa saja yang dilihat Oji?)
  • Esai : Coronane Suba di Bali!?  + (Saat ini ada yang terkenal tapi bukan artiSaat ini ada yang terkenal tapi bukan artis korea, bukan juga youtuber, ia adalah virus. Virus yang tidak ada duanya sangat mematikan di Dunia yang bernama COVID-19. COVID 19 ini sangat viral dan sangat berbahaya karena sudah banyak merenggut nyawa manusia di seluruh Dunia. Dan kini sudah sampai di Bali. Setelah COVID-19 sampai di Bali, menjadi pandemi yang sangat menghantui, banyak hubungan terputus, apa penyebabnya? Tersebarnya COVID-19 di Bali, menyebabkan susah untuk berkata apa-apa, pada sektor pariwisata di Bali pun sangat jatuh, ini disebabkan karena tidak adanya wisatawan yang datang ke Bali karena pariwisata Bali telah di tutup, buruh villa-villa dan hotel-hotel banyak yang di PHK. Para pedagang, buruh dan orang0orang yang bekerja di perkantoran pun terkena imbasnya serta pelajar sekolah pun harus belajar di rumahnya saja. </br>Tidak hanya masyarakat yang resah akan virus ini, para dokter pun juga sama resah untuk menangani pasien yang terpapar. Artis seniman pun ketar-ketir karena kurangnya pekerjaan untuk mereka. Pemerintah dikejar-kejar oleh masyarakat agar segera mengeluarkan bantuan untuk masyarakat kurang mampu. Setiap hari pemerintah selalu memberikan penyuluhan agar kita tetap berdiam diri di rumah saja untuk sementara waktu, tidak berpergian dan berkumpul-kumpul , bekerja dan belajar dari rumah . akan tetapi masih banyak masyarakat yang berpergian. Pelajar siswa banyak yang mengeluh karena terlalu banyak dibebani tugas oleh gurunya, ada yang mengaku tidak dapat mengikuti kelas online karena tidak memiliki kouta, orang-orang ynag bekerja di rumah merasa penghasilanya menurun, bos-bos pemilik usaha juga merasa pusing karena takut jika </br>usahanya sampai tutup, banyak yang kelaparan karena tidak mampu. Apa pun harus dikerjakan di rumah, karena samkin hari orang yang terkena virus semakin meningkat. Orang-orang takut untuk bersentuhan satu sama ain, jika hendak keluar rumah wajib menggunakan masker, jika kita sebut virus ini sakti iya benar memang sakti virus ini yang menyebabkan dampak luar biasa seperti ini.</br>Pandemi ini juga membatalkan acara resepsi pernikahan orang-orang, tidak hanya memnyebabkan kegaduhan dan was-was di masyarakat. Korona ada baiknya, di momen inilah kita dapat berkumpul kembali bersama keluarga terutama untuk orang-orang yang bekerja di luar negeri yang kini telah dipulangkan ke kampung halamanya dan ingat kembali dengan leluhurnya masing-masing. Orang yang kurang beribadah pun saat ini menjadi rajin dan segaa upaya seperti menghaturkan persembahan agar virus tersebut cepat menghilang. Selain itu, masayarakat dituntut agar berprilaku hidup bersih, rajin mencuci tangan, rajin membersihkan rumah, memakan makanan yang sehat, berjemur, dan rajin meminum air putih.at, berjemur, dan rajin meminum air putih.)
  • Tourist in Bali  + (Saat ini banyak turis turis di bali yang mSaat ini banyak turis turis di bali yang melanggar peraturan. Ada turis yang tidak memakai helm, ada juga yang menyalip dengan semberono. Banyak masyarakat yang kesal dengan mereka. Sehingga pemerintah mulai membuat peraturan untuk turis turis tersebut. Saya berharap kedepanya bali dapat lebih mengawasi dan mengatur turis turis yang datangawasi dan mengatur turis turis yang datang)
  • Bes pongah  + (Saat ini bumi semakin hebat, manusianya juSaat ini bumi semakin hebat, manusianya juga ikut bertambah hebat. Saya heran sekali dengan masyarakat yang sudah dewasa, kenapa membuang sampah tidak pada tempatnya? Bukannya sekarang sudah ada tempat sampah yang disediakan oleh pemerintah. Kenapa tidak terpikirkan, manusia seperti apa itu? Namun, sekarang justru anak-anak yang menuruti peraturan, membuang sampah di tempatnya, memang sih anak kecil pastinya hanya bisa menuruti saja.</br>Melihat orang dewasa itu membuat saya geram sekali, wajah dewasa, umur dewasa, dan pikirannya pun dewasa yah tetapi tingkah lakunya masih lembek seperti buah pepaya busuk. Memang sih orang dewasa, hanya inginnya saja yang besar, tidak bisa memikirkan lingkungan.</br>Contohnya seperti kemarin, saat saya mengendarai motor. ada mobil APV yang menyalip, saya marah sekali. Bukan karena disalip, tetapi ada sampah yang terbang dari dalam mobil itu. Ternyata seorang gadis dewasa yang membuang sampah. Duh saya merasa sangat sedih melihat orang itu tidak memiliki kesadaran diri, bukannya turun terlebih dahulu membuang sampah di tempatnya, atau simpan dulu sampahnya di dalam mobil nanti setelah sampai ke tempat yang dituju barulah mencari tong sampah. Terlalu pongah dan tidak tahu malu untuk membuang sampah sembarangan, apalagi di Bali.buang sampah sembarangan, apalagi di Bali.)
  • Literature P.B.W (Pemaksimalan BASAbali Wiki) Sebagai Media Sustainable Development of Culture di Era 4.0  + (Saat ini di negara Indonesia lebih tepatnySaat ini di negara Indonesia lebih tepatnya di Provinsi Bali akan diselenggarakannya rapat penting G20. Pada sidang G20 membahas banyak isu – isu dunia, salah satunya isu – isu sipil mengenai kebudayaan yang sering menjadi perbincangan dalam masyarakat contohnya kurangnya literasi dalam hal bahasa daerah. Bahasa daerah memiliki karakteristik yang unik contohnya bahasa bali dengan tingkatan – tingkatan berbahasa yang menjadikan bahasa bali semakin menarik. Namun bahasa daerah yang menarik masih belum mampu untuk meningkatkan daya literasi sebagai dasar dari sustainable development. Dari masalah tersebut kita jadi tahu betapa pentingnya literasi berkelanjutan di era 4.0 (semua media berbasis pada internet), yang mendorong banyak orang untuk membuat sebuah platform pembelajaran baik itu dari segi bahasa, agama maupun sosial, yang selaras dengan konsep sustainable development ke tahap yang lebih kompleks dan berguna bagi pembangunan, salah satu platform yang palik menarik bagi kami yaitu platform BASAbali Wiki sebagai manifestasi sebuah platform yang fleksibel dengan era milenial. </br> Platform BASAbali Wiki merupakan sebuah media dalam mencari serta memperdalam bahasa bali yang dikombinasikan dengan dua bahasa penerjemah yaitu bahasa Indonesia serta bahasa Inggris yang dapat mempermudah dalam hal pembelajaran serta pendalaman bahasa bali disamping itu fitur kamus tiga bahasa platform ini memiliki fitur yang menarik salah satunya ruang komunitas. Dengan adanya ruang komunitas membantu dalam mengenali isu-isu masyarakat dalam berbagi pengetahuan antar individu mengenai isu sosial, agama hingga mengacu pada kebudayaan sehingga konsep sustainable development bisa dilaksanakan melalui platform BASAbali Wiki. </br> Platform BASAbali Wiki dirancang sebagai platform yang bisa melestarikan kebudayaan berbahasa Bali dan memiliki fungsi sebagai alat komunikasi yang khas bagi masyarakat di Bali. Serta bahasa penerjemah lain yaitu bahasa Inggris sehingga bahasa bali bisa jauh lebih dikenal oleh orang non bali bahkan pelancong dari luar negeri ketika bertamu ke Bali, sehingga dengan dikenalnya kebudayaan berbahasa Bali bisa mendorong untuk kemajuan dalam pembangunan sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan berbasis budaya dengan tambahan dalam memajukan sektor bahasanya dengan media pembelajaran terkini.</br> Pada intinya menurut kami platfrom BASAbali Wiki sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik dari segi pembangunan atau kebudayaan yang ada di Indonesia. Apalagi platform ini dapat diakses di 80 negara, yang nantinya dapat memaksinalkan peluang dari masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam isu-isu di dunia, serta dapat menambah wawasan mengenai pembangunan berbasis budaya menuju sustainable development of culture dalam media pembelajaran yang dikemas menggunakan bahasa Bali sambil belajar bersama di platform ini, sehingga kita dapat menjaga dan mengenalkan kebudayaaan berbahasa bali, yang membuat kebudayaan Indonesia khususnya budaya berbahasa bali ini semakin berkembang dan dikenal dikancah dunia. </br> Kemudian setelah kami membaca dan menelaah platform BASAbali Wiki, kami juga dapat memberikan saran dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan literasi melalui platfrom ini, diantaranya yaitu melakukan seminar atau sosialisasi ke wilayah-wilayah, menampilkannya sebagai konten edukasi baik itu dalam bentuk iklan maupun siaran radio, agar masyarakat luas bisa lebih mengenal dan memahami bahasa bali baik melalui lisan maupun melaui media yang selaras dengan konsep pembanguan berbasis budaya yang berkelanjutan dalam era 4.0.s budaya yang berkelanjutan dalam era 4.0.)
  • Pariwisata  + (Saat ini pariwisata di Bali masih terbilanSaat ini pariwisata di Bali masih terbilang belum pulih walaupun beberapa tempat wisata sudah dibuka atau beberapa kegiatan sudah boleh dilakukan kembali. </br></br>Untuk meningkatkan kembali pariwisata Bali kita harus mencari lagi hal-hal baru dalam pariwisata yang dapat menarik minat wisatawan domestik atau mancanegara, setiap desa/daerah pasti memiliki hal-hal unik yang dapat dikembangkan. Contohnya seperti tradisi Omed-omedan yang ada di Sesetan, hal-hal unik seperti itu dapat kita kembangkan melalui video-video, di share ke media sosial, dll</br></br>Selanjutnya kita dapat mempromosikan pariwisata dengan lebih baik. Caranya adalah dengan memperbaiki beberapa tempat pariwisata yang mungkin sudah agak tidak baik, lebih meningkatkan fasilitas-fasilitas dalam tempat wisata agar wisatawan juga nyaman dan terjamin untuk berlibur atau berwisata ke Bali. Setelah hal itu dilakukan kita dapat membuat dokumentasi dan mebagikannya di media sosial atau dalam bentuk brosur untuk dibagikan. atau dalam bentuk brosur untuk dibagikan.)
  • Go up because covid  + (Saat ini saya melihat pemandangan yang tiSaat ini saya melihat pemandangan yang tidak biasa dibali.jalan raya sepi karena covid 19.tapi sekarang saya melihat banyak orang yang melanjutkan hidup di pinggir jalan ee..kita manusia,kita tidak menyerah dari nasib, masyarakat adalah Bali,saya adalah Bali,kami tinggal dibali,bernafas dibali,dan menatap masa depan dibali.saya Ingin bali itu tetap tangguh, walaupun beberapa kali tertimpa musibah,dan selalu bangkit,Bali selalu bangkit Karena tidak lupa dengan jati diri dan nilai nilai yang diwariskan secara turun temurunnilai yang diwariskan secara turun temurun)
  • Mengubah Target Pasar Wisatawan  + (Saat ini, Bali memiliki tanggung jawab yanSaat ini, Bali memiliki tanggung jawab yang berat dalam memulihkan pariwisata akibat pandemic COVID-19. Sebagai salah satu daerah dengan sumber PAD terbesarnya dari pariwisata, Bali mengalami keterpurukan dengan penurunan pendapatan tahunan yang krusial. Maka dari itu, para stakeholder baik dari kalangan swasta maupun pemerintah bahkan masyarakat harus mencari solusi atas permasalahan ini. </br></br>Jika melakukan analisis target pasar, Bali sendiri cenderung menargetkan wisatawan mancanegara. Hal ini terlihat dari segi penawaran atau supply yang disediakan oleh Bali, perbedaan harga dan special treatment untuk wisatawan mancanegara. Hal ini juga dapat dirasakan dari segi kualitas akomodasi dan atraksi yang tersedia yang menyesuaikan dengan standar atau segmentasi pasar wisatawan mencanegara. Hal ini mempengaruhi tingginya cost atau spending of money yang dibutuhkan oleh wisatawan untuk menikmati pariwisata di Bali. Sedangkan, kekuatan pasar wisatawan asing saat ini masih sangat rendah mengingat adanya situasi-situasi yang mempersulit kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, seperti pembatasan pintu masuk penerbangan luar negeri, kebijakan karantina di Jakarta dan perkembangan kasus COVID-19 yang masih belum dapat dikatakan aman. </br>Maka dari itu, pariwisata saat ini dapat menghandalkan wisatawan domestik untuk target pasar pariwisata Bali. Hal ini kemudian membutuhkan kebijakan-kebijakan yang menyesuaikan dengan segmentasi wisatawan domestik. Hal ini juga harus mendapat dukungan dari sektor swasta dan masyarakat luas yang cenderung mengabaikan pasar domestik karena spending moneynya cenderung lebih rendah. Hal ini dapat berakibat pada rendahnya tingkat kepuasan dan engagement wisatawan dengan destinasi sehingga dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan revisitasi ke Bali. </br>Untuk mencegah hal tersebut, pemerintah perlu untuk memberikan kebijakan yang lebih spesifik untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan domestic ke Bali. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing wisata di Bali dengan 5 destinasi super prioritas yang tengah menjadi focus pemerintah pusat, seperti Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Lingkupang. Pengoptimalan pasar domestic untuk pemulihan pariwisata di Bali akan mampu menjadi stimulus ekonomi yang baik selama masa pandemic COVID-19 yang masih belum tau kapan berakhir.ID-19 yang masih belum tau kapan berakhir.)
  • road damage to Balangan beach  + (Saat saya berliburan ke pantai balangan, sSaat saya berliburan ke pantai balangan, saya kaget melihat jalan yang menuju pantai balangan tersebut rusak. Tetapi, saya tidak sia-sia melewatkan jalan tersebut. Karena, setelah saya bisa melewatkan jalan tersebut, saya akhirnya sampai di pantai balangan yang di kejutkan dengan pemandangan sunset yang sangat indah.ngan pemandangan sunset yang sangat indah.)
  • Rindu -  + (Saat terjadi pandemi Covid, rasa ini seperSaat terjadi pandemi Covid,</br>rasa ini seperti terseret (terbengkalai),</br>dengan kekasih jauh di pulau seberang yang terpisahkan laut,</br>dekat di hati, di mata jauh sekali,</br>ketampanannya selalu terbayang.</br>Hati saya bergetar tidak jelas,</br>tidak tahu apa yang menyebabkan,</br>dag dig dug serr yang saya rasakan,</br>terasa ada yang kurang.</br>Apakah ini dinamakan rindu?</br>dengan kekasih yang baru,</br>dari kota ke desa,</br>"Denpasar ke Nusa Penida",</br>kapal, perahu tidak ada yang melintas,</br>sangat sulit karena dampak Covid-19.</br>Sudah berbulan-bulan lamanya,</br>di sini saya menahan melamun,</br>menahan rindu yang tidak kunjung sampai,</br>si Covid saat ini sudah semakin pudar,</br>memasuki dunia normal baru,</br>sekarang saya dan sang kekasih sudah dapat bertemu,</br>saya sangat gembira rasanya karena telah mampu menumpahkan rindu.anya karena telah mampu menumpahkan rindu.)
  • Sabha Parwa  + (Sabha Parwa adalah bagian kedua dari delapSabha Parwa adalah bagian kedua dari delapan belas Parwa (bab besar) Mahabharata. Narasi dalam Sabha Parwa dimulai dari diundangnya kelima Pandawa ke Hastinapura untuk bermain dadu. Hastinapura terletak sekitar 45 menit dari Delhi, sehingga jaraknya tidak terlalu jauh. Perlu diketahui bahwa segala peristiwa dalam Mahabharata adalah nyata. Namun, tatkala Mahabharata masuk ke berbagai kebudayaan di dunia, catatan sejarah ini ditulis kembali dalam bentuk puisi, syair dan lagu. Di Indonesia sendiri, Mahabharata banyak diubah ceritanya agar sesuai dengan kepentingan kala itu. Ini menyebabkan kakawin tidak dapat dijadikan sumber sejarah, namun sebuah karya sastra.</br></br>Mahabharata ditulis oleh Maharsi Krishna Dwaipayana Wyasa, maharsi terbesar dan yang paling dihormati oleh seluruh umat Hindu. </br></br>Dalam Sabha Parwa, kisah yang paling menyedihkan adalah ketika Drupadi, istri para Pandawa, diseret ke ruang sidang karena para suaminya kalah bertaruh. Tatkala Drupadi hampir ditelanjangi oleh Dussasana, Sri Krishna, yang adalah Wisnu sendiri, melindunginya dengan memberikan untaian kain sari yang amat panjang untuk menutupi tubuhnya.</br></br>Sabha Parwa adalah bukti sejarah bahwa Tuhan senantiasa hadir bagi siapa pun yang menyerahkan diri kepada-Nya dan menjadi penyembah-Nya yang setia.-Nya dan menjadi penyembah-Nya yang setia.)
  • Ngolah Luu Mangda Dados Ecobrick  + (Sabtu, 4 September 2021. Lingkungan Tegal Sabtu, 4 September 2021. Lingkungan Tegal Saat dan SMP Negeri 2 Mengwi. </br></br>Anggota : Oktia Paramitha</br>Isaka Putri Kesnantari</br>Cahya Suparsi Kumala Dewi</br>Ayu Lestari</br>Keshari Pradnya Kameswari</br></br>Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau tidak sedap, mengakibatkan banjir, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.</br></br>Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah adalah mendaur ulang sampah. Contohnya dengan menjadikan ecobrik, selain bisa dijadikan kursi atau meja, ecobrick juga menghasilkan uang, menciptakan lapangan pekerjaan dan ekonomi yang lebih kuat.</br></br>Mari kita bersama sama mengolah sampah demi kita dan semesta yang lebih bersih.h demi kita dan semesta yang lebih bersih.)
  • Sad Ripu  + (Sad ripu berasal dari kata sad dan ripu. SSad ripu berasal dari kata sad dan ripu. Sad berarti enam dan Ripu berarti musuh. Bagian-bagian dari Sad Ripu yaitu kama atau hawa nafsu, lobha atau rakus, kroda atau marah, mada atau mabuk, matsarya atau iri hati, dan moha atau bingung. Pengendalian Sad Ripu perlu dilakukan untuk tercapainya kebahagiaan dalam kehidupan.k tercapainya kebahagiaan dalam kehidupan.)
  • Salam Natah Rare  + (Sahabat alam natah rare adalah komunitas anak anak dengan kegiatan peduli lingkungan)
  • Don't Make Bali Island an Island of Contradictions  + (Salah satu daya tarik Bali adalah adatnya Salah satu daya tarik Bali adalah adatnya yang unik. Ngiring sareng agamane Hindu ring Bali, lan dados ajeng-ajengan kaya Nyepi lan pengrupukan sane ngajengang wargi sareng pariwisata ke dura ring Bhatara Bali. Namun hal ini tidak di toleran oleh sikap masyarakat Bali. Terjadinya kerusuhan pada pawai ogoh-ogoh di daerah Denpasar tepatnya di jalan Veteran. Hal ini sangat disayangkan karena tentunya akan membuat wisatawan asing takut untuk datang ke Bali, sehingga mengurangi pendapatan daerah Bali terutama di sektor pariwisata. Apalagi peristiwa di jalan Veteran ini sampai mengorbankan nyawa. Seharusnya kita sebagai masyarakat Bali yang telah diwariskan adat yang unik harus menggambarkan sikap yang juga dapat membuat wisatawan nyaman di Bali. Jangan sampai Bali yang kaya akan daya tarik yang sangat berpotensi untuk bidang pariwisata malah hancur karena sikap masyarakat yang tidak menunjukkan kerukunan antara satu sama lain. Jadikan satu kejadian ini sebagai efek jera untuk kita warga Bali. Jangan menormalisasikan hal seperti itu agar Bali tidak dikenal dengan pulau kontradiktif. Apalagi dengan kondisi Bali yang pariwisatanya baru bangkit dari pandemi covid-19. Pariwisata merupakan salah satu faktor yang memperkuat sektor ekonomi, hendaknya kita masyarakat Bali membantu pemerintah memperbaiki kondisi ekonomi Bali dengan menghindari hal-hal yang membuat wisatawan takut berkunjung ke Bali. Tumbuhkan kesadaran kita agar Pulau Dewata tidak menjadi Pulau Kontradiktif.u Dewata tidak menjadi Pulau Kontradiktif.)
  • Beauty of the White Wood of Bayan  + (Salah satu hal yang menjadi pusat kebudayaSalah satu hal yang menjadi pusat kebudayaan Bali, mungkin bisa dikatakan kepastian hubungan seseorang dengan Alam. Jika seni merupakan bagian integral dari budaya kita, apalagi Alam.</br></br>Kayu Putih Bayan (Pohon Kayu Putih Bayan) adalah pohon purba. Salah satu dari banyak pohon kuno yang ada di tanah Suci dan merupakan bagian dari Pura, Pura Babakan. Menjadi ratusan tahun, tentu saja tidak muncul tiba-tiba entah dari mana. Namun, itu telah mulai menarik lebih banyak perhatian dalam beberapa bulan terakhir. Mungkin karena meningkatnya kesadaran di media sosial, pasti ada lebih banyak pengunjung di sana dalam setahun terakhir.</br></br>Keindahan Kayu Putih Bayan, foto-foto ini berpusat pada keberadaan Puranya. Bahwa ketika kita melihat Pohon ini, itu tidak terpisah dari melihat yang Suci.itu tidak terpisah dari melihat yang Suci.)
  • The Value of Character Education for the Short Story Luh Ayu Manik Ngalahang Legu Poleng by Suhendri Yani and Melania Torrey  + (Salah satu karya sastra modern yang telah Salah satu karya sastra modern yang telah berkembang di masyarakat adalah sebuah cerita pendek berjudul Luh Ayu Manik Mas Ngalahang Legu Poleng. Cerita pendek ini berisikan nilai-nilai dari pendidikan yang luhur untuk membentuk karakter masyarakat. Demikian pula isi cerpen ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat saat ini. Oleh karenanya, lebih menarik untuk memahami nilai-nilai dari cerita pendek ini, terutama sekali nilai-nilai dari karakternya. Berdasarkan pemikiran diatas, studi ini bertujuan untuk membahas sejumlah hal seperti nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita pendek Luh Ayu Manik Mas Ngalahang Legu Poleng.k Luh Ayu Manik Mas Ngalahang Legu Poleng.)
  • From Hobby to Business  + (Salah satu kegiatan yang mampu memberikan Salah satu kegiatan yang mampu memberikan manfaat dikala pandemi adalah menekuni hobi. Salah satu dari sekian banyaknya hobi dikala pandemi yang banyak ditekuni adalah berkebun. Banyak masyakat Bali yang berkebun di tegalan, sawah, dan pekarangan rumah. Masyarakat Bali di perkotaan yang memiliki lahan sempit menanam tanaman hias dan sayur-sayuran dengan menggunakan wadah/pot. Kaki Bentuyung Nursery merupakan usaha yang fokus di bidang pembibitan tanaman hias, buah-buahan dan sayur-sayuran berlokasi di Kota Denpasar. Pengoprasiannya Kaki Bentuyung Nursery melibatkan 3 anak muda dimana 3 anak muda tersebut adalah Adip, Toni, dan Rai. Adip merupakan anak muda yang menginisiasi usaha ini 2 tahun lalu dengan dibantu oleh Toni di bagian produksi bibit dan Rai di bagian pemasaran. Toni adalah pemuda yang merupakan tukang kebun di salah satu hotel di Bali dan sekarang dirumahkan karena dampak pandemi. Dengan ikut bergabung di Kaki Bentuyung, Toni tetap bisa bekerja dan meningkatkan perekonomian keluarga. Sementara Rai, sembari menunggu pendaftaran kuliah, ikut bergabung dalam Kaki Bentuyung Nursery untuk mencari pengalaman dan melatih kemampuan komunikasi dengan masyarakat secara nyata dengan tanggung jawab dalam kegiatan pemasaran. </br></br></br>Dalam foto ini Toni dibantu oleh De Nanta untuk mengemas tanaman yang akan dikirim ke daerah Jawa. Selama pandemi ini banyak permintaan tanaman hias datang tidak hanya dari Bali saja bahkan seluruh wilayah Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, besar sekali peluang untuk mendapakatan pembeli dari luar pulau Bali. Selain itu dengan berwirausaha seperti ini mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa kendala dalam menjalani usaha ini terkait dengan pemodalan. Maka dari itu diperlukan dukungan dari pemerintah berupa bantuan modal kepada pelaku usaha yang merintis usahanya. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari peluang di saat pandemi dengan menekuni hobi menjadi sebuah pekerjaan atau profesi. Apa hobi anda? #AyoMulaiSaja!tau profesi. Apa hobi anda? #AyoMulaiSaja!)
  • Episode 19 - Makejang Ulian Barong Brutuk  + (Salah satu kewajiban sorang dosen memang aSalah satu kewajiban sorang dosen memang adalah mencari inspirasi untuk tulisan ilmiah. Dalam episode ini ada seorang dosen produktif. Nama beliau Pak Putu Sabda Jayendra. Beliau meneliti Barong Brutuk di Terunyan. Banyak sekali pengalaman beliau. Dalam podcast ini, beliau akan bercerita. Mari dengarkan bersama-sama.an bercerita. Mari dengarkan bersama-sama.)
  • Roga Sanghara Bhumi  + (Salah satu lontar yang paling terkenal di Salah satu lontar yang paling terkenal di Bali adalah Roga Sanghara Bhumi. Lontar ini memuat tentang pertanda-pertanda alam, termasuk sebab-sebab bencana alam, jenis-jenis bencana dan ciri-ciri akan adanya musibah. Kata “roga” bermakna penyakit atau kemalangan. Kata ‘sanghara’ (berbada jauh dengan Sangkara) berarti pembinasaan, dan ‘bhumi’ berarti bumi. Roga Sanghara Bhumi berarti lontar yang berisi cara-cara menanggulangi bencana alam dari sisi spiritual.</br></br>Lontar ini memuat berbagai tanda-tanda alam yang mengisyaratkan bencana atau kemujuran. Di bagian lain lontar ini juga dinyatakan bahwa setiap lima tahun sekali hendaknya dilakukan Pancawali Krama di Pura Agung Besakih. Ini bertujuan untuk menetralisir pengaruh buruk dan kekotoran di alam sekitar.</br></br>Namun pada hakikatnya, lontar ini menyatakan bahwa segala tindak-tanduk manusialah yang menyebabkan terjadinya bencana. Kekotoran di Bumi ini sesungguhnya disebabkan oleh perbuatan manusia. Karena itu, betapa pun usaha manusia menyeimbangkan alam dengan berbagai jenis upacara, dunia tidak akan menjadi lebih baik tanpa perbaikan karakter manusia.bih baik tanpa perbaikan karakter manusia.)
  • Sate Languan  + (Salah satu sajian yang tak boleh terlewat Salah satu sajian yang tak boleh terlewat adalah Sate Languan yang terbuat dari bahan dasar ikan laut, biasanya tuna, tongkol tapi juga bisa dengan tenggiri. Kuliner ini memiliki bentuk seperti sate lilit, di mana daging ikannya dihaluskan dengan berbagai bumbu-bumbu khas dan kemudian dilekatkan pada lidi. Rasa sate ini sangat gurih dan sangat kaya akan rasa dari rempah-rempahnya. </br></br>Sate ini juga sangat mudah ditemui di Klungkung, baik pada penjual kaki lima maupun di warung ataupun resto. Sajian sate ini juga cocok untuk dimakan bersama nasi ataupun pelengkap lainnya.an bersama nasi ataupun pelengkap lainnya.)