UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK MID JUNE

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Cindelaras hendak berangkat ke Jenggala. Tapi... di mana si Jago? Yuk, bantu Cindelaras mencarinya!". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Wayang Lemah  + (Wayang lemah dibeberapa tempat juga disebuWayang lemah dibeberapa tempat juga disebut dengan Wayang Gedog. Wayang lemah dikatagorikan sebagai Wayang Wali yaitu kesenian sakral yang menyertai upacara keagamaan. Wayang lemah adalah salah satu dari tiga macam wayang yang disakralkan di Bali. Tiga wayang sakral tersebut adalah Wayang Sapu Leger, Wayang Suddhamala dan Wayang Lemah. </br></br>Wayang lemah dipentaskan tanpa mempergunakan layar atau kelir dan lampu blencong. Dalam memainkan wayangnya, dalang menyandarkan wayang-wayang pada seutas benang putih (benang tukelan) sepanjang sekitar satu sampai satu setengah meter yang direntang susun tiga dengan masing-masing berisi 11 uang kepeng atau pis bolong satakan (uang kepeng berjumlah 200 keping). Benang ini diikatkan pada batang kayu dapdap yang dipancangkan pada batang pisang (gedebong) di kedua sisi dalang. Gamelan pengiringnya adalah gender wayang yang berlaras slendro (lima nada).</br></br>Wayang lemah atau wayang gedog ini dapat dipentaskan pada siang, sore atau pada saat upacara keagamaan berlangsung. Pendukung pertunjukan wayang ini adalah yang paling kecil, 3 sampai 5 orang, yang terdri dari seorang dalang, dan satu atau dua pasang penabuh gender wayang. Sebagai kesenian upacara, pertunjukan wayang lemah biasanya mengambil tempat di sekitar tempat upacara dengan tidak mempergunakan panggung pementasan yang khusus.</br></br>Lakon yang dibawakan pada umumnya bersumber dari cerita Mahabharata yang disesuaikan dengan jenis dan tingkatan upacara yang diiringinya. Jika pertunjukan itu dilakukan pada upacara Dewa Yadnya, maka lakon cerita diambil dari kisah yang menceritakan upacara, misalnya Kunti Yadnya. Tapi bila pertunjukan dilangsungkan pada upacara Bhuta Yadnya, maka lakon ceritanya adalah Bima Dadi Caru, yaitu cerita ketika Bhima mengorbankan dirinya sebagai caru kepada Raksasa Baka.</br></br>Sedangkan jika pertunjukan berlangsung pada upacara Pitra Yadnya, maka lakon yang disajikan adalah Bima Swarga atau cerita lain yang mengisahkan perjalanan roh ke surga. Jika pertunjukan itu diadakan untuk Upacara Manusa Yadnya, maka lakon yang digunakan dalang adalah cerita yang mengisahkan perkawinan, misalnya perkawinan Arjuna-Subadra, atau perkawinan Abimanyu-Uttari.</br></br>Biasanya, pertunjukan wayang Lemah dimulai bersamaan dengan diawali pemujaan oleh Pandita (pemimpin upacara agama Hindu). Demikian pula akhir pertunjukan akan ditutup jika pandita sudah mengakhiri pemujaan. Durasi pementasan Wayang lemah pada umumnya singkat sekitar 1 sampai 2 jam.da umumnya singkat sekitar 1 sampai 2 jam.)
  • Wayang Wong Lakon Gathotkaca Winisuda  + (Wayang wong (berasal dari bahasa Jawa: waWayang wong (berasal dari bahasa Jawa: wayang wong, yang berarti 'wayang orang') adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang wong diciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731.</br></br>Sesuai dengan nama sebutannya, wayang tersebut tidak lagi dipergelarkan dengan memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit yang biasanya terbuat dari bahan kulit kerbau ataupun yang lain), akan tetapi menampilkan manusia-manusia sebagai pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit. Supaya bentuk muka atau bangun muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau dilihat dari samping), sering kali pemain wayang wong ini diubah/dihias mukanya dengan tambahan gambar atau lukisan.</br></br>Cerita-cerita yang diangkat dalam wayang wong berbasis pada duel epik cerita kolosal yaitu Mahabharata dan Ramayana. Hal yang menarik dari pertunjukan wayang wong ini adalah adanya tari kolosal atau individu per pemain di setiap jeda cerita. Selain itu wayang wong juga menampilkan tokoh punakawan sebagai pencair suasana yang merupakan penggambaran keadaan kawulo alit atau masyarakat secara umum dan abdi dalem.</br></br>Wayang Wong lakon Gathotkaca Winisuda menceritakan kisah Raden Gathotkaca dari lahir hingga diwisuda menjadi raja di kahyangan dengan nama Kacanegara.</br></br>Cerita bermula saat peristiwa lamaran Batari Wilutama oleh raja sakti mandraguna Prabu Pracona dari Kerajaan Gilingwesi di Kahyangan Jonggringsaloka. Hal ini menjadikan Batara Guru khawatir akan keadaan di Kahyangan. Batara Narada dan Batara Indra lantas diutus menemui Raden Wijasena untuk meminta bayinya. Jabang bayi akan dipersiapkan menjadi “jago” dewata untuk mengusir musuh.</br></br>Bayi laki-laki Raden Wijasena dengan Dewi Arimbi telah dibawa oleh Batara Narada dan Batara Indra. Namun ternyata, tali pusar sang bayi belum putus. Batara Guru kemudian mengeluarkan pusaka senjata Konta guna memotong tali pusar bayi Tetuka tersebut. Sebuah keajaiban terjadi, senjata Konta merasuk ke perut bayi. Jabang bayi lalu dimasukkan ke kawah Candradimuka, kemudian para dewa kahyangan juga diminta untuk memasukan senjata pusakanya ke dalam kawah. Keajaiban kembali terjadi, bayi tersebut muncul dari kawah dalam keadaan sehat dan gagah.</br></br>Batara Guru memerintahkan Batara Narada untuk membawa bocah Tetuka ke medan laga (repat kepanasan), menemui Sekipu yang menjadi utusan Prabu Pracona. Tak lama kemudian di repat kepanasan, Batara Narada bersama Tetuka menemui Sekipu, dengan berujar apabila Sekipu bisa mengalahkan Jabang Tetuka, maka Batari Wilutama dapat diboyong oleh Prabu Pracona. Alih-alih kalah, badan Tetuka justru semakin tinggi dan perkasa, hingga akhirnya Sekipu tewas di tangan Tetuka besar.</br></br>Di Gilingwesi, Prabu Pracona menunggu raksasa Sekipu yang menjadi duta ke kahyangan untuk melamar Batari Wilutama. Namun, Prabu Pracona dikagetkan dengan hadirnya Ki Togog dan Sarawita yang melaporkan bahwa Sekipu telah tewas di tangan kesatria Tetuka. Kemarahan Sang Prabu tak terbendung, Prabu Pracona beserta bala tentaranya menuju ke Kahyangan untuk membalas dendam kepada para dewa. Peperangan pun tak terelakan antara prajurit Kerajaan Gilingwesi melawan para dewa yang dibantu Pandawa.</br></br>Tetuka yang juga bernama Gatotkaca turut berperang melawan Prabu Pracona, hingga akhirnya Prabu Pracona kalah. Kemenangan Gatotkaca atas Prabu Pracona menjadi sebuah kebanggaan para Pandawa. Gatotkaca, putra Raden Wijasena dengan Dewi Arimbi, dapat mendarmabaktikan perjuangannya kepada para dewata. Atas jasa besar Gatotkaca, dia mendapat anugerah dari Batara Guru dan diwisuda menjadi raja di Kahyangan dengan nama “KACANEGARA”.aja di Kahyangan dengan nama “KACANEGARA”.)
  • Pacentokan Meme 2018 1  + (Wi : "Luh, ada yang mau saya sampaikan sebWi : "Luh, ada yang mau saya sampaikan sebentar" </br>Luh : "Apa yang mau disampaikan, Wi ?"</br></br>Wi : "Sekarang kan sudah tinggal menunggu tamat (sekolah), Wi sekarang mau berterus terang. Sebenarnya Wi sudah lama mencintai Luh. Namun, tidak berani menyampaikan."</br></br>Luh : "Maafkan, Wi, Luh tidak bisa menerima cintamu, Kak. Luh menghargai perasaan Kakak, tapi sekarang Luh masih senang sendirian, tidak ada perasaan apa-apa dengan siapa-siapa. Semua rasamya hambar"</br></br>Wi : ("Sebenarnya Wi tahu itu alasan Luh menolak Wi. Luh menolak Wi karena wajah Wi yang jelek, gigi kuning")</br>Wi : ("MUNGKIN")</br></br>("Terima kasih, Luh")</br></br>"Ya, tidak apa-apa, Wi sudah tebak akan seperti ini jawabannya Luh."</br>("Terima kasih, Luh, tidak jujur kepada Wi, alasan Luh tidak mau dengan Wi.")pada Wi, alasan Luh tidak mau dengan Wi."))
  • Literature Pamimpin: Catraning Jagat  + (Wibisana tidak dapat menyembunyikan kesediWibisana tidak dapat menyembunyikan kesedihannya, saat mengetahui kakak tertuanya Rahwana telah gugur di medan perang. Sekali pun Rahwana berada dalam jalan ketidak benaran, Wibisana merasa bersedih hati, meratapi kepergian saudara kandungnya itu. Pada saat itu juga, Rama pun hadir menghibur hati Wibisana yang sedang diliputi mendung kedukaan. Rama memuji Rahwana sebagai seorang yang terpuji melakukan tapa dan terkenal sebagai raja besar dunia yang tidak gentar gugur di medan perang. Setiap orang yang gugur dalam pertempuran mendapatkan sorga (prasasta sira nguni sampun tapa, gahan ta sira cakrawartting jagat, pejah sir ataman surud ring rana, asing mati mamuk ya moksatmaka).. Demikianlah sang maha bijaksana, senantiasa memberikan keteduhan dan memberikan kesejukan dalam setiap kata-katanya. Kemenangannya atas kekalahan Rahwana tidak menjadikan Sang Rama jumawa. Ia justru menempatkan dirinya dalam suasana kedukaan di Kerajaan Alengka. Kemudian, Rama pun meminta Wibisana yang memiliki perilaku susila dan patuh pada ajaran agama untuk memimpin kerajaan. Selanjutnya, nasihat-nasihat Rama itu pun dialirkannya pada Wibisana.</br></br>Salah satu fragmen dalam Kakawin Ramayana di atas, memberikan wawasan yang penting mengenai persoalan pemimpin (orang yang memimpin) dan kepemimpinan (cara memimpin), yang dapat dipelajari dalam konteks kehidupan saat ini. Pemimpin sering kali menjadi figur keteladan bagi masyarakat yang dipimpinnya. Seorang pemimpin atau raja hendaknya berperilaku baik dan mendidik sehingga layak dijadikan contoh. Kakawin Nitisastra telah mempertegas hal tersebut bahwa kewajiban seorang raja memberi pelajaran kepada segenap rakyatnya, dari golongan utama, madya, nista sekalipun. Pemimpin harus mendidik mereka berkelakuan baik (tingkahnikang prabhu sumiksa ri bhretya sanggya, sakwehnya kottama kamadhya lawan kanista, yeka warah warahaneka ya karma yukti). Untuk itu, penjadi pemimpin tidaklah mudah sehingga ada istilah bahwa sebelum memimpin orang lain, hendaknya terlebih dahulu belajar memimpin diri sendiri. Hal ini pun dinasehatkan Rama kepada Wibisana bahwa diri pribadi hendaknya dinasihati terlebih dahulu dengan inti kebenaran. Kemudian, setelah yakin berpegang dan melaksanakan ajaran agama, maka para hulubalang dan menteri pun akan mengikuti (awakta rumuhun warah ring hayu, telas ta mapageh magom agama, teke rikang amatya mantra tumut).</br></br>Lebih lanjut, selain Kakawin Ramayana dan Kakawin Nitisastra yang telah diungkapkan di atas, ajaran-ajaran kepimimpinan yang tersimpan dalam karya sastra lainnya sebagai dokumen intelektual sangat baik untuk dibaca, direnungkan, dan diamalkan. Misalnya, dalam teks Kakawin Sutasoma yang menekankan cinta kasih dalam kepemimpinan, Geguritan Niti Raja Sasana yang memuat tentang nilai-nilai dari seorang pemimpin, Udyogaparya, Arjunawiwaha, dan lain sebagainya. Teks-teks ini memberikan rujukan penting untuk para pemimpin dalam memangku tanggung jawabnya. Hanya saja, sejauh mana kegiatan literasi dilakukan oleh seorang pemimpin? Jika tidak melalui aktifitas literasi dengan kegiatan membaca salah satunya, lalu dari manakah sumber pengetahuan seorang pemimpin itu? Apalagi pemimpin yang hendak dijadikan panutan oleh masyarakat?</br></br>Sejauh ini, dalam catatan sejarah sosok pemimpin Bali yang dikenal kepemimpinannya, yaitu I Gusti Ngurah Made Agung atau Cokorda Denpasar. Raja Badung yang juga dikenal dengan sebutan Cokorda Mantuk Rinng Rana memimpin perang puputan saat melawan penjajah Belanda pada tanggal 20 September 1906. Sementara itu, kepemimpinan I Gusti Ngurah made Agung sebagai raja Badung, memiliki kekuasaan yang tidak hanya dirasakan di Badung, tetapi juga di Bali pada umumnya. Konsentrasi Belanda yang menganggap raja Badung adalah representasi kekuatan Bali yang menyebabkan Belanda mengarahkan perhatiannya ke wilayah ini.</br></br>I Gusti Ngurah Made Agung sebagai seorang pemimpin yang bersenjatakan keris, juga mempersenjatai dirinya dengan pisau tulis. Maksudnya, beliau melakukan aktifitas literasi dengan mengarang sejumlah karya sastra. Untuk itu, beliau juga disebut sebagai pemimpin yang bertongkatkan sastra. Sejumlah karya sastra yang beliau tulis seperti, Geguritan Loda, Niti Raja Sasana, Hredaya Sastra, Dharma Sasana, Nengah Jimbaran, dan Purwa Sanghara (Agastia, 2006: 7). Kemampuan mengolah rasa dan bahasa yang dimiliki oleh I Gusti Ngurah Made Agung sangat luar biasa. Misalnya dalam salah satu karyanya yang berjudul Geguritan Dharma Sasana, beliau menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan bahasa Jawa-Mlayu (Basa cara Jawa Mlayu). Selain itu pada Geguritan Cara Mlayu (Geguritan Nengah Jimbaran), I Gusti Ngurah Made Agung menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan bahasa Mlayu. Sementara itu, pada geguritan yang terpanjang dan terbesar yang beliau tulis, yaitu Geguritan Purwa Sanghara menggunakan bahasa Bali dengan jenis tembang ala Surakarta (nanging tembang cara Surakarta/ basa Bali pangikete). Demikianlan seorang pemimpin yang bersastra, mampu menuntun rakyatnya pada jalan kebenaran. </br></br>Pemimpin yang mampu menuntun jika diumpamakan dalam sebuah banawa (kapal), maka seorang pemimpin adalah nahkodanya. Seorang nahkoda di sebuah kapal, memiliki peranan sebagai penyelamat atau dapat pula menjadi penyebab atas kematian dan kesengsaraan para penumpangnya saat badai besar menyerang. Pemimpin yang dapat menjadi payung peneduh (catraning jagad), yaitu melindungi dan mengayomi seluruh rakyatnya secara adil sehingga mewujudkan kesejahteraan hidup.l sehingga mewujudkan kesejahteraan hidup.)
  • Don't Be Afraid to Shop at the Small Shop  + (Wr. Rahayu Bali adalah nama salah satu warWr. Rahayu Bali adalah nama salah satu warung yang saya kunjungi setiap hari untuk sekedar membeli sayur, snack, minuman dan lain-lain.</br></br>Di masa pandemi seperti ini banyak masyarakat yang takut untuk berbelanja di warung, karena masyarakat kurang percaya terhadap kebersihan warung kecil. Masyarakat lebih memilih berbelanja di supermarket ketimbang warung kecil, disamping itu supermarket sudah sedikit lebih maju di alat kebersihan dan alat pemeriksaan, sampai lupa kalo ada warung kecil yang sudah menjaga kebersihan dan dekat dengan rumah mreka sehingga tidak perlu keluar jauh-jauh dan bertemu orang banyak. </br></br>Tetapi sekaran sudah banyak warung kecil yang sedimikian menjaga kebersihan warungnya. Salah satunya Wr.Rahayu yang sering saya kunjungi. Warung ini sudah melaksanakan protokol kesehatan antara pedagang dan pembeli saling memakai masker, menyemprotkan disinfektan pada alat-alat tukar, dan menyediakan hand sanitizer bila diperlukan. Disamping itu warung ini cukup lengkap menyediiakan sembako, alat tulis, alat kebersihan, sayur dan lauk dijual pada pagi hari pukul 06.00 wita, snack ringan dan minuman. </br></br>Jadi ayo, bantu perekonomian rakyat kecil bali dengan berbelanja di warung-warung yang ada disekitar anda. di warung-warung yang ada disekitar anda.)
  • Literature pergub provinso bali yang maresmikan arak bali dengan di harapkan untuk memajukan perekonomian bali  + (Yang sudah di atur oleh pergub nomor 1 tahYang sudah di atur oleh pergub nomor 1 tahun 2019 tentang kelola minuman fermentasi atau distilasi khas bali pada 29 januari 2020. kalau saya sendiri memang arak bali itu adalah minuman fermentasi dari tuak bali. ada dari pihak kontra pergub provinsi bali ada pertolakan terhadap hari arak bali itu, bahwa pihak kontra yang nganggap hari arak bali itu bisa memjadi kampenye terbuka yang diperbolehkan masyarakat bali boleh mengonsumsi arak bali secara berlebihan pada penempatan hari arak bali itu. namun ada juga pihak pro terhadap kebijakan pergub provinsi bali yang meresmikan arak bali itu dengan harapan mamajukan perekonomian bali yang diperjual bebaskan di pasar pariwisata bali yang sudah memenuhi syarat- syarat arak bali itu sudah bebas di perjualkan. ada juga sisi positifnya arak bali itu sudah menjadi daya tarik pariwisata bali, dan bisa memajukan perekonomian bali yang sudah keharapan dari pergub provinsi bali. ada juga di sisi negatif itu bisa ada tindakan kriminal yang penyebabnya dari kebanyakkan mengonsumsi arak bali itu. selain tu arak bali bisa menjadi sarana upacara yang ada di adat dan budaya bali. teman- taman saya semua sudah tahu kan bahwa arak bali itu sudah bebas diperjual beliakan secara legal yang bertujuan untuk harapan memajukan perekonomian bali. tapi teman- teman saya semua kalau mau beli arak bali bali itu arak bali sudah memenuhi syarat- syarat penjualan arak bali itu. yang saya harapan untuk kedepanyan biar tidak arak bali saja diperkembangkan namun pergub provinsi bali kedepannya bisa memenuhi kepentingan rakyta bali dan kepentingan budaya dan adat bali.bali dan kepentingan budaya dan adat bali.)
  • Babad Brahmana Catur  + ([ID] Kadang beberapa kalangan menyamakan B[ID] Kadang beberapa kalangan menyamakan Babad Brahmana Catur dengan Dwijendra Tattwa, namun kedua jenis teks lontar ini adalah dua kategori yang berbeda. Babad Brahmana Catur mengisahkan perjalanan Dang Hyang Nirartha, pendeta Hindu dari zaman majapahit akhir. Beliau datang ke Bali dan menjadi penasihat kerajaan Bali pada zaman Waturenggong. Babad ini mengisahkan tempat-tempat yang pernah beliau singgahi di Jawa, Bali, Lombok maupun Sumbawa, hingga pada akhirnya beliau mencapai keheningan yang kekal di puncak karang Uluwatu. Tak hanya itu, babad ini juga mengisahkan keajaiban-keajaiban yang pernah beliau buat dan tempat-tempat suci mana saja yang dibangun oleh beliau maupun oleh beberapa keturunan beliau.</br> </br>Teks Babad Brahmana Catur adalah sumber silsilah penting bagi keturunan klan (soroh) brahmana di Bali. Disalin beberapa kali oleh penulis yang berbeda, naskah ini masih bertahan hingga kini dalam bentuk lontar dan salinan aksara. Beruntungnya, ada terjemahan bahasa Indonesianya juga. </br></br>Secara garis besar, babad ini memberi kilasan bahwa situasi saat Majapahit runtuh membawa pengaruh besar bagi perkembangan literasi di Jawa dan Bali. Sebagai seorang pemuka agama Hindu, Dang Hyang Nirartha mengemban misi mempertahankan ajaran suci itu agar tidak punah. Dengan cara yang unik, akhirnya beliau berhasil mempertahankan sistem religi ini di Bali dengan fondasi religius dan budayanya yang bisa dilihat hingga saat ini.dayanya yang bisa dilihat hingga saat ini.)
  • Putru Saji Tarpana  + ([ID] Salah satu teks kuno yang paling mena[ID] Salah satu teks kuno yang paling menarik di Bali barangkali adalah Putru Saji Tarpana. Apabila Anda pernah menggunakan GPS sebagai penunjuk jalan, maka Putru Saji Tarpana adalah kumpulan petunjuk jalan bagi roh orang yang sudah meninggal. Isi teks ini berbahasa Jawa kuno dicampur bahasa Bali lumrah, barangkali dibuat dan disalin ulang mulai abad kelima belas, dan hingga kini wajib dibacakan pada saat upacara kremasi atau pada saat upacara Atma Wedana (Ngarorasin).</br></br>Bagian pertama dan terakhir lontar ini tidak menunjukkan di tahun mana dan dalam pemerintahan raja mana lontar ini dibuat. Dari bagian awal hingga akhir, teks ini berisikan petunjuk tentang tempat-tempat ajaib yang akan dilewati oleh roh orang yang meninggal sebelum akhirnya mencapai Yamaloka. Yamaloka adalah gerbang pengadilan bagi roh, di mana setiap perbuatannya akan ditimbang sesuai dengan ketentuan hukum Dharma. </br></br>Menurut lontar ini, roh orang yang meninggal akan menemui banyak hal aneh selama perjalanan menuju Yamaloka. Tempat-tempat ajaib itu berupa hutan di atas awan, jalan besar, sumur, kegelapan, makhluk-makhluk aneh, hingga sungai yang dalam dan lumpur. Roh juga akan melewati jembatan. Jika perbuatannya selama hidupnya baik, semua hal mengerikan itu akan dilaluinya dengan mudah. Jika perbuatannya jahat selama hidup, roh akan terjebak di tempat-tempat aneh itu.</br></br>Agar roh bisa melewati tempat-tempat aneh itu dengan mudah, Putru Saji Tarpana memberikan petunjuk jalan dan bekal yang harus dibawa sang roh. Petunjuk jalan ini berisi juga bekal yang harus diberikan oleh roh itu kepada makhluk-makhluk astral yang ditemuinya.</br></br>Namun ini bukan berarti bahwa hanya dengan sebuah upacara kematian yang besar, roh bisa dibebaskan dari semua dosa. Upacara kematian hanya bisa membantu perjalanan roh untuk mencapai pengadilan Yamaloka, namun tidak bisa menghapus perbuatan buruknya selama hidup. Bahan-bahan makanan dan air yang dipersembahkan kepada roh orang meninggal bertujuan untuk memberinya badan baru di alam yang baru, namun bukan untuk menghapus dosa-dosanya. namun bukan untuk menghapus dosa-dosanya.)
  • Literature Matinya Lapu Penerangan Jalan yang Kurang Efektif  + (covid 19 yang membunuh sekitar 4,24 juta dcovid 19 yang membunuh sekitar 4,24 juta di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara untuk dapat mengendalikan wabah ini. Khusus nya di Bali ada beberapa kebijakan pemerintah daerah yang menimbulkan kontroversi , salah satu contohnya yaitu pemadaman lampu PLK pada pukul 8 malam. Hal ini membuat masyarakat sangat geram terutama yang berkerja hingga hingga malam dan bagi mereka sangat membahayakan.</br> Semestinya pemerintah sebelum melaksanakan kebijakan tersebut alangkah baiknya meninjau lokasi mana mesti di madamkan lampu PLK fi keramaiana mesti di madamkan lampu PLK fi keramaian)
  • online learning is less effective  + (di dalam video sy adalah bahwa menurut saydi dalam video sy adalah bahwa menurut saya ,,kalau belajar online kurang efektif di bandingkan bljr tatap muka, di karenakan jika kita belajar tatap muka maka kita lebih sering interaksi sosial di mana dgn itu kita lebih terlatih untuk mengungkan pendapat atau juga lebih terlatih berbicara di dpn umum,,karena para siswa siswi juga butuh yg nmax interaksi sosial,,terimakasih.tuh yg nmax interaksi sosial,,terimakasih.)
  • Literature Macettt karena parkir liar  + (dibali sering ada macet yang disebab kan odibali sering ada macet yang disebab kan oleh parkir liar.banyak motor yang parkir disamping jalan.maka dari itu pemerintah kota melarang parkir liar dan menaruh rambu dilarang parkir.tapi masih ada saja orang yang melanggar aturan tersebut.saya berharap pemerintah kota lebih mengurus keadaan di jalan supaya tidak ada kejadian yang tidak diinginkana tidak ada kejadian yang tidak diinginkan)
  • mengolah sampah kertas menjadi tempat pensil  + (ini kerajinan yang ku buat baik di jadikan tempat pensil supaya tidak berserakan di mana mana,bagus juga di jadikan tempat hp kalau kita mau menonton di simpan di bagian tengah tengah nya, bagus juga di lihat kalau tersusun rapi itu pensil)
  • 5s  + (kamrin syaa maturan di Pura saya bnya melikamrin syaa maturan di Pura saya bnya melihat ank jaman sekarang pada sibk dengan hp nya, walupn itu di dalam pura pantsnya kita hrus fokus sembhyang.wktu syaa sembahayang saat jero mangku sedang ngaturan mantra untuk nganturang banten tapi suara mangku kalah dengan suara hp ank kecil Yg sedang main game, waktu sembahyang pun suara hp nya semakin terdengar keras.sedangkan bule yang berwista ke Pura mreka sangat menghargai orng yang berada dlam pura yang Sedang beribadah. Masa kita sebagai orng yg tinggal di Bali tidak bisa menghargai orng, bule aja bisa sopan di Pura masa kita yang di bali tidak bisa sopan dan menghargai orng sembhyang. syaa harap kedepannya orng" di bali Semakin bisa menghargai orng yg beribadah dan kita bisa sopan dlam pura . beribadah dan kita bisa sopan dlam pura .)
  • Literature menjaga kebersihan bali  + (kebersihan lingkungan bali di era sekarang sangat minim kebersihannya. banyak sambah yang berceceran di mana mana.saran saya untuk bali kedepannya agar bali bersih dari sampah.)
  • Literature BAGAIMNA SIKAP DAN TANGGUNG JAWABMU JIKA ADA PENGUNGSI DATANG KE TEMPATMU KARENA KONFLIK SEPERTI YANG TERJADI DI UKRAINA?  + (menurut saya, jika ada pengungsi datang kemenurut saya, jika ada pengungsi datang ke tempat saya, saya harus mencari tahu keberadaan orang tersebut dari mana, alasannya dia ngungsi kenapa, kenapa ngungsi nya harus ketempat saya.</br>Karena agar kita bisa mengerti dengan keadaan mereka.</br>Air bersih khususnya air mineral. Seperti yang kita ketahui kalau di pengungsian itu jelas mereka butuh mengkonsumsi air mineral atau minimal air bersih.</br></br></br>Makanan Siap Santap (Nasi Bungkus), Nah ini aspek terpenting lainnya yaitu makanan yang siap santap. Sebetulnya kalau kita mau langsung kasih bantuan ke pengungsi lebih tepat makanan siap santap ketimbang mie instan, karena bisa jadi mereka tidak punya akses untuk masak. Kecuali kalau kita ngasih ke pihak pengelola posko untuk kemudian mereka yang masakin. Nasi bungkus ini menjadi aspek terpenting supaya para pengungsi tidak kelaparan.</br></br></br>Pembalut, Popok Bayi, dan Celana Dalam, Nah kalau ini mungkin gak banyak yang kepikiran tapi sebetulnya penting banget. Pembalut wanita dan juga popok bayi. Pernah mikirin nasib pengungsi wanita yang sedang datang bulan dan bayi-bayi yang ada di pengungsian? Jelas mereka akan sangat kerepotan ketika tidak ada dua hal ini. Ketika bencana tsunami Aceh terjadi, ketika ribuan dus indomie tersusun banyak untuk dirikim namun barang yang diprioritaskan untuk dikirim adalah pembalut, popok bayi dan celana dalam. Kenapa? Ya karena mereka bisa jadi tidak ganti celana dalam berhari-hari dan itu bisa jadi sumber penyakit.</br></br></br>Pakaian, Berhari-hari di pengungsian, mungkin juga sempat basah-basahan. Kebanyakan para pengungsi tidak membawa cukup baju banyak dan bisa jadi baju yang ditinggal di rumah sudah hanyut terbawa air atau kotor kena abu vulkanik dan hal lainnya. Jelas mereka butuh pakaian layak untuk mereka ganti dan gunakan setiap harinya. Pakaian layak gak musti baru atau mahal, tapi yang masih pantas untuk mereka gunakan.</br></br></br>Demikianlah penyampaian materi pada pagi hari ini, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.ini, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.)
  • Literature OPINI SAYA MENGATASI PENGUNGSI KORBAN KONFLIK  + (menurut tanggapan saya ,kita harus bertanymenurut tanggapan saya ,kita harus bertanya terlebih dahulu, asal usul pengungsi sebelum menolong atau membantu pengungsi tersebut kita harus tahu latar belakang pengungsi.seperti kita bisa tanyaksn nama, berasal dari mana dalam negeri atau luar negeri dan penyebab utama mengungsi seperti karena bencana alam atau konflik suatu daerah dan lain lainnya.Mengapa kita bertanya seperti itu agar kita bida tahu pengungsi tersebut berasal dari mana dan penyebab utama mengungsi .serelah tau informasi itu baru warga setempat bisa menganbil tindakan ,contoh pengungsi merupakan korban konflik antara daerah dan warga yang terdampak konflik mengungsi ke daerah yang tidak terdamapak konflik dari situ kita tahu bahwa konflik terjadi di dalam negeri, otomatis kita akan langsung menolong para pengungsi .Tapi jika pengungsi berasal dari luar negeri maka pengungsi itu harus memiliki izin dari presiden atau pemerintah karena sudah menyangkut antar negara.Undang-undang HAM No.39 Tahun 1999 Pasal 28 juga menjamin bahwa: “Setiap orang berhak mencari suaka untuk memperoleh perlindungan politik dari negara lain.” Menurut UU No.37/1999 tentang Hubungan Luar, menyatakan bahwa pengungsi dan pencari suaka secara khusus di atur oleh Keppres (Keputusan Presiden).Kalau kita menolong pengungsi luar tanpa keputudan atau izin presiden maka akan disebut menyembunyikan otang gelap atau imigran gelap dan kemungkinan kita bida di jatuhi hukuman dan pengungsi itu bisa dikembalikan ke tempat asalnya.Maka dari itu penting untuk mengetahui asal-usul pengungsi baru setelah itu baru bisa memberi fasilitas yang layak bagi para pengungsi agar nyaman saat berada di pengungsian. Dan menurut saya beberapa hal yang harus diberikan pada para pengungsi saat mereka berada di pengungsian.</br>1. Bantuan Medis</br>Alat kesehatan, obat-obatan, perawatan, dan bantuan medis sangat dibutuhkan korban bencana alam.</br>Saat bencana terjadi, banyak orang akan terluka, baik luka ringan maupun luka berat.Karenannya, pertolongan medis sangat dibutuhkan.</br>Bagi Toppers yang ingin memberi bantuan medis, fokus saja pada obat-obatan umum, atau tempat perawatan darurat sementara seperti velbed.</br>2. Bantuan Psikologis</br>Selain kesehatan fisik, kesehatan mental para korban pun perlu dijaga. Para korban, khususnya anak-anak, akan mengalami trauma ringan maupun berat.</br>Bagi Toppers yang punya pengetahuan di bidang konseling dan psikologi, kalian bisa bergabung dengan tim relawan sebagai psikolog.</br>3. Bantuan Pendidikan dan Edukasi</br>Bantuan pendidikan dan edukasi juga penting karena anak anak pengungsi korban konfik tidak bisa bersekolah dengan baik.Pengadaan unit sekolah darurat pun menjadi opsi alternatifnya. Selain tenaga pendidik, buku dan alat tulis juga sangat dibutuhkan.</br>4. Bantuan Sandang Pangan</br>Bantuan ini sangat penting untuk pengungsi yang berada di pengungsian,agar mereka tidak kekurangan pasokan makanan atau pakaian</br>5. Bantuan Hunian Sementara</br>Hunian sementara diperlukan para pengungsi karena pengungsi meninggalkan rumah mereka karena konfik yang terjadi,jadi mereka pergi ke tempat lain dan secara langsung mereka tidak memiliki tempat tinggal.Oleh karena itu, bantuan berupa hunian sementara dinanti-nanti para korban. Meskipun nantinya hunian sementara yang diberikan bukanlah milik pribadi, melainkan milik bersama, tetap saja para korban akan bahagia dan bersyukur atas bantuan ini plus meningkatkan rasa kebersamaan.</br>6. Bantuan Informasi</br>Pada saat konfik masih berlangsung informasi sanagt dibutuhkan informasi valid terkait perkembangan konfik yang sedang terjadi.Daripada menyebar kabar simpang siur, Toppers verifikasi dahulu kabar yang ada. Selanjutnya, sebarkan jika perlu.</br>8. Bantuan Transportasi</br>Yakni transportasi sangat dibutuhkan untuk memperlancar dan menunjang kegiatan yang diadakan, termasuk pengiriman barang donasi.9. Bantuan Sanitasi</br>Kebersihan diri juga diperlukan, loh. Adanya ketersediaan toilet merupakan kebutuhan pokok manusia,Aktivitas mandi, cuci tangan, buang air, dan lain-lain sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya pengadaan toilet dan pemberian alat sanitasi diri.</br>Dan jangan lupakan juga bahwa pengungsi juga punya hak,hak nya adalah Setiap pengungsi akan dapat menikmati hak-hak atas kesejahteraan sosial, seperti hak untuk bekerja, perumahan, mendapatkan upah dari pekerjaan yang mereka lakukan . Pasal 20 dan 22). Ini merupakan hak atas kesejahteraan sosial</br>Demikianlah opini saya tentang "sikap dan tanggung jawab terhadap pengungsi korban konflik " .Jadi kesimpulannya adalah sebelum menolong pengungsi kita harus tau asal usul dan penyebab utama mereka mengungsi ,kalau mereka dari luar negeri meraka harus memiliki izin dari presiden,jika itu sudah ada maka bisa di tindak lanjuti untuk pengungsian nya.a di tindak lanjuti untuk pengungsian nya.)
  • Literature Murid SMP ugal ugalan dijalan raya  + (murid smp ugal ugalan di jalan raya di hmurid smp ugal ugalan di jalan raya </br></br>di hari senin saat saya berangkat sekolah dengan ayah </br>saya melihat ada seorang anak smp yang mengendarai motor dijalan raya </br>anak smp itu naik motor bergandeng 3 dan kecepatan motornya melewati batas</br>lalu ada polisi yang melihat anak smp tersebut lalu menilangnya</br></br>harapan:</br>harapan saya untuk bali adalah agar anak anak di bawah umur tidak mengendarai kendaraan dan anak anak tersebut harus mempunyai sim untuk mengendarai kendaraan di jalan raya </br>serta orang tua harus mengawasi anaknyaa serta orang tua harus mengawasi anaknya)
  • PENDIDIKAN SANE BECIK PUNIKI JAGI NGAWIT RING WARSA 2024 MANGDA PRASIDA NGLIMBAKANG DEMOGRAFI RING MASA DEPAN  + (om swastyastu, Disini saya ingin menjelasom swastyastu,</br></br>Disini saya ingin menjelaskan tentang edukasi sejak dini tentang pemilu 2024 untuk mencapai bonus demografi. Sebelum itu mari kami pahami apa itu pemilu dan demografi. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.</br>Secara singkat, tujuan pemilu adalah untuk menyeleksi para pemimpin pemerintahan baik eskekutif maupun legislatif. Serta untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, kuat dan memperoleh dukungan rakyat dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sesuai UUD 1945.</br>Demografi berasal dari kata demos yang berarti penduduk dan grafein yang berarti gambaran. Jadi demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk atau manusia terutama tentang kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk yang terjadi.</br>Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia harus dapat memanfaatkan dua peluang untuk dapat mencapai Indonesia Emas 2045. Dua peluang besar tersebut adalah bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an dan tingginya kepercayaan internasional terhadap Indonesia.</br>Pembelajaran demokrasi khususnya Pemilihan Umum (Pemilu) haruslah dimulai sejak dini. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU)</br>Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak. Sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman-penanaman nilai demokrasi ini biasanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi, misalnya melalui pembelajaran di kelas. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis, bertanggung jawab, serta menghargai sehingga diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.</br>Sebagaimana dari bonus demografi yang sudah mulai terbaca, bahwasanya dominasi pemuda di Indonesia sudah cukup banyak yang secara tidak langsung juga akan menandakan jika Pemilu 2024 nanti akan di dominasi oleh usia produktif</br>Maka, untuk meningkatkan partisipasi tersebut, generasi muda harus mendapatkan sebuah kepercayaan kembali dari pemerintah untuk menuntaskan segala tanggung jawab dan amanah dengan sebaik-baiknya dan menyadarkan bahwasanya partisipasi politik dari generasi muda sangat penting untuk arah gerak bangsa kedepan,” ujarnya.</br>Peran dari pesatnya perkembangan teknologi tentu sangat berpengaruh terhadap partisipasi pemilih muda. Salah satu pengaruhnya adalah arus informasi yang datang silih berganti. Pesatnya informasi tersebut, terutama melalui media-media kreatif yang saat ini digemari oleh kawula muda.</br>Kondisi tahun politik saat ini tentunya berbeda dengan 5 atau 10 tahun yang lalu, bahwasanya dinamika partisipasi anak muda kala itu masih sangat terpengaruh oleh ketokohan-tokohan yang dibangun secara kurang maksimal dan masih cenderung ketinggalan zaman jika diukur dengan masa kini. Tapi, kini semuanya sudah berubah dan menjadi sebuah hal yang semakin dinamis pada setiap pergerakannya, dimana salah satu pendorong utamanya saat ini adalah perkembangan teknologi informasi.sekian dari penjelsan saya, terimakasi dan maaf jika ada salah tulis. terimakasi dan maaf jika ada salah tulis.)
  • pengaruh demografi sane meagama hindu ring bali  + (om swastyastu, terimakasih atas waktunya, om swastyastu, terimakasih atas waktunya, waktu yang sangat baik ini saya akan berorasi tentang "PENGARUH DEMOGRAFI KEPADA YANG BERAGAMA HINDU DI BALI"</br>Menurut yang saya baca demografi terdiri dari 2 kata yaitu demos yang memiliki arti rakyat dan penduduk, dan graphein memiliki arti tulisan dan catatan, demografi adalah ilmu yang memplajari tentang jumlah penduduk, ukuran, kematian, penuaan, kelahiran dan lainnya. </br>di demografi itu terdapat kalimat jumlah penduduk. menurut arti yang sudah saya baca (NUSABALI.com) di bali itu terdapat 4,3 juta jiwa penduduk di tahun 2023 dan di perkirakan di tahun 2035 penduduk di bali itu sampai 4,6 juta jiwa, itu akan yang bukan kecil karena bali merupakan pulau yg kecil tidak luas. tapi di sekian jumlah penduduk itu pasti terdapat perbedaan. ada perbedaan umur, jenis kelamin, agama, asal, dan yang lainya. banyak sekali perbedaan perbedaan yang berada pada penduduk yang tinggal di bali. pasti ada yang namanya perbedaan pendapat itu. yang paling sering saya dengar beritanya itu perbedaan pendapat dari agama satu dengan yang lainnya</br>yang paling banyak punya masalah yang berhubungan dengan perbedaan agama, di bali itu agmaa yang terbanyak adalah agama hindu dan sebagian kecil penduduk di bali beragama islam budha dan yang lainnya. perbedaan tersebut yangenjadi alasan terdapat perbedaan pendapat, menurut dari ajaran agama hindu dengan ajaran agama islam mempunyai ilmu yang berbeda. masalah perbedaan pendapat itu harus ditangani dengan pihak yang terkait, yaitu pemerintah dan penduduknya. pemerintah di bali itu sudah melaksanakan usaha usaha yang mencegah terjadinya konflik atas agama di bali. saya minta untuk pemimpin bali yang baru yang terpilih pada pemilihinan tahun 2024 ini bisa melaksanakan usaha yang sudah berjalan supaya tidak ada kejadian konflik karena perbedaan agama ini, saya sebagai umat hindu di bali ini berharap supaya pemimpin bali yang terpilih di pemilihan 2024 memiliki usaha usaha yang baru supaya perbedaan di bali tidake jadi alasan konflik atau perpecahan. segktu saja orasi saya, saya tutup dengan paramasantih OM SANTIH SANTIH SANTIH OMan paramasantih OM SANTIH SANTIH SANTIH OM)
  • Bali Berani Berhenti  + (pariwisata bali sudah lama berhenti, dan mpariwisata bali sudah lama berhenti, dan menyepi. Padahal pendapat terbesar provinsi bali terdapat pada sektor pariwisatanya dan harus dipaksa berhenti oleh pandemi ini.</br></br>Masyarakat Bali memang terkenal dengan semangat puputan, tak kenal menyerah dan selalu tampil habis habisan, namun berbeda halnya dengan masalah yang dihadapi oleh Bali kali ini, pandemi Covid 19, memaksa menjaga jarak, selalu membatasi mobilitas, yang mana hal tersebut adalah syarat utama berjalannya suatu interaksi pariwisata.</br></br>Oleh karena itu, demi pariwisata yang kembali bangkit, harus ada solusi nyata yang segera direalisasikan, salah satunya yakni, Konsep Berani untuk memahami, kendala terbesar Bali dalam mengatasi pandemi sebenarnya ada pada pemahaman, kurangnya edukasi mengenai protokol kesehatan membuat masyarakat masih lalai dalam hal penerapan, sehingga membuat Bali belum 100% diberikan kepercayaan oleh pemerintahan pusat atau nasional.</br></br>Langkah awal yang dapat diambil adalah dengan memantapkan presepsi masyarakat bali mengenai protokol kesehatan, yang kemudian barulah kita sedikit demi sedikit melangkah untuk memberanikan diri memulai lembaran baru,k memberanikan diri memulai lembaran baru,)
  • Pariwisata Bali Mangkin  + (pariwisata di bali dari 2019 menurun karena disebabkan oleh satu virus yaitu Covid-19 sehingga menyebabkan turis2 atau warga lokal tidak bisa berpergian kemana mana karena virus ini bisa menyebabkan sakit parah hingga kematian dan ekonomi menurun)
  • Sapta Sanak  + (pemerintah, utamanya pemimpin tidak bisa bpemerintah, utamanya pemimpin tidak bisa berdiri sendiri</br>Ogoh-ogoh Sapta Sanak yang dibuat oleh ST. Tunas Mekar yang mendapatkan juara ke-3 di Kabupaten Tabanan merupakan ogoh-ogoh yang memiliki arti empat saudara yang bersama manusia, yang mana keempat saudara itu terdiri dari 1) yeh nyom, 2) Darah, 3) Ari -ari,. 4) Lamad</br>Kenapa saya suka dengan ogoh-ogoh ini? Karena ada sedikit nasehat yang terkandung didalamnya. Nasehat tersebut adalah sebagai pemerintah kita tidak boleh lupa dengan apa yang kita sampaikan/janjikan disaat sebelum terpilih. </br>Jika sudah seperti itu maka pemerintah harus bisa menerima apa pendapat dari para anggota dan masyarakat, seperti sama halnya kita memiliki 4 saudara itu yang disebut Sapta sanakiki 4 saudara itu yang disebut Sapta sanak)
  • Literature Hal yang wajib dilakukan jika ada pengungsi datang  + (   Seperti yang kita ketahui, saat ini ter   Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat konflik yang terjadi di antara negara Ukraina dan Rusia. Alasan Rusia menyerang negara Ukraina adalah karena pemimpin terkini negara tetangganya lebih dekat ke Barat dan ingin menjadi bagian Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. </br></br>   Invasi Rusia ke Ukraina merupakan serangan ilegal yang terburuk sejak Perang Dunia II. Invasi ini jelas melanggar Piagam PBB yang melarang "penggunaan kekuatan terhadap integritas wilayah atau kemerdekaan politik mana pun". </br></br>   Invasi ini jelas mengancam keamanan warga Ukraina. Warga Ukraina banyak yang memilih untuk mengungsi ke negara lain demi keselamatan mereka. </br></br>    Sesama manusia kita harus saling membantu. Hal yang harus kita lakukan jika ada pengungsi datang ke wilayah kita adalah menanyakan seputar hal tentang pengungsi tersebut. Seperti biodata mereka dan alasan mereka mengungsi ke wilayah kita dan kita juga bisa menyumbang kan beberapa bahan pangan. </br></br>  Pengungsi pastinya membutuhkan tempat tinggal. Hal yang bisa kita lakukan adalah menanyakan izin kepada seluruh orang yang tinggal dirumah kita. Jika sudah diberikan izin dan pengungsi tersebut setuju untuk tinggal sementara waktu dirumah kita, barulah kita memberikan tempat tinggal senyaman mungkin. </br></br>    Sekian opini saya jika terdapat pengungsi yang datang ke rumah kita. Membantunya merupakan kewajiban kita sebagai manusia. merupakan kewajiban kita sebagai manusia.)
  • NUSA PENIDA SANE MACET  + (‘’OM SWASTYASTU’’. Terima kasih saya ucapk‘’OM SWASTYASTU’’. Terima kasih saya ucapkan atas hari yang baik ini. Yang saya Hormati para Tim juri, dan masyarakat yang saya Cintai. Sebelumnya mari kita panjatkan puji syukur kehadapan ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat Rahmat-Nyalah kita dapat berkumpul pada acara Wikithon partisipasi publik Bali berorasi. Di waktu yang baik ini saya akan menyampaikan Pidarta atau Orasi yang berjudul ‘’ATASI KEMACETAN DI NUSA PENIDA’’.</br> Para masyarakat, Nusa Penida merupakan pulau yang terkenal sampai ke manca Negara akan keindahan dan keasrian obyek wisatanya. Namun seringkali terjadi kemacetan, hal itu dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya jalan yang begitu sempit, tempat parkir yang kurang luas, banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Nusa Penida, banyaknya masyarakat Nusa Penida bekerja sebagai Sopir atau Driver, dan masih banyak lagi hal yang membuat terjadinya kemacetan di Nusa penida. Hal tersebut akan sangat berpengaruh bagi masyarakat. Kita tidak akan sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, terkecuali kita berangkat lebih awal. Maka dari itu sangat diperlukan pelebaran jalan di Nusa Penida dengan tujuan mengurangi dari dampak kemacetan serta meningkatkan Efektivitas waktu tempuh perjalanan.</br> Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna untuk masyarakat, jika ada kesalahan saya minta maaf saya akhiri dengan Parama santi ‘’OM SANTIH, SANTIH, SANTIH, OM’’. santi ‘’OM SANTIH, SANTIH, SANTIH, OM’’.)
  • Tari Kreasi Laku  + (“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah ya“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah yang menunjukkan permintaan. Ini juga menggambarkan aura ketersediaan. Ini adalah karya baru yang disusun sebagai tarian selamat datang yang mewujudkan gagasan perubahan. Gerakan-gerakan simultan mengikuti dan berangkat dari musik tersebut secara bersamaan, namun berbeda dengan tarian tradisional “penyambutan” yang cenderung kompak, dalam Lelaku, gerakan dinamis dan asimetris menjadi hal yang biasa. Ketika popularitas perjalanan menjadi normal, bagaimana perilaku manusia berubah? Bagaimana kita menyambut orang-orang yang mengganggu ruang kita? Apakah umat manusia berubah seiring dengan sumber daya apa yang tersedia? Jawabannya terletak pada penjajaran co-motion.bannya terletak pada penjajaran co-motion.)
  • Dija I Jago?  + (Cindelaras hendak berangkat ke Jenggala. Tapi... di mana si Jago? Yuk, bantu Cindelaras mencarinya!)
  • Bali rose from depression  + ("Bali bangkit dari kehancuran" Pada awa"Bali bangkit dari kehancuran"</br></br></br> Pada awal tahun 2020 bencana alam, yang dikenal sebagai wabah covid 19, adalah masa sulit untuk mendapatkan pekerjaan, sulit untuk mendapatkan uang, setelah itu ekonomi Bali runtuh. Kemudian saya mendapat berita di media sosial, mereka mengatakan ada orang yang bunuh diri, suka.Saya terkejut mendengar, bagaimana bisa seperti itu?. tapi untungnya sekarang covid hilang, Bali bangkit dari covid-19. Karena itu, kita harus berhati-hati agar kita tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. Sebaliknya, kita harus melakukan hal-hal yang baik agar kita dapat menebus diri kita dari masa yang sulit ini.enebus diri kita dari masa yang sulit ini.)
  • Bali rose from depression  + ("Bali bangkit dari kehancuran" Pada awal "Bali bangkit dari kehancuran"</br></br>Pada awal tahun 2020 bencana alam, yang dikenal sebagai wabah covid 19, adalah masa sulit untuk mendapatkan pekerjaan, sulit untuk mendapatkan uang, setelah itu ekonomi Bali runtuh. Kemudian saya mendapat berita di media sosial, mereka mengatakan ada orang yang bunuh diri, suka.Saya terkejut mendengar, bagaimana bisa seperti itu?. tapi untungnya sekarang covid hilang, Bali bangkit dari covid-19. Karena itu, kita harus berhati-hati agar kita tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. Sebaliknya, kita harus melakukan hal-hal yang baik agar kita dapat menebus diri kita dari masa yang sulit ini.enebus diri kita dari masa yang sulit ini.)
  • Bali rose from depression  + ("Bali bangkit dari kehancuran" Pada awa"Bali bangkit dari kehancuran" </br></br></br>Pada awal tahun 2020 bencana alam, yang dikenal sebagai wabah covid 19, adalah masa sulit untuk mendapatkan pekerjaan, sulit untuk mendapatkan uang, setelah itu ekonomi Bali runtuh. Kemudian saya mendapat berita di media sosial, mereka mengatakan ada orang yang bunuh diri, suka.Saya terkejut mendengar, bagaimana bisa seperti itu?. tapi untungnya sekarang covid hilang, Bali bangkit dari covid-19. Karena itu, kita harus berhati-hati agar kita tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. Sebaliknya, kita harus melakukan hal-hal yang baik agar kita dapat menebus diri kita dari masa yang sulit ini.enebus diri kita dari masa yang sulit ini.)
  • Literature Pengalaman saya seorang disabilitas  + ("Dari umur 10 th saya tidak pernah ke pura"Dari umur 10 th saya tidak pernah ke pura di desa, aksesnya tidak ada dan tangga banyak.</br>Jika mau muspa orang-orang biasanya gini: ngapain ke pura ngentuk""in gen ke pura. </br></br>Dari umur boleh memilih saya juga belum pernah memilih, berapa kali ganti presiden saya belum pernah ikut tapi saya dapat kartunya. </br>Ketika keluar dari gang rumah, ceritanya saya akan memilih pernah ditanya begini, mau kemana kamu? Jangan ikut rame nanti kamu diem di mana? sesak dan ngentuk"" in gen!</br></br>Dari yang semangat 45 jadi tidak semangat lagi mendengar perkataan itu. </br>Mau marah gak bisa, mau maju juga gak bisa, jadi seperti ""Taluh apit batu""</br></br>Pengalaman saya, kalau pendidikan dari usia 5th saya tidak pernah sekolah. </br>Astungkara saya bisa baca tulis dan sekarang masih belajar. </br></br>Dulu TK kan belajar alfabet, saya belajar hanya melihat dari adik saya. </br>Awal saya bisa baca, saya baca surat kabar dan saya juga apal pancasila. </br></br>Umur 20 an saya masuk yayasan di Gianyar di sana saya ikut kejar paket A dan sudah dapat sertifikat, sekarang baru akan dimulai untuk ikut kejar paket B dan semuanya gratis bisa milih kelas online atau offline. </br></br>"Saya harapkan tahun depan ada pemiihan seandainya saat pemilihan ada petugas khusus yang jemput bola dan diajak nyoblos, saya sendiri cepat sedih jika diberikan perkataan tidak enak oleh orang-orang. </br>Mohon dijemput lah yang disabilitas kalau ada pemilu."ut lah yang disabilitas kalau ada pemilu.")
  • online learning don't understand  + ("Halo perkenalkan nama saya gilbert aditya"Halo perkenalkan nama saya gilbert aditya</br>dari sma angkasa maros</br></br> jadito mauka cerita kita kan belajar onlen sudah maumi 15 bulan to tapi na banyak na </br>tugas ndak kumengerti na apalagi itu matematika</br></br> guru matematika ku toh na kasih jak contoh soal ji baru na suruh </br></br>kik kerjakan tugas nya tapi deh kalo begitu susah kik menggerti na  cobanya toh gurunya langsung na terangkan itu </br></br>materi lewat zoom mo supaya tok kalo ada ndak kita mengerti bisa langsung di tanya </br></br>Kan lewat zoom bisa ji langsung na jelaskan materinya </br></br>itu ji mauka cerita makasih" materinya itu ji mauka cerita makasih")
  • Spirit of Legong  + ("Kenangan saya dengan tari Legong... di ma"Kenangan saya dengan tari Legong... di masa kecil, saya melihat banyak lukisan penari berkostum. Saya mencoba membuat foto tarian yang tampak seperti lukisan... tetapi masih menyisakan jiwa dan grak tariannya..." Nyoman "Butur" Suantara.</br></br>Kutipan dari artikel "Legong Rhapsody, a Dance Through Time" oleh Dewi Dian Reich.</br></br>Kami punya banyak karya ManButur Suantara yang sama-sama mengeksplorasi satu jenis tarian: Tari Legong Bali. Budaya Bali penuh dengan keindahan dalam berbagai wujud. Ke mana pun Anda memandang, Anda akan menemukan kekayaan yang penuh warna dan misteri. Ritual dan upacaranya amat dalam. Bali menarik perhatian dunia. Ini bukanlah kali pertama tarian Bali menjadi objek seni. Gambar-gambar yang melukiskan budaya memenuhi media utama karena kekuatan dan pengaruhnya terhadap industri profit: pariwisata.</br></br>Dari sisi positifnya, ini berarti bahwa keindahan budaya Bali dikagumi oleh banyak pihak. Saya menyebut ini karena saya ingin menarik perhatian saya pada sesuatu yang belum terungkap. Ada hal yang sangat spesial yang ingin saya nyatakan di sini dan sayang jika ditinggalkan. Ini sungguh-sungguh murni demi diskusi seni kita. Sebagai seri fotografi, ada aspek-aspek menarik yang bisa kita pelajari.</br></br>Baca artikel lengkapnya di tautan referensi gambar.kel lengkapnya di tautan referensi gambar.)
  • Literature Tentang Vaksinasi COVID-19 (Kesehatan)  + ("Menurut saya pemberian vaksin ini merupak"Menurut saya pemberian vaksin ini merupakan solusi yang paling tepat untuk mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19. Karena tujuan melakukan vaksinasi untuk memberikan kekebalan kepada tubuh, sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan.</br></br>Namun sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, banyak masyarakat yang belum setuju / takut akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.</br></br>Karena masalah vaksin ini masih tabu di masyarakat, jadi saya akan membuat suatu program untuk mengedukasi masyarakat tentang bahayanya covid dan pentingnya melakukan vaksinasi COVID-19 serta perilaku yang lebih disiplin dalam menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. </br></br>Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga dapat melindungi orang-orang di sekitar kita yang belum memiliki kekebalan terhadap virus. </br>"elum memiliki kekebalan terhadap virus. ")
  • Ngalimbakang Kualitas Pendidikan Bangsa  + ("Om Swastiastu" Terima kasih untuk kesemp"Om Swastiastu"</br></br>Terima kasih untuk kesempatan yang sudah diberikan kepada saya.</br></br>Yang saya hormati Tim BASAbali Wiki. Yang saya hormati dewan juri Wikithon Patisipasi Publik: Bali Berorasi. Dan juga para pemirsa yang saya cintai.</br></br>Rasa bahagia saya haturkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan) atas anugerah-Nya kita bisa berkumpul disini di acara Wikithon Partisipasi Publik : Bali Berorasi yang diadakan oleh BASAbali Wiki. Saya Devi Rossalinda Natalia akan membawakan orasi menganai “Apa masalah yang paling mendesak untuk ditangani oleh para calon pemimpin Bali?” yang berjudul “Mengembangkan Kualitas Pendidikan Bangsa.” Sebelumnya saya minta maaf jika bahasa bali saya kurang baik.</br></br>Pemilu 2024 sudah dekat. Itu artinya masyarakat Indonesia akan mengadakan acara demokrasi yaitu pemilu serempak yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Sudahkah kalian mempunyai pilihan siapa yang akan dipilih di pemilu 2024? Pastinya kalian semua sudah pada tahu kinerja para calon pemimpin dan program apa saja yang akan dilaksanakan jika sudah menjabat sebagai pemimpin. Kita sebagai masyarakat jangan salah pilih serta kemakan janji-janji manis calon pemimpin khususnya untuk masyarakat Bali. Di Bali bahkan di provinsi lainnya pasti banyak sekali masalah yang merugikan masyarakat. Maka dari itu, harus segera diatasi. Banyak masyarakat mengkritik kegagalan pemerintah untuk menyelesaikan masalah masyarakat. Saya sebagai masyarakat dan seorang siswa juga merasakan banyak masalah diantaranya di bidang pendidikan. Pendidikan sangat berguna sekali untuk masa depan.</br></br>Yang pertama, masalah fasilitas sekolah yang tidak mendukung. Contohnya sudah membayar uang SPP tapi fasilitas, sarana dan prasarana tidak mendukung seperti tidak ada alat pendingin ruangan seperti kipas angin ataupun AC. Ada juga yang kelasnya terdapat kipas angin ataupun AC tetapi rusak dan tidak ada perbaikan dari pihak sekolah. Hal tersebut membuat para siswa kepanasan dan juga tidak semangat mengikut pembelajaran. Dampaknya bisa membuat banyak siswa yang berpikiran untuk bolos sekolah. Jika hal seperti itu secara terus menerus terjadi. Bisa kah kualitas pendidikan di Bali meningkat? Tentu tidak. Di media sosial juga banyak beredar berita-berita seperti ini. Yang menjadi pertanyaan saya, Apakah pemerintah tidak berusaha turun tangan ke lapangan langsung memberikan bantuan ke sekolah-sekolah? Atau sudah ada bantuan dari pemerintah tapi bantuan tersebut tidak dikelola dengan baik oleh pihak sekolah? Jika seandainya sudah ada bantuan dari pusat, Kenapa bisa masih sarana dan prasarananya tidak mendukung proses pembelajaran? Selain itu para siswa juga sudah membayar uang SPP setiap bulannya. Mereka layak menerima hak nya. Dimanakah bantuan itu, apakah ada dugaan tentang perilaku yang tidak pantas atau korupsi? Masalah ini harus segera diselesaikan secara menyeluruh oleh para calon pemimpin maupun pemerintah Bali agar pendidikan di Bali dapat maju. Jika memang ada tindakan yang melanggar hukum, saya harap pemerintah atau calon pemimpin Bali dapat tegas menangani kasus seperti ini.</br></br>Yang kedua, masalah tentang sistem PPDB SMP-SMA/K yang membuat para siswa dan orang tua siswa sedih (kecewa). Masalah ini dapat dikatakan sebagai masalah yang paling mendesak karena menurut saya setiap tahun, setiap penerimaan siswa baru pasti masalah ini menuai pro dan kontra. Contohnya adalah dengan menggunakan sistem zonasi. Sistem zonasi adalah sistem kedekatan jarak rumah ke sekolah tujuan. Ada siswa yang rumahnya satu zona dan dekat dengan sekolah tujuan, tetapi tidak diterima. Nah, ini juga termasuk masalah yang harus diselesaikan oleh calon pemimpin Bali. Di media sosial banyak berita bahwa para siswa tidak dapat diterima di sekolah tujuannya sehingga terjadi aksi demo di Dinas Pendidikan dan Gedung DPRD, namun tidak membuahi hasil. Apa sebenarnya yang menyebabkan sebagian siswa tidak lolos PPDB setiap tahunnya? Apakah ada kecurangan di PPDB? Apakah calon pemimpin akan menindaklanjuti sistem ini? Karena sering terjadi kasus seperti ini, saya berharap agar pemerintah atau calon pemimpin bisa mempertimbangkan dan menyelesaikan serta mencari solusi masalah seperti ini. Sangat disayangkan bagi siswa yang harus merelakan sekolah yang mereka inginkan karena sistem yang tidak adil. Meskipun ada banyak sekolah yang bagus, jika kita bukan menjadi pilihan kita, kita tidak akan senang dan tidak akan memiliki semangat untuk belajar.</br></br>Yang ketiga, menurut saya masalah mendesak yang harus diatasi calon pemimpin Bali adalah tingginya angka putus sekolah. Faktanya masalah ini terus meningkat setiap tahunnya dan tidak bisa dipungkiri bahwa masalah ini sulit diatasi jika tidak ada solusi yang tepat. Masalah ini tentu dipicu oleh beberapa faktor diantaranya faktor ekonomi, faktor lokasi, kurangnya kasih sayang orang tua, dan lainnya. Di beberapa kabupaten di Bali kasus ini juga meningkat karena dipicu pandemi COVID-19 silam. Kasus putus sekolah mengakibatkan bertambahnya jumlah pengangguran karena untuk mendapatkan pekerjaan yang layak pun harus memiliki pendidikan minimal SMA. Bahkan menambah kemungkinan tingginya kenakalan remaja dan tindak kejahatan dalam kehidupan sosial masyarakat. Apakah calon pemimpin Bali nantinya bisa memberikan solusi yang tepat agar kasus ini bisa tertuntaskan? Sebelumnya pemerintah sudah memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu agar dapat mengeyam pendidikan. Saya berharap agar calon pemimpin Bali nanti nya bisa terbuka dalam menghadapi kasus mendesak seperti ini.</br></br>Para pemirsa, itulah yang bisa saya sampaikan mengenai masalah yang paling mendesak untuk ditangani oleh para calon pemimpin Bali. Lima tahun bukan waktu yang singkat. Siapapun nanti yang akan menjadi pemimpin Bali. Besar harapan saya agar negara Indonesia khususnya Bali bisa lebih berkembang bahkan maju. Pesan saya janganlah sampai salah pilih pemimpin. Pilihlah pemimpin yang benar-benar kerja nyata, berintegritas dan berkualitas serta bisa melanjutkan program pemimpin yang sebelumnya dengan baik. Pilihlah calon pemimpin sesuai dengan pilihan hati kita jangan terpengaruh oleh faktor luar. Sekali lagi jangan sampai kemakan janji-janji manis tanpa ada bukti nyata. Semoga pemilu 2024 ini bisa menjadi awal dari kemajuan bagi Indonesia dan Bali. Baik, jika ada kata-kata atau orasi saya tidak tidak patut, saya tidak lupa saya untuk meminta maaf. Saya tutup dengan Parama Santi.</br></br>“Om Santi Santi Santi Om”n Parama Santi. “Om Santi Santi Santi Om”)
  • Infrastruktur Jalan  + ("Om Swastyastu, Terimakasih atas waktu yan"Om Swastyastu, Terimakasih atas waktu yang diberikan kepada saya. Nama saya Ni Luh Ari Purnama Yanti saking SMA Negeri 1 Tabanan. Kepada, para juri yang sangat saya hormati dan hadirin sekalian yang sangat saya cintai. Bahagia sekali rasanya saya bisa membawakan orasi yang berjudul "Infrastruktur jalan" </br></br>Hadirin sekalian, seperti yang kita ketahui, infrastruktur jalan sangat mempengaruhi perekonomian di zaman sekarang. Kalau tidak ada infrastruktur jalan atau jalannya rusak tidak bagus, apa lagi yang dipakai untuk mencari nafkah di zaman sekarang? bagaimana cara membawa dagangan ke luar negeri? di zaman milenial dan era Globalisasi ini, Infrastruktur jalan sangat diperlukan di kehidupan sekarang. Banyak masyarakat zaman sekarang mencari nafkah di jalanan, ada yang menjadi Ojol, ada juga yang menjadi saudagar dan lainnya.; sudah seharusnya calon pemimpin 2024 bisa melihat keadaan masyarakatnya di Desa dan juga kota, supaya bisa tidak menimbulkan kesenjangan sosial. Supaya sama jalan di desa dan kota, agar bagus bahannya bisa lama untuk dilalui dan masyarakat bisa mencari nafkah dengan jalan yang lancar. Dan Calon Pemimpin 2024 supaya bisa jujur dengan adanya bantuan jalan dan pembangunan, supaya tidak kejadian dananya cair tapi jalan dan pembangunannya tidak selesai apalagi tidak ada? Apakah Calon Pemimpin tidak merasa iba ketika melihat masyarakatnya nya mencari nafkah melewati jalan yang rusak? Di Jembatan goyang untuk lewat ke timur kebarat melewati sungai dan laut? ada juga yang tidak bisa keluar dari desa karena jalannya rusak tapi dikota jalanannya bagus. Tapi, ada juga jalan yang di kota rusak, yang membuat truk besar susah untuk lewat dan menimbulkan kemacetan. Seharusnya Calon Pemimpin 2024 sekarang bisa adil dan jujur kepada masyarakatnya semua. Calon Pemimpin 2024 supaya bisa lebih perhatian kepada masyarakatnya, supaya tidak waktu kampanye saja berjanji manis kepada masyarkatnya supaya tidak disebut Janji Manis Calon Pemimpin.</br></br>Baik, hanya itu orasi saya, semoga apa yang saya sampaikan bisa didengar oleh Calon Pemimpin 2024. Terimakasih untuk perhatian hadirin semuanya. "Meli bungkung aba ke pura sambilang ngayah, Kirang Langkung nunas ampura titiang sisya wawu melajah". Saya akhiri dengan paramashanti "Om Shanti Shanti Shanti Om".paramashanti "Om Shanti Shanti Shanti Om".)
  • Literature Pernikahan Dini  + ("Pernikahan dini" Kasus pernikahan dini d"Pernikahan dini"</br></br>Kasus pernikahan dini di Bali menjadi perhatian banyak pihak karena angka pernikahan anak di daerah ini masih cukup tinggi. Menurut data terbaru, sekitar 10% dari total pernikahan di Bali melibatkan pasangan yang masih di bawah umur.Kasus pernikahan dini di Bali banyak terjadi di daerah pedesaan, di mana tradisi dan kepercayaan masih memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.</br></br>Upaya pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi kasus pernikahan dini di Bali perlu terus dilakukan agar anak-anak dapat menikmati masa kanak-kanak dan masa remaja dengan sebaik-baiknya.Dampak dari pernikahan dini sangat besar, seperti risiko kesehatan yang lebih tinggi, putus sekolah, kekerasan dalam rumah tangga, dan kemiskinan.Banyaknya kasus pernikahan dini di Bali menunjukkan masih adanya pandangan bahwa pernikahan adalah solusi untuk masalah ekonomi dan sosial di keluarga.Pentingnya pendidikan tentang hak-hak anak dan perlindungan terhadap anak perlu ditanamkan di masyarakat agar terhindar dari kasus pernikahan dini.</br></br>Keberadaan lembaga atau organisasi yang mendukung upaya pencegahan pernikahan dini di Bali seperti Yayasan Pulih, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Lembaga Perlindungan Anak Bali sangat dibutuhkan. Peran aktif dari para tokoh agama dan budayawan di Bali juga sangat penting untuk membantu mengubah pandangan masyarakat terkait pernikahan dini.Dengan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, diharapkan kasus pernikahan dini di Bali dapat ditekan dan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya.mbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya.)
  • Literature Bagaimana nasib anak yang orang tuanya disabilitas  + ("Sama dengan bu Musdalifa (sesama disabili"Sama dengan bu Musdalifa (sesama disabilitas) ada kemudahan terkait ayah-ayahan, tapi jika saya bisa saya tetap ikut sesuai kemampuan saya. </br>Saya ada pengalaman dari rekan yang juga disabilitas, ini tentang anak yang orang tuanya disabilitas, cerita ke saya nangis karena tidak bisa bayar uang sekolah, kedua orang tuanya disabilitas, suaminya sakit yang jadi tulang punggung keluarga, dan di lingkungan itu jarang ada bantuan dari pemerintah dan desa. Saya katakan saya akan bantu sebisanya dan dia ke rumah saya lagi setelah mendapat banyak bantuan karena sebelumnya saya bantu share tentang mereka ke grup disabilitas. </br></br>"Bagaimana nasib anak yang orang tuanya disabilitas? mohon pemerintah untuk diperdulikan dan diperhatikan hal ini. "k diperdulikan dan diperhatikan hal ini. ")
  • Literature Harapan saya tentang akses persembahyangan ke pura  + ("Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 ak"Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 akan ikut lomba mewakili Bali. </br>Pengalaman saya, dulu waktu saya kecil saat usia 6 tahun saya diajak ke sekolah dan pulangnya saya jalan kaki sampai saya tamat SD saja. </br>Saya punya pengalaman saat ikut Yayasan Senang Hati di Siangan, di sana saya mendapat banyak pengalaman sampai bisa jadi atlet dari 2006.</br>Kalau ke pura di Batuluban saya dibantu suami dan memang di sana belum ada akses untuk disabilitas.</br>Kalau Tulikup (asal ibu ini) sama tidak ada akses juga tapi saya tetap dibantu suami dan keluarga saya. </br></br>"Harapan saya agar pemimpin yang terpilih pada pemilu tahun depan, semua pura-pura memiliki akses yang baik untuk disabilitas."miliki akses yang baik untuk disabilitas.")
  • Lost Signal  + ('Lost Signal' adalah bagian dari Photograp'Lost Signal' adalah bagian dari Photography Series dengan nama yang sama oleh Dewi Dian Reich. Penulis, artis, dan fotografer.</br>"Kakek saya berbicara dan berjalan di jalan-jalan ini. Dia biasa memegang tangan saya,</br>Kakek saya awet muda, visinya tajam dan kebijaksanaannya dalam,</br>Di mana taman bermain kita? Kenapa dia tersandung?</br>Apakah mataku yang lengah terhadap paku dan pecahan kaca yang akan melukai kakinya? Atau telingaku yang meredam suaranya?</br>Apakah Anda tidak tahu ada paku tajam dan pecahan kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?)
  • Banjir akibat hujan deras  + (. Perbekel Desa Seraya, I Wayan Dandri men. Perbekel Desa Seraya, I Wayan Dandri mengatakan bahwa setiap ada hujan deras air sungai selalu meluap di jalan tersebut sehingga sulit bagi pengendara melewatinya. Jika ingin melewati jalan tersebut para pengendara harus mengangkat motor dengan dibantu oleh warga sekitar."Tadi kebetulan saat air sungai meluap siswa sedang pulang sekolah sehingga agar bisa lewat siswa tersebut bergotong royong mengangkat motornya untuk nyebrang," kata Dandri, Selasa (25/10/2022).Selain para siswa juga terdapat banyak warga yang kebetulan melewati jalan tersebut juga terpaksa harus diangkat dengan dibantu oleh warga sekitar. Karena jika putar balik jaraknya lumayan jauh. Sehingga lebih memilih meminta bantuan ke warga sekitar untuk membantu menyeberangkan motornya. "Ketinggian air kurang lebih selutut dan ada sekitar puluhan sepeda motor yang dibantu menyeberang dengan cara diangkat oleh warga. Tapi ada juga yang hanya di dorong tapi tetap dibantu oleh warga karena takut motornya hanyut karena airnya lumayan deras. Tapi saat ini air sudah agak surut," papar Dandri yang sempat datang langsung ke lokasi. Dandri mengatakan sebenarnya di wilayah Seraya sebelumnya ada beberapa jalan yang dilewati air sungai tapi saat ini sudah diperbaiki dengan dibuatkan jembatan. Yang tersisa tinggal jalan yang ada di wilayah Banjar Pejongan dan Gambang yang belum dapat bantuan untuk dibuatkan jembatan sehingga saat hujan deras.uatkan jembatan sehingga saat hujan deras.)
  • The yard is not good according to Balinese culture  + (1. Karang Karubuhan Karang yang berhadap-h1. Karang Karubuhan</br>Karang yang berhadap-hadapan atau berpapasan dengan “pempatan” atau “pertigaan” atau persimpangan jalan.</br></br>2. Karang Sadanglawe </br>Karang yang memiliki pintu masuk berpapasan dengan pintu masuk pekarangan orang lain</br></br>3. Karang Kuta Kabanda</br>Karang yang diapit oleh dua ruas jalan raya.</br></br>4. Karang Sula Nyupi </br>Karang yang berpapasan dengan jalan raya atau numbak marga atau numbak rurung.</br></br>5. Karang Gerah</br>Karang yang terletak di hulu Pura/Parahyangan.</br></br>6. Karang Tenget</br>Karang bekas setra/sema, pura, pertapaan, dll.</br></br>7. Karang Buta Salah Wetu</br>Karang dimana di tempat tersebut pernah atau sedang terjadi keanehan-keanehan (ketidaklumrahan) seperti: kelahiran babi kepala gajah, pohon kelapa bercabang, pisang berbuah melalui batang pohonnya.</br></br>8. Karang Boros Wong </br>Karang yang memiliki dua pintu masuk yang sama tinggi dan berjajar.</br></br>9. Suduk Angga</br>Karang yang dibatasi oleh pagar hidup di mana akar dan tunasnya masuk ke pekarangan lain.</br></br></br>Jenis pekarangan/tanah di atas bisa saja digunakan asal sudah melalui upacara upahayu halaning palemahan seperti Caru Karang Panes. Tetapi akan lebih rahayu lagi jika tidak dipergunakan.lebih rahayu lagi jika tidak dipergunakan.)
  • Who is Reliable?  + (2 tahun sudah virus corona ini,, sektor pa2 tahun sudah virus corona ini,, sektor pariwisata di Bali sudah mati atau menurun,karena tidak adanya wisatawan. Semua di phk, pemerintah sudah memberikan bantuan tapi, bantuan itu tidaklah cukup untuk isi perut sebulan, kemana mana harus memakai masker jika tidak memakai masker kena denda,, serasa hidup enggan matipum segan, jika dituriti aturan untuk diam dirumah,, isi perut tidak bisa diajak untuk diam di rumah,, jika keluar untuk mencari isi perut takut terkena virus yang tidak terlihat. Jaman sekarang tidak bisa lagi yang namanya gengsi, kerjaan apapun akan di ambil untuk bertahan hidup walau itu hanya bisa untuk dapur walau hanya nasi garam dan minyak sajapur walau hanya nasi garam dan minyak saja)
  • Literature Jangan Santai dan Lengah, Pemimpin Harus Berbenah  + (49.Saya berharap pemimpin yang terpilih pa49.Saya berharap pemimpin yang terpilih pada tahun 2024, dan saya juga berharap agar harapan saya ini bisa sampai kepada pemerintah. Tentang perekonomian Bali. Saya berharap agar pemimpin terpilih mampu memberikan solusi perekonomian Bali agar tidak bertumpu pada pariwisata saja. Kita tidak akan tahu, apakah nanti akan ada pandemi atau tidak seperti yang sudah terjadi tahun lalu. Masyarakat yang tak mampun terus akan bertambah dan menghabiskan pengeluaran tanpa pemasukan, yang miskin jadi tak makan, berakibat angkat kriminalitas jadi bertamabah. Untuk bidang seni dan budaya, PKB memang sangat menghargai para seniman, tetapi saya sangat sedih melihat ternayata masih ada para seniman dibayar seadanya ketika pentas di hotel maupun cafe untuk menghibur toris di sana, Sebagai pemimpin sepatutnya melihat juga hal yang begini-gini, kemudian tentang akses disabilitas, saya pribadi sangat suka apabila pemerintah sangat memperhitungkan fasilitas umum, tapi fasilitas itu tidak hanya digunakan oleh orang normal saja, yang disabilitas juga perlu untuk diperhatikan, Kemudian pada isu seksedukasi, ini sangat penting karena sudah banyak kasus anak hamil di bawah umur, kekerasan seksual. Nah bapak, ibu terpilih, saya mohon perhatian tentang kasus ini agar generasi emas kita tidak rusak karena kasus ini. Jika tentang isu lingkungan, ini sangat sering kita temukan, tetapi sangat malas sekali untuk diurus secara masif, Bali sangat terkenal dengan prestasinya. Masa iya maish bau karena sampah. PR besar ini! Jika ingin menjadi pemimpin yang didengar oleh rakyat, kembalikanlah kepercayaan rakyat itu terlebih dahulu. Rakyat sudah sangat bosan dengan kebohongan yang ada, sudahi menjadi jero ketut (tikus), akan tetapi janji janji kampanye tak pernah disangupi. Pemimpin yang baik itu, pemimpin yang mendengarkan suara rakyat, memberikan solusi dan bergerak nyata.yat, memberikan solusi dan bergerak nyata.)
  • Dont Be Voting around  + (A: Jasa coblos keliling, jasa coblos kelilA: Jasa coblos keliling, jasa coblos keliling…</br>B: Bli, bli, Jasa Coblos kelilin, ke sini bli!</br>A: Bagaimana bu? </br>B: Jasa Coblos keliling ya? Saya mau order, berapaan harganya? Ada promo enggak? </br>A: Oh iya, ya, seikhlasnya saja bu. Tapi Saya ada paketanya itu bu, paket sesari, paket sembako, paket jabatan. </br>C: eeee, stop stop stop. Kalian apa-apaan ini? Kok gampang gitu jual suara? Kalau gitu caranya, pemimpin apa yang akan kita dapat? Nah, coba sebut pemimpin apa yang kamu harapkan jika kamu dengan gampangnya menjual suara seperti ini? </br>A: Bih ajan, sebenarnya saya ingin memiliki pemimpin yang benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan. Seperti jujur, bijaksana, cerdas, tetap pendirian, mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan, peduli dengan lingkungan, kreatif, pokoknya selalu menjalankan kewajibanya menjadi pemimpin sesuai dengan tutur agama dan pancasila. Nah, misalkan setiap membuat kebijakan, harus dilaksanakan secara demokratis bersama rakyat terutama milenial karena yang saya ketahui milenial sekarang ini sudah sangat aktif dan kreatif. Pemerintah boleh meniru kreativitas milenial ini untuk memajukan wilayah atau negara.l ini untuk memajukan wilayah atau negara.)
  • Peken Bali  + (A: Permisi, Kak. Di mana saya bisa membeli lawar, ya? B: Oh di sana, di baratnya pasar Bali, yang paling enak. A: Oh di sana? Oo oh terima kasih, Kak! B: Iya di sana, kapanpun, Saudaraku!)
  • -  + (ABDI NEGARA Apa sih itu abdi negara? Hal ABDI NEGARA</br></br>Apa sih itu abdi negara? Hal yang pertama ada di pikiran banyak orang pasti polisi atau tentara,gelar yang indah pasti ada perjuangan yang mati Matian harus dilewati,tugas dan pengabdiannya tidak semudah yang kita lihat, contohnya bapak polisi setiap hari menjaga di jalan,ada yang menjaga di lampu merah,tugu atau jalan ke sekolah,bahkan ada yang kepanasan tapi pak polisi sabar.ada himbauwan disuruh makek helm,pakek celana panjang,pakek jaket pakek sandel selop atau sepatu itu manfaatnya biar kita aman di jalan.dan bapak tentara tugasnya berat kalau ada tugas harus siap pindah lokasi pindahan yang sudah ditentukan,siap berperang,siap ninggalin keluarga dan rela pulang cuman bawa nama saja. Ayo kita sekarang bantuk sedikit sedikit pak polisi atau TNI cara mematuhi peraturan sudah membuat bapak polisi atau TNI merasa terhormatuat bapak polisi atau TNI merasa terhormat)
  • -  + (AIR TERCEMAR Kemarin sore saya sempat melAIR TERCEMAR</br></br>Kemarin sore saya sempat melewati jembatan,tapi di jembatan itu banyak sekali sampahnya,ada sampah pempes,plastik dan yang lainnya.kenapa katanya masyarakat membuang sampah sembarangan? Tidak kasihan air jembatannya? Seharusnya masyarakat yang lainnya harus sadar akan kebersihan air.Besok dikala air mati pasti kita mengambil air di jembatan buat nyuci baju,masyarakat harus sadar dari sekarang tentang pengolahan sampah yang ada di desa masing masing,apa gunanya pengolahan sampah? Biar kita tau tata cara membuang sampah yang benar.membuang sampah di jembatan bisa berdampak banyak sekali hewan yang ada di di jembatan akan meninggal dan jembatannya tidak enak dilihat</br>Ayo bersama sama lestarikan air di desa masing masiha sama lestarikan air di desa masing masih)
  • Pangangge Tengenan  + (AMBASARI (Aluh Malajah Basa Aksara & SAMBASARI (Aluh Malajah Basa Aksara & Sastra Bali)</br></br>Edisi: Pangangge Tengenan</br></br>BASAbali Wiki mempersembahkan video pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat baik pelajar, pengajar dan umum yang hendak belajar bahasa, aksara dan sastra Bali. </br>Video ini dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat khususnya pelajar dan pengajar untuk memudahkan proses pembelajaran aksara Bali. Dan juga sebagai bentuk kecintaan dan pengabdian kami terhadap perkembangan bahasa, sastra, dan aksara Bali. Semoga video ini dapat bermanfaat untuk kita semua. </br></br>BASAbali Wiki</br>Present</br></br>Pembawa Acara:</br>Ni Putu Ayu Suaningsih, S.S.</br></br>Produser & Sutradara:</br>Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum.</br></br>Pengarah & Pembina:</br>Drs. I Gde Nala Antara, M.Hum.</br>Dr. Drs. I Wayan Suardiana, M.Hum.</br></br>Penulis & Penyunting Naskah:</br>Ni Putu Ayu Suaningsih, S.S.</br>Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum.</br></br>Penata Kamera:</br>I Gd Windhu Kusuma Negara, S.S.</br>I Dewa Ayu Widya Utami, S.S.</br>Ni Km Ayu Sri Apriani, S.Tr. AB.</br>I Kadek Agus Juniantara</br></br>Penata Suara:</br>Ni Km Ayu Sri Apriani, S.Tr. AB.</br>Ida Bagus Arya Lawa Manuaba, S.Pd., M.Pd.</br></br>Video editor:</br>Windhu KN</br></br>Penerjemah:</br>Ida Bagus Arya Lawa Manuaba, S.Pd., M.Pd.</br></br>Didukung oleh:</br>Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana</br>Dharma Negara Alaya & Creative Hubya, Universitas Udayana Dharma Negara Alaya & Creative Hub)
  • Belajar Aksara Bali I  + (AMBASARI (Aluh Malajah Basa Aksara & SAMBASARI (Aluh Malajah Basa Aksara & Sastra Bali)</br></br>Edisi: Aksara Wreasta</br></br>BASAbali Wiki mempersembahkan video pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat baik pelajar, pengajar dan umum yang hendak belajar bahasa, aksara dan sastra Bali. </br>Video ini dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat khususnya pelajar dan pengajar untuk memudahkan proses pembelajaran aksara Bali. Dan juga sebagai bentuk kecintaan dan pengabdian kami terhadap perkembangan bahasa, sastra, dan aksara Bali. Semoga video ini dapat bermanfaat untuk kita semua. </br></br>BASAbali Wiki</br>Present</br></br>Pembawa Acara:</br>Ni Putu Ayu Suaningsih, S.S.</br></br>Produser & Sutradara:</br>Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum.</br></br>Pengarah & Pembina:</br>Drs. I Gde Nala Antara, M.Hum.</br>Dr. Drs. I Wayan Suardiana, M.Hum.</br></br>Penulis & Penyunting Naskah:</br>Ni Putu Ayu Suaningsih, S.S.</br>Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum.</br></br>Penata Kamera:</br>I Gd Windhu Kusuma Negara, S.S.</br>I Dewa Ayu Widya Utami, S.S.</br>Ni Km Ayu Sri Apriani, S.Tr. AB.</br>I Kadek Agus Juniantara</br></br>Penata Suara:</br>Ni Km Ayu Sri Apriani, S.Tr. AB.</br>Ida Bagus Arya Lawa Manuaba, S.Pd., M.Pd.</br></br>Video editor:</br>Windhu KN</br></br>Penerjemah:</br>Ida Bagus Arya Lawa Manuaba, S.Pd., M.Pd.</br></br></br>Didukung oleh:</br>Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana</br>Dharma Negara Alaya & Creative Hubya, Universitas Udayana Dharma Negara Alaya & Creative Hub)
  • I Lutung Teken I Kakua  + (Ada Cerita tentang I Lutung (Si Monyet) daAda Cerita tentang I Lutung (Si Monyet) dan I Kakua (Si kura-kura). I Lutung sedang bersantai dibawah pohon kayu, seketika di dengar berkeluh kesah, begini ucapannya "Hm, begini miskinnya hidup, musim hujan sangat sulit mencari makanan, kalau terus seperti ini, tidak batal untuk mati". begitu didengar suara seperti itu, I Lutung mendekat ke arah itu, didapatinya I Kekua sangat kurus, begitu mirip orang kelaparan. </br>Lalu I Lutung menjawab, "Ih Kakua, selesai sudah mengeluh. Ini aku menemukan tempat yang baik disana di Barat Sungai ada ponsok, itu pondok Kakek Perodong. Dipinggir kebun ada banyak pohon pisang. sebulan yang lalu aku sempat lewat sana. dan juga banyak yang sudah besar, mungkin sekarang sudah matang". Langsung hilang lapar I kakua baru dengar berita itu. sangat senang rasanya akan makan pisang matang, sautnya seketika, "Aguh Sang Lutung, kalau begitu apa baiknya, tapi kalau kesana, tetapi pondoknya itu begitu jauh, sungai cengceng sangat luas, dan pula sangat susah diseberangi". </br>Begitu jawaban I Kakua, kemudian dijawab oleh I Lutung " Beh, bodoh sekali kamu Kakua! Kamu kan pintar berenang, kalau anda takut, ayo kesana bersama. Gendong aku melewati sungai, sampai disana, aku akan naik pohon pisang ititu, kamu tunggu dibawah pohonnya. kalau dapat 3 pisang, kamu satu aku dua". </br>Singkat cerita, berjalanlah mereka berdua melewati sungai cengceng, I lutung digendong di punggung I kakua. Perjalanan I Kakua mengikuti arus, mungkin karena ia pintar berenang. I Lutung sambil senyumsenyum duduk di atas punggung I Kakua. Segera sampai disana, kemudian jalan bersama dan mulai terlihat pondok. pondok itu adalah pondok milih I Kakek Perodong disana lalu I lutung melempar lihat mengawasi I Kakek Perodong. </br></br>Di kira I Lutung pondok itu sepi tidak ada orang, segera iya naik ke pohon pisang yang sedang berbuah matang. I Kakua menunggu dibawah pohon pisang. </br></br>singkat cerita I Lutung mengambil pisang yang matang dua buah, ia makan keduanya. I Kakua diberikan hanya kulitnya. Lama Kelamaan I Kakua kesal karena I Lutung tidak menepati janji. Ia hanya mendapat kulit pisang. Sedang asyiknya iya makan pisang, kemudian datang I Kaki Peroding membawa tombak runcing dan berkata, "Bah, ini dia I Lutung makan pisangnya, sekarang akan dibunuh!". I Kakua sembunyi dibawah pohon pisangnya, Kakek Perodong berjalan perlahan mengintip I Lutung. </br></br>I Lutung terlanjur senang memakan pisang enak, tidak tahu datangnya bahaya, asyiknya memakan pisang di pohonnya. Sedang asyiknya iya makan pisang, kemudian dia ditombak oleh I Kakek Perodong tepat di lambungnya. I lutung jatuh ke tanah dan mati. Mayatnya diseret ke pondok oleh I Kakek. </br></br>Begitulah upah orang yang suka memaling dan membohongi teman.g yang suka memaling dan membohongi teman.)
  • Paplajahan Ané Bakatang Tiang Uli Bali  + (Ada banyak alasan bagi orang-orang untuk mAda banyak alasan bagi orang-orang untuk mengunjungi Bali. Tapi bagi saya, pulau ini istimewa karena pulau ini sudah saya anggap seperti rumah saya sendiri yang sudah saya tinggali selama kurang lebih 3 tahun terakhir. Bali telah mengajari saya beberapa pelajaran penting yang akan saya ingat untuk membersamai saya di tahap kehidupan selanjutnya.</br></br>Pelajaran penting yang saya pelajari dari Bali adalah bahwa setiap tempat memberi setiap orang kesempatan untuk berkembang. Kita hanya perlu keberanian untuk mengatakan ya! </br></br>Bali juga telah memberikan setiap orang kesempatan untuk menjelajahi alam terbuka (baik di pegunungan atau di lautan), dan memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan keahlian baru, menjalin pertemanan baru, atau mengembangkan kecintaan mereka pada alam. Baru-baru ini, saya mendapatkan keberanian dan tekad untuk bergabung menjadi Penyelam Perairan Terbuka (Open Water Diver) bersertifikat.</br></br>Pengalaman ini sangat bermanfaat bagi saya, bahkan ketika saya berhasil mendorong diri saya untuk keluar dari zona nyaman, persahabatan saya pun tumbuh dengan baik bersama dengan orang-orang yang ikut berlatih bersama saya dan pelatihan ini membuka mata saya terhadap keindahan kehidupan dunia bawah laut. Dengan kesempatan ini, saya menyadari betapa mendesaknya masalah memutihnya terumbu karang dan penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, yang membuat sekarang saya lebih bertekad untuk menjadi bagian dari solusi atas permasalahan tersebut. Dari sini, saya akan bergabung dengan proyek restorasi terumbu karang di Desa Les karena saya meyakini bahwa sekecil apapun kontribusi kita, setiap tindakan akan membuat perbedaan. Kita harus memikirkan dampak secara global dengan mengambil tindakan secara lokal.</br></br>Orang Bali membuka pulau mereka untuk kita semua, orang asing dan orang Indonesia sehingga kita dapat merasakan keindahan pulau itu. Namun sangat penting bagi kita untuk tidak menerimanya begitu saja. Saya menyadari bahwa masyarakat yang sangat bergantung pada pariwisata pasti akan menghadapi risiko, oleh karena itu penting bagi setiap orang yang berkunjung ke Bali untuk menghormati adat dan tradisi di Bali. Seperti yang kita harapkan ketika ada orang asing berkunjung ke rumah kita. </br></br>Sayangnya per 25 Maret 2023, ada 76 orang asing yang telah dideportasi dari Bali karena alasan seputar visa overstay (tinggal melebihi jangka waktu yang ditetapkan di visa) hingga melakukan tindak kejahatan. Meski persentasenya kecil dibandingkan jumlah wisatawan yang berkunjung dengan baik, namun di era digital ini, aksi mereka menjadi lebih cepat viral dan dapat merusak citra Bali. Meskipun Bali terkenal dengan pariwisatanya karena keindahan, kebaikan, dan kemudahannya, saya percaya bahwa aturan harus ditegakkan untuk menjaga kualitas pariwisata yang ditawarkan pulau ini.</br></br>Selain itu, selama berada di sini, saya menyadari bahwa penting untuk melakukan diversifikasi dan tidak menaruh semua telur kita di keranjang yang sama (pepatah yang berarti jangan hanya berharap pada satu hal saja). Namun memang selama pandemi, pariwisata sempat terhenti yang memukul masyarakat dan ekonomi lokal secara dramatis. Oleh karena itu, orang Bali telah beradaptasi untuk mendiversifikasi jenis pekerjaan mereka seperti bertani, mendirikan usaha kecil atau menangkap ikan. </br></br>Pelajaran yang saya dapatkan dari Bali selama ini akan saya teruskan di masa depan, karena Bali telah menunjukkan kepada saya bahwa mencoba berbagai peluang baru akan membantu kita untuk terus tumbuh dan beradaptasi dengan dunia yang terus berubah.</br></br>Saya akan terus belajar lebih banyak dari Bali dan saya berterima kasih atas semua kesempatan dan pengalaman yang saya dapatkan.empatan dan pengalaman yang saya dapatkan.)