UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Penerapan pola pertanian organik berkelanjutan". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • covid 19 education  + (Pendidikan covid 19)
  • Bengkel Energi  + (Pendidikan dengan pemberian edukasi bagi anak-anak dan juga masyarakat serta belajar merancang alat sederhana (prototype) sebagai bahan ajar tentang EBT (Energi Baru Terbarukan))
  • Education during the COVID-19 pandemic  + (Pendidikan di masa covid 19)
  • Education during the covid-19 pandemic  + (Pendidikan di masa pandemic covid 19)
  • Education in the midst of the covid-19 pandemic  + (Pendidikan di tengah pandemi covid-19)
  • Harmoni Parahyangan  + (Pendidikan lingkungan hidup dengan melaksanakan edukasi pemilahan sampah dan pembentukan bank sampah)
  • Parents Experience in Giving Sex Education to Adolescents in North Kuta  + (Pendidikan seksual merupakan pemikiran penPendidikan seksual merupakan pemikiran penting yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah terjadinya seks bebas dan dampaknya pada remaja. Hal ini dimungkinkan karena keluarga adalah tempat pendidikan pertama, tetapi tampaknya kurang dipraktikkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada remaja. Kami menggunakan pendekatan interpretatif fenomenologi dalam penelitian ini. Kami mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan sepuluh orang tua. Kami menemukan lima tema: (1) persepsi yang baik tentang pendidikan seksual, (2) pendidikan seksual yang disampaikan dengan bantuan media sosial, (3) topiknya adalah seks bebas, (4) sulit untuk memulai karena tabu dan malu, (5) perlu dukungan dari petugas kesehatan. Studi tersebut mengungkapkan bahwa pendidikan seksual masih terbatas dan perlu ditingkatkan. Sangat penting bagi orang tua Indonesia untuk menjadi lebih terinformasi dan terampil, sehingga mereka dapat terlibat dalam pendidikan seksual remaja mulai dari keluarga mereka.seksual remaja mulai dari keluarga mereka.)
  • Tantangan pemuda dalam pemilu  + (Penduduk dengan rentang usia 17, 18, dan 1Penduduk dengan rentang usia 17, 18, dan 19 tahun dianggap menjadi kelompok yang paling tidak siap menghadapi gelaran pemilihan umum. Fase kehidupan yang masih berkutat pada masa sekolah membuat mereka tidak peduli dengan dunia politik.</br>Pemuda di Indonesia menghadapi beberapa masalah dalam pemilu, di antaranya adalah Hoaks, disinformasi dan misinformasi hingga kekecewaan yang disebabkan oleh presiden sebelumnya sehingga membuat ketertarikan pemuda menurun untuk mengikuti pemilu. Banyaknya persebaran hoaks, disinformasi, dan misinformasi menjadi permasalahan besar di kalangan para pemilih muda. Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan Meningkatkan literasi digital dan pendidikan politik bagi masyarakat, Membentuk tata kelola yang dapat menangani konten negatif, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Meningkatkan kerja sama di antara organisasi-organisasi berita, Meningkatkan prebunking. Prebunking adalah strategi yang memperlihatkan taktik dan tipu muslihat informasi yang nyeleneh sebelum tersebar luas di media sosial.</br>Saya secara pribadi merasa tidak terlalu tertarik untuk mengikuti fase pemilu maupun tertarik dengan kandidat-kandidat yang ada dalam pemilihan.Di karenakan saya sendiri tidak Merasakan adanya perubahan yang signifikan terhadap pergantian pemimpin yang selama ini saya alami, Seperti pemerataan pembangunan infrastruktur dan mengentaskan pengangguran.Di makassar sendiri pembangunan infrastruktur yang kasat mata menurut saya hanya jalan tol layang yang cuman membentang 4,3 kilometer (Di dalam kota makassar).dan mengentaskan pengganguran dilaksanakan dengan cara meluncurkan program 'Katru Pra Kerja' yang memberikan bantuan pengembangan kompetensi dan kewirausahaan. Program ini telah di nilai tidak efektif karena tidak memetakan pekerjaan yang sesuai di harapkan.Tetapi, Melihat salah satu kandidat calon presiden yang berjanji seluruh mineral mentah seperti nikel dan bauskit bakal diolah di indonesia alias di larang diekspor. Itu menurut saya membuka kesempatan untuk kami (Gen Z) Untuk mamajukan perekonomian indonesia kedepannya.</br>Populasi pemilih muda diprediksi bakal mencapai sekitar 60% dari total pemilih pada Pemilu 2024.Maka dari itu para pemuda harus lebih berhati-hati dengan informasi yang mereka dapatkan. Dan juga para kandidat harus lebih memerhatikan janji yang mereka berikan.ih memerhatikan janji yang mereka berikan.)
  • illegal logging  + (Penebangan liar merupakan Penebangan pohonPenebangan liar merupakan Penebangan pohon di kawasan hutan yang dilakukan tanpa izin dan menyalahi norma serta kaidah hukum yang berlaku, sehingga hutan akan kehilangan fungsi pokok sebagai paru-paru dunia.Contohnya kasus yg terdapat di bali Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jembrana membawa serta puluhan bahkan ratusan kubik berbagai macam kayu dengan ukuran yang sangat besar. Banyak warga termasuk bupati Jembrana kemudian menduga kerusakan hutan yang ada di hulu sungai menjadi penyebab perahnya kerusakan akibat banjir yang di sebabkan oleh hutan dibali gundul karna banyak terjadinya penebangan liar atau kebakaran liar.Angka deforestasi yang tinggi setiap tahun akan mengakibatkan hilangnya lahan hutan dalam jumlah besar sehingga dapat memberikan dampak negatif bagi keberlangsungan lingkungan hidup manusia di Bali.</br></br>YANG SAYA HARAPKAN ADALAH harusnya lebih banyak manusia sadar akan pentingnya lingkungan di sekitar,karna hanya mereka lah yang dapat merawat lingkungan yang mereka tempati sendiri.Dan sebaiknya menyadarkan orang orang untuk peduli dengan hutan karna hutan itu paru paru dunia.gan hutan karna hutan itu paru paru dunia.)
  • Human Development Index, Liquidity Risk, Credit Risk and Financial Performance of Rural Credit Institutions in Bali  + (Penelitian bertujuan untuk menganalisis pePenelitian bertujuan untuk menganalisis peran strategis lembaga perkreditan desa (LPD) dalam mewujudkan kemandirian masyarakat. Penelitian menggunakan variabel indeks pembangunan manusia, rasio pinjaman terhadap simpanan, rasio kualitas aktiva produktif untuk melihat pengaruhnya terhadap kinerja keuangan LPD yang diukur dengan return on Asset. Sampel penelitian adalah 305 unit kinerja keuangan LPD. Hasil penelitian menunjukkan nilai aset berdampak positif terhadap instabilitas LPD. Risiko kredit dan risiko likuiditas berdampak negatif terhadap instabilitas LPD. Semakin tinggi Indeks Pembangunan Manusia maka perkembangan LPD semakin positif dilihat dari total nilai aset yang dikelola.lihat dari total nilai aset yang dikelola.)
  • Luh Ayu Manik Mas as a Representation of Female Balinese Superhero in Comics  + (Penelitian ini berangkat dari minimnya penPenelitian ini berangkat dari minimnya penggambaran karakter beridentitas Indonesia dan maraknya marjinalisasi karakter perempuan dalam komik superhero. Salah satu komik yang mewujudkan tradisi budaya dan kearifan lokal Indonesia adalah Luh Ayu Manik Mas, yang menampilkan kebudayaan Bali. Tulisan ini membahas bagaimana Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang terwujud dalam karakternya sebagai superhero. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis isi terhadap empat edisi komik Luh Ayu Manik Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luh Ayu Manik Mas ditampilkan memanifestasi identitas lokal melalui sumber kekuatan, yang dinamakan dengan gelang Tri Datu, dan kepercayaannya pada Tri Hita Karana. Tri Datu diyakini sebagai sumber kekuatan hidup, sedangkan Tri Hita Karana diyakini sebagai prinsip hidup yang menjamin keharmonisan dalam setiap aspek kehidupan. Agama dan Budaya merupakan hal yang berbeda. Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan superhero perempuan Bali yang dimuliakan oleh ajaran agama Hindu (sebagai agama dominan di Bali), ketika budaya Bali masih tunduk pada sistem patriarki.a Bali masih tunduk pada sistem patriarki.)
  • The Meaning of Verb ‘Destroy’ in the Balinese Language: A Natural Semantic Meta Language Approach  + (Penelitian ini berfokus pada analisa leksiPenelitian ini berfokus pada analisa leksikon dari kata kerja ‘destroy’ pada Bahasa Bali. Data penelitian ini diambil dari sejumlah kata dalam Bahasa Bali yang memiliki kesamaan lingkup makna dengan kata ‘destroy.’ Setelah terkumpul, data kemudian dianalisa berdasarkan entitas, kelengkapan, prilaku yang berkaitan dengan leksikon dari sebuah kata kerja ‘destroy.’ Kemudian, temuan penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisa, keragaman kata dalam bahasa Bali yang memiliki makna serupa dengan kata kerja ‘destroy’ adalah Ngencakin, Ngremukin, Nguwugang, Menyahin, Nglidekin, Ngededekang, Ngeregreg, Nyakcakin, Nyetset, Mesbes, Ngincuk, dan Ngenyagin. Seluruh kata dimaksud memiliki ranah arti yang sama namun dapat berbeda maknanya tergantung pada konteks penggunaannya.nya tergantung pada konteks penggunaannya.)
  • Tolerant Life in the Islamic Village of Kepaon Bali in the Perspective of Tri Hita Karana as a Source of Social Studies Learning in SMP/MTs  + (Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejarah Kampung Islam Kepaon Bali, struktur kearifan lokal kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Keapon Bali, kearifan lokal kehidupan bertoleransi antar umat beragama di Kepaon Bali dalam perspektif Trihita Karana, dan nilai-nilai kearifan lokal kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Kepaon Bali bisa digunakan sebagai Sumber Belajar IPS. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan metode pendekatan dan metode penelitian, serta teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi literatur, selanjutnya subjek dan lokasi penelitian terdiri dari lokasi penelitian, tahap-tahap penelitian, dan terakhir teknis analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampung Islam Kepaon merupakan pemukiman muslim yang beretnis Bugis dan keberadaanya di pusat Kota Denpasar, umat muslim bugis Kampung Islam Kepaon memiliki hubungan historis yang sanga erat dengan kerajaan Badung. Kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Kepaon dalam perspektif keajegan Trihita Karana terbagi menjadi tiga bagian yaitu tradisi Ngejot, tradisi Magibung, dan tradisi tari Rodat. Hasil penelitian ini dapat sebagai sumber belajar IPS di SMP/MTs karena memiliki nilai-nilai karakter seperti nilai religius, nilai toleransi, nilai kesatuan, nilai solidaritas, nilai patriotism, nilai sialturahmi dan persaudaraan, serta nilai peduli. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan berguna bagi sumber belajar IPS di SMP/MTs.erguna bagi sumber belajar IPS di SMP/MTs.)
  • Office Appointment Transformation Policy and its Urgency for the Government of Bali Province  + (Penelitian ini bertujuan menganalisis urgePenelitian ini bertujuan menganalisis urgensi pelaksanaan penyederhanaan birokrasi melalui transformasi jabatan terhadap efektifitas penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, khususnya di Pemerintah Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memperoleh diskripsi atas suatu fenomena, sehingga mendorong pemahaman mendalam atas substansi dari fenomena tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi pustaka terhadap kebijakan penyederhanaan birokrasi. Penyederhanaan birokrasi melalui transformasi jabatan merupakan salah satu upaya yang positif pada era disrupsi ini dalam memperbaiki kinerja birokrasi di Indonesia, namun harus direncanakan serta disusun secara matang dan tidak dilakukan terburu-buru tanpa konsep yang jelas. Dalam pembentukan budaya yang agile, diperlukan pemimpin yang berorientasi pada kreativitas dan inovasi menekankan pentingnya performa yang adaptif dan responsif, serta fokus pada kolaborasi tim dan pendelegasian otonomi. kolaborasi tim dan pendelegasian otonomi.)
  • Establishing Social Reharmonization between the Balinese Hindu Diaspora and Sasak Moslem in Post-Conflict in Mataram  + (Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kPenelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian revitalisasi ikatan kuosidian sebagai medium membangun reharmoni sosial antara komunitas diaspora Bali-Hindu dan Sasak-Muslim </br>di Kota Mataram. Revitalisasi ini dilakukan pasca-konflik antar kedua komunitas etnis pada beberapa lokasi. Fenomena tersebut berkaitan dengan representasi nilai-nilai luhur kearifan lokal yang dibangun oleh para leluhur kedua kelompok etnis tersebut dalam rangka mewujudkan komunikasi dan interaksi yang mutualistik. Penelitian ini dirancang dalam jenis deskriptif interpretatif dalam rangka untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap fokus penelitian. Penelitian ini menghasilkan inovasi yang berkaitan dengan implementasi ikatan kuosidian, khususnya melalui revitalisasi ikatan kuosidian berbasis kesadaran individu dan kolektif, penguatan ikatan multikultural antarkedua komunitas etnis, pemberdayaan nilai-nilai kearifan lokal yang melibatkan peran serta kelompok etnis yang berbeda, dan kontestasi modal kultural dalam pelaksanaan adat dan praktik beragama. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah membangun kesadaran kultural melalui sikap-sikap yang saling mengakui dan menerima perbedaan.ng saling mengakui dan menerima perbedaan.)
  • Potential of Tri Eka Buana Village as an Arak Tourism Village through the Creative Tourism Concept in Karangasem Regency  + (Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi desa Tri Eka Buana sebagai daerah tujuan wisata penghasil Arak melalui penerapan wisata kreatif dalam hal kegiatan wisata atau tempat penghasil Arak. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dan penelitian lapangan untuk mengetahui potensi Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif. Kami mengidentifikasi potensi desa Tri Eka Buana dan kemudian menggali kontribusi masyarakat setempat untuk mengembangkan desa tersebut sebagai destinasi wisata kreatif. Kami juga menilai persepsi tokoh masyarakat dan masyarakat yang berperan dalam pengembangan kegiatan pariwisata di desa Tri Eka Buana. Pada tahap pertama hasilnya, potensi Desa Tri Eka Buana sangat mendukung dalam pengembangan sebagai destinasi wisata kreatif bercirikan Desa Arak. Hal ini didukung dengan lingkungan alam dan sosial budaya yang masih terjaga dengan baik di era globalisasi. Hasil tahap kedua tentang kontribusi masyarakat setempat dalam mendukung desa Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala desa, petani Arak, dan pemilik produksi Arak. Investigasi ini mengidentifikasi peran seluruh lapisan masyarakat dalam mengembangkan desa Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif. Hasil lain menunjukkan bahwa tidak hanya peran masyarakat lokal tetapi juga peran pemerintah daerah diperlukan untuk pembangunan dan keberlanjutan.lukan untuk pembangunan dan keberlanjutan.)
  • Tourism policy, Purusa culture, and Gender Inequality in Absorbing Women's Employment  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebijakan pariwisata, gender, dan budaya purusa dalam penyediaan tenaga kerja lokal, mengkaji kebijakan pariwisata berbasis gender, membandingkan teori-teori seperti supremasi hukum, teori kesejahteraan negara, teori hak asasi manusia, teori demokrasi. ekonomi, dan teori pemberdayaan pariwisata. Juga mengadopsi model Pemberdayaan Penduduk Boley & McGehee melalui Tourism Scale (RETS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil analisis interpretatif sistematik menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja perempuan diekspresikan sebagai produk kekuatan struktural dan kultural, dan kondisi domestik di sekitar peran perempuan, oleh karena itu diperlukan kombinasi analisis material dan diskursif untuk mengkaji relasi sosial budaya dari kebijakan produksi pariwisata, respon terhadap kesenjangan gender di tengah budaya purusa. Sertifikat kompetensi tenaga kerja yang memenuhi kriteria ACCSTP (ASEAN Common Competency Standards for Tourism Professionals) merupakan alternatif preventif bagi perempuan untuk dapat membidik pekerjaan di sektor publik dan kesiapan negara-negara anggota ASEAN.blik dan kesiapan negara-negara anggota ASEAN.)
  • The Effectiveness of Online English Learning Activities in Rural Area: A Case Study  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pembelajaran bahasa Inggris daring di pedesaan Bali melalui studi kasus Desa Timpag, Kabupaten Tabanan, Bali. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi penurunan antusiasme siswa terkait pembelajaran daring. : Hasil yang diperoleh adalah adanya kecenderungan menurunnya kegiatan belajar mengajar di Desa Timpag dikarenakan materi pembelajaran yang kurang interaktif dan kurangnya interaksi antara orang tua dan guru dalam memantau kegiatan belajar siswa di rumah. Solusi yang diberikan adalah meningkatkan koordinasi antara orang tua dan guru serta meningkatkan kualitas materi yang akan diberikan.atkan kualitas materi yang akan diberikan.)
  • Destination Attributes, Perceived Risk, Trust, and Intentions to Visit Nusa Penida Island, Klungkung, Bali during the Covid-19 Pandemic  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan dan kepercayaan wisatawan dalam mempengaruhi niat perilaku wisatawan berkunjung ke Pulau Nusa Penida Klungkung Bali selama masa Covid-19. Teori perilaku konsumen digunakan dengan beberapa konsep yaitu konsep atribut destinasi, kepercayaan, persepsi risiko, dan niat perilaku wisatawan. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Nusa Penida. Data dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan wisatawan untuk berkunjung kembali. Kepercayaan wisatawan berpengaruh positif signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Pemahaman risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan wisatawan dan niat berkunjung kembali. Penelitian ini menemukan bahwa wisatawan yang melakukan perjalanan tidak mau mengambil resiko dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disarankan untuk meningkatkan peran kepercayaan dalam memediasi hubungan antara persepsi risiko dan niat berkunjung kembali.rsepsi risiko dan niat berkunjung kembali.)
  • The Legal Protection of the Customary Law Community Unit in a Local-wisdom based Tourism Management System  + (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai dinamika perlindungan hukum masyarakat hukum adat di Provinsi Bali, eksistensi masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata, sistem bagi hasil dalam pengelolaan yang adil bagi masyarakat hukum adat dan juga bagi kepentingan pemerintah daerah. Jenis penelitian hukum empiris yang mendeskripsikan dan menganalisa dinamika perlindungan hukum tehadap kesatuan masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap kesatuan masyarakat hukum adat di Provinsi Bali dalam pengelolaan kawasan wisata hanya dapat dilakukan melalui pengakuan terhadap hak dan kewajibannya. Eksistensi kesatuan masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata mempunyai hukum pengelolaan kawasan wisata yang dituangkan dalam peraturan daerah Provinsi Bali yaitu Perda No. 2 Tahun 2012 dan awig-awig desa adat yang mengatur wilayah (wewidangan) desa adat setempat. Pengelolaan yang adil dilakukan dengan mengintegrasikan konsep-konsep pengelolaan yang disepakati. Pemerintah Daerah Provinsi Bali wajib tetap memberikan ruang pengakuan desa adat sebagai wujud perlindungan hukum pengelolaan kawasan pariwisata.ngan hukum pengelolaan kawasan pariwisata.)
  • Inheritance to Balinese People Regarding Heirs Who Change Religion  + (Penelitian ini bertujuan untuk menggali daPenelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganlisis tentang kedudukan ahli waris yang beralih agama dalam hal hak dan ke wajibannya baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat adat serta akibat hukum yang timbul terkait ahli waris yang beralih agama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, dengan pendekatan non doktrinal (socio legal reseach). Data digali dengan metode wawancara, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ahli waris yang beralih agama tidak lagi berkedudukan ahli waris. Akibatnya ahli waris yang bersangkutan gugur hak warisnya dari orang tuanya. Gugurnya hak mewaris berakibat tidak ada kewajiban -ke wajiban yang harus dipikulnya baik kewajiban terhadap keluarga maupun terhadap masyarak at adat. Ahli waris yang beralih agama dikaji dari teorinya Lawrence M. Friedman tentang sistem hukum terdiri dari tiga unsur yaitu struktur hukum, substansi hukum dan budaya hukum, dimana dari ketiga unsur itu tidak mengalami perkembangan. Dengan demikian hukum adat waris Bali masih dipertahankan secara utuh.aris Bali masih dipertahankan secara utuh.)
  • A Conceptual Model of Cultural-based English Learning for Elementary Schools in Bali  + (Penelitian ini dirancang untuk menciptakanPenelitian ini dirancang untuk menciptakan suatu model pembelajaran Bahasa Inggris</br>yang berbasis budaya di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian yang lebih besar yang menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) yang di tahun pertama bertujuan untuk menciptakan model konseptual tentang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan populasi sekolah dasar yang ada di Bali dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik multi-stage sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, analisis dokumen dan dilengkapi dengan wawancara dan ditriangulasi dengan menggunakan expert judgement. Hasil analisis data adalah dihasilkannya model konseptual pembelajaran Bahasa Inggris yang berisi tentang standar kompetensi Bahasa Inggris sekolah dasar, kompetensi dasar, tema/materi yang harus diajarkan untuk mencapai kompetensi, pendekatan, metode/strategi, dan assessmen yang digunakan untuk menilai kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Model konseptual ini akan menjadi dasar pengembangkan modul dan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar yang akan dikerjakan di tahun kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.n kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.)
  • The Color Trend of Residential Houses in Denpasar City as Sociopsychological Reflection of the Covid-19 Pandemic  + (Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kondisi psikologis masyarakat di Kota Denpasar, dilihat dari fenomena tren pemilihan cat warna untuk rumah tinggal pada masa pandemi Covid-19. Survei dilakukan pada 12 toko cat dan bangunan yang tersebar di wilayah Kota Denpasar. Metode yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan penyajian deskriptif. Hasil dari penggalian data dikaji menggunakan teori psikologi warna. Berdasarkan hasil kajian, menunjukkan bahwa pemilihan warna putih dan warna-warna cerah, berimplikasi pada keinginan masyarakat untuk menciptakan kondisi damai, tenang, bersih dan menyenangkan pada rumah tinggal di masa pandemi Covid-19.Pemilihan warna secara implisit menunjukkan pengharapan pada diri masyarakat Kota Denpasar. Pengharapan untuk masa depan yang lebih baik, yang sempat mengguncang banyak sektor kehidupan selama masa pandemi Covid-19.or kehidupan selama masa pandemi Covid-19.)
  • Geguritan Cokli: Analysis of Sociological Literature  + (Penelitian terhadap Geguritan cokli mengguPenelitian terhadap Geguritan cokli menggunakan analisis sosiologi sastra. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendeketan kialitatif. Pengumpulan data menggunakan metode membaca, menerjemahkan dan menyimak teks Geguritan Cokli. Metode analisis, dilakukan dengan cara dekriptif-kualitatif dengan menggunakan tahapan kerja teori sosiologi sastra dan dipadukan dengan teori struktur. Hasil analisis disajikan secara sistematis dan terstruktur. Hasil penelitian ini memberikan jawaban bahwa keberadaan sebuah karya sastra bisa menjadi cerminan keadaan masyarakat saat itu, walaupun ada beberapa hal yang terkadang sudah tidak relevan lagi dipergunakan.ang sudah tidak relevan lagi dipergunakan.)
  • Mendongeng Lima Menit  + (Penemuan teknologi modern yang serbacanggiPenemuan teknologi modern yang serbacanggih, efektif, efisien dan praktis sangat mempengaruhi pola hidup manusia. Masyarakat hidup dalam situasi dan suasana bersaing dan berpacu dengan waktu. Hal ini dikhawatirkan mengancam tradisi mendongeng. </br></br>Namun, pendongeng dari Bali, Made Taro, melakukan terobosan dengan mengemas dongeng-dongeng itu menjadi lebih pendek, cukup dibaca hanya lima menit, tetapi tanpa kehilangan esensi cerita dan maknanya. Ini semacam model baru mendongeng di tengah keengganan anak-anak membaca panjang.ngah keengganan anak-anak membaca panjang.)
  • my experience about education in the midst of the covid 19 pandemic (complaining)  + (pengalamanku tentang pendidikan di tengah pandemi covid 19 (keluh kesah))
  • Masalah mendesak pemerintah tentang pengangguran  + (Pengangguran dibali yang telah mencapai riPengangguran dibali yang telah mencapai ribuan orang. Merupakan suatu masalah yang mendesak yang harus segera dipecahkan karena dampak pengangguran itu akan sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan sosial adalah fakta bahwa berbagai kejahatan social seperti pencurian/penodongan/perampokan, pelacuran, jual beli anak, anak jalanan dan lain-lain merupakan dampak dari pengangguran. Di lihat dari dampaknya yang luas terhadap tatanan kehidupan sosial, pengangguran telah menjadi kuman penyakit sosial yang relatif cepat menyebar, </br></br>Salah satu penyebab utama tingginya tingkat pengangguran di Indonesia adalah ketidakseimbangan antara pertumbuhan jumlah tenaga kerja dan lapangan pekerjaan yang terbatas. Yang menjadi penyebab pengangguran di Indonesia bukan hanya kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya permintaan pasar. Melainkan penyebab pengangguran di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan, keterampilan, dan keinginan belajar para pencari pekerjaan.</br></br>Unggulnya Bali dalam pariwisata dikarenakan potensi pariwisata yang telah dimiliki seperti terdapatnya objek wisata di setiap kabupaten/kota nya. Selain objek wisata, budaya yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun mancanegara.agi wisatawan domestic maupun mancanegara.)
  • Rumah Plastik  + (Pengelolaan sampah dan daur ulang sampah plastik)
  • Yayasan Temesi  + (Pengelolaan sampah organik (Komposting) dan pengelolaan sampah non organik (Bank Sampah))
  • Rumah Kompos Padang Tegal  + (Pengelolaan sampah skala kawasan)
  • Literature Increasing the Access of SMEs to Credit in Vietnam  + (Pengembangan sektor swasta di Asia TenggarPengembangan sektor swasta di Asia Tenggara sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan pembangunan di negara kawasan ASEAN. Masuknya startup, serta usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah, telah menarik perhatian banyak investor global dan pemodal ventura. Hal ini akan membantu negara berkembang dan memiliki dampak positif seperti mengurangi kemiskinan dan meningkatkan lapangan kerja. Namun, masih banyak UKM yang tidak dapat berkembang dan tumbuh karena ketidakmampuan mereka untuk mengakses pembiayaan dari bank. Penelitian ini berfokus pada alasan yang mendasari mengapa beberapa UKM tidak memiliki akses ke pembiayaan khusus di Vietnam. Penelitian yang saya tulis mengidentifikasi tiga alasan mendasar mengapa ada kurangnya akses ke keuangan dan kredit di Vietnam; nepotisme dalam industri perbankan, peran gender dan iklim usaha yang tidak bersahabat untuk UKM.lim usaha yang tidak bersahabat untuk UKM.)
  • PEMILIHAN PEMIMPIN YANG BERKUALITAS  + (Pengetahuan itu seharusnya dihargai dan diPengetahuan itu seharusnya dihargai dan diterapkan dengan baik untuk membawa kemajuan pada daerah tersebut. Pelaksanaannya harus menghormati pengetahuan yang sesuai, yang pasti, yang berakar pada sejarah yang tepat, dan yang berkontribusi pada perkembangan yang juga bermanfaat.</br></br>Pentingnya hal ini adalah untuk memilih para pemimpin yang berkualitas atau calon yang tepat, yang dapat memberikan arah pada perubahan yang diperlukan dalam kehidupan masyarakat. Hal ini penting dalam daerah tersebut, di mana pelaksanaannya harus mengenali dan menghormati calon pemimpin yang sudah ada.</br></br>Selain itu, pengetahuan harus dijalankan dan diterapkan secara adil. Dengan adanya tata krama dan kebijaksanaan yang bijaksana, pengetahuan yang terkait dengan demokrasi harus menjadi landasan yang diinginkan."i harus menjadi landasan yang diinginkan.")
  • The Position of Hindu Women in the Book of Sarasamusccaya (Study of Hindu Ethics)  + (Pengetahuan mengenai kedudukan perempuan dPengetahuan mengenai kedudukan perempuan dalam masyarakat terus menjadi perhatian khusus, khususnya bagi peneliti sosial, karena secara umum kedudukan perempuan dalam masyarakat dapat dilihat sebagai bias mengetahui maju mundurnya masyarakat. Pengetahuan tentang kedudukan perempuan khususnya dalam Masyarakat Hindu, memberikan penjelasan yang sangat menarik. Dalam diskusi yang telah dilakukan, pengetahuan kita tentang perempuan dan posisi perempuan atau sikap masyarakat terhadap wanita masih sangat sedikit yang kita ketahui. Namun mengingat persoalan posisi perempuan dalam masyarakat, hal tersebut memang merupakan hal-hal yang memberikan cerminan terhadap posisi kemajuan dalam masyarakat. Tentang interpretasi secara kontekstual bahwa teks Sarasamuccaya terang-terangan mendiskriminasi perempuan sebagai benda yang memang harus dijauhkan dari laki-laki, namun ini adalah wacana atau nasehat yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin yang patut diteladani sebagaimana dijelaskan dalam konsep trilogi kepemimpinan Hindu yang dikenal dengan sebutan sung tuladha, ing madya mangun karso lan tut wuri handayani artinya pemimpin harus menjadi mediator dan motivator bagi bawahan dan orang-orangnya. Bahwa jika Anda ingin sukses, maka bertahanlah, jauhi wanita, yang dimaksud disini, jauhi wanita yang bukan miliknya karena di ikatan antara laki-laki dan perempuan haruslah suatu hubungan yang sah karena ikatan ini akan terjalin dalam sebuah pernikahan yang hakikatnya sakral atau sakral.ikahan yang hakikatnya sakral atau sakral.)
  • Menang Lomba, Kulit Selem.  + (Penggemar layang-layang mana nih? Udah tau belom, kalau tahun ini lomba layang-layang juga ikut memeriahkan HUT RI ke-77 loh! Beda ya sama tahun-tahun sebelumnya)
  • Biofoam Kaanggen Pangentos Styrofoam ring Kantin Sekolahok  + (Penggunaan Styrofoam di kantin sekolah sanPenggunaan Styrofoam di kantin sekolah sangatlah berdampak buruk bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia. Styrofoam termasuk salah satu sampah yang tidak dapat diuraikan yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Penggunaan biofoam merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan Styrofoam. Karena sifatnya yang bias terurai, menyebabkan biofoam ini menjadi alternative yang paling efektif untuk menjaga lingkungan.g paling efektif untuk menjaga lingkungan.)
  • The RAN : Pengolahan sampah dedauan menjadi media tanam Andam (Galery Vinca Loverz)  + (Pengolahan sampah dedauan menjadi media taPengolahan sampah dedauan menjadi media tanam Andam </br></br>Seiring dengan kepadatan penduduk persoalan sampah belum mampu diatasi dengan baik. Sampah-sampah yang menumpuk sudah bisa dikatakan lingkungan kita tercemar. Berbagai jenis sampah mulai dari plastik, kertas, hingga sampah dedaunan yang belum mampu ditangani dengan baik.</br></br>Berbagai cara dan keilmuan dicoba untuk meminimalisir penumpukan sampah seperti yang dilakukan dalan vidio ini</br>"Pengolahan sampah dedauan menjadi media tanam Andam yang bernilai jual"jadi media tanam Andam yang bernilai jual")
  • Literature Penerimaan Pengungsi di Indonesia  + (Pengungsi adalah orang atau sekelompok orPengungsi adalah orang atau sekelompok orang yang dikarenakan oleh ketakutan yang beralasan akan penganiayaan, disebabkan oleh alasan ras, agama, kebangsaan, keanggotaan dalam kelompok sosial dan partai politik tertentu, berada diluar negara kebangsaannya dan tidak menginginkan perlindungan dari negara tersebut. Karena itu, perlindungan dan bantuan kepada mereka menjadi tanggung jawab komunitas internasional. Seperti halnya yang terjadi pada warganegara Ukraina atas peperangan melawan Rusia.</br> Hal-hal yang saya lakukan apabila lingkungan saya dijadikan tempat pengungsi yaitu menerima pengungsi dengan senang hati tanpa penolakan. Hal ini dilakukan karena para pengungsi mempunyai hak-hak dasar seperti hak atas penghidupan yang layak. Hal ini mengingat Perpres No.125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri. Selanjutnya menggalakkan bantuan secara material maupun inmaterial, seperti menyumbangkan sembako, pakaian , obat-obatan, sosialisasi atau mengajak para pengungsi dibawah umur menghilangkan trauma konflik. memberikan pelayanan kesehatan, seperti vaksin covid-19, memberikan bantuan pelayanan pengobatan apabila terjadi sakit dari daerah asal konflik.</br> Membantu para pengungsi karena didasari jiwa kemanusiaan kita sebagai bangsa indonesia yang bersikap netral terhadap siapa saja tanpa memandang ras, agama, kebangsaan. Para pengungsi juga berhak atas kehidupan mereka sebagai manusia damai.</br> Sebagai para pengungsi harus mengetahui syarat izin tinggal untuk tinggal di daerah yang ditempati diantaranya melakukan pelaporan atas tindakan pengungsian pada daerah setempat apakah akan izin menetap ataukah hanya sementara. Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan para pengungsi itu sendiri agar mereka terhindar dari masalah di daerah pengungsian.</br> Bantuan yang saya berikan kepada pengungsi diantaranya bantuan secara material maupun inmaterial, seperti menyumbangkan sembako, pakaian , obat-obatan, sosialisasi atau mengajak para pengungsi dibawah umur untuk menghilangkan trauma konflik.</br> Sebagai negara penerima para pengungsi harus menghormati hak-hak dasar dalam keadaan apapun, baik dalam keadaan damai maupun perang, yaitu hak untuk hidup. Oleh karena itu, pemberian tempat tinggal merupakan tindakan yang harus diterima sebagai tindakan damai dan humaniter dan tidak boleh dipandang sebagai tindakan tidak bersahabat terhadap negara asal pengungsi.9ersahabat terhadap negara asal pengungsi.9)
  • Literature Tindakan Kita Adalah Harapan Mereka  + (Pengungsi adalah seseorang atau sekelompokPengungsi adalah seseorang atau sekelompok orang yang pergi meninggalkan wilayahnya untuk mencari kehidupan yang lebih aman dan nyaman. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pengungsian adalah krisis ekonomi diwilayahnya, adanya perang,konflik dan kekacauan politik diwilayahnya. Contohnya adalah perang antara Rusia dan Ukraina. Berita perang antara Rusia dan Ukraina sempat menggemparkan media massa. Perang ini tentu sangat berdampak bagi negara yang bersangkutan baik dalam segi ekonomi,kesejahteraan sosial, dan keamanan. Badan urusan kemanusiaan PBB melaporkan lebih dari 10 juta warga Ukraina, termasuk lebih dari separuhnya anak anak, telah meninggalkan rumah mereka sejak awal dimulainya serangan Rusia pada 24 Februari lalu. Wakil Koordinator Darurat Urusan Kemanusiaan PBB Joyce Msuya mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 6,5 juta merupakan pengungsi internal dan 3,9 juta telah melintasi perbatasan ke negara negara tetangga</br> Bagaimana jika ada pencari suaka dari Ukraina yang datang dan ingin mengungsi di Indonesia ?Tentunya Indonesia akan menampung para pencari suaka tersebut,bukan karena Indonesia negara pemihak tetapi karena Indonesia bertekad untuk menjunjung tinggi peri-kemanusiaan dan peri-keadilan sebagaimana yang tertulis pada pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 pada alenia pertama yang berbunyi “Bahwa Sesungguhnya Kemerdekaan Itu Ialah Hak Segala Bangsa Dan Oleh Sebab Itu,Maka Penjajahan Diatas Dunia Harus Dihapuskan Karena Tidak Sesuai Dengan Peri-kemanusiaan Dan Peri-keadilan”. </br> Namun tak sedikit orang-orang justru memanfaatkan kesempatan ini dengan berpura pura sebagai pencari suaka untuk tujuan yang negative atau untuk menikmati segala bentuk bantuan dan fasilitas yang disediakan dinegara penerima.Oleh karena itu, UNHCR berperan sebagai badan yang memperoses permohonan dari pencari suaka kemudian mengesahkannya sebagai status pengungsi diIndonesia atas nama Pemerintah Indonesia.</br> Perlu kita ketahui bahwa para pengungsi tersebut datang ke wilayah kita bukanlah kemauan dari mereka melainkan situasi dan keadaan lah yang memaksa mereka untuk pergi dan meninggalkan tanah kelahirannya. Mereka berharap dilingkungan yang baru mereka bisa mendapatkan kehidupan yang layak,keamanan,kenyamanan dan ketentraman. </br> Beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan tujuan mereka adalah ; Tidak melakukan diskriminasi baik karena ras,agama,warna kulit ataupun negara asal. Ingatlah bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan “Bhineka Tunggal Ika”,oleh karena itu kita harus mampu menghargai segala bentuk perbedaan yang ada, mempergunakan fitur fitur pada media sosial dengan baik contohnya dengan memanfaatkan fitur donasi online yang kini hadir melalui platform yang tersedia seperti,Kitabisa.com,Aksi Cepat Tanggap,Indorelawan,WeCare.id dan masih banyak lagi, dengan berdonasi dana semampu kita itu akan cukup dalam memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi sehingga salah satu hak mereka yaitu kesejahteraan sosial dapat tercapai. Hak akan kesejahteraan sosial ini tercantum dalam pasal 20 dan 22 konvensi 1951.</br></br></br> Kesimpulannya adalah kita sebagai warga negara Indonesia harus mampu menjadikan dasar- dasar hukum yang berlaku di Indonesia sebagai pedoman dalam menghadapi permasalahan global contohnya adalah dalam penanganan pengungsi. Kita memang bertekad dalam menjunjung tinggi peri-kemanusiaan dan peri-keadilan sebagaimana berlaku dalam pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 alenia ke-1,hal ini juga menjadi prinsip dasar kita sehingga negara Indonesia menerima para pencari suaka yang datang ke Indonesia namun alangkah baiknya kita tetap waspada dalam memberi bantuan kepada orang asing,oleh karena itu walaupun kita menerima para pencari suaka namun tetap para pencari suaka itu wajib melalui prosedur yang berlaku dinegara penerima sebagai contoh para pencari suaka tetap wajib melalui tahap permohonan Status Pengungsi kepada UNHCR, kewaspadaan ini diperlukan untuk meminimalisir tindak kejahatan yang mungkin terjadi.sir tindak kejahatan yang mungkin terjadi.)
  • Be Wise in Acting Toward Refugees  + (Pengungsi menjadi salah satu isi global yaPengungsi menjadi salah satu isi global yang banyak dibicarakan oleh masyarakat internasional. Permasalahan pengungsi menjadi perhatian khusus dari dunia internasional karena jumlahnya terus meningkat dan telah menjadi isu yang membutuhkan perhatian khusus dari masyarakat internasional. Banyaknya konflik yang berkepanjangan mengakibatkan adanya perpindahan penduduk ke luar negara meraka untuk mencari perlindungan dan sebagian besar pengungsi ini ada yang transit di Indonesia.</br></br>Dilihat dari perspektif Hukum Internasional, sikap negara-negara yang menolak pengungsi masuk ke wilayahnya tersebut sebenarnya dapat dipahami dari sisi kedaulatan negara, bahwa setiap negara boleh menolak atau menerima orang asing masuk ke wilayahnya. Sikap ini juga merupakan langkah preventif sebagai bentuk pertahanan negara dari gangguan asing, di samping upaya untuk melindungi dan menjaga stabilitas ekonomi dan politik negara tersebut. Namun di sisi lain juga ada prinsip Hukum Hak Asasi Manusia yang harus dihormati, seperti prinsip kewajiban negara untuk melindungi setiap orang yang terancam jiwanya dan hak setiap orang untuk mendapat perlindungan kemanusiaan dimana pun ia berada.</br>Sebagai subjek hukum internasional, Indonesia wajib untuk menghormati dan melindungi Hak Asasi Manusia (HAM), sebagaimana dalam Sila ke dua pancasila mengandung nilai universal dan pengakuan bahwa bangsa Indonesia bagian dari umat manusia di dunia ini dan menginginkan kesejahteraan bagi seluruh umat dan bangsa-bangsa lain.</br></br>Nilai dari Pancasila sila ke 2 ini merupakan prinsip – prinsip kemanusiaan, sehingga ketentuan HAM dalam UUD 1945 sudah menjadi norma tertinggi yang harus negara patuhi. Hal ini karena letaknya berada dalam konstitusi, sehingga ketentuan-ketentuan HAM harus dihormati dan dijamin pelaksanaanya oleh negara.</br></br>Jutaan warga Ukraina tercatat telah melarikan diri dari negaranya dan mengungsi ke negara lain. Menurut situs UNHCR, per 21;April 2022 ini tercatat sekitar 5.133.747 warga yang telah mengungsi ke berbagai negara.</br></br>Dalam hal ini Rusia sepertinya belum memiliki niatan untuk menghentikan konfliknya dengan Ukraina. Dunia internasional pun turut memberikan bantuan dan serta mempersilahkan warga negara Ukraina untuk mengungsi ke negaranya.</br></br>Seperti halnya kita sebagai warga negara Indonesia juga bisa memberikan bantuan kemanusiaan terhadap potensi tragedi kemanusiaan dalam konflik tersebut, contohnya seperti Indonesia perlu mendorong dibukanya zona pengungsi untuk menampung lebih banyak warga sipil yang terpaksa mengungsi akibat konflik tersebut. Konflik antara Rusia dan Ukraina, bukanlah masalah sederhana yang tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Oleh karena itu, Indonesia tidak perlu terlibat lebih jauh dalam permasalahan yang dihadapi oleh kedua negara. Sebaliknya, Indonesia bisa memberikan kontribusi terhadap upaya penyelesaian konflik.</br>Selain upaya tersebut, kita juga bisa menjalin kolaborasi dengan lembaga non pemerintah, seperti akademisi, penggiat kemanusiaan, dan faith and charity-based organization. Hal ini menjadi faktor penting dalam mendorong efektivitas pemberian perlindungan terhadap pengungsi. Seperti halnya Indonesia menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga non pemerintah di bidang kemanusiaan yang akan membantu Indonesia dalam hal menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi. Kerjasama ini membawa implikasi pada keberadaan pengungsi yang ada di Indonesia</br></br>Alasan bahwa jumlah penduduk Indonesia masih dibawah kemiskinan merupakan alasan yang masuk akal, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara berkembang, yang dimana tingkat kesejahteraannya masyarakatnya masih rendah. Artinya, baik warga negara Indonesia maupun pemerintah Indonesia akan kewalahan dalam masalah adiminstrasi, koordinasi, pengelolaan anggaran, personil, penggunaan sarana dan prasarana, manajemen dan leadership.</br>Terhadap masalah tersebut, menawarkan solusi agar para pengungsi memiliki aktivitas dan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, maka berdasarkan kerjasama yang dibuat bersama dengan masyarakat dan pengusaha, para pengungsi dapat dipekerjakan agar memperoleh penghasilan untuk menopang kebutuhan hidupnya.</br></br>Pertanyaan seputar bagaimana sikap kita terhadap pengungsi dari Ukraina adalah tetap waspada tetapi ramah dan membantu untuk melindungi mereka dari dampak konflik tersebut. Seperti yang kita ketahui hak asasi manusia dimiliki semua orang dari dalam kandungan, sudah sepantasnya mereka memilih dan mendapatkan hidup yang lebih baik serta hak untuk hidup. Walaupun kita membantu mereka dalam segi kebutuhan hidup dan perlindungan, tetap saja kita harus waspada dan jangan terlalu ikut campur akan urusan yang ada agar tidak semakin runyam. Fokuskan saja pada pengungsi, bukan mengorek-ngorek informasi untuk dijadikan bahan diskusi yang nantinya menimbulkan provokasi. Jangan pernah sesekali untuk terlalu dalam ikut campur karena konflik ini diduga akan bersifat berkepanjangan, jangan sampai ada mata-mata atau provokator yang akan menjadi penghancur negara Indonesia. Cukup bantu dengan bijak tanpa terlalu ikut campur. Karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kita.berlebihan akan berdampak buruk bagi kita.)
  • PENGUNGSI WNA SEBAB KONFLIK DUNIA  + (PENGUNGSI WNA SEBAB KONFLIK Pendapat sayaPENGUNGSI WNA SEBAB KONFLIK</br></br>Pendapat saya mengenai kondisi ini, yakni yang pertama saya akan menerimanya dengan baik karena adanya rasa empati yang tumbuh dalam hati ini. </br></br>Beliau adalah pendatang asing yang datang karena ada konflik di negaranya. Tak terlepas dari itu, saya sebagai warga Indonesia atau masyarakatnya harus mencari tahu beliau mendapatkan izin atau tidak untuk tinggal di Indonesia dengan meminta surat izin ke kepala desa, ataupun kementrian yang berwenang dan memperkuat informasi alasan untuk ditinggal. Setelah mendapatkan izin yang utama pastinya akan diberi bantuan berupa makanan pokok dan menyediakan tempat tinggal sementara sesuai keputusan kementrian yang berwenang. </br></br>Setiap orang asing yang berada di wilayah Indonesia harus memiliki izin tinggal. Izin tinggal tersebut wajib dimiliki warga negara asing saat berada di Indonesia, baik yang sementara maupun menetap.</br></br>Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pasal 48 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 bahwa mereka (orang asing) wajib memiliki izin tinggal.</br></br>1. Izin Tinggal Kunjungan (ITK)</br>Izin tinggal kunjungan adalah izin yang diberikan kepada orang asing untuk tinggal dan berada di wilayah Indonesia untuk jangka waktu singkat dalam rangka kunjungan.</br></br>Izin Tinggal Kunjungan diberikan kepada:</br>Orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan visa kunjungan.</br>Anak yang baru lahir di wilayah Indonesia dan pada saat lahir ayah dan/atau ibunya pemegang izin tinggal kunjungan.</br>Izin Tinggal Kunjungan yang diberikan kepada orang asing sebagaimana tersebut di atas, juga dapat diberikan kepada:</br></br>Orang asing dari negara yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa sesuai ketentuan perundang-undangan.</br>Orang asing yang bertugas sebagai alat angkut yang sedang berlabuh atau berada di wilayah Indonesia sesuai ketentuan perundang-undangan.</br>Orang asing yang masuk wilayah Indonesia dalam keadaan darurat.</br>Orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan visa kunjungan saat kedatangan.</br>Izin tinggal kunjungan berakhir karena pemegang izin:</br>Kembali ke negara asalnya</br>Izinnya telah habis masa berlaku</br>Izinnya beralih status menjadi izin tinggal terbatas</br>Izinnya dibatalkan oleh Menteri atau pejabat imigrasi yang ditunjuk</br>Dikenai deportasi</br>Meninggal dunia</br></br>2 . Izin Tinggal Terbatas (Itas)</br>Izin Tingga Terbatas (Itas) diberikan kepada orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan visa tinggal terbatas atau orang asing yang diberikan alih status dari Izin Tinggal kunjungan, yang meliputi:</br></br>Orang asing dalam rangka penanaman modal</br>Bekerja sebagai tenaga ahli</br>Melakukan tugas sebagai rohaniawan</br>Mengikuti pendidikan dan pelatihan</br>Mengadakan penelitian ilmiah</br>Menggabungkan diri dengan suami atau istri pemegang izin tinggal terbatas</br>Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu bagi anak berkewarganegaraan asing yang mempunyai hubungan hukum kekeluargaan dengan ayah dan/atau ibu warga negara Indonesia</br>Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu pemegang izin tinggal terbatas atau Izin Tinggal Tetap bagi anak yang berusia di bawah 18 tahun dan belum kawin;</br>Orang asing eks warga negara Indonesia</br>Wisatawan lanjut usia mancanegara.</br>Anak yang pada saat lahir di wilayah Indonesia ayah dan/atau ibunya pemegang Izin Tinggal terbatas</br>Nakhoda, awak kapal, atau tenaga ahli asing di atas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan</br>Orang asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia</br>Anak dari orang asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia.</br>Izin tinggal terbatas juga dapat diberikan kepada orang asing untuk melakukan pekerjaan singkat.</br></br>Izin tinggal terbatas berakhir karena pemegang izin:</br>Kembali ke negara asalnya dan tidak bermaksud masuk lagi ke wilayah Indonesia</br>Kembali ke negara asalnya dan tidak kembali lagi melebihi masa berlaku izin masuk kembali yang dimilikinya</br>Memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia</br>Izinnya telah habis masa berlaku</br>Izinnya beralih status menjadi izin tinggal tetap</br>Izinnya dibatalkan oleh menteri atau pejabat imigrasi yang ditunjuk</br>Dikenai deportasi</br>Meninggal dunia.</br>Info diatas mengenai izin negara asing jika ingin tinggal di Indonesia yang dilansir dari web bola.com</br></br>Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, tunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki rasa saling menghormati, walaupun berbeda dan kita juga harus memiliki rasa tolong menolong serta kemanusiaan yang sudah tercantum dalam Dasar Negara kita, yaitu Pancasila </br></br>Baik, demikian yang dapat saya sampaikan dan semoga opini atau pendapat yang saya sampaikan dapat diterima dan diresapi dengan baik, Terima kasihima dan diresapi dengan baik, Terima kasih)
  • Literature Mengawal Isu Kemanusiaan dengan Melek Hukum  + (Pengungsi yang datang dari wilayah konflikPengungsi yang datang dari wilayah konflik tidak hanya Ukraina namun wilayah dan negara lainnya untuk mencari kesejahteraan, keamanan dan jauh dari ketimpangan tentu tetap saja memiliki hak untuk hidup tanpa adanya ancaman apalagi kekerasan. Sebuah pernyataan yang tentu setiap orang setuju namun dalam implementasinya pasti perlu mempertimbangkan berbagai aspek hingga ada pada keputusan “iya”. Begitu pula yang coba ditelaah dalam tulisan opini ini. Menurut saya tidak semudah itu untuk memberikan kemudahan hidup seperti yang diinginkan oleh saudara-saudara pengungsi dari wilayah konflik, apalagi tempat tinggal saya dalam konteks ini adalah Indonesia yang merupakan negara hukum. Segala sesuatunya telah diatur di negara ini dan kewajiban rakyatnya untuk mentaati hukum yang berlaku, istilahnya dimana tanah dipijak disitu pula langit dijunjung.</br></br>Dilihat dari aspek hukum, hal mengenai pengungsi dari luar negeri telah diatur dalam Perpres No. 125 Tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri. Ada beberapa kondisi yang telah dijabarkan mekanismenya dalam peraturan ini seperti Bab II yang mengatur penemuan pengungsi yakni apabila Instansi maupun masyarakat menemukan pengungsi di wilayah laut maupun daratan Indonesia maka dapat dilaporkan ke Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk selanjutnya diserahkan ke Rumah Detensi Imigrasi. Apalagi dalam konteks ini adalah pengungsi dari wilayah konflik di luar negeri maka segala sesuatunya akan berurusan dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan negara terkait, Perserikatan Bangsa-Bangsa, maupun organisasi internasional yang menaungi isu kemanusiaan. Lalu bagaimana sikap dan tanggungjawab saya? Sebagai masyarakat yang telah mengetahui hal ini dan dianggap melek hukum, tentu mengikuti mekanisme dari aturan yang berlaku ini. Warga lokal yang menginap saja perlu lapor, apalagi adanya pengungsi. Menurut saya Indonesia bukan negara yang tidak peduli terhadap isu kemanusiaan, Rumah Detensi Imigrasi memfasilitasi keperluan saudara pengungsi sebagaimana diatur dalam peraturan presiden ini.</br></br>Selanjutnya diatur dalam Bab III mengenai penampungan pengungsi, Rumah Detensi Imigrasi akan berkoordinasi untuk menyiapkan tempat penampungan dengan berbagai fasilitasnya seperti pelayanan kesehatan, ibadah dan keamanan. Pemenuhan kebutuhan dasar juga termasuk di dalamnya yang meliputi kebutuhan makan, minum, dan pakaian serta air bersih. Disamping menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut, Rumah Detensi Imigrasi akan melakukan koordinasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi di Indonesia, Organisasi Internasional, dan negara asal pengungsi untuk dilakukan tindakan lebih lanjut apakah status pengungsiannya di Indonesia disetujui atau ditolak. Bagi yang statusnya ditolak akan dideportasi kembali ke negara asalnya. Mekanisme yang telah dibuat oleh pemerintah tentunya bukan tanpa alasan, dengan berbagai pertimbangan dari aspek-aspek terkait maka ini merupakan simpulan terbaik apabila terdapat pengungsi di negara ini.</br></br>Sepertinya saya cukup berbicara terlalu jauh pada peran pemerintah dalam penanganan pengungsi sedangkan bagaimana sebenarnya sikap dan tanggungjawab nyata yang dapat saya lakukan apabila terdapat pengungsi dari wilayah konflik di tempat tinggal saya. Ada mekanisme yang saya coba lakukan dengan melihat dari aspek fasilitas, kemampuan, dan kondisi sehingga tidak menjadi suatu omong kosong. Langkah awal jika terdapat pengungsi yang baru saja tiba di daerah tempat tinggal saya adalah mencoba mendekati sehingga dari pihak saudara pencari suaka dan saya pun dapat berkoordinasi dengan baik dan mencoba menjelaskan bahwa mekanisme yang ada di negara ini terhadap pengungsi adalah dengan melaporkan pada pihak atau instansi terkait yakni pihak Kepolisian. Ini pun jika komunikasi memungkinkan karena bisa saja terdapat perbedaan bahasa, dengan kecanggihan teknologi tentu dapat memanfaatkan aplikasi penerjemah yang bisa diakses secara gratis.</br></br>Tidak dapat dipungkiri bahwa pengungsi ini memiliki niatan yang baik atau buruk saat datang ke tempat tinggal saya maka komunikasi yang baik menurut saya cukup diperlukan. Dalam proses komunikasi ini, diusahakan juga saudara pengungsi berada dalam keadaan aman atau apabila memerlukan bantuan medis maka dapat dibantu dengan menghubungi pelayanan kesehatan ataupun melalui pihak kepolisian. Menurut saya pelaporan dapat dilakukan melalui telepon yang dapat dengan mudah di akses di aplikasi peramban atau jika diperlukan maka datang langsung ke kantor polisi terdekat. Lalu bagaimana jika akhirnya saudara pengungsi ini telah ditangani oleh pihak kepolisian? Sebenarnya sikap dalam pelaporan dan memastikan bahwa pencari suaka dalam keadaan aman adalah suatu hal yang cukup, namun saya memiliki opsi selanjutnya dengan memanfaatkan media sosial.</br>Pada era informasi cepat ini, berbagai informasi akan mudah di akses melalui media sosial apalagi fenomena yang saya temukan pada beberapa waktu belakangan ini adalah dengan viralnya suatu isu maka akan lebih diperhatikan oleh pemerintah. Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram maupun twitter yakni mengunggah informasi keberadaan pengungsi, maka akan menghadirkan perhatian untuk pengungsi ini serta menghindari adanya penelantaran dari pihak pemerintah. Ini semacam pengawasan bersama dari masyarakat seperti beberapa unggahan dengan #kawalbersama.</br></br>Isu kemanusiaan menurut saya merupakan kewajiban bagi setiap manusia untuk memastikan adanya keadilan dalam penyelesaian permasalahannya. Ini pula tanpa adanya diskriminasi maupun sanksi sosial yang terbiasa dilakukan oleh masyarakat jika terdapat perbedaan di dalamnya. Darimanapun mereka berasal bukan hanya Ukraina, mereka berhak mendapatkan kesejahteraan hidup. Bukan hanya melek hukum, masyarakat juga perlu melek isu kemanusiaan agar bisa memanusiakan manusia.emanusiaan agar bisa memanusiakan manusia.)
  • Literature Penjor Bali  + (Penjor menjadi wujud rasa syukur umat HindPenjor menjadi wujud rasa syukur umat Hindu kepada Sang Hyang Widi Wasa atas kemakmuran yang dicurahkan kepada mereka.Setiap kemeriahan perayaan Galungan, penjor menjadi pernak-pernik wajib yang akan melengkapi. Sejak beberapa hari menjelang Hari Raya Galungan, penjor akan sangat mudah ditemukan menghiasi bagian depan bangunan rumah, kantor, maupun pusat-pusat perbelanjaan di Bali. Jalinan batang bambu yang melengkung dengan segala pernak-perniknya ini memang memiliki makna tersendiri dalam ritual menyambut hari raya yang jatuh kurang lebih dua minggu setelah Nyepi ini. Penjor merupakan bentuk rasa syukur umat Hindu kepada Tuhan atas kemakmuran yang diberikan kepada mereka.s kemakmuran yang diberikan kepada mereka.)
  • Pekenbibit.com  + (Penjualan produk pertanian organik secara online)
  • The important of Digital Literature  + (Pentingnya literasi digital pada zaman iniPentingnya literasi digital pada zaman ini. Saat ini kita hidup di zaman serba digital akibat tingginya perkembangan teknologi. Namun ada banyak hal yang harus diwaspadai, contohnya adanya cybercime atau kejahatan dalam menggunakan sosial media atau teknologi digital. Contohnya "hack" atau peretasan data seseorang, yang dilakukan dengan tujuan yang tidak baik. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan sosial media agar terhindar dari hal demikian. Inilah pentingnya pemahaman literasi digital agar pengguna teknologi digital dapat menjaga diri sendiri dan orang sekitar dari kejahatan cybercrime tersebut. Bijaklah dalam menggunakan teknologi!, agar anda mendapatkan manfaat baik dari perkembangan teknologi itu sendiri.k dari perkembangan teknologi itu sendiri.)
  • Literature PERAMPASAN HAK ASASI MANUSIA DEMI WILAYAH KEKUASAAN  + (PENULIS : I MADE ADI PRAMANA NUGRAHA PERAPENULIS : I MADE ADI PRAMANA NUGRAHA</br></br>PERAMPASAN HAK ASASI MANUSIA DEMI WILAYAH KEKUASAAN</br></br> </br></br>Perang adalah salah satu cara penyelesaian konflik yang minim akan rasa kemanusiaan. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, Vladimir Putin yang merupakan Presiden Federasi Rusia menyatakan perang melawan Ukraina sehingga terjadilah perang antara Rusia dan Ukraina dengan dalih melakukan demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.</br></br>Pertempuran yang melibatkan kedua negara tersebut hampir meratakan seluruh wilayah Ukraina. Korban-korban yang berjatuhan tidak hanya berasal dari kalangan militer, banyak masyarakat sipil yang juga menjadi korbannya. Anak-anak dan perempuan adalah korban pertama yang paling menderita atas peristiwa yang tidak melibatkan hati nurani ini.</br></br>Akibat gempuran yang dilancarkan pasukan Rusia, sejumlah bangunan dan fasilitas publik di Ukraina rusak parah. Masyarakat Ukraina, yang semula hidup tenang, kini nasibnya berubah 180 derajat. Tidak sedikit dari mereka yang mengungsi ke negara terdekat yang lebih aman atau beberapa diantara mereka memilih untuk kembali ke negara asal mereka bagi yang bukan merupakan negara asli Ukraina.</br></br>Ada pula beberapa dampak lain yang ditimbulkan akibat perang Rusia-Ukraina, diantaranya yaitu :</br></br>1.Harga Komoditas Melambung</br>Komoditas merupakan suatu benda nyata yang relatif mudah untuk diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, serta dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Komoditas yang dimaksud dalam kasus ini adalah minyak dan gas. Ternyata perang ini membawa pengaruh besar terhadap harga minyak dan gas di beberapa negara yang kini telah melonjak sehingga terjadilah kekhawatiran pasokan, diketahui Rusia merupakan negara penghasil dan pengekspor bahan bakar fosil tersebut.</br></br>2. Ancaman Kelaparan</br>Sekjen PBB Antonio Guterres telah memperingatkan bahwa konflik Rusia-Ukraina ini dapat mempengaruhi kehidupan negara lain seperti timbulnya badai kelaparan serta kehancuran sistem pangan global. Rusia dan Ukraina adalah lumbung pangan dunia, menyumbang 30 persen dari ekspor gandum global. Harga sereal dan minyak goreng telah meningkat. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB mengatakan jumlah orang yang kekurangan gizi dapat meningkat 8 hingga 13 juta orang selama tahun ini dan tahun depan. Amerika Serikat, India dan Eropa dapat menutupi kekurangan gandum tapi, bisa lebih rumit untuk menggantikan minyak bunga matahari dan jagung, yang masing-masing jadi barang eksportir nomor satu dan empat dunia di Ukraina.</br></br>3. Pasar Saham Terguncang</br>Perang telah membawa volatilitas ke pasar sementara bursa saham Moskwa ditutup selama tiga minggu dan hanya dibuka kembali sebagian pada hari Senin. Sanksi Barat telah melumpuhkan sektor perbankan dan sistem keuangan Rusia, sementara rubel telah runtuh. Langkah-langkah tersebut termasuk upaya untuk membekukan 300 miliar dollar AS cadangan mata uang asing Rusia yang disimpan di luar negeri.Rusia sekarang menghadapi risiko gagal bayar utang untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Moskwa membayar bunga atas dua obligasi berdenominasi dolar pekan lalu, memberi pemerintah ruang bernapas sampai pembayaran utang berikutnya dalam beberapa minggu mendatang.</br></br>Terlepas dari beberapa masalah perekonomian yang membawa dampak bagi dunia akibat perang ini, ratusan ribu penduduk Ukraina meninggalkan rumah mereka untuk mencari keselamatan dan perlindungan. Para pengungsi ini makin menambah panjang daftar jumlah pengungsi di dunia akibat perang. Sebagian besar para pengungsi ini menyebar ke negara-negara tetangga, seperti Polandia, Moldavia, Slowakia, Hungaria, Rumania dan Belarus. Sebagian lagi menuju negara-negara Eropa Barat, seperti Inggris dan Jerman. Para pengungsi tidak hanya terdiri dari warga negara Ukraina, tetapi juga warga negara asing, terutama pelajar yang sedang sekolah di sana.</br></br>Jika ada pengungsi yang datang ke tempat/daerah saya, dengan rasa kemanusiaan saya akan menerimanya dengan tangan terbuka mengingat akan kejadian mereka sehingga mengharuskan mereka untuk kehilangan anggota keluarga mereka, pekerjaan dan penghasilan mereka, serta harta benda milik mereka. Gempuran pasukan Rusia telah merusak fasilitas penting, seperti fasilitas air bersih, kesehatan, pendidikan, dan rumah-rumah penduduk.</br></br>Para pengungsi akibat perang Ukraina ini menambah panjang daftar orang-orang yang terpaksa mengungsi karena perang. Selain di Ukraina, tidak sedikit negara yang hingga saat ini masih dilanda perang berkepanjangan.</br></br>Maka tanggung jawab kita sebagai warga dunia yang merupakan bagian makhluk sosial yang saling ketergantungan satu sama lain adalah kita harus membantu meringankan penderita mereka dengan cara mempersiapkan tempat tinggal yang layak untuk para pengungsi akibat perang. Kita juga harus mempersiapkan fasilitas untuk para pengungsi yaitu : tempat tinggal yang bersih dan nyaman, makanan dan minuman yang sehat, dan juga keperluan para pengungsi. Contohnya Inggris, memberikan kemudahan bagi para pengungsi Ukraina untuk mendapatkan visa tinggal sementara.</br></br>Kita juga harus menghibur para pengungsi supaya mereka tidak sedih lagi karena kehilangan semua yang ada di negara mereka. Dan kita sebagai warga dunia yang baik harus menyambut mereka dengan baik dan kita harus peduli dengan mereka.</br></br>Mari kita doakan supaya perang Rusia dan Ukraina cepat berakhir, dan tidak terjadi konflik lagi di antara 2 negara yang bertetangga tersebut.antara 2 negara yang bertetangga tersebut.)
  • electoral justice for people with disabilities  + (Penyandang disabilitas adalah kelompok oraPenyandang disabilitas adalah kelompok orang yang beragam, termasuk penyandang disabilitas yang memiliki disabilitas fisik, disabilitas mental atau gabungan dari disabilitas fisik dan mental. Istilah penyandang disabilitas juga sangat bervariasi. Secara yuridis pengertian Penyandang Disabilitas yang menyatakan bahwa Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensoris untuk Dalam kurun waktu yang lama berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk beradaptasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lain atas dasar persamaan hak keberadaan, undang- undang ini penting sebagai payung hukum dalam upaya memenuhi kewajiban negara kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan hak-hak yang tertuang dalam konvesi tentang hak-hak penyandang disabilitas selain mewujudkan hak dan pengawasannya. Dalam pelaksanaan konvensi, pemerintah Indonesia juga berkewajiban untuk menunjukkan instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan konvensi ini.ggung jawab atas pelaksanaan konvensi ini.)
  • Literature Mampu bukan berarti memungkinkan. Penyandang cacat tidak berarti kurang mampu  + (Penyandang disabilitas merupakan orang yanPenyandang disabilitas merupakan orang yang mengalami keterbatasan fisik ataupun mental, adapun beberapa macam disabilitas antara lain disabilitas sensorik, disabilitas fisik, dan disabilitas intelektual orang yang mengalami disabilitas juga memiliki hak-hak asasi penyandang disabilitas seperti asas kemudahan, asas kegunaan, asas keselamatan, dan asas kemandirian. Namun hak hak asas disabilitas tersebut belum bisa terpenuhi dengan baik</br></br>Harapan kami mengenai program apa yang perlu di dirancang oleh calon pemimpin untuk penyandang disabilitas pada pemilu 2024 yaitu:</br>- Keselamatan berlalu lintas para disabilitas,</br>karena diluar sana banyak disabilitas yang bepergian menggunakan kendaraan. program ini demi keamanan dan kenyamanan saat berlalu lintas.</br>-program pembangunan perpustakaan disabilitas, karena kurangnya fasilitas bagi orang yang mengalami disabilitas untuk menjalani hobbynya seperti hobby membaca, maupun bagi disablitas yang ingin melanjutkan kariernya sebagai penulis.</br>- Harapan kami yang terakhir yaitu agar para pemerintah lebih peduli akan orang-orang yang mengalami disabilitas seperti memberi bantuan kursi roda, tongkat, ramp,alat bantu orthese dan prothese, dan alat pendengaru orthese dan prothese, dan alat pendengar)
  • Literature Penyandang Disabilitas juga Manusia  + (Penyandang disabilitas sering kali mendapaPenyandang disabilitas sering kali mendapatkan cibiran dan dipandang remeh di masyarakat. Harapannya bagi supaya disabilitas lebih diperhatikan dan diberikan fasilitas khusus untuk memudahkan kegiatan mereka. Dalam pendidikan memang sudah cukup baik, namun pelatihan untuk life skill yang perlu digencarkan sehingga mereka punya bekal untuk bertahan dan mencukupi kebutuhan hidupnya. Selain itu, terkhusus di karangasem belum ada jalan yang memudahkan disabilitas (tuna netra) dalam berjalan kaki. Di pura juga cukup sulit mereka ikut bersembahyang karena akses dan tidak ada yang membantu mereka. Sehingga dalam hal ini, pemimpin terpilih di tahun 2024 lebih masif menggandeng disabilitas untuk mendapat kemudahan dalam memakai fasilitas umum dan membuat proker untuk pelatihan life skill.membuat proker untuk pelatihan life skill.)
  • JUSTICE FOR VARIOUS DISABILITIES  + (Penyandang Ragam Disabilitas, tidak boleh Penyandang Ragam Disabilitas, tidak boleh ditelantarkan dan harus diperhatikan agar mendapatkan keadilan. Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 sudah dekat, Pemerintah harus merencanakan program yang akan memberikan kesempatan kepada penyandang ragam disabilitas agar bisa mengikuti Pemilu tersebut. Saya berpendapat supaya ada program seperti, pemungutan suara di tempat para penyandang ragam disabilitas yang tidak bisa datang ke TPS dan memberikan pelatihan kepada petugas pemilu tentang tatacara membantu penyandang ragam disabilitas ketika memilih. teknologi juga harus dikembangkan agar dapat membantu penyandang ragam disabilitas untuk meningkatkan pengetahuan mereka di bidang digitalisasi.pengetahuan mereka di bidang digitalisasi.)
  • Literature Pembelajaran Online DiTengah Pandemi Covid-19  + (Penyebaran virus corona di Indonesia membuPenyebaran virus corona di Indonesia membuat banyak sektor yang dikelola pemenerintah atau swasta tersimbas . Pemerintah dengan kebijakannya menggelontorkan banyak perubahan baik dalam perekonomian, ibadah,  kantor, atau sekolah / perguruan tinggi. Social Distancing, WFH adalah merupakan kebijakan pemerintah yang harus siikuti oeklh seluruh lapisan masyarakat. Dengan berlakunya WFH maka sekolah menghentikan sementara  pembelajaran tatap muka. Menteri pendidikan, Nadiem Makarim dengan kebijakannya mengintruksikan kepada seluruh elemen pendidik untuk beralih dari pembelajaran tatap muka menjadi pembeljaran online (daring). Pembelajaran tidak boleh mandek atau berhenti, peserta didik harus tetap belajar walau ditengah pandemi Pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan) baik menggunakan android atau laptop (PC) saat pendemi dirasa sangat efektif sebagai langkah solutif untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan pendidikan. Rentannya penularan antar manusia dalam suatu titik berkumpulnya manusia dalam jumlah besar, sangat menghawatirkan, terlebih hampir di semua tempat daerah, kabupaten, kota, provinsi sangat cepat penularannya bahkan dalam 1 hari telah terjadi peningkatan kasus yang tinggi. Data terakhir di Indonesia, 28 Agustus 2021 terjadi kasus positif adalah 4.04 Juta kasus.jadi kasus positif adalah 4.04 Juta kasus.)