UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Pertanian organik (Kebun organik dan pemasaran produk pertanian organik)". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • What do you think about the basabali wiki platform to encourage you to participate in civic issues?  + (Perkenalkan nama saya Dewa Ayu Ratna SekarPerkenalkan nama saya Dewa Ayu Ratna Sekar Lestari.</br></br>Pendapat saya tentang platform wiki BASAbali ialah dapat berpartisipasi dalam membuat konten tentang isu-isu sipil yang ada di masyarakat di Bali. Dimana isu ini yang sering ditemukan adalah isu politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, saya dapat mengatakan bahwa pengemasan masalah perdata cukup menarik, dan dikemas agar terlihat berbeda, ini akan menambah seseorang untuk mendengarkan masalah tersebut.</br></br>Dari kemasannya, isinya menjadi menarik dan diminati banyak orang. Dalam platform wiki BASAbali, kita juga dapat mengamati ciri-ciri budaya yang sangat India, mengemas isu-isu kewarganegaraan yang dikemas dengan hal-hal menarik dan menghadirkan budaya yang beragam yang menambah nilai plus untuk mendorong kita berpartisipasi dalam isu-isu kewarganegaraan.</br></br>Saya berharap kedepannya wiki BASAbali akan selalu konsisten dalam memberikan karya yang lebih baik dan lebih luar biasa, menggunakan bahasa Bali, dan terus membudayakan bahasa Bali di era globalisasi ini.ayakan bahasa Bali di era globalisasi ini.)
  • BASAbali in Teenagers Era  + (Perkenalkan nama saya Komang Rosyana HartiPerkenalkan nama saya Komang Rosyana Hartining Putri, saya dari intasi Universitas Hindu Negri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Yang sekarang masih menempuh pendidikan di jurusan PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS semester 3. </br>Pendapat saya mengenai platfrom BASAbali Wiki dapat mendorong ansa untuk berpartisipasi dalam isu-isu sipil ialah dimana yang kita ketahui, situs berbasis pengetahuan bahasa dan budaya masyarakat Bali ini tahun ini berhasil meraih penghargaan internasional dari Linguapax atas prakarsa revitalisasi bahasa Bali dalam era milenial. Perkenalkan nama saya Komang Rosyana Hartining Putri, saya dari intasi Universitas Hindu Negri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Yang sekarang masih menempuh pendidikan di jurusan PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS semester 3. </br>Pendapat saya mengenai platfrom BASAbali Wiki dapat mendorong ansa untuk berpartisipasi dalam isu-isu sipil ialah dimana yang kita ketahui, situs berbasis pengetahuan bahasa dan budaya masyarakat Bali ini tahun ini berhasil meraih penghargaan internasional dari Linguapax atas prakarsa revitalisasi bahasa Bali dalam era milenial. Bahasa Bali sebagai bahasa daerah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi masyarakat Bali. Berkaitan dengan hal itu, kedudukan penting Bahasa Bali yang dimaksud adalah sebagai bahasa pertama yang digunakan, diajarkan di lingkungan keluarga, dan pada umumnya di daerah tempat tinggal.</br>Dimana kita bisa menyampaikan pendapat melalui bahasa bahasa yang kita gunakan sehari hari tanpa memikirkan apa bahasa Indonesia yang benar. Karena kita telah mengggunakan bahasa bali. </br>Yang dimana kita semua ketahui di ERA ini semakin sedikit remaja dan anak anak di Bali menggunakan bahasa Ibu yaitu Bahasa Bali, maupun mereka tinggal diperdesaan atau kota mereka tetap menggunakan bahasa Indonesia yang dimana mereka pikir Bahasa Indonesia sangatlah keren dan bisa mengikuti zaman. Ini sangat memprihatinkan dimana semua anak anak di Bali sudah sangat jarang bahkan tidak mengembangkan bahasa Ibu kita sendiri (Bahasa Bali). Bahkan, kebanyakan remaja maly menggunakan bahasa Bali dan tidak mau berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa Bali karena mereka berpikir bahasa Bali bahasa yang sangat kuno dan tidak keren. </br>Dengan diadakannya Lomba Menulis Opini dalam bahasa bali ini saya sangat senang, di karenakan ini dapat meningkatkan minat dan bakat remaja di dalam menggunakan bahasa Bali dan mengembangkan bahasa bali. </br>Platform BASAbali ini sudah terkenal di setiap negara yang mana negara lain juga sudah mengakui Bahasa Ibu kuta yaitu Bahasa Bali.</br>Menurut saya juga, tidak ada salahnya hanya mengirimkan opini dan tidak dapat hadiah. Karena saya disini hanya memanfaatkan waktu dan menyampaikan hal apa saja yang saya ketahui tentang BASAbali Wiki. </br>Sekian dari pendapat saya, Terimakasihi. Sekian dari pendapat saya, Terimakasih)
  • Know balinese  + (Perkenalkan nama saya Made Restu Suteja. Perkenalkan nama saya Made Restu Suteja.</br></br> Menurut pendapat saya, Bahasa Bali sebagai bahasa daerah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi masyarakat Bali. Berkaitan dengan hal itu, kedudukan penting Bahasa Bali yang dimaksud adalah sebagai bahasa pertama yang digunakan, diajarkan di lingkungan keluarga, dan pada umumnya di daerah tempat tinggal. Saat ini basa bali sangat mudah untuk di pelajari dengan berbagai cara yang menarik, salah satunya bisa lewat plattform BASABali Wiki. Dan plattform BASABali Wiki dapat mendorong kita untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam pelestarian bahasa, budaya, dan lingkungan.elestarian bahasa, budaya, dan lingkungan.)
  • How can the BASAbali wiki Platform enocourage you to participe with civic issues  + (Perkenalkan nama saya Ni Kadek Ela DwiyantPerkenalkan nama saya Ni Kadek Ela Dwiyanti.</br></br>Pendapat saya tentang platform wiki BASAbali adalah bahwa platform ini dapat berpartisipasi dalam membuat konten dari isu-isu sipil yang ada di masyarakat Bali. Dimana isu yang sering ditemukan adalah isu politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, saya dapat mengatakan bahwa pengemasan masalah perdata cukup menarik, dan dikemas agar terlihat berbeda, ini akan menambah seseorang untuk mendengarkan masalah ini.</br></br>Dari pengemasan, isinya menjadi menarik dan membuat banyak orang tertarik. Dalam platform wiki BASAbali, kita juga dapat mengamati ciri-ciri budaya yang sangat Indah, pengemasan isu-isu sipil yang dikemas dengan hal-hal menarik dan menghadirkan budaya yang beragam yang menambah nilai plus untuk mendorong kita berpartisipasi dalam isu-isu sipil </br></br>Saya berharap kedepannya BASAbali wiki akan selalu konsisten dalam memberikan karya yang lebih baik dan lebih luar biasa, menggunakan bahasa Bali, dan terus membudayakan bahasa Bali di era globalisasi ini.ayakan bahasa Bali di era globalisasi ini.)
  • Jalan yang rusak  + (Perkenalkan nama saya Ni Made Dwi RiskayanPerkenalkan nama saya Ni Made Dwi Riskayanti, dan teman saya Ni Kadek Dwi Kusuma Wardani dan Kadek Aulia Sari. Kali ini kami ingin mengangkat peremasalahan tentang jalan yang rusak di daerah Kami. Yang disebabkan oleh kendaraan roda empat yang bermuatan besar.</br></br>Jalan umum yang dilalui oleh masyarakat di daerah Kami ini banyak yang rumpang/berlubang. Mulai dari lubang - lubang yang kecil hingga besar. Bahkan kerap terjadi kecelakaan di lokasi ini karena kurangnya lampu penerangan sehingga beberapa pengendara kendaraan bermotor sering terperosok dan jatuh.</br></br>Jadi Kami harapkan agar pemerintah dapat memperbaiki jalan yang rusak tersebut dan langsung turun ke lokasi. Sehingga mengurangi resiko kecelakaan. Serta tidak menghambat aktivitas masyarakat.rta tidak menghambat aktivitas masyarakat.)
  • Ngawigunayang luu plastik kresek lan kardus dados kerajinan bunga anggrek  + (Perlu diketahui bahwa sampah plastik sangaPerlu diketahui bahwa sampah plastik sangat sulit untuk hancur. Dibutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun agar terurai. Oleh karena itu, diperlukan solusi alternatif agar keberadaan sampah plastik dapat ditangani dengan baik. Dimasa pandemi ini kerajinan pengolahan plastik rumah tangga bisa jadi salah satu alternatif pendapatan, karena sampah plastik bukan hanya bisa didaur ulang (recycle) tapi juga memiliki nilai tambah dan kegunaan (upcycle) jika diolah dengan benar. daur ulang sampah pada dasarnya adalah upaya menanggulangi masalah limbah terhadap lingkungan dan menjadikan sampah plastik memiliki manfaat dan nilai jual. Bukan tidak mungkin, menjadikan sampah plastik sebagai penghasilan menguntungkan. </br>Dari sampah plastik rumah tangga menjadi pundi rupiah yg bisa membantu perekonomian keluarga dan mengurangi sampah, contohnya bunga anggrek dari plastik yg kami buat iniunga anggrek dari plastik yg kami buat ini)
  • Literature Ukraina dan Rusia  + (Perlu diketahui dari zaman dahulu sampai dPerlu diketahui dari zaman dahulu sampai dengan sekarang, dunia sering sekali menghadapi konflik dari yang kecil sampai yang besar. Konflik-konflik tersebut seringkali disebabkan karena perebutan wilayah kekuasaan dan perbedaan ideologi.</br>Seperti contoh akhir akhir ini di internet, koran dan berita banyak tersebar berita bahwa negara Ukraina dan Rusia tengah mengalami perang. Perang tersebut terjadi pada 24 Februari 2022 yang disebabkan karena Rusia kurang senang dengan negara tetangganya (Ukraina) bergabung dengan organisasi NATO (North Atlantic Treaty Organization). Tentu saja akibatnya banyak ditimbulkan korban jiwa, oleh karena itu banyak warga dari kedua negara memutuskan untuk mengungsi ke negara lain.</br>Jika terdapat warga negara dari Ukraina maupun Rusia yang mengungsi ke Indonesia, apa yang sebaiknya kita lakukan?</br>Menurut saya, kita sebagai warga negara Indonesia patut ikut membantu dengan memberikan tempat tinggal yang aman, selain itu kita sebagai manusia perlu menunjukkan sikap kemanusiaan kepada mereka.nunjukkan sikap kemanusiaan kepada mereka.)
  • Literature Persuasi Pelestarian Budaya, Peleburan Standarisasi Kecantikan  + (Perlu kita sadari bahawa era kini, pelestarian budaya perlu terus digencarkan secara persuasi. Begitu pula standarisasi di amsyarakat dalam kasus ini kecantikan yang perlu dilebur)
  • Tri Hita Karana Bali  + (Permaculture dan pendampingan pertanian organik)
  • Literature Lompat karet  + (Permainan lombat karet adalah permainan yaPermainan lombat karet adalah permainan yang 2 orang bertugas untuk memegang karet dan yang lainnya melompati karet, saat pemain Terjerat karet maka pemain itu disebut gagal, setelah itu pergantian.</br>Kita sebagai pemimpin harus meningkatkan permainan lompat karet karna memiliki begitu banyak manfaat pada tubuh kita,Dimana permainan karet ini memiliki banyak manfaat yaitu -dapat melatih otot kaki meningkat, - dan dapat meningkatkan fungsi koknitif- dan meningkatkan kepadatan tulang.dan dimana lompat karet Sangat baik Bagi tubuh kita, secara fisik anak lebih terampil karena bisa belajar cara dan teknik melompat yang dalam permainan ini memang </br>memerlukan keterampilan tersendiri.lompat karet juga dapat membantu mengurangi kejadian obesitas pada anak. Oleh karena lombat karet sangat bermanfaat bagi kesehatanbat karet sangat bermanfaat bagi kesehatan)
  • SAMPAH YANG MENUMPUK  + (PERMASALAHAN MPERMASALAHAN</br> </br> Masalah yg ada di lingkungan dekat rumah saya adalah banyak sampah yg menumpuk </br> di karenakan tempat sumber pembuangan sampah full dan petugas yg mengambil </br> sampah jarang datang yg membuat sampah di depan </br> rumah menunpuk dan membuat ketidak nyamanan karena bau sampah yg menyengat </br></br> SOLUSI UNTUK PEMERINTAH</br> Solusi untuk pemerintah tolong perhatikan masalah sampah yg ada di desa desa </br> supaya desa menjadi bersih dan nyaman untuk di tempatimenjadi bersih dan nyaman untuk di tempati)
  • Banyak sampah di lingkungan  + (Permasalahan Di sekitaran tempat tinggal sPermasalahan</br>Di sekitaran tempat tinggal saya, banyak sampah di jalanan/di got pada pembuangan air, Dan bisa juga menyebabkan banjir pada saat hujan.</br></br>Solusinya</br>Mari kita mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, agar di jalanan bersih tanpa ada sampah apapun, dan pada saat orang berkunjung ke tempat kita orang-orang jadi enak memandang jalanan yang bersih tanpa ada sampah, dan orang lain juga bisa menghirup udara yang segar, dan kita semua juga menjadi sehat, tanpa ada penyakit, bisa juga menginspirasi orang agar di jalanan mereka bebas dari sampah/Mereka ikut juga membersihkan jalanan di tempat tinggal mereka, pemerintah harus memberikan masing" keluarga tempat Sampah di depan rumah orang-orang agar orang-orang kalo membuang sampah di jalanan tidak sembarangan, agar bisa membuang Sampah di tempat yang sudah di berikan, itu aja dari saya sekian terimakasih.kan, itu aja dari saya sekian terimakasih.)
  • Pencemaran sampah di area sungai  + (Permasalahan 1. banyaknya sampah di sungPermasalahan </br></br>1. banyaknya sampah di sungai dan area sekitar lingkungan</br></br>2. sampah yang tidak terurus</br></br>3. membuang sampah sembarangan</br></br>Solusi</br></br>1. memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar serta mengajak untuk mulai mengelola sampah organik dan anorganik.</br></br>2. membantu warga sekitar membersihkan sungai yang tercemar serta sekitarnya.</br></br>3. menyediakan layanan pembuangan sampah. 3. menyediakan layanan pembuangan sampah.)
  • Macet dijalan sempit  + (permasalahan di jalan sempit banyak mobil permasalahan di jalan sempit banyak mobil besar seperti mobil SPBU - Truk - Boso melewati jalan sempit, sampai rusak jalan tersebut saran saya mobil yang besar atau mobil SPBU- Truk - Boso melewati jalan yang dipake mobil- mobil besar bisa disebut jalan utamaobil- mobil besar bisa disebut jalan utama)
  • PIKOBET PEMERATAAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA RING WEWIDANGAN PELOSOK BALI SANE DURUNG MERATA NYUJUH KRAMA BALI  + (PERMASALAHAN PEMERATAAN INFRASTRUKTUR JALAPERMASALAHAN PEMERATAAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA DI WILAYAH PELOSOK BALI YANG BELUM MERATA MENJANGKAU MASYARAKAT BALI</br></br>Om Swastyastu. Yang Terhormat bapak dan ibu dewan juri.Serta para permirsa yang saya cintai dan saya banggakan.</br> Yang pertama mari kita menghaturkan puja dan puji syukur kehadirat Ida Sang Hyang Widi Wasa karena atas limpahan anugrah dari beliau kita semua dapat berkumpul disini dalam acara Wikithon Partisipan Publik Bali Berorasi.Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya menyampaikan pidato atau orasi yang berjudul “PERMASALAHAN PEMERATAAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA DI WILAYAH PELOSOK BALI YANG BELUM MERATA MENJANGKAU MASYARAKAT BALI’’.</br>Seperti yang kita ketahui bersama Bali dikenal karena pesona alamnya, bahkan perekonomian masyarakat Bali sangat bergantung pada sektor pariwisata. Tidak mengherankan apabila pemerintah Bali menggenjot pembangunan infrastruktur di daerah – daerah yang mempunyai peluang sebagai destinasi wisata, terutama adalah pembangunan jalan untuk mempermudah akses masyarat serta para wisatawan yang akan mengunjungi suatu wilayah tertentu.</br> Akan tetapi pembangunan infrastruktur jalan tersebut justru tidak merata menjangkau masyarakat Bali sepenuhnya, hal tersebut karena pemerintah hanya fokus memperbaiki dan membangun infrastruktur di daerah – daerah yang mempunyai peluang untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancannegara. Saat ini banyak daerah – daerah di Bali terutama daerah pelosok yang jarang diketahui dan dijangkau wisatawan belum mendapat infrastruktur dari pemerintah daerah. Banyak ditemui jalan yang rusak bahkan tidak diaspal, padahal jalan tersebut banyak digunakan masyarakat berlalu – lalang.</br> Jalan yang rusak sangat membahayakan bagi pengguna jalan hal tersebut karena kebiasaaan masyarakat yang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan helm sehingga banyak ditemukan kasus kecelakaan lalu – lintas karena jalan yang rusak. </br> Perbaikan jalan raya terutama di daerah – daerah pelosok belum maksimal dijalankan oleh pemerintah daerah, banyak jalan di daerah Bali yang masih rusak dan hanya dibiarkan. Sehingga saya berharap siapapun yang nantinya terpilih sebagai pemimpin Bali 2024 mendatang supaya infrastruktur terutama jalan di daerah pelosok Bali segera mendapatkan perhatian dan penanganan lebih lanjut serta agar daerah – daerah pelosok Bali lebih dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan, sehingga dapat m,enumbuhkan ekonomi masyarakat.</br> Mari kita bersama wujudkan pemerataan infrastruktur untuk seluruh lapisan masyarakat.Baik itu orasi yang bisa saya sampaikan, saya mohon maaf apabila ada perbuatan dan perkataan saya yang kurang berkenan saya tutup dengan parama santhi Om Sanhti Sanhti Sanhti Om. parama santhi Om Sanhti Sanhti Sanhti Om.)
  • Literature JIKA PENGUNGSI DARI UKRAINA DATANG KE DAERAH KITA, APA YANG MESTI KITA LAKUKAN SEBAGAI MASYARAKAT LOKAL?  + (Permasalahan pengungsi atau refugees merupPermasalahan pengungsi atau refugees merupakan issue global yang melibatkan banyak negara termasuk negara kira tercinta yaitu Indonesia. Berdasarkan data yang dikutip dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), selama 2020 setidaknya sudah ada 82,4 Juta orang di dunia melakukan perpindahan negara secara terpaksa dan angka tersebut pun kian menaik. Data per September 2021, UNHCR telah mencatat jumlah pengungsi yang terdaftar di Indonesia berjumlah 13.273 orang dan berdasarkan data tersebut, 73% merupakan orang dewasa dan 27% adalah Anak-anak, dan sebanyak 7.458 orang merupakan imigran dari Afganistan, 1.364 orang berasal dari Somalia, 707 orang berasal dari Myanmar, 677 orang berasal dari Irak, dan selebihnya merupakan Imigran yang berasal dari negara lainnya. Dengan yang kita tau sekarang sedang ada banyak negara terlibat konflik, contohnya seperti konflik yang terjadi di ukraina.</br>Lebih dari 5 juta orang penduduk Ukraina mengungsi sejak serangan dari Rusia mulai diluncurkan pada tangga 24 Februari 2022, dan hal itu oleh Komisioner Tinggi PBB kepada pengungsi atau UNHCR pada hari Rabu, 20 April 2022. Serangan yang diluncurkan oleh Russia menyebabkan sebanyak 198 0rang penduduk Ukraina tewas dan tiga di antaranya merupakan anak-anak. Dan menurut Kementerian Kesehatan Ukraina seperti yang dikutip oleh kantor berita Interfax, jumlah korban yang mengalami luka-luka mencapai sebanyak 1.115 orang, dan diantaranya sebanyak 33 korban luka-luka merupakan anak-anak. Dan seletah kejadian tersebut, semua penduduk ukraina melarikan diri dan mengungsi ke negara-negara terdekat. Dilansir dari CNN International, ada sekitar 90% diantaranya merupakan Wanita dan Anak-anak, namun ini tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah yang sebenarnya akan lebih tinggi. Jika dilihat dari data yang ada, 5 juta penduduk yang mengungsi akan setara dengan 12,1% populasi di Ukraina. Berdasarkan data catatan dari UNHCR, Sebagian besar penduduk yag mengungsi dari ukraina pindah ke negeri tetangga, seperti Polandia, Hungaria, Moldova, Rumania, Rusia dan Belarusia</br>Dari data yang sudah tertera di atas menunjukan bahwa semakin bertambahnya tahun semakin meningkat juga jumlah pengungsi yang ada. Para pengungsi tersebut melakukan perpindahan negara secara terpaksa dikarenakan konflik atau peperangan yang terjadi di negara mereka, seperti yang terjadi di ukraina, para penduduk di ukraina melakukan imigrasi karena mereka merasa bahwa negara yang mereka tinggali sebelumnya sudah tidak aman lagi, dan sedihnya mereka harus meninggalkan negara kelahiran mereka karena penyerangan yang di luncurkan bisa membahayakan nyawa mereka. Namun itu semua juga dilakukan untuk menyelamatkan diri mereka dari serangan konflik terjadi. Selain para pengungsi dari Ukraina pindah ke negeri tetangga, banyak dari mereka juga melakukan perpindahan negara ke jerman. Dengan ini tidak menutup kemungkinan bahwa penduduk Ukraina bisa saja akan melakukan pengungsian ke Indonesia, dan pendapat saya jika memang itu benar terjadi sikap yang sebaiknya kita tunjukan adalah menerima mereka dengan senang hati, menyambut mereka dengan baik, dan memperlakukan mereka dengan baik. Dan kita juga harus tetap memperlakukan mereka dengan layak. Bersama para Masyarakat dan pengungsi kita juga bisa berbagi serta berkontribusi untuk daerah setempat, kontribusi itu bisa seperti melakukan kegiatan donor darah, melakukan kegiatan menanam pohon bakau, melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, mengajarkan bahasa inggis dan computer kepada siswa dan mahasiswa local, melakukan kegiatan pertukaran budaya kepada orang local lewat seni, budaya, acara pameran, dan juga kuliner. Dan para pengungsi jiga dapat mempelajari budaya daerah setempat, semisalnya ada pengungsi dari Ukraina yang datang ke bali, mereka dapat mempelajari budaya-budaya di bali, selain itu mereka secara langsung dapat melestarikan budaya kita di bali, bahkan mereka juga dapat membawa budaya kita sampai ke negara asal mereka. Dan orang-orang di bali juga dapat merasakan budaya-budaya, seni hingga kuliner khas yang ada di Ukraina.</br>Jadi dengan adanya konflik di ukraina yang masih berlangsung hingga sekarang pun dan masih menjadi issue global, masih banyak juga pengungsi dari ukraina yang belum bisa balik ke negara asal mereka, dan jika penduduk dari Ukraina melakukan pengungsian ke indonesia sikap terbaik yang bisa kita tunjukan kepada para pengungsi yang datang ke daerah kita semisalnya mereka memang melakukan pengungsian ke Indonesia seperti dengan menyambut mereka dengan baik, memperlakukan mereka dengan layak, dan merangkul mereka bersama-sama. karena kita juga bisa mengajak para pengungsi untuk melakukan kegiatan sosial dan mereka juga bisa membantu kita melestarikan budaya daerah kita dengan car akita sebagai masyarakat local mengajarkan mereka budaya-budaya kita. Pada intinya kita harus tetap menghargai mereka, memperlakukan mereka dengan baik, bersikap ramah, dan kita juga harus bisa menerima perbedaan yang ada di antara kita sebagai warga local dan mereka sebagai pengungsi. Dan dengan ini harapan saya adalah Konflik yang terjadi di Ukraina cepat terselesaikan dan juga para penduduk Ukraina yang sedang mengungsi juga bisa kembali ke negeri mereka dan melepas rindu mereka dengan negeri kelahiran mereka.</br> </br> </br> </br> Daftar Pustaka</br>Akbar, Taufik,S.IP.,M.A. dan Dwijayanti, Riski,S.E,MGPP. 2022. Upaya Penanganan Pengungsi Luar Negeri Di Indonesia. https://setkab.go.id/upaya-penanganan-pengungsi-luar-negeri-di-indonesia/#:~:text=Per%20September%202021%2C%20UNHCR%20mencatat,di%20Indonesia%20mencapai%2013.273%20orang. Diakses pada 15 Mei 2022 pukul 12.00</br>CNBC Indonesia. 2022. Lebih Dari 5 Juta Warga Ukraina Mengungsi, Ke Mana Saja?. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220420191901-4-333356/lebih-dari-5-juta-warga-ukraina-mengungsi-ke-mana-saja. Diakses pada 15 Mei 2022 pukul 13.25</br>Cahyani, Dewi Rina. Tempo.Co. 2022. Perang Rusia Ukraina, 198 Korban Tewas dan Ribuan Luka-Luka Termasuk Anak-Anak. https://dunia.tempo.co/read/1565092/perang-rusia-ukraina-198-korban-tewas-dan-ribuan-luka-luka-termasuk-anak-anak. Diakses pada 17 Mei 2022 pukul 17.19anak. Diakses pada 17 Mei 2022 pukul 17.19)
  • Balastik (Bakti Lingkungan)  + (Permasalahan tersebut rencana aksi yang daPermasalahan tersebut rencana aksi yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penumpukan sampah plastik tersebut adalah dengan menjadikan sampah plastik tersebut menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis melalui pembentukan perkumpulan pemuda atau bisa disebut dengan UKM atau usaha kecil menengah yang khusus bergerak dalam produksi kerajinan berbahan sampah yang nantinya dapat bernilai ekonomis manfaat dari pembentukan UKM adalah mengurangi penumpukan sampah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini menciptakan para generasi muda yang lebih kreatif dan inovatiferasi muda yang lebih kreatif dan inovatif)
  • Literature ``BALI ASRI``  + (Pernah enggak semeton terusik dengan sampPernah enggak semeton terusik dengan sampah ?.</br>Kalau pernah kita satu golongan. mengapa banyak banget sih sampah di bali ?.</br></br></br> Jadi kita menduduki peringkat (8) penghasil sampah terbanyak di Indonesia.</br>Pantesan banyak banget rasanya sampah di bali .jadi banyak masalah yang dihasilkan oleh sampah. perlunya menjalankan (3R) yaitu: mengurangi, menggunakan ulang ,dan mendaur ulang .sehingga kita juga perlu banyak tempat² sampah agar mengurangi membuang sampah sembarangan,dan nantinya bisa di ambil oleh petugas pengelola sampah.</br></br> Ayok semeton bali kita harus bisa mengurangi sampah² di bali , hingga nantinya pariwisata semakin maju , hingga nantinya pariwisata semakin maju ,)
  • PERNIKAHAN DINI MENGANCAM BAL  + (PERNIKAHAN DINI MENGANCAM BALI Bapak ibu mPERNIKAHAN DINI MENGANCAM BALI</br>Bapak ibu maupun saudara dan teman teman ku sekalian Jika saya meihat wajah anda semua </br>sepertinya kita masih sebaya, mungkin dikisaran belasan tahun yang masih bau kencur. Sama, saya juga </br>masih umur 20 tahun Melihat teman sebaya kita yang menikah diusia tersebut yang hamil diluar nikah, </br>apakah pantas untuk kita. Teman-teman, kita sebenarnya punya masa depan. Masa depan itu </br>sebenarnya ada di genggaman kita. Melalui langkah demi langkah kita sekarang inilah masa depan itu </br>bisa sampai ke kita. Dan masa depan itu milik kita. Kita punya masa depan yang musti ditata, meski </br>tuhan telah memiliki rencana. Setiap manusia wajib berusaha dan berdoa. Nah, usaha, prilaku dan apa </br>yang kita lakukan saat ini akan berpengaruh pada masa depan kita. Termasuk jika kita menikah dini.</br>Tentu ada sisi positif dan negatif jika kita melakukan hal ini. Sisi negatif datang dari pelanggaran </br>hukum yang kita lakukan. Sementara positifya kita bisa menhalalkan pasangan kita dan terjauh dari </br>ancaman dosa. Tapi pernah kah kalian memikirkan masalah ekonomi, kesehatan stunting, anak putus </br>sekolah yang kian meningkat hari demi – hari. Beragam permasalah muncul akibat dari ketidak </br>mampuan untuk menafkahi keluarga. Begitu di pulau dewata ini yang mana ada pepatah mengatakan </br>“sing beling sing naganten” hal ini merujuk pada masayarakat yang mengutamakan hamil diluar nikah </br>yang sering kita jumpai di anak usia yang masih belia.</br>Bali yang beragam budaya yang memiliki beragam seni apakah layak mengenakan pakain </br>terbuka, saya tahu bahwa zaman yang serba bebas ini banyak anak muda yang melakukan hubungan </br>seksual diluar nikah, banyak yang berpakaian terbuka yang hanya mementingkan nafsu belaka. </br>Sesuaikah dengan ajaran agama hindu , pikirkan itu! Akan kemana masadepan bali ini akan kemana seni </br>ini bahkan taksu bali akanluntur nantinya hanya karena kita yang hanya mementingkan nafsu belaka dan </br>memilih cepat cepat untuk menikah, pikirkan itu!h cepat cepat untuk menikah, pikirkan itu!)
  • Ngwangun malih titi pengancan kewagedan  + (Perpustakaan sering kali dianggap sebagai Perpustakaan sering kali dianggap sebagai jembatan menuju pengetahuan, tempat di mana individu dapat menemukan pelajaran, inspirasi, dan hiburan. Namun, di Kota Denpasar, Bali, perpustakaan menghadapi sejumlah permasalahan yang menghambat akses masyarakat terhadap sumber daya intelektual yang berharga ini. Dengan pengalaman dan cerita dari penduduk setempat, kita dapat memahami betapa pentingnya untuk mengatasi tantangan ini dan membangun kembali fondasi perpustakaan sebagai pusat pembelajaran yang inklusif dan efektif.</br></br>Salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh perpustakaan di Kota Denpasar adalah jadwal operasional yang tidak konsisten. Banyak perpustakaan hanya buka selama jam kerja biasa, bahkan pada hari-hari kerja, membuat sulit bagi pekerja atau pelajar yang memiliki jadwal yang sibuk untuk mengunjunginya. Bahkan, beberapa perpustakaan bahkan tutup pada akhir pekan, saat banyak orang memiliki waktu luang untuk belajar atau menikmati bacaan. Hal ini menyebabkan frustrasi dan mengurangi minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas perpustakaan.</br></br>Selain itu, layanan yang tidak responsif dan kurangnya komunikasi efektif juga menjadi kendala. Banyak pengunjung merasa bahwa pegawai perpustakaan kurang ramah dan tidak siap untuk memberikan bantuan. Pengalaman Sekar, seorang penduduk setempat, mencerminkan pengalaman umum di mana permintaan sederhana seperti mencari password wifi atau prosedur pendaftaran anggota tidak ditanggapi dengan baik. Hal ini menghasilkan pengalaman yang menyulitkan dan mengurangi motivasi untuk kembali ke perpustakaan.</br></br>Selain itu, kurangnya informasi tentang jadwal operasional dan layanan perpustakaan juga menjadi masalah. Banyak perpustakaan tidak secara aktif memperbarui informasi mereka di platform online seperti Google Maps, membuat sulit bagi masyarakat untuk mengetahui kapan perpustakaan buka atau tutup. Hal ini menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian, terutama bagi mereka yang tidak tinggal dekat dengan perpustakaan atau memiliki akses terbatas ke internet.</br></br>Untuk mengatasi permasalahan ini, langkah-langkah konkret perlu diambil oleh pemerintah dan pihak terkait. Pertama-tama, perpustakaan perlu memperluas jadwal operasional mereka, termasuk membuka pada akhir pekan dan di malam hari untuk menjangkau lebih banyak orang. Ini akan memberi kesempatan bagi individu dengan jadwal yang padat untuk mengakses sumber daya perpustakaan.</br></br>Selain itu, pelatihan bagi staf perpustakaan dalam hal layanan pelanggan dan komunikasi efektif juga penting. Pegawai perpustakaan harus dilengkapi dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan bantuan yang ramah dan responsif kepada pengunjung. Ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih menyambut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan fasilitas perpustakaan dengan lebih nyaman.</br></br>Tidak kalah pentingnya, perpustakaan harus meningkatkan upaya mereka dalam menyebarkan informasi tentang layanan dan jadwal operasional mereka. Ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk media sosial dan situs web perpustakaan. Dengan memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses, perpustakaan dapat membangun kembali kepercayaan masyarakat dan meningkatkan partisipasi mereka.</br></br>Dengan langkah-langkah ini, perpustakaan di Kota Denpasar dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam memberikan akses terhadap pengetahuan dan mendukung pembelajaran sepanjang hayat bagi masyarakatnya. Dengan memperbaiki sistem dan layanan mereka, perpustakaan dapat menjadi pusat pembelajaran yang inklusif dan menginspirasi, membantu membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang. yang lebih cerah bagi generasi mendatang.)
  • Literature Sekala Niskalaning Pamunah Korona  + (Persolan wabah penyakit di Bali tidak dapaPersolan wabah penyakit di Bali tidak dapat dilepaskan dari unsur (niskala) karena beberapa pustaka lontar menyebutkan jika wabah penyakit juga disebabkan oleh hal-hal yang tak kasat mata. Adanya keyakinan bahwa penguasa malam ini marah kepada manusia Bali yang tidak mengikuti aturan, maka pasukan yang diperintahkan akan turun untuk mendatangkan wabah. Sewaktu virus Corona ini belum sampai ke Bali , banyak masyarakat yang berpendapat bahwa Bali tidak akan terkena imbasnya. Masyarakat Bali terkesan menjadi sesumbar dan menganggap bahwa tidak ada tempat seaman di Bali karena senantiasa melakukan yadnya. Oleh karena itu, Tuhan selalu memberikan perlindungan. Cina dianggap sebagai negara yang diaggap malas mengadakan upacara. Tidak seperti yang dilakukan di Bali. Maka dianggap pantaslah negara tersebut kacau akibat wabah. </br></br>Ada pula anggapan yang didasarkan pada keyakinan kuna yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satunya mitos terkait dengan Betara Katon (Anak Agung Oka Geg). Saat masih hidup, konon beliau dapat mengatasi dan menghentikan wabah penyakit hanya dengan sarana mantra. Beliau berdoa di hadapan palinggih prajapati. “Apabila semua pengikut anda ambil, siapa yang akan menghaturkan yadnya di kemudian hari?”. Keyakinan masyarakat Bali yang sangat tipis membuat mereka semakin angkuh. Tuhan seolah-olah sulit memberikan anugerahnya kepada Bali. Berbagai yadnya telah dihaturkan kepada Tuhan untuk memohonkan ketentraman. Kemudian, hanya dengan membuat canang sari satu tanding dijadikan alat penyombong diri. Bagaikan telah mengetahui segalanya tentang hal yang buruk akan datang jika yadnya tersebut tidak lagi dihaturkan. Selain itu, masyarakat Bali lupa menginstropeksi diri dan merasa paling benar.</br> </br>Kemajuan teknologi dan mudahnya memperoleh akses internet menambah kesan kengkuhan manusia Bali yang terburu-buru merasa paling tahu. Apa pun yang diperoleh dari media daring sangat mudah untuk dipercaya. Pemerolehan informasi yang begitu cepat mengenai Virus Corona hanyalah wabah biasa yang tidak akan mampu mengacaukan kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa terserang wabah demam berdarah, tipus, malaria, dan yang lainnya sangat mudah dipercaya. </br></br>Ada pula kabar bahwa Virus Corona tidak akan dapat hidup pada suatu tempat yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Kabar yang demikian justru sangat cepat dipercaya oleh masyarakat. Akan tetapi, jika ada seseorang yang memberikan himbuan untuk memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun, malahan terkadang himbauan tersebut tidak dihiraukan dengan baik. Demikianlah sebagian perilaku masyarakat Bali saat ini. Mudah sekali percaya pada isu-isu yang tak pasti dan mengabaikan nilai-nilai kebenaran. Hidup mati ini malah dijadikan bahan candaan. Perilaku yang tidak waspada ini mungkin hanya sebagain kecil saja. Apabila diamati dengan baik, himbauan pemerintah mengenai aturan agar tidak ke luar rumah justru tidak terlalu dihiraukan. Seringkali masyarakat justru acuh dan tidak mengikuti instruksi-instruksi tersebut. </br></br>Saat masyarakat merasa semakin terdesak, banyak orang kemudian mengaku mendapatkan petunjuk mengenai yadnya yang hendaknya dihaturkan untuk memusnahkan wabah penyakit. Petunjuk-petunjuk tersebut diperoleh dari warga kesurupan yang terjadi di pasar-pasar, bahkan konon mendapatkan petunjuk di pura-pura. Tidak hanya demikian, banyak masyarakat yang mengaku mendapatkan petunjuk dari Tuhan agar sungsungan warga yang berupa tapakan tersebut turun menari (nglawang) sehingga dapat menghalau wabah penyakit. Menangapi petunjuk yang demikian, hendaknya masyarakat justru lebih cermat, bagaikan sudah tidak ada pilihan lain lagi. Ada saja rasa ragu, jika keputusan yang dilakukan pada akhirnya akan mendatangkan malapetaka. </br></br>Apabila salah dalam menjalankan upaya menanggulangi penyebaran Virus Corona, maka masyarakat yang hanya bisa mengkritik akan dengan sangat mudah untuk menyalahkan. Kemampuan yang rendah dalam menanggapi sesuatu, justru akan mendatangkan malapetaka, ibarat orang buta yang sedang menari. Akan tetapi, jika benar-benar wabah menyerang barulah rasa takut dan puja tiada henti dipersembahkan kepada Tuhan. </br></br>Pada awalnya, banyak desa pakraman memberikan pengarahan yang berbeda-beda mengenai upakara yang akan dihaturkan kepada Sang Pencipta. Ada pula yang tidak mendapatkan pengarahan apa pun. Bahkan, sering kali masyarakat yang tidak mendapatkan pengarahan hanya ikut-ikutan menjalankan pengarahang yang diperolehnya dari desa lain. Jika tidak demikian, sering kali informasi didapatkan dengan menghandalkan media sosial. Oleh karena itu, pada masing-masing perumahan dipasang sarana penangkal wabah penyakit. </br></br>Walapun sulit memperoleh pemasukan, masyarakat dengan ikhlas membagi penghasilannya untuk membeli sarana upakara. Menghadapi persoalan yang demikian, pemrintah mengirimkan surat kepda Bendesa Agung dan juga kepada para kepala desa di seluruh Bali. Adapun isi suratnya yaitu agar para kepala desa dapat menghimbau masyarakat agar menghaturkan upakara (pajati) dan kelapa kuning (bungkak) untuk dihaturkan sampai wabah penyakit ini pergi. Sementara itu, untuk upakara yang dihaturkan pada Buta adalah berupa nasi wong-wongan dengan ulam, berwarna, dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, banyak juga masyarakat yang menganggap nasi-wong-wongan tersebut sebagai suatu hal yang aneh. Mungkin saja karena warnanya dianggap lucu, apalagi saat di unggah di media sosial. Pada akhirnya, nasi wong-wongan yang disarankan tersebut hanya menjadi bahan candaan. Bahkan, tidak sedikit orang yang mencemooh. </br></br>Sementara itu, pasca perayaan Nyepi tahun ini, banyak pemuda-pemudi yang membicarakan mengenai batalnya pengarakan ogoh-ogoh pada Pangrupukan. Reaksinya beragam, di antaranya ada yang membakar ogoh-ogoh langsung di tempat mereka memajangnya. Pemerintah kemudian dituding tidak menghargai seni budaya. Apabila diamati kembali, para pemuda saat pangrupukan tidak memaknai ogoh-ogoh tersebut ibarat memusnahkan musuh di dalam diri. Justru banyak pemuda yang hanya ingin mabuk-mabukan, menghidupkan musik terlalu keras, dan menjadi ajang unjuk kekuatan saat bersorak mengarak ogoh-ogoh. Pada akhirnya hanya akan menciptakan keributan dan perkelahian. </br></br>Umumnya, perilaku masyarakat khususnya para pemuda tidaklah banyak berubah pasca ogoh-ogoh tersebut di bakar. Warga lainnya justru merasa sedih karena ada aturan jika tidak diperkenankan membuat yadnya dengan beramai-ramai atau berkerumun. Pada saat upacara piodalan, para umat yang ingin sembahyang ke pura-pura dibatasi dan berbagai upacara besar dibatalkan. Walapun ada saja yang melakukan pelanggaran dengan tetap melakukan upacara seperti biasanya, maka tidak diperkenankan untuk membawa gawai. Tujuannya agar upacara yang tetap digelar dalam keramaian tersebut tidak sampai tersiar ke desa lain. Apabila ada kematian, mayat terebut diupacara dengan upakara yang sederhana. Demikian pula, untuk acara pernikahan hanya boleh dihadiri oleh keluarga inti dari kedua belah pihak saja. Banyak orang yang beranggapan bahwa menikah di masa seperti sekarang ini merupakan perilaku yang cerdik. Keinginan yang kurang menyetujui pelaksanaan yadnya pada masa pandemik seperti saat ini mencirikan, bahwa banyaknya manusia Bali yang belum terbiasa menjalankan inti sari dari pelaksanaan yadnya. Seringkali justru merasa terbebani untuk urusan di dunia. Upacara yang dibuat dengan cara yang nista (paling sederhana) sehingga seringkali disebut miskin. Banyak yang belum memahami bahwa kata nista berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu ista berarti inti. </br>Ada juga rencana dari salah instruksi dari instansi pemerintah agar masyarakat Bali melaksanakan nyipeng pada sasih kadasa. Instansi terkait yang memberikan instruksi tersebut menegaskan bahwa pelaksanaan nyipeng ini didasarkan dengan berbagai pertimbangan sehingga upaya ini secara sakala dapat memutus penularan wabah penyakit. Sementara itu, secara niskala masyarakat hendaknya menyucikan perumahan masing-msing dan menghaturkan yadnya untuk para Buta. Berbagai usaha yang dilakukan tentu akan mendatangkan tanggapan yang positif dan ada pula yang menanggapinya secara negatif. </br></br>Adapun masyarakat yang menanggapi positif dan membenarkan instruksi tersebut adalah kebanyakan orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Walaupun tidak ke luar dari rumah, tetapi tetap mendapatkan gaji. Namun, sebaliknya bagi masyarakat yang bekerja hanya dengan mengandalkan upah harian. Apabila tidak ke luar rumah untuk bekerja, maka tidak akan mendapatkan gajih. Anggapan masyarakat yang bertolak belakang demikian mencirikan manusia Bali masih bingung membedakan usaha secara sekala dan niskala dalam mengatasi wabah virus corona. Dalam pustaka-pustaka kuna memang disebutkan bahwa hal-hal yang bersifat nyata di dunia juga didasari oleh hal-hal yang bersifat maya. Untuk itulah, baik secara sekala maupun niskala hendaknya dijalankan secara seimbang yang dimulai dari antisipasi secara sekala. Seperti memperoleh air bersih yang bersumber dari tanah, maka perlu untuk menggalinya terlebih dahulu. Hal ini terkait dengan peristiwa sejarah, saat Presiden Soekarno mulai menggali Pancasila (pada 1 Juni 1945), yang mengarah pada keyakinan metafisik (niskala) yaitu ‘Ke-Tuhanan yang berkebudayaan’ diletakkan dibagian akhir. Urutan yang demikian tidak lah keliru karena apabila belum tuntas pada hal-hal di dunia, maka akan menjadi cukup sulit untuk menuntaskan hal-hal yang bersifat keyakinan atau metafisik (niskala).</br>Seperti kondisi saat ini, banyak sekali masalah yang perlu diatasi. Contoh sederhanyanya yaitu saat melakukan penyemprotan disinfektan yang justru banyak terjadi kekeliruan. Masih banyak petugas yang menyemprotkan disinfektan hingga mengenai kulit dan terkadang hingga terciprat ke bagian wajah. Konon disinfektan tersebut justru dapat menimbulkan penyakit lainnya, apabila mengenai tubuh. Demikian pula, dengan penyemprotan yang asal-asalan. Misalnya saja menyemprot disinfektan ke aspal dan juga semak belukar. </br> </br>Masyarakat yang mengeluh karena merasa interaksi sosialnya dibatasi karena aturan pemerintah, sebaliknya justru memutuskan hubungan karena percaya dengan isu-isu yang tersebar. Misalnya, sanak saudara yang baru kembali dari luar negeri dianggap membawa dan dapat menularkan virus corona. Bahkan yang memprihatinkan yaitu masyarakat yang akan berobat justru dihadang di jalan. Hal ini sangat menyedihkan, pasalnya sebagian orang hanya bisa mengusir dan menghalangi orang yang terkena wabah, tetapi urung memberikan bantuan dan jalan ke luar yang baik. Rasa persaudaraan tersebut hendaknya dipelihara dengan meningkatkan rasa peduli terhadap orang lain. Orang yang berkecukupan hendaknya berbagi dengan saudara yang kurang mampu. Bukan justru sebaliknya, orang yang mampu justru menjadi kikir, bahkan menjadi serakah. Banyak para pekerja pemerintahan yang tidak ikhlas ketika ada wacana bahwa gaji para pekerja akan dipotong sebagian untuk mengatasi wabah. Demikian pula dengan beberapa pekerja yang melakukan kebohongan dengan berpura-pura miskin, sehingga mendapatkan bantuan dari pemerintah. </br></br>Adanya bencan wabah penyakit ini hendaknya dijadikan momentum untuk kembali merenung tentang diri sendiri. Keangkuhan karena memiliki limpahan harta dan kekayaan hendaknya dihilangkan. Dunia sekala yang sudah dicemari dengan perbuatan-perbuatan tidak baik harus segera dibenahi agar kembali bersih. Dengan demikian, maka dunia niskala dapat mengusir bencana wabah penyakit.ala dapat mengusir bencana wabah penyakit.)
  • garbage to public  + (Pertama kali saya di Bali saya merasa senaPertama kali saya di Bali saya merasa senang tetapi saya mendapatkan banyak sampah plastik berserakan di jalan-jalan dan anak muda di Bali kebanyakan cuek dengan sampah ini padahal sampah plastik banyak menimbulkan masalah dari tahun ke tahun, saya ingin banyak generasi muda agar sadar akan bahaya di masa depan membuang sampah plastik sembarangan depan membuang sampah plastik sembarangan)
  • Sang Bhuta Edan  + (Pertama-tama terlihat Bhuta Tog-tog Sil, bPertama-tama terlihat Bhuta Tog-tog Sil, babutan (makhluk angkara) dengan wujud mata yang besar menghakimi atma tattwa (atma yang menyalahgunakan pengetahuan tattwa) dan atma curiga (atma yang penuh curiga, mencurigai yang tidak patut dicurigai). Disebelahnya, Bhuta Naya (raksasa yang kadang tampak kadang tidak nampak) bersama-sama Bhuta Celeng, babutan berbentuk babi menghukum atma yang sewaktu di mayapada berprilaku buruk, jahat. Tak jauh dari itu, tampak Bhuta Abang, babutan yang berwujud raksasa berkulit merah menyala sedang menggotong atma lengit, atma yang semasa hidupnya malas bekerja, akan dicemplungkan ke bejana besar dengan air mendidih yang disebut kawah gomuka.an air mendidih yang disebut kawah gomuka.)
  • Niaga Mandiri Pertanian  + (Pertanian berkelanjutan (Berococok tanam dan memasarkan produk pertanian organik))
  • Strengthening social capital for agricultural development, lessons from Guama, Bali, Indonesia  + (Pertanian memegang peran yang signifikan tPertanian memegang peran yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Di Provinsi Bali, pemerintah lokal telah menerapkan program pembangunan pertanian melalui sistem subak, yaitu sistem pengelolaan pertanian secara tradisional oleh warga desa adat. Namun, subak menghadapi sejumlah permasalahan yang disebabkan oleh rendahnya pendapatan petani dari bercocok tanam padi. Karya ilmiah ini memaparkan kinerja aspek modal sosial dari sistem subak dan mengidentifikasi upaya-upaya untuk menguatkan modal sosial dalam pembangunan sektor pertanian. </br>Penelitian ini memilih Subak Guama sebagai lokasi penelitian karena pemerintah lokal menjadikan Guama sebagai proyek percontohan pada tahun 2002. Data penelitian diperoleh dari survei dan observasi terhadap sejumlah informan kunci dan sampel. Data kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa modal sosial di dalam sebuah sistem subak terdiri atas rasa saling percaya, norma sosial, dan jaringan sosial. Ketiga elemen dimaksud berjalan secara simultan pada sektor pertanian, irigasi, dan agribisnis, termasuk juga pada upacara ritual di sistem subak. Aspek modal sosial di subak untuk pembangunan pertanian, khususnya pertanian padi, dapat diperkuat dengan: 1) menjalankan program perluasan dan pelatihan untuk mempertahankan agribisnis petani, 2) menyediakan stimulus ekonomi untuk mendorong para petani dalam mempertahankan aktivitas agribisnisnya, 3) memfasilitasi kerjasama antara subak dengan institusi agribisnis lainnya.subak dengan institusi agribisnis lainnya.)
  • Bali Organic Corner  + (Pertanian organik (Kebun organik dan pemasaran produk pertanian organik))
  • Topeng Pajegan  + (Pertunjukan Topeng Pajegan merupakan sebuaPertunjukan Topeng Pajegan merupakan sebuah drama upacara yang dimainkan oleh seorang penari yang membawakan sebuah cerita dengan menampilkan sederet tokoh bertopeng dengan watak berbeda.</br></br>Unsur upacara menjelma pada tokoh yang muncul terakhir, yaitu Sidakarya yang berwajah putih, bergigi tonggos menyeringai, dan berambut panjang acak-acakan.</br></br>Sidakarya berarti telah menyelesaikan segalanya dengan sempurna atau yang dapat melakukan tugas. Di akhir pertunjukan, ia melakukan upacara pemberkatan dengan menabur uang logam (sekar ure) ke arah penonton, dan “menculik” anak kecil yang akan “dipersembahkan” kepada dewa pura sebelum akhirnya dilepaskan.</br></br>Topeng Pajegan pertama kali digelar di Gelgel sekitar tahun 1665 sampai 1668, menggunakan topeng yang dibawa ke Bali dari Jawa sebagai rampasan perang akhir abad ke-16. Pertunjukan topeng tersebut diciptakan sebagai penghormatan kepada I Gusti Pering Jelantik, patih Gelgel saat itu.ti Pering Jelantik, patih Gelgel saat itu.)
  • Pagelaran Pembukaan Pesta Kesenian Bali 2022  + (Pesta Kesenian Bali 2022 mengambil tema “DPesta Kesenian Bali 2022 mengambil tema “Danu Kerthi – Huluning Amreta”, Memuliakan Air Sumber Kehidupan” dan berlangsung selama 1 bulan penuh di Art Centre Denpasar.</br></br>Tahun ini melibatkan 16.150 seniman dan 200 sanggar, sekaa dan komunitas seni. Materi pokok adalah Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).</br></br>Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara resmi melepas Peed Aya (Pawai) Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 pada Minggu, 12 Juni 2022 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi Renon Denpasar.n Rakyat Bali Bajra Sandhi Renon Denpasar.)
  • Bali Arts Festival 2023  + (Pesta Kesenian Bali 2023 akan segera kembaPesta Kesenian Bali 2023 akan segera kembali digelar. Banyak orang yang menanti acara kesenian meriah ini. Bali dengan keragaman budaya dan seninya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Pesta Kesenian Bali atau yang sering disebut dengan PKB. Menariknya, Pesta Kesenian Bali 2023 nanti akan dibuka dengan pawai dan Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri lah yang dijadwalkan membuka pawai tersebut. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengawali rangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) akan dilaksanakan Peed Aya (Pawai). Pemerintah Provinsi Bali tetap akan mengambil lokasi di depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar.</br></br>Tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, PKB 2023 akan berlangsung sebulan dari 18 Juni-16 Juli 2023. Berdekatan dengan masa libur sekolah, acara ini tak pernah sepi pengunjung, baik tamu lokal ataupun tamu asing. Terdapat 10 materi kesenian yang akan ditampilkan pada rangkaian PKB tersebut yakni Pawai, Pergelaran, Parade, Lomba, Bali World Culture Celebration (Perayaan Budaya Dunia), Pameran, Lokakarya, Sarasehan, Penghargaan Pengabdi Seni, dan Pekan Kebudayaan Daerah. Hal yang menjadi sorotan adalah untuk tahun ini terdapat peningkatan keterlibatan seniman yang diperkirakan jumlahnya mencapai 18.974 seniman, mencakup Pergelaran (9.670 orang), Parade (7.885 orang), Lomba (1.319 orang), dan Pameran (100 orang). Dengan jumlah keterlibatan yang tidak sedikit, pastinya akan selalu ada penampilan serta karya baru serta inovatif dari para seniman yang turut berpartisipasi dalam acara seni terbesar di Pulau Dewata ini.</br></br>Pesta Kesenian Bali 2023 mengusung tema Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi atau Samudera Cipta Peradaban yang berarti upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban. Sebagai warga Bali kita patut bersyukur karena tinggal di Pulau yang kaya akan seni. Kita sebagai warga Bali harus selalu menjaga tradisi dan kebudayaan yang kita miliki agar tidak punah. Terkhususnya untuk para generasi muda agar turut melestarikan dan mencintai budaya Bali!ut melestarikan dan mencintai budaya Bali!)
  • Pawai Pesta Kesenian Bali 2022 "Danu Karthi ː Huluning Amreta"  + (Pesta Kesenian Bali XLIV Tahun 2022 menganPesta Kesenian Bali XLIV Tahun 2022 mengangkat tema: Danu Karthi: Huluning Amreta yang dimaknai Memuliakan Air Sumber Kehidupan.</br></br>Pesta Kesenian Bali Tahun ini menampilkan 8 materi pokok yakni : Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Workshop/ Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).</br></br>PKB XLIV Tahun 2022 dirangkaikan dengan penyelenggaraan Bali World Culture Celebration (BWCC) dan Jantra Tradisi Bali, yang penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersamaan, simultan dan konfrehensif, sehingga menjadikan gaung PKB sebagai festival budaya terbesar semakin semarak, agung dan mendunia.</br></br>Bali World Cultural Celebrations (Perayaan Kebudayaan Dunia di Bali) merupakan kegiatan apresiasi budaya dalam upaya mewujudkan bali sebagai Pusat Kebudayaan Dunia (Bali Padma Bhuana). Kebesaran dan kemegahan Kebudayaan Bali kini telah mendapat pengakuan dunia sehingga melalui pintu Kebudayaan daya saing Bali dan Indonesia dapat dipertaruhkan.</br></br>Jantra Tradisi Bali merupakan kegiatan apresiasi budaya untuk penguatan dan pemajuan kearifan lokal, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, pengobatan tradisional, permainan rakyat, serta olahraga tradisional.</br></br>Selain itu Kandarupa (Pameran) sebagai serangkaian Pesta Kesenian Bali XLIV juga diadakan tahun ini melalui tema "DANU-HULU-MANU (Susastra Lelaku Air Cipta Rupa)" bertempat di :</br>- Museum Puri Lukisan</br>- Museum Neka</br>- Gedung Kriya Taman Budaya</br>- Museum ARMA - Gedung Kriya Taman Budaya - Museum ARMA)
  • Babi Guling and Samsam Efforts, Support Local Pig Farmers Aim to Support Bali's Economic Improvement during the Pandemic  + (Peternak Babi Lokal banyak kita temui di dPeternak Babi Lokal banyak kita temui di daerah Bali. Daging babi banyak digunakan masyarakat bali untuk upacara maupun dikonsumsi. Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak masyarakat Bali tidak bekerja dan kembali ke Desa. Guna meningkatkan perekonomian Bali di masa pandemi, Usaha Babi Guling dan Samsam dapat menguntungan sektor peternak hulu hingga hilir yaitu pedangang kuliner.hulu hingga hilir yaitu pedangang kuliner.)
  • Game Android Edukasi Basa miwah Aksara Bali "Petualangan Putri"  + (Petualangan Putri adalah game 2d platformePetualangan Putri adalah game 2d platformer yang memberikan nuansa baru dalam pengenalan dan pembelajaran Aksara Bali.</br>Pemain yang memainkan game ini bisa belajar mengingat Aksara Bali, memecahkan puzzle dan quis serta berpetualang karena akan ada banyak mekanisme yang berkenaan dengan Aksara Bali untuk melewati rintangan.ngan Aksara Bali untuk melewati rintangan.)
  • Satuan Pregina  + (Phyllis Spira mulai menari pada usia empat tahun. Itu adalah awal dari perjalanan hidupnya menjadi salah satu Prima Ballerina Afrika Selatan.)
  • Having money has power  + (Pikir saya ya, kalau kamu punya uang, kamuPikir saya ya, kalau kamu punya uang, kamu punya kuasa. Tapi bagiku tidak. Pokoknya, jika kamu mau jadi pemimpin, jadilah pemimpin yang benar-benar berkualitas, pemimpin yang benar memiliki visi misi jelas, kreatif, inovatif, inspiratif, menjalankan pemerintahan yang demokratis, tidak otoriter apa lagi korupsi. Di masa kampanye, gembar-gembor berjanji, setelah menjabat, seketika lupa dengan janji.elah menjabat, seketika lupa dengan janji.)
  • Plastic X Change Bali  + (Plastic X Change adalah gerakan yang berkesinambungan yang memberdayakan masyarakat untuk mengubah kebiasaan dalam penanganan sampah melalui penukaran yang bermartabat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat)
  • BASAbali WIKI, A DIGITAL PLATFORM FOR EVERYONE  + (Platform BASAbali Wiki di tahun ini sudah Platform BASAbali Wiki di tahun ini sudah banyak dikenal di kalangan milenial. Seperti yang kita ketahui Bahasa Bali sudah jarang diminati oleh kaum melenial. Penggunaan Bahasa Bali di kalangan remaja sudah semakin terkikis. Bahasa Bali yang merupakan bahasa daerah patut kita banggakan sebagai masyarakat Bali. Bali sebagai pulau yang dikenal hingga ke pelosok dunia tentunya menjadi destinasi pariwisata yang sudah mendunia. Selain kebudayaan dan pariwisata yang menjadi incaran para wisatawan kini perlu kita kembangkan Bahasa Bali dalam hal destinasi bagi para wisatawan.</br>Melalui situs bahasa dan budaya, yaitu BASAbali Wiki ini dapat diupayakan pengembangan Bahasa Bali bagi semua kalangan, dari yang muda hingga tua. Tidak hanya di kalangan muda dan tua, tetapi menurut saya melalui BASAbali Wiki ini yang sudah dapat diakses oleh banyak orang bahkan mendunia. Aplikasi BASAbali Wiki yang sudah berbasis android ini sangat memberi kemudahan semua kalangan mempelajari bahasa dan budaya Bali. Dengan aplikasi ini sudah merupakan suatu cara dan kebanggaan kita melestarikan Bahasa Bali sebagai bahasa lokal. Dengan penggunaan aplikasi BASAbali Wiki yang diketahui dapat diakses hingga 80 negara itu merupakan sebuah kebanggaan kita sebagai masyarakat Bali. </br>Adanya BASAbali Wiki ini sudah pasti akan mendorong banyak masyarakat Bali untuk berpartisipasi pada isu isu sipil yang ada. Menurut saya situs BASAbali Wiki ini sangat menarik untuk mendapatkan semua hal terkait isu-isu sipil terkini di dalam jangkauan terbaru. Fitur ini sangat membantu saya untuk mengetahui apapun keadaan terkini yang terjadi di lingkungan sosial dan budaya kita. Oleh karena itu, dengan bangga sebagai masyarakat Bali, saya mengajak semua masyarakat yang sudah menggunakan android mengakses BASAbali Wiki untuk melestarikan Bahasa Bali sebagai bahasa lokal dalam pencarian berita terkait isu-isu sipil terkini hingga segala hal terkait dengan Bali yang tersedia dan dikemas secara rinci serta mudah diakses di mana pun dan kapan pun melalui BASAbali Wiki.a pun dan kapan pun melalui BASAbali Wiki.)
  • OTHER THAN WIKITHON, WIKIMEDIA SHOULD ALSO DEVELOP  + (Platform BASAbali Wiki sesungguhnya sudah Platform BASAbali Wiki sesungguhnya sudah bagus karena dikembangkan menggunakan 3 bahasa, yakni bahasa Bali, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Ketertarikan saya berpartisipasi dalam isu-isu sipil melalui platform BASAbali Wiki karena adanya ajang Wikithon dalam Platform BASAbali Wiki. Melalui Wikithon ini, saya tergugah mengikuti perkembangan isu-isu sipil yang diangkat sebagai tema/topik dalam Wikithon. Tidak hanya saya, publik turut serta dapat berpartisipasi walaupun mungkin sekadar berkomentar pada postingan tiap-tiap peserta. Ke depan, selain Wikithon, BASAbali Wiki juga bisa mengembangkan beragam bentuk Wikimedia yang berisi tentang berita-berita aktual yang ditulis dalam 3 bahasa, yakni bahasa Bali, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Hal ini memungkinkan platform BASAbali Wiki akan dikunjungi oleh lebih banyak orang dan diakses oleh orang dari manapun untuk turut berpartisipasi mencermati isu-isu sipil tersebut. Di samping itu, keberadaan platform BASAbali Wiki ini sesungguhnya belum banyak diketahui oleh orang, sehingga perlu disosialisasikan lebih luas lagi dan gencar melakukan program-program kreatif dan kompetitif untuk merangsang publik turut berpartisipasi dalam isu-isu sipil yang diangkat oleh BASAbali Wiki.su sipil yang diangkat oleh BASAbali Wiki.)
  • Episode 01- Singamandawa  + (Podcast episode pertama ini memuat tentangPodcast episode pertama ini memuat tentang kerajaan Singamandawa. Singamandawa adalah nama kerajaan pertama di Bali pada akhir abad kesembilan. Kerajaan ini dibangun oleh Dalem kesari Warmadewa. Dalam podcast ini, Gus Arya membahas tentang beberapa bukti sejarah keberadaan kerajaan ini dan bagaimana sistem dual capital bisa menjadi contoh bagi implementasi Tri Hita Karana.</br></br>Dual capital adalah sistem dua ibu kota yang telah diterapkan pada zaman Bali kuno untuk pembangunan lingkungan berkelanjutan. Ibu kota pemerintahan berbeda dengan ibu kota spiritual. Ibu kota spiritual memelihara sumber air, hutan, pura, dan bahan makanan. Ibu kota pemerintahan adalah pusat ekonomi dan politik. Dengan memproteksi sumber daya alam dalam basis spiritual, kelestarian alam dan keberlangsungan hidup rakyat akan terjamin.eberlangsungan hidup rakyat akan terjamin.)
  • Tree  + (Pohon karya Wayan Suastama. Akrilik di ataPohon karya Wayan Suastama. Akrilik di atas kanvas. Mengeksplorasi tema ‘Hulu-Teben’ filsafat Bali.</br></br>“Orang-orang bergelantungan di dahan pohon, kami bergantung pada pohon untuk hidup. Sebuah pujian untuk pepohonan dan hutan. Garuda, dengan sentuhan gaya Romawi.. mencakup identitas universal.. dari suku hingga Eropa hingga Indonesia dan Asia. Pola asli asli dan perspektif seni Eropa 3d. sejarah juga Hulu. Air mungkin sudah menjadi masalah bahkan sebelum sejarah.” ~Wayan Suastamah bahkan sebelum sejarah.” ~Wayan Suastama)
  • Walakiri Tree  + (Pohon Walakiri merupakan bagian dari seriaPohon Walakiri merupakan bagian dari serial ‘Pohon’ Hitam Putih karya ManButur Suantara. Pohon Walakiri dirilis sebagai cetakan Edisi Terbatas dan ditandatangani oleh artis.</br>Pepohonan Hitam Putih karya ManButur Suantara. Visi keindahan dan puitis ManButur dalam rangkaian tangkapan lanskap Indonesia. Apa yang kamu rasakan ketika melihat bayangan pohon? Saat Anda melihat pantulan dan siluet mereka. Ada sesuatu yang secara intrinsik manusiawi tentang mereka.</br></br>Refleksi Pohon</br></br>Mungkin Anda bisa mengatakan, mungkin sebaliknya. Ada sesuatu yang secara intrinsik seperti pohon tentang manusia. Mengapa kita melihat bayangan kita sendiri pada anak tertua di Bumi. Untuk makhluk hidup tertua di Bumi ini, pohon ada di antara mereka. Mereka membawa kenangan dan darah bumi di pembuluh darah mereka.</br></br>Ada kebenaran mendasar bahwa pohon membawa kehidupan bagi orang lain. Dari saat mereka menjadi benih, hingga batang dan bunganya, tidak ada pemborosan. Dari awal hingga akhir hidup mereka, mereka adalah pemberi bagi dunia.</br></br>Nyoman ‘Butur’ Suantaramberi bagi dunia. Nyoman ‘Butur’ Suantara)
  • Bali police officer dons terrifying ‘Leak’ mask to educate the public on COVID-19 matters  + (Polisi di Kabupaten Badung menggunakan topPolisi di Kabupaten Badung menggunakan topeng sosok dari cerita rakyat Bali dalam upaya kreatif untuk menarik perhatian publik untuk hal-hal yang berkaitan dengan COVID-19, seperti terlihat dalam foto yang beredar di media sosial minggu ini. Menurut laporan, ada seorang perwira polisi terlihat di Pasar Tradisional Sempidi di Badung kemarin, mengenakan kostum celuluk dan sarung tangan dengan membawa cetakan coronavirus untuk meningkatkan kesadaran tentang tindakan pencegahan terhadap COVID-19. Dalam cerita rakyat Bali, Leak (kadang-kadang juga disebut Leyak) adalah tokoh mitologis, diyakini ada dalam bentuk kepala terbang dengan lidah yang panjang dan taring besar, dan isi perut jantung, paru-paru, dan hati manusia masih melekat. . Leak dikatakan berarti "penyihir jahat," sementara celuluk adalah nama yang dikaitkan dengan salah satu dari mereka, seorang bawahan kepada Ratu dari semua Leak, Rangda. Dengan sosok mitologis yang begitu dikenal (dan sering ditakuti) di kalangan masyarakat Bali, penggunaan kreatif tampaknya tepat karena pihak berwenang berharap untuk lebih mendidik masyarakat tentang informasi COVID-19 yang penting minggu ini. Seperti yang terlihat di beberapa posting Instagram, celuluk ini telah berkeliling mendistribusikan topeng dan memberikan informasi dengan pengeras suara di tangan. Menurut Roby Septiadi, yang mengepalai Kepolisian Badung, petugas penegak hukum ditugaskan untuk mendukung gugus tugas COVID-19 dalam hal pencegahan dan meningkatkan kesadaran tentang nasihat pemerintah kepada publik. “Kami berharap adanya peningkatan kesadaran masyarakat, melalui tokoh seluluk ini akan menarik perhatian masyarakat luas untuk menerima informasi,” kata Roby. Dia menambahkan bahwa celuluk telah memperingatkan orang-orang untuk tidak melakukan perjalanan kembali ke kota asal mereka, memanggil mereka yang tidak mengenakan masker wajah, dan memberi tahu mereka tentang protokol kesehatan yang penting. Selain itu, Kepolisian Badung berencana untuk mengambil pendekatan ini ke pasar tradisional lainnya di seluruh kabupaten.</br>"Celuluk akan memperkenalkan dirinya dan mengatakan bahwa [coronavirus] sedang mencari orang-orang yang bepergian ke kota asal mereka, tidak mengenakan topeng, tidak mencuci tangan, dan melanggar nasihat pemerintah," lanjut Roby.elanggar nasihat pemerintah," lanjut Roby.)
  • Gumi Jani  + (politik dinasti merupakan sebuah kekuasaanpolitik dinasti merupakan sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga ( MK 10 Juli 2015 ). Ini juga merupakan ancaman kita sebagai bangsa yang berdemokrasi untuk menjaga cita cita reformasi tahun 1998, dengan adanya isu politik dinasti yang dilakukan oleh presiden ke -7 Republik Indonesia, yakni Bapak Ir. Joko Widodo, yang menjadikan anaknya sebagai calon wakil presdien dan juga ketua umum salah satu partai politik di Indonesia, ini yang melandasi isu yang muncul berupa dinasti politik yang dibangunnya. belum lagi pernikahan antara adik jokowi dan ketus MK membuat presepsi masyarakat mengenai politik dinasti yang dilakukan Jokowi.</br>Kebijakan yang dibuat MK mengenai batas umur Capres, dan Cawapres menjadi sebuah isu yang memperkuat isu politik dinasti ini. Pengangkatan Prabowo sebagai mentri pertahanan yang dilakukan oleh Jokowi, juga merupakan suatu hal yang menguntungkan bagi dirinya ( majalah trempo ). Isu ini terus menjadi topik hangat dimasa tahun politik ini. Pertahanan konstitusi untuk mengatasi ancaman politik dinasti sangat penting, terutama didalam pengawasan KPU, maka demi keberlangsungan demokrasi sangat penting kita melaksanakan demokrasi dengan demokrasi yang sesungguhnyaokrasi dengan demokrasi yang sesungguhnya)
  • Literature Polusi udara  + (Polusi udara sangat menganggu kehidupan.kaPolusi udara sangat menganggu kehidupan.karena banyak nya orang-orang yang melakukan pembakaran dan banyak nya asap kendaraan.kita harus bisa mengurangi menggunakan kendaraan agar sedikit nya asap yg timbul dari kendaraan tersebut.dan kita juga harus membangun kesadaran masyarakat dan kesadaran diri sendiri agar berkurangnya polusi udara.kita harus membangun jiwa-jiwa peduli kita untuk bumi ini.ngun jiwa-jiwa peduli kita untuk bumi ini.)
  • Literature Pondok Mutiara ( Melatih dan memberikan pembelajaran bagi para disabilitas )  + (Pondok Mutiara ( Melatih dan memberikan pePondok Mutiara ( Melatih dan memberikan pembelajaran bagi para disabilitas )</br> </br>Program yang diharapkan adalah PONDOK MUTIARA. Pondok Mutiara adalah tempat yang akan digunakan untuk melatih para disabilitas agar mempunyai keahlian yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari hari. Di Pondok Mutiara para disabilitas akan diajarkan membuat kerajinan yang mempunyai nilai jual seperti sokasi serta bokor ataupun diajarkan tentang seni dan budaya seperti megambel,musik atau menari. Nantinya hal ini akan dijual maupun dipentaskan pada tempat tertentu. Pondok Mutiara memberikan para disabilitas harapan dan tempat yang dapat menerima kekurangan mereka serta mampu memberikan keahlian yang dapat digunakan selamanyaan keahlian yang dapat digunakan selamanya)
  • Eric Buvelot, Portrait  + (Portret pengarang Eric Buvelot oleh Dian Dewi Reich Sawidji Studio.)
  • Mempertahankan Budaya Lokal.  + (Posisi perempuan dalam keluarga keturunan Posisi perempuan dalam keluarga keturunan bali. Mendengar kata itu banyak hal bisa dijelaskan dari perempuan yang tumbuh dalam keluarga bali khususnya di lingkungan keluarga hindu. Tumbuh dan berkembang dalam keturunan hindu, seorang perempuan yang diposisikan sebagai pradana, memiliki peran penting dan tentunya tidak mudah. Sejak kecil dikenalkan dengan budaya yang kental, tradisi warisan leluhur yang telah dipupuk sejak kecil, Perempuan bali dituntut menjadi pribadi yang baik dan ramah dengan sesamanya. Namun dengan perkembangan zaman saat ini, pengaruh budaya asing tidak dapat dipungkiri menyebar luas dilingkungan perempuan bali. Seperti contoh gaya berpakaian dan pola hidup kebarat-baratan mampu menggeser budaya yang sudah ada. Perempuan bali yang dikenal dengan cara berpakaiannya yang anggun dan cantik memiliki ciri khas tersendiri. Perempuan bali yang dikenal mahir menari bali, harapannya sebagai salah satu wanita bali kedepannya tetap mempertahankan budaya dan tradisi turun temurun seiring perkembangan zaman. turun temurun seiring perkembangan zaman.)
  • Ciri Khas Perempuan Bali  + (Posisi perempuan dalam keluarga keturunan Posisi perempuan dalam keluarga keturunan bali. Mendengar kata itu banyak hal bisa dijelaskan dari perempuan yang tumbuh dalam keluarga bali khususnya di lingkungan keluarga hindu. Tumbuh dan berkembang dalam keturunan hindu, seorang perempuan yang diposisikan sebagai pradana, memiliki peran penting dan tentunya tidak mudah. Sejak kecil dikenalkan dengan budaya yang kental, tradisi warisan leluhur yang telah dipupuk sejak kecil, Perempuan bali dituntut menjadi pribadi yang baik dan ramah dengan sesamanya. Namun dengan perkembangan zaman saat ini, pengaruh budaya asing tidak dapat dipungkiri menyebar luas dilingkungan perempuan bali. Seperti contoh gaya berpakaian dan pola hidup kebarat-baratan mampu menggeser budaya yang sudah ada. Perempuan bali yang dikenal dengan cara berpakaiannya yang anggun dan cantik memiliki ciri khas tersendiri. Perempuan bali yang dikenal mahir menari bali, harapannya sebagai salah satu wanita bali kedepannya tetap mempertahankan budaya dan tradisi turun temurun seiring perkembangan zaman. turun temurun seiring perkembangan zaman.)
  • Sima Dresta Anyar Covid 19  + (Poster ini berisi arahan saat melaksanakan kebiasaan adaptasi tatanan kehidupan baru yang dimulai dari tanggal 9 Juli oleh pemerintah provinsi Bali.)
  • POSTER - Nyalanin Sima Dresta Anyar "New Normal"  + (Poster ini menggambarkan usaha-usaha sederhana sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19)
  • "nyalanin sima dresta anyar" apang selamet elingan niki  + (Poster ini menjelaskan bagaimana beradaptasi dengan kebiasaan baru)
  • Poster "Nyalanin Sima Dresta Anyar"  + (Poster ini menjelaskan bagaimana kita beradaptasi dengan kebiasaan yang baru.)