UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK MID JUNE

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Pendidikan di masa covid 19". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Literature Judulnya belakangan  + (Pemimpin harus siap siaga)
  • My Future Leader  + (Pemimpin Masa Depan Yang Saya Harapkan)
  • Leader of Asta Brata Teachings (Election 2024)  + (Pemimpin sejati adalah pemimpin yang berlaPemimpin sejati adalah pemimpin yang berlandaskan pada ajaran Asta Brata. Asta Brata berarti delapan sifat dewa yang patut dijadikan pedoman bagi seorang pemimpin sehingga mampu memimpin masyarakatnya dengan baik. </br> adapun Bagian-bagiannya yaitu:</br>1. Indra Brata seperti udara, yang menyejukkan</br>2. Yama Brata tegas dan adil</br>3. Surya Brata yang mampu mengayomi masyarakat</br>4. Candra Brata bersifat ramah tamah, santun</br>5. Bayu Brata adalah sosok yang peduli terhadap masyarakat</br>6. Kuwera Brata adalah harta yang mampu menyejahterakan</br>7. Baruna Brata memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas</br>8. Agni Brata seperti api, memiliki semangat yang membara.</br></br>Jangan Salah Pilih Pemimpin di Tahun 2024 Jangan Salah Pilih Pemimpin di Tahun 2024)
  • "Harmoni Bali: Menuju Pemimpin Visioner dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Kesejahteraan, dan Pelestarian Budaya"  + (Pemimpin yang akan datang di Bali harus sePemimpin yang akan datang di Bali harus segera menangani masalah lingkungan dan pariwisata sebagai prioritas utama. Pulau-pulau ini mengalami dampak negatif dari pertumbuhan pariwisata yang tidak terkendali, seperti kerusakan lingkungan, kepadatan penduduk, dan ketidakseimbangan ekonomi. Peningkatan sampah plastik dan kerusakan terumbu karang merupakan ancaman serius bagi kelestarian lingkungan.</br></br>Selain itu, pandemi COVID-19 telah menghancurkan industri pariwisata, yang merupakan tulang punggung ekonomi Bali. Calon pemimpin harus merencanakan kebijakan yang akan memulihkan ekonomi, mendiversifikasi sumber pendapatan, dan memperkuat infrastruktur kesehatan. Menangani masalah pekerjaan dan pendidikan juga penting untuk memperkuat keterlibatan masyarakat lokal.</br></br>Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, para pemimpin harus melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat lokal, bisnis, dan pemerintah pusat. Sebuah visi jangka panjang yang berfokus pada pengembangan berkelanjutan dan pelestarian budaya Bali diperlukan untuk menciptakan masa depan yang gemilang bagi semua pihak.</br></br>Selanjutnya, masalah kondisi tenaga kerja dan distribusi pendapatan harus diperhatikan. Para pemimpin harus merancang strategi untuk meningkatkan keterampilan pekerja lokal mereka, menyediakan lapangan kerja, dan memastikan distribusi pendapatan ekonomi.</br></br>Untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, dibutuhkan kepemimpinan yang ambisius dan penuh dedikasi. Pemimpin Indonesia masa depan harus memiliki komitmen yang kuat terhadap pembangunan berkelanjutan, keadilan sosial, dan pelestarian budaya. Hanya dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, Bali dapat berkembang secara berkelanjutan sambil mempertahankan keunikan dan keindahan alam dan budayanya.keunikan dan keindahan alam dan budayanya.)
  • Hope for BEAUTIFUL LEADERS Intelligent Enthusiastic Skilled Innovative and Creative  + (Pemimpin yang BERTANGGUNG JAWAB Pemimpin iPemimpin yang BERTANGGUNG JAWAB</br>Pemimpin itu harus bertanggung jawab. tangung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara, kalau sudah bertanggung jawab, maka ia akan punya prilaku yang adil terhadap masyarakat dan ia juga punya rasa peduli terhadap masyarakat. program programnya tidak menguntungkan dirinya sendiri, tapi programnya juga pro terhadap masyarakat dan menggunakan kiat CANTIK (Cerdas Antusias Niat Terampil Inovatif dan Kreatif)tusias Niat Terampil Inovatif dan Kreatif))
  • authoritative leader  + (pemimpin yang berwibawa adalah pemimpin yang bertanggung jawab, menepati janji, dan tidak omong kosong)
  • Building a Millennial Youth Economy "Balinese Youths Are Not Shame on Being Farmers"  + (Pemuda Bali jangan malu menjadi Petani, kaPemuda Bali jangan malu menjadi Petani, karena pekerjaan menjadi Petani sangat bermanfaat sekali. Petani itu menyatukan antara keyakinan dan bakti kepada Tuhan, karena Petani itu mampu menyatukan kekuatan alam antara tanah dan langit yang didasari rasa ikhlas untuk selalu memohon anugrah. Menjadi Petani merupakan kewajiban dan pekerjaan sebagai manusia di dunia ini untuk tidak henti-hentinya belajar yang didasari dengan konsep menanam, memelihara dan mendapatkan hasil sesuai dengan hukum Rta (hukum alam), karena kehidupan di dunia ini seperti “Menanami Pekarangan diri (jiwa dan raga)” yang diwujudkan dengan kewajiban sebagai Petani. Maknanya adalah menggarap tanah sebagai keyakinan dan wujud bakti kepada Tuhan sebagai penyebab kehidupan dengan tidak henti-hentinya berdoa dan memohon dengan dasar keikhlasan. Menjadi Petani adalah solusi dan “penyembuh” dari perkembangan dunia, apalagi dengan adanya wabah Covid-19 seperti sekarang. Kewajiban dan pekerjaan menjadi Petani mampu memberikan kehidupan berlandaskan konsep “hasil kecil tetapi berkesinambungan”, karena menjadi Petani berhubungan erat dengan jerih payah (karmaphala) sebagai manusia yang terlahir ke dunia ini untuk selalu ingat dengan keyakinan dan bakti yang didasari ketulus-ikhlasan. dan bakti yang didasari ketulus-ikhlasan.)
  • pemuda dan politik membangun masa depan partisipatif  + (Pemuda dan Politik Membangun Masa Depan yaPemuda dan Politik Membangun Masa Depan yang Partisipatif</br></br>Pemuda memegang peran sentral dalam membentuk masa depan politik suatu bangsa. Mereka adalah agen perubahan yang mampu membawa energi segar, gagasan inovatif, dan semangat kritis ke dalam arena politik. Partisipasi pemuda bukan hanya tentang memberikan suara dalam pemilihan umum, tetapi juga terkait dengan keterlibatan aktif dalam perumusan kebijakan, advokasi isu-isu sosial, dan mendefinisikan identitas politik bangsa</br></br>Pentingnya peran pemuda dalam politik tak dapat diabaikan. Mereka membawa pandangan yang lebih inklusif, memperkaya diskusi dengan perspektif global, dan mendorong inovasi dalam bentuk solusi atas tantangan kompleks. Pemuda juga memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk menyuarakan aspirasi mereka dan memobilisasi dukungan massa. </br></br>Namun, meski potensi besar yang dimiliki pemuda, masih banyak yang merasa cendrung apatis terhadap politik. Beberapa faktor seperti ketidakpercayaan terhadap sistem politik, kurangnya pemahaman tentang peran politik, dan rasa tidak diwakili seringkali menjadi hambatan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat dan lembaga pendidikan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang politik, mendorong diskusi terbuka, dan menciptakan ruang partisipatif bagi pemuda.</br></br>Pemuda yang terlibat dalam politik dapat menjadi katalisator perubahan positif. Dengan menempatkan pemuda di pusat kebijakan, kita dapat menciptakan sistem yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Mungkin ada beberapa orang bertanya Jika pemuda mengambil alih peran pemimpin politik saat ini, bagaimana cara mereka menghadapi masalah serius seperti perubahan iklim atau ekonomi global? Menurut saya Pemuda-pemuda kreatif ini dengan cepat menyusun "faktor Perubahan," sebuah inisiatif unik yang memadukan kecerdasan teknologi dan semangat kreatif mereka.</br></br>Mereka memulai dengan menciptakan "EcoMojis," serangkaian emoji yang memvisualisasikan dampak perubahan iklim. EcoMojis ini menjadi cara menyampaikan pesan kompleks secara singkat dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam solusi ramah lingkungan. Mereka melibatkan teknologi terkini untuk menciptakan aplikasi yang menghitung jejak karbon individu dan memberikan saran praktis untuk menguranginya.</br>Dalam menghadapi krisis ekonomi global, Generasi Emoji tidak hanya mengandalkan undang-undang konvensional. Mereka merancang "EconoMemes," kampanye informasi yang memecahkan konsep ekonomi kompleks menjadi ilustrasi yang mudah dimengerti dan menghibur. Strategi ini mengubah citra negatif menjadi energi positif untuk mendorong kembali kepercayaan masyarakat terhadap perekonomian.</br></br>Pemuda-pemuda ini juga mengeksplorasi solusi kolaboratif melalui kampanye "Global Vibes." Mereka menggunakan media sosial dan platform digital untuk membentuk jejaring global pemuda yang berkolaborasi dalam mengatasi tantangan ekonomi dan perubahan iklim secara bersama-sama.</br>Dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif, Generasi Emoji berhasil mengubah persepsi tentang kepemimpinan politik. Mereka membuktikan bahwa pemuda tidak hanya bisa menjadi agen perubahan, tetapi juga membawa semangat baru dalam menghadapi masalah global yang kompleks</br></br>Oleh karena itu, memotivasi dan memberdayakan pemuda untuk terlibat secara aktif dalam politik adalah investasi dalam pembangunan masyarakat yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan.nklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan.)
  • Tol Gilimanuk-Mengwi Nincapang Ekonomi  + (Pemuda/ pemudi sebagai generasi penerus suPemuda/ pemudi sebagai generasi penerus sudah sepatutnya bisa membangun negeri dengan terobosan baru sebagai ciri pemuda/ pemudi dalam usaha mengisi kemerdekaan Indonesia. Untuk itu kita sebagai pemuda/pemudi wajib meningkatkan keterampilan dalam menghadapi era 5.0 seperti mengembangkan UMKM berbasis kearifan lokal di daerahnya masing-masing untuk mendapingi program pemerintah. Salah satunya pembangunan jalan tol yang bernama tol Gilimanuk-Denpasar. Usaha pemerintah membangun tol ini memiliki tujuan meningkatkan keberadaan infrastruktur serta meningkatkan perkembangan pariwisata serta ekonomi warga Bali menuju Bali Era Baruta ekonomi warga Bali menuju Bali Era Baru)
  • Reregepan Pepineh  + (Pemusatan pikiran, tenaga dan rasa dalam pembuatan keris pusaka Bali.)
  • Inisiatif penangan sampah Desa Pejeng  + (Penanganan sampah berbasis desa)
  • Gunung Agung 2017-12-29 - 05:46-10:20  + (Penangkapan kabur dari letusan Gunung Agung pada 29 Desember Tingkat penangkapan meningkat pada 06:04 selama 5 menit - karena itu cantik!)
  • Sanghyang Bojog  + (Penari Sanghyang Bojog adalah seorang priaPenari Sanghyang Bojog adalah seorang pria dengan busana seperti seekor kera (bojog) dan diiringi dengan nyanyian paduan suara gending Sanghyang. Sebelum dimulai, penarinya melalui tahapan pemanggilan roh kera. Setelah kemasukan, penari akan melompat ke atas pohon dan menirukan tingkah laku seekor kera. Seringkali gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang mustahil atau sangat sulit dilakukan oleh manusia yang sadar diri. Pada akhir tarian, penarinya disadarkan dengan memercikkan air suci (tirta). Tarian ini terdapat di daerah Duda (Karangasem). ini terdapat di daerah Duda (Karangasem).)
  • Condong and Inclination II  + (Penari. Ketika sebuah Tari membawa warisanPenari. Ketika sebuah Tari membawa warisan yang begitu monumental, substansinya seringkali terputus dari penonton yang jauh lebih besar. Mereka yang mempelajari budaya dan seninya dan menjadi penari sendiri memiliki pemahaman seni yang lebih dalam. Mungkin berhubungan dengan penari adalah cara yang baik untuk mengapresiasi tarian. Elemen manusia yang bisa kita semua pahami.lemen manusia yang bisa kita semua pahami.)
  • Pencok Sago  + (Pencok sagu merupakan makanan yang dibuat Pencok sagu merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama Sagu, dan ditambahi bumbu kuah. Pencok Sagu biasanya dihidangkan dalam bentuk sudah dipotong kotak-kotak. Cita rasa yang pekat dari makanan ini dihasilkan dari bumbu kuah yang dibuat dari campuran kencur, lada hitam, bawang merah, bawang putih serta berbagai campuran lainnya. Walaupun Pencok Sagu biasa disajikan sebagai lauk, tidak jarang juga kuliner ini dinikmati sebagai cemilan. Tekstur pencok sagu yang kenyal dan halus menjadi ciri khas makanan ini, jika Anda menyukai makanan berkuah Anda wajib untuk mencobanya. Kombinasi rasa kenyal dari sagu dan bumbu kuah yang cukup pedas membuat siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan, dan juga makanan ini dapat mengenyangkan. dan juga makanan ini dapat mengenyangkan.)
  • Tolerance of religious differences  + (pendapat kita mengenai vidio diatas, patutpendapat kita mengenai vidio diatas, patut untuk dicontoh dan diterapkan dikehidupan sehari-hari. contohnya saya yang beragama hindu mengingat beberapa teman saya yang beragama islam, dan pada saat itu mereka sedang menunaikan ibadah puasa. ketika terdengar suara adzan maghrib yang menandakanwaktunya berbuka puasa dihari pertama, seketika saya mengeluarkan handphone lalu membuka aplikasi whatsapp dan mencari beberapa nama mereka. satu persatu saya mengetik kalimat "selamat berbuka puasa sintia" tak lupa juga emoticon senyum dan peluk diakhir pesan. dengan cepat dia membalas pesan tadi, mengungkapkan rasa bahagianya mereka mendapat ucapan selamat berbuka puasa dari sahabatnya yang berbeda keyakinan.sa dari sahabatnya yang berbeda keyakinan.)
  • Government programs for disabilities  + (pendapat kita tentang pemilu untuk disabilpendapat kita tentang pemilu untuk disabilitas adalah disabilitas berhak untuk menyampikan suaranya dalam menentukan pemimpin atau pemerintah. pemerintah bisa membuat program untuk disabilitas agar sesorang yang menyandang disabilitas bisa lebih percaya diri lagi untuk menyampikan suaranya. Dan upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk menangani permasalahan penyandang disabilitas yaitu rehabilitas sosial, pemberdayaan, jaminan sosial dan perlindungan sosialan, jaminan sosial dan perlindungan sosial)
  • Literature Pengungsi ukraina di denpasar  + (Pendapat saya jika ada pengungsi Pendapat Pendapat saya jika ada pengungsi</br>Pendapat saya jika ada pengungsi yg mebutuhkan bantuan, saya akan memberikan tempat tinggal karena saya merasa kasihan kepada pengungsi itu tidak mempunyai tempat tinggal dan mungkin mereka kelaparan. Mereka juga merupakan warga negara asing yg mungkin tidak mengetahui wilayah di negara saya dan bisa jadi mereka akan menemukan orang yg jahat yg bisa saja memanfaatkan mereka. Dan selanjutnya Mungkin saya akan membicarakan kepada kepala desa tentang pengungsi yg dateng memerlukan bantuan dan tempat tinggal jika kepala desa setuju kita akan membantu mereka dan menolong mereka dan kita akan memberikan konsumsi, memberikan tempat tinggal, dan kebutuhan mereka. Mungkin saya juga akan mencari donasi untuk membantu mereka untuk melengkapi kebutuhan mereka. Tetapi ada syarat izin untuk pengungsi yg ingin mengungsi yaitu mereka jangan berbuat yg aneh aneh, tidak membuat masalah, saling menghormati dan membantu satu sama lain. Misalnya mereka melanggar mereka tidak boleh untuk mengungsi di tempat kami lagi. Dan jika keadaan sudah membaik di negara mereka mungkin kita akan membantu untuk memulangkan mereka ke negara mereka. pesan saya semoga tidak akan terjadi perang lgi dan semua akan berdamai. Sekian pendapat dari saya terimakasihmai. Sekian pendapat dari saya terimakasih)
  • preserving bali language using Basabali wiki  + (Pendapat saya mengenai platform basabali wPendapat saya mengenai platform basabali wiki, di jaman sekarang bahasa bali sudah jarang digunakan. Kita sebagai generasi muda seharusnya melestarikan adat dan budaya bahasa bali salah satunya ialah berbahasa bali. Dengan adanya basabali wiki seharusnya itu bisa mempermudah anak anak zaman sekarang untuk mempelajari bahasa bali. Jangan sampai di zaman sekarang ini dengan teknologi yang sangat maju dimana itu bisa mempermudah untuk belajar tanpa melihat tempat dan waktu menyembakan satu bahasa daerah mengalami kepunahan. Kepunahan suatu bahasa, maka keahlian, tata krama, kebudayaan dan tradisi yang unik juga ikut punah. Basabali wiki seharusnya sangat membantu anak anak untuk belajar bahasa bali dimana basabali wiki sudah diakui secara internasional. Basabali wiki dibuat dengan tujuan mengajak masyarakat untuk menggunakan bahasa bali agar tidak punah. Dimana sekarang anak-anak dari kecil sudah ajari bahasa indonesia sehingga akan susah mempelajari bahasa bali.hingga akan susah mempelajari bahasa bali.)
  • Learn Balinese with BASAbali Wiki  + (Pendapat saya tentang platfom BASAbali WiPendapat saya tentang platfom BASAbali Wiki ini sangat bagus karana tidak cuma bisa menjadi tempat anak -anak muda untuk memberikan aspirasinya terkait isu-isu yang ada di masyarakat,kamus basabali wiki ini juga berisi krune-krune basa bali dan sor singgih untuk kita pelajari , selain itu ada juga permainan-permainan kata yang menarik. Saya berharap Basabali wiki ini bisa ditingkatkan dari segi krune-krune, aksara bali ,informasi seputar bali dan juga cara-cara berbahasa bali alus yang benar supaya lebih lengkap, dan kalau bisa berisi fitur terjemahan bahasa indonesia ke bali. </br></br>Di era sekarang ini bayak generasi muda di bali sudah agak jarang menggunakan bahasa bali padahal bahasa bali adalah bahasa warisan leluhur kita dan juga budaya yang harus kita lestarikan, apalagi sekarang banyak orang sudah jarang menggunakan buku untuk belajar karana buku juga sulit di bawa kemana mana, dengan adanya BASAbali wiki ini kita dapat belajar bahasa bali dengan lebih praktis dan mudah dengan menggunakan HP . Saya harap BASAbali Wiki ini dapat meningkatkan minat generasi muda bali untuk mempelajari bahasa bali supaya adat dan kebudayaan bali tidak hilang.</br></br>Jadi marilah kita sebagai generasi muda tingkatkan pemahaman dan wawasan kita tentang bahasa bali bersama BASAbali Wiki.tentang bahasa bali bersama BASAbali Wiki.)
  • A Friendship & tolerance  + (Pendapat umum Toleransi dan kerukunan antaPendapat umum</br>Toleransi dan kerukunan antar umat beragama bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Toleransi antar umat beragama tercermin pada tindakan-tindakan atau perbuatan yang menunjukkan umat saling menghargai, menghormati, menolong,mengasihi, dan lain-lain. Termasuk dalam pergaulan sosial setiap hari, yang menunjukkan saling pengertian, toleransi, persahabatan dengan semua orang, perdamaian dan persaudaraan universal, menghargai kebebasan, kepercayaan dan kepercayaan dari yang lain dan kesadaran penuh bahwa agama diberikan untuk melayani para pengikut-pengikutnya.</br></br>Pendapat Video</br>Menghargai teman yang berbeda agama,tidak membeda-bedakan teman.Menghormati teman yang sedang beribadah</br></br>Kesimpulan</br>sikap toleransi yang baik agar kerukunan antar umat beragama dapat tetap terjaga dengan baik.kesadaran dalam menghargai perbedaan dapat disimpulkan bahwa sudah mampu menyadari adanya perbedaan dalam beragama dengan saling menghargai perbedaaneragama dengan saling menghargai perbedaan)
  • Bali Bangkit Melawan Covid  + (Pendapatan masyarakat Bali semakin menurunPendapatan masyarakat Bali semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya virus yang menyerang berbagai Negara. Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak Covid. Dampak paling besar yang disebabkan oleh virus ini yaitu menurunnya pendapatan negara dalam bidang pariwisata. Sebagian besar masyarakat Bali bekerja dalam bidang pariwisata.akat Bali bekerja dalam bidang pariwisata.)
  • Pendet Swastiastu  + (Pendet Swastiastu merupakan tari penyambutPendet Swastiastu merupakan tari penyambutan dengan tabuh Jegog, gamelan bambu khas Jembrana, Bali, yang dikoreografi dalam dua bagian. Bagian 1: Untuk menyambut tamu kehormatan ketika memasuki ruang acara, dan Bagian 2: menyampaikan ucapan selamat datang dengan tarian yang gemulai diiringi tabuh Jegog dan gending yang memikat. Tari Pendet Swastiastu diciptakan oleh Deniek G. Sukarya sebagai penata kreatif dan tabuh, Putu Adi Arianto S.Sn. dan Wayan Sumindra S.Sn. sebagai penata tari dan kostum.ndra S.Sn. sebagai penata tari dan kostum.)
  • covid 19 education  + (Pendidikan covid 19)
  • Bengkel Energi  + (Pendidikan dengan pemberian edukasi bagi anak-anak dan juga masyarakat serta belajar merancang alat sederhana (prototype) sebagai bahan ajar tentang EBT (Energi Baru Terbarukan))
  • Education during the covid-19 pandemic  + (Pendidikan di masa pandemic covid 19)
  • Education in the midst of the covid-19 pandemic  + (Pendidikan di tengah pandemi covid-19)
  • Harmoni Parahyangan  + (Pendidikan lingkungan hidup dengan melaksanakan edukasi pemilahan sampah dan pembentukan bank sampah)
  • Parents Experience in Giving Sex Education to Adolescents in North Kuta  + (Pendidikan seksual merupakan pemikiran penPendidikan seksual merupakan pemikiran penting yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah terjadinya seks bebas dan dampaknya pada remaja. Hal ini dimungkinkan karena keluarga adalah tempat pendidikan pertama, tetapi tampaknya kurang dipraktikkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada remaja. Kami menggunakan pendekatan interpretatif fenomenologi dalam penelitian ini. Kami mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan sepuluh orang tua. Kami menemukan lima tema: (1) persepsi yang baik tentang pendidikan seksual, (2) pendidikan seksual yang disampaikan dengan bantuan media sosial, (3) topiknya adalah seks bebas, (4) sulit untuk memulai karena tabu dan malu, (5) perlu dukungan dari petugas kesehatan. Studi tersebut mengungkapkan bahwa pendidikan seksual masih terbatas dan perlu ditingkatkan. Sangat penting bagi orang tua Indonesia untuk menjadi lebih terinformasi dan terampil, sehingga mereka dapat terlibat dalam pendidikan seksual remaja mulai dari keluarga mereka.seksual remaja mulai dari keluarga mereka.)
  • Tantangan pemuda dalam pemilu  + (Penduduk dengan rentang usia 17, 18, dan 1Penduduk dengan rentang usia 17, 18, dan 19 tahun dianggap menjadi kelompok yang paling tidak siap menghadapi gelaran pemilihan umum. Fase kehidupan yang masih berkutat pada masa sekolah membuat mereka tidak peduli dengan dunia politik.</br>Pemuda di Indonesia menghadapi beberapa masalah dalam pemilu, di antaranya adalah Hoaks, disinformasi dan misinformasi hingga kekecewaan yang disebabkan oleh presiden sebelumnya sehingga membuat ketertarikan pemuda menurun untuk mengikuti pemilu. Banyaknya persebaran hoaks, disinformasi, dan misinformasi menjadi permasalahan besar di kalangan para pemilih muda. Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan Meningkatkan literasi digital dan pendidikan politik bagi masyarakat, Membentuk tata kelola yang dapat menangani konten negatif, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Meningkatkan kerja sama di antara organisasi-organisasi berita, Meningkatkan prebunking. Prebunking adalah strategi yang memperlihatkan taktik dan tipu muslihat informasi yang nyeleneh sebelum tersebar luas di media sosial.</br>Saya secara pribadi merasa tidak terlalu tertarik untuk mengikuti fase pemilu maupun tertarik dengan kandidat-kandidat yang ada dalam pemilihan.Di karenakan saya sendiri tidak Merasakan adanya perubahan yang signifikan terhadap pergantian pemimpin yang selama ini saya alami, Seperti pemerataan pembangunan infrastruktur dan mengentaskan pengangguran.Di makassar sendiri pembangunan infrastruktur yang kasat mata menurut saya hanya jalan tol layang yang cuman membentang 4,3 kilometer (Di dalam kota makassar).dan mengentaskan pengganguran dilaksanakan dengan cara meluncurkan program 'Katru Pra Kerja' yang memberikan bantuan pengembangan kompetensi dan kewirausahaan. Program ini telah di nilai tidak efektif karena tidak memetakan pekerjaan yang sesuai di harapkan.Tetapi, Melihat salah satu kandidat calon presiden yang berjanji seluruh mineral mentah seperti nikel dan bauskit bakal diolah di indonesia alias di larang diekspor. Itu menurut saya membuka kesempatan untuk kami (Gen Z) Untuk mamajukan perekonomian indonesia kedepannya.</br>Populasi pemilih muda diprediksi bakal mencapai sekitar 60% dari total pemilih pada Pemilu 2024.Maka dari itu para pemuda harus lebih berhati-hati dengan informasi yang mereka dapatkan. Dan juga para kandidat harus lebih memerhatikan janji yang mereka berikan.ih memerhatikan janji yang mereka berikan.)
  • illegal logging  + (Penebangan liar merupakan Penebangan pohonPenebangan liar merupakan Penebangan pohon di kawasan hutan yang dilakukan tanpa izin dan menyalahi norma serta kaidah hukum yang berlaku, sehingga hutan akan kehilangan fungsi pokok sebagai paru-paru dunia.Contohnya kasus yg terdapat di bali Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jembrana membawa serta puluhan bahkan ratusan kubik berbagai macam kayu dengan ukuran yang sangat besar. Banyak warga termasuk bupati Jembrana kemudian menduga kerusakan hutan yang ada di hulu sungai menjadi penyebab perahnya kerusakan akibat banjir yang di sebabkan oleh hutan dibali gundul karna banyak terjadinya penebangan liar atau kebakaran liar.Angka deforestasi yang tinggi setiap tahun akan mengakibatkan hilangnya lahan hutan dalam jumlah besar sehingga dapat memberikan dampak negatif bagi keberlangsungan lingkungan hidup manusia di Bali.</br></br>YANG SAYA HARAPKAN ADALAH harusnya lebih banyak manusia sadar akan pentingnya lingkungan di sekitar,karna hanya mereka lah yang dapat merawat lingkungan yang mereka tempati sendiri.Dan sebaiknya menyadarkan orang orang untuk peduli dengan hutan karna hutan itu paru paru dunia.gan hutan karna hutan itu paru paru dunia.)
  • Human Development Index, Liquidity Risk, Credit Risk and Financial Performance of Rural Credit Institutions in Bali  + (Penelitian bertujuan untuk menganalisis pePenelitian bertujuan untuk menganalisis peran strategis lembaga perkreditan desa (LPD) dalam mewujudkan kemandirian masyarakat. Penelitian menggunakan variabel indeks pembangunan manusia, rasio pinjaman terhadap simpanan, rasio kualitas aktiva produktif untuk melihat pengaruhnya terhadap kinerja keuangan LPD yang diukur dengan return on Asset. Sampel penelitian adalah 305 unit kinerja keuangan LPD. Hasil penelitian menunjukkan nilai aset berdampak positif terhadap instabilitas LPD. Risiko kredit dan risiko likuiditas berdampak negatif terhadap instabilitas LPD. Semakin tinggi Indeks Pembangunan Manusia maka perkembangan LPD semakin positif dilihat dari total nilai aset yang dikelola.lihat dari total nilai aset yang dikelola.)
  • Luh Ayu Manik Mas as a Representation of Female Balinese Superhero in Comics  + (Penelitian ini berangkat dari minimnya penPenelitian ini berangkat dari minimnya penggambaran karakter beridentitas Indonesia dan maraknya marjinalisasi karakter perempuan dalam komik superhero. Salah satu komik yang mewujudkan tradisi budaya dan kearifan lokal Indonesia adalah Luh Ayu Manik Mas, yang menampilkan kebudayaan Bali. Tulisan ini membahas bagaimana Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan perempuan Bali yang terwujud dalam karakternya sebagai superhero. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis isi terhadap empat edisi komik Luh Ayu Manik Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luh Ayu Manik Mas ditampilkan memanifestasi identitas lokal melalui sumber kekuatan, yang dinamakan dengan gelang Tri Datu, dan kepercayaannya pada Tri Hita Karana. Tri Datu diyakini sebagai sumber kekuatan hidup, sedangkan Tri Hita Karana diyakini sebagai prinsip hidup yang menjamin keharmonisan dalam setiap aspek kehidupan. Agama dan Budaya merupakan hal yang berbeda. Luh Ayu Manik Mas merepresentasikan superhero perempuan Bali yang dimuliakan oleh ajaran agama Hindu (sebagai agama dominan di Bali), ketika budaya Bali masih tunduk pada sistem patriarki.a Bali masih tunduk pada sistem patriarki.)
  • The Meaning of Verb ‘Destroy’ in the Balinese Language: A Natural Semantic Meta Language Approach  + (Penelitian ini berfokus pada analisa leksiPenelitian ini berfokus pada analisa leksikon dari kata kerja ‘destroy’ pada Bahasa Bali. Data penelitian ini diambil dari sejumlah kata dalam Bahasa Bali yang memiliki kesamaan lingkup makna dengan kata ‘destroy.’ Setelah terkumpul, data kemudian dianalisa berdasarkan entitas, kelengkapan, prilaku yang berkaitan dengan leksikon dari sebuah kata kerja ‘destroy.’ Kemudian, temuan penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisa, keragaman kata dalam bahasa Bali yang memiliki makna serupa dengan kata kerja ‘destroy’ adalah Ngencakin, Ngremukin, Nguwugang, Menyahin, Nglidekin, Ngededekang, Ngeregreg, Nyakcakin, Nyetset, Mesbes, Ngincuk, dan Ngenyagin. Seluruh kata dimaksud memiliki ranah arti yang sama namun dapat berbeda maknanya tergantung pada konteks penggunaannya.nya tergantung pada konteks penggunaannya.)
  • Tolerant Life in the Islamic Village of Kepaon Bali in the Perspective of Tri Hita Karana as a Source of Social Studies Learning in SMP/MTs  + (Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejarah Kampung Islam Kepaon Bali, struktur kearifan lokal kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Keapon Bali, kearifan lokal kehidupan bertoleransi antar umat beragama di Kepaon Bali dalam perspektif Trihita Karana, dan nilai-nilai kearifan lokal kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Kepaon Bali bisa digunakan sebagai Sumber Belajar IPS. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan metode pendekatan dan metode penelitian, serta teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi literatur, selanjutnya subjek dan lokasi penelitian terdiri dari lokasi penelitian, tahap-tahap penelitian, dan terakhir teknis analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampung Islam Kepaon merupakan pemukiman muslim yang beretnis Bugis dan keberadaanya di pusat Kota Denpasar, umat muslim bugis Kampung Islam Kepaon memiliki hubungan historis yang sanga erat dengan kerajaan Badung. Kehidupan bertoleransi di Kampung Islam Kepaon dalam perspektif keajegan Trihita Karana terbagi menjadi tiga bagian yaitu tradisi Ngejot, tradisi Magibung, dan tradisi tari Rodat. Hasil penelitian ini dapat sebagai sumber belajar IPS di SMP/MTs karena memiliki nilai-nilai karakter seperti nilai religius, nilai toleransi, nilai kesatuan, nilai solidaritas, nilai patriotism, nilai sialturahmi dan persaudaraan, serta nilai peduli. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan berguna bagi sumber belajar IPS di SMP/MTs.erguna bagi sumber belajar IPS di SMP/MTs.)
  • Office Appointment Transformation Policy and its Urgency for the Government of Bali Province  + (Penelitian ini bertujuan menganalisis urgePenelitian ini bertujuan menganalisis urgensi pelaksanaan penyederhanaan birokrasi melalui transformasi jabatan terhadap efektifitas penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, khususnya di Pemerintah Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memperoleh diskripsi atas suatu fenomena, sehingga mendorong pemahaman mendalam atas substansi dari fenomena tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi pustaka terhadap kebijakan penyederhanaan birokrasi. Penyederhanaan birokrasi melalui transformasi jabatan merupakan salah satu upaya yang positif pada era disrupsi ini dalam memperbaiki kinerja birokrasi di Indonesia, namun harus direncanakan serta disusun secara matang dan tidak dilakukan terburu-buru tanpa konsep yang jelas. Dalam pembentukan budaya yang agile, diperlukan pemimpin yang berorientasi pada kreativitas dan inovasi menekankan pentingnya performa yang adaptif dan responsif, serta fokus pada kolaborasi tim dan pendelegasian otonomi. kolaborasi tim dan pendelegasian otonomi.)
  • Establishing Social Reharmonization between the Balinese Hindu Diaspora and Sasak Moslem in Post-Conflict in Mataram  + (Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kPenelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian revitalisasi ikatan kuosidian sebagai medium membangun reharmoni sosial antara komunitas diaspora Bali-Hindu dan Sasak-Muslim </br>di Kota Mataram. Revitalisasi ini dilakukan pasca-konflik antar kedua komunitas etnis pada beberapa lokasi. Fenomena tersebut berkaitan dengan representasi nilai-nilai luhur kearifan lokal yang dibangun oleh para leluhur kedua kelompok etnis tersebut dalam rangka mewujudkan komunikasi dan interaksi yang mutualistik. Penelitian ini dirancang dalam jenis deskriptif interpretatif dalam rangka untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap fokus penelitian. Penelitian ini menghasilkan inovasi yang berkaitan dengan implementasi ikatan kuosidian, khususnya melalui revitalisasi ikatan kuosidian berbasis kesadaran individu dan kolektif, penguatan ikatan multikultural antarkedua komunitas etnis, pemberdayaan nilai-nilai kearifan lokal yang melibatkan peran serta kelompok etnis yang berbeda, dan kontestasi modal kultural dalam pelaksanaan adat dan praktik beragama. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah membangun kesadaran kultural melalui sikap-sikap yang saling mengakui dan menerima perbedaan.ng saling mengakui dan menerima perbedaan.)
  • Potential of Tri Eka Buana Village as an Arak Tourism Village through the Creative Tourism Concept in Karangasem Regency  + (Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi desa Tri Eka Buana sebagai daerah tujuan wisata penghasil Arak melalui penerapan wisata kreatif dalam hal kegiatan wisata atau tempat penghasil Arak. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dan penelitian lapangan untuk mengetahui potensi Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif. Kami mengidentifikasi potensi desa Tri Eka Buana dan kemudian menggali kontribusi masyarakat setempat untuk mengembangkan desa tersebut sebagai destinasi wisata kreatif. Kami juga menilai persepsi tokoh masyarakat dan masyarakat yang berperan dalam pengembangan kegiatan pariwisata di desa Tri Eka Buana. Pada tahap pertama hasilnya, potensi Desa Tri Eka Buana sangat mendukung dalam pengembangan sebagai destinasi wisata kreatif bercirikan Desa Arak. Hal ini didukung dengan lingkungan alam dan sosial budaya yang masih terjaga dengan baik di era globalisasi. Hasil tahap kedua tentang kontribusi masyarakat setempat dalam mendukung desa Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala desa, petani Arak, dan pemilik produksi Arak. Investigasi ini mengidentifikasi peran seluruh lapisan masyarakat dalam mengembangkan desa Tri Eka Buana sebagai destinasi wisata kreatif. Hasil lain menunjukkan bahwa tidak hanya peran masyarakat lokal tetapi juga peran pemerintah daerah diperlukan untuk pembangunan dan keberlanjutan.lukan untuk pembangunan dan keberlanjutan.)
  • Tourism policy, Purusa culture, and Gender Inequality in Absorbing Women's Employment  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebijakan pariwisata, gender, dan budaya purusa dalam penyediaan tenaga kerja lokal, mengkaji kebijakan pariwisata berbasis gender, membandingkan teori-teori seperti supremasi hukum, teori kesejahteraan negara, teori hak asasi manusia, teori demokrasi. ekonomi, dan teori pemberdayaan pariwisata. Juga mengadopsi model Pemberdayaan Penduduk Boley & McGehee melalui Tourism Scale (RETS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil analisis interpretatif sistematik menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja perempuan diekspresikan sebagai produk kekuatan struktural dan kultural, dan kondisi domestik di sekitar peran perempuan, oleh karena itu diperlukan kombinasi analisis material dan diskursif untuk mengkaji relasi sosial budaya dari kebijakan produksi pariwisata, respon terhadap kesenjangan gender di tengah budaya purusa. Sertifikat kompetensi tenaga kerja yang memenuhi kriteria ACCSTP (ASEAN Common Competency Standards for Tourism Professionals) merupakan alternatif preventif bagi perempuan untuk dapat membidik pekerjaan di sektor publik dan kesiapan negara-negara anggota ASEAN.blik dan kesiapan negara-negara anggota ASEAN.)
  • The Effectiveness of Online English Learning Activities in Rural Area: A Case Study  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pembelajaran bahasa Inggris daring di pedesaan Bali melalui studi kasus Desa Timpag, Kabupaten Tabanan, Bali. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi penurunan antusiasme siswa terkait pembelajaran daring. : Hasil yang diperoleh adalah adanya kecenderungan menurunnya kegiatan belajar mengajar di Desa Timpag dikarenakan materi pembelajaran yang kurang interaktif dan kurangnya interaksi antara orang tua dan guru dalam memantau kegiatan belajar siswa di rumah. Solusi yang diberikan adalah meningkatkan koordinasi antara orang tua dan guru serta meningkatkan kualitas materi yang akan diberikan.atkan kualitas materi yang akan diberikan.)
  • Destination Attributes, Perceived Risk, Trust, and Intentions to Visit Nusa Penida Island, Klungkung, Bali during the Covid-19 Pandemic  + (Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan dan kepercayaan wisatawan dalam mempengaruhi niat perilaku wisatawan berkunjung ke Pulau Nusa Penida Klungkung Bali selama masa Covid-19. Teori perilaku konsumen digunakan dengan beberapa konsep yaitu konsep atribut destinasi, kepercayaan, persepsi risiko, dan niat perilaku wisatawan. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Nusa Penida. Data dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan wisatawan untuk berkunjung kembali. Kepercayaan wisatawan berpengaruh positif signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Pemahaman risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan wisatawan dan niat berkunjung kembali. Penelitian ini menemukan bahwa wisatawan yang melakukan perjalanan tidak mau mengambil resiko dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disarankan untuk meningkatkan peran kepercayaan dalam memediasi hubungan antara persepsi risiko dan niat berkunjung kembali.rsepsi risiko dan niat berkunjung kembali.)
  • The Legal Protection of the Customary Law Community Unit in a Local-wisdom based Tourism Management System  + (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai dinamika perlindungan hukum masyarakat hukum adat di Provinsi Bali, eksistensi masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata, sistem bagi hasil dalam pengelolaan yang adil bagi masyarakat hukum adat dan juga bagi kepentingan pemerintah daerah. Jenis penelitian hukum empiris yang mendeskripsikan dan menganalisa dinamika perlindungan hukum tehadap kesatuan masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap kesatuan masyarakat hukum adat di Provinsi Bali dalam pengelolaan kawasan wisata hanya dapat dilakukan melalui pengakuan terhadap hak dan kewajibannya. Eksistensi kesatuan masyarakat hukum adat dalam pengelolaan kawasan wisata mempunyai hukum pengelolaan kawasan wisata yang dituangkan dalam peraturan daerah Provinsi Bali yaitu Perda No. 2 Tahun 2012 dan awig-awig desa adat yang mengatur wilayah (wewidangan) desa adat setempat. Pengelolaan yang adil dilakukan dengan mengintegrasikan konsep-konsep pengelolaan yang disepakati. Pemerintah Daerah Provinsi Bali wajib tetap memberikan ruang pengakuan desa adat sebagai wujud perlindungan hukum pengelolaan kawasan pariwisata.ngan hukum pengelolaan kawasan pariwisata.)
  • Inheritance to Balinese People Regarding Heirs Who Change Religion  + (Penelitian ini bertujuan untuk menggali daPenelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganlisis tentang kedudukan ahli waris yang beralih agama dalam hal hak dan ke wajibannya baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat adat serta akibat hukum yang timbul terkait ahli waris yang beralih agama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, dengan pendekatan non doktrinal (socio legal reseach). Data digali dengan metode wawancara, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ahli waris yang beralih agama tidak lagi berkedudukan ahli waris. Akibatnya ahli waris yang bersangkutan gugur hak warisnya dari orang tuanya. Gugurnya hak mewaris berakibat tidak ada kewajiban -ke wajiban yang harus dipikulnya baik kewajiban terhadap keluarga maupun terhadap masyarak at adat. Ahli waris yang beralih agama dikaji dari teorinya Lawrence M. Friedman tentang sistem hukum terdiri dari tiga unsur yaitu struktur hukum, substansi hukum dan budaya hukum, dimana dari ketiga unsur itu tidak mengalami perkembangan. Dengan demikian hukum adat waris Bali masih dipertahankan secara utuh.aris Bali masih dipertahankan secara utuh.)
  • A Conceptual Model of Cultural-based English Learning for Elementary Schools in Bali  + (Penelitian ini dirancang untuk menciptakanPenelitian ini dirancang untuk menciptakan suatu model pembelajaran Bahasa Inggris</br>yang berbasis budaya di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian yang lebih besar yang menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) yang di tahun pertama bertujuan untuk menciptakan model konseptual tentang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan populasi sekolah dasar yang ada di Bali dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik multi-stage sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, analisis dokumen dan dilengkapi dengan wawancara dan ditriangulasi dengan menggunakan expert judgement. Hasil analisis data adalah dihasilkannya model konseptual pembelajaran Bahasa Inggris yang berisi tentang standar kompetensi Bahasa Inggris sekolah dasar, kompetensi dasar, tema/materi yang harus diajarkan untuk mencapai kompetensi, pendekatan, metode/strategi, dan assessmen yang digunakan untuk menilai kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Model konseptual ini akan menjadi dasar pengembangkan modul dan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar yang akan dikerjakan di tahun kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.n kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.)
  • The Color Trend of Residential Houses in Denpasar City as Sociopsychological Reflection of the Covid-19 Pandemic  + (Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kondisi psikologis masyarakat di Kota Denpasar, dilihat dari fenomena tren pemilihan cat warna untuk rumah tinggal pada masa pandemi Covid-19. Survei dilakukan pada 12 toko cat dan bangunan yang tersebar di wilayah Kota Denpasar. Metode yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan penyajian deskriptif. Hasil dari penggalian data dikaji menggunakan teori psikologi warna. Berdasarkan hasil kajian, menunjukkan bahwa pemilihan warna putih dan warna-warna cerah, berimplikasi pada keinginan masyarakat untuk menciptakan kondisi damai, tenang, bersih dan menyenangkan pada rumah tinggal di masa pandemi Covid-19.Pemilihan warna secara implisit menunjukkan pengharapan pada diri masyarakat Kota Denpasar. Pengharapan untuk masa depan yang lebih baik, yang sempat mengguncang banyak sektor kehidupan selama masa pandemi Covid-19.or kehidupan selama masa pandemi Covid-19.)
  • Geguritan Cokli: Analysis of Sociological Literature  + (Penelitian terhadap Geguritan cokli mengguPenelitian terhadap Geguritan cokli menggunakan analisis sosiologi sastra. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendeketan kialitatif. Pengumpulan data menggunakan metode membaca, menerjemahkan dan menyimak teks Geguritan Cokli. Metode analisis, dilakukan dengan cara dekriptif-kualitatif dengan menggunakan tahapan kerja teori sosiologi sastra dan dipadukan dengan teori struktur. Hasil analisis disajikan secara sistematis dan terstruktur. Hasil penelitian ini memberikan jawaban bahwa keberadaan sebuah karya sastra bisa menjadi cerminan keadaan masyarakat saat itu, walaupun ada beberapa hal yang terkadang sudah tidak relevan lagi dipergunakan.ang sudah tidak relevan lagi dipergunakan.)
  • Mendongeng Lima Menit  + (Penemuan teknologi modern yang serbacanggiPenemuan teknologi modern yang serbacanggih, efektif, efisien dan praktis sangat mempengaruhi pola hidup manusia. Masyarakat hidup dalam situasi dan suasana bersaing dan berpacu dengan waktu. Hal ini dikhawatirkan mengancam tradisi mendongeng. </br></br>Namun, pendongeng dari Bali, Made Taro, melakukan terobosan dengan mengemas dongeng-dongeng itu menjadi lebih pendek, cukup dibaca hanya lima menit, tetapi tanpa kehilangan esensi cerita dan maknanya. Ini semacam model baru mendongeng di tengah keengganan anak-anak membaca panjang.ngah keengganan anak-anak membaca panjang.)
  • Idep Permaculture  + (Penerapan pola pertanian organik berkelanjutan)
  • my experience about education in the midst of the covid 19 pandemic (complaining)  + (pengalamanku tentang pendidikan di tengah pandemi covid 19 (keluh kesah))
  • Masalah mendesak pemerintah tentang pengangguran  + (Pengangguran dibali yang telah mencapai riPengangguran dibali yang telah mencapai ribuan orang. Merupakan suatu masalah yang mendesak yang harus segera dipecahkan karena dampak pengangguran itu akan sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan sosial adalah fakta bahwa berbagai kejahatan social seperti pencurian/penodongan/perampokan, pelacuran, jual beli anak, anak jalanan dan lain-lain merupakan dampak dari pengangguran. Di lihat dari dampaknya yang luas terhadap tatanan kehidupan sosial, pengangguran telah menjadi kuman penyakit sosial yang relatif cepat menyebar, </br></br>Salah satu penyebab utama tingginya tingkat pengangguran di Indonesia adalah ketidakseimbangan antara pertumbuhan jumlah tenaga kerja dan lapangan pekerjaan yang terbatas. Yang menjadi penyebab pengangguran di Indonesia bukan hanya kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya permintaan pasar. Melainkan penyebab pengangguran di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan, keterampilan, dan keinginan belajar para pencari pekerjaan.</br></br>Unggulnya Bali dalam pariwisata dikarenakan potensi pariwisata yang telah dimiliki seperti terdapatnya objek wisata di setiap kabupaten/kota nya. Selain objek wisata, budaya yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun mancanegara.agi wisatawan domestic maupun mancanegara.)