Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Jika aku sedih, aku menggambar pelangi. Tahukah kamu alasannya?". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Tips and how to study effectively at home during the pandemic  + (jadi video saya menceritakan tentang tips dan cara efektif belajar di rumah yang terdiri dari tiga cara yaitu memilih waktu yang tepat,menetukan tempat,dan mencari jaringan yang bagus)
  • Jaga Wewidangan Suci Pura ring Bali Boya Ja Asal Ngalih Komisi  + (Jaga Kawasan Suci Pura di Bali Bukan SekadJaga Kawasan Suci Pura di Bali Bukan Sekadar Mencari Komisi </br></br>Salam damai, salam akal sehat, salam sejahtera, untuk kita semua!</br>Hidup mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia! </br></br>Bali mendapat anugerah memiliki keindahan alam yang bervariatif, seperti pantai, laut, sungai, danau, gunung, dan hutan. Semua objek alam ini sangat potensial untuk dijadikan objek wisata. </br>Namun tidak dipungkiri Bali merupakan pulau dewata dan pulau seribu pura sehingga pembangunan resort, hotel, atau tempat akomodasi sejenisnya perlu diperhatikan tata letak pembangunannya agar tidak memasuki atau berdekatan, dan bahkan mengganggu keberadaan kawasan suci pura. </br></br>Pembangunan resort atau objek wisata sejenis seharusnya memiliki persetujuan masyarakat setempat, bukan hanya aparat. Akan tetapi, masyarakat juga harus turut terlibat!</br>Perlu adanya diskusi terbuka! </br>Perlu sosialisasi kepada masyarakat! </br>Pembangunan resort atau sejenisnya yang berdekatan dengan kawasan suci pura perlu dilakukan pengkajian di awal agar tidak sampai menimbulkan dampak di kemudian hari, seperti izin dan kesepakatan kontrak, serta melakukan kompromi dengan masyarakat sekitar untuk menampung aspirasi masyarakat sekitar atau yang bertanggung jawab terhadap lingkungan pura tersebut.</br></br>Kasus semacam ini mencuat, salah satunya di Karangasem, yakni pembangunan Detiga Neano Resort yang dibangun di Bukit Enjung Ngawit yang lokasinya berdekatan dengan kawasan suci pura Gumang. Pembangunan sedang berjalan, tiba-tiba ada permasalahan yang dialami karena kurangnya koordinasi dan sosialisasi dengan pihak terkait, terutama masyarakat penanggung jawab kawasan suci Pura tersebut. </br></br>Jika terjadi konflik semacam ini, masyarakat perlu dimediasi dan diberikan ruang untuk menampung aspirasi mereka, untuk dibantu dicarikan solusi atau jalan tengah. Jika aspirasi mereka tidak tersalurkan, aksi emosional dalam situasi menolak keadaan pasti akan terjadi, sehingga tampak sebagai aksi anarkis. </br></br></br>Pada keadaan demikian, masyarakat melakukan dengan aksi-aksi spontanitas! Bukan Kriminalitas! </br>Masyarakat tampak anarkis! Karena tak digubris! </br>Oleh karena itu, besar harapan saya Pemimpin terpilih di tahun 2024 nanti pro terhadap rakyat dan mau mendengar aspirasi masyarakat. Jangan sampai pemimpin Bali dibutakan mata hatinya hanya demi persenan komisi.</br>Pemimpin Bali selanjutnya harus memperhatikan hal ini, agar kawasan suci pura di Bali tidak rusak dengan adanya pembangun resort, hotel, ataupun akomodasi sejenisnya yang tidak memperhatikan Kesucian Kawasan Pura.</br></br>Jika ini dibiarkan semakin lama kesucian Kawasan Suci Pura di Bali akan tergerus dengan resort-resort mewah yang hanya mementingkan keuntungan duniawi semata. </br>Rakyat memerlukan pemimpin yang cepat tanggap! </br>Pemimpin yang mau berdiskusi dengan rakyat! </br>Pemimpin yang memperhatikan suara rakyat! </br>Pemimpin yang bisa menjaga Kawasan Suci Pura di Bali!ng bisa menjaga Kawasan Suci Pura di Bali!)
  • Literature Jagalah Kebersihan  + (Jagalah kebersihan bumi dan melakukan penanaman kembali supaya tidak terjadi banjir dan rawatlah bumi kita supaya aman dan nyaman)
  • Literature Jage Kebersihan bumi  + (Jagalah kebersihan bumi dan melakukan penanaman kembali supaya tidak terjadi banjir dan rawatlah bumi kita supaya aman dan nyaman)
  • Jaja Bendu  + (Jaja bendu dibuat dari tepung ketan yang dJaja bendu dibuat dari tepung ketan yang diisi campuran parutan kelapa dan gula Bali atau biasa disebut unti. Peminatnya yang makin banyak membuat jaja bendu sekarang banyak dijual di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Membuat jaja bendu sangat mudah, siapkan tepung beras ketan dan campur dengan kelapa parut, adon dengan air sampai lembut atau lebih bagus mengggunakan air dari daun kembang sepatu dan garam secukupnya. Kemudian panggang atau disangrai dengan menggunakan adonan khusus. Cara memanggang pun harus menggunakan teknik khusus agar lapisannya tipis. Untuk isi jaja bendu, unti manis dari kelapa. Kalau dadar gulung bisa diisi dengan unti kelapa dan kacang ijo, tetapi jaja bendu hanya unti kelapa saja.</br></br>Takaran bahan harus pas saat membuat adonan bendu. Sementara cara menggulungnya sama dengan dadar gulung. Daun pisang sengaja dipilih untuk membungkus jaja bendu agar kue tetap kering atau tidak lembek. Selain terlihat lebih rapi, aroma daun pisang membuat jaja bendu terasa lebih nikmat. Namun jaja bendu tidak tahan lama, hanya bertahan selama satu hari. Jaja bendu yang manis ini sangat cocok dihidangkan dengan kopi. ini sangat cocok dihidangkan dengan kopi.)
  • Kaliadrem Cake  + (Jajan Kaliadrem adalah salah satu makanan untuk perlengkapan yadnya di Bali. Bisa juga di jual agar bisa memenuhi kebutuhan hidup.)
  • Masalah yang terjadi di INDONESIA  + (Jakarta – Ada banyak permasalahan yang terJakarta – Ada banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini seperti tingkat kemiskinan yang masih tinggi, literasi digital yang masih rendah, kasus kekerasan dan fanatisme kelompok atau golongan intoleran, tingkat stunting yang masih tinggi serta berbagai permasalahan yang dapat menghambat kemajuan bangsa.han yang dapat menghambat kemajuan bangsa.)
  • permasalahan di indonesia  + (Jakarta – Ada banyak permasalahan yang terJakarta – Ada banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini seperti tingkat kemiskinan yang masih tinggi, literasi digital yang masih rendah, kasus kekerasan dan fanatisme kelompok atau golongan intoleran, tingkat stunting yang masih tinggi serta berbagai permasalahan yang dapat menghambat kemajuan bangsa.han yang dapat menghambat kemajuan bangsa.)
  • Literature Jalan rusak di bali  + (Jalan di denpasar banyak yang rusak)
  • Macet Ring Canggu  + (Jalan itu tidak hanya dilalui oleh pariwisata, tetapi oleh para komuter. Artinya, penduduk yang bekerja ke daerah Tabanan, ke Nusa Dua, Tanah Lot, atau Denpasar atau sebaliknya)
  • Jalan Rusak di Kabupaten Buleleng Penghubung Desa Bukti dan Desa Tanjung Perlu Perhatian Pemerintah Bali  + (Jalan Rusak di Kabupaten Buleleng PenghubuJalan Rusak di Kabupaten Buleleng Penghubung Desa Bukti dan Desa Tanjung Perlu Perhatian oleh Pemerintah Bali.</br></br>Om Swastyastu,</br>Yang kami hormati Bapak Guru dan para saudara yang kami sangat sayangi.</br>Pertama-tama, puji syukur kami haturkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkatNya lah kami dapat menyampaikan opini terkait masalah yang harus diperhatikan oleh pemerintah Bali.</br></br> Dimana bisa diliat bahwa banyak sekali jalanan rusak yang ada di Bali, seperti di Jalan Merak Kabupaten Buleleng tepatnya penghubung antara Desa Bukti dan Desa Tanjung.</br>Dari info yang kami dapat, jalanan ini rusak sudah cukup lama bahkan hingga bertaun taun ucap warga disana. Kata warga sekitar jalanan ini sudah pernah di tambal memakai semen dengan dana warga seadanya tetapi rusak kembali bahkan waga mengatakan jalanan ini viral juga dulu sampai ditanami pohon pisang. </br>Saking rusaknya jalan tersebut, warga serasa menaiki kuda, akibat jalanan rusak tersebut juga warga sering terjatuh hingga terperosok apalagi saat hujan jalanannya licin.</br>Perbekel Desa Bukti Gede Wardana mengatakan jalan tersebut sudah rusak dari lama. Pihak desa tidak bisa memperbaiki jalan tersebut karena bukan kewenangannya.</br>Solusi dari permasalahan ini adalah pemerintah menjajikan bahwa jalanan tersebut akan diperbaiki 2024.</br></br>Begitu saja yang dapat kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Kami tutup dengan paramasanthi.</br>Om Santhi,Santhi,Santhi Om. paramasanthi. Om Santhi,Santhi,Santhi Om.)
  • take a walk to the beach  + (Jalan² kepantai Saat hari minggu saya jalan² kepantai Di jalan saya melihat jalan berlobang² Saya harapa jalan² raya di bali di perbaiki untuk kedepannya)
  • When the country of Ginseng attacked  + (Jaman sekarang banyak generasi muda yang sJaman sekarang banyak generasi muda yang suka dengan budaya negeri ginseng. Dari cara berpakaian, lagu, dance dan bahasanya diikuti oleh anak muda jaman sekarang. Membuat generasi muda sekarang sedikit yang melestarikan budaya Bali. Anak muda jaman sekarang lebih bisa bahasa Korea daripada bahasa Bali. Lebih bisa bernyanyi Korea daripada mbernyanyi Bali. Lebih bisa dance daripada menari Bali. Kalau sudah begini. Siapa yang akan melestarikan budaya Bali? Kalau bukan kita,siapa lagi. Boleh menerima budaya asing namun jangan sampai lupa dengan budaya sendiri. Budaya Bali adalah warisan yang harus dilestarikan. Mari belajar dan melestarikan budaya Bali . Supaya budaya Bali tidak dijajah budaya asing.ya budaya Bali tidak dijajah budaya asing.)
  • Literature Merusak Pantai  + (Jaman sekarang banyak pantai-pantai yang rJaman sekarang banyak pantai-pantai yang rusak karena sampah</br>Karena banyak orang membuang sampah disungai</br>Tidak diketahui sampah itu langsung hanyut menuju pantai</br>Maka dari itu banyak hewan yang mati</br>Sekarang kita patut jaga pantai agar ekosistem yang ada disana tetap asri dan terjaga kelestariannyasana tetap asri dan terjaga kelestariannya)
  • Angkara Murka  + (Jangan hanya mengira raksasa mempunyai sifJangan hanya mengira raksasa mempunyai sifat yang jelek, tetapi ada juga sifat baiknya. Hanya segitu manusia yang tau, cuma kejelekannya saja tetapi merasa paling benar.</br>Seperti Ogoh Ogoh ini yang bernama Angkara Murka, selalu memakai emosi jika bertutur dengan masyarakat. Jangan mengira masyarakat tidak punya rasa, yang di atas sudah merasa paling bisa dan paling benar jika menjalankan kerja. Biar tidak seperti katak yang berbunyi di kajeng Kliwon, berbunyi sekali tetapi menyakiti hati.</br>Tetapi jika sudah merasa perlu dengan masyarakat, sebegitu baiknya bertutur, tapi jika sudah terisi keinginannya mengapa berbanding terbalik dengan perkataan yang diawal.ing terbalik dengan perkataan yang diawal.)
  • Angkara Murka  + (Jangan hanya mengira raksasa mempunyai sifJangan hanya mengira raksasa mempunyai sifat yang jelek, tetapi ada juga sifat baiknya. Hanya segitu manusia yang tau, cuma kejelekannya saja tetapi merasa paling benar.</br>Seperti Ogoh Ogoh ini yang bernama Angkara Murka, selalu memakai emosi jika bertutur dengan masyarakat. Jangan mengira masyarakat tidak punya rasa, yang di atas sudah merasa paling bisa dan paling benar jika menjalankan kerja. Biar tidak seperti katak yang berbunyi di kajeng Kliwon, berbunyi sekali tetapi menyakiti hati.</br>Tetapi jika sudah merasa perlu dengan masyarakat, sebegitu baiknya bertutur, tapi jika sudah terisi keinginannya mengapa berbanding terbalik dengan perkataan yang diawal.ing terbalik dengan perkataan yang diawal.)
  • Literature JANGAN SALAH PAHAM!!!  + (Jangan Salah Paham!!! Kalau di perhatikan Jangan Salah Paham!!!</br>Kalau di perhatikan sekarang orang-orang sulit untuk bertindak, bagai burung dalam sangkar yang dirasakan masyarakat saat ini. Suara sirine seakan menjadi saksi ibu pertiwi sedang berduka. Berbeda dengan suara para orang tua, “ Miskin….Miskin, memang penyakit agak berkurang namun tidak ada pemasukan. Perbincangan saat ini semua mengenai covid 19. Pemerintah telah memberikan petuah-petuah agar mematuhi prokes. Namun ketika dilihat banyak orang yang mencemooh daripada yang percaya. Itu yang menyebabkan masyrakat dan pemerintah terjadi salah paham. Apa yang menyebabkan salah paham?? Itu semua karena saling fitnah. Masyarakat seakan-akan menyalahkan pemerintah begitu juga pemerintah yang selalu mengeluarkan kebijakan karena melihat masyarakat yang tidak disiplin. Seperti perbincangan mengenai bantuan-bantuan seperti BLT, BSU dan lain-lain, tidak seutuhnya bantuan tersebut tersalurkan kepada yang membutuhkan. Perbincangan mengenai PPKM yang menyebabkan hilangnya lapangan pekerjaan, juga perbincangan mengenai vaksin. Masih banyak lagi permasalahan yang dirasakan belakangan ini.sebenarnya masalh tersebut muncul dari pikiran masing-masing. Harapan pemerintah masyarakat agar tidak menganggap sepele begitu juga masyarakat mengharapkan pemerintah tidak terlalu ketat. Ini sebenarnya yang menjadi penyakit, sebenarnya masalah ini bisa dihadapi dengan kepala dingin dan saling percaya. Masyarakat sudah seharusnya berfikir positif, dan pemerintah juga harus memperhatikan di lapangan, jangan mengeluarkan kebijakan tanpa memperhatikan solusi.</br>Saat ini Bali dan Jawa sedang berlangsung PPKM, ini juga sebenarnya menjadi pertanyaan, apakah di Bali dan jawa saja ada Covid? Sepertiinya ini harus dijelaskan oleh pemerintah. Bali utamanya sudah mengalami penurunan peronomian, seperti halnya pariwisata yang telah lumpuh tidak dapat berjalan.untuk mengatasi hal tersebut banyak yang beralih mengambil pekerjaan lain, apalagi seni dan budaya sudah sangat-sangat berkurang. Kalau dilihat dari ranah pendidikan, banyak siswa yang tidak dapat merasakan belajar tatap muka,semua berlangsung secara online. Walaupun ada pembelajaran daring namun itu semua tidak dapat mengembangkan pikiran siswa, karena tidak dapat mendapatkan perhatian khusus oleh guru. Para orang tua yang susah bekerja mencari nafkah. Tidak bisakah pemerintah mencarikan solusi untuk bisa berlangsung belajar tatap muka, dengan memberikan faceshield, handsanitizer, masker dan yang lainnya. hal-hal tersebut harus benar-benar diperhatikan agar tidak ada kesalah pahaman.</br>Masyarakat mengharapkan pemerintah agar benar-benar memperhatikan masalah yang sedang menimpa. Pandemi covid 19 ini terasa sudah biasa dan seperti endemi. Yang ditakutkan adalah informasi-informasi Hoax yang menyebabkan masyarakat bingung. Kalau tidak dipercayai takutnya tertimpa covid. Untuk itu pemerintah harus melakukan survey langsung setelah mengeluarkan kebijakan. Seperti contoh pemberian bantuan-bantuan berupa BLT atau yang lainnya. pemerintah harus benar-benar memberikan pengawasan terhadap petugas-petugas yang menaungi hal tersebut. Apakah benar dana tersebut sudah tersalurkan kepada masyrakat yang benar-benar membutuhkan, agar tidak terjadi penyelewengan. Kalau bantuan tidak merata akan muncul salah paham dan memunculkan wacana-wacana pemerintah tidak memperhatikan. Kalau bisa pemerintah harus memberikan motivasi pada masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan juga memperhatikan pendidikan,berikan masyarakat kesempatan membangun usaha dengan tidak lagi membatasi pedagang untuk berjualan. Bantuan-bantuan yang ada alangkah lebih baik untuk meningkatkan perekonomian di masa pandemi. Dan yang paing penting adalah mengatasi oknuk-oknum yang menjadikan pandemi ini sebagai lahan bisnis.</br>“Terima kasih”i ini sebagai lahan bisnis. “Terima kasih”)
  • Dresta Anyar Nyaga Lingkungan sami Diapin Masan COVID-19  + (jangan sampai lupa merenapkan kebiasaan baru menjaga lingkungan, karena ne normal tidak hanya untuk menjaga manusia saja, melainkan lingkungan juga.)
  • Jatiluwih  + (Jatiluwih merupakan sebuah desa/kelurahan Jatiluwih merupakan sebuah desa/kelurahan yang terletak pada kecamatan penebel,kabupaten tabanan,Bali , indonesia. Jatiluwih merupakan desa wisata , dengan panorama yang indah disertai dengan sawah berundak. Udaranya sejuk karena berada pada ketinggian rata-rata 700 meter dari permukaan laut. Sejak tahun 2000, jatiluwih menjadi daerah tujuan wisata terutama yang menyukai keindahan alam. Pengunjung bisa menikmati suasana segar, karena sepanjang hari udara dijatiluwih tidak pernah panas melebihi 20 derajat celsius. pernah panas melebihi 20 derajat celsius.)
  • "HYANG AJI TAKSU"  + (Jeg Metaksu!,begitu kalau orang bilang saaJeg Metaksu!,begitu kalau orang bilang saat melihat seseorang yang membawakan pertunjukan seni budaya atau pekerjaan baik lainnya.Taksu adalah aura magis yang terpancar dari orang yang benar-benar rajin ,tulus dan iklhas menjalankan seni budaya,perdagangan,maupun memimpin.Sama seperti Implementasi ogoh-ohoh "HYANG AJI TAKSU",yang digambarkan oleh anak kecil yang bermain gendang,di belakang anak kecil tersebut ada sosok tinngi besar seram dan kuat berwibawa yang melambangkan Taksu itu tersendiri.Di belakang sosok tinggi besar tersebut ada sosok cantik ,anggun,dan menghanyutkan, di tangannya membawa sarana yang melambangkan ilmu pengetahuan.</br></br>Kalau diimplementasikan seperti pemerintahan, anak kecil tersebut adalah seorang pemerintah dan gendangnya adalah sistem pemerintahan.Kalau benar anak kecil itu rajin belajar bermain gendang sesuai peraturan dan pakem pasti lah Taksu atau aura magis akan keluar sendirinya dari anak kecil tersebuat sehingga membuat ia tampak berwibawa.Sama seperti Pemerintah ,kalau pemerintah baik dalam menjalankan sistem pemerintahan sesuai pasal dan peraturan yang ada pasti Taksu atau aura dari pemerintah tersebut akan keluar dan disegani masyarakat.</br></br>Sekarang bumi ini sudah semakin tua semakin nyeleneh,sepatutnya Pemerintah Lebih siaga dan gercep ,dan kita semua sebagai masyarakat harus taat terhadap peraturan. masyarakat harus taat terhadap peraturan.)
  • Jegog Traditional Gamelan Typical of Jembrana Regency  + (Jegog adalah gamelan tradisional khas KabuJegog adalah gamelan tradisional khas Kabupaten Jembrana yang terbuat dari bambu, pada awalnya kesenian ini sebagai hiburan pengisi waktu. Pada perkembangan berikutnya Jegog dikembangkan sebagai barungan gambelan oleh seorang seniman yang bernama Kiang Gliduh dari Dusun Sebual Desa Dangintukadaya. Kata Jegog diambil dari instrumen Gong Kebyar yang paling besar. Diantara gambelan Bali yang terbuat dari bambu, Jegog inilah yang mempunyai ukuran paling besar terutama bagian yang paling belakang biasa disebut Jegogan. Beberapa sumber mengatakan bahwa bentuk gambelan jegog yang angkuh dan terkesan sombong ini, merupakan bentuk perlawanan secara kultural kepada penguasa pada saat itu, karena seperti kita ketahui, bahwa cikal bakal penduduk jembrana, merupakan tahanan politik yang dibuang ke jimbarwana nama lain dari Jembrana pada masa kerajaan.ama lain dari Jembrana pada masa kerajaan.)
  • Kreteg Wanara  + (Jembatan Kera Di hulu sebuah sungai tingJembatan Kera</br></br></br>Di hulu sebuah sungai tinggal sekelompok kera. Mereka hidup rukun dan damai. Di kiri kana sungai itu tumbuh beraneka pohon buah-buahan. Pohon yang paling digemari kera-kera itu adalah pohon mangga. Buah pohon itu lebat dan aromanya gurih. Pemimpin kera selalu menasehati anak buahnya. “Kamu boleh makan sekehendakmu, tetapi hati-hati, jangan sampai buah itu jatuh ke sungai!”</br>Nasihat sang pemimpin benar-benar ditaati. Kera-kera itu tidak memakan buah itu di atas sungai, tetapi di pinggir sungai.</br>Suatu ketika sebiji mangga jatuh ke sungai. Hal itu terjadi bukan karena kecerobohan kera, tetapi karena sarang semut. Tak ada yang tahu dalam sarang semut itu terbungkus sebiji mangga. Mangga yang ranum itu, setelah tiba waktunya, gugur. Mangga itu hanyut ke muara. Ketika buah itu melintas di pinggir kota, seseorang memungutnya. Sungguh heran dia! Baru kali itu ia melihat buah yang berwarna kuning, halus dan beraroma gurih. Ia melaporkan penemuan itu kepada Raja. Sang Raja pun terangsang. Ia mencoba mencicipi. Nyam, nyam, nyam...! Bukan main nikmatnya! </br>Raja ketagihan. Ia menanyakan kepada seorang pendayung sampan. “Buah apa itu, dan darimana asalnya?”</br>“Buah mangga, Paduka! Pohon buah itu banyak tumbuh di hulu sungai,” jawab pendayung itu.</br>Raja yang gemar berburu itu keesokan harinya berangkat mencari asal muasal mangga itu. “Sambil menyelam minum air,” katanya. Maksudnya berburu hewan sambil memetik mangga. Setiba di hulu sungai, Raja terheran-heran melihat pohon-pohon besar yang sarat dengan buah mangga. Lebih heran lagi di cabang-cabang pohon itu bergelantungan kera-kera. Raja membayangkan, sepulang dari berburu, bukan saja membawa mangga tetapi juga membawa kera hasil buruan.</br>Namun apa yang terlihat? Kera-kera itu meloncat-loncat kalang kabut. Seekor kera tua yang menjadi pemimpin kera itu berteriak keras-keras, “Tenanglah, Anak-anakku! Ikuti petunjukku!” Pemimpin kera itu memanjat ke puncak pohon, lalu menggelayut-gelayut. Ketika gelayutan itu mendekati pohon di seberang sungai, kera itu meraih puncak pohon itu kemudian memegangnya erat-erat. Ia membentangkan tubuhnya menjadi sebuah jembatan penyeberangan. Lalu ia menyuruh anak buahnya menyeberang satu persatu. Raja tak pernah mengedipkan mata melihat pemandangan yang menegangkan itu. Ia menyuruh para pemburu mengurungkan bidikannya. </br>Berpuluh-puluh kera berhasil selamat menyeberangi jembatan itu. Tinggal seekor kera besar dan kekar. Ia menoleh kiri-kanan. Pemimpin kera sekali lagi berteriak keras agar kera besar itu menyeberang secepatnya. Namun apa yang terjadi? Ketika kera besar itu meloncat ke punggung pemimpinya, sang pemimpin kehabisan tenaga. Tangan dan kakinya tak kuat lagi berpegangan. Buk! Ia jatuh ke tanah dekat Raja. Tubuhnya remuk.</br>Sang Raja amat kasihan melihatnya. Sambil mengelus-elus tubuh kera itu, tanyanya, “Mengapa kau berbuat demikian?”</br>“Hamba harus menyelamatkan anak buah hamba,” jawab pemimpin kera, lalu ia menghembuskan napas terakhir. </br></br>Sumber: Dongeng untuk Presiden karya Made Taroer: Dongeng untuk Presiden karya Made Taro)
  • Literature jembatan susut roboh  + (Jembatan rusak)
  • Soroh Upacara Ngaben  + (Jenis Upacara Ngaben Ada berbagai ragam jJenis Upacara Ngaben</br></br>Ada berbagai ragam jenis ngaben di Bali. Ini dikarenakan adanya berbagai lontar-lontar, sastra Agama, dan kepercayaan lokal di Desa, kala dan patra. Disamping itu juga disebabkan oleh banyaknya pengaruh Hindu yang datangnya bergelombang ke Bali sejak jaman Mpu Kuturan, sampai dengan Dang Hyang Nirartha, yang membuat penafsiran-penafsiran tersebut menjadi beragam. </br></br>Berdasarkan keadaan jenasah</br></br>1.Sawa wedana adalah upacara ngaben dimana yang dibakar tersebut masih ada jenazahnya. Upacara jenis ini, sangat lazim dilakukan. Begitu orang meninggal, jenazahnya tidak langsung dikubur, melainkan langsung dikremasi. Di jaman sekarang, ada kecenderungan jika orang meninggal akan langsung dibakar. Ngaben yang dilakukan di krematorium, juga termasuk golongan ini. </br></br>2.Asti wedana, adalah upacara ngaben dimana jenazah orang yang akan diaben, ditanam atau dikubur terlebih dahulu, sebelum kemudian tulang-belulalangnya diangkut lagi untuk diaben. Ada juga yang menyebutkan bahwa tulang-belulang tersebut tidak perlu dibongkar lagi, melainkan cukup disimboliskan saja.</br></br>3.Swasta, adalah upacara ngaben dimana jenazah seseorang tidak ditemukan lagi.</br></br></br>Berdasarkan objek yang dibakar</br></br>1.Sawa preteka adalah ngaben, dimana obyek yang dibakar adalah jenazah. </br>2.Sawa wedana, adalah ngaben, dimana obyek yang dibakar adalah jenazah yang telah sempat ditaman atau dikubur terlebih dahulu. Tetapi jenazahnya masih utuh.</br>3.Asti wedana, adalah ngaben dengan obyek yang dibakar berupa tulang-tulang. Tulang ini didapatkan dari hasil penggalian terhadap jenazah yang dikubur sebelumnya. Artinya jenazah itu telah lama dikubur sehingga hanya tulang-tulangnya saja yang didapatkan. </br>4.Swasta adalah ngaben dimana jenazahnya tidak bisa ditemukan lagi (yang dibakar adalah pengawakannya yang merupakan simbol dari jenazah tersebut).</br></br>Berdasarkan kuantitas atau tingkatan yadnya</br>1.Utama dibagi lagi menjadi 3 (utamaning utama, madyaning utama, kanistaning utama)</br>2.Madia dibagi lagi menjadi 3 (utamaning madya, madyaning madya, dan kanistaning madya)</br>3.Nista dibagi juga menjadi 3 (utamaning kanista, madyaning kanista, dan kanistaning kanista)adyaning kanista, dan kanistaning kanista))
  • Types of Canang  + (Jenis-jenis Canang: 1. Canang burat wangiJenis-jenis Canang:</br></br>1. Canang burat wangi</br>Canang yang dilengkapi dengan dua jenis wangi-wangian yang disebut burat wangi dan lenga wangi kadang-kadang dilengkapi dengan jajan kekiping, pisang emas dan tebu.</br></br>2. Canang Gantal</br></br>a. Canang gantal, Canang yang sirih pinangnya terdiri atas, 5, 7, 9, 11 ikat</br></br>b. Canang Gantal, "Masaih ring Canang Genten, maweweh lekesan kekalih (2), matusuk antuk serat wyadin mategul antuk talin porosan, duwur porosanne madaging wadah uras lan sekar."</br>Terjemahannya:</br>Mirip dengan Canang Genten hanya saja ditambahi lekesan 2 buah yang ditusuk dengan semat ataupun diikat dengan benang, di atasnya diisi porosan berisi wadah uras dan bunga. </br></br>3. Canang Genten</br>Metaled antuk ceper, wiadin marupa kadi reringgitan, taledanne kasusunin antuk plawa, porosan antuk sedah (sirih, madaging apuh (kapur), lan jambe (pinang) mategul antuk talin porosan, susunin wadah lengis, sekar lan pandan arum. “Suksamannya panunggalan kayun suci jagi parek ring Hyang Widhi Brahma, Visnu, Iswara, punika saranane, jambe, apuh lan sirih” –</br>Maknanya yaitu sebagai wujud penyatuan pikiran dan niat yang suci karena akan menghadap Hyang Widhi dalam prabhawa sebagai Brahma, Visnu, Iswara, inti persembahannya adalah pinang, kapur dan sirih. Menurut Lontar Mpu Lutuk Alit</br></br>4. Canang Lenga Wangi</br>Campuran minyak kelapa miwah adeng, miyik-miyikan minyak ireng, campurin malem lan menyan, minyak putih burat wangi, campurin kelapa ring akah cendana, menyan, majegahu, seranane minakadi menyan majegahu lan cendana mateges sang Tri Purusa.</br>Terjemahannya:</br>Canang yang kelengkapannya berasal dari campuran minyak kelapa dan arang, wangi-wangian utamanya minyak hitam dicampur malem dan menyan, minyak untuk burat wangi adalah minyak putih di campur kelapa dan akar cendana, menyan, majegau, bermakna sebagai Sang Tri Purusa.</br></br>5. Canang Maraka</br>Canang yang alasnya sebuah ceper di atasnya diisi tebu, pisang beberapa jenis jajan dengan sampian serta dilengkapi dengan canang genten.</br></br>6. Canang Nyahnyah Gringsing</br>"Dasar antuk ceper madaging jaja kakiping, pisang mas, nyahnyah gringsing (melakar antuk injin menyahnyah) mabungkus antuk tangkih don keraras, madaging porosan, wadah uras lan sekar."</br>Terjemahannya:</br>Alasnya dari cemper, berisi jajan kiping, pisang mas, nyahnyah gringsing berbahan dari; injin di sangrai, dibungkus dengan tangkih daun pisang kering, berisi porosan, wadah uras, dan bunga. </br></br>7. Canang Pangraos</br>Canang yang alasnya sebuah aledan berisi tembakau, kapur berserta beberapa lembar sirih, diatasnya diisi sebuah ceper berisi wija, air cendana, minyak wangi dan bunga yang harum.</br></br>8. Canang Pangeresikan</br>"Taled antuk ceper madaging tangkih 7 siki, suang-suang madaging sisig (beras manyahnyah ngantos puwun), kakosok kuning (tepung mecampur kunyit), kakosok putih (beras putih mecampur antuk tepung), tepung tawar/tepung beras sekar mesisir, madaging segahu, sesarik/minyak, kapas lan ambuh antuk don bungan pucuk/waru masisir."</br>Pada intinya pesucian merupakan alat-alat yang dipakai untuk menyucikan Ida Bhatara dalam suatu Upaca- ra keagamaan. Secara instrinsik mengan- dung makna filosofis bahwa sebagai manusia harus senantiasa menjaga keber- sihan phisik dan kesucian rohani (cipta, rasa dan karsa), karena Hyang Widhi itu Maha Suci maka hanya dengan kesucian manusia dapat mendekati dan menerima karunia Beliau.</br></br>9. Canang Payasan:</br>"Taled antuk tangkih bucu telu, masusun antuk jejahitan payasan, palawa, porosan, wadah uras lan sekar."</br>Terjemahannya:</br>Beralaskan tangkih bersudut tiga, di atasnya diisi jejahitan payasan, daun- daunan, porosan, wadah uras, dan bunga.</br></br>10. Canang rebong</br>Canang yang alasnya sebuah dulang, di tengah-tengahnya diisi batang pisang untuk menusukkan bunga dikelilingingi dengan daun sirih, pinang (5-11 buah), beras kuning dan air cendana.</br></br>11. Canang Sari</br>"Canang sari inggih punika sarin kasucian kayun bhakti ring Hyang Widhi tunggal. Napkala ngaksara kahiwangan- kahiwangan”.</br>Terjemahannya:</br>Canang sari yaitu inti dari pikiran dana niat yang suci sebagai tanda bhakti/ hormat kepada Hyang Widhi ketika ada kekurangan saat sedang menuntut ilmu kerohanian (lontar Mpu Lutuk Alit). Canang sari adalah suatu Upakāra /banten yang selalu menyertai atau melengkapi setiap sesajen/persembahan, segala Upa- kāra yang dipersiapkan belum disebut lengkap kalau tidak di lengkapi dengan canang sari, begitu pentingnya sebuah canang sari dalam suatu Upakāra/beban- ten. Apakah sebenarnya makna yang terkandung dalam sebuah canang sari?. Canang sari sebagai lambang angga sarira serta hidup dan kehidupan.ng angga sarira serta hidup dan kehidupan.)
  • Bianglalah  + (Jika aku sedih, aku menggambar pelangi. Tahukah kamu alasannya?)
  • Sate Serapah  + (Jika Anda penikmat kulit ayam, usus ayam dJika Anda penikmat kulit ayam, usus ayam dan berbagai bagian dalam ayam, makanan ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Karangasem. Sate Serapah berbeda dengan sate pada umumnya, umumnya sate dibuat dengan daging ayam atau sapi tapi kuliner ini tidak menggunakan daging. Sate Serapah dibuat menggunakan bagian kulit ayam, usus, rempela dan hati ayam.</br></br>Bumbu yang digunakan pada sate ini juga berbeda dengan sate lain, kebanyakan sate pada umumnya menggunakan bumbu kacang atau kecap. Sate Serapah menggunakan bumbu khas Karangasem yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Selain menggunakan bagian ayam, sate ini juga menggunakan babi dan sapi.</br></br>Bagi Anda yang muslim dan berlibur di Karangasem jangan khawatir jika ingin mencoba kuliner yang satu ini, karena banyak Warung Makan bagi Muslim yang sudah menyediakan makanan ini. Sate Serapah akan sangat nikmat jika dinikmati selagi masih hangat, jika dinikmati dalam kondisi dingin akan mengurangi cita rasa dari makanan dan bumbunya.rangi cita rasa dari makanan dan bumbunya.)
  • Literature Yening maosang indik pemimpin sane kaaptiang  + (Jika berbicara tentang pemimpin yang diharJika berbicara tentang pemimpin yang diharpakan, pasti banyak hal yang akan disampaikan. Katanya, pemerintah itu ada kalau ada masyarakat. Begitu juga masyarakat akan menjalankan kehidupannya dengan baik apabila pemerintah menerapkan kebijakan yang baik. Sekarang bagaimana kebijakan yang baik? Menurut pendapat saya, siapapun yang akan terpilih pada pemilu, tidak harus langsung mengubah kebijakan sebelumnya yang sudah baik dilaksanakan. Walaupun pemimpin itu berbeda, boleh saja melanjutkan kebijakan dari pemimpin yang sebelumnya. Contohnya kurikulum. Setiap menteri diganti, maka diganti pula sistem kurikulum. Tidak hanya guru saja yang kesusahan untuk memberi materi, tetapi para murid juga susah untuk meresapi pelajaran tersebut.a susah untuk meresapi pelajaran tersebut.)
  • The existence of Balinese Language Wiki in cyberspace as a medium/means for storing Balinese language, script and literature.  + (Jika dilihat dari perkembangan jaman, BahaJika dilihat dari perkembangan jaman, Bahasa Bali tidak lagi diminati dan sudah jarang sekali dipergunakan oleh masyarakat penuturnya, banyak orang dirumahnya sudah malu berbahasa Bali karena takut dikatakan kuno dan tidak keren. Para orang tua yang berusia muda atau yang baru menjadi orang tua lebih banyak berbahasa Indonesia di rumahnya masing-masing hal itu dikarenakan mereka sudah tidak berdomisili di desa melainkan sudah urbanisasi/pindah ke kota didekat tempat mereka bekerja. Ada yang kost, ngotrak, atau membeli BTN di Denpasar, Surabaya, di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Itulah yang menyebabkan dalam persahabatan atau dalam pergaulan sehari-hari sudah pasti mereka bekomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia.</br>Itulah yang menyebabkan keberadaan Bahasa, akasara dan sastra Bali sedikit demi sedikit mulai punah keberadaanya.</br>Menurut pikiran saya sudah sudah sangat sulit menemukan anak kecil, ataupun remaja yang benar-benar pandai berbahasa Bali dan faham serta perhatian dengan keberadaan aksara Bali.</br></br>Keberadaan Bali Wiki jika saya ibaratkan seperti air di Gurun Pasir, sangat besar manfaatnya karena bisa mengobati dahaga disaat kita kehausan. Apalagi pada perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak orang sudah tau dan pintar dalam menggunakan prangkat-prangkat dunia maya/media sosial, disana akan terlihat betapa pentingnya keberadaan BALI WIKI dalam kedudukannya sebagai akar Budaya yang merupakan salah satu senjata utama yang bisa dan mampu menjaga dan melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali.</br></br>Banyak usaha-usaha atau giat-giat yang sudah dilakukan serta dilaksanakan oleh BALI WIKI seperti membuat postingan-postingan yang berbahasa Bali, beraksara Bali yang diunggah dalam media sosial seperti : IG, FB, Youtube, dll.</br>Membuat opini-opini/tajuk dimedia cetak.</br>Serta melaksanakan lomba-lomba yang berhubungan dengan menjaga dan melestarikan keberadaan Bahasa, akasara, dan sastra Bali untuk yang selalu aktif dalam dunia maya.</br></br>Dari usaha-usaha yang sudah banyak dilakukan, kebradaan BALI WIKI diharapkan selalu eksis dan kokoh serta semakin maju/berkembang untuk seluruh masyarakat Indonesia, Dunia dan yang paling utama untuk masyarakat Bali.n yang paling utama untuk masyarakat Bali.)
  • The existence of Balinese Language Wiki in cyberspace as a medium/means for storing Balinese language, script and literature.  + (Jika dilihat dari perkembangan jaman, BahaJika dilihat dari perkembangan jaman, Bahasa Bali tidak lagi diminati dan sudah jarang sekali dipergunakan oleh masyarakat penuturnya, banyak orang dirumahnya sudah malu berbahasa Bali karena takut dikatakan kuno dan tidak keren. Para orang tua yang berusia muda atau yang baru menjadi orang tua lebih banyak berbahasa Indonesia di rumahnya masing-masing hal itu dikarenakan mereka sudah tidak berdomisili di desa melainkan sudah urbanisasi/pindah ke kota didekat tempat mereka bekerja. Ada yang kost, ngotrak, atau membeli BTN di Denpasar, Surabaya, di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Itulah yang menyebabkan dalam persahabatan atau dalam pergaulan sehari-hari sudah pasti mereka bekomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia.</br>Itulah yang menyebabkan keberadaan Bahasa, akasara dan sastra Bali sedikit demi sedikit mulai punah keberadaanya.</br>Menurut pikiran saya sudah sudah sangat sulit menemukan anak kecil, ataupun remaja yang benar-benar pandai berbahasa Bali dan faham serta perhatian dengan keberadaan aksara Bali.</br></br>Keberadaan Bali Wiki jika saya ibaratkan seperti air di Gurun Pasir, sangat besar manfaatnya karena bisa mengobati dahaga disaat kita kehausan. Apalagi pada perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak orang sudah tau dan pintar dalam menggunakan prangkat-prangkat dunia maya/media sosial, disana akan terlihat betapa pentingnya keberadaan BALI WIKI dalam kedudukannya sebagai akar Budaya yang merupakan salah satu senjata utama yang bisa dan mampu menjaga dan melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali.</br></br>Banyak usaha-usaha atau giat-giat yang sudah dilakukan serta dilaksanakan oleh BALI WIKI seperti membuat postingan-postingan yang berbahasa Bali, beraksara Bali yang diunggah dalam media sosial seperti : IG, FB, Youtube, dll.</br>Membuat opini-opini/tajuk dimedia cetak.</br>Serta melaksanakan lomba-lomba yang berhubungan dengan menjaga dan melestarikan keberadaan Bahasa, akasara, dan sastra Bali untuk yang selalu aktif dalam dunia maya.</br></br>Dari usaha-usaha yang sudah banyak dilakukan, kebradaan BALI WIKI diharapkan selalu eksis dan kokoh serta semakin maju/berkembang untuk seluruh masyarakat Indonesia, Dunia dan yang paling utama untuk masyarakat Bali.n yang paling utama untuk masyarakat Bali.)
  • Literature Banyak Sekali Sampah Sisa Sisa Upacara Di Bali  + (Jika dilihat lihat, di Bali sering kita juJika dilihat lihat, di Bali sering kita jumpai sampah sisa upacara yang berserakan. Sampah sampah sisa upacara sering saya lihat berserakan terutama di pura, di pantai, di rumah warga, hampir di seluruh tempat di Bali. Masyarakat banyak yang beranggapan bahwa sampah upacara itu tidak apa dibiarkan begitu saja karena lebih banyak terbuat dari bahan organik.</br></br>Dari hal tersebut menurut saya, pemerintah seharusnya lebih tegas terhadap permasalahan tentang sampah terutama sampah sisa sisa upacara di Bali. Karena perlu diketahui sampah sisa upacara adat terdiri dari 80% sampah organic dan sisanya sampah anorganik (plastik). Sampah organic yang dihasilkan melalui upacara upacara keagamaan perlu diolah dengan metode yang baru salah satunya adalah biopori. Biopori dapat dibuat dengan cara melubangi tanah sedalam lebih dari 1 meter, sehingga setelah selesai melaksanakan upacara adat, alat alat persembahyangan sisa upacara dapat dimasukkan dalam lubang biopori yang ada dibeberapa tempat didalam pura. Dan pastikan sampah yang dimasukkan ke dalam biopori merupakan sampah organik. Selain dapat di terapkan di pura-pura, metode ini dapat juga diterapkan di rumah rumah warga untuk menampung sisa sisa persembahyangan baik canang, daun pisang, sampai sisa sisa makanan rumah tangga. </br></br>Saya harap, sistem biopori lebih dikembangkan dan mulai diterapkan oleh pemerintah di Bali untuk menangani sampah sampah sisa sisa upacara di Bali. Saya juga berharap masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk menangani sampah sampah yang ada di masyarakat, dimulai dari pemilahan sampah maupun hingga penerapan biopori di masing masing rumah warga. Selain itu diharapkan juga pemerintah lebih banyak memfasilitasi tempat pembuanguan sampah yang dapat dijangkau lebih mudah oleh masyarakat.pat dijangkau lebih mudah oleh masyarakat.)
  • Literature Tidak Lagi Merepotkan Orang Lain  + (Jika dipikir, saya ingin sekali seperti orJika dipikir, saya ingin sekali seperti orang lain yang bebas ke sana ke mari tanpa membawa tongkat, tidak menggunakan kursi roda, tidak bingung mencari bantuan orang lain jika ingin pergi ke pura atau tempat umum lainnya. Harapan saya untuk calon pemimpin yang akan terpilih yaitu agar bisa mengutamakan ragam disabilitas, dengan membuatkan akses khusus di pura-pura atau di ruang publik lainnya agar ragam disabilitas juga bisa ke sana ke mari melewati jalur yang sudah disediakan oleh pemerintah. Semoga saja tidak hanya omongan saja, tetapi memang benar direalisasikan. saja, tetapi memang benar direalisasikan.)
  • BASAbali Wiki, A MEANS OF TEENAGERS TO PRESERVE BALI  + (Jika diumpamakan sebagai badan kasar, bahaJika diumpamakan sebagai badan kasar, bahasa Bali seperti telinga. Seperti orang mengatakan "semakin di lihat semakin menjauh" semakin kita berusaha untuk menggenggam, ia akan menjauh. Para peneliti sudah berusaha untuk menegakkan budaya Bali, tetapi para remaja banyak yang menyepelekan bahasa Bali. Sesungguhnya para remaja Bali sudah membangun ikatan-ikatan sebagai tanda cinta terhadap bahasa Bali. Namun, hal tersebut hanya sekedar saja. Dibilang semangatnya hanya sekedipan mata.</br></br>Dari tahun 2018 keberadaan teknologi sudah bisa mengatasi persoalan-persoalan ketidakbisaan para remaja ketika berbahasa Bali. Banyak media online berbahasa Bali yang bisa menumbuhkan minat para remaja agar memperhatikan bahasa Bali. Salah satu usaha yang dilaksanakan yaitu adanya konten lumrah berbentuk lawakan seperti Rare Kual, Lawak Baline, dan lainnya. Namun, bagaimana dengan berita berbahasa Bali? Adakah para remaja yang akan mendengarkan? Apakah BASAbali Wiki bisa mengajak para remaja mengembalikan bahasa Bali ini?</br></br>BASAbali Wiki merupakan aplikasi digital terutama berisi kamus bahasa Bali. Jika menggunakan aplikasi ini, kita bisa mencari arti bahasa Indonesia dari bahasa Bali bahkan terdapat aksara Balinya. Di sini juga bisa menggunakan sor singgih yang diharapkan, dan contoh kata yang digunakan pada kalimat. Selain itu, ada juga terjemahan dari bahasa Bali ke bahasa Inggris. Selain kamus, di BASAbali Wiki kita juga bisa membaca konten yang berhubungan dengan masyarakat dan budaya Bali begitu juga membaca pendapat orang lain tentang masalah-masalah yang ada. </br></br>Jika kita sudah membaca BASAbali Wiki, sesungguhnya Wiki ini sudah sangat kreatif. Yang pertama, sudah disetujui menu kamus sebagai sarana yang diharapkan oleh para remaja. Anak muda sekarang susah untuk berbahasa Bali sehingga harus dibantu dengan kamus ini. Yang kedua, disediakan tempat untuk membaca sehingga kita juga bisa menulis di sini. Yang ketiga, BASAbali Wiki juga sudah melaksanakan perlombaan. Perlombaan merupakan sarana yang bagus agar para remaja memiliki minat untuk melirik. Keempat, BASAbali Wiki memiliki akun media sosial sesuai dengan perkembangan jaman seperti facebook dan instagram. Hal ini sebagai bukti bahwa BASAbali Wiki sudah berusaha berjalan bersama para remaja. Kelima, konten media sosial BASAbali Wiki sudah berisi video inspiratif terkait budaya Bali menggunakan bahasa Bali yang tepat. </br></br>Kelima hal tersebut membuat BASAbali Wiki sebagai tempat yang baik untuk menegakan budaya Bali. Semoga tidak seperti yang sudah-sudah, hanya sekedar saja. Yang diharapkan, BASAbali Wiki selalu berusaha melaksanakan inovasi seperti design dan kreativitas konten. Bisa ditambahkan fitur sebagai alat pembelajaran bahasa Bali untuk siswa SD sampai SMA. Fitur ini diharapkan bisa disebarkan ke para guru kemudian disebarkan ke para siswa. BASAbali Wiki juga agar tetap menyosialisasikan diri dan bisa mendorong minat masyarakat Bali agar bersama-sama menggunakan bahasa Bali.agar bersama-sama menggunakan bahasa Bali.)
  • Literature Kalian tau Bali punya berapa bahasa?  + (Jika ingat Bali, pastinya ingat pantai danJika ingat Bali, pastinya ingat pantai dan Pulau Seribu Pura. Sebutan lain yang populer adalah Pulau Dewata. Termasuk sebagai tujuan wisatawan lokal dan internasional. Sudah terkenal dari dulu.</br></br>Mari coba bahasa satu per satu bahasa daerah di Provinsi Bali satu per satu secara singkat.</br></br>Bahasa Bali</br>Bahasa Bali bisa dibilang bahasa daerah asli Pulau Bali. Bahasa yang berasal dari Provinsi Bali atau bahasa daerahnya Bali. Selain ada di Pulau Bali, bahasa daerah Bali ini juga menyebar ke daerah sekitar pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Bahkan Bahasa Bali juga ada di Provinsi Lampung dan pantai hingga Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Tengah.</br></br>Dialek Bahasa Bali ada dua jenis, dialek Bali Aga/Bali Mula dan dialek Bali dataran.</br></br>Dialek Bali Aga</br>Bahasa Bali dialek Aga artinya Bahasa Bali yang dituturkan oleh masyarakat Bali yang ada di dataran tinggi Pulau Bali.</br></br>Dialek Bali Dataran</br>Sedangkan Bahasa Bali dialek Dataran sebaliknya. Penuturnya adalah penduduk Bali yang berada di dataran rendah Pulau Dewata. Kota Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali menggunakan dialek Bali Dataran.</br></br>Bahasa Jawa</br>Karena dekat dengan pulau terpadat di Indonesia, jelas sekali Bahasa Jawa sangat memengaruhi bahasa di Bali. Kabupaten Buleleng adalah salah satu tempat Bahasa Jawa yang dituturkan. Antara Bahasa Jawa bali dengan Bahasa Jawa di Pulau jawa perbedaannya sampai 51%. Terlebih dengan dialek Bahasa Jawa Solo-Yogya.</br></br>Bahasa Madura</br>Pulau Madura adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur. Letaknya juga tidak jauh dari Pulau Bali. Tidak heran kalau bahasa Madura menjadi bagian bahasa daerah Bali. Penutur bahasa Madura di Bali ada di Kabupaten Buleleng.</br></br>bahasa Melayu</br>Istilah bahasa daerah melayu yang tepat untuk pulau Bali adalah bahasa Melayu Loloan. Penutur bahasa Melayu Loloan di Bali ada di kecematan Loloan Barat, Kabupaten Jembrana.</br></br>Bahasa Sasak</br>Pulau Bali tidak jauh dari Pulau Lombok. Tidak heran bahasa Sasak menjadi bagian bahasa daerah Bali. Menariknya, ada dua dialek bahasa Sasak di Bali, dialek Bukit Tabuan dan dialek Celukan Bawang.</br></br>Harapan di kedepan hari bahasa Bali Aga biar bisa menjadi bahasa sehari hari, biar bisa terbiasa menggunakan bahasa Bali Aga.bisa terbiasa menggunakan bahasa Bali Aga.)
  • Utsaha Ngrajegang Basa bali Malarapan PERGUB No.80 tahun 2018  + (Jika kita perhatikan, lingkungan kebahasaan orang Bali antara dahulu dengan sekarang sudah terdapat perbedaan. karena murid-murid kurang ada yang memakai bahasa bali di kehidupan sehari hari)
  • Indonesia cares about refugees  + (Jika memang Orang Asing itu akan datang saJika memang Orang Asing itu akan datang saya akan mengantarkan Orang Asing tetsebut ke tempat pengungsian di sekitar wilayah tempat tinggal saya. Jika tidak ada tempat pengungsian di sekitar wilayah tempat tinggal saya, maka saya akan memberikan bantuan untuk tinggal sementara di rumah saya. Saya akan berusaha untuk membuat pengungsi tersebut nyaman dengan pelayanan yang saya berikan. Sudah seharusnya bagi kita untuk menolong sesama makhluk hidup. Oleh karena itu lah mengapa kita harus melakukan hal tersebut agar pengungsi tersebut merasa terlindungi dari konflik yang ada pada negara asalnya.</br>Menurut salah satu website di Gogle</br> Seorang refugee/pengungsi tidak dimungkinkan untuk mendapatkan Izin Tinggal Terbatas (“ITAS”) atau Izin Tinggal Tetap (“ITAP”) karena untuk memperoleh ITAS maupun ITAP, orang tersebut harus mempunyai dokumen perjalanan yang sah seperti visa. Selain itu refugee/pengungsi juga hanya diizinkan untuk tinggal sementara sebelum dipindahkan ke negara ketiga. </br>Pengungsi asing hanya boleh tinggal jika sudah mendapatkan izin tinggal dan hanya bersifat sementara. Jadi tak sembarang orang/pengungsi asing dapat mengungsi di Negara lain. Jika pengungsi asing sudah mendapatkan izin tinggal maka pengungsi tersebut sudah boleh tinggal di wilayah tersebut. Seperti yang terdapat pada kutipan website di atas, pengungsi asing hanya tinggal sementara saja. Jadi yang harus saya persipakan untuk pengungsi tersebut adalah memberikan tempat yang nyaman, memberikan makan dan minum, memberikan pelayanan yang baik terhadap pengungsi.</br>Berikut hal yang harus dilakukan untuk pengungsi asing:</br>- Menyiapkan tempat tinggal (kamar) yang nyaman untuk pengungsi</br>- Memberikan makanan dan minuman setiap harinya </br>- Bersikap baik dan ramah</br>- Melayani pengungsi asing dengan tulus dan ikhlas serta tidak mengharapkan imbalan sedikit pun</br>Jika saya sudah melakukan hal-hal di atas, maka pengungsi itu akan nyaman dengan tempat tinggal yang saya berikan. Namun jika pengungsi itu bersikap semena-mena atau tidak sopan dengan saya atau tetangga sekitar maka saya berhak untuk menusir pengungsi itu. </br>Menurut saya, tidak ada salahnya untuk membantu orang lain asal memiliki niat yang baik. Tetapi masih banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan serta makhluk hidup sekitar. Jaga lingkungan kita dan usahakanlah untuk mebantu sesama manusia, sekecil apapun hal yang kamu bantu tetap saja itu dianamakan membantu. Oleh karena itu, marilah kita berdoa bersama agar konflik yang terjadi pada Negara Rusia dan Ukraina cepat selesai. </br>Itu saja opini yang dapat saya sampaikan, terima kasih.i yang dapat saya sampaikan, terima kasih.)
  • Manggala Jagat Momoangkara Panjak Sengsara  + (Jika menjadi raja, apakah yang diinginkan Jika menjadi raja, apakah yang diinginkan harus terwujud? jika iya, siapapun ingin menjadi raja. apa arti menjadi seorang raja sesungguhnya? apakah sifat serakah muncul saat menjadi seorang raja?</br></br>Serakah merupakan salah satu dari penyakit hati. Mereka selalu menginginkan lebih banyak, tidak peduli apakah cara yang ditempuh itu dibenarkan oleh aturan atau tidak. Yang penting, apa yang menjadi kebutuhan nafsunya terpenuhi. </br></br>Bawi Srenggi sangat menginginkan Dewi Sri hingga merusak segala yang ada di bumi. Seperti contoh pemimpin yang manipulatif, ketika keinginannya tak terpenuhi, akan menggunakan segala cara demi mencapai keinginan. Tentunya rakyat akan sengsara dan merugikan diri sendiri. </br></br>Jika dilihat akhir dari segala bentuk keserakahan, tidak akan berakhir baik.tuk keserakahan, tidak akan berakhir baik.)
  • Garbage in the neighborhood  + (jika saya menjadi pemerintah di daerah inijika saya menjadi pemerintah di daerah ini, saya akan lebih menjaga kebersihan lingkungan ini. memberikan solusi atau penyelesaian yang tepat dari masalah yang ada. Sampah-sampah disini membuat saya berpikir, mengapa kita tidak menyediakan tempat sampah yang cukup di tempat-tempat yang menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat setempat. Dengan menyediakan tempat sampah di tempat tempat ini, sangat memungkinkan masyarakat memiliki lingkungan yang sehat dan bersih. Sebagai pemerintah juga, kita harus memberikan penyuluhan dan peringatan kepada masyarakat setempat agar mereka memiliki kesadaran yang lebih tinggi dari sebelumnya. Semoga dengan solusi yang diberikan ini, kita sebagai pemerintah dan mereka sebagai masyarakatpun merasa lebih nyaman, tenang dan aman berada di sekitar daerah ini.ang dan aman berada di sekitar daerah ini.)
  • Focus on Tourism  + (Jika saya menjadi pemimpin di di daerah atJika saya menjadi pemimpin di di daerah atau kota saya , saya akan memperbaiki akses infrastruktur karena infrastruktur bisa di bilang merupakan pilar utama mencapai tujuan pariwisata, tanpa infrastruktur yang memadai para wisatawan enggan berwisata dan saya akan tingkatkan iklan dan promosikan secara di gital serta menyelenggarakan festival ke senian budaya lokal dan saya akan memperbaiki akses menuju ke tempat wisata agar dapat mudah di jangkau oleh parawisatawan.dapat mudah di jangkau oleh parawisatawan.)
  • Agriculture Sector  + (Jika saya menjadi pemimpin pada sektor perJika saya menjadi pemimpin pada sektor pertanian, saya mau membina, mengajari semua petani supaya memuai hasil yang baik, yaitu:</br>1. Menanam tanaman atau bibit pertanian yang sesuai. Tidak sedikit petani yang memaksakan ingin menanam jenis tanaman di areanya. Ini biasa dilakukan ketika melihat petani lain mampu menghasilkan laba dari jenis tanaman tersebut.Perlu kita ketahui juga bahwa tidak semua jenis tanaman akan cocok bila ditanam di lahan tersebut. Jika dipaksakan, tentu hasilnya akan kurang maksimal. Oleh karena itu, jika saya menjadi pemimpin, saya harus memberikan penyuluhan tentang jenis tanaman apa yang baik, serta memfasilitasi petani dengan bibit unggulan.</br>2. Mengolah lahan dan menyuburkan lahan. Kunci paling utama untuk melimpahkan hasil pertanian selain bibit adalah pengolahan lahan. Tanah yang subur akan membuat tanaman bisa tumbuh optimal. Tanaman yang tumbuh subur akan meningkatkan bunga dan buahnya. jadi, hasil yang dicapai akan berlipat ketimbang biasanya.</br>3. Mengatur pengairan dengan baik. Selain mengolah lahan, mengatur irigasi juga sangat wajib. Tanaman perlu air untuk pertumbuhannya. Bahkan, lahan yang terbasahi air akan gembur dan akar tanaman akan mencengkeram kuat di dalam tanah.</br>4. Memanen diwaktu yang tepat. Satu lagi kesalahan yang biasa dilakukan oleh petani adalah terburu-buru untuk memanennya. Ini biasanya dilakukan ditanaman jenis padi.Pemanenan muda kadang dilakukan lantaran padi dianggap terlalu banyak hama. Begitupun juga karena faktor kebutuhan ekonomi.</br>Jadi kesimpulannya, peningkatan hasil pertanian dipengaruhi oleh banyak hal. Yaitu bagusnya bibit, penempatan bibit di lahan yang tepat, pengolahan lahan, pengairan dan waktu pemanenan. Selain itu, pengendalian hama juga wajib dilakukan untuk menghindari gagal panen. Harapan saya semoga hasil panen dibulan agustus ini semoga para petani sejahtera dan kebutuhan ekonomi kehidupannya terpenuhin kebutuhan ekonomi kehidupannya terpenuhi)
  • Literature Pendidikan, budaya, pariwisata, dan kearifan lokal  + (Jika saya menjadi pemimpin saya akan memajJika saya menjadi pemimpin saya akan memajukan pendidikan di daerah saya seperti menjadikan bahasa daerah/makassar sebagai salah satu bidang studi, dan saya juga akan memajukan sektor budaya, pariwisata, dan kearifan lokal seperti melestarikan tempat peninggalan bersejarah dan baju adat, dan juga membatu UMKM sebagai produsen dan distributor kearifan lokalai produsen dan distributor kearifan lokal)
  • Literature Jalanan yang rusak dan berlubang  + (jika saya menjadi pemimpin saya akan mempejika saya menjadi pemimpin saya akan memperbaiki jalanan yang rusak dan berlubang karena dapat merugikan masyarakat dan dapat menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan jatuh korban dan kerugian harta benda akibat terperosok atau terserempet atau di tabrak kendaraan lain saat menghindari jalan rusak tersebut karena kalau terjadi kecelakaan lalu lintas, tidak terkena sanksi hukuman lalu lintas, tidak terkena sanksi hukum)
  • Change the city for the better by improving the habit of throwing garbage  + (Jika saya menjadi petinggi kota atau daeraJika saya menjadi petinggi kota atau daerah itu saya akan merekomendasikan untuk membuat 1 tempat pembuangan sampah akhir yang dimana jauh dari pemukiman warga dan bukan di pinggir jalan raya seperti ini agar kota dapat terlihat lebih bersih dan enak untuk di pandang masyarakat atau orang-orang pendatang lainnya.</br></br>Saya juga ingin membuat tempat sampah yang akan ada dibeberapa tempat agar orang-orang lebih mudah untuk membuang sampah dan jadi tidak membuang sampah sembarangan,juga membuatnya menjadi tempat sampah yang lebih baik dari sebelumnya contohnya tong sampah di pisahkan berdasarkan jenisnya seperti sampah plastik,kaleng,kertas,dll agar mudah memilih sampah yang bisa di daur ulang dan yang tidak bisa di daur ulang.r ulang dan yang tidak bisa di daur ulang.)
  • One Village One Attraction  + (Jika setiap desa menggunakan dana desa yanJika setiap desa menggunakan dana desa yang diberikan pemerintah untuk membangun objek wisata dengan melihat sumber daya lokal, maka perekonomian desa akan meningkat. Pemimpin yang dipercaya masyarakat, harus kreatif dalam memetakan potensi desa kemudian menyusun program-program produktif yang menyerap tenaga kerja dan meningkatkan APBDes. APBDes yang sehat akan memberikan kontribusi bagi masyarakat yang sejahtera dengan mengurangi beban pengeluaran adat yang rutin dikeluarkan untuk upacara di desa, memberikan beasiswa, memberikan pelatihan bagi UMKM, dan sebagainya. Dana yang digunakan untuk sektor produktif akan berlipat ganda sehingga menghasilkan lebih banyak uang. Uang ini kemudian dapat digunakan untuk mendanai kegiatan konsumtif yang bermanfaat bagi masyarakat seperti membuat saluran air, memperbaiki beberapa jalan, dll. Desa yang maju adalah desa yang mampu mengenali sumber dayanya dan memanfaatkannya untuk kesejahteraan komunitas. Seorang pemimpin yang memiliki visi seperti ini tidak membutuhkan banyak usaha untuk meraih kepercayaan rakyat untuk terpilih menjadi pemimpin.an rakyat untuk terpilih menjadi pemimpin.)
  • Manomayakosa  + (Jika sudah cerdik tidak dilandasi dengan nJika sudah cerdik tidak dilandasi dengan nurani, sudah pasti licik yang akan menguasai diri sendiri, melakukan hal yang salah supaya bisa mencapai kepuasan diri tidak berfikir dengan karma yang akan didapat, berani mengatasnamakan dharma untuk menutupi kejahatan. Perilaku Sengkuni Sam dengan beberapa oknum pemerintah yang hanya mengikuti kemauan sendiri tanpa memikirkan kemelaratan rakyatendiri tanpa memikirkan kemelaratan rakyat)
  • Joged bumbung  + (Joged bumbung adalah budaya tari tarian yaJoged bumbung adalah budaya tari tarian yang berasal dari bali.joged bumbung sudah lama adanya.</br></br>Tetapi di jaman yang modern sekarang,banyak yang salah menggunakan tari tarian ini,dan lebih ke hal pornografi.</br></br>Hal tersebut membuat budaya Bali yang awal nya di cap bagus,namun sekarang di cap sebagai budaya yang asal asal.pemerintah yang mengurus kebudayaan di daerah Bali harus bersitegas memberikan sanksi dan tindakan terhadap warga warga yang salah menggunakan budaya balia warga yang salah menggunakan budaya bali)
  • I Jojo lan Ukulelene  + (Jojo senang sekali memainkan ukulele. Namun sayang, suatu hari ukulelenya rusak. Ayo ikuti perjalanan Jojo mencari penggati ukulelenya!)
  • What's wrong with Bali?  + (Judul : Ada Apa dengan Bali? Pada bulan lJudul : Ada Apa dengan Bali?</br></br>Pada bulan lalu, saya sedang bermain Handphone dan tidak sengaja melihat sebuah situs yang menampilakan gambar atau komik singkat. Dalam komik tersebut berisikan sebuah kritikan dimana judul dikomik itu berisikan apa yang sedang terjadi dipulau bali saat ini yaitu “PULAU BALI MASIH MILIK KITA,NAMUN TIDAK DENGAN TANAHNYA” Banyaknya pembangunan pariwisata membuat tanah bali habis dipake untuk membuat bangunan pariwisata. Bahkan orang luar negeri pun juga memiliki tanah dibali karena pembelian yang dilakukan, saya berharap tanah dipulau Bali ini dapat digunakan untuk hal yang bijak tidak semata-mata untuk pembangunan pariwisata saja.ta-mata untuk pembangunan pariwisata saja.)
  • Balinese coffee, not inferior to foreign coffee  + (Judul : Kopi Khas Bali,Tidak kalah dengan Judul : Kopi Khas Bali,Tidak kalah dengan Kopi Luar Negeri</br></br>pada waktu lalu, saya pergi kerumah kakak perempuanku dan pas saat itu sedang ada tamu. Tamu itu menginap ternyata disana dan dipagi harinya sudah terlihat minum kopi, dan pas siang hari saya sama nenek dan kakak sedang memetik kopi selain itu juga para tamu ikut berkeliling juga.</br></br>Dan para tamu itu bertanya-tanya tentang kopi dibali dengan kakak dan nenek saya, ternyata para tamu itu sangat menyukai kopi khas daerah bali dan lebih mengejutkan lagi para tamu itu ternyata agak bisa berbahasa Bali</br></br>Saya sungguh terkejut karena kopi khas daerah bali mulai disukai oleh tamu manca negara juga mulai disukai oleh tamu manca negara juga)
  • Literature Puncak Bon  + (Judul : Puncak Bon Puncak Bon, merupakan Judul : Puncak Bon</br></br>Puncak Bon, merupakan tempat persembahyangan yang terletak dipuncak bon persis di puncaknya. sebelum sampai diatasnya kita melalui jalan yang berhutan nan lebat, banyak orang yang tangkil kesana atau pun pendaki yang datang kesana. Setiap orang yang mau kesana selalu di wanti wanti untuk menjaga kebersihan disana agar tatanan alam terjaga, selain menjaga tatanan alam kita juga belajar untuk menghormati penghuni disana juga. Sudah semestinya kita sebagai orang bali yang percaya akan keadaan penghuni lain didunia ini maka kita sudah semestinya menghormati merekaa kita sudah semestinya menghormati mereka)
  • Literature Sadar akan sampah namun tidak dibersihkan, Kok bisa  + (Judul : Sadar akan sampah namun tidak dibeJudul : Sadar akan sampah namun tidak dibersihkan, Kok bisa</br></br>Saat kemaren sore saya sedang menonton video disalah satu aplikasi ponsel, dan saya melihat sebuah postingan yang berisi seorang wanita yang sedang asik berjoget namun dia melakukanya tempat didepan merajanya sendiri. Hal tersebut memang lah ditidak salah karena masih berada diluar merajan, namun merajan adalah tempat untuk kita bersembahyang sudah semestinya kita menjaga etika tersebut. Dan mari bersama-sama untuk ber etika yang baikari bersama-sama untuk ber etika yang baik)