UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Pelestarian spesies tanaman produktif dan tanaman upakara". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Menerapkan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat  + (Pariwisata memiliki dampak yang signifikanPariwisata memiliki dampak yang signifikan dalam hal lapangan pekerjaan dan pendapatan daerah. Namun, ketergantungan dan manajemen yang salah dapat membuat pariwisata menjadi salah satu penyebab over eksploitasi alam dan membuat kondisi Bali semakin terpuruk selama masa darurat COVID-19. Masyarakat semakin memilih untuk bekerja pada sektor hospitality daripada sektor domestic yaitu pertanian dan perkebunan sehingga ketika pandemi sektor pertanian ini juga menjadi sulit akibat kurangnya lahan, sistem yang baik dan sumber daya manusia. Padahal sektor ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pereknomian Bali.</br>Salah satu solusi yang dapat dilakukan tanpa memilih satu dari kedua sektor ini adalah dengan menerapkan konsep pariwisata berbasis komunitas atau CBT. Konsep ini dapat dikembangkan dengan membentuk desa wisata sehingga dapat menjadi wadah atau stimulus ekonomi untuk untuk masyarakat desa. Konsep desa wisata yang banyak berkembang di daerah Jawa sendiri berfokus pada kehidupan pedesaan dan kondisi alam yang menjadi daya tarik wisata. Aktivitas masyarakat yang berladang dan bertani dapat menjadi suatu daya tarik alternatif untuk wisatawan dari luar daerah terutama karena Bali sendiri memiliki sistem pertanian yang unik. Dengan menerapkan sistem ini, tingkat sustainabilitas atau keberlanjutan pariwisata dan alam akan menjadi lebih baik. Tentunya ketika adanya bencana atau fenomena alam yang mempengaruhi pariwisata masal seperti yang dimiliki Bali saat ini, konsep perencanaan pariwisata ini menjadi solusi yang baik. Apabila kunjungan wisatawan menurun, masih ada sektor pertanian yang dapat dihandalkan. Selain itu, konsep ini kemudian dapat menjadi wajah baru pariwisata di Bali dengan trend berkembang adalah bisnis hospitality, panorama pantai dan hedonistic sedangkan daya tarik budaya mulai ditinggalkan. Konsep CBT ini membutuhkan masterplan yang baik sehingga pengembangannya menjadi tepat sasaran. Selain itu, konsep ini juga dapat menjadi solusi untuk mencapai SDG atau Sustainable Development Goals dan menghindari ekspliotasi berlebihan terutama kepada alam.spliotasi berlebihan terutama kepada alam.)
  • Cultural Capital of Local Yoga Teachers in Facing Global Competition in Yoga Tourism in Bali  + (Pariwisata yoga di Bali telah berjalan darPariwisata yoga di Bali telah berjalan dari tahun 1980-an hingga saat ini, awalnya diciptakan oleh para guru yoga di luar negeri. Namun, pada tahun 2000-an, guru yoga lokal Bali mulai </br>muncul dan ikut bersaing dengan guru yoga luar negeri. Artikel ini mengkaji kemampuan guru yoga lokal dalam bersaing melawan guru yoga asing dalam bisnis pariwisata yoga. Analisis difokuskan pada modal budaya yang dimiliki oleh guru yoga lokal Bali dan peran modal budaya dalam persaingan bisnis pariwisata yoga. Data dikumpulkan dengan studi literatur, observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, dan survei. Data itu dianalisis dengan teori habitus dan teori perencanaan produk. Artikel ini menyimpulkan bahwa modal budaya unik yang dimiliki oleh guru yoga Bali adalah bekal bagi mereka untuk menghadapi persaingan dalam bisnis pariwisata yoga yang akhirnya menjadi cara bagi mereka untuk melestarikan modal budaya itu.ereka untuk melestarikan modal budaya itu.)
  • Pariwisata Bali yang Berkembang  + (Pariwista bali saat ini mungkin sudah bisaPariwista bali saat ini mungkin sudah bisa dikatakan mengalami perkembangan setelah adanya masa pandemi yang masih ada sampai sekarang, dapat kita lihat dari datangnya para wisatawan yang sudah mulai kembali berkujung ke daerah wisata yang diinginkan. Namun bukti itu tidak cukup menguatkan bahwa pariwisata bali ini telah berkembang, dengan latar belakang yang ada banyak alasan dari masyarakat mengenai kunjungannya untuk berpariwisata. Dimulai dari alasan utama, yaitu pandemi ini kemudian tidak memiliki uang dan lain-lain. </br></br>Dengan mengetahui alasan-alasn tersebut ada kalanya pesan yg sudah tersampaikan ke pemerintah pesan yg sudah tersampaikan ke pemerintah)
  • Student parody when school is offline  + (Parodi siswa pada saat sekolah offline)
  • The Influence of Media Booklet in Behavior Change of Waste Management in Elementary School Students, South Denpasar, Bali  + (Partisipasi masyarakat merupakan salah satPartisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan pengelolaan sampah. Perubahan perilaku harus ditanamkan sejak dini. Buklet adalah media yang tepat digunakan untuk mendorong perubahan perilaku siswa sekolah dasar. Materi pemilahan sampah dapat lebih mudah dijelaskan dengan menggunakan pesan teks dan gambar. Penelitian eksperimen semu dengan desain satu grup pre-tes dan pos-tes. Metode pengambilan sampel adalah Multistage Random Sampling. Sampel yang diambil untuk penelitian adalah 90 orang dari 65 sekolah dasar di Denpasar Selatan. Instrumen penelitian ini adalah angket, dengan teknik pengambilan data dilakukan melalui analisis wawancara membandingkan mean paired sample t-test. Ada perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan sebelum dan sesudah penyuluhan metode evaluasi diri dengan media buklet dengan nilai (p<0,001). Upaya promosi kesehatan dengan mengoptimalkan peran Dinas Kesehatan Sekolah. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian tentang peran guru dan orang tua dalam kegiatan promosi kesehatan.n orang tua dalam kegiatan promosi kesehatan.)
  • Line of descent  + (Pasar Ikan Tradisional Bali Di tahun ini CPasar Ikan Tradisional Bali</br>Di tahun ini Covid menjadi pantangan sekaligus tantangan untuk mereka yang mencari nafkah dengan cara berdagang. Karena virus ini, pendapatan mereka menjadi sedikit menurun dikarenakan sepinya pengunjung pasar, meskipun demikian mereka tetap semangat mencari ikan dengan jalanyatetap semangat mencari ikan dengan jalanya)
  • Ngolah Luu Peken  + (Pasar merupakan penyumbang limbah plastik Pasar merupakan penyumbang limbah plastik yang cukup besar di Indonesia. Berhubungan di daerah kami ada Pasar Banyuasri yang notabenenya baru dibuka dan ternyata sudah banyak sampahnya. Karenanya, saya dan teman-teman terinspirasi untuk membuat sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis. Kami menyulap limbah plastik, kardus, koran, dan kaleng bekas menjadi celengan, pot bunga, kap lampu, buket bunga, tas kecil, bingkai foto, dan tempat pensil. Selain untuk mengurangi kuantitas sampah plastik, kegiatan kami juga membuat kegiatan ekonomi lebih nyaman karena pasar menjadi lebih bersih dan asri serta kami juga mendapat sedikit hasil dari berjualan kerajinan yang terbuat dari sampah. Jagalah kebersihan lingkungan dan berkreativitas se inovatif mungkin demi masa depan bumi yang cerah.f mungkin demi masa depan bumi yang cerah.)
  • Membangkitkan Pariwisata Bali  + (Pasca covid-19 merajalela di dunia, termasPasca covid-19 merajalela di dunia, termasuk Indonesia menyebabkan banyak sekali penurunan baik di bidang pendidikan,pekerjaan bahkan pariwisata sekalipun. Kita tahu pariwisata merupakan salah satu aset yang dimiliki Indonesia untuk menambah pemasukan, khususnya di Bali pariwisata bagaikan penentu hidup bagi sebagian besar orang di Bali. Namun semenjak covid-19 menyebar, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena orang yang kehilangan pekerjaannya karena)
  • Literature Laksana Para Yowana miwah Rusaknyane Negara: Nlatarang Tetuek Utama Mosala Parwa  + (Pasca unjuk rasa UU Cipta Kerja yang terjaPasca unjuk rasa UU Cipta Kerja yang terjadi pada awal bulan Oktober tahun 2020 yang lalu, berbagai media menyoroti bahwa tidak sedikit para remaja ikut serta dalam demo yang tidak hanya terjadi di ibu kota negara, tetapi berlangsung pula di sejumlah daerah lainnya. Lebih lanjut, dalam interogasi yang dilakukan pihak kepolisian kepada beberapa remaja usai demonstrasi, mereka mengaku tidak tahu secara pasti mengenai persoalan yang tengah diperjuangkan dalam unjuk rasa tersebut. Mengamati fenomena ini, tentu banyak masyarakat yang menganggap bahwa para remaja yang tidak bisa mengendalikan dirinya cenderung hanya ikut-ikutan atau bahkan memanfaatkan momen unjuk rasa ini sebagai pelepas penat dalam situasi pandemi yang tak kunjung berhenti. Apalagi perilaku yang reaktif, gegabah, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan gemar mencoba hal yang baru senantiasa melekat pada kaum remaja. Sementara itu, unjuk rasa yang diharapkan dapat dilakukan secara damai dan kooperatif itu pun, justru berakhir dengan ricuh dan rusaknya fasilitas-fasilitas publik yang merugikan negara.</br></br>Perilaku remaja dalam peristiwa di atas menjadi catatan penting untuk generasi muda bangsa Indonesia. Sebagiamana yang termuat dalam kisah hancurnya Kerajaan Dwarawati dalam pustaka kuna Mosala Parwa yaitu parwa yang terpendek dalam Astadasaparwa (delapan belas parwa). Sebagaimana kisah mengenai kehancuran kerajaan Dwarawati dalam parwa ke-enam tersebut, yaitu diawali dengan ulah dua orang remaja Wangsa Yadu, Arya Samba dan Sang Wabru yang berpura-pura menjadi sepasang suami istri saat menyambut kedatangan tiga orang wiku ke Dwarawati. Ketiga wiku tersebut yaitu Resi Wiswamitra, Resi Kanwa, dan Dang Hyang Naradha. Akibat dari rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kesaktian (kasidhian) dari seorang wiku, Sang Arya Samba berpura-pura menyamar sebagai pengantin wanita dan Sang Wabru sebagai suaminya. Dengan penuh keangkuhan, para remaja Wangsa Yadu ini berpikir bahwa apa yang dilakukan akan mendapatkan pengampunan karena telah sering menolong para pendeta. Saat para wiku telah tiba di Dwarawati, mereka menghadap para pendeta dengan alasan memohon belas kasihan agar bisa mempunyai anak. Dengan gelagat yang mencurigakan, akhirnya penyamaran pengantin ini diketahui sang pendeta. Betapa marahnya sang pendeta karena dihina dan ditipu oleh Sang Samba seorang putra Prabu Kresna yang bijaksana.</br></br>Kutukan dari seorang wiku sangatlah luar biasa saktinya. Apa yang diucapkan pasti akan terjadi (sidi mantra atau sidi ucap). Wangsa Yadu di Kerajaan Dwarawati mengalami kehancuran akibat perilaku yang tidak baik dari para remajanya. Kutukan pun dilontarkan oleh sang wiku, yaitu agar kelak kandungan hasil penyamaran Arya Samba benar-benar lahir berupa palu besi atau tongkat besi yang dapat menghancurkan seluruh wangsa Yadu, kecuali pada Prabu Kresna dan Baladewa yang tidak terkena kutukan dari sang wiku. Prabhu Kresna dan Baladewa pun menyadari bahwa kekacuan yang diakibatkan oleh para remaja Wangsa Yadu tersebut tidak dapat dihindari. Mereka pun tidak berkeinginan untuk mengubah kutukan sang wiku. </br></br>Mengacu pada perilaku atau sikap yang ditunjukkan oleh tokoh Arya Samba dan Sang Wabru dalam cerita, memiliki nilai penting mengenai perilaku hidup untuk generasi muda dalam menghadapi tantangan zaman saat ini. Kata muda dalam bahasa Jawa Kuna berarti bodoh, sehingga tatanan dan tuntunan sangat diperlukan untuk membentuk laku hidup. Salah satunya, yaitu sikap untuk menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, terlebih lagi orang suci. Keangkuhan pada masa remaja adalah salah satu musuh yang patut diatasi. Arya Samba dan Sang Wabru pada akhirnya gagal menaklukkan musuh yang ada dalam dirinya, hingga kemudian harus menikmati karma dari hasil perbuatannya yang dengan sengaja menipu kaum brahmana. Hal tersebut merupakan perbuatan tercela karena telah mencela brahmana (orang suci). Nitisastra menjelaskan bahwa perbuatan mencela brahmana, buku-buku, atau mencela guru akan mendatangkan kesengsaraan bahkan hingga kematian. </br></br>Pada kasus keterlibatan remaja dalam demontrasi yang ricuh tersebut, peran guru terutama orang tua (guru rupaka) dan pemerintah (guru wisesa) tengah diuji. Dalam situasi yang demikian, para orang tua diharapkan memiliki kemampuan mendidik sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada anak sehingga dapat terbebas dari kesengsaraan. Lebih lanjut, Nitisastra sesungguhnya telah menerangkan ajaran pada anak sesuai dengan usianya, yaitu sutasasana (untuk anak bermur lima tahun) bahwa perlakukan anak seperti raja, saptangwarsa (anak berumur tujuh tahun) latih anak agar menurut, sapuluhing tahun (anak berumur sanaepuluh tahun) anak diajar membaca, sodasawarsa (enam belas tahun) anak diperlakukan sebagai sahabat serta berhati-hati menunjukkan kesalahannya, wus putra suputra (anak telah berputra) mengamati perilaku anak dan memberikan isyarat dan contoh sebagai bentuk pengajaran. Mendidik anak dimulai dari tinggat keluarga, bukanlah hal yang mudah. Sadar akan tumbuh kembang, kebutuhan, dan kemampuan seorang anak dapat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan anak, hingga akhirnya ia siap menjadi bagian dari masyarakat dengan berbagai tantangannya.</br></br>Remaja atau dalam konteks ini seorang anak, diharapkan menjadi sosok yang sadu gunawan (baik dan bijaksana) oleh kedua orang tuanya. Berbicara mengenai putra yang suputra atau sadu gunawan, maka sosok remaja yang dapat dijadikan teladan dalam kisah Mahabaratha, yaitu Abimanyu putra dari Arjuna dan Subadra. Abimanyu menghabiskan masa anak-anaknya dalam asuhan pamannya, yaitu Krisna sehingga nilai-nilai kebenaran tertanam dalam dirinya. Pada saat dalam kandungan Abimanyu pun telah mendapatkan pendidikan prenatal dari ayahnya, Arjuna. Dalam garba Subadra, Abimanyu telah dialiri pengetahuan mengenai cara menembus formasi perang Cakrabyuha. Namun, dalam usahanya membela negara dan kebenaran, ia pun akhirnya gugur di medan perang Kuruksetra pada usianya yang baru enam belas tahun. Walaupun pada akhirnya Abiamanyu berkalang tanah, ia tidak pernah mundur dari medan perang Kurusksetra, menunjukan keberanian seorang ksatria. Pengetahuan yang diberikan oleh orang tua sejak dalam kandungan merupakan salah satu cara untuk melahirkan anak dengan kwalitas yang baik. Lahirnya anak-anak yang berkwalitas dan mendapatkan pendidikan ditingkat keluarga yang baik, niscaya keberhasilan suatu negara dapat terwujud. keberhasilan suatu negara dapat terwujud.)
  • Literature PENANGANAN BANTUAN PENGUNGSI AKIBAT KONFLIK YANG TERJADI ANTARA RUSIA DAN UKRAINA  + (Pastinya kalian sudah sering mendengar infPastinya kalian sudah sering mendengar informasi atau berita tentang konflik peperangan antara rusia dan ukraina . Yukk kitaa ketahui lebih lanjut....</br>Konflik peperangan antara rusia dengan ukraina ini masih terus diperbincangkan</br>Oleh masyarakat dunia.</br>Pastinya perang ini menyebabkan banyak dampak bagi beberapa orang disekitarnya</br>Salah satunya yaitu berdampak terhadap krisis kemanusiaan .....</br>Perang ini juga menyebabkan Negara ukraina mendapat kerugian seperti dalam runtuhnya gedung akibat perlawanan dari militer rusia dengan meluncurkan bom , tembakan senjata dan meluncurkan beberapa pesawat tempur rusia,</br>Dan menyebabkan warga ukraina menjadi panik dan merasa ketakutan,</br>Anak anak banyak menangis setelah mendengar suara bom , tembakan , dan orang tua yg merasa tidak aman lagi untuk tinggal di ukraina ......</br>Namun demikian ,. Peperangan ini masih belum berakhir , dan masih berlangsung , sehingga menyebabkan terjadinya kerisis dunia. Beberapa Negara pun sudah mulai bergerak untuk menghentikan peperangan antara rusia dengan ukraina ..</br></br> Namun demikian, peperangan masih belum berakhir juga dan semakin memanas, akhirnya beberapa Negara mendapat dampak dari peperangan antara rusia dengan ukraina tersebut , terutama bagi Indonesia...</br>APAKAH KALIAN TAHU PENYEBAB DARI TERBATASNYA MINYAK DIINDONESIA ??</br>DAN HARGA MINYAK DI INDONESIA MENJADI TINGGI ??</br>Yaa benar sekali PEPERANGAN ANTARA RUSIA VS UKRAINA lah yang menjadi penyebab terbatasnya minyak bagi dunia terutama bagi Indonesia...</br>.MENGAPA YAA KIRA KIRA ???</br>Yukk kita kepoin ....</br>Karena Negara Ukraina merupakan pemasok utama minyak bagi seluruh dunia.</br>Maka dari itulah , Indonesia mulai bergerak untuk membantu beberapa orang yang menjadi korban atau pengungsi dari dampak peperangan antara rusia dengn ukraina.</br>,Indonesia juga berusaha untuk menghentikan peperangan antara rusia dengan ukraina. , .,karena banyaknya dampak yang sudah disebabkan oleh peperangan ini maka Indonesia berusaha mencari cara agar rusia dengan ukraina menjadi damai dan tidak terdapat konflik yang terjadi lagi.</br>Tidak hanya Indonesia saja, namun Negara lain juga telah bergerak untuk mencari cara dalam menghentikan peperangan ini.</br>SEERTI YANG SUDAH KALIAN KETAHUI, BAHWA BERITA ATAU INFORMASI DARI PEPERANGAN ANTARA RUSIA DENGAN UKRAINA INI TELAH MENYEBABKAN KORBAN. DAN BEBERAPA PENGUNGSI..,.</br></br> Indonesia pun turut memberikan bantuan terhadap para pengungsi yang sedang membutuhkan tempat tinggal yang aman dan layak...</br>Saat peperangan masih berlangsung , warga ukraina banyak yang ingin mengungsi dan mencari tempat yang aman...</br>Pastinya mereka mencari tempat yang sesuai dengan keinginan mereka...</br>NAMUN , APABILA ADA BEBERAPA PENGUNGSI YANG MUNGKIN AKAN DATANG KE INDONESIA KARENA KONFLIK YANG TERJADI ANTARA RUSIA DENGAN UKRAINA BAGAIMANA SIKAP DAN TANGGUNG JAWABMU ??</br>Sebagai umat manusia harus saling to;ng menolong didunia tidak mengenal suku, ras maupun agama. Ketika ada pengungsi yang dating ke Indonesia akibat konflik perang yang pada dasarnya mendapatkan kerugian baik secara material maupun non material, wajib kita berikan bantuan baik secara materi , contohnya seperti makanan, perumahan dan kesehatan dan juga kita berikan bantuan dari segi psikiologis agar mental dari pengungsi tambah baik dengan cara menghibur atau ajak permainan. Kemudian Negara juga berkewajiban membantu meredakan konflik perang yang sangat merugikan semua pihak.</br>Jadi kesimpulannya adalah kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendirian , kita juga perlu sesama untuk saling tolong menolong. khususnya untuk para pengungsi yang sangat mengharapkan bantuan sosial, sekecil apapun bantuan tersebut pastinya dapat meringankan keadaan mereka pada saat itu. Pada dasarnya suatu PEPERANGAN sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar umat manusia , karena PEERANGAN dapat menyebabkan dampak kerugian bagi kedua belah pihak , baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.</br>Oleh karena itu , perdamaian merupakan tujuan utama dalam bernegara... merupakan tujuan utama dalam bernegara...)
  • Pasung Maya  + (Pasung Maya merupakan sebuah karya dari BaPasung Maya merupakan sebuah karya dari Banjar Gemeh yang bercerita tentang Maya Raksa yang menguasi dunia yang tidak nyata namun yang ingin memperluas kekuasaan didunia nyata. Ketika muncul kekuatan yang memungkinkan realitas, Maya Raksa kuat dan berani, ia memiliki dua kekuatan yang tak terhingga. Banyak orang mendukung bahwa orang jahat bisa menjadi baik, sehingga pemerintah membiarkannya menjadi kenyataan seperti Maya Raksa. Kita seharusnya tidak mengikuti yang jahat untuk naik kebaikan. Jangan berbohong supaya Membantu masyarakat untuk hidup aman, damai dan bahagiaarakat untuk hidup aman, damai dan bahagia)
  • PC KMHDI Karangasem Mareresik Luu Plastik  + (PC KMHDI KARANGASEM BERSIH SAMPAH PLASTIK PC KMHDI KARANGASEM BERSIH SAMPAH PLASTIK</br></br> Menjaga lingkungan agar tetap bersih bukan hal yang mudah, terutama bersih dari sampah plastik, seringkali masyarakat tidak menyadari akan bahaya yang terjadi akibat sampah plastik dan cenderung masih membuang sampah sembarangan. Apalagi saat pelaksanaan upacara besar di tempat suci pura, banyak masyarakat yang gemar membuang sampah sembarangan tanpa memperhitungkan akibatnya. Maka dari itu PC KMHDI Karangasem, terus bergerak melakukan upaya penyelamatan lingkungan dengan memungut sampah plastik yang dibuang sembarangan terutama di pura dan disaat bersamaan, juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta mampu memisahkan antara sampah organik dan an organik yang kemudian sampah an organik berupa plastik dikumpulkan dan dikirim ke bang sampah yang kemudian akan diolah menjadi barang yang bermanfaat. Semoga berlahan masyarakat akan sadar dan merubah kebiasaan buruknya.akan sadar dan merubah kebiasaan buruknya.)
  • I Pucung  + (Pekerjaan I Pucung konon katanya hanya menPekerjaan I Pucung konon katanya hanya menangkap burung di sawah, Namun perjalananya menjadi sia-sia karena ia berburu burung saat padi belum berbuah. Jadi ia katanya sama sekali tidak mendapatkan burung, mengingat tidak ada burung yang mencari makan karena padinya baru membentuk bakal buah, belum keluar buah. Walaupun demikian, sangat lama ia berburu burungun demikian, sangat lama ia berburu burung)
  • Ratu Nyoman Sakti Pengadangan  + (Pekerjaan Ratu Nyoman Sakti Pengadangan saPekerjaan Ratu Nyoman Sakti Pengadangan sangatlah berat jika dibandingkan sama saudaranya atau Sang Catur Sanak. Mulai dari pengobatan sakit sekala ataupun niskala, kesaktian balian, dewa kesenian, dewa taksu, dan berdiam di pura Dalem menjadi Mahapatih. Seperti pemerintah, seharusnya meniru perilaku Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. Mendapatkan tugas yang berat tetapi tetap menjalankan kewajiban. Bukan hanya guru wisesa, kita sama tidak boleh kabur dari kewajibankita sama tidak boleh kabur dari kewajiban)
  • Penting Bahasa Bali  + (Pelajaran bahasa Bali merupakan pelajaran Pelajaran bahasa Bali merupakan pelajaran yang dapat dibilang sulit dapat juga dibilang mudah karena ketika orang ingin mempelajari bahasa Bali ada sedikit permasalahan yang mungkin dapat menghambat kita dalam belajar bahasa Bali ,contohnya berbahasa menggunakan bahasa Bali, ada banyak juga orang yang menyukai bahasa Bali dikarenakan juga terdapat banyak bidang dalam bahasa Bali contohnya ,membuat aksara Bali ,lomba baca pidato bahasa Bali, mekidung menggunakan bahasa Bali dan banyak contoh lainnya, di Bali ini tidak banyak orang yang bisa berbicara menggunakan bahasa Bali ,orang Bali juga biasanya berbicara dengan sesama menggunakan bahasa andap atau bahasa yang digunakan sehari" . Di masa Pandemi seperti sekarang juga dengan pembelajaran yang dilakukan secara online ,tidak semua orang mengetahui apa saja pelajaran" yang ada di buku terutama bahasa Bali ,karena pasti banyak orang yang setiap diberi tugas dia mencari jawaban bukan di buku melainkan di gogle ,karna dengan adanya pembelajaran online seperti sekarang orang" jadi malas membaca buku ,menulis dan mencari jawaban di buku khususnya pelajaran bahasa Bali ,jadi kesimpulannya bahasa Bali dapat dibilang cukup rumit tetapi ketika kita sering mempelajarinya akan menjadi lebih mudah ,belajar bahasa Bali tidak bisa dengan cara yang hanya sekedar menghapal tetapi tidak dimengerti tetapi seharusnya kita bisa mengerti bagaimana berbahasa Bali yang baik agar bisa degan mudah mempelajarinya juga.agar bisa degan mudah mempelajarinya juga.)
  • Bank Sampah Batanancak Resik  + (Pelaksanaan Kegiatan Bank Sampah di Banjar Batanancak, Mas, Ubud)
  • Social and Economic Factors Affecting the Probability of Using Contraceptives in Kesiman Kertalangu Village  + (Pelaksanaan program keluarga berencana ditPelaksanaan program keluarga berencana ditandai dengan penggunaan alat kontrasepsi atau cara ber - KB bagi wanita usia subur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, tingkat pendapatan keluarga, dan jumlah anak yang dimiliki secara simultan dan parsial terhadap probabilitas penggunaan alat kontrasepsi (KB) pada pasangan usia subur di Desa Kesiman Kertalangu. Penelitian ini dilakukan di Desa Kesiman Kertalangu. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 95 orang pasangan usia subur berumur 15 - 49 tahun dengan status menikah dan memiliki anak dengan metode NonProbability Sampling, khususnya teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara terstruktur yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan</br>bahwa tingkat pendidikan, tingkat pendapatan keluarga dan jumlah anak yang </br>dimiliki berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap probabilitas penggunaan alat kontrasepsi di Desa Kesiman Kertalangu. Secara parsial, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan keluarga dan jumlah anak yang dimiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap probabilitas penggunaan alat kontrasepsi di Desa Kesiman Kertalangu.at kontrasepsi di Desa Kesiman Kertalangu.)
  • Bank Sampah Taman Resik  + (Pelaksannaan Bank Sampah berbasis masyarakat di banjar Taman Kelod, Kelurahan Ubud)
  • Ngaturang Pelayanan Kesehatan: Solusi Maju ring Pangaksamaan Akses  + (Pelayanan kesehatan merupakan tiang penyanPelayanan kesehatan merupakan tiang penyangga kesejahteraan masyarakat, namun, tantangan yang terus menerus menghadang sistem ini menunjukkan bahwa masih ada ruang besar untuk peningkatan. Salah satu isu terkini yang perlu diberikan perhatian adalah ketidakmerataan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas. Di banyak negara, termasuk yang dikembangkan, kesenjangan dalam akses terhadap pelayanan kesehatan masih menjadi masalah yang meresahkan. Hal ini menciptakan lingkungan di mana beberapa individu atau komunitas mungkin tidak menerima perawatan yang mereka butuhkan secara tepat waktu atau bahkan sama sekali.</br>Salah satu solusi yang dapat diusulkan adalah memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer. Pusat pelayanan kesehatan primer yang kuat dapat berperan sebagai gerbang utama bagi masyarakat dalam mengakses perawatan yang diperlukan. Ini termasuk program-program pendidikan kesehatan yang meluas, layanan pencegahan, dan perawatan dasar yang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Investasi dalam penguatan pusat-pusat kesehatan primer tidak hanya akan membantu mengatasi masalah kesehatan secara lebih dini, tetapi juga dapat mengurangi beban pada sistem kesehatan sekunder dan tersier dengan mencegah penyakit menjadi lebih parah.</br>Selain itu, penggunaan teknologi dalam pelayanan kesehatan juga dapat menjadi solusi yang efektif. Telemedicine, misalnya, telah terbukti menjadi alat yang sangat berguna dalam memberikan akses terhadap layanan kesehatan kepada mereka yang berada di daerah terpencil atau sulit dijangkau. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, kita dapat menghubungkan pasien dengan penyedia layanan kesehatan tanpa harus berhadapan langsung, sehingga mengurangi biaya perjalanan dan meningkatkan kenyamanan bagi pasien.</br>Selain itu, pendekatan lintas sektoral juga penting untuk memperbaiki pelayanan kesehatan. Isu-isu seperti kemiskinan, pendidikan, dan lingkungan hidup memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat. Dengan bekerja sama antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta, dan komunitas lokal, kita dapat mengembangkan program-program yang holistik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.</br>Namun, upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan tidak akan berhasil tanpa dukungan politik dan kebijakan yang tepat. Pemerintah perlu berkomitmen untuk mengalokasikan sumber daya yang memadai dan memastikan bahwa setiap individu memiliki akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan berkualitas. Reformasi kebijakan yang berani dan progresif diperlukan untuk mengatasi hambatan-hambatan struktural yang menghambat akses universal terhadap pelayanan kesehatan.</br>Dalam rangka mencapai tujuan ini, partisipasi aktif dari masyarakat juga sangat penting. Pendidikan masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan hak-hak kesehatan mereka dapat membantu mengubah sikap dan perilaku yang mungkin menghambat akses terhadap pelayanan kesehatan. Dengan membentuk kemitraan antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat, kita dapat membangun sistem pelayanan kesehatan yang inklusif, berkelanjutan, dan responsif terhadap kebutuhan seluruh populasi.</br>Dengan demikian, dengan menghadapi isu-isu ketidakmerataan akses dan kualitas dalam pelayanan kesehatan, solusi-solusi yang bersifat holistik, termasuk penguatan pelayanan kesehatan primer, penggunaan teknologi, pendekatan lintas sektoral, dukungan politik, dan partisipasi masyarakat, dapat membantu memperbaiki sistem kesehatan dan menjadikannya lebih inklusif dan berkelanjutan bagi semua.bih inklusif dan berkelanjutan bagi semua.)
  • PELECEHAN ADAT BUDAYA BALI OLIH KRAMA LUAR BALI  + (PELECEHAN ADAT BUDAYA BALI OLEH OKNUM LUARPELECEHAN ADAT BUDAYA BALI</br>OLEH OKNUM LUAR PULAU</br>Viralnya video tradisi Bali pada media sosial yang dipentaskan di pulau</br>Jawa tapa pakem yang tepat, memunculkan amarah dari netijen masyarakat Bali. Tradisi Bali seperti Tari Cendrawasih, bahkan yang ber-sifat sakral seperti Topeng Sidakarya sebagai sesolahan pengiring karya seolah kehilangan Taksunya ketika dipentaskan ole oknum tak bertanggung jawab. Mengapa hal ini bisa terjadi? apa yang harus dilakukan ole pemprov & masyarakat Bali untuk mengatasi hal ini?</br></br>Kemasyuran adat, tradisi dan budaya masyarakat Hindu Bali telah terk-enal hingga mancanegara. Ontentiknya kebudayaan Bali telah men-dorong orang dari luar Bali untuk datang dan belajar secara langsung kebudayaan Bali. Tak heran, kini makin banyak dijumpai sanggar seni di luar Bali yang mengajarkan seni tari, seni gamelan khas pulau Dewata. Keberadaan media sosial seperti Instagram, YouTube dan juga TikTok turut memperkenalkan khazanah tradisi Bali</br></br>Terkesan ingin melastarikan tradisi Bali dari rasa kagum, namun berujung menjadi sebuah pelecehan terhadap tr-adisi Bali it sendiri. Ketidaktahuan antara tari sakral dan non sakral menyebabkan banyak tarian yang bersifat pengiring upacara justru ditarikan sembarangan se-bagai tontonan tapa pakem.</br></br>Masyarakat Hindu Bali serta Majelis Desa Adat Bali harus bersinergi bersikap tegas menindak hal-hal tersebut agar tidak terulangi kembali.</br>Pemprov Bali beserta Dinas Kebudayaan Provinsi Bali harus segera membentuk sebuah forum komunikasi budaya antar daerah untuk memberikan edukasi bag seniman-seniman di luar Bali yang hendak membawakan seni budaya Bali, sehingga ketidaksesuaian pakem yang berujung pada pelecehan dapat dihindari. yang berujung pada pelecehan dapat dihindari.)
  • Ekowisata Subak Sembung  + (Pelestariaan lahan sawah dengan pola ekowisata yang diinisiasi dan dikelola oleh masyarakat.)
  • Preservation of Balinese culture through wayang kulit  + (PELESTARIAN BUDAYA BALI MELALUI WAYANG KULPELESTARIAN BUDAYA BALI MELALUI WAYANG KULIT "</br> Pada saat ini pementasan wayang kulit di bali sudah semakin jarang di jumpai. Pementasan wayang kulit ini kita sering jumpai pada saat acara keagamaan di bali saja yaitu pada saat karya atau piodalan (rahinan di bali), sesungguhnya wayang kulit ini di bedakan berdasarkan pementasannya yaitu wayang kulit yang di pentaskan dengan spiritual yg di sakralkan oleh orang bali khususnya Umat Hindu biasanya di gelar di acara ke agamaan yang mengangkat cerita tokoh - tokoh seperti cerita Pandawa atau Ramayana dan cerita tokoh tokoh lainnya. Selain itu Wayang kulit juga dapat di jadikan sebagai pertunjukan hiburan yang sering menceritakan isu - isu di masyarakat dan menceritakan sesuatu yang mendidik. Wayang kulit ini merupakan salah satu budaya bali yang kental dengan cerita - cerita tokoh yang mendidik tetapi saat ini sudah semakin memudar karena jarang di pentaskan sebagai hiburan. Kita sebagai generasi di bali harus menjaga budaya pementasan wayang kulit ini untuk melestarikan salah satu budaya kita ini yaitu Wayang kulit maka kita perlu menjaga dengan cara mengenalkan Wayang kulit ini ke masyarakat luas dengan cara sering mementaskan di setiap acara kemasyarakatan supaya wayang kulit ini menjadi hiburan yang di minati oleh masyarakat luas. Untuk melestarikan bali yang ajeg tentu kita harus menjaga budaya dan mengenalkan budaya kepada masyarakat dengan cara sering mementaskan budaya kita khususnya wayang kulit di setiap acara kemasyarakatan atau acara sosial lainnya. kemasyarakatan atau acara sosial lainnya.)
  • pelestarian lingkungan oleh smp cipta dharma  + (Pelestarian lingkungan adalah suatu kegiatPelestarian lingkungan adalah suatu kegiatan dimana kita harus mencegah hal yang tidak menguntungkan bagi lingkungan sekitar. Saat ini banyak tempat yang sudah tercemari oleh tangan manusia,dengan begitu banyak hewan yang berada di lingkungan tersebut harus menderita akibat limbah-limbah tersebut.</br>Oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan menjaga ekosistem lingkungan,kita bisa memulainya dengan membuang sampah pada tempatnya , tidak menebang pohon sembarangan. Jangan sampai ikan dilaut memakan limbah plastik karena dapat merugikan kita, Gunakanlah limbah-limbah tersebut menjadi sebuah karya yang dapat dibanggakan. Jangan lah kau membuang sampah sembarangan supaya alam lebih sayang terhadap kita,lingkungan bersih ekosistem terjaga. kita,lingkungan bersih ekosistem terjaga.)
  • pelestarian lingkungan  + (Pelestarian lingkungan adalah suatu kegiatPelestarian lingkungan adalah suatu kegiatan dimana kita harus mencegah hal yang tidak menguntungkan bagi lingkungan sekitar. Saat ini banyak tempat yang sudah tercemari oleh tangan manusia,dengan begitu banyak hewan yang berada di lingkungan tersebut harus menderita akibat limbah-limbah tersebut.</br>Oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan menjaga ekosistem lingkungan,kita bisa memulainya dengan membuang sampah pada tempatnya , tidak menebang pohon sembarangan. Jangan sampai ikan dilaut memakan limbah plastik karena dapat merugikan kita, Gunakanlah limbah-limbah tersebut menjadi sebuah karya yang dapat dibanggakan. Jangan lah kau membuang sampah sembarangan supaya alam lebih sayang terhadap kita,lingkungan bersih ekosistem terjaga. kita,lingkungan bersih ekosistem terjaga.)
  • Pelestarian Lingkungan SMP Cipta Dharma Denpasar  + (Pelestarian lingkungan berarti memanfaatkaPelestarian lingkungan berarti memanfaatkaan lingkungan secara bijak agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga.Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Agar bencana alam tersebut tidak terjadi, maka manusia harus berhenti mengeksploitasi lingkungan dan mulai melakukan pelestarian lingkungan.Dampak yang ditimbulkan akibat eksploitasi besar-besaran adalah kerusakan lingkungan.Maka sekarang kita harus melestarikan lingkungan.karang kita harus melestarikan lingkungan.)
  • Antugan Farm  + (Pelestarian spesies tanaman produktif dan tanaman upakara)
  • Literature Smart grid development to prevent further blackouts in Indonesia's capital city, Jakarta  + (Pemadaman listrik yang sering terjadi di JPemadaman listrik yang sering terjadi di Jakarta memiliki efek negatif terhadap keamanan Nasional dan ekonomi negara. Dua opsi kebijakan untuk pemerintah yang dijelaskan dalam artikel ini adalah mereformasi manajemen PLN dan memperkenalkan teknologi smart grid.N dan memperkenalkan teknologi smart grid.)
  • PEMANASAN GLOBAL RING BALI  + (Pemanasan global saat ini kian meningkat dPemanasan global saat ini kian meningkat dikarenakan hujan tidak kunjung turun dan akibatnya memberi dampak bagi keberlangsungan masyarakat contohnya masyarakat rentan jatuh sakit karena panas yang setiap hari selalu meningkat hal ini bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah agar dapat mengeluarkan solusi atau pendapat akan hal ini agar tidak menimbulkan hal hal baru yang tidak diinginkan.</br>Yang mungkin bisa dilakukan pemerintah agar masalah ini dapat terselesaikan pemerintah mampu membantu dengan membentuk ruang terbuka hijau yaitu penanaman seribu pohon agar dapat menyerap karbondioksida lebih banyak dan merubahnya dalam bentuk oksigen agar masyarakat setidaknya dapat menghirup udara yang segar dan juga mengurangi dampak dari pemanasan global ini dengan demikian adanya permasalahan pemanasan global ini dapat mengurangi efek atau dampak dari pemanasan global.</br>Sekiranya masalah pemanasan global ini dapat terselesaikan dengan adanya bantuan dari pemerintah berupa pohon untuk di tanami disekitaran pemukiman masyarakat dan dapat membantu masyarakat agar tidak terdampak masalah dari pemanasan global ini yang mana pemerintah mampu meyakini masyarakat agar tidak terlalu resah atau panik akan masalah pemanasan global ini.u panik akan masalah pemanasan global ini.)
  • Potential Of Community - Based Ecotourism Development As Urban Community Empowerment Efforts in The Ayung River Flow Area (Case Study of Tukad Bindu, Kesiman Village, East Denpasar District)  + (Pembangunan pariwisata berkelanjutan diaraPembangunan pariwisata berkelanjutan diarahkan untuk mengembangkan</br>pariwisata perkotaan yang ramah lingkungan. Revitalisasi sungai di Kota Denpasar merupakan salah satu program kerja pemerintah Kota Denpasar yang bertujuan untuk memberikan pendidikan ekologi kepada masyarakat sekitar yang juga dapat memiliki nilai ekonomi. Secara tradisional, sungai adalah kawasan suci yang layak untuk dilestarikan dalam mewujudkan kegiatan dalam kebijaksanaan Tri Hita Karana, yaitu menjaga hubungan baik dengan Tuhan, alam dan manusia, sehingga keberadaan air di Bali</br>harus terus di jaga kualitas dan kuantitasnya. Strategi penting untuk mengetahui potensi pengembangan ekowisata di daerah perkotaan adalah</br>pemberdayaan masyarakat sekitar di kawasan wisata. Pemberdayaan masyarakat adalah unit vital yang terkait dengan aspek fisik, materi, ekonomi dan pendapatan, aspek kelembagaan (pertumbuhan kekuatan individu dalam bentuk kelompok/kelompok), kekuatan kerjasama, kekuatan intelektual, dan kekuatan bersama untuk mematuhi dan menerapkan prinsip - prinsip pemberdayaan. Prinsip ekowisata memiliki bagian yang tidak terpisahkan dengan meminimalkan dampak negatif dari lingkungan sekitarnya melalui upaya konservasi dengan menjaga kualitas lingkungan dan budaya lokal, serta mampu memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar. memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar.)
  • Problems experienced during learning in the midst of a pandemic  + (Pembelajaran di tengah pandemi)
  • Learning in the midst of the covid-19 pandemic  + (Pembelajaran di tengah pandemi covid-19)
  • Learning process in pandemic covid-19  + (Pembelajaran di tengah Pandemic covid-19 CPembelajaran di tengah Pandemic covid-19</br>Covid-19 saat ini masih berada di Indonesia, terutama area Makassar mengakibatkan proses pembelajaran secara daring masih tetap di berlakukan. Pembelajaran ini tentunya ada dampak positif dn negativeya. dampak positifnya yakni tidak perlunya ada alternatife yang di gunakan menuju ke sekolah. Selain itu, dengan pembelajaran secara online tentunya akan lebih banyak waktu yang di habiskan di rumah sehingga bisa lebih banyak membantu orang tua menyelesaikan perkejan rumah. Sedangkan dampak negative di berlakukannya pembelajaran daring di tengah covid-19 penyampaian maupun penerimaan materi dari guru untuk siswa, kurang maksimal. Selain itu, guru tidak dapat menilai aspek afektif siswa secara maksimal . jadi, siswa harus di ajarkan lebih mandiri dan mampu mendisiplinkan diri, di sini, buruh kerja sama dengan orang tua murid. Selain itu, seorang guru harus jeli memilih metode yang sesuai dan efektif untuk di gunakan dalam proses pembelajaran online selama pandemic.roses pembelajaran online selama pandemic.)
  • online or online learning  + (pembelajaran online atau daring)
  • learning during pandemic  + (pembelajaran selama pandemi memiliki dua sisi yaitu sisi negatif dan positif. sisi positifnya yaitu kita bisa belajar tentang teknologi, sedangkan sisi negatifnya yaitu pada masalah jaringan dll.)
  • Literature Seni dan Budaya dikalangan Generasi Muda  + (Pembelajaran seni dan budaya merupakan hasPembelajaran seni dan budaya merupakan hasil karya dan kreativitas yang didasarkan pada norma dan perilaku masyarakat di Bali yang berperan dalam melestarikan warisan budaya Bali melalui kearifan seni dan budaya. </br>Kesenian dan kebudayaan tersebut saya harapkan dikembangkan lagi agar tidak tergerus oleh zaman dengan memanfaatkan teknologi untuk mensosialisasikan dan mengaktualisasi karya-karya seni. Selain daripada itu, mengenalkan seni dan budaya kepada generasi muda sebagai sarana dalam memberikan pemahaman tentang filosofi, nilai - nilai dari keberadaan objek budaya. Adapun langkah langkah yang dapat diambil yakni generasi muda mau mempelajari seni dan budaya yang ada di daerah setempat sebagai bentuk dalam mendukung kelestarian budaya dan bentuk dalam menjaga budaya lokal, memperbanyak kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan juga sebagai salah satu bentuk pelestarian seni dan kebudayaan. Hal ini penting dilakukan, agar masyarakat Bali, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik dan terlibat aktif dalam melakukan proses internalisasi nilai-nilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari.daya tersebut dalam kehidupan sehari-hari.)
  • Bank Sampah Sundara Lungsiakan  + (Pembentukan Bank Sampah di Banjar Lungsiakan, Desa kedewatan Ubud)
  • PEMBERONTAKAN KORUPSI  + (PEMBERONTAKAN KORUPSI Dijaman sekarang kPEMBERONTAKAN KORUPSI </br></br>Dijaman sekarang kebanyakan permasalahan korupsi di Indonesia permasalahan korupsi banyak di perbincangkan di masyarakat. Korupsi di Indonesia seakan sulit untuk di berantas dan telah menjadi budaya. Padahal mereka sudah mengetahui apa itu korupsi dan bagaimana dampaknya tetapi tetap saja dilakukan.jika kita sudah pernah melakukan korupsi nama baik sudah jelek,jika kita sebagai warga Indonesia harusnya tidak pernah melakukan perbuatan busuk,dan penggelapan uang.</br></br>Korupsi adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan Negara atau perekonomian.tindak pidana korupsi meningkat dari tahun ke tahun </br></br>Disini saya memberikan pendapat agar bagi siapa yang melakukan korupsi agar hukumannya tidak bisa di kurang jika sudah mencapai miliaran rupiah uang yang di gelapkan maka pemerintah berikanlah hukuman mati.Mari sama sama berantas korupsi agar masalah ekonomi di Indonesia dapat mengurang.Korupsi dapat merugikan diri sendiri maupun orang laint merugikan diri sendiri maupun orang lain)
  • Awal Kecil Kurangi Sampah  + (Pembersihan lingkungan yang di mulai dari Pembersihan lingkungan yang di mulai dari lingkungan sekitar rumah kemudian lingkungan masyarakat, kegiatan pada vidio yaitu :</br></br>1. Membersihkan lingkungan sekitar rumah.</br>2. Menegur dan mengajak anak-anak yang lewat untuk ikut mungut sampah di jalan rumah dan jalan raya .</br>3. Membersihkan sampah plastik yang di ambil</br>4. Mengolah sampah plastiknya di jadikan kerajinan yang mempunyai nilai guna.dikan kerajinan yang mempunyai nilai guna.)
  • Creating Compost from Canang and Upakara Waste in Bali as a Form of Environmental Preservation and Tri Hita Karana Balance  + (Pembuatan gambut dari sampah canang dan upPembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali dapat menjadi salah satu bentuk penyeimbangan Tri Hita Karana di mana lingkungan, manusia, dan dewa dapat hidup dalam keseimbangan yang harmonis. Kegiatan ini dapat dilakukan di setiap pura di Bali sebagai bentuk penghargaan terhadap lingkungan dan kearifan lokal. Proses pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar. Selain itu, kegiatan ini dapat memperkuat budaya gotong royong dalam masyarakat dan meningkatkan kebersamaan.</br></br>Gambut yang dihasilkan dari pembuatan sampah canang dan upakara di Bali juga dapat digunakan sebagai bahan organik untuk pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan. Dalam jangka panjang, kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan sampah secara bijak dan berdampak positif. Selain itu, gambut yang dihasilkan juga dapat membantu menjaga kelestarian ekosistem dan keanekaragaman hayati di Bali.</br></br>Kegiatan pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali juga dapat dijadikan sebagai model pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan terintegrasi. Hal ini dapat membantu mengurangi beban sampah di Bali dan memperbaiki kondisi lingkungan. Selain itu, gambut dari sampah canang dan upakara di Bali juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan alternatif yang ramah lingkungan.</br></br>Proses pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali juga dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berbahaya dalam pertanian. Dalam jangka panjang, hal ini dapat memperkuat sistem pertanian organik yang berkelanjutan dan memperbaiki kualitas tanah di Bali. Selain itu, pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pelestarian warisan budaya dan kearifan lokal.</br></br>Dengan pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di setiap pura di Bali, diharapkan Bali dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan berdampak positif terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar. Dalam jangka panjang, pembuatan gambut dari sampah canang dan upakara di Bali dapat membantu mewujudkan Bali hijau di mana kelestarian alam dan kearifan lokal dapat terjaga dengan baik. kearifan lokal dapat terjaga dengan baik.)
  • Makarya Topong Sareng Kranjang Saking Leluu Plastik  + (Pembuatan video dan karya ini di SMP DwijePembuatan video dan karya ini di SMP Dwijendra Denpasar pada tanggal 20 September 2021.Melibatkan 3 orang yaitu Kadek Arya Advaitha Dewi,Desak Made Anggia Puteri Linggayu,I Dewa Made Ogan Sastrawardhaya.Dari video dan karya yang kami buat dapat memberi sedikit dampak untuk lingkungan dengan mendaur ulang limbah rumah tangga sekali pakai,menjadi karya salah satunya yang kami buat yaitu topi dan keranjang yang berbahan dasar plastik</br></br>"Marilah kita mengolah sampah dari rumah tangga"ah kita mengolah sampah dari rumah tangga")
  • Eninge Toya Di Panepi Siring  + (Pememeliharaan ekosistem di desa harus dilPememeliharaan ekosistem di desa harus dilaksanakan karena ketika COVID-19 ini ada kita semua dapat belajar mencari nafkah di perindustrian yang menentukan keuntungan, kenyataan ini sudah lelah tak ada yang mengharapkan covid 19 ini . Tetapi kenyataan yang ada di desa masih bisa bertahan melawan dampak covid-19 ini. Semua kenyataan di desa dapat kita lihat sudah siaga menyediakan sandang ,pangan ,dan papan untuk kita semua, jika kita menggunakan sebaik-baiknya maka sangat mudah lingkungan di pedesaan memberikan anugerah yg baik kepada kita.n memberikan anugerah yg baik kepada kita.)
  • Literature Pementasan calonarang di tabanan  + (Pementasan calonarang di tabanan Bali,berjudul MPU barang)
  • SENI LAN BUDAYA  + (Pemerintah Bali merencanakan program pembaPemerintah Bali merencanakan program pembangunan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kesucian bumi Bali beserta seluruh isinya dengan berbagai perencanaan program pembangunan. Salah satu program yang dicanangkan adalah Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali sebagai tempat untuk melestarikan sekaligus menjaga seni dan budaya Bali. Pembangunan tersebut sudah dimulai dan diharapkan dapat selesai pada tahun 2025. Pusat Kebudayaan Bali kelak akan menjadi tempat untuk pementasan tari ataupun perlombaan terkait seni dan budaya.taupun perlombaan terkait seni dan budaya.)
  • Literature Rencana Pemerintah Menargetkan 2 Juta Vaksinasi Per Hari di Bulan Agustus  + (Pemerintah berencana menargetkan 2 juta vaPemerintah berencana menargetkan 2 juta vaksinasi perhari di bulan agustus</br>Mendengar hal itu kebanyakan masyarakat takut akan di vaksin karena banyaknya berita yang beredar di masyarakat bahwa ada banyak orang yang sakit bahkan meninggal dunia saya juga tidak tau berita itu benar adanya atau hanya hoax yang beredar</br>.. Menurut saya kebijakan pemerintah mengenai vaksinasi ini sangat bagus karena bisa menghambat tertularnya virus covid 19 dan akan bisa memutus rantai penularan virus covid 19</br>.. Saran saya sih pemerintah bisa meyakinkan masyarakat kalau vaksinasi ini tidak berbahaya bagi masyarakat sehingga tidak ada ketakutan di masyarakatsehingga tidak ada ketakutan di masyarakat)
  • Policy Implementation of Tour Guides License in Maintaining the Quality of Tourism in Bali Province  + (Pemerintah Daerah Bali mengintervensi profPemerintah Daerah Bali mengintervensi profesi pemandu wisata dengan menerapkan kebijakan perizinan. Fenomena ini terkait dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dan pentingnya peran pemandu wisata dalam menjaga kualitas pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan perizinan wisata. pemandu wisata di Bali. Secara praktis, penelitian ini dapat memberikan pemahaman kepada para pelaksana kebijakan untuk memperhatikan aspek implementasi dalam kebijakan perizinan pemandu wisata di Bali. Kemudian secara akademis, penelitian ini dapat menjadi acuan penelitian kebijakan pariwisata terkait teori implementasi. Pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus diterapkan pada penelitian ini. Penelitian ini melakukan wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan wawasan dari data penelitian. Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa kebijakan perizinan bagi pemandu wisata dalam proses pelaksanaannya ditemukan kekurangan pada aspek tujuan dan standar kebijakan, sumber daya kebijakan, komunikasi, lingkungan sosial ekonomi dan politik, serta karakteristik dan disposisi pelaksana.rta karakteristik dan disposisi pelaksana.)
  • how are you go green in Bali now?  + (Pemerintah daerah Bali pernah mengeluarkanPemerintah daerah Bali pernah mengeluarkan kebijakan tentang go green yang bakal bisa mengurangi sampah plastik. Namun sekarang bagaimana dengan go green itu bapak ibu pejabat Bali?. Saya harap bapak ibu para pejabat bisa membuat peraturan tentang penggunaan sampah plastik dikurangi. Bapak ibu pejabat bisa mengunjungi sekolah sekolah dan para pedagang yang ada dibali untuk diberikan sosialisasi tentang pengurangan sampah plastik. Mengapa saya berpendapat memberikan sosialisasi kesekolah untuk melaksanakan go green, karna pengalaman saya bersekolah dari TK,SD,SMP hingga sekarang SMA saya merasa kantin sekolah menjadi penyumbang sampah plastik terbesar DiBali. Saya harap bapak ibu pejabat bisa melaksanakan program ADIWIYATA dan GO GREEN disekolah agar dapat mengurangi sampah plastik.olah agar dapat mengurangi sampah plastik.)
  • Pakebeh Jagat Denpasar Sane Mangkin Sepi Saantukan Panglimbak Virus Covid-19  + (Pemerintah Indonesia telah menangguhkan sePemerintah Indonesia telah menangguhkan semua operasi penerbangan komersial nasional, mulai dari pagi 24 April hingga 01 Juni 2020.</br>Langkah ini dilalukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dengan membatasi pergerakan orang yang hendak melakukan pertemuan dan liburan. Periode penghentian operasi penerbangan di Indonesia hingga puasa Muslim yang dimulai pada 24 April dan musim puncak perjalanan tradisional "mudik" atau perjalanan "mudik" yang pada tahun 2020 akan berjalan dari pertengahan Mei hingga 01 Juni 2020.</br>Penghentian penerbangan komersial belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan salah satu langkah dari langkah-langkah lain dari Pemerintah. Agar dapat mencegah penyebaran secara masal, jika tidak, umat muslim Indonesia akan melakukan mudik selama periode Liburan Idul Fitri pada akhir Mei ini.</br>Indonesia memiliki sekitar 225 juta Muslim, menjadikannya negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.</br>Pengumuman penghentian perjalanan udara komersial dilakukan pada 23 April 2020, sehari sebelum larangan itu diberlakukan, Direktur Jenderal Penerbangan Domestik, Novie Riyanto, mengatakan larangan semua penerbangan komersial berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional. Riyanto mengatakan: “Untuk sektor transportasi udara dengan ini saya mengumumkan bahwa penerbangan domestik dan internasional, baik dengan pesawat berjadwal atau charter, dilarang 24 April – 01 Juni 2020.</br>Novie mengatakan kepada pers bahwa pengecualian terhadap larangan absolut akan dibuat untuk penerbangan charter bagi para pejabat tinggi pemerintah, perwakilan nasional, dan organisasi internasional.</br>Pengecualian juga akan diberikan untuk penerbangan yang digunakan untuk memulangkan orang asing ke negara asal mereka, orang Indonesia pada penerbangan repatriasi, atau pergerakan penerbangan darurat. Menteri Perhubungan akan menangani semua izin penerbangan khusus.</br>Izin juga akan diberikan untuk pesawat pengangkutan kargo, terutama untuk pasokan medis dan kesehatan, bahan sanitasi, dan bahan makanan.ehatan, bahan sanitasi, dan bahan makanan.)
  • Nyapa Kadi Aku (Sari MAHASABA)  + (Pemerintah jaman sekarang digambarkan sepePemerintah jaman sekarang digambarkan seperti ogoh-ogoh ini. Karakter raja atau pemimpin digambarkan bermata buta yang memiliki arti tidak bisa melihat situasi dan kondisi kerajaan yang sedang terjadi. Kupingnya ditutup, memiliki arti bahwa Sang Raja tersebut tuli. Dia tidak mau mendengarkan keluhan rakyatnya dan tidak mau tahu kesengsaraan rakyatnya. Jari manis yang terpotong memiliki arti bahwa sang raja suka memberikan janji manis akan tetapi tidak pernah ditepati. Sang Raja membawa tongkat komando mempunyai arti untuk menutupi kekurangan/kecacatan yang dia miliki, karena tongkat komando tersebut dapat terlihat seperti pemimpin. Wajah yang bengis mengambarkan bahwa raja merupakan pemimpin yang tidak mau bertanggung jawab dan hanya bisa galak dan marah-marah terhadap keadaan yang terjadi. Itu yang namanya pemimpin? Pemimpin seperti apa itu?amanya pemimpin? Pemimpin seperti apa itu?)
  • Sang Raja Indriya  + (Pemerintah jaman sekarang susah menghilangPemerintah jaman sekarang susah menghilangkan perilaku yang buruk. Di ogoh-ogoh ini digambarkan 5 karakter buruk yang sering dilakukan oleh pemerintah saat ini.</br></br>1. Karakter bermata satu, menggambarkan sifat yang tak mau kalah.</br>2. Karakter hidung besar menggambarkan hawa nafsu yang tak terkendali.</br>3. Karakter tak bermata menggambarkan sifat bingung dalam membedakan mana yang baik dan buruk.</br>4. Karakter lidah panjang yang terjulur, menggambarkan sifat rakus akan kekuasaan.</br>5. Karakter telinga besar menggambarkan sifat remaja yang tidak teguh pada pendirian.</br></br>Sang Raja Indriya ini yang dapat jadi teladan bagi para pemerintah yang tidak mampu mengendalikan atau menghilangkan sifat buruk pada saat memerintah rakyat.n sifat buruk pada saat memerintah rakyat.)
  • Prospective Leaders Programs For People With Disabilities  + (Pemerintah melakukan pengupayaan agar membPemerintah melakukan pengupayaan agar memberikan banyak pelayanan seperti yang lainnya untuk para penyandang disabilitas. Memang, sosial sangat berpengaruh besar dalam kehidupan. Diharapkan semua orang dapat melakukan interaksi tanpa adanya diskriminasi. Sesuai kenyataan, kehidupan sosial ada kegiatan "PEMILU". Dapat dilakukan oleh semua orang yang telah sesuai syarat (umur). Pemilih berhak menyuarakan pilihannya, khususnya untuk penyandang disabilitas.</br></br>Program yang dapat dirancang oleh Calon Pemimpin untuk Penyandang Disabilitas :</br></br>1). Menciptakan forum kreatifitas masyarakat dengan penyandang disabilitas (Pendidikan & Sosial). Pendidikan dapat berkembang seiring zaman disertai kegiatan sosial, mengubah pola pikir yang lebih maju.</br></br>2). Menciptakan sarana prasarana yang multifungsi/inovatif untuk penyandang disabilitas.ifungsi/inovatif untuk penyandang disabilitas.)
  • The government has a huge influence on the country  + (pemerintah memiliki pengaruh yang sangat bpemerintah memiliki pengaruh yang sangat besar kepada negara. utamanya kepada masyarakat agar pemerintah bisa peduli dengan keadaan yang ada dinegaranya. pemilu yang akan datang ini adalah tempat untuk mencari kepercayaan masyarakat agar bisa terpilih menjadi presiden. dengan demikian besar peran kebijakan yang akan dikeluarkan serta banyaknya harapan masyarakat. keadaan ini patut kita pakai sebagai dasar agar tidak salah pilih. kita juga patut mengetahui siapa saja yang peduli kepada masyarakat khusunya penyandang disabilitas. sejak dahulu hingga sekarang masih banyak yang tidak peduli kepada penyandang disabilitas. bukanya ingin selalu diutamakan, namun hanya diberikan tempat yang baik sudah sangat berguna. jika mampu di tingkatkan lagi, agat bisa dibuatkan sarana dan prasarana yang bisa membantu penyandang disabilitas. meningkatkan </br>kemampuan tenaga ahli atau khusus pendidik dan pelatih disabilitas. serta mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan SDM penyandang disabilitas dan menngambangkan kemampuan penyandang disabilitas tersebut pada dunia kerjadang disabilitas tersebut pada dunia kerja)