UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Biography text id" with value "I Made Mangku Pastika lahir di Seririt, Buleleng, 22 Juni 1951. Ia adala". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 25 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • I Gusti Made Deblog  + (I Gusti Made Deblog lahir di Banjar TaensiI Gusti Made Deblog lahir di Banjar Taensiat, Denpasar, 1906. Ia meninggal pada tahun 1986. Ia adalah seorang pelukis dan bergabung dengan Kelompok Pita Maha dan Kelompok Pelukis Citra. Ia belajar melukis pada pelukis dan fotografer Tiongkok, Yap Sin Tin, yang datang ke Bali pada tahun 1930-an. Kebanyakan lukisan Deblog hitam-putih dengan nuansa magis dan mistis. Lukisan-lukisannya sangat khas dan orisinal. Tematik karya-karyanya adalah adegan-adegan dalam kisah Mahabarata dan Ramayana. Atas dedikasinya dalam seni lukis, ia menerima penghargaan Dharma Kusuma dari Pemerintah Provinsi Bali.arma Kusuma dari Pemerintah Provinsi Bali.)
  • I Gusti Made Raka Ngetis  + (I Gusti Made Raka Ngetis lahir di DenpasarI Gusti Made Raka Ngetis lahir di Denpasar, 17 Juli 1917. Ia adalah seorang pengukir topeng yang terkenal pada zamannya. Ia menekuni seni topeng sejak remaja. Jenis topeng yang dibuatnya adalah topeng bebondresan dengan ekspresi yang lucu. Selain membuat topeng, ia ahli membuat wadah atau bade (menara jenazah) dan patung serta pratima sakral untuk pura. </br></br>Bakat seni Ngetis telah tumbuh sejak kanak, namun orang tuanya melarangnya menekuni seni, sebab takut anaknya akan menjadi miskin secara meteri. Akan tetapi Ngetis tetap ngotot berkesenian. Ia belajar membuat topeng pada kakak sepupunya, I Gusti Ketut Kandel dan Anak Agung Rai dari Jro Gerenceng, Denpasar. Waktu telah membuktikan ia tumbuh dan besar menjadi sosok seniman yang disegani pada zamannya. Ngetis meninggal pada 1981 dengan mewariskan banyak karya seni. 1981 dengan mewariskan banyak karya seni.)
  • I Gusti Ngurah Gede Pemecutan  + (I Gusti Ngurah Gede Pemecutan, lahir di DeI Gusti Ngurah Gede Pemecutan, lahir di Denpasar, 1936. Ia adalah pelukis dan pendiri Museum Seni Lukis Sidik Jari di Denpasar. Ia menimba ilmu seni lukis pada Made Kaya, jebolan ASRI Yogyakarta. Ia mengagumi pelukis Affandi. Dari teknik Affandi, ia membuat percobaan melukis dengan berbagai alat dan media, termasuk memakai tangan dan sekali-kali menyodokkan jari-jcmarinya. Dari sinilah muncul teknik melukis dengan jari.</br></br>Pada tahun 1969 majalah Horizon yang terbit di Filipina memuat khusus ulasan lukisannya. Tak pelak lagi ini membuat kaget scorang Staf USIS di Surabaya, dan staf ini lalu mendatangi Gusti Ngurah Gede Pamecutan. Staf ini lalu menetapkan bahwa lukisan dost painting ditemukan tahun 1970, dan tokoh satu-satunya adalah I Gusti Ngurah Gede Pamecutan. Dcngan gaya "sidik jari" nama Pamecutan mcnjadi lebih terkenal di luar negeri ketimbang di dalam ncgeri sendiri. Dengan dikelolanya Puri Pamecutan sebagai hotel, maka banyak lukisannya diboyong ke luar ncgeri Scdangkan di dalam negeri ia jarang pameran.</br> </br>Selain pelukis, I Gusti Ngurah Gede Pamecutan juga adalah seorang organisatoris dan kurator seni handal. Tahun 1964-1983 ia menghimpun pelukis, pemahat, penabuh dan penari dalam bentuk Sanggar Kesenian Puri Pamecutan dengan kegiatan pameran tetap dan pementasan tari-tarian untuk pariwisata.</br> </br>Ia juga pernah menjadi illustrator untuk koran Bintang Timur yang terbit di Malang. Tahun 1972 ia menjadi kurator dan penata pameran senirupa di Taman Budaya Denpasar. Selanjutnya ia bekerja di Kanwil Perindustnan Provinsi Bali untuk membina pengembangan industri kecil, dan sebagai desainer seni kerajinan, tahun 1981-1987. Sejak tahun 1986 - 1997 ia menjadi anggota Badan Pcrtimbangan dan Pcmbinaan Kebudayaan Propinsi Bali (Listibya). Tahun 1994 ia mendirikan museum pribadi dengan nama “Museum Lukisan Sidik Jari Ngurah Gede Pamccutan” untuk menyimpan dan merawat karya-karyanya. Museum ini juga membuka kursus seni tari dan lukis. </br> </br>Sebagai seniman, ia dianugerahi sejumlah penghargaan, di antaranya Kerti Budaya dari Pemerintah Daerah Tingkat II Badung tahun 1980. Tahun 1984 ia mcmproleh Piagam Dharma Kusuma Madia dan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali, dan Piagam Werdi Budaya dari Kepala Taman Budaya Denpasar, tahun 1987i Kepala Taman Budaya Denpasar, tahun 1987)
  • I Gusti Ngurah Made Agung  + (I Gusti Ngurah Made Agung (5 April 1876 – I Gusti Ngurah Made Agung (5 April 1876 – 22 September 1906) adalah Raja Badung VII dan seorang pejuang yang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Bali yang diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 November 2015. Dia menentang penjajahan Belanda melalui karya sastranya, seperti Geguritan Dharma Sasana, Geguritan Niti Raja Sasana, Geguritan Nengah Jimbaran, Kidung Loda, Kakawin Atlas, dan Geguritan Hredaya Sastraakawin Atlas, dan Geguritan Hredaya Sastra)
  • I Gusti Ngurah Parsua  + (I Gusti Ngurah Parsua, lahir di Bondalem, I Gusti Ngurah Parsua, lahir di Bondalem, Buleleng, Singaraja., 22 Desember 1946. Dia menulis puisi, cerpen, novel, esai, dll. Karya-karyanya pernah dimuat di Bali Post, Karya Bakthi, Nusa Tenggara, Bali Cuier, Merdeka, Berita Buana, Beritha Yudha, Suara Karya, Sinar Harapan, Simponi, Swadesi, Eksperimen, Srikandi, Suara Pembangunan, Mutu, Arena, Bukit Barisan Minggu Pagi, Prioritas, Suara Pembaharuan, El Horas. Majalah Umum dan Budaya: Ekspresi, Basis, Horison, Topik, Tifa Sastra, Dewan Budaya maupun Dewan Sastra, Malaysia. Kumpulan puisinya: “Matahari” (1970), “Setelah Angin Berembus” (1973), “Sajak-sajak Dukana” (1982), “Sepuluh Penyair Indonesia Malaysia” (1983), Duka Air Mata Bangsa” (1998), “Bahana Di Margarana”, (2005), dll. Di bidang prosa antara lain: “ Hakikat Manusia dan Kehidupan” (Esai Seni Budaya, 1999), “Sekeras Baja” (Kumpulan cerpen, 1984), “Sembilu Dalam Taman” (Novel, 1986), “Rumah Penghabisan” (kumpulan cerpen, 1995), “Perempuan Di Pelabuhan Sunyi” (Kumpulan cerpen 2001), “Senja Di Taman Kota” (Kumpulan cerpen, 2004), dll. Puisinya berjudul “Khabar” diterjemahkan oleh Kemala (penyair dan peneliti Sastra asal Malaysia) kemudian dimuat pada majalah Asia Week (1983). Puisinya berjudul “Kepada Bali” diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Vern Cork dam terbit bersama penyair Bali lainnya dengan judul “The Morning After” (2000).a dengan judul “The Morning After” (2000).)
  • I Gusti Ngurah Putu Buda  + (I Gusti Ngurah Putu Buda adalah seorang peI Gusti Ngurah Putu Buda adalah seorang perupa kelahiran Sangeh, Badung, Bali. Dia menamatkan pendidikan seni rupa di ISI Denpasar. Sejak 2002 dia aktif dalam banyak pameran bersama, di dalam maupun luar negeri, antara lain TANDA HATI at Tony Raka Gallery Mas Ubud (2012), Ten Years After at Sinsin Fine Art Anex Villa Hongkong (2013), Ulu Teben art Bentara Budaya Bali (2015). Pameran tunggalnya, antara lain Time is like to Bomb at kiridesa the Gallery Singapore (2006), Black and White world Copsa Gallery London (2006), Mystical Spirit II at Kiridesa The Gallery & Oorja zone, Dubai (2007), Seizing A Space at 6 Point Café-Shops-Offices, Sanur Bali (2013). Tahun 2004 dia meraih Top Finalist in 2004 :Sovereign Annual Contemporary Asian art Prize Hongkong. Kini, dia aktif dalam Komunitas Militans Arts.Kini, dia aktif dalam Komunitas Militans Arts.)
  • I Gusti Ngurah Putu Wijaya  + (I Gusti Ngurah Putu Wijaya atau yang lebihI Gusti Ngurah Putu Wijaya atau yang lebih dikenal dengan Putu Wijaya merupakan budayawan sastra Indonesia asal Bali, yang telah menghasilkan kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar seribu cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama. Putu Wijaya juga menulis skenario film dan sinetron. </br></br>Putu sendiri sebenarnya adalah bungsu dari lima bersaudara seayah maupun dari tiga bersaudara seibu. Ia tinggal di kompleks perumahan besar, yang dihuni sekitar 200 orang, yang semua anggota keluarganya dekat dan jauh, dan punya kebiasaan membaca. Budayawan yang khas dengan topi pet putihnya ini semula diharapkan bisa menjadi dokter oleh ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak. Namun Putu ternyata lebih akrab dengan dunia sastra, bahasa, dan ilmu bumi. Cerpen pertama Putu yang berjudul "Etsa" dimuat di harian Suluh Indonesia, Bali. </br></br>Drama pertama yang Putu mainkan adalah ketika ia masih SMA. Drama tersebut Putu sutradarai dan mainkan sendiri dengan kelompok yang didirikannya di Yogyakarta. Setelah 7 tahun di Yogyakarta, ia kemudian pindah ke Jakarta dan bergabung dengan Teater Kecil. Selanjutnya dengan Teater Mandiri yang didirikan pada tahun 1971, dengan konsep "Bertolak dari Yang Ada". </br></br>Gaya Putu menulis novel tidak berbeda jauh dengan gayanya menulis drama. Seperti dalam karya dramanya, dalam novelnya pun ia cenderung menggunakan gaya objektif dalam pusat pengisahan dan gaya yang penuh dengan potongan-potongan kejadian yang padat, intens dalam pelukisan, dan bahasanya ekspresif. Putu lebih mementingkan perenungan ketimbang riwayat. </br></br>Penggemar musik dangdut, rock, klasik karya Bach atau Vivaldi dan jazz ini total dalam menulis, menyutradarai film dan sinetron, serta berteater. Bersama teater itu, Putu telah mementaskan puluhan lakon di dalam maupun di luar negeri. Bahkan puluhan penghargaan diraih atas karya sastra tersebut.hargaan diraih atas karya sastra tersebut.)
  • I Gusti Ngurah Windia  + (I Gusti Ngurah Windia, lahir di CarangsariI Gusti Ngurah Windia, lahir di Carangsari, Badung Utara, Bali, 31 Desember 1946. Ia adalah maestro topeng Tugek Carangsari. Ia mementaskan seni topeng di berbagai pelosok Bali hingga luar negeri, seperti Jerman, Amerika, Venesia, Roma. Ia mulai menekuni seni tari topeng tahun 1966. Pada tahun 1969 ia terkenal di seluruh Bali. Tahun 1970-an dan 1980an, ia adalah seniman topeng paling laris di Bali dan pertunjukan topengnya direkam dalam kaset. Kehebatan Ngurah Windia terletak pada kemampuannya menari topeng, matembang, dan membawakan narasi seni pertunjukan topeng. Ia memadukan humor, komedi, parodi, nasihat, petuah, kisah pada setiap pementasan tari topengnya. Dalam pertunjukan Topeng Tugek Carangsari, ia menciptakan tiga tokoh kaum jelata yang kemudian sangat terkenal, yakni Si Gigi Sumbing, Si Tuli, dan Si Tugek (tokoh cewek yang kocak). Ketiga karakter tokoh ini kemudian menjadi trend dalam pertunjukan topeng di Bali. Ia mementaskan pertunjukan topeng untuk terakhir kalinya pada tanggal 3 Desember 2021. Kemudian ia jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit Mangusada, Kapal, Badung. Dan, pada tanggal 13 Desember 2021, ia meninggal pada usia 75 tahun.ber 2021, ia meninggal pada usia 75 tahun.)
  • I Gusti Putu Bawa Samar Gantang  + (I Gusti Putu Bawa Samar lahir di Tabanan, I Gusti Putu Bawa Samar lahir di Tabanan, Tegal Belodan 27 Séptembér 1949. Ayahnya bernama I Gusti Gedé Pegug dan ibunya Gusti Ayu Nyoman Rerep. Ayahnya hanya seorang penari dan pada zaman belanda menjadi tentara Gajah Merah NICA. Samar Gantang bersekolah di SR (Sekolah Rakyat) tahun 1955 di Pengabetan, Dauh Pala, Tabanan, dan lulus tahun 1963. Melanjutkan ke SMP 1 Tabanan, dan mulai saat itu ia gemar membaca buku sastra. Mulai menulis sastra Bali modérn dan Indonésia pada 1968 saat masih sekolah di SMA Tabanan (sekarang SMAN 1 Tabanan). Tahun 1973 ia menjadi guru honorér di SMP Harapan, dan ia juga menjadi guru di SMP TP 45 (sudah tidak ada), SMPN 3, SMP Pemuda, SMP Dharma Bhakti, dan SMPN 2 Tabanan. Tahun 1974, ia menjadi guru tetap di SMP Negeri 2 Tabanan dan mengajar mata pelajaran seni lukis. </br></br>Karya- karyanya dimuat di koran Bali Post, Nusa Tenggara, DenPost, Warta Minggu, Santan, Simponi, Swadesi, Suara Karya, Sinar Harapan, Media Indonesia, Karya Bhakti, Suara Nusa, Fajar, Zaman, Top, Aktuil, Sarwa Bharata Eka, Varianada, Canangsari, Buratwangi, Merdeka Minggu, Baliaga, Taksu, dan Majalah Éksprési. </br></br>Selama 10 tahun mengisi siaran membaca puisi di RRI Studio Dénpasar, Menara Studio Broadcasting, Cassanova, Kini Jani Tabanan. Melalui jalan dari Tabanan ke Dénpasar dengan selalu menaiki sepeda ontél. Selain itu juga mendapat undangan dari LIA Surabaya atau PPIA, Museum Bali, IKIP Saraswati, Balai Budaya Dénpasar, STSI Surakarta, STSI Dénpasar, ISI Yogyakarta, Taman Izmail Marzuki, Gallery Nasional Jakarta, dan Yayasan Hari Puisi. Dia juga mendapat undangan membaca puisi di Malaysia dan Singapura tahun 1986. Di Tabanan ia mendirikan Sanggar Pelangi tahun 1976 dan sekarang berubah nama menjadi Sanggar Sastra Remaja Indonésia (SSRI) Bali, yang menyebarluaskan sastra Bali modern dan Indonésia kepada siswa SD, SMP, SMA/SMK dan para remaja muda yang menggemari sastra. </br></br>Mendapatkan juara I menulis puisi se-Bali tahun 1979, juara perlombaan menulis puisi nasional di Yogyakarta tahun 1982, delapan besar pagelaran sastra di Taman Ismail Marzuki tahun 1989, juara I menulis puisi pariwisata yang diadakan Yayasan Komindo Jakarta tahun 1991. Di bidang sastra Bali mendapatkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, juara I menulis puisi; ésai; tembang macepat; se-Bali tahun 2000 dan 2001. Ia memperoleh penghargaan “CAKEPAN” tahun 2001 dari Majalah Sarad dan mengeluarkan buku kumpulan puisi yang berjudul “Aab Jagat”, serta penghargaan Sastra Rancagé 2003. </br></br>Buku yang sudah dikeluarkan berisi karyanya adalah Hujan Tengah Malam (1974), Kisah Sebuah Kota Pelangi (1976), Kabut Abadi (1979) bersama Diah Hadaning, Antologi Puisi Pendapa Taman Siswa Sebuah Episode (1982), Antologi Puisi Asean (1983), Antologi Puisi LIA (1979), Kalender Puisi (1981), Antologi Festival Puisi XI PPIA (1990), Spektrum (1988), Taksu (1991), Antologi Potret Pariwisata dalam Puisi (1991), Antologi Puisi Kebangkitan Nusantara I (1994), Antologi Puisi Kebangkitan Nusantara II (1995), Antologi Puisi Kidung Kawijayan (1995), Antologi Puisi Kebangkitan Nusantara III (1996), Antologi Puisi Pos Nusantara Lokantara (1999), Aab Jagat (2001), Perani Kanti (2002), Onyah (2002), Somya (2002), Sagung Wah (2002), Macan Radén (2002), Berkah Gusti (2002), Sang Bayu Telah Mengiringi Kepergiannya (2002), Puisi Modré Samar Gantang (2002), Antologi Puisi HP3N Nuansa Tatwarna Batin (2002), Bali Sané Bali (Pupulan Durmanggala, 2004), Awengi ring Hotél Séntral (2004), Pakrabatan Puisi Tegal DIHA Tebawutu (2004), Kesaksian Tiga Kutub (puisi lan cerpén, 2004), Léak Raré (2004), Léak di Bukit Pecatu (2005), Léak Satak Dukuh (2006), Ketika Tuhan Menyapaku (2006), Dipuncakmu Aku Bertemu (2008), dan Jangkrik Maénci (2009). </br></br>Dia terkenal dengan puisi modré, membuat para penonton sungguh ingin melihat. Karyanya kebanyakan menggunakan tema-tema mistik seperti “léak”, dan itu bisa dilihat di buku- bukunya yang berbahasa Bali seperti di buku Léak Kota Pala, Puisi Modré Samar Gantang, Léak Bukit Pecatu, Jangkrik Maénci, dan yang lainnya.Pecatu, Jangkrik Maénci, dan yang lainnya.)
  • I Gusti Putu Gede Wedhasmara  + (I Gusti Putu Gede Wedhasmara, lahir di DenI Gusti Putu Gede Wedhasmara, lahir di Denpasar, 10 September 1932. Dia adalah pengarang lagu asal Bali. Lagu-lagunya populer pada era 1960-an dan 1970-an dan hingga kini masih banyak dinikmati oleh penggemarnya. Majalah “Rolling Stone Indonesia” pada edisi Februari 2014 memasukkan Wedhasmara dalam “100 Pencipta Lagu Indonesia Terbaik”. </br></br>Wedhasmara sejak kecil menyukai dunia tarik suara. Setelah menyelesaikan pendidikan SMP di Denpasar Bali, Wedhasmara melanjutkan pendidikan di SMA Santo Thomas di Kota Yogyakarta. Pada 1956-1963, Wedhasmara bekerja di Jawatan Pertanian Jakarta.</br></br>Wedhaswara tercatat pernah bergabung dalam berbagai kelompok musik seperti Orkes Gabungan Denpasar, Orkes Keroncong Denpasar, Kuartet Mulyana Sutedja Yogyakarta, Orkes Keroncong pimpinan Sukmini Yogyakarta, Orkes Melayu Ria Bluntas, Zaenal Combo, dan Empat Nada.</br></br>Lagu-lagu ciptaan Wedhasmara yang dikenal luas antara lain “Senja di Batas Kota” dan “Kau Selalu di Hatiku” yang dipopulerkan penyanyi Ernie Djohan, “Berpisah di St. Carolus” yang dipopulerkan penyanyi Lilis Surjani. Lagu-lagu tersebut adalah lagu abadi yang selalu dikenang, dan sampai hari ini masih sering diputar di radio-radio dalam versi aslinya. </br></br>Tahun 2011, Wedhasamara mendapatkan penghargaan Seni dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Sebelumnya, Wedhasamara juga mendapatkan penghargaan dari Walikota Denpasar (2003), Gubernur Bali (2003). dan Menteri Kesehatan RI (1982). Wedhasmara meninggal di Denpasar pada tanggal 17 April 2017.al di Denpasar pada tanggal 17 April 2017.)
  • I Kadek Surya Kencana  + (I Kadek Surya Kencana lahir di Dalung, BalI Kadek Surya Kencana lahir di Dalung, Bali, 24 Januari 1986. Lulusan Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. Pernah meraih Juara II Tingkat Nasional Lomba Penulisan Puisi Pelajar (Departemen Pendidikan Nasional, 2005) dan Juara I Lomba Penulisan Puisi se-Bali (2007). Puisi-puisinya dimuat di Bali Post dan berbagai media lain, serta terangkum dalam buku Herbarium (2007), Penari Buleleng (2008), Mengunyah Geram (2017). Kini dia bekerja sebagai wartawan di Denpasar. dia bekerja sebagai wartawan di Denpasar.)
  • I Ketut Alon  + (I Ketut Alon (1932 – 1993) adalah seorang I Ketut Alon (1932 – 1993) adalah seorang pematung kelahiran Banjar Tarukan, Desa Mas, Ubud, Bali. Ia belajar memahat pada pematung Ida Bagus Nyana. Ia banyak membuat patung kayu bertema pewayangan (Mahabarata dan Ramayana) dan juga tema-tema kehidupan sehari-hari yang bersifat humanis. Karya-karyanya banyak dikoleksi oleh wisatawan mancanegara. Ia pernah diundang berpameran di Jepang pada tahun 1981, 1982, dan 1985.</br></br>Pada 1968, ia mendirikan “I Ketut Alon Balinese Art Shop & Wood Carver” yang kemudian berubah menjadi “Galeri Alon” sejak tahun 1991. Galeri tersebut berada di Jalan Raya Mas, Ubud dan dikelola oleh salah seorang putranya, I Kadek Ariasa. Di galeri itu juga terdapat Sanggar Githa Ariswara yang dirintis pada tahun 2000 dan bergerak di bidang seni tari dan tabuh yang berada di bawah Yayasan I Ketut Alon. Yayasan itu juga mendirikan Taman Pendidikan Sarin Rare yang banyak bergerak di bidang pendidikan seni untuk anak-anak.rak di bidang pendidikan seni untuk anak-anak.)
  • I Ketut Aryawan Kenceng  + (I Ketut Aryawan Kenceng lahir di Banjar BeI Ketut Aryawan Kenceng lahir di Banjar Bendul, Klungkung, 22 Desember 1959. Menyelesaikan SD hingga SMA di Klungkung. Pernah kuliah di Fakultas Inggris Universitas Udayana hingga lima semester, lalu bekerja di sektor pariwisata di Denpasar. Dia menulis sastra dalam bahasa Bali dan Indonesia. Puisi-puisi bahasa Indonesianya dimuat di Bali Post, Simfoni, Swadesi. Puisi bahasa Balinya dimuat di Bali Orti Bali Post dan Pos Bali. Kumpulan puisi bahasa Balinya telah terbit dengan judul Beruk (2014), Bikul (2014), Bubu (2015), Rwa Bhineda (2015).l (2014), Bubu (2015), Rwa Bhineda (2015).)
  • I Ketut Eriadi Ariana  + (I Ketut Eriadi Ariana lahir di Bangli, 199I Ketut Eriadi Ariana lahir di Bangli, 1994. Saat ini tengah menyelesaikan studi pascasarjana di Prodi Magister Linguistik Konsentrasi Wacana Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Kesehariannya adalah seorang jurnalis dan penyarikan di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur, Bangli (sejak 8 Januari 2020). Sejumlah puisi berbahasa Bali dan esainya terbit di media massa seperti Tatkala.co, Media Bali, Pos Bali, Suara Saking Bali, dan Majalah Nuansa Bali. Puisi berbahasa Bali terbit dalam antologi tunggal Ulun Danu (2019). Tulisannya juga diterbitkan dalam buku kumpulan tulisan bersama seperti Prabhajnyana: Mozaik Kajian Pustaka Lontar Universitas Udayana (2020), Jurnal Sastra Gocara Prodi Sastra Jawa Kuno Universitas Udayana, dan Sarasastra: Pusparagam Pemikiran Kebudayaan Bali (2020). Sementara itu, buku esai tunggal pertamanya berjudul Ekologisme Batur (2020). Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris DPK Peradah Indonesia Badung (2016-2017), sebelum kemudian dipercaya mengemban tugas sebagai Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli (2018-2021). DPK Peradah Indonesia Bangli (2018-2021).)
  • I Ketut Sadia  + (I Ketut Sadia, beralamat di Br Pekandelan,I Ketut Sadia, beralamat di Br Pekandelan, Batuan, Sukawati, Gianyar, Bali. Dia belajar melukis pada I Wayan Taweng (ayah) dan I Wayan Bendi (kakak). Dia aktif berpameran di dalam dan luar negeri, antara lain di Museum Arma, Museum Puri Lukisan, Museum Neka, Museum Nasional Jakarta, Singapure Art Museum, Tempera Art Museum, Finlandia, Fukuoka Art Museum, dan KBRI Washington DC. Pernah meraih penghargaan Jakarta Art Award 2008, Finalis Jakarta Art Award (2010, 2012), Finalis UOB Painting Of The Year (2012, 2013, 2014).B Painting Of The Year (2012, 2013, 2014).)
  • I Ketut Sandika  + (I Ketut Sandika lahir di Desa Nyalian, KluI Ketut Sandika lahir di Desa Nyalian, Klungkung, Bali 11 Februari 1988. Ia menempuh pendidikan di IHDN Denpasar. Ia menulis buku tentang kearifan lokal dan budaya Nusantara, khususnya Bali. Ia gemar memelajari ilmu mistik Bali lewat kajian-kajian terhadap naskah-naskah kuno, terutama naskah-naskah berbahasa Jawa Kuno. Hasil kajiannya itu dituangkan dalam beberapa buku, antara lain “Tantra, Ilmu Kuno Nusantara”, “Siwa Tattwa, Ajaran Spiritual Leluhur Nusantara”, “Sedulur Papat, Kalima Pancer, Ilmu Rahasia Kelahiran dan Kematian”, “Pendidikan Menurut Veda”. dan Kematian”, “Pendidikan Menurut Veda”.)
  • I Ketut Santosa  + (I Ketut Santosa lahir di Desa Nagasepaha, I Ketut Santosa lahir di Desa Nagasepaha, Buleleng, Bali, 21 Juli 1970. Ia adalah seniman lukis wayang kaca generasi ketiga dari keturunan Jero Dalang Diah, penemu teknik melukis media kaca di Nagasepaha. Santosa pernah bekerja menjadi tukang kebun di SMP Negeri 3 Sukasada dan mengajar ekstrakurikuler lukis kaca di sekolah itu. Pada September 2022, ia diangkat menjadi tenaga pengajar di SMK Negeri 1 Sukasada. </br></br>Lukis kaca Nagasepaha telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda yang tercatat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Santosa sukses membawa lukis wayang kaca bertema kontemporer ke kancah internasional. Karya-karyanya banyak diminati dan dikoleksi turis asing dan pecinta seni. Ia pernah mengikuti sejumlah pameran bergengsi, seperti di Bentara Budaya Bali dan Taman Budaya Bali. Ia juga kerap diundang menjadi narasumber dalam workshop dan bincang-bincang seni.</br></br>Pada tanggal 23 November 2022, Santosa mengalami kecelakaan di daerah Baturiti, Tabanan. Saat itu ia sedang dalam perjalanan ke Denpasar untuk membawa lukisan yang hendak dipamerkan di Taman Budaya Provinsi Bali. Ia sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Mangusada, Badung. Namun pada tanggal 26 November 2022 ia menghembuskan napas terakhirnya. Seorang seniman lukis wayang kaca telah pergi selama-lamanya.is wayang kaca telah pergi selama-lamanya.)
  • I Ketut Suasana  + (I Ketut Suasana alias Kabul, lahir di ApuaI Ketut Suasana alias Kabul, lahir di Apuan, Tabanan, 30 Desember 1978. Dia menamatkan pendidikan seni rupa di ISI Denpasar. Karya-karya Kabul banyak mengangkat tentang kehidupan lebah/tawon. Bagi Kabul, lebah adalah metafora untuk menggambarkan kehidupan manusia. Sejak 2003, Kabul rajin terlibat dalam banyak pameran bersama, baik di dalam maupun luar negeri. Pameran tunggalnya antara lain "Suasana Lebah" di Sudana Gallery, Ubud, Bali (2009) dan "Suhu Lebah" di Maha Art Gallery, Renon, Bali (2010). Selain seni lukis, Kabul juga rajin menggelar seni pertunjukan (performance art) dan mural.i pertunjukan (performance art) dan mural.)
  • I Ketut Sudarsana  + (I Ketut Sudarsana lahir di Desa Ulakan, MaI Ketut Sudarsana lahir di Desa Ulakan, Manggis, Karangasem, Bali pada tanggal 4 September 1982. Ia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari pasangan I Ketut Derani (Alm.) dan Ni Ketut Merta. Menikah dengan Adi Purnama Sari dan dikaruniai empat orang anak; Saraswati Cetta Sudarsana, Kamaya Narendra Sudarsana, Ganaya Rajendra Sudarsana dan Gayatri Metta Sudarsana. Jenjang pendidikan formal yang dilalui adalah SDN 4 Ulakan (1994), SMPN 1 Manggis (1997), dan SMKN 1 Sukawati (2000). Pendidikan Sarjana (S1) Pendidikan Agama Hindu di STAHN Denpasar (2004), dan Magister (S2) Pendidikan Agama Hindu di IHDN Denpasar (2009). Tahun 2014 menyelesaikan pendidikan Doktor (S3) Pendidikan Luar Sekolah di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pengalaman kerja dimulai pada tanggal 1 Januari 2005 sampai sekarang sebagai dosen tetap Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.ndu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.)
  • I Ketut Sumarta  + (I Ketut Sumarta menulis puisi sejak remajaI Ketut Sumarta menulis puisi sejak remaja dengan nama pena Dommy Lavawan dan banyak dimuat di Bali Post. Dia lantas rajin berteater dan menulis esei di media massa, hingga menekuni dunia jurnalistik. Dia bergabung dengan Majalah Berita Mingguan EDITOR di Jakarta—yang akhirnya dibredel rezim Orde Baru pada 1994. Setelah pulang ke Bali sejak 1995, dia dipinang sebagai Redaktur Pelaksana harian NUSA hingga dipercaya sebagai Direktur. Sejak awal tahun 2000 bersama kawan-kawannya di Bali dia menerbitkan sekaligus memimpin majalah bulanan kebudayaan Bali, SARAD. Tulisan-tulisannya perihal budaya Bali, antara lain, pernah dimuat di Kompas, Majalah Gatra, Majalah Budaya BASIS. Buku-buku karyanya yang telah terbit, antara lain: Sosok Seniman dan Sekaa Kesenian Denpasar (1999), Batur: Jantung Peradaban Air Bali (2015), dll.r: Jantung Peradaban Air Bali (2015), dll.)
  • I Ketut Suwidja  + (I Ketut Suwidja, lahir di Singaraja, 20 NoI Ketut Suwidja, lahir di Singaraja, 20 November 1939. Dia adalah seorang sastrawan dari Bali yang menulis dalam bahasa Bali dan Indonesia. Dia juga menulis di atas daun lontar. Puisi-puisinya banyak dimuat di Bali Post, Karya Bakti, Nusa, dll. Juga terkumpul dalam sejumlah antologi bersama, seperti “Hram” (1988). Antologi puisi tunggalnya yang berbahasa Bali adalah “Panah Surya” (2000) diterbitkan oleh Sanggar Buratwangi dan Balai Bahasa Bali. Berbagai penghargaan telah diraihnya, antara lain Penghargaan Listibiya (1982), Penghargaan Pemerintah Provinsi Bali (1998), Penghargaan Sastra Bali dari Yayasan Rancage (2001). Dia pernah bekerja di museum lontar Gedong Kertya di Singaraja. Dia meninggal tahun 2009.ya di Singaraja. Dia meninggal tahun 2009.)
  • I Ketut Tjekeg  + (I Ketut Tjekeg, lahir di Banjar Tarukan, DI Ketut Tjekeg, lahir di Banjar Tarukan, Desa Mas, Ubud, 25 Januari 1942. Ia adalah salah seorang tokoh penting di Desa Mas, Ubud, yang banyak berkontribusi bagi kemajuan desa. Sejak kanak ia sudah aktif berkesenian, antara lain bermain drama, membuat patung dan ukiran, serta aktif dalam berbagai organisasi. Ia tamat sekolah PGAA Hindu Dwijendra tahun 1962. Sempat menjadi guru honorer Agama Hindu di SMP Negeri Gianyar. Kemudian ia menjadi wartawan di koran “Suara Indonesia” yang kini jadi “Bali Post”. Ia juga sempat bekerja di Hotel Bali Beach Sanur. Pada era 1960-an ia aktif menjadi pengurus PNI/Front Marhaenis Ranting Mas. Ia ikut membidani kelahiran banyak organisasi di Desa Mas, antara lain Persatuan Pelajar Mas (P.P.M.), sekaa teruna/karang taruna, organisasi kesenian Janger, dan sebagainya. Ia menerbitkan buku Autobiography dan Pembangunan Phisik & Mental Spiritual (2022) yang banyak berisi kisah kehidupannya dan sejarah pembangunan dan perkembangan Desa Mas, Ubud.h pembangunan dan perkembangan Desa Mas, Ubud.)
  • I Ketut Wiana  + (I Ketut Wiana, lahir di Denpasar, 14 SepteI Ketut Wiana, lahir di Denpasar, 14 September 1945. Ia pernah menjadi dosen di Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. Ia juga aktif di lembaga Hindu PHDI dan sering diundang memberikan dharma wacana untuk umat Hindu di berbagai pelosok Indonesia. Selain rajin mengisi rubrik Mimbar Agama Hindu di Bali Post, ia banyak menerbitkan buku berkaitan dengan Agama Hindu, antara lain “Suksmaning Banten”, “Memelihara Tradisi Veda”, "Beragama Pada Zaman Kali", “Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu”, “Kasta dalam Hindu”. Ia meninggal di Denpasar pada tanggal 19 April 2023.al di Denpasar pada tanggal 19 April 2023.)
  • I Komang Darmayuda  + (I Komang Darmayuda lahir di Br. Tameng, SuI Komang Darmayuda lahir di Br. Tameng, Sukawati, Gianyar, 1970. Darah seni musik mengalir dari ayah ibunya yang pernah tergabung dalam grup keroncong Puspa Kencana, yang biasanya mengiringi pertunjukan sandiwara di era tahun 1960-an. Pada tahun 1999 ia diangkat sebagai dosen di STSI Denpasar yang sekarang menjadi ISI Denpasar, dan mulai tahun 2013 sampai tahun 2022 menjadi Ketua Jurusan Musik. </br></br>Selain menjadi tenaga pendidik, Darmayuda juga mendirikan Sanggar Cressendo Griya Musika Sukawati pada tahun 2008. Di Sanggar ini menggembleng anak-anak dalam bermusik seperti bermain piano, gitar, dan bernyanyi. Pada tahun 2011 – 2016 Sanggar Cressendo sering mewakili Kabupaten Gianyar dalam Ajang Lomba dan Parade Lagu Daerah Bali di PKB. Pernah beberapa kali meraih juara I dalam ajang tersebut dan mengharumkan nama Kabupaten Gianyar. Lagu-lagu yang diaransemen dan ditampilkan saat meraih juara antara lain Lagu Gianyar Jagat Seni dan Lagu Tangis Pertiwi ciptaannya sendiri. </br></br>Darmayuda juga pernah meraih juara I lomba cipta lagu di ajang PKB kategori lagu Remaja/Dewasa dengan judul lagu “Bencana Ring Bali” (Bom Kuta 2022) dan Juara I kategori lagu anak-anak yang berjudul “Muda Lara” (anak-anak yang mengemis di jalan) di tahun 2004. Sampai saat ini ia telah menciptakan 109 lagu-lagu Bali, 102 lagu Mars dan Hymne, dan puluhan lagu Indonesia. Ia berpandangan bahwa seni merupakan denyut nadinya orang Bali, darah seni selalu mengalir pada manusia Bali yang menyebabkan dunia seni tak akan mati di pulau tercinta ini. seni tak akan mati di pulau tercinta ini.)
  • I Made Arik Wira Putra  + (I Made Arik Wira Putra, lahir pada tanggalI Made Arik Wira Putra, lahir pada tanggal 23 April 1991, ia putra dari Ni Nyoman Wangi</br> dan I Nyoman Sulara. Menempuh pendidikan S1 di Universitas Udayana dan S2 di Universitas Hindu Indonesia, ia banyak memiliki prestasi dari kecil salah satunya "Juara 1 Nasional Palawakya tahun 2011". Ia merupakan seorang pengarang dan ia ingin dirinya disebut sebagai "Seorang Peminat Sastra" tidak sebagai Sastrawan. Ia sudah memiliki beberapa karya Sastra Bali Purwa salah satunya yaitu Kakawin Usadhi Negari.salah satunya yaitu Kakawin Usadhi Negari.)
 (I Made Mangku Pastika lahir di Seririt, Buleleng, 22 Juni 1951. Ia adala)
  • I Made Mangku Pastika  + (I Made Mangku Pastika lahir di Seririt, BuI Made Mangku Pastika lahir di Seririt, Buleleng, 22 Juni 1951. Ia adalah seorang politikus dan purnawirawan polisi Indonesia. Ia menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mewakili Provinsi Bali sejak 2019. Sebelumnya, ia menjabat Gubernur Bali dua periode dari 2008 hingga 2018. Ia lulusan Akabri Kepolisian pada tahun 1974. Pangkat terakhirnya dalam kepolisian adalah Komisaris Jenderal Polisi. Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Bali (2003 – 2005).njabat sebagai Kapolda Bali (2003 – 2005).)
  • I Made Santika  + (I Made Santika merupakan seorang MahasiswaI Made Santika merupakan seorang Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dengan Program Studi Sastra Bali. Beliau lahir pada tanggal 4 Januari tahun 2000. Beliau juga merupakan anak dari seorang sastrawan hebat yaitu Bapak I Made Degung dengan Ibu Ni Ketut Sutarmi.I Made Degung dengan Ibu Ni Ketut Sutarmi.)
  • Made Sarjana  + (I Made Sarjana lahir di Denpasar, 23 NovemI Made Sarjana lahir di Denpasar, 23 November 1963. Dia lulusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Udayana. Mulai menulis puisi sejak remaja dan banyak dimuat di Bali Post atas motivasi Ida Bagus Dharma Palguna. Puisinya juga pernah dimuat di Majalah Horison, Kompas, juga terhimpun dalam buku Perjalanan Malam, Hijau Kelon, Sang Guru. Pernah bergabung dengan Sanggar Putih dan sempat menjadi wartawan Majalan Sarad (2000 – 2002). Dia juga pernah meraih Juara I Lomba Cipta Puisi Majalah Akademika Unud (1985), Juara I Lomba Membaca Puisi Bali (Faksas Unud), Juara Harapan 1 Lomba Baca Puisi Guru se-Bali. Sekarang dia mengabdikan diri sebagai guru SD.rang dia mengabdikan diri sebagai guru SD.)
  • I Made Suantha  + (I Made Suantha lahir di Sanur, 24 Juni 196I Made Suantha lahir di Sanur, 24 Juni 1967. Menulis puisi sejak remaja di tahun 1980-an. Puisinya dimuat di Bali Post, Mutiara, Pelita, Berita Buana, dll. Buku puisinya, antara lain Peniup Angin (1989), Togog Yeh, Pastoral Kupu-kupu (2008). Dia menerima penghargaan Widya Pataka dari Gubernur Bali (2008).an Widya Pataka dari Gubernur Bali (2008).)
  • I Made Suarsa  + (I Made Suarsa adalah sastrawan Bali yang bI Made Suarsa adalah sastrawan Bali yang berasal dari bumi seni yaitu Banjar Gelulung, Desa lan Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Beliau lahir pada hari sabtu wage dukut tanggal 15 Mei 1954. Beliau merupakan anak kedua dari pengawi sastra Bali Anyar yaitu alm. I Made Sanggra. </br>Bapak I Made Suarsa dalam proses kreatif menciptakan karya sastra telah melahirkan sangat banyak karya sastra Bali Anyar, maupun karya sastra Bali Purwa seperti Geguritan Tarunantaka, Geguritan Udayanotama Tattwa, Geguritan Kanakaning Kanaka, serta Geguritan Korona Karana lan Kirana, naskah puisi dengan judul “Ngiring Sayang Manyangin”, satua Bali Modern dengan judul “Beli, Tiang Ten Ngalih Tunangan, Ten Ngalih Kurenan” dan masih banyak lagi karya-karya luar biasa beliau. </br>Disini saya akan membahas mengenai satu Geguritan beliau yaitu Geguritan Korona Karana lan Kirana, yang secara sederhana geguritan ini memuat tentang dari awal munculnya virus covid-19 sampai dengan bagaimana kita hidup berdampingan dengan virus ini. Jika dilihat dari padanan kata Geguritan Korona Karana lan Kirana ini memiliki arti Korona yang artinya covid-19 ini, Karana yang artinya yang menyebabkan atau sebab, Kirana yang artinya sinar matahari. Jadi dapat disimpulkan Korona Karana lan Kirana memiliki arti yang menyebabkan penyakit (grubug) salah satu yang bisa menyebuhkan adalah dengan (Kirana) sinar matahari.kan adalah dengan (Kirana) sinar matahari.)
  • I Made Suartana  + (I Made Suartana yang biasa dikenal Made SuI Made Suartana yang biasa dikenal Made Suar-Timuhun pada karya-karyanya, lahir di banjar Tengah, Timuhun, Klungkung, 17 Juni 1987. Dia memulai menulis sastra Bali modern ketika masih kuliah dan aktif menulis pada tahun 2013. Puisinya mulai dimuat pada Bali Orti (Bali Post) bulan April tahun 2013 dan tahun 2014 sudah dimuat pada Mediaswari (Pos Bali). Sebagai pembicara pada acara Ubud Writers and Readers Festival 2016.</br>Kumpulan pertama yang diluncurkan adalah buku kumpulan puisi Bali yang berjudul “Mlajah”, diterbitkan oleh Pustaka Ekspresi tahun 2014. Tahun 2015 oleh penerbit yang sama, bisa menerbitkan kembali kumpulan kedua yang berupa buku kumpulan cerita pendek yang berjudul “Book Jaen Idup di Bali” berisi delapan belas (18) cerita pendek.” berisi delapan belas (18) cerita pendek.)
  • I Made Sujaya  + (I Made Sujaya merupakan dosen tetap di ProI Made Sujaya merupakan dosen tetap di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah (PBID), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), IKIP PGRI Bali. Pendidikan S1 diselesaikan di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Unud, sedangkan pendidikan S2 diselesaikan di Prodi Magister Ilmu Linguistik, Konsentrasi Wacana Sastra, Program Pascasarjana, Unud. Sejak Agustus 2016 menempuh pendidikan S3 di Program Studi Doktor Ilmu Linguistik, Konsentrasi Wacana Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, Unud. </br></br>Dua bukunya yang sudah diterbitkan, yakni Sepotong Nurani Kuta: Catatan Atas Sikap Warga Kuta dalam Tragedi 12 Oktober 2002 (2004) serta Perkawinan Terlarang: Pantangan Berpoligami di Desa-desa Bali Kuno (2007). Buku kedua mengantarkannya menerima penghargaan “Widya Pataka” dari Gubernur Bali. Pada tahun 2013, bersama sejumlah dosen Unud menerbitkan buku Dinamika Bahasa Media Televisi, Internet, dan Surat Kabar. </br></br>Selain mengajar, Sujaya juga seorang wartawan dan editor lepas di harian DenPost yang terbit di Denpasar sejak tahun 1999. Dipercaya mengasuh halaman sastra dan budaya sejak tahun 2005 hingga sekarang. Pernah menjadi koresponden tabloid pelajar Wiyata Mandala (1996—1999). Dia juga pernah menjadi kontributor The Jakarta Post serta sempat turut mengasuh halaman berbahasa Bali, “Bali Orti” di Bali Post Minggu. Kini juga mengasuh blog khusus tentang Bali, balisaja.com.uh blog khusus tentang Bali, balisaja.com.)
  • I Made Suparsana, S.Kom  + (I Made Suparsana, S.Kom, pria yang lulus dI Made Suparsana, S.Kom, pria yang lulus dari Institute Teknologi & Bisnis STIKOM Bali. Lulus pada tahun 2021 dan mulai mengembangkan perusahaan digital yang bernama PT Foxbyte Global Inovasi yang berlokasi di Denpasar, Bali. Bisnisnya berfokus pada penyediaan solusi perangkat lunak untuk industri perbankan, retail, transportasi serta startup. I Made Suparsana, S.Kom menjabat sebagai Project Manager di perusahaannya.</br>Perusahaan ini lahir ketika pandemi melanda Indonesia. Banyak bisnis yang mulai gulung tikar dan beralih ke layanan digital. Dari momentum tersebut Made Suparsana dan timnya melihat bahwa perubahan tren sedang terjadi dimana pengguna sudah mulai beralih ke layanan digital. Perusahannya memiliki visi “To Be Global Digital Solution Provider in the 4.0 Revolution Era”. Solution Provider in the 4.0 Revolution Era”.)
  • I Made Supena  + (I Made Supena lahir di Singapadu, Gianyar,I Made Supena lahir di Singapadu, Gianyar, 12 Januari 1970. Dia kuliah seni rupa di Program Seni Rupa dan Desain (PSRD) Universitas Udayana (1991-1997). Dia putra pematung legendaris I Ketut Mudja. Karya-karya Supena beraliran abstrak dengan mengambil inspirasi dari alam. Selain seni lukis, dia juga membuat patung, seni instalasi, dan menggarap seni pertunjukan (performance art). Supena juga aktif dalam kelompok seni rupa “Galang Kangin” dan “MilitanArts”. </br></br></br>Sejak 1991 Supena rajin terlibat dalam pameran seni rupa bersama, baik di dalam maupun luar negeri. Sedangkan pameran tunggalnya adalah pada 1998 di Galleri The Chedi Payangan, Bali. Kemudian pameran Reality of Abstrak Painting (Art Center Bali, 1999), Landscape und Abstraction (bersama Susena, Frankfrut, Jerman, 2000), New painting (Suli Art Gallery, Denpasar, 2002), About Hature (Gallery Mon Décor, Jakarta, 2002), The Likeness of Nature (Ganesha Gallery, Bali, 2004), StudiAlamSupena (Danes Art Veranda Denpasar, 2005), Lanskap Made Supena (Gracia Gallery, Surabaya, 2007), Emotion (Santrian Gallery Sanur, 2008), Genealogi (Jogja Gallery, Yogyakarta, 2010), Solitude of Child (Kubu Kopi Denpasar, 2015), Ritus Gunung (Maya Gallery, Sanur, 2017), Interpreting Feelings (Griya Santrian, Sanur, 2018).</br></br></br>Penghargaan seni rupa yang pernah diraih oleh Supena antara lain Award for Sculpture Museum Negeri Bali, Denpasar (1991), Award of the Governor of Bali (1994), Award of the Embassy of Peru in Jakarta (1995), Award of Phillip Morris Arts Foundation (1997), Finalist of the Winsor-Newton Competition, Jakarta (2000), Certificate of Ownership, Museum Wellculturen Frankfrut, Jerman (2010), Certificate Art Work Golden Land, BIAB Bejing, Cina (2015), Top 9 Titian Art Foundation (2017).</br></br> </br>Pada tanggal 16 April 2019 Supena meninggal di RSUP Sanglah. Dia mengalami pendarahan di bagian otak yang parah akibat serangan hipertensi. Bali kehilangan salah satu perupa terbaiknya.i kehilangan salah satu perupa terbaiknya.)
  • I Made Sutarjaya  + (I Made Sutarjaya lahir di Banjar Bantas, SI Made Sutarjaya lahir di Banjar Bantas, Selemadeg, Tabanan, Bali, 3 Juli 1978. Dia adalah pelukis yang banyak mengangkat penari Bali dalam goresan dan sapuan kuas yang indah dan lembut penuh nuansa warna. Sejumlah pameran bersama yang pernah diikutinya, antara lain Indonesia Internasional Watercolor Online Competition and Exhibition (2021), “Jejak Putra Sang Fajar” di Blitar, Jawa Timur (2021), Indonesia Watercolor Submit di Komaneka Fine Art Gallery, Gianyar (2021), pameran “Mengalir” di Sangkring Art Space, Yogyakarta (2022), pameran “Meet in Bali” di Batu 8 Studio, Batubulan, Gianyar (2022), “Jejak on the Spot Painting” di Kayuputih Restaurant, Nusa Dua, Bali, “Pesan dari Barat” di Griya Santrian Gallery, Sanur (2023).” di Griya Santrian Gallery, Sanur (2023).)
  • I Made "Romi" Sukadana  + (I Made “Romi” Sukadana, lahir di Denpasar,I Made “Romi” Sukadana, lahir di Denpasar, 22 Januari 1973. Dia menamatkan pendidikan seni rupa di ISI Denpasar. Sejak 1993 dia telah aktif dalam banyak pameran bersama, seperti “Horizon”, Maya Gallery, Sanur (2019), “On Fire” Kaktus Art Space, Sanur (2018), “Magic of Bali”, Ira Kitzki art Gallery, Frankfurt Germany (2014), “Hidden Code” Mayya Gallery, Frankfurt, Jerman (2013). Pameran tunggalnya, antara lain “Sides of Woman” di Paros Gallery, Sukawati, Bali (2001), “Dialogue with the Reality” di Kamandalu Resort, Ubud (2007), “Sebuah Nama” di Ten Fine Art, Sanur (2009), “Hidden Connection” di Ayucious Socialite House, Denpasar (2012), “Hidden Connection III” Tryst’s Resto Kemang, Jakarta (2013). Karya-karya Romi menunjukkan keberagaman tematik dan aliran namun selalu mengandung cita rasa tersendiri. Dia mampu melukis realis dengan baik, namun juga bisa melukis abstrak yang mengesankan.uga bisa melukis abstrak yang mengesankan.)
  • I Nengah Jati  + (I Nengah Jati lahir di Banjar Sama Undisan, Desa Jehem, Bali, 5 Oktober 1990. Buku puisinya bertajuk “Silunglung” (Pustaka Ekspresi, 2018). Karya-karyanya juga dimuat di Suara Saking Bali.)
  • I Ngurah Suryawan  + (I Ngurah Suryawan, dilahirkan di Denpasar I Ngurah Suryawan, dilahirkan di Denpasar Bali 25 Februari 1979. Pendidikan formal ditempuhnya di Jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Udayana Bali (2006) dengan skripsi berjudul “Bertutur Di Balik Senyap: Studi Antropologi Kekerasan Pembantaian Massal 1965-1966 di Kabupaten Jembrana, Bali.” Pendidikan Magister diselesaikannya di Program Magister Kajian Budaya Program Pascasarjana Universitas Udayana (2009) dengan tesis berjudul “Bara di Tepi Kuasa: Genealogi Kekerasan dan Pergolakan Subaltern di Kabupaten Buleleng Bali.” Pendidikan Doktor diselesaikan di Program Ilmu-ilmu Humaniora (Antropologi) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2015) dan menulis disertasi yang berjudul “Siasat Elit Mencuri Kuasa Negara di Papua Barat”. Program penelitian pascadoktoral dimulainya dari tahun 2016-2017 tentang ekologi budaya orang Marori dan Kanum di Merauke, Papua dalam skema ELDP (Endangered Languages Documentation Programme) dan Australian National University (ANU). Menjadi peneliti tamu di KITLV (Koninklijk Instituut voor taal-, Land- en Volkenkunde), Universiteit Leiden 2017 – 2018 untuk menulis penelitiannya tentang terbentuknya elit kelas menengah di pedalaman Papua. Bukunya tentang Papua diantaranya adalah: Jiwa yang Patah (2014), Mencari Sang Kejora: Fragmen-Fragmen Etnografi (2015), Papua Versus Papua: Perpecahan dan Perubahan Budaya (2017), Suara-Suara yang Dicampakkan: Melawan Budaya Bisu (2017), Ruang Hidup yang Redup: Gegar Ekologi Orang Marori dan Kanum di Merauke, Papua (2018), Kitong Pu Mimpi: Antropologisasi dan Transformasi Rakyat Papua (2018), Mencari Bali yang Berubah ( 2018).(2018), Mencari Bali yang Berubah ( 2018).)
  • I Nyoman Darma Putra  + (I Nyoman Darma Putra adalah guru besar SasI Nyoman Darma Putra adalah guru besar Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia. He menyelesaikan pendidikan doktor di School of Languages and Comparative Cultural Studies, University of Queensland, tahun 2003, di mana dia juga melakukan Postdoctoral Program dari 2007-2009.</br></br>Selain mengajar sastra dan budaya di FIB Unud, Darma Putra juga mengajar bidang pariwisata di Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Pariwisata Universitas Udayana. Darma pernah menjadi Ketua Program Studi S-2 Pariwisata tahun2014-Februari 2018. Minat penelitiannya meliputi sastra Indonesian, sastra Bali, dan pariwisata</br></br>Bersama Michael Hitchcock, dia menerbitkan buku Tourism, Development and Terrorism in Bali (Aldershot: Ashgate, 2007), sedangkan buku karyanya sendiri adalah s A literary Mirror; Balinese Reflections on Modernity and Identity in the Twentieth Century (Leiden: KITLV Press, 2011).</br></br>Dia menerbitkan sejumlah artikel di jurnal internasional bereputasi seperti Asian Ethnicity, Indonesia and the Malay World, Current Issues in Tourism, The Journal of Hindu Studies, and Tourism Geographies.</br></br>Sejak 2011, dia menjadi ketua editor Jurnal Kajian Bali (akreditasi Sinta-2)or Jurnal Kajian Bali (akreditasi Sinta-2))
  • I Nyoman Darma Putra  + (I Nyoman Darma Putra mengajar sastra IndonI Nyoman Darma Putra mengajar sastra Indonesia di Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana (Bali) dan merupakan guru besar di School of Language and Cultures, University of Queensland. Dia adalah penulis A cermin sastra: refleksi Bali pada modernitas dan identitas di abad kedua puluh (KITLV/Brill, 2011).s di abad kedua puluh (KITLV/Brill, 2011).)
  • I Nyoman Ekaputra, S.Sos M.AP  + (I Nyoman Ekaputra S.Sos M.AP lahir pada taI Nyoman Ekaputra S.Sos M.AP lahir pada tanggal 1 Juni 1965 di Denpasar. Bertempat tinggal di Br. Pengukuh, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, Bali, Indonesia. Beliau berprofesi sebagai PNS juga menjadi Pemangku disalah satu pura di Peguyangan dan membantu jika ada yang membutuhkan bantuan untuk tulisan nyastra Aksara Bali serta membina anak - anak di pasraman desa. Pendidikan terakhir beliau yakni di Universitas Ngurah Rai Bali jurusan Magister Administrasi Publik.Bali jurusan Magister Administrasi Publik.)
  • I Nyoman Kaler  + (I Nyoman Kaler lahir pada tahun 1892 di DeI Nyoman Kaler lahir pada tahun 1892 di Desa Pamogan, Kecamatan Denpasar Selatan . Ayahnya I Gde Bakta adalah seorang seniman serba bisa pada zamannya. Sang ibu, Ni Ketut Taro, juga memiliki seni Kakeknya, I Gde Salin, kemudian darah ayahnya sendiri merupakan guru tari dan tabuh yang punya nama. Kaler sendiri berguru kepada kakek dan ayahnya, yang nantinya mewariskan padanya tari nandhir, baris kupu-kupu, sisia Calonarang, wayang wong, dan parwa. Kaler tak pernah mengenyam pendidikan formal, sebab seingatnya, sampai tahun 1900 di Denpasar belum dibuka sekolah-sekolah. Namun kemampuannya baik baca tulis aksara Bali maupun huruf Latin tak bisa diragukan. Kepandaian ini didapat dari pendidikan non-formal di sela-sela kesibukannya memperdalam seni tari dan tabuh. Dalam penguasaan tari dan tabuh pagambuhan ia sempat dididik oleh I Gusti Gede Candu, I Made Sariada, I Made Nyankan. semuanya dari Denpasar, dan I Made Sudana dari Tegal Taniu. Pada tahun 1918, dalam usia 26 tahun, I Nyoman Kaler memperdalam tari Legong Kraton pada gurunya, Ida Bagus Boda dari Kaliungu Klod, Denpasar. Tahun 1924 memperdalani tari dan tabuh pada Anak Agung Rai Pahang dari Sukawati. Gianyar. Kaler sangat terkesan pada gurunya yang satu ini. Cara mengajar gurunya yang luar biasa itu meinungkmkan Nyoman Kaler memahami seluk-beluk dan gerak tari dengan mendalam. Kaler pun menjadi murid kesayangan karena bakatnya yang mengagumkan. Sampai-sampai sang guru menganugerahkan seekor kuda pada murid yang rajin ini. Kaler menguasai hampir seluruh perangkat gambelan Bali dan memahami betul semua gending-gending pegongan, gender, angklung, semar pagulingan, dan sebagainya. Dari pengetahuan yang dimiliki maka Nyoman Kaler telah mulai mengajar sejak tahun 1918.ler telah mulai mengajar sejak tahun 1918.)
  • I Nyoman Loka Suara  + (I Nyoman Loka Suara adalah pelukis kelahirI Nyoman Loka Suara adalah pelukis kelahiran Bali, 13 Februari 1970. Dia menempuh pendidikan seni rupa di ISI Denpasar. Sejak 1993 aktif dalam berbagai pameran bersama, antara lain Pameran kelompok Palet di Come Out festival Australia (1998), Beijing International Art Biennale, China (2015), Asian Art Biennale II, Hongkong (2017). Dia juga terbagung dalam Komunitas Seni Rupa Militant Arts. Karya-karya Loka banyak menampilkan figur-figur berwajah murung dengan teknik distorsif. Leher figurnya dibikin panjang seperti jerapah sehingga memunculkan kesan yang unik pada lukisannya.munculkan kesan yang unik pada lukisannya.)
  • I Nyoman Mayartayasa  + (I Nyoman Mayartayasa alias Man Ata adalah I Nyoman Mayartayasa alias Man Ata adalah penulis buku cerita “Luh Ayu Manik Mas” (buku 4 – 6). Sejak kanak ia telah gemar menggambar, melukis, membuat kartun, mengarang cerita anak-anak. Ia terus mengolah bakatnya hingga kini. Ia juga membuat ilustrasi dan desain untuk buku cerita anak-anak. Ia tamatan Universitas Warmadewa, Bali.k. Ia tamatan Universitas Warmadewa, Bali.)
  • Nyoman Ngendon  + (I Nyoman Ngendon (1920-1947) adalah pelukiI Nyoman Ngendon (1920-1947) adalah pelukis yang berasal dari Banjar Dentiyis, Batuan, Sukawati, Gianyar. Dia pertama kali belajar melukis gaya wayang Kamasan dari Dewa Nyoman Mura pada tahun 1930-an awal. Dia termasuk tokoh berpengaruh dalam seni lukis Batuan dan memiliki banyak murid. Dia fasih berbahasa Melayu, Belanda, dan Inggris. Pada masa pendudukan Jepang, dia pergi ke Yogyakarya, dan bertemu dengan Soekarno, Affandi, Soedjojono, dan ikut bergabung dalam Persagi. Selain dikenal sebagai pelukis, dia adalah sosok gerilyawan di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai untuk turut mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dia ditangkap tentara Nica di Ketewel, disiksa dan dihukum mati.</br></br></br>Ngendon memang sosok pelukis Batuan yang cerdas dan sangat gelisah untuk mengembangkan diri dalam seni lukis. Selain melukis dengan gaya Batuan, Ngendon memang banyak melukis potret dengan teknik modern. Ngendon juga sosok guru melukis yang sangat idealis dan visioner. Bagi Ngendon, setiap murid harus mampu menggambar bentuk-bentuk yang berbeda, tidak hanya menjiplak hal-hal yang sudah ada. Ngendon melahirkan generasi pelukis Batuan yang mampu menggali dan mengembangkan tematik secara kuat.ali dan mengembangkan tematik secara kuat.)
  • I Nyoman Pidada  + (I Nyoman Pidada alias Dadap, lahir di SukaI Nyoman Pidada alias Dadap, lahir di Sukawati, Gianyar, Bali, 1942. Ia adalah seorang pelawak dan pemain drama gong kawakan. Ia biasa berperan sebagai punakawan bernama Dadap berpasangan dengan Kiul. Dadap sangat enerjik, sementara Kiul sangat lambat dan cenderung pemalas. Nama “Dadap” sangat populer pada masa kejayaan drama gong di Bali era 1980-an hingga 1990-an. Ia bermain drama bersama kelompok (sekaa) drama gong “Bintang Bali Timur” yang sangat terkenal pada masanya. Dengan hiasan wajah dan kostum yang khas dan lucu, lawakan dan banyolannya dalam drama gong selalu ditunggu-tunggu penggemarnya dan sangat menghibur masyarakat pada masa itu. Selain bermain drama gong, ia juga aktif dalam pertunjukan tari barong. Ia meninggal pada tanggal 30 Januari 2019 karena serangan stroke.al 30 Januari 2019 karena serangan stroke.)
  • I Nyoman Rembang  + (I Nyoman Rembang lahir di Sesetan, DenpasaI Nyoman Rembang lahir di Sesetan, Denpasar, 1931. Ia adalah seorang musisi, komposer, guru, dan pembuat gamelan. Ia termasuk komponis Bali paling berpengaruh di abad kedua puluh. Ia pernah mengajar gamelan di Summer School, Barkeley, California, Amerika selama lima bulan pada tahun 1974.</br></br>Rembang memulai karier musiknya ketika ia bergabung dengan kelompok gambuh lokal di desanya, Sesetan. Pada usia tujuh tahun, ia sudah mahir memainkan gender wayang. Pada usia delapan, ia mulai belajar memainkan gamelan Legong. Pada masa remajanya, ia mengajar gamelan Bali di Konservatorium Surakarta, Jawa Tengah. Ia juga menjadi spesialis gamelan Jawa di bawah bimbingan R.M. Yudoprawiro, seorang bangsawan istana Surakarta.</br></br>Pada tahun 1960, bersama Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra, Rembang memelopori pembentukan Konservatif Bali. Pada 1963, Rembang mengundurkan diri dari Conservatorium Surakarta dan berkonsentrasi di Bali di mana ia mengajar di Sekolah Tinggi Musik SMKI. Dia juga sering diundang untuk mengajar di Eropa sebagai artis tamu, komposer dan pemain. </br></br>Setelah selesai sebagai guru di Sekolah Seni Denpasar pada pertengahan 1980-an, ia menciptakan Gamelan Bungbang yang fenomenal. Gamelan itu terbuat dari bambu panjang yang dapat menghasilkan nada tertentu berdasarkan panjangnya. Untuk memainkan gamelan tersebut setidaknya diperlukan 32 musisi. Gamelan tersebut sering dipentaskan di berbagai ajang kesenian, seperti Pesta Kesenian Bali.</br></br>Rembang meninggal pada tanggal 30 Agustus 2001 di kediamannya di Denpasar pada usia 71 tahun.ediamannya di Denpasar pada usia 71 tahun.)
  • I Nyoman Suprapta  + (I Nyoman suprapta lahir pada tanggal 11 noI Nyoman suprapta lahir pada tanggal 11 november 1962 beliau sudah membuat geguritab dari tahun2000 sekarang sudah menerbitkan 219 judul geguritan, karena beliau menyerahkan hidupnya untuk sastra bali beliau mendapat penghargaan sastera rancage tahun 2013 dari yayasan kebudayaan rancage, bandung dari bidang jasa. Selasa 9 april 2019 yang sudah lalu.jasa. Selasa 9 april 2019 yang sudah lalu.)
  • I Nyoman Wahyu Angga B. Santosa  + (I Nyoman Wahyu Angga B. Santosa atau bisa I Nyoman Wahyu Angga B. Santosa atau bisa dikenal sebagai Wahyu Angga beliau lahir pada tanggal 21 Mei 1997 di Denpasar. Beliau merupakan salah satu alumni dari program studi Sastra Bali angkatan 2015, ia juga merupakan pengarang dari karya sastra parwa yaitu kakawin Prapanca Suddhani. Saat ini beliau sedang melanjutkan pendidikan S2 di Pascasarjana Universitas Udayana Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Udayana Fakultas Ilmu Budaya.)
  • I Nyoman Wardi  + (I Nyoman Wardi adalah salah satu dosen di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Bali - Indonesia. Dia juga adalah seorang peneliti di bidang lingkungan hidup, sosial, dan budaya di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Udayana.)