Sesuratan - Pendahulan

Delapan Jenis Makanan yang Umum di Ubud

Tulisan ini akan menjelaskan tentang makanan-makanan asli Bali dan yang sudah terkenal di daerah Ubud.

1. Babi guling. Makanan ini sudah umum di masyarakat Bali. Banyak orang tahu dan suka makan babi guling. Dari anak-anak sampai orangtua, semua suka makan babi guling. Babi guling dibuat/diolah dari anak babi yang dicampur dengan bumbu lengkap (cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, dan lain- lain) dan diisi minyak kelapa supaya aroma dan rasanya gurih. Dulu babi guling ini dibuat kalau ada upacara besar (piodalan, perkawinan, otonan, dan upacara lainnya). Tapi sekarang babi guling sudah mudah sekali dibeli di seluruh Bali atau Ubud yang terkenal dengan pariwisatanya. Jika anda berkunjung ke Ubud, babi guling bisa dibeli di warung-warung. Akan tetapi, jangan makan terlalu banyak, karena makanan ini banyak mengandung lemak atau kolesterol.

2. Lawar. Sama seperti babi guling, lawar enak sekali dan sudah terkenal di seluruh Bali. Lawar jika dilihat sama seperti sayur urap karena dicampur dengan sayur-sayuran (pepaya, nangka, kacang panjang, dan lain-lain), kelapa parut, bumbu yang sudah digoreng (cabai, bawang putih, kencur, merica, terasi, semua digoreng dengan minyak kelapa), daging (daging babi/ daging ayam/daging bebek). Rasanya enak sekali, kalau dimakan terasa meledak di mulut. Di Ubud, lawar juga bisa dibeli di warung, dan penjual babi guling juga menjualnya. Tapi kalau mau menikmatinya, jangan lupa memberitahukan untuk sedikit saja membubuhi bumbu jika anda punya masalah dengan perut.

3. Bebek goreng. Terkenal dengan nama "bebek garing" ini makanan paling unik di wilayah Ubud. Dibuat dengan daging bebek yang berkualitas baik (satu atau setengah). Cara mengolahnya dibagi menjadi dua tahapan: pertama daging bebek direbus dengan air panas beserta bumbunya sampai lunak. Kedua, bebek yang sudah lunak tersebut digoreng beberapa menit dengan minyak kelapa sampai renyah. Diluar terlihat kering namun empuk di dalam. Makanan ini bisa dibeli di restoran-restoran. Biasanya cocok dimakan dengan nasi, sayur, dan sambal.

4. Iga babi panggang. Kalau anda suka makan daging babi, makanan ini layak dicoba. Makanan ini sangat dikenal oleh wisatawan yang datang ke Ubud. Rasanya sangat berbeda dengan iga babi panggang di tempat lain karena bumbunya. Anda bisa membeli iga babi panggang ini di warung- warung.

5. Ayam betutu. Kalau diterjemahkan ke bahasa inggris namanya "steamed chicken". Di Ubud makanan ini sangat gampang dicari. Rasanya juga sangat enak karena daging ayam ini direbus dengan bumbunya dan dagingnya sangat lembut. Kalau anda makan betutu enaknya diisi nasi putih dan krupuk udang, pasti sangat enak.

6. Makanan vegetarian di warung Sari Organik. Anda vegetarian? Ubud terkenal dengan makanan-makanan vegetarian dari mancanegara. Tempat yang bagus untuk makan makanan vegetarian dinamakan Warung sari organik. Tempatnya di tengah sawah, kalau Anda mau ke sana bisa berjalan, menaiki sepeda gayung dan sepeda motor (mobil tidak bisa masuk karena jalannya sempit). Makanan vegetarian yang umum di sini "vegetarian pizza". Cara mengolahnya sangat baik dan rasanya juga. Tempat ini memiliki kebun organik.

7. Nasi goreng. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia atau di Ubud. Nasi goremg bisa dibeli di warung-warung di daerah Ubud dan rasanya pun berbeda-beda, tergantung siapa yang memasaknya. Bahan- bahan dari nasi goreng adalah: nasi putih dicampur dengan bumbu (cabai, bawang merah, bawang putih, merica) dan digoreng dengan minyak kelapa diisi daging ayam/ daging babi, garam, telur, sayur. Kalau mau, bisa juga ditambahkan saus agar warnanya merah. Jika anda berkunjung ke Ubud, jangan lupa makan nasi goreng. Serta hotel-hotel biasa menyediakan nasi goreng sebagai sarapan pagi untuk tamunya (tanyakan saja di hotel tempat anda menginap)

8. Sate. Sate merupakan daging yang ditusuk dengan tusuk sate. Makanan ini sangat unik. Di Ubud ada beragam macam sate, diantaranya: sate daging babi, sate daging ayam, sate ikan laut. Biasanya dimakan bersamaan dengan nasi putih dan bumbu kacang. Untuk membeli sate gampang sekali, restoran-restoran yang ada di Ubud semuanya menjual sate. Kalau anda suka makan yang pedas anda bisa membelinya di luar wilayah Ubud, di warung-warung kecil.

Demikianlah tulisan saya tentang beraneka macam makanan yang umum di wilayah Ubud. Jika anda berkunjung ke Ubud dan menyukai makanan asli Bali, tulisan ini sangat bermanfaat dan harus dibaca agar anda mendapatkan makanan yang baik dan rasanya enak. Selamat makan, dan semoga sehat selalu.

@gede julius Facebook: gde julius Instagram: dejuliustour_bali Whatsapp: +628573746397