UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Penangkapan kabur dari letusan Gunung Agung pada 29 Desember Tingkat penangkapan meningkat pada 06:04 selama 5 menit - karena itu cantik!". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Farmers Rise during a Pandemic  + (kurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengakurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengalami masalah seperti covid 19. Membahas tentang bangkit petani selama pandemi. Banyak yang merasa kekurangan biaya , mencari kebutuhan sehari-hari.lama kelamaan terasa susah dan berat jika menjalani hal ini. Upacara yang patut dilaksanakan,dan kegiatan masyarakat petani yang tidak dapat dipisahkan. Di kala masyarakat sudah mebangkitkan usaha pertanian walaupun ini masih ada covid 19 untuk itu sudah memberikan vaksin yang sudah ditentukan oleh pemerintah.dan juga menerapkan menjaga pertokol kesehatan, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masyarakat petani tidak pernah mengeluh untuk mencari nafkah sampai teruskan semangatkan perjuangan petani.walaupun perjalanan yang masih dari nol. Di saat perjualan ekonomi ini seperti menjual beras,bunga yang sudah panen . jika dirasakan dengan harga yang sangat murah walaupun sudah berjuang hasil berkebun selama petani.jangan mengeluh kita harus semangat ,bangkit terus petani. Semoga apapun menghasilkan mengerjakan hasil panen selama petani tetap bangkit semangat terus walaupun masih selama pandemi ini.t terus walaupun masih selama pandemi ini.)
  • DRESTA ANYAR  + (mari menggunakan masker untuk menjalani kebiasaan baru agar terhindar dari virus dan polusi)
  • PENDIDIKAN SANE BECIK PUNIKI JAGI NGAWIT RING WARSA 2024 MANGDA PRASIDA NGLIMBAKANG DEMOGRAFI RING MASA DEPAN  + (om swastyastu, Disini saya ingin menjelasom swastyastu,</br></br>Disini saya ingin menjelaskan tentang edukasi sejak dini tentang pemilu 2024 untuk mencapai bonus demografi. Sebelum itu mari kami pahami apa itu pemilu dan demografi. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.</br>Secara singkat, tujuan pemilu adalah untuk menyeleksi para pemimpin pemerintahan baik eskekutif maupun legislatif. Serta untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, kuat dan memperoleh dukungan rakyat dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sesuai UUD 1945.</br>Demografi berasal dari kata demos yang berarti penduduk dan grafein yang berarti gambaran. Jadi demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk atau manusia terutama tentang kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk yang terjadi.</br>Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia harus dapat memanfaatkan dua peluang untuk dapat mencapai Indonesia Emas 2045. Dua peluang besar tersebut adalah bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an dan tingginya kepercayaan internasional terhadap Indonesia.</br>Pembelajaran demokrasi khususnya Pemilihan Umum (Pemilu) haruslah dimulai sejak dini. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU)</br>Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak. Sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman-penanaman nilai demokrasi ini biasanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi, misalnya melalui pembelajaran di kelas. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis, bertanggung jawab, serta menghargai sehingga diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.</br>Sebagaimana dari bonus demografi yang sudah mulai terbaca, bahwasanya dominasi pemuda di Indonesia sudah cukup banyak yang secara tidak langsung juga akan menandakan jika Pemilu 2024 nanti akan di dominasi oleh usia produktif</br>Maka, untuk meningkatkan partisipasi tersebut, generasi muda harus mendapatkan sebuah kepercayaan kembali dari pemerintah untuk menuntaskan segala tanggung jawab dan amanah dengan sebaik-baiknya dan menyadarkan bahwasanya partisipasi politik dari generasi muda sangat penting untuk arah gerak bangsa kedepan,” ujarnya.</br>Peran dari pesatnya perkembangan teknologi tentu sangat berpengaruh terhadap partisipasi pemilih muda. Salah satu pengaruhnya adalah arus informasi yang datang silih berganti. Pesatnya informasi tersebut, terutama melalui media-media kreatif yang saat ini digemari oleh kawula muda.</br>Kondisi tahun politik saat ini tentunya berbeda dengan 5 atau 10 tahun yang lalu, bahwasanya dinamika partisipasi anak muda kala itu masih sangat terpengaruh oleh ketokohan-tokohan yang dibangun secara kurang maksimal dan masih cenderung ketinggalan zaman jika diukur dengan masa kini. Tapi, kini semuanya sudah berubah dan menjadi sebuah hal yang semakin dinamis pada setiap pergerakannya, dimana salah satu pendorong utamanya saat ini adalah perkembangan teknologi informasi.sekian dari penjelsan saya, terimakasi dan maaf jika ada salah tulis. terimakasi dan maaf jika ada salah tulis.)
  • Edukasi ring para alit-alit sejak dini nenten wenten ring pemilu mangda mewujudkan bonus demografi ring warsa 2045.  + (om swastyastu, membahas sebuah aspek pentiom swastyastu, membahas sebuah aspek penting dalam membangun masa depan bangsa, yaitu edukasi sejak dini tentang pemilu. Edukasi ini memiliki peran besar dalam menciptakan bonus demografi yang bermakna pada tahun 2045. Dengan memberikan pemahaman sejak usia dini, kita membuka pintu menuju generasi yang paham akan hak dan kewajiban demokrasi.</br>Dalam memberikan edukasi sejak dini tentang pemilu, kita tidak hanya menyediakan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan kesadaran partisipatif. Anak-anak kita, sebagai penerus bangsa, perlu diberdayakan dengan pemahaman bahwa setiap suara mereka memiliki dampak besar dalam membentuk masa depan Indonesia. Edukasi ini adalah investasi jangka panjang untuk menghasilkan bonus demografi yang berkontribusi positif pada pembangunan negara kita.</br>Melalui pendekatan edukatif yang holistik, kita bisa menciptakan generasi yang paham akan nilai-nilai demokrasi, memiliki kritis berpikir, dan siap berpartisipasi dalam setiap proses pemilu. Dengan demikian, kita membentuk bonus demografi bukan hanya dari segi jumlah, tetapi lebih penting lagi, dari segi kualitas warga negara yang paham dan menghargai demokrasi. Mari bersama-sama berkomitmen untuk menyebarkan edukasi pemilu sejak dini, agar bonus demografi pada tahun 2045 menjadi sumber kekuatan bagi kemajuan bangsa Indonesia. Terima kasih.i kemajuan bangsa Indonesia. Terima kasih.)
  • violate traffic signs  + (pada hari senin disaat saya pulang sekolah, saya melihat ada banyak yg melanggar lampu merah, saya harap pemerintah lebih mengetatkan aturannya supaya tidak terjadi kecelakaan)
  • learning during pandemic  + (pembelajaran selama pandemi memiliki dua sisi yaitu sisi negatif dan positif. sisi positifnya yaitu kita bisa belajar tentang teknologi, sedangkan sisi negatifnya yaitu pada masalah jaringan dll.)
  • The government has a huge influence on the country  + (pemerintah memiliki pengaruh yang sangat bpemerintah memiliki pengaruh yang sangat besar kepada negara. utamanya kepada masyarakat agar pemerintah bisa peduli dengan keadaan yang ada dinegaranya. pemilu yang akan datang ini adalah tempat untuk mencari kepercayaan masyarakat agar bisa terpilih menjadi presiden. dengan demikian besar peran kebijakan yang akan dikeluarkan serta banyaknya harapan masyarakat. keadaan ini patut kita pakai sebagai dasar agar tidak salah pilih. kita juga patut mengetahui siapa saja yang peduli kepada masyarakat khusunya penyandang disabilitas. sejak dahulu hingga sekarang masih banyak yang tidak peduli kepada penyandang disabilitas. bukanya ingin selalu diutamakan, namun hanya diberikan tempat yang baik sudah sangat berguna. jika mampu di tingkatkan lagi, agat bisa dibuatkan sarana dan prasarana yang bisa membantu penyandang disabilitas. meningkatkan </br>kemampuan tenaga ahli atau khusus pendidik dan pelatih disabilitas. serta mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan SDM penyandang disabilitas dan menngambangkan kemampuan penyandang disabilitas tersebut pada dunia kerjadang disabilitas tersebut pada dunia kerja)
  • Tolerance of religious differences  + (pendapat kita mengenai vidio diatas, patutpendapat kita mengenai vidio diatas, patut untuk dicontoh dan diterapkan dikehidupan sehari-hari. contohnya saya yang beragama hindu mengingat beberapa teman saya yang beragama islam, dan pada saat itu mereka sedang menunaikan ibadah puasa. ketika terdengar suara adzan maghrib yang menandakanwaktunya berbuka puasa dihari pertama, seketika saya mengeluarkan handphone lalu membuka aplikasi whatsapp dan mencari beberapa nama mereka. satu persatu saya mengetik kalimat "selamat berbuka puasa sintia" tak lupa juga emoticon senyum dan peluk diakhir pesan. dengan cepat dia membalas pesan tadi, mengungkapkan rasa bahagianya mereka mendapat ucapan selamat berbuka puasa dari sahabatnya yang berbeda keyakinan.sa dari sahabatnya yang berbeda keyakinan.)
  • Bali Beloved  + (pulauku tercinta dan terkasih, Bali. Engkapulauku tercinta dan terkasih, Bali. Engkau adalah pulau yang penuh dengan gemerlap cahaya kesenian, kesenian sudah mendarah daging dengan pulau ini, tanpa adanya seni pulau ini rasanya tak hidup. Rasa bangga menumpuk dalam diriku, semakin berjalannya hari rasa itu semakin meluap-luap tak terbendung, rasa bangga terhadap seni yang diciptakan semakin buatku ingin melindunginya. Melindungi hal tersebut tak semudah membalikan telapak tangan, saya sebagai anak yang hidup besar di pulau bali ingin rasanya membuat pulau ini semakin bersinar dengan keindahan yang ada di dalamnya. Saya sangat mencintai seni mau itu berbentuk karya lukisan, gamelan, tarian dan sebagainya, diriku ini ingin melestarikan hal tersebut kepada anak cucu agar ciri khas pulau terkasih ini tak hilang lenyap begitu saja. Di era modern seperti sekarang masih banyak masyarakat pulau ini tak bersyukur dengan kesenian yang ada di pulau ini. Maka dari itu saya ingin menyadarkan mereka kalau kesenian di pulau ini sangat indah dan patut untuk dilindungi serta dijaga. Mulai dari memperkenalkan kepada mereka karya seni yang terdapat di Bali yakni tarian khas Bali, Tari legong, tari panji semirang dll. </br></br></br>      Banyaknya orang yang terjerumus westernisasi membuat pola pikir, serta gaya pakaian mereka berubah. Mereka menjadi tak mencintai pulau sendiri dan lebih memilih gaya yang ada di negara lain, hal tersebut bisa dibilang sebagai dampak negatif bagi kelestarian pulau ini. Dengan membuat edukasi serta membuat panggung penampilan karya seni khas Bali setidaknya bisa menyadarkan mereka bahwa pulau ini juga memiliki hal yang indah. Banyak turis yang berbondong-bondong ke Bali, mereka sangat menyukai bali dikarenakan karya seni, alam, serta budayanya sangat menarik untuk dilihat akan tetapi mengapa malah anak yang terlahir dari pulau ini tak bersyukur akan hal tersebut dan lebih memilih westernisasi? Dikarenakan mereka belum melihat atau sadar akan keindahan pulau ini. Jika bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan budaya yang ada di pulau ini, maka dari itu diperlukannya kesadaran diri untuk hal tersebut. Jika kita sebagai penerus karya yang ada di pulau ini malah terjerumus westernisasi maka habislah sudah, tak akan ada yang meneruskan keindahan, kebudayaan, serta kesenian yang ada di pulau ini.aan, serta kesenian yang ada di pulau ini.)
  • Literature Melestarikan pantai yang ada dibali  + (saya lahir dibali sudah 16 tahun, sampe sasaya lahir dibali sudah 16 tahun, sampe saya besar saya masih di Bali. semenjak saya tinggal dibali saya tau pantai yang asri dan bersih.pantai yang asri dan bersih adalah pantai matahari terbit , pantai Padang galak , pantai karang , dan pantai Sanur. kita sebaiknya menjaga kebersihan dan kelestarian pantai yang ada dibali harus dijaga dengan baik supaya tidak kotor . pada suatu hari saya dan temen saya pergi ke pantai dan saya melihat bule yang sedang memungut sampah di pantai, saya berfikir sejenak jika semua sampah di pantai kita ambil maka sampah yang ada di pantai bakal hilang dan pantai tersebut makin asri dan bersih .an pantai tersebut makin asri dan bersih .)
  • Literature kelakuan bule saat ini di Bali  + (saya pernah berkunjung pantai double six,tsaya pernah berkunjung pantai double six,terletak di canggu,didaerah sana banyak sekali turis yang menetap,banyak juga restoran mewah dan hotel hotel,di pantai double six banyak sekali turis nya sehingga membuat makanan yg dijual disana sangat lah mahal,dan para turis seperti wanita memakai pakaian yang terbuka,disaat saya pulang ditengah malam hari,banyak sekali turis asing yang mengendarai motor seperti nmax dengan ugal-ugalan dan tidak mematuhi aturan lalu lintas,itu sangat tidak patut untuk ditiru.dan banyak juga yang terjadi kecelakan di daerah sana.sekarang canggu dipenuhi oleh turis turis asing,sedikitnya budaya bali yang masih tersisa disana.apakah bali sekarang sudah tidak bisa terselamatkan dari adanya turis asing?isa terselamatkan dari adanya turis asing?)
  • Literature Bali Bebas Sampah  + (sepatutnya kita sadar dengan masalah sampasepatutnya kita sadar dengan masalah sampah yang semakin menyusahkan seperti sekarang .</br>Kira - kira semua orang membuat sampah ,ada yang dari rumah tangga ,ada yang dari usaha ,ada yang dari orang habis ada acara , sampai ada yang dadi sisa upacara .kita memang ngampang membuat apa - apa .jika dibandingkan dengan yang di bawah seperti sampah . cobak diliat TPA yang ada di angantiga ,sudah seperti gunung tumpukan sampahnya .petugas kebersihan juga kesulitan mengatasi sampah yang sudah seperti gunung itu.</br>Kalau boleh saya mintak ,kita bersama - sama ingat ,sadar mulai sekarang .yuk buat sampah lebih sedikit ,yang masih bisa di pakek, pake aja dulu, yang bisa diolah yuk olah bersama- sama .</br>Kalok sudah semua kenapa mager supaya besok lusa batu tidak menjadi pulau sampah.</br></br> * YUK JAGA BALI DARI SAMPAH ,LESTARIKAN HIDUP BERSIH *ALI DARI SAMPAH ,LESTARIKAN HIDUP BERSIH *)
  • Cagar Alam Bali  + (seperti yang kita ketahui Bali adalah tempseperti yang kita ketahui Bali adalah tempat wisata terkenal dimanca negara salah satunya pantai pantai diBali. </br></br>Pantai sangat diminati oleh wisatawan. Selain pantai gunung tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jadi bagaimana agar Gunung diBali lebih diminati oleh wisatawan yang datang keBali? </br></br>Banyak sekali gunung gunung dibali yang bisa dikunjungi selain pantai atau air terjun. Gunung sangat indah bila kita nikmati setiap perjalanannya. jadi untuk para wisatawan sangat di rekomendasikan untuk berwisata ke gunung. </br></br>Untuk permasalah disini, bagaiamana agar para wisatawan yang datang keBali agar lebih dominan berwisata ke Gunung?li agar lebih dominan berwisata ke Gunung?)
  • Ngaryanin Meja antuk Ekobricks  + (seperti yang kita ketahui bersama jumlah sseperti yang kita ketahui bersama jumlah sampah di Bali telah meningkat dari hari ke hari. Menurut detik.com Bali memproduksi sampah pelastik 829 ton perhari dan hanya 7%  yang di daur ulang. Maka dari itu kami melakukan inovasi untuk mengolah sampah pelastik menjadi ecobrik dan menyusunnya menjadi meja. Selain memiliki keuntungan untuk lingkungan sekitar hasil dari kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijual sehingga memiliki nilai ekonomis.k dijual sehingga memiliki nilai ekonomis.)
  • Unconditionally Perfect  + (seperti yang sudah diketahui bersama di Inseperti yang sudah diketahui bersama di Indonesia penyandang disabilitas harus menjadi fokus pemerintah,ntah dari kasus bullying dari lingkungan sekitar maupun kurang mampu nya penyandang disabilitas yang terkesan mendapat sanksi sosial dengan kesalahan yang tidak dilakukannya.Program “MANDANG DASA” (Mewujudkan Penyandang Disabilitas Tanpa Batasan) yaitu memiliki filosofi melihat angka sepuluh sebagai angka yang sempurna namun harus bisa berlaku untuk semua manusia. Program ini diharapkan bisa menyongsong sinergi pemerintah agar lebih terfokus kepada pendidikan dan lingkungan sekitar dari penyandang disabilitas. Kita semua sama, Kita semua bersaudara, Kita semua teman., Kita semua bersaudara, Kita semua teman.)
  • terjadi banjir  + (sering terjadi banjir saat hujan ,selokan sering tersumbat sampah plastik maupun de daunan dan ga ada respon dari warga sekitar untuk membersihkan)
  • Nyi Yaksi  + (sesosok manusia yang jahat bagaikan hantu sesosok manusia yang jahat bagaikan hantu pada malam hari. pengaruh negatif yang ingin memiliki kekuasaan bakan tergila-gila akan adanya kekuasaan. sifat tidak puas atas apa yang dimilikinya sekarang, hingga mengambil hak-hak orang lain tanpa memikirkannya akibatnya. dengan wajah yang menyeramkan tanpa mata, hidung, dan menggunakan empat tangan.ata, hidung, dan menggunakan empat tangan.)
  • Literature Ulun subak bukit jati bangli  + (sudah seperti itu, kena panyungsung pura bsudah seperti itu, kena panyungsung pura bukit jati yang juga aktif kurang lebih 776 orang. Warga yang aktif ini dari 4 keluruhan yaitu bebalang, desa tamanbali,bunutin dab demulih. dari mawon warga tidak pernah aktif dari semua subak keras kering dari bangli dari semua subak keras kering dari bangli)
  • Literature bukit jati bangli  + (sudah seperti itu, kena panyungsung pura bsudah seperti itu, kena panyungsung pura bukit jati yang juga aktif kurang lebih 776 orang. Warga yang aktif ini dari 4 keluruhan yaitu bebalang, desa tamanbali,bunutin dab demulih. dari mawon warga tidak pernah aktif dari semua subak keras kering dari bangli dari semua subak keras kering dari bangli)
  • about my learning activities during the pandemic  + (tentang kegiatan belajar saya selama pandemi)
  • Átmanà Shanti (Music Performance)  + (Átmanà Shanti adalah komposisi musik tari Átmanà Shanti adalah komposisi musik tari karya I Wayan Arya Bisma berasal dari Pujung Kelod, Sebatu, Gianyar yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Institute Seni Indonesia Denpasar. “Átmanà” berarti oleh pikiran dan “Shanti” berarti damai. Dalam konteks musik tari penyambutan, “Átmanà Shanti” diartikan sebagai ‘disambut oleh pikiran yang damai’. Ide utama garapan ini adalah sifat pikiran manusia yang selalu berubah-ubah seiring waktu yang tidak menentu. Ide ini lalu ditransformasikan dalam pengolahan patet lagu yang berubah-ubah (gending kecag kecog), serta ukuran lagu pada setiap bagian yang tidak menentu. </br></br>Komposisi musik ini menggunakan struktur Tri Angga, yaitu: Kawitan, Pengawak dan Pengecet, tetapi dalam setiap bagian dibagi menjadi beberapa sub bagian lagi. Pada setiap bagian terdapat sebuah gending penyalit atau peralihan yakni jalan atau jembatan untuk mencapai tujuan. </br></br>Struktur Komposisi Musik </br>1. Kawitan </br>a. Pengalian diawali dengan permainan istrumen riyong dan dilanjutkan dengan permaianan seluruh instrumen. Dengan memainkan beberapa jenis patet, seperti: Pengeter Agung, Sunaren dan Selendro Agung.</br>b. Pada bagian pepeson terdapat dua bagian, yaitu: bagian A dan bagian B, bagian ini dikomposisikan menjadi : A-A-Penyalit-B-B. Pada bagian A menggunakan patet Selendro Agung, dimana pola permainan instrument terompong seperti ngembat dan nyilih asih dipresentasikan pada instrument riyong. Lalu berlanjut ke bagian penyalit yang durasinya lumayan pendek, dengan menggunakan patet Sunaren, Tembung dan Pengeter Agung.</br>2. Penyalit, bagian ini merupakan bagian penghubung antara bagian kawitan dangan bagian pengawak. Menggunakan pola permainan kebyar, dengan patet Pengeter Agung dan pada bagian akhir terdapat modulasi ke patet Selendro Alit. </br>3. Pengawak, bagian ini merupakan penyederhanaan bentuk gending legod bawa yang ada pada gending pelegongan. Pada bagian ini menonjolakan permainan suling. Patet yang digunakan adalah Selendro Alit dan pada bagian akhir terdapat modulasi ke patet Sunaren.</br>4. Penyalit, bagian penyalit ini menjadi penghubung antara bagian pengawak dengan bagian pengecet. Pada bagian ini menggunakan bentuk gending pengetog, yang dikembangkan dengan hitungan yang tidak tetap. Bagian ini menggunakan patet Sunaren dan Pengeter Agung.</br>5. Pengecet, bagian ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : bagian A, B dan bagian pekaad. Dikomposisikan dengan pola A-penyalit-B-penyalit-A-peyalit-B-penyalit-pekaad. Pada bagian A mengadopsi pola permainan instrument nyong-nyong pada barungan Gamelan Selonding, dengan melodi yang sederhana dan menggunakan patet Pengeter Agung, lalu dilanjutkan dengan penyalit untuk menuju bagian B yang tetap menggunakan patet Pengeter Agung. Selanjutnya pada Bagian B, menonjolkan dinamika instrument gangsa dan kantilan. Instrument riyong, penyacah dan calung menghiasi dengan pola gending yang sama. Patet yang digunakan adalah patet Sunaren, lalu dilanjutkan dengan penyalit yang menggunkan patet Sunaren dan patet Tembung. Pada bagian akhir atau pekaad menggunakan pola permainan kebyar, dengan menggunakan patet Pengeter Agung dan Selendro Alit. Lalu pada bagian paling akhir lagu terdapat sedikit pola permainan kendang Leluangan.</br>Komposisi musik iringan tari penyambuatan ini ditabuhkan dalam gamelan Semarandana. Gamelan Semarandana merupakan kombinasi dari Gamelan Gong Kebyar dan Gamelan Semar Pagulingan, yang diciptakan oleh I Wayan Beratha pada tahun 1987. Penggunaan gamelan Semarandana dikarenakan barungan gamelan Semarandana memiliki cakupan nada dan oktaf yang lebih luas, sehingga memungkinkan untuk bisa berkreativitas lebih luas dan leluasa dalam mengolah lagu, seperti halnya pengolahan patet dan ukuran lagu. Terciptanya komposisi music tari “Átmanà Shanti” didukung oleh Sekaa Gong Remaja Sanggar Seni Çudamani dan Sekaa Suling Semeton Nika Manu.damani dan Sekaa Suling Semeton Nika Manu.)
  • Tari Kreasi Laku  + (“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah ya“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah yang menunjukkan permintaan. Ini juga menggambarkan aura ketersediaan. Ini adalah karya baru yang disusun sebagai tarian selamat datang yang mewujudkan gagasan perubahan. Gerakan-gerakan simultan mengikuti dan berangkat dari musik tersebut secara bersamaan, namun berbeda dengan tarian tradisional “penyambutan” yang cenderung kompak, dalam Lelaku, gerakan dinamis dan asimetris menjadi hal yang biasa. Ketika popularitas perjalanan menjadi normal, bagaimana perilaku manusia berubah? Bagaimana kita menyambut orang-orang yang mengganggu ruang kita? Apakah umat manusia berubah seiring dengan sumber daya apa yang tersedia? Jawabannya terletak pada penjajaran co-motion.bannya terletak pada penjajaran co-motion.)
  • Srengenge  + (“SRENGENGE” “SRENGENGE” </br> Dengung pagi diawali pada cahaya pertama dini hari</br>Menggeliat gelisah menyambut kala yang mulai berdetak</br>Duhai yang agung, dalam gerak mata cepat mencari</br></br>Jemari menerka mimpi yang tlah usai, menggugat ingatan yang kian palsu</br>Langkah jejak seberkas </br></br>Anggun membelah riak </br></br>Di antara terik, aku kembali mengingat masa kanak</br>Pekik jerit, lelah peluh keceriaan semata</br></br>Biarlah denting risau itu mengantarku penghujung senja</br>Merah emas Sang Mata Hari, jemputku kembali alam mimpiang Mata Hari, jemputku kembali alam mimpi)
  • Menang Magandong  + (“Selamat kepada saudara Cenk Tidak Pernah “Selamat kepada saudara Cenk Tidak Pernah Bercebok sudah menjadi juara dalam turnamen Kartu Ceki Nasional, dari Bapak Blong Berkepala Botak”. </br>Kamu pernah melihat baliho ucapan selamat seperti ini? Para pejabat berebut untuk memasang ucapan selamat kepada para atlet yang berhasil menjadi juara. Foto pejabatnya besar sekali, hampir mengisi setengah baliho, foto atlet yang menjadi juara sangatlah kecil juga buram. Bila saya boleh meminta kepada Bapak Ibu pejabat, jangan lagi membuat baliho seperti ini. Menghabiskan anggaran saja. Apabila benar bermaksud memberikan selamat, jangan memasang foto pribadi. Cukup memajang foto atlet yang menang saja. Bapk, Ibu kan tidak ikut bertanding. Kenapa berani sekali ikut digendong?ding. Kenapa berani sekali ikut digendong?)
  • Dragonfly  + (“Sihir adalah melihat keajaiban dalam seti“Sihir adalah melihat keajaiban dalam setiap hal kecil di alam, melihat betapa indahnya kunang-kunang dan betapa ajaibnya capung.”</br>― Ama H.Vanniarachchy</br>Fotografi karya ManButur Suantara yang mendalami fotografi Makro, khususnya hanya menggunakan cahaya alami di lingkungan alam tanpa pementasan.</br></br>Definisi kamus Fotografi Makro hanya mengambil gambar yang sangat dekat, lebih besar dari ukuran aslinya.</br></br>Fotografi makro adalah tentang menampilkan subjek yang lebih besar daripada aslinya — close-up ekstrim dari sesuatu yang kecil. Serangga full-frame dalam foto lima kali tujuh inci dan bidikan produk cornflake empat inci jauh di atas ukuran sebenarnya: keduanya adalah contoh fotografi makro. - keduanya adalah contoh fotografi makro. -)
  • Literature Pengalaman saya seorang disabilitas  + ("Dari umur 10 th saya tidak pernah ke pura"Dari umur 10 th saya tidak pernah ke pura di desa, aksesnya tidak ada dan tangga banyak.</br>Jika mau muspa orang-orang biasanya gini: ngapain ke pura ngentuk""in gen ke pura. </br></br>Dari umur boleh memilih saya juga belum pernah memilih, berapa kali ganti presiden saya belum pernah ikut tapi saya dapat kartunya. </br>Ketika keluar dari gang rumah, ceritanya saya akan memilih pernah ditanya begini, mau kemana kamu? Jangan ikut rame nanti kamu diem di mana? sesak dan ngentuk"" in gen!</br></br>Dari yang semangat 45 jadi tidak semangat lagi mendengar perkataan itu. </br>Mau marah gak bisa, mau maju juga gak bisa, jadi seperti ""Taluh apit batu""</br></br>Pengalaman saya, kalau pendidikan dari usia 5th saya tidak pernah sekolah. </br>Astungkara saya bisa baca tulis dan sekarang masih belajar. </br></br>Dulu TK kan belajar alfabet, saya belajar hanya melihat dari adik saya. </br>Awal saya bisa baca, saya baca surat kabar dan saya juga apal pancasila. </br></br>Umur 20 an saya masuk yayasan di Gianyar di sana saya ikut kejar paket A dan sudah dapat sertifikat, sekarang baru akan dimulai untuk ikut kejar paket B dan semuanya gratis bisa milih kelas online atau offline. </br></br>"Saya harapkan tahun depan ada pemiihan seandainya saat pemilihan ada petugas khusus yang jemput bola dan diajak nyoblos, saya sendiri cepat sedih jika diberikan perkataan tidak enak oleh orang-orang. </br>Mohon dijemput lah yang disabilitas kalau ada pemilu."ut lah yang disabilitas kalau ada pemilu.")
  • The Guardian  + ("Guardian II" adalah bagian dari rangkaian"Guardian II" adalah bagian dari rangkaian foto hitam putih ManButur Suantara menjelajah Air.</br></br>Ketika seseorang mendengar 'Air', pikiran kita langsung tertuju pada semua hal yang bersifat indrawi dan visual. Kami memikirkan warna biru dan kami mengasosiasikan perasaan 'basah'. Di sekitar kita, Air adalah lautan, danau, hujan, dan embun. Dalam perasaan, kita mungkin mengasosiasikan kesejukan, kebasahan, kehausan, dan dengan mengasosiasikan kekeringan. Dalam seri Air ManButur, yang paling menarik adalah bahwa asosiasi tersebut paling tidak menonjol.</br></br>Kami secara tidak sengaja dipandu untuk mengalami Air, dengan cara yang berbeda. Di sini, Air hadir, tetapi sebagai peran pendukung yang tenang. Kehadiran yang tidak berteriak. Namun, kehadirannya membawa kita ke tempat yang sangat berbeda. Di sini, Air telah menggabungkan bumi dan langit., Air telah menggabungkan bumi dan langit.)
  • "Infrastruktur jalan miwah penerangan sane rusak ring Bali"  + ("Infrastruktur Jalan Dan Penerangan Yang R"Infrastruktur Jalan Dan Penerangan Yang Rusak Di Bali"</br></br></br> Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pentingnya pengembangan infrastruktur jalan dan lampu di pulau indah ini Bali. Infrastruktur jalan yang baik adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dan pariwisata di Bali pengembangan umum jalan yang efisien dan aman menjadi suatu keharusan. Kami berkomitmen untuk merencanakan dan melaksanakan proyek jalan yang tidak hanya memperlancar arus transportasi tetapi juga memperhatikan kesejahteraan lingkungan. </br> Selain itu,pencahayaan jalan yang memadai merupakan langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga serta wisatawan. Dengan penerangan yang baik kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung. </br> Kita berbicara bukan hanya tentang jalan dan lampu, tetapi tentang pondasi kehidupan yang lebih baik. Infrastruktur yang kokoh mencerminkan komitmen kita terhadap kesejahteraan bersama. Pemerintah hendaknya memberikan perhatian serius terhadap masalah ini, agar setiap langkah kita dijalani dengan aman, nyaman dan penuh harapan. </br>Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata. Akhir kata saya ucapkan Terimakasih.kata. Akhir kata saya ucapkan Terimakasih.)
  • Literature Membuang sampah pada tempatnya.  + ("Jika saya menjadi pemimpin di daerah saya"Jika saya menjadi pemimpin di daerah saya … </br>Saya akan melakukan program kerja,salah satunya membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan adalah kebiasaan sebagian masyarakat yang tidak menyadari sejak dini bahwa membuang sampah sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan. </br>Orang membuang sampah begitu saja tanpa memperhatikan kebersihan maupun keindahan lingkungan. Akhirnya lingkungan pun menjadi kotor dan kurang nyaman. Membuang sampah sembarangan bisa merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mengakibatkan bencana banjir dan juga menimbulkan penyakit. </br>Nah,dengan melakukan program saya kita dapat melakukan menaggulangi sampah dengan cara</br>Antara lain ialah dengan :</br>1. memilah dan membuang sampah pada tempatnya. </br>2. Menghabiskan makanan sehingga tidak menyisakan sampah. </br>3. Membawa kantong belanja dan alat makan sendiri. </br>4. Mendaur ulang dan membuat kompos dari sampah."aur ulang dan membuat kompos dari sampah.")
  • traditional art  + ("Kesenian tradisional bali" Kesenian merup"Kesenian tradisional bali"</br>Kesenian merupakan hasil karya seni manusia yang mengungkapkan keindahan serta merupakan ekspresi jiwa dan budaya penciptanya.kesenian merupakan bagian dari budaya dan sarana yg digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia , keindahannya juga memiliki fungsi lain.</br></br>Kita harus menjaga kesenian bali supaya tidak punah dan kita harus melestarikannyatidak punah dan kita harus melestarikannya)
  • Aspirasi Widang Keuangan Warsa 1945 saking Ogoh-Ogoh Warsa 1941  + ("Kuwera Punia Karma, menjadi (bersifat sep"Kuwera Punia Karma, menjadi (bersifat seperti) dewa atau raksasa hanya ditentukan berdasarkan pemikiran dalam menggunakan keuangan"</br></br>Di masa tahun baru caka 1945 dengan harapan dapat meningkatkan perbuatan baik berkaitan dengan alokasi, namun yang ditemukan malah dugaan korupsi. Dimulai dari institusi pendidikan, hingga kepada kementrian.</br></br>Ayo bersama-sama sadar akan keuangan di masa tahun baru dan masa lapor pajak bulan ini. Pemerintah sadar akan janji dalam penggunaan anggaran menurut prinsip akuntabilitas. Masyarakat sadar dan tidak ragu melapor pajak berdasar integritas.ak ragu melapor pajak berdasar integritas.)
  • "Urati ring Luu Plastik Mangda Palemahan Asri"  + ("Om swastiastu " Kepada pembawa acara te"Om swastiastu "</br></br>Kepada pembawa acara terimakasih atas waktu yang di berikan kepada saya .Para juri yang saya hormati, para penonton yang saya banggakan dan peserta lomba orasi basa bali yang saya sayangi .Judul karya saya " Peduli dengan Sampah Plastik Supaya Lingkungan Bersih". Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sanghyang Widhi Wasa dapat berkumpul dalam keadaan sehat di hari ini.</br></br>Bumi yang sekarang banyak sekali masalah terhadap sampah plastik yang bisa mengakibatkan bahaya besar di bumi. Pada hadirin sekalian sampah plastik merupakan bahaya besar ketika kita tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan bisa memberi bencana di masa depan.</br></br>Lalu siapa yang akan ingat? Bukan hanya diri sendiri kita semua baik para siswa remaja orang tua semua yang hidup di bumi termasuk Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya, patut peduli dengan keberadaan sampah plastik itu ini merupakan perilaku yang meliputi para remaja sebagai pemeran utama.</br></br>Ingat, kerjaan para remaja tidak cuma berhias dan melakukan selfie di tempat yang Asri saja, tetapi sampah di depannya tidak ada yang memperhatikan itu menyebabkan bencana seperti longsor banjir polusi dan lainnya.</br></br>Supaya kita tidak terkena bahaya kitab patut membuang sampah ke tempat sampah, tidak boleh membuang sampah di lingkungan sekitar seperti sungai,jalan,got, serta lainnya. Ayo kita tidak membuang sampah sembarangan supaya lingkungan sekitar tetap asri dan lestari !. Kita patut saling gotong royong bersama pemerintah dan semua masyarakat agar terciptanya lingkungan yang bersih terbebas dari sampah plastik.</br></br>"Om Santhi,Santhi,Santhi Om"pah plastik. "Om Santhi,Santhi,Santhi Om")
  • "Education during the Covid-19 pandemic"  + ("Pendidikan di masa pandemi Covid - 19 Wa"Pendidikan di masa pandemi Covid - 19</br></br>Wabah global telah melanda dunia, begitu pula yg terjadi di Indonesia, sehingga program stay at home dilaksanakan sbg upaya menekan perluasan covid-19. Pada Universitas Terbuka, bulan Maret adalah awal semester tutorial masa registrasi 2020.1, baik tutorial online (tuton) maupun tutorial tatap muka (TTM). UT Semarang, sedang memasuki tutorial perdana pada mahasiswa yang mengambil modus pembelajaran TTM. Untuk menaati program pemerintah, modus pembelajaran dialihkan menjadi kelas virtual, agar mahasiswa tetap mendapatkan haknya memperoleh ilmu tetapi tetap aman dengan di rumah saja. Kelas TTM diganti menggunakan modus tuweb (tutorial webinar). Modus baru didapatkan mahasiswa sehingga mendorong penelitian ini dilakukan. Bagaimana kesiapan mahasiswa dengan pembaharuan modus belajar? Bagaimana penguasaan teknologi yang diperlukan mahasiswa dalam menyongsong pembelajarannya? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner. Populasi diambil dari 100 mahasiswa UT Semarang, pokjar Kabupaten Batang dari berbagai semester. Hasil dari penelitian menunjukkan 82% mahasiswa mendukung dan semakin semangat dalam menyiapkan teknologi untuk modus baru pembelajaran menggunakan tuweb. Saran dan masukan mahasiswa juga menjadikan evaluasi dalam pelayanan lebih prima pada UT maupun dunia pendidikan pada keadaan global yang sedang terkena wabah ini."aan global yang sedang terkena wabah ini.")
  • Literature "Jangan dah ke pura nanti sesak, kasian"  + ("Pengalaman saya jika ke pura akses tangga"Pengalaman saya jika ke pura akses tangga masih tinggi tidak ada pegangan dan itu sangat menyulitkan kami. </br>Terkadang juga dari orang-orang memberikan kami perkataan: jangan dah ke pura nanti sesak, kasian. </br>Kalau untuk Pemilu kita biasanya diantarkan ke tempat memilih. </br>Harapan saya khususnya untuk akses disabilitas mohon dibuatkan yang lebih bagus. Saya juga ingin agar program keterampilan menyulam dan menjahit kalau bisa diadakan lagi program untuk disabilitas yang belum punya pekerjaan. " disabilitas yang belum punya pekerjaan. ")
  • RASA TUNGGIL  + ("RASA TUNGGIL" artinya adalah persatuan yang dimana dalam toleransi seyogyanya harus saling harga menghargai satu sama lain, sehingga tattwam asi yang dalam konteks ini adalah esensi dari [ersatuan dapat tercapai.)
  • Literature Harapan saya tentang akses persembahyangan ke pura  + ("Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 ak"Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 akan ikut lomba mewakili Bali. </br>Pengalaman saya, dulu waktu saya kecil saat usia 6 tahun saya diajak ke sekolah dan pulangnya saya jalan kaki sampai saya tamat SD saja. </br>Saya punya pengalaman saat ikut Yayasan Senang Hati di Siangan, di sana saya mendapat banyak pengalaman sampai bisa jadi atlet dari 2006.</br>Kalau ke pura di Batuluban saya dibantu suami dan memang di sana belum ada akses untuk disabilitas.</br>Kalau Tulikup (asal ibu ini) sama tidak ada akses juga tapi saya tetap dibantu suami dan keluarga saya. </br></br>"Harapan saya agar pemimpin yang terpilih pada pemilu tahun depan, semua pura-pura memiliki akses yang baik untuk disabilitas."miliki akses yang baik untuk disabilitas.")
  • SARANATAMANTRA tabik pakulun  + ("sarana sarat akan makna. Dalam Simbol ben"sarana sarat akan makna. Dalam Simbol benih Aksara lya menata inti Mantra Yg menghidupkan Dunia "</br>Setiap sarana upacara selalu sarat makna. Laksana cahaya yg menerangi kehidupan bagi manusia yg berBudaya yg menuntunnya untuk selaras pada Alam semesta.</br>Hidup tak lepas dari dua hal yg berbeda namun berpasangan (Rwa Bhineda) yg disimbolkan Arak - Berem yg lahir melalui dua perjalanan berbeda</br>"Penyucian"dan "Pemurtian". Dan Ketika disebut Aksara Mantra memang tak semua wenang mengucapnya,</br>Sebab itulah Mantra hadir lewat sarana yg disebut jalan menata mantra. Menghadirkan Mantra walau tidak</br>diucapkan.</br>Akulah "Dwi Aksara "yg tak tertebak hanya dengan melihat dari spektrum warna yg tertangkap retina,Bila saat penyatuanku terjadi, memang tak satupun manusia dapat mengukur kedalaman bahkan keadaannya.apat mengukur kedalaman bahkan keadaannya.)
  • Lost Signal  + ('Lost Signal' adalah bagian dari Photograp'Lost Signal' adalah bagian dari Photography Series dengan nama yang sama oleh Dewi Dian Reich. Penulis, artis, dan fotografer.</br>"Kakek saya berbicara dan berjalan di jalan-jalan ini. Dia biasa memegang tangan saya,</br>Kakek saya awet muda, visinya tajam dan kebijaksanaannya dalam,</br>Di mana taman bermain kita? Kenapa dia tersandung?</br>Apakah mataku yang lengah terhadap paku dan pecahan kaca yang akan melukai kakinya? Atau telingaku yang meredam suaranya?</br>Apakah Anda tidak tahu ada paku tajam dan pecahan kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?)
  • Melodious Urban  + ('Melodious Urban' merupakan karya baru Man'Melodious Urban' merupakan karya baru ManButur Suantara menanggapi tema pameran Sawidji Gallery yang bertemakan 'Dunia Tanpa Suara'.</br></br>Apakah kita menganggap kebisingan sebagai gangguan? Apakah tenang berarti damai?</br></br>Menangkap hiruk pikuk Jalan Gajah Mada Denpasar, gambar dibuat dengan teknik multiple exposure. Dengan kombinasi 9 gambar menjadi satu gambar tunggal. Lalu ada 25 gambar ini yang masing-masing terdiri dari 9 gambar.</br>Bagi sebagian orang yang tinggal di jalan yang sibuk ini, kebisingan itu biasa bagi mereka. Untuk melihat knalpot mobil dan motor yang keras dan klakson dari lalu lintas 24 jam sehari. Namun, ketika saya bertanya kepada beberapa orang yang tinggal di sana, mereka tidak mengatakan berisik. mereka bilang itu normal.</br>Sepertinya mereka dikondisikan dengan lingkungan dan berhubungan baik dengan kebisingan. Dengan membuat gambar ini saya mencoba melihat dunia terbalik. Berada dalam aktivitas ini dan berhubungan dengan keheningan dan ketenangan yang tampaknya ditemukan beberapa orang di sana.ampaknya ditemukan beberapa orang di sana.)
  • Silent Wings  + ('Silent Wings' adalah karya pahatan senima'Silent Wings' adalah karya pahatan seniman kontemporer Putu 'Bonuz' Sudiana yang diiringi syair puisi. Kolaborasi fotografi dengan Dewi Dian Reich Sawidji Gallery. Karya seni adalah bagian dari grup Antologi 'Dunia Tanpa Suara' di Galeri Sawidji April 2023.</br>"Sayap diam terbang menembus kegelapan malam... merangkai himne di muka bulan bersama dengan keheningan.."di muka bulan bersama dengan keheningan..")
  • Condong and Inclination  + ('Tari adalah seni dari dulu yang melekat p'Tari adalah seni dari dulu yang melekat pada jiwa kreatif Bali. Salah satu dari banyak bentuk ibadah yang dipersembahkan umatnya kepada Sang Pencipta. Ini adalah kesamaan yang kita miliki dengan banyak budaya di seluruh dunia. Bentuk-bentuk tarian tradisional adalah manifestasi kreativitas manusia yang wajar dan mungkin tak terhindarkan. Dimodelkan dan ditempa untuk mewujudkan pemikiran dan filosofi kami.'</br></br>Melihat warisan yang kaya dalam tarian tradisional Bali sambil membahas dampak yang disebabkan oleh khalayak komersial. Menulis artikel adalah satu bagian, tetapi tidak akan mungkin tanpa kontribusi sepenuh hati dari mereka yang memberikan sepenuhnya kolaborasi untuk jenis proyek ini. Sri Apriani berbagi pengalamannya dan mementaskan Tari Condong di Sanggar Sawidji sekaligus menjadi muse rangkaian potret Dewi Dian Reich Menjelajahi wajah-wajah di balik tarian.h Menjelajahi wajah-wajah di balik tarian.)
  • Carcan Kadengan  + (1. Cipta Kukila Tahi lalat di leher, diyak1. Cipta Kukila</br>Tahi lalat di leher, diyakini pemiliknya suka minta-minta</br></br>2. Buditama </br>Tahi lalat di telapak tangan, pertanda orang itu pintar memberikan nasihat</br></br>3. Guna Santi </br>Tahi lalat pada bibir/mulut bagian atas, pertanda pemiliknya pintar dan murah sandang pangan</br></br>4. Kajen </br>Tahi lalat di alis bagian kanan, diyakini pemiliknya senang menolong dan berbudi luhur</br></br>5. Tuju Sih </br>Orang yg bertahi lalat di pipi akan disenangi banyak orang dan sering kesurupan</br></br>6. Unggul </br>Orang yg bertahi lalat di jari-jari akan selalu bermaksud baik</br></br>7. Werdhatama </br>Orang yg bertahi lalat di dahinya biasanya suka berterus terang dan periang</br></br>8. Durga Murti/Melik Ceciren</br>Apabila tahi lalat ada di organ pribadi seseorang. Itu adalah ciri melik (memiliki energi spiritual).ah ciri melik (memiliki energi spiritual).)
  • Konservasi Lembu Putih Desa Taro  + (1. Pelestarian Lembu Putih, 2. Perlindungan dan Konservasi Hutan Adat Taro, 3. Perlindungan Situs Sejarah Pura Agung Gunung Raung, 4. Pengembangan tanaman langka, usada (herbal) dan tanaman upakara,)
  • Burung Camar dan Kokokan  + (3 bahasa: Inggris, Basa Bali, Bahasa Indon3 bahasa: Inggris, Basa Bali, Bahasa Indonesia.</br></br>Anggota team Serial Bali Bersih, penulis Maggie Dunkle dan ilustrator Margiyono telah menciptakan buku kedua dari serial tiga buku anak-anak tentang lingkungan. Buku cerita bergambar ini merupakan kelanjutan cerita dari buku pertama, dimana Burung Camar meneruskan perjalanannya dari pantai dan berjumpa dengan Kokokan dan Pekakak dalam petualangannya. Bertiga mereka menemukan masalah lingkungan lain yang dihadapi anak-anak dan binatang di kota dan desa-desa sekitarnya. Pembaca juga dikenalkan kepada Pemulung, dalam rangka untuk menjelaskan peranan mereka yang sederhana tetapi sangat penting di dalam proses pengumpulan barang bekas, sampah dan daur ulang di Bali.rang bekas, sampah dan daur ulang di Bali.)
  • Preserving Culture  + (3 bulan yang lalu saya sudah melaksanakan 3 bulan yang lalu saya sudah melaksanakan P5 yang bertema "Kearifan Lokal" semua siswa diajarkan mengenal budaya, yang ada dan harus melestarikan budaya tersebut. Di akhir kegiatan saya dan semua teman teman diharuskan diharuskan untuk menampilkan sebuat pertunjukan. Nah Saya dan kelempok menemukan sebuah cerita di Desa Depeha ada tradisi "Nampah Batu" atau "Menyemblih Batu", dari cerita tersebut saya dan teman teman mulai membuat sebuah tarian. Nampah Batu biasanya dilakukan oleh pengantin yang baru menikah, tradisi ini akan terus dilaksanakan untuk melestarikannya. Selanjutnya kita harus melestarikan budaya dan tradisi untuk masa depan bangsa kita. dan tradisi untuk masa depan bangsa kita.)
  • Preserving Culture  + (3 bulan yang lalu saya sudah melaksanakan 3 bulan yang lalu saya sudah melaksanakan P5 yang bertema "Kearifan Lokal" semua siswa diajarkan mengenal budaya, yang ada dan harus melestarikan budaya tersebut. Di akhir kegiatan saya dan semua teman teman diharuskan diharuskan untuk menampilkan sebuat pertunjukan. Nah Saya dan kelempok menemukan sebuah cerita di Desa Depeha ada tradisi "Nampah Batu" atau "Menyemblih Batu", dari cerita tersebut saya dan teman teman mulai membuat sebuah tarian. Nampah Batu biasanya dilakukan oleh pengantin yang baru menikah, tradisi ini akan terus dilaksanakan untuk melestarikannya. Selanjutnya kita harus melestarikan budaya dan tradisi untuk masa depan bangsa kita. dan tradisi untuk masa depan bangsa kita.)
  • Reboisasi  + (A: Kak Mang, Apa yang sedang dikerjakan orang itu?? B: Itu namanya reboisasi atau penanaman pohon kembali. A: Itu biar bagaimana? B: Agar kita semua bisa menjaga dan melestarikan alam. Kalau kita baik pada alam, pasti hidup kita bahagia.)
  • Palemahan  + (A: Tidakkah malu memungut sampah di depan A: Tidakkah malu memungut sampah di depan umum, Tut?! Sudah ada petugas bersih-bersih yang mengambil pekerjaan itu. Persedikitkan mengambil pekerjaan lebih, bagaimana?!!</br></br></br>B: Kakak yang sebenarnya yang malu. Mengapa kita yang punya wilayah tidak peduli dengan lingkungan sendiri. Itu turis yang berasal dari tempat lain bisa peduli. Besok lusa kita lalu membicarakan Tri Hita Karana (tiga penyebab kebahagiaan: hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan lingkungan). Wah, itu namanya bersikap lemah, Kak.an). Wah, itu namanya bersikap lemah, Kak.)
  • Naga  + (A: Ya ampun, Naga Banda (wujud naga pada upacara pembakaran mayat sebagai lambang bahwa manusia di dunia diikat oleh hawa nafsu duniawi). Tertulis: Raja Naga sudah biasa.)
  • -  + (AIR TERCEMAR Kemarin sore saya sempat melAIR TERCEMAR</br></br>Kemarin sore saya sempat melewati jembatan,tapi di jembatan itu banyak sekali sampahnya,ada sampah pempes,plastik dan yang lainnya.kenapa katanya masyarakat membuang sampah sembarangan? Tidak kasihan air jembatannya? Seharusnya masyarakat yang lainnya harus sadar akan kebersihan air.Besok dikala air mati pasti kita mengambil air di jembatan buat nyuci baju,masyarakat harus sadar dari sekarang tentang pengolahan sampah yang ada di desa masing masing,apa gunanya pengolahan sampah? Biar kita tau tata cara membuang sampah yang benar.membuang sampah di jembatan bisa berdampak banyak sekali hewan yang ada di di jembatan akan meninggal dan jembatannya tidak enak dilihat</br>Ayo bersama sama lestarikan air di desa masing masiha sama lestarikan air di desa masing masih)