UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Pandemi COVID - 19 telah berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan langkah dan framework yang tepat yang memungkinkan persebaran dan fatalitas dari kasus persebaran COVID - 19 dapat ditekan secepat dan seminimal mungkin, sehingga dampak lanjutan terhadap ekonomi sosial dapat ditekan. Penelitian didasarkan pada data sekunder terpublis yang dikumpulkan dari hasil observasi yang diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari struktur kependudukan dan ketenagakerjaan Bali memiliki potensi tinggi untuk persebaran pandemi COVID-19 disebabkan karena tingkat mobilitas penduduk yang tinggi, baik antar wilayah di dalam negeri, maupun antar negara, kedua struktur penduduk Bali yang sudah tergolong tua sangat potensial mempercepat potensi tingginya case fatality rate dari pandemi. Berdasarkan hasil studi tersebut direkomendasikan untuk memperketat kemungkinan penyebaran melalui rapid test pertama dan kedua menyangkut sebanyak-banyaknya penduduk yang berpotensi sebagai carrier penyebaran COVID19, baik melalui transmisi lokal maupun imported case.". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Kadek dan Pacah  + (suatu hari, langit sedang keadaan bersedihsuatu hari, langit sedang keadaan bersedih. beberapa petani nampak mendekati Balai Subak. "Bih, abanjar ajake ngalap pacah wih", teriakan Pak Kepala Subak kepada keluarga Kadek. mendengar teriakan itu Kadek lebih bersemangat memanen bunga pacah. hujan seakan akan berlomba dengan semangat Kadek. sekarang Kadek lebih sering membantu orang tuanya bekerja di sawah. sebelumnya, setiap hari Kadek berkegiatan di sekolah di Denpasar. Pandemi ini seperti bencana, sudah banyak mengambil korban serta membatasi kegiatan dan pekerjaan. tetapi masa ini menyempatkan Kadek berkumpul dengan keluarganya di sawah. beberapa tumbuhan pacah sudah terjatuh akibat terkena guyuran hujan. tetapi hujan tidak bisa mengguyur semangat Kadek dan kehangatan pagi ituyur semangat Kadek dan kehangatan pagi itu)
  • Literature Ulun subak bukit jati bangli  + (sudah seperti itu, kena panyungsung pura bsudah seperti itu, kena panyungsung pura bukit jati yang juga aktif kurang lebih 776 orang. Warga yang aktif ini dari 4 keluruhan yaitu bebalang, desa tamanbali,bunutin dab demulih. dari mawon warga tidak pernah aktif dari semua subak keras kering dari bangli dari semua subak keras kering dari bangli)
  • Literature bukit jati bangli  + (sudah seperti itu, kena panyungsung pura bsudah seperti itu, kena panyungsung pura bukit jati yang juga aktif kurang lebih 776 orang. Warga yang aktif ini dari 4 keluruhan yaitu bebalang, desa tamanbali,bunutin dab demulih. dari mawon warga tidak pernah aktif dari semua subak keras kering dari bangli dari semua subak keras kering dari bangli)
  • cakil nih  + (swastyastu perkenalkan nama saya I Putu Raswastyastu perkenalkan nama saya I Putu Raditya Rimba Cavalera biasa di panggil Cakil waktu acara tujuh belasan saya gada acara dimanapun soalnya gada yang tak ajak buat acara, jadi acara tujuh belasan saya cuma upacara bendera aja habis itu pulang, dah kanggoin segitu aja males buat caption panjang panjang.</br></br>kalo ada acara tujuh belasan yang bisa dapetin kamu kasi tau aku yaaan yang bisa dapetin kamu kasi tau aku yaa)
  • Luu Ngusak Segara Kuta  + (tema: sampah pengertian sampah dampak sampah cara mengatasi)
  • "Ajian Ki Cambra Berag"  + (teman jika melihat anjing kurus merasa jijteman jika melihat anjing kurus merasa jijik? di Bali konon ada ajian cambra berag, itu merupakan ajian pangleakan yang tinggi, bisa mengubah dirinya menjadi anjing kurus tubuhnya semua terluka busuk di lehernya. </br>Ogoh-ogoh ini mengingatkan kita agar tidak mengurusi hidup orang lain menyiksa binatang khususnya anjing Bali. </br>Pemerintah sepatutnnya peduli menjaga dan tegas kepada orang yang membunuh, meracuni anjing, perutnya lapar, sakit, dan disiksa. Di tengah kurangnya pemahaman, dan hukum mengenai tindakan yang tidak benar kepada binatang. Supaya anjing itu tidak punah dan membangkitkan hubungan harmonis manusia dengan alam, seperti konsep Tri Hita Karana.ngan alam, seperti konsep Tri Hita Karana.)
  • about my learning activities during the pandemic  + (tentang kegiatan belajar saya selama pandemi)
  • Literature kerusakan jalan di pantai balangan  + (terlihat di gambar, saat saya jalan jalan ke pantai balangan, terlihat jalan menuju pantainya banyak yang rusak)
  • Test art 1  + (test3)
  • leadership  + (video yang saya buat sendiri yang berisi tentang pembahasan kepemimpinan atau pemimpin serta video harapan saya untuk calon pemilu di 2024 nanti)
  • Sampah banyak di pantai  + (waktu hari minggu, saya melihat di dekat pwaktu hari minggu, saya melihat di dekat pantai ada banyak sekali sampah plastik dan dedaunan. saya dan teman saya sampai tidak bisa duduk. Karena sampah yang banyak, berbau busuk, yang membuat kita tidak betah disana. Lalu saya dan teman saya, mencoba untuk memungut sampah yg bisa di pungut. Harapan saya, semoga pemerintah mau memberikan arahan pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangankat agar tidak membuang sampah sembarangan)
  • Sampah di pantai  + (waktu hari minggu, saya melihat di dekat pwaktu hari minggu, saya melihat di dekat pantai ada banyak sekali sampah plastik dan dedaunan. saya dan teman saya sampai tidak bisa duduk. Karena sampah yang banyak, berbau busuk, yang membuat kita tidak betah disana. Lalu saya dan teman saya, mencoba untuk memungut sampah yg bisa di pungut. Harapan saya, semoga pemerintah mau memberikan arahan pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangankat agar tidak membuang sampah sembarangan)
  • Banjir bandang  + (waktu hari minggu, saya melihat di dekat pwaktu hari minggu, saya melihat di dekat pantai ada banyak sekali sampah plastik dan dedaunan. saya dan teman saya sampai tidak bisa duduk. Karena sampah yang banyak, berbau busuk, yang membuat kita tidak betah disana. Lalu saya dan teman saya, mencoba untuk memungut sampah yg bisa di pungut. Harapan saya, semoga pemerintah mau memberikan arahan pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangankat agar tidak membuang sampah sembarangan)
  • Jalan jalan ke pantai melihat banyak sampah  + (waktu hari minggu, saya melihat di dekat pwaktu hari minggu, saya melihat di dekat pantai ada banyak sekali sampah plastik dan dedaunan. saya dan teman saya sampai tidak bisa duduk. Karena sampah yang banyak, berbau busuk, yang membuat kita tidak betah disana. Lalu saya dan teman saya, mencoba untuk memungut sampah yg bisa di pungut. Harapan saya, semoga pemerintah mau memberikan arahan pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangankat agar tidak membuang sampah sembarangan)
  • flooded streets  + (waktu itu saya ingin kerja kelompok bersamwaktu itu saya ingin kerja kelompok bersama temen teman saya, hari itu sedang hujan lalu saya melewati jalan di monang maning tepatnya di depan smp negeri 7 denpasar di sana ternyata sedang terjadi banjir yang lumayan tinggi banjir itu terjadi karena banyaknya tumpukan sampah yang berada di dalam selokanmpukan sampah yang berada di dalam selokan)
  • Literature zaman era digital bali  + (zaman skrng harus bisa bersaing dengan digital hanya dengan hp skrng bisa menghasilkan uang untuk itu mengapa digital sangat layak untuk dikembangkan di bali)
  • Literature bali era digital  + (zaman skrng harus bisa bersaing dengan digital hanya dengan hp skrng bisa menghasilkan uang untuk itu mengapa digital sangat layak untuk dikembangkan di bali)
  • Literature Hal yang wajib dilakukan jika ada pengungsi datang  + (   Seperti yang kita ketahui, saat ini ter   Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat konflik yang terjadi di antara negara Ukraina dan Rusia. Alasan Rusia menyerang negara Ukraina adalah karena pemimpin terkini negara tetangganya lebih dekat ke Barat dan ingin menjadi bagian Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. </br></br>   Invasi Rusia ke Ukraina merupakan serangan ilegal yang terburuk sejak Perang Dunia II. Invasi ini jelas melanggar Piagam PBB yang melarang "penggunaan kekuatan terhadap integritas wilayah atau kemerdekaan politik mana pun". </br></br>   Invasi ini jelas mengancam keamanan warga Ukraina. Warga Ukraina banyak yang memilih untuk mengungsi ke negara lain demi keselamatan mereka. </br></br>    Sesama manusia kita harus saling membantu. Hal yang harus kita lakukan jika ada pengungsi datang ke wilayah kita adalah menanyakan seputar hal tentang pengungsi tersebut. Seperti biodata mereka dan alasan mereka mengungsi ke wilayah kita dan kita juga bisa menyumbang kan beberapa bahan pangan. </br></br>  Pengungsi pastinya membutuhkan tempat tinggal. Hal yang bisa kita lakukan adalah menanyakan izin kepada seluruh orang yang tinggal dirumah kita. Jika sudah diberikan izin dan pengungsi tersebut setuju untuk tinggal sementara waktu dirumah kita, barulah kita memberikan tempat tinggal senyaman mungkin. </br></br>    Sekian opini saya jika terdapat pengungsi yang datang ke rumah kita. Membantunya merupakan kewajiban kita sebagai manusia. merupakan kewajiban kita sebagai manusia.)
  • Átmanà Shanti (Music Performance)  + (Átmanà Shanti adalah komposisi musik tari Átmanà Shanti adalah komposisi musik tari karya I Wayan Arya Bisma berasal dari Pujung Kelod, Sebatu, Gianyar yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Institute Seni Indonesia Denpasar. “Átmanà” berarti oleh pikiran dan “Shanti” berarti damai. Dalam konteks musik tari penyambutan, “Átmanà Shanti” diartikan sebagai ‘disambut oleh pikiran yang damai’. Ide utama garapan ini adalah sifat pikiran manusia yang selalu berubah-ubah seiring waktu yang tidak menentu. Ide ini lalu ditransformasikan dalam pengolahan patet lagu yang berubah-ubah (gending kecag kecog), serta ukuran lagu pada setiap bagian yang tidak menentu. </br></br>Komposisi musik ini menggunakan struktur Tri Angga, yaitu: Kawitan, Pengawak dan Pengecet, tetapi dalam setiap bagian dibagi menjadi beberapa sub bagian lagi. Pada setiap bagian terdapat sebuah gending penyalit atau peralihan yakni jalan atau jembatan untuk mencapai tujuan. </br></br>Struktur Komposisi Musik </br>1. Kawitan </br>a. Pengalian diawali dengan permainan istrumen riyong dan dilanjutkan dengan permaianan seluruh instrumen. Dengan memainkan beberapa jenis patet, seperti: Pengeter Agung, Sunaren dan Selendro Agung.</br>b. Pada bagian pepeson terdapat dua bagian, yaitu: bagian A dan bagian B, bagian ini dikomposisikan menjadi : A-A-Penyalit-B-B. Pada bagian A menggunakan patet Selendro Agung, dimana pola permainan instrument terompong seperti ngembat dan nyilih asih dipresentasikan pada instrument riyong. Lalu berlanjut ke bagian penyalit yang durasinya lumayan pendek, dengan menggunakan patet Sunaren, Tembung dan Pengeter Agung.</br>2. Penyalit, bagian ini merupakan bagian penghubung antara bagian kawitan dangan bagian pengawak. Menggunakan pola permainan kebyar, dengan patet Pengeter Agung dan pada bagian akhir terdapat modulasi ke patet Selendro Alit. </br>3. Pengawak, bagian ini merupakan penyederhanaan bentuk gending legod bawa yang ada pada gending pelegongan. Pada bagian ini menonjolakan permainan suling. Patet yang digunakan adalah Selendro Alit dan pada bagian akhir terdapat modulasi ke patet Sunaren.</br>4. Penyalit, bagian penyalit ini menjadi penghubung antara bagian pengawak dengan bagian pengecet. Pada bagian ini menggunakan bentuk gending pengetog, yang dikembangkan dengan hitungan yang tidak tetap. Bagian ini menggunakan patet Sunaren dan Pengeter Agung.</br>5. Pengecet, bagian ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : bagian A, B dan bagian pekaad. Dikomposisikan dengan pola A-penyalit-B-penyalit-A-peyalit-B-penyalit-pekaad. Pada bagian A mengadopsi pola permainan instrument nyong-nyong pada barungan Gamelan Selonding, dengan melodi yang sederhana dan menggunakan patet Pengeter Agung, lalu dilanjutkan dengan penyalit untuk menuju bagian B yang tetap menggunakan patet Pengeter Agung. Selanjutnya pada Bagian B, menonjolkan dinamika instrument gangsa dan kantilan. Instrument riyong, penyacah dan calung menghiasi dengan pola gending yang sama. Patet yang digunakan adalah patet Sunaren, lalu dilanjutkan dengan penyalit yang menggunkan patet Sunaren dan patet Tembung. Pada bagian akhir atau pekaad menggunakan pola permainan kebyar, dengan menggunakan patet Pengeter Agung dan Selendro Alit. Lalu pada bagian paling akhir lagu terdapat sedikit pola permainan kendang Leluangan.</br>Komposisi musik iringan tari penyambuatan ini ditabuhkan dalam gamelan Semarandana. Gamelan Semarandana merupakan kombinasi dari Gamelan Gong Kebyar dan Gamelan Semar Pagulingan, yang diciptakan oleh I Wayan Beratha pada tahun 1987. Penggunaan gamelan Semarandana dikarenakan barungan gamelan Semarandana memiliki cakupan nada dan oktaf yang lebih luas, sehingga memungkinkan untuk bisa berkreativitas lebih luas dan leluasa dalam mengolah lagu, seperti halnya pengolahan patet dan ukuran lagu. Terciptanya komposisi music tari “Átmanà Shanti” didukung oleh Sekaa Gong Remaja Sanggar Seni Çudamani dan Sekaa Suling Semeton Nika Manu.damani dan Sekaa Suling Semeton Nika Manu.)
  • Literature OPINI SAYA TENTANG PENGUNGSI UKRAINA  + (“ Bagaimana sikap dan tanggung jawabmu jik“ Bagaimana sikap dan tanggung jawabmu jika ada pengungsi datang ke tempatmu karena konflik seperti yang terjadi di Ukraina? “</br></br>Jadi pendapat saya mengenai para pengungsi yang terkena dampak dari konflik Ukraina dan Rusia adalah saya merasa simapti, Karena dampak yang disebabkan sangatlah merugikan bagi para pengungsi baik dari berbagai faktor. para pengungsi baik dari berbagai faktor.)
  • Tari Kreasi Laku  + (“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah ya“Laku”: perilaku aktif seseorang; arah yang menunjukkan permintaan. Ini juga menggambarkan aura ketersediaan. Ini adalah karya baru yang disusun sebagai tarian selamat datang yang mewujudkan gagasan perubahan. Gerakan-gerakan simultan mengikuti dan berangkat dari musik tersebut secara bersamaan, namun berbeda dengan tarian tradisional “penyambutan” yang cenderung kompak, dalam Lelaku, gerakan dinamis dan asimetris menjadi hal yang biasa. Ketika popularitas perjalanan menjadi normal, bagaimana perilaku manusia berubah? Bagaimana kita menyambut orang-orang yang mengganggu ruang kita? Apakah umat manusia berubah seiring dengan sumber daya apa yang tersedia? Jawabannya terletak pada penjajaran co-motion.bannya terletak pada penjajaran co-motion.)
  • Srengenge  + (“SRENGENGE” “SRENGENGE” </br> Dengung pagi diawali pada cahaya pertama dini hari</br>Menggeliat gelisah menyambut kala yang mulai berdetak</br>Duhai yang agung, dalam gerak mata cepat mencari</br></br>Jemari menerka mimpi yang tlah usai, menggugat ingatan yang kian palsu</br>Langkah jejak seberkas </br></br>Anggun membelah riak </br></br>Di antara terik, aku kembali mengingat masa kanak</br>Pekik jerit, lelah peluh keceriaan semata</br></br>Biarlah denting risau itu mengantarku penghujung senja</br>Merah emas Sang Mata Hari, jemputku kembali alam mimpiang Mata Hari, jemputku kembali alam mimpi)
  • Menang Magandong  + (“Selamat kepada saudara Cenk Tidak Pernah “Selamat kepada saudara Cenk Tidak Pernah Bercebok sudah menjadi juara dalam turnamen Kartu Ceki Nasional, dari Bapak Blong Berkepala Botak”. </br>Kamu pernah melihat baliho ucapan selamat seperti ini? Para pejabat berebut untuk memasang ucapan selamat kepada para atlet yang berhasil menjadi juara. Foto pejabatnya besar sekali, hampir mengisi setengah baliho, foto atlet yang menjadi juara sangatlah kecil juga buram. Bila saya boleh meminta kepada Bapak Ibu pejabat, jangan lagi membuat baliho seperti ini. Menghabiskan anggaran saja. Apabila benar bermaksud memberikan selamat, jangan memasang foto pribadi. Cukup memajang foto atlet yang menang saja. Bapk, Ibu kan tidak ikut bertanding. Kenapa berani sekali ikut digendong?ding. Kenapa berani sekali ikut digendong?)
  • Dragonfly  + (“Sihir adalah melihat keajaiban dalam seti“Sihir adalah melihat keajaiban dalam setiap hal kecil di alam, melihat betapa indahnya kunang-kunang dan betapa ajaibnya capung.”</br>― Ama H.Vanniarachchy</br>Fotografi karya ManButur Suantara yang mendalami fotografi Makro, khususnya hanya menggunakan cahaya alami di lingkungan alam tanpa pementasan.</br></br>Definisi kamus Fotografi Makro hanya mengambil gambar yang sangat dekat, lebih besar dari ukuran aslinya.</br></br>Fotografi makro adalah tentang menampilkan subjek yang lebih besar daripada aslinya — close-up ekstrim dari sesuatu yang kecil. Serangga full-frame dalam foto lima kali tujuh inci dan bidikan produk cornflake empat inci jauh di atas ukuran sebenarnya: keduanya adalah contoh fotografi makro. - keduanya adalah contoh fotografi makro. -)
  • TUMBAL RARE  + (“Tumbal Rare” memiliki arti anak yang ditu“Tumbal Rare” memiliki arti anak yang ditumbalkan atau dipersembahkan. Istilah ini bukan hanya bisa digunakan untuk dunia mistis, untuk di dunia nyata pun boleh digunakan. Anak-anak yang ditelantarkan dan tidak bersekolah. Kita memiliki tempat untuk menampung anak-anak yang seperti itu, mustahil jika hanya masyarakat yang diharapkan untuk mengurus anak-anak dengan kondisi seperti itu, pemerintah seharusnya turun tangan untuk melihat dan mengetahui apa yang seharusnya dilakukan agar anak-anak yang ditelantarkan tidak berkeliaran kesana-kemari. Jika semua anak mendapatkan pendidikan yang baik, niscaya masa depan negeri kita akan terang benderang.a depan negeri kita akan terang benderang.)
  • Bali in the Covid-19 Pandemic: Population and Employment Dilemmas  + (Pandemi COVID - 19 telah berdampak luas tePandemi COVID - 19 telah berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat </br>Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan langkah dan framework yang tepat </br>yang memungkinkan persebaran dan fatalitas dari kasus persebaran COVID - 19 dapat </br>ditekan secepat dan seminimal mungkin, sehingga dampak lanjutan terhadap ekonomi </br>sosial dapat ditekan. Penelitian didasarkan pada data sekunder terpublis yang</br>dikumpulkan dari hasil observasi yang diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari struktur kependudukan dan</br>ketenagakerjaan Bali memiliki potensi tinggi untuk persebaran pandemi COVID-19</br>disebabkan karena tingkat mobilitas penduduk yang tinggi, baik antar wilayah di dalam</br>negeri, maupun antar negara, kedua struktur penduduk Bali yang sudah tergolong tua</br>sangat potensial mempercepat potensi tingginya case fatality rate dari pandemi. Berdasarkan hasil studi tersebut direkomendasikan untuk memperketat</br>kemungkinan penyebaran melalui rapid test pertama dan kedua menyangkut</br>sebanyak-banyaknya penduduk yang berpotensi sebagai carrier penyebaran COVID19, baik melalui transmisi lokal maupun imported case.alui transmisi lokal maupun imported case.)
  • online learning don't understand  + ("Halo perkenalkan nama saya gilbert aditya"Halo perkenalkan nama saya gilbert aditya</br>dari sma angkasa maros</br></br> jadito mauka cerita kita kan belajar onlen sudah maumi 15 bulan to tapi na banyak na </br>tugas ndak kumengerti na apalagi itu matematika</br></br> guru matematika ku toh na kasih jak contoh soal ji baru na suruh </br></br>kik kerjakan tugas nya tapi deh kalo begitu susah kik menggerti na  cobanya toh gurunya langsung na terangkan itu </br></br>materi lewat zoom mo supaya tok kalo ada ndak kita mengerti bisa langsung di tanya </br></br>Kan lewat zoom bisa ji langsung na jelaskan materinya </br></br>itu ji mauka cerita makasih" materinya itu ji mauka cerita makasih")
  • Jadikan perbedaan sebagai suatu keunikan dalam berbangsa  + ("Jadikan perbedaan sebagai suatu keunikan "Jadikan perbedaan sebagai suatu keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan beragamnya warna, dan janganlah menjadikan suatu perbedaan sebagai tempat untuk bersombong diri dengan rasa selalu benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah.Marilah kita menguatkan persaudaraan dengan cara , tidak saling membedakan, entah itu dari kultur ataupun budayanya , tetaplah menjadi insan yang berbudi luhur.Merdeka! menjadi insan yang berbudi luhur.Merdeka!)
  • KANDA PAT BHUTA  + ("KANDA PAT BHUTA" "manusa ye, bhuta ye, d"KANDA PAT BHUTA"</br></br>"manusa ye, bhuta ye, dewa ye". Dia itu sebagai manusia, sebagai bhuta dan sebagai dewata</br></br>Bayi yang baru terlahir sebagai simbol "manusa ye", Catur Sanak/Kanda Pat Bhuta yaitu Anggapati, Mrajapati, Banaspa dan Banaspati Raja sebagai simbol "bhuta ye", Linggih Panca Aksara Sang, Bang, Tang, Ang, Ing dan Aksara Swalalita yang dilengkapi pengangge sastra berupa Windu, Ardhacandra, Nada sebagai simbol Tri Murti / "dewa ye". Dihiasi dengan kayonan besar sebagai simbol garbha sang Ibu.</br></br>Dalam kehidupan, apabila seorang manusia disesatkan oleh pengaruh kuat sifat keduniawian berupa tahta, harta dan surg dunia maka Kanda Pat / Catur Sanak akan mempengaruhi si seorang manusia menjadi Kanda Pat Bhuta. Sifat-sifat Bhu akan mendominasi seseorang dan membuat ia lupa akan dirinya sendiri. dan membuat ia lupa akan dirinya sendiri.)
  • Spirit of Legong  + ("Kenangan saya dengan tari Legong... di ma"Kenangan saya dengan tari Legong... di masa kecil, saya melihat banyak lukisan penari berkostum. Saya mencoba membuat foto tarian yang tampak seperti lukisan... tetapi masih menyisakan jiwa dan grak tariannya..." Nyoman "Butur" Suantara.</br></br>Kutipan dari artikel "Legong Rhapsody, a Dance Through Time" oleh Dewi Dian Reich.</br></br>Kami punya banyak karya ManButur Suantara yang sama-sama mengeksplorasi satu jenis tarian: Tari Legong Bali. Budaya Bali penuh dengan keindahan dalam berbagai wujud. Ke mana pun Anda memandang, Anda akan menemukan kekayaan yang penuh warna dan misteri. Ritual dan upacaranya amat dalam. Bali menarik perhatian dunia. Ini bukanlah kali pertama tarian Bali menjadi objek seni. Gambar-gambar yang melukiskan budaya memenuhi media utama karena kekuatan dan pengaruhnya terhadap industri profit: pariwisata.</br></br>Dari sisi positifnya, ini berarti bahwa keindahan budaya Bali dikagumi oleh banyak pihak. Saya menyebut ini karena saya ingin menarik perhatian saya pada sesuatu yang belum terungkap. Ada hal yang sangat spesial yang ingin saya nyatakan di sini dan sayang jika ditinggalkan. Ini sungguh-sungguh murni demi diskusi seni kita. Sebagai seri fotografi, ada aspek-aspek menarik yang bisa kita pelajari.</br></br>Baca artikel lengkapnya di tautan referensi gambar.kel lengkapnya di tautan referensi gambar.)
  • traditional art  + ("Kesenian tradisional bali" Kesenian merup"Kesenian tradisional bali"</br>Kesenian merupakan hasil karya seni manusia yang mengungkapkan keindahan serta merupakan ekspresi jiwa dan budaya penciptanya.kesenian merupakan bagian dari budaya dan sarana yg digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia , keindahannya juga memiliki fungsi lain.</br></br>Kita harus menjaga kesenian bali supaya tidak punah dan kita harus melestarikannyatidak punah dan kita harus melestarikannya)
  • Mata Surya  + ("Mata Surya" "Mata Surya" </br></br>Aku hanya satu, tidak ada duanya</br>Bangkit setiap hari walau jarang yang memperhatikan</br>Terus beredar walau tidak ada yang menyadari</br>Selalu bercahaya walau diacuhkan</br></br>Biarlah semua bekerja dibawah cahayaku</br>Merangkai hari - harinya</br>Menepuh jalan kehidupannya</br>Aku melihat semua,mendengar semua</br>Namun aku tetap diam tanpa kata, karena tugasku hanyalah menerangi</br>Hingga nanti tiba waktunya tiba untuk keperaduan dan kembali lagi memberikan harapan yang baru</br></br>Akulah matahariberikan harapan yang baru Akulah matahari)
  • NGAWANGUN POLA PIKIR SANE BECIK ANTUK MAMEDIA SOSIAL SANE PATUT  + ("Om Swastiastu" Pertama-tama marilah kita"Om Swastiastu"</br></br>Pertama-tama marilah kita semua menunjukan sembah syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena Nya kita semua diberi kelancaran seperti saat ini.</br></br>Disinformasi. Zaman sudah canggih, sudah tidak ada yang mencari informasi lewat koran. Semua orang sudah memiliki HP, dari anak kecil hingga sudah tua juga memiliki HP. Mencari informasi juga tidak sesulit zaman dulu, zaman sekarang informasi bisa didapat hanya dengan HP.</br></br>Perkembangan zaman, begitu kata orang-orang. Banyak yang gemar membaca berita, tetapi tidak banyak yang bisa memilah berita dengan baik dan benar, HOAX adalah makanan sehari-hari. Lalu bagaimana cara untuk bermedia sosial yang benar?</br></br>Yang pertama, usahakan untuk membaca berita secara keseluruhan, tidak setengah-setengah</br></br>Yang kedua, jikalau membaca berita, usahakan tidak berpatokan hanya dengan satu sumber saja, karena zaman sekarang berita sangat gampang di buat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.</br></br>Yang ketiga, memilih berita dari sumber yang terpercaya.</br></br>Yang terakhir, dilarang menyebar berita yang berbau SARA (Suku, Ras, Agama), pornografi dan informasi pribadi.</br></br>Jikalau sudah paham, pasti akan jarang yang disinformasi.</br>Hanya itu saja yang bisa saya berikan, kalau ada salah kata mohon untuk dimaklumi.</br>"Om Shanti Shanti Shanti Om"uk dimaklumi. "Om Shanti Shanti Shanti Om")
  • Infrastruktur Jalan  + ("Om Swastyastu, Terimakasih atas waktu yan"Om Swastyastu, Terimakasih atas waktu yang diberikan kepada saya. Nama saya Ni Luh Ari Purnama Yanti saking SMA Negeri 1 Tabanan. Kepada, para juri yang sangat saya hormati dan hadirin sekalian yang sangat saya cintai. Bahagia sekali rasanya saya bisa membawakan orasi yang berjudul "Infrastruktur jalan" </br></br>Hadirin sekalian, seperti yang kita ketahui, infrastruktur jalan sangat mempengaruhi perekonomian di zaman sekarang. Kalau tidak ada infrastruktur jalan atau jalannya rusak tidak bagus, apa lagi yang dipakai untuk mencari nafkah di zaman sekarang? bagaimana cara membawa dagangan ke luar negeri? di zaman milenial dan era Globalisasi ini, Infrastruktur jalan sangat diperlukan di kehidupan sekarang. Banyak masyarakat zaman sekarang mencari nafkah di jalanan, ada yang menjadi Ojol, ada juga yang menjadi saudagar dan lainnya.; sudah seharusnya calon pemimpin 2024 bisa melihat keadaan masyarakatnya di Desa dan juga kota, supaya bisa tidak menimbulkan kesenjangan sosial. Supaya sama jalan di desa dan kota, agar bagus bahannya bisa lama untuk dilalui dan masyarakat bisa mencari nafkah dengan jalan yang lancar. Dan Calon Pemimpin 2024 supaya bisa jujur dengan adanya bantuan jalan dan pembangunan, supaya tidak kejadian dananya cair tapi jalan dan pembangunannya tidak selesai apalagi tidak ada? Apakah Calon Pemimpin tidak merasa iba ketika melihat masyarakatnya nya mencari nafkah melewati jalan yang rusak? Di Jembatan goyang untuk lewat ke timur kebarat melewati sungai dan laut? ada juga yang tidak bisa keluar dari desa karena jalannya rusak tapi dikota jalanannya bagus. Tapi, ada juga jalan yang di kota rusak, yang membuat truk besar susah untuk lewat dan menimbulkan kemacetan. Seharusnya Calon Pemimpin 2024 sekarang bisa adil dan jujur kepada masyarakatnya semua. Calon Pemimpin 2024 supaya bisa lebih perhatian kepada masyarakatnya, supaya tidak waktu kampanye saja berjanji manis kepada masyarkatnya supaya tidak disebut Janji Manis Calon Pemimpin.</br></br>Baik, hanya itu orasi saya, semoga apa yang saya sampaikan bisa didengar oleh Calon Pemimpin 2024. Terimakasih untuk perhatian hadirin semuanya. "Meli bungkung aba ke pura sambilang ngayah, Kirang Langkung nunas ampura titiang sisya wawu melajah". Saya akhiri dengan paramashanti "Om Shanti Shanti Shanti Om".paramashanti "Om Shanti Shanti Shanti Om".)
  • Literature "Jangan dah ke pura nanti sesak, kasian"  + ("Pengalaman saya jika ke pura akses tangga"Pengalaman saya jika ke pura akses tangga masih tinggi tidak ada pegangan dan itu sangat menyulitkan kami. </br>Terkadang juga dari orang-orang memberikan kami perkataan: jangan dah ke pura nanti sesak, kasian. </br>Kalau untuk Pemilu kita biasanya diantarkan ke tempat memilih. </br>Harapan saya khususnya untuk akses disabilitas mohon dibuatkan yang lebih bagus. Saya juga ingin agar program keterampilan menyulam dan menjahit kalau bisa diadakan lagi program untuk disabilitas yang belum punya pekerjaan. " disabilitas yang belum punya pekerjaan. ")
  • Percakapan Janggal Antar Spesies  + ("Percakapan janggal antar spesies" adalah "Percakapan janggal antar spesies" adalah karya fotografi, obyek adalah asap-asap yg dirangkai menjadi citra tertentu.</br></br>Konsep : Berkomunikasi bisa menggunakan bahasa apa saja,antar bahasa yg berbeda juga bukan halangan untuk berkomunikasi. Ada ekspresi,raut wajah,isyarat,gerak dll. Awalnya janggal,toh nanti juga terbiasa,jika mau. janggal,toh nanti juga terbiasa,jika mau.)
  • Literature Bagaimana nasib anak yang orang tuanya disabilitas  + ("Sama dengan bu Musdalifa (sesama disabili"Sama dengan bu Musdalifa (sesama disabilitas) ada kemudahan terkait ayah-ayahan, tapi jika saya bisa saya tetap ikut sesuai kemampuan saya. </br>Saya ada pengalaman dari rekan yang juga disabilitas, ini tentang anak yang orang tuanya disabilitas, cerita ke saya nangis karena tidak bisa bayar uang sekolah, kedua orang tuanya disabilitas, suaminya sakit yang jadi tulang punggung keluarga, dan di lingkungan itu jarang ada bantuan dari pemerintah dan desa. Saya katakan saya akan bantu sebisanya dan dia ke rumah saya lagi setelah mendapat banyak bantuan karena sebelumnya saya bantu share tentang mereka ke grup disabilitas. </br></br>"Bagaimana nasib anak yang orang tuanya disabilitas? mohon pemerintah untuk diperdulikan dan diperhatikan hal ini. "k diperdulikan dan diperhatikan hal ini. ")
  • Literature Harapan saya tentang akses persembahyangan ke pura  + ("Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 ak"Saya atlet angkat berat dan tahun 2024 akan ikut lomba mewakili Bali. </br>Pengalaman saya, dulu waktu saya kecil saat usia 6 tahun saya diajak ke sekolah dan pulangnya saya jalan kaki sampai saya tamat SD saja. </br>Saya punya pengalaman saat ikut Yayasan Senang Hati di Siangan, di sana saya mendapat banyak pengalaman sampai bisa jadi atlet dari 2006.</br>Kalau ke pura di Batuluban saya dibantu suami dan memang di sana belum ada akses untuk disabilitas.</br>Kalau Tulikup (asal ibu ini) sama tidak ada akses juga tapi saya tetap dibantu suami dan keluarga saya. </br></br>"Harapan saya agar pemimpin yang terpilih pada pemilu tahun depan, semua pura-pura memiliki akses yang baik untuk disabilitas."miliki akses yang baik untuk disabilitas.")
  • FOREIGNERS WHO MAKE RUSH IN BALI  + ("Saya berharap di Pulau Bali ini kita bisa"Saya berharap di Pulau Bali ini kita bisa menciptakan pariwisata yang berkualitas.</br>Dan semoga pemerintah bertindak tegas kepada WNA yg membuat rusuh di Bali.</br>WNA yang membuat rusuh sangat meresahkan warga Bali.</br>Saya berharap WNA bisa menghormati tradisi masing.</br>Diharapkan WNA bisa mengikuti peraturan di Bali.pkan WNA bisa mengikuti peraturan di Bali.)
  • Lost Signal  + ('Lost Signal' adalah bagian dari Photograp'Lost Signal' adalah bagian dari Photography Series dengan nama yang sama oleh Dewi Dian Reich. Penulis, artis, dan fotografer.</br>"Kakek saya berbicara dan berjalan di jalan-jalan ini. Dia biasa memegang tangan saya,</br>Kakek saya awet muda, visinya tajam dan kebijaksanaannya dalam,</br>Di mana taman bermain kita? Kenapa dia tersandung?</br>Apakah mataku yang lengah terhadap paku dan pecahan kaca yang akan melukai kakinya? Atau telingaku yang meredam suaranya?</br>Apakah Anda tidak tahu ada paku tajam dan pecahan kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?kaca yang akan memotong kaki telanjangnya?)
  • Melodious Urban  + ('Melodious Urban' merupakan karya baru Man'Melodious Urban' merupakan karya baru ManButur Suantara menanggapi tema pameran Sawidji Gallery yang bertemakan 'Dunia Tanpa Suara'.</br></br>Apakah kita menganggap kebisingan sebagai gangguan? Apakah tenang berarti damai?</br></br>Menangkap hiruk pikuk Jalan Gajah Mada Denpasar, gambar dibuat dengan teknik multiple exposure. Dengan kombinasi 9 gambar menjadi satu gambar tunggal. Lalu ada 25 gambar ini yang masing-masing terdiri dari 9 gambar.</br>Bagi sebagian orang yang tinggal di jalan yang sibuk ini, kebisingan itu biasa bagi mereka. Untuk melihat knalpot mobil dan motor yang keras dan klakson dari lalu lintas 24 jam sehari. Namun, ketika saya bertanya kepada beberapa orang yang tinggal di sana, mereka tidak mengatakan berisik. mereka bilang itu normal.</br>Sepertinya mereka dikondisikan dengan lingkungan dan berhubungan baik dengan kebisingan. Dengan membuat gambar ini saya mencoba melihat dunia terbalik. Berada dalam aktivitas ini dan berhubungan dengan keheningan dan ketenangan yang tampaknya ditemukan beberapa orang di sana.ampaknya ditemukan beberapa orang di sana.)
  • Silent Wings  + ('Silent Wings' adalah karya pahatan senima'Silent Wings' adalah karya pahatan seniman kontemporer Putu 'Bonuz' Sudiana yang diiringi syair puisi. Kolaborasi fotografi dengan Dewi Dian Reich Sawidji Gallery. Karya seni adalah bagian dari grup Antologi 'Dunia Tanpa Suara' di Galeri Sawidji April 2023.</br>"Sayap diam terbang menembus kegelapan malam... merangkai himne di muka bulan bersama dengan keheningan.."di muka bulan bersama dengan keheningan..")
  • Condong and Inclination  + ('Tari adalah seni dari dulu yang melekat p'Tari adalah seni dari dulu yang melekat pada jiwa kreatif Bali. Salah satu dari banyak bentuk ibadah yang dipersembahkan umatnya kepada Sang Pencipta. Ini adalah kesamaan yang kita miliki dengan banyak budaya di seluruh dunia. Bentuk-bentuk tarian tradisional adalah manifestasi kreativitas manusia yang wajar dan mungkin tak terhindarkan. Dimodelkan dan ditempa untuk mewujudkan pemikiran dan filosofi kami.'</br></br>Melihat warisan yang kaya dalam tarian tradisional Bali sambil membahas dampak yang disebabkan oleh khalayak komersial. Menulis artikel adalah satu bagian, tetapi tidak akan mungkin tanpa kontribusi sepenuh hati dari mereka yang memberikan sepenuhnya kolaborasi untuk jenis proyek ini. Sri Apriani berbagi pengalamannya dan mementaskan Tari Condong di Sanggar Sawidji sekaligus menjadi muse rangkaian potret Dewi Dian Reich Menjelajahi wajah-wajah di balik tarian.h Menjelajahi wajah-wajah di balik tarian.)
  • The yard is not good according to Balinese culture  + (1. Karang Karubuhan Karang yang berhadap-h1. Karang Karubuhan</br>Karang yang berhadap-hadapan atau berpapasan dengan “pempatan” atau “pertigaan” atau persimpangan jalan.</br></br>2. Karang Sadanglawe </br>Karang yang memiliki pintu masuk berpapasan dengan pintu masuk pekarangan orang lain</br></br>3. Karang Kuta Kabanda</br>Karang yang diapit oleh dua ruas jalan raya.</br></br>4. Karang Sula Nyupi </br>Karang yang berpapasan dengan jalan raya atau numbak marga atau numbak rurung.</br></br>5. Karang Gerah</br>Karang yang terletak di hulu Pura/Parahyangan.</br></br>6. Karang Tenget</br>Karang bekas setra/sema, pura, pertapaan, dll.</br></br>7. Karang Buta Salah Wetu</br>Karang dimana di tempat tersebut pernah atau sedang terjadi keanehan-keanehan (ketidaklumrahan) seperti: kelahiran babi kepala gajah, pohon kelapa bercabang, pisang berbuah melalui batang pohonnya.</br></br>8. Karang Boros Wong </br>Karang yang memiliki dua pintu masuk yang sama tinggi dan berjajar.</br></br>9. Suduk Angga</br>Karang yang dibatasi oleh pagar hidup di mana akar dan tunasnya masuk ke pekarangan lain.</br></br></br>Jenis pekarangan/tanah di atas bisa saja digunakan asal sudah melalui upacara upahayu halaning palemahan seperti Caru Karang Panes. Tetapi akan lebih rahayu lagi jika tidak dipergunakan.lebih rahayu lagi jika tidak dipergunakan.)
  • Carcan Kadengan  + (1. Cipta Kukila Tahi lalat di leher, diyak1. Cipta Kukila</br>Tahi lalat di leher, diyakini pemiliknya suka minta-minta</br></br>2. Buditama </br>Tahi lalat di telapak tangan, pertanda orang itu pintar memberikan nasihat</br></br>3. Guna Santi </br>Tahi lalat pada bibir/mulut bagian atas, pertanda pemiliknya pintar dan murah sandang pangan</br></br>4. Kajen </br>Tahi lalat di alis bagian kanan, diyakini pemiliknya senang menolong dan berbudi luhur</br></br>5. Tuju Sih </br>Orang yg bertahi lalat di pipi akan disenangi banyak orang dan sering kesurupan</br></br>6. Unggul </br>Orang yg bertahi lalat di jari-jari akan selalu bermaksud baik</br></br>7. Werdhatama </br>Orang yg bertahi lalat di dahinya biasanya suka berterus terang dan periang</br></br>8. Durga Murti/Melik Ceciren</br>Apabila tahi lalat ada di organ pribadi seseorang. Itu adalah ciri melik (memiliki energi spiritual).ah ciri melik (memiliki energi spiritual).)
  • Generasi Milenial Ngisi Kemerdekaan  + (17 Agustus 1945, dimana negara Republik In17 Agustus 1945, dimana negara Republik Indonesia. Lahir dan bediri dengan gagahnya! Kita sebagai generasi milenial berkontribusi untuk Indonesia melalui tindakan yang sederhana yaitu toleransi, mencintai kearifan lokal, belajar, serta mengikuti kegiatan positif.</br>"Membangun negara yang dikenal dunia, ayo lestarikan dengan perilaku dan bakti" Begitu seharusnya jika ingin membangun, mengharumkan bangsa dan negara dengan tetap berlandaskan Pancasila. Kita isi kemerdekaan dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan.</br></br> INDONESIA JAYA, INDONESIA BANGKIT!!!! INDONESIA JAYA, INDONESIA BANGKIT!!!!)
  • Ngelaksanayang Kegiatan Positif Anggen Ngisi Kemerdekaan  + (17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Repu17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak masyarakat yang melaksanakan kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan seperti melaksanakan upacara bendera di sekolah dan di kantor, mengadakan lomba, mengadakan pertunjukan di banjar atau di lingkungan setempat. Biasanya acara mengisi kemerdekaan ini dilaksanakan oleh murid-murid, para pegawai, dan para pemuda pemudi di banjar masing-masing. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat akur dan ingat dengan hari kemerdekaan.at akur dan ingat dengan hari kemerdekaan.)
  • online learning  + (2 orang siswa yang sedang berdialog membahas tentang pembelajaran daring,siswa menganggap pembelajaran daring kurang efektif dibanding sekolah tatap muka akibat banyak tugas tugas yang menumpuk sehingga siswa ini terbebani oleh tugas tugasnya)
  • Who is Reliable?  + (2 tahun sudah virus corona ini,, sektor pa2 tahun sudah virus corona ini,, sektor pariwisata di Bali sudah mati atau menurun,karena tidak adanya wisatawan. Semua di phk, pemerintah sudah memberikan bantuan tapi, bantuan itu tidaklah cukup untuk isi perut sebulan, kemana mana harus memakai masker jika tidak memakai masker kena denda,, serasa hidup enggan matipum segan, jika dituriti aturan untuk diam dirumah,, isi perut tidak bisa diajak untuk diam di rumah,, jika keluar untuk mencari isi perut takut terkena virus yang tidak terlihat. Jaman sekarang tidak bisa lagi yang namanya gengsi, kerjaan apapun akan di ambil untuk bertahan hidup walau itu hanya bisa untuk dapur walau hanya nasi garam dan minyak sajapur walau hanya nasi garam dan minyak saja)
  • Literature Daring 2021  + (2021 masih daring? Bagimana nasib ta kita 2021 masih daring? Bagimana nasib ta kita yang butuh praktek langsung, sedikit gila mki gara2 daring habis tong mi uang ka beli kuota zoom sama yotube. Na jelaskan ka sja guru ta langsung na belum tentu masuk apa lagi bgini. kita ji gambar ki kita tong ji pergi coret ki lagi gambar ta sendirig ji pergi coret ki lagi gambar ta sendiri)
  • Rajawali dan Anak-anak  + (3 bahasa: Inggris,BasaBali, Bahasa Indones3 bahasa: Inggris,BasaBali, Bahasa Indonesia.</br>Dalam buku terakhir serial ini, penulis Maggie Dunkle dan ilustrator Margiyono mengajak para pembaca naik ke atas pegunungan di Bali, dimana terlihat sang Rajawali terbang tinggi di atas awan. Rajawali, yang sangat prihatin dengan masalah lingkungan di Pulau Dewata ini, memanggil anak-anak untuk menghadiri pertemuan burung-burung dalam rangka mencari solusi. Anak-anak segera menyadari bahwa adalah tanggung jawab mereka untuk membuat perubahan menuju ke masa depan yang lebih berkesinambungan.ke masa depan yang lebih berkesinambungan.)