UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Page text id" with value "Lagu terbaru dari Widi Widiana rilis pada April 2022.". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 26 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Kelompok Konservasi Penyu Kurma Asih, Perancak, Jembrana  + (Konservasi Kurma Asih ini selain menjadi tempat pelestarian penyu, juga menjadi sebuah daya tarik wisata. Konservasi ini banyak di kunjungi oleh wisatawan, juga sebagai sarana belajar bagi siswa-siswi baik di bali maupun di luar bali.)
  • Dinas Pariwisata Provinsi Bali  + (KONTAK KAMI Alamat : Jalan S. Parman No. 1 Renon – Denpasar No. Telp : 0361-222387 Fax : 0361-226313 Website : disparda.baliprov.go.id E-Mail : dispar@baliprov.go.id)
  • The Economy During the Covid 19 Pandemic  + (Kontribusi Milenial untuk Mendukung PeningKontribusi Milenial untuk Mendukung Peningkatan</br>Perekonomian Lokal Bali pada Masa dan Pascapandemi COVID-19</br></br>Mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya Bali mengakibatkan sektor pariwisata menurun yang berdampak pada perekonomian di Bali. Akibat sepinya wisatawan, kini berbagai sektor yang menggantungkan diri di pariwisata menjadi tidak terlalu berdaya. Hal serupa sangat dirasakan khususnya oleh pedagang-pedagang lokal di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali.</br>Tampak jelas perbedaan sebelum mewabahnya pandemi Covid-19, terlihat biasanya kunjungan wisatawan ke Pasar Seni selalu meningkat, walaupun hanya sekadar melihat-lihat ataupun berbelanja.</br>Saat ini, para pedagang lokal di Pasar Seni Sukawati tidak bisa berbuat banyak. Lantaran barang yang mereka jual adalah barang-barang seni, berbeda halnya dengan sembako atau kebutuhan pokok lainnya yang masih ada pembelinya. Harapan saya kepada teman-teman semuanya supaya kita harus cepat tanggap serta kreatif jika terjadi perubahan ekonomi dan juga untuk teman-teman semuanya di jaman yang seperti ini kita tidak boleh bermalas- malasan dan gengsi karena semua pekerjaan pasti mendapatkan hasil.a semua pekerjaan pasti mendapatkan hasil.)
  • The importance of UMKM  + (Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan perekKontribusi UMKM terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia </br>sangat besar dan merupakan salah satu industri utama, UMKM ini mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Seiring waktu kita semakin menyadari bahwa UMKM sangat berperan penting dalam perekonomian bangsa. UMKM berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meratakan pendapatan melalui berwirausaha. Provinsi Bali dikenal oleh Mancanegara karena keindahannya, tidak hanya itu budaya yang unik yang dimilikinya membuat orang-orang berbondong untuk mengunjungi Bali. Provinsi Bali mempunyai potensi untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Masyarakat Bali sangat kreatif dan inovatif, memiliki sebuah kreativitas yang tinggi dan sumber daya yang sangat mendukung untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kota Denpasar sebagai kota metropolitan mengalami perkembangan UMKM sangat pesat hal ini terbukti dengan pertumbuhan UMKM mencapai 175,52 persen selama tahun 2019 sampai dengan 2020 yaitu sebesar 11.500 naik menjadi 31.685 unit. Namun demikian masih banyak kendala yang dihadapi para pelaku usaha kecil ini dalam mengembangkan usahanya yaitu SDM (sumber daya manusia). Lalu bagaimana seharusnya langkah untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan kita dalam meningkatkan Usaha Kecil yang dimiliki? Pertama, Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Dirinya. Walaupun Anda masih memulai UKM dan belum memiliki seorang karyawan, Anda tetap harus menanamkan jiwa kepemimpinan dalam diri Anda, sehingga ketika nantinya memiliki karyawan Anda dapat memimpin karyawan tersebut dengan baik. Kemampuan Anda dalam memimpin, merencanakan, mengatur, dan menjalankan sebuah usaha tentunya akan memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangnan usaha itu sendiri.ing dalam perkembangnan usaha itu sendiri.)
  • Program to Expand Access to Work for Disabilities  + (Kontribusi utama yang perlu diberikan kepaKontribusi utama yang perlu diberikan kepada penyandang disabilitas sejatinya adalah kemampuan dan fasilitas untuk mereka mampu bertahan hidup dalam segi ekonomis. Beberapa waktu belakangan, tayangan yang viral di media sosial tiktok salah satunya adalah kontribusi Onni House Surabaya dan Alfamart yang memberikan akses bekerja bagi karyawan disabilitas. Kedepannya hal ini perlu menjadi program yang dirancang oleh pemerintah. Pemerintah sebagai penyusun kebijakan dapat membuat regulasi untuk lebih meningkatkan daya serap tenaga disabilitas, menyusun program dan menganggarkan dana dalam pelatihan disabilitas, maupun melaksanakan penempatan pekerja disabilitas melalui kerjasama pihak ketiga atau melalui badan usaha yang dimiliki pemerintah pada berbagai tingkatan.miliki pemerintah pada berbagai tingkatan.)
  • Student Creativity For Refugees  + (Konvensi 1951 tentang Status Pengungsi, meKonvensi 1951 tentang Status Pengungsi, mendefinisikan pengungsi sebagai “orang yang dikarenakan oleh ketakutan yang beralasan akan penganiayaan, yang disebabkan oleh alasan ras, agama, kebangsaan, keanggotaan dalam kelompok sosial dan partai politik tertentu, berada diluar Negara kebangsaannya dan tidak menginginkan perlindungan dari Negara tersebut.” Hal ini seperti konflik yang sedang terjadi di negara Ukraina.</br></br>Konflik Rusia vs Ukraina menyebabkan banyak dampak bagi dunia. Salah satunya berdampak terhadap krisis perpindahan penduduk dan masalah kemanusiaan. Menurut United Nation High Commisioner For Refugees (UNHCR), sebanyak lima juta warga Ukraina telah meninggalkan negara mereka dan sekitar tujuh juta orang terpaksa kehilangan tempat tinggal mereka di dalam negeri dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sejak pasukan Rusia memulai perang di Ukraina. UNHCR menyebut arus pengungsi ini merupakan yang paling cepat pertumbuhannya. Jutaan warga Ukraina terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi ke negara lain guna mencari tempat yang aman bagi mereka.</br></br>Berbicara tentang pengungsi Ukraina yang mencari tempat berlindung, andai kata mereka memilih ke Indonesia khususnya ke daerah Bali sebagai tempat tujuan mereka untuk mengungsi. Saya sebagai siswa setuju dan menerima kedatangan mereka sebagai pengungsi karena saya turut berempati terhadap para pengungsi tersebut. Sebagaimana diajarkan di sekolah, kami tidak hanya memperoleh ilmu pengetahuan atau materi pembelajaran saja, tetapi juga dibangun untuk menjadi manusia yang menjunjung tinggi rasa perikemanusiaan yang dapat diwujudkan melalui sikap dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, di dalam butir sila kedua dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu pancasila yang berbunyi, "Kemanusiaan yang adil dan beradab", menurut saya para pengungsi Ukraina hendaknya diperlakukan dengan adil dan setara sesuai dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Terlebih lagi kami sebagai umat hindu mengenal ajaran Tat Twam Asi, yang mengajarkan dan menuntun kita untuk memiliki jiwa kasih sayang.</br></br>Sehubungan dengan itu, banyak cara dapat dilakukan untuk membangun kepedulian dimana para pelajar juga bisa ikut membantu masyarakat dalam mewujudkannya. Mengingat kita sebagai generasi muda yang menyimpan segudang potensi kreatif dan inovatif. Adalah suatu hal yang sangat terpuji bila mana kedua hal tersebut diarahkan ke hal-hal positif. Salah satunya bisa untuk tujuan kemanusiaan yaitu membantu para pengungsi akibat konflik. Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya, seperti aksi kemanusiaan yang pernah dilakukan oleh Dua mahasiswa di Universitas Harvard, Marco Burstein dan Avi Schiffmann, menggunakan keterampilan coding mereka untuk membuat situs web UkraineTakeShelter.com yang ditujukan untuk membantu pengungsi Ukraina menemukan sponsor di seluruh dunia. Lebih dari 18.000 orang telah mendaftar untuk menawarkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Contoh ini bisa dijadikan salah satu inspirasi bagi para pelajar agar dapat berkreativitas dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk tujuan kemanusiaan.</br></br>Di zaman generasi milenial ini, informasi bisa didapatkan hanya dengan mengakses internet atau media sosial. Kedua hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan dan berbagi kreativitas serta inovasi yang bermanfaat kepada masyarakat terkait masalah pengungsi. Jika di sekolah, bentuk kepedulian berdasarkan insiatif, ide kreatif, dan inovasi siswa dapat disalurkan ke dalam sebuah wadah berupa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan salah satu kegiatannya dalam hal pengabdian kepada masyarakat utamanya untuk tujuan kemanusiaan. Dalam upaya membantu pengungsi, hal yang bisa kita lakukan misalnya penggalangan dana secara online dengan memanfaatkan teknologi, atau juga berkreativitas menghasilkan karya-karya kemudian dijual untuk memenuhi keperluan donasi.. Uang yang terkumpul nantinya dapat diserahkan kepada lembaga terkait yang menangani masalah pengungsi. Dana ini bisa digunakan sebagai anggaran untuk memenuhi kebutuhan pokok para pengungsi seperti makanan, minuman, pakaian, fasilitas kesehatan, dan kamp pengungsian.</br></br>Demikianlah, opini saya terkait sikap dan tanggung jawab apabila ada pengungsi yang datang ke tempat saya akibat konflik. Tentunya kita menerima keberadaan mereka dan turut serta membantu melalui berbagai kreativitas tetapi tetap didasari atas peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Harapan saya, penjelasan tadi bisa menginspirasi atau pun menambah wawasan bagi yang membaca. Mari kita bersama-sama mendoakan agar konflik ini dapat terselesaikan secepatnya guna mewujudkan perdamaian.kan secepatnya guna mewujudkan perdamaian.)
  • Local Coffee Shops Help Farmers and Government Boost Bali's Economy during the Pandemic  + (Kopi Lokal Bali memiliki rasa yang khas seKopi Lokal Bali memiliki rasa yang khas sehingga menembus pasar ekspor. Kopi Bali yang terkenal berasal dari Kintamani, Pupuan dan Banyuatis. Potensi yang dimiliki Kopi Bali, minat generasi muda terpacu untuk berwirausaha dengan membuka kedai kopi. Kedai kopi biasanya dikunjung sebagai tempat ngopi, belajar dan jalan jalan bersama teman atau keluarga. Kedai kopi juga membantu petani kopi lokal bali dalam hal pemasaran kopinya dan hal ini juga meningkatkan eksistensi kopi lokal khas Bali.ingkatkan eksistensi kopi lokal khas Bali.)
  • PULIH: Program Canggih anggen nylametang Denpasar uling Banjir  + (Kota Denpasar merupakan kota yang mempesonKota Denpasar merupakan kota yang mempesona dengan keberagaman etnis serta kekayaan alamnya, yang kini terhimpit oleh ancaman lautan sampah yang kain bertambah dari hari ke hari. Terik matahari pulau dewata tak lagi bisa menutupi kegelapan sampah yang menyumbat saluran air, memicu banjir yang merugikan dan merusak kehidupan warga serta pariwisata yang menjadi tulang punggung ekonomi di Kota Denpasar. Setiap musim hujan, sungai-sungai dan saluran air yang dulunya menjadi sumber kehidupan, kini menjadi pembawa malapetaka. </br></br>Dalam terjangan ombak sampah ini, terdapat sinar harapan yang menuntun kita pada masa depan Kota Denpasar yang lebih bersih dan aman. Sinarnya terletak pada sebuah solusi inovatif yang kami sebut sebagai PULIH: Program Unggulan lingkungan: Inovasi Hadapi Banjir di Kota Denpasr. PULIH bukanlah sekedar program biasa, tetapi ini adalah tonggak baru dalam perang melawan banjir dan penecamaran lingkungan. PULIH bukan hanya sekedar membersihkan sampah, tetapi ia memperkenalkan paradigma baru dalam mengelola limbah dan membangun kembali ikatan antara manusia dan alam. </br></br>Pertama-tama, PULIH akan melibatkan seluruh komunitas Denpasar. Kami tidak hanya meminta partisipasi tetapi kami mengajak setiap warga untuk menjadi pahlawan lingkungan. Dengan melibatkan dalam kampanye, workshop pengelolaan sampah kami yakin Denpasar bisa bangkit bersama-sama. Pada tahap kedua PULIH akan menerapkan teknologi canggih dalam pengelolaan sampah yaitu sistem pelacakan sampah secara real-time, penggunaan drone untuk memantau aliran sungai, dan penggunaan teknologi bioremediasi untuk membersihkan limbah kami akan menciptakan solusi yang berkelanjutan dan efisien. Tidak hanya itu, PULIH juga akan memperkuat infrastruktur hijau. Kami akan menggalakkan pembangunan taman-taman kota, penanaman ribuan pohon, dan revitalisasi sungai sungai yang terlupakan. Infrastruktur hijau bukan hanya akan menghijaukan kembali Denpasar, tetapi juga akan menjadi benteng alami melawan banjir. Terakhir PULIH akan berfokus pada edukasi dan inovasi. Kami akan mendirikan pusat riset dan inovasi lingkungan yang akan menjadi tempat bagi para ilmuawan, insinyur, dan pemimpin muda untuk memngambangkan solusi-solusi kreatif dalam mengatasi lingkungan. Melalui pendidikan dan penelitian, kami akan menciptakan generasi yang peduli dan berdaya dalam menjaga kelestarian alam. </br></br>PULIH bukanlah sekedar program biasa, tetapi sebuah pergerakan besar yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengatasi masalah sampah dan banjir. Dengan solusi program PULIH, saya percaya Kota Denpasar bisa melawan banjir dan menjadikan kota ini sebagai contoh bagi dunia. Jadi mari kita bersama-sama bergandengan tangan dan berkomitmen untuk menjaga keindahan Kota Denpasar, bukan hanya untuk hari ini, tetapi demi masa depan yang lebih baikni, tetapi demi masa depan yang lebih baik)
  • Literature Pengungsi dan HAM  + (Krisis kemanusiaan merupakan suatu atau seKrisis kemanusiaan merupakan suatu atau serangkaian kejadian yang memberikan ancaman luar biasa bagi kehidupan manusia yang membuat hidup manusia menderita sehingga tidak bisa hidup selayaknya kehidupan manusia pada umumnya. Krisis ini biasanya muncul akibat manusia tidak mendapatkan akses perlindungan dan kebutuhan dasar, serta sebagai hasil dari keadaan yang memprihatinkan seperti kemiskinan dan ketidaksetaraan. Krisis kemanusiaan bisa diperparah oleh kejadian lainnya seperti bencana alam atau konflik bersenjata. Banyak sekali konflik-konflik yang terjadi dalam sejarah peradaban manusia. Adanya konflik antar individu maupun antar kelompok menyebabkan permasalahan yang akan berakhir dengan perang. Perang menjadi suatu solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan suatu konflik yang terjadi karena adanya perbedaan paham atau pendapat. Akibat dari perang adalah banyaknya masyarakat yang kehilangan hak dasar, baik hak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, hak atas rasa aman, dan hak-hak lainnya. Hak tersebut disebut dengan Hak Asasi Manusia. </br>Manusia butuh perlindungan dari sebuah negara, membutuhkan rasa aman dan nyaman. Negara Indonesia memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia, merupakan tujuan negara Indonesia yang dibunyikan pada Pembukaan UUD 1945. Hak untuk memperoleh perlindungan juga adalah salah satu perlindungan yang diakui dalam HAM. Tetapi dalam hal tertentu negara tidak bisa memberikan perlindungan yang diinginkan oleh setiap masyarakat, sehingga masyarakat dalam negara tersebut terpaksa untuk meninggalkan negara tersebut dan mengungsi untuk meminta perlindungan dari negara lain. Untuk mendapatkan perlindungan, maka orang yang meninggalkan wilayah negaranya harus mendapatkan status sebagai pengungsi. Terhadap keadaan tersebut, menyebabkan permasalahan pengungsi menjadi permasalahan di dunia internasional.</br>Sikap dan tanggung jawab kita kepada para pengungsi, seperti pengungsi korban perang di Ukraina, hendaknya kita menunjukkan rasa kepedulian dan rasa kemanusiaan seperti pemberian akses pekerjaan bagi para pengungsi. Kondisi pengungsi yang tidak memiliki uang sehingga mereka tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehinga mereka bergantung kepada pemerintah ataupun organisasi dalam bidang kemanusiaan untuk memberikan bantuan dana kepada mereka. Apabila mereka dapat bekerja, maka dana yang dikeluarkan pemerintah akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi pengeluaran dana untuk penanganan pengungsi dan digunakan untuk keperluan lainnya. Selain itu, dapat berpotensi untuk mengurangi tindakan pidana oleh pengungsi. Karena tidak memiliki uang untuk mencukupi kebutuhan mereka, tindakan pidana dapat saja terjadi. Dengan diberikan akses bekerja, maka pengungsi dapat mempertahankan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka hingga para pengungsi tersebut dipindahkan ke negara ketiga. Oleh karena itu, pemberian akses pekerjaan juga memberikan pemenuham HAM bagi pengungsi untuk dapat mempertahankan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.</br>Sebagai negara yang menjamin HAM, untuk memenuhi HAM dari pengungsi, yang bisa dilakukan adalah menempatkan pengungsi di tempat penampungan sementara untuk memberikan perlindungan hukum berupa perlindungan HAM bagi pengungsi sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang, maka pemindahan pengungsi ke negara ketiga merupakan langkah untuk memberikan perlindungan HAM kepada pengungsi dan berkewajiban untuk memberikan perlindungan kepada para pengungsi, dengan memberikan akses keamanan untuk para pengungsi dengan menjamin mereka masuk ke wilayah yang aman, bahwa mereka dapat menikmati keamanan dari kekerasan dan penganiayaan, bahwa mereka tidak dipaksa kembali (refoulement) ke wilayah di mana kehidupan atau kebebasan mereka akan terancam, bahwa mereka juga diperlakukan sesuai standar hak asasi manusia dan selalu memberikan perlakuan yang menjunjung tinggi kemanusiaan untuk melindungi para pengungsi yang dalam keadaan rentan. para pengungsi yang dalam keadaan rentan.)
  • about school  + (Kruyuk, kruyuk suara ayam, tekak, tekok suKruyuk, kruyuk suara ayam,</br>tekak, tekok suara ayam betina,</br>pertanda hari sudah pagi,</br>Sang Hyang Surya (matahari) menyinari dunia.</br></br>Burung-burung berkicau,</br>Serasa membangunkanku dari mimpi,</br>Saya bangun tidur, langsung mandi,</br>Dan mempersiapkan buku-buku pelajaran.</br></br>Pamit dengan orang tua,</br>Agar kita selamat selalu.engan orang tua, Agar kita selamat selalu.)
  • Pelecing telengis  + (Kuliner ini diisi dengan sayuran. Bahan utKuliner ini diisi dengan sayuran. Bahan utamanya adalah tauge mentah dan kangkung. Pelecing telengis memiliki rasa yang pedas dan segar. Telengis adalah sisa endapan minyak kelapa hasil pengolahan minyak secara tradisional di Bali yang digunakan sebagai bumbu masakan. Bahan lain yang digunakan sebagai bumbu adalah cabai, bawang putih, bawang merah, dan air jeruk nipis. putih, bawang merah, dan air jeruk nipis.)
  • Sate plecing  + (Kuliner yang satu ini sangat khas karena bKuliner yang satu ini sangat khas karena berbeda dengan sate yang ada di daerah lain. Apabila sate biasa dilumuri oleh sambal kacang dan kecap, maka sate plecing justru menggunakan sambal pedas khas Bali yang berwarna kemerahan. Oleh karena itulah, rasa yang dihasilkan pun sangat nikmat dan gurih. Bagi pecinta daging babi, kuliner ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.</br></br>Sate ini terbuat dari daging babi yang ditusuk dengan tusuk sate, lalu dibakar di atas arang seperti proses pembuatan sate biasa. Hidangan ini sangat dicari oleh wisatawan karena rasanya yang lezat, hasil dari perpaduan rasa gurih daging babi yang dibakar dan dilumuri sambal yang pedas membuatnya dinikmati oleh berbagai kalangan.</br>Meskipun sate ini juga dapat ditemukan di daerah Lombok atau Denpasar, namun sate ini juga populer di Buleleng. Tidak hanya rasanya yang enak dan lezat, harga sate yang terbuat dari daging babi tusuk ini pun sangat terjangkau.ging babi tusuk ini pun sangat terjangkau.)
  • Survivor  + (Kumpulan gambar hitam putih oleh ManButur Kumpulan gambar hitam putih oleh ManButur yang didedikasikan untuk makna dan nilai Pohon. ManButur Suantara diwawancarai Sawidji Gallery untuk artikel 'I Hear You Tree'. Bagian dari beberapa diskusi tentang kekuatan dan kontribusi Pohon dalam kehidupan manusia. Seperti yang diawali perupa Made Budiarta dalam 'Peresmian Pohon.rupa Made Budiarta dalam 'Peresmian Pohon.)
  • Kunjarakarna  + (Kunjarakarna adalah prosa Jawa kuno yang dKunjarakarna adalah prosa Jawa kuno yang dibuat pada masa kerajaan Kediri, sekitar abad kedua belas. Tidak diketahui pasti siapa penulis kitab bernuansa Buddhisme ini. </br></br>Ada seorang yaksa (makhluk setengah dewa, setengah iblis) bernama Kunjarakarna. Dia bertapa di Gunung Mahameru agar di kelahiran selanjutnya dia bisa menjadi manusia dan memiliki wajah yang tampan. Suatu ketika, dia diizinkan menghadap Wairocana (Sang Buddha). Atas karunia Buddha, yaksa itu diizinkan melihat neraka dan bertemu Batara Yama.</br></br>Di sana dia mendengar kabar bahwa temannya Purnawijaya akan mati dalam beberapa hari dan disiksa di neraka. Kunjarakarna memohon kepada Buddha agar dia diperbolehkan memberitahu kawannya. Buddha Wairocana kemudian mengizinkan dia mengabari kawannya.</br></br>Purnawijaya kemudian diajak melihat neraka dan bersiap untuk mati. Dia kemudian berpamitan dengan istrinya. Karena Purnawijaya dan Kunjarakarna tekun dalam pertobatan mereka sebelum mati, Purnawijaya akhirnya hanya disiksa di neraka selama sepuluh hari, lalu dihidupkan kembali. </br></br>Akhirnya, Purnawijaya dan Kunjarakarna bertapa di Gunung Mahameru dan sepenuhnya menekuni ajaran Sang Buddha.an sepenuhnya menekuni ajaran Sang Buddha.)
  • Empas Teken Angsa  + (Kura-kura dan Angsa Dikisahkan ada sebuaKura-kura dan Angsa</br> </br>Dikisahkan ada sebuah telaga indan nan asri. Telaga itu diberinama Kumudawati. Di tepi telaga tumbuh aneka bunga, semuanya sedang bermekaran. Ada tunjung merah, tunjung putih, tunjung biru, jempiring, dan aneka bunga lainnya. Di telaga itu ada angsa jantan dan betina sedang mandi. Angsa betina bernama Ni Cakranggi dan yang jantan I Cakrangga. Di telaga itu juga ada kura-kura jantan dan betina. Kura-kura betina bernama Ni Kecapa dan yang jantan bernama Durbudi. Sepasang angsa dan sepasang kura-kura itu sudah lama menetap di telaga Kumudawati. Mereka adalah sabahat baik, sudah seperti keluarga. Hidup tolong menolong, penuh welas asih. </br></br>Lama kelamaan, air telaga Kumudawati menyusut. Musim kemarau panjang, debit air di telaga tersebut menyusut. Kehidupan semakin sulit. Sumber makanan makin langka. Sepasang angsa itu berniat meninggalkan telaga Kumudawati. Mereka ingin pindah dan mencari tempat lain yang airnya berlimpah. Mereka teramat sedih meninggalkan telaga Kumudawati, apalagi akan berpisah dengan sahabat mereka, sepasang kura-kura. Meski berat, sepasang angsa kemudian menyampaikan keinginan mereka pindah tempat kepada sepasang kura-kura. </br></br>“Duhai kura-kura, sahabatku. Abang minta kepada kalian berdua untuk tinggal baik-baik di sini. Abang bersama Ni Cakranggi akan meninggalkan kalian berdua. Abang akan pulang kampung. Abang akan pergi ke Gunung Imawan, di sana ada telaga Manasar yang airnya tak pernah surut meskipun kemarau panjang. Air telaga Kumudawati semakin menyusut akibat kemarau panjang, maka kami berdua akan pergi mencari telaga lainnya,” ucap angsa jantan.</br></br>Mendengar informasi dari angsa jantan, sepasang kura-kura pun bersedih, dada terasa sesak. Sepasang kura-kura pun pasrah dan berharap diajak serta. “Ikhlaskah abang meninggalkan kami berdua di tempat ini. Pastilah kami berdua akan mati sengsara di tempat ini. Jika begini keadaannya, pastilah abang menganggap kami bukanlah sahabat lagi. Tegakah abang meninggalkan kami berdua hidup sengsara di tempat ini. Jika benar kita bersahabat melebihi keluarga, baik buruk mari kita jalani bersama-sama. Ajaklah kami ikut ke tempat yang abang tuju.”</br></br>Mendengar permintaan kura-kura seperti itu, angsa pun menjawab. “Baiklah kalau begitu keinginan kalian berdua. Abang ada akal untuk bisa mengajak kalian pindah dari tempat ini. Ini ada ranting pohon, gigitlah dengan kuat. Abang dan Ni Cakranggi akan menggigit di kedua ujung ranting pohon ini. Namun dalam perjalanan, jangan sesekali kalian berbicara walaupun ada yang bertanya. Meskipun ada yang melontarkan kata-kata kirang pantas, jangan sesekali kalian menjawabnya. Ingatlah pesanku ini, jangan mengingkari kesepakatan ini. Jika kalian mengingkarinya, nyawa taruhannya. Kalian akan binasa.”</br></br>Bahagia sekali sepasang kura-kura diajak serta meninggalkan telaga Kumudawati. Mereka bergegas menggigit ranting pohon yang diberikan oleh angsa. Sementara di kedua ujung ranting pohon, angsa menggigit dengan kuat lalu menerbangkan sepasang kura-kura itu. Mereka terbang rendah melewati jurang, tebing, dan gunung yang tinggi. Singkat cerita, mereka terbang di atas hutan Wirajenggala. Di hutan itu ada sepasang anjing sedang berteduh di bawah pohon. Anjing betina bernama Ni Angsing, dan anjing jantan I Angsang. Saat itu, Ni Angsing mendongak ke atas dan melihat angsa menerbangkan kura-kura. Ni Angsing terkejut dan menyampaikan kabar itu kepada suaminya. </br></br>“Kakak, lihatlah ke atas, ada angsa menerbangkan kura-kura. Kemanakah mereka itu?”</br>I Angsang menjawab, “Ah, mimpi kau dik. Ngga ada dalam kamus kehidupan angsa menerbangkan kura-kura. Itu bukan kura-kura tapi kotoran sapi kering.”</br></br>Mendengar perkataan anjing seperti itu, sepasang kura-kura marah. Mereka tidak terima dikatakan tai sapi. Emosi mereka memuncak, mereka berniat menjawab omongan sepasang anjing yang menyakitkan. Baru buka mulut, sepasang kura-kura terjatuh ke tanah. Mereka berdua pun mati. </br></br>Sepasang anjing teramat gembira mendapatkan daging kura-kura yang lezat. Sementara sepasang angsa bersedih melihat kawan karib mereka mati. Mereka menyesali perbuatan sepasang kura-kura yang tidak menepati janji. Ingkar janji, mereka pun mati.pati janji. Ingkar janji, mereka pun mati.)
  • Farmers Rise during a Pandemic  + (kurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengakurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengalami masalah seperti covid 19. Membahas tentang bangkit petani selama pandemi. Banyak yang merasa kekurangan biaya , mencari kebutuhan sehari-hari.lama kelamaan terasa susah dan berat jika menjalani hal ini. Upacara yang patut dilaksanakan,dan kegiatan masyarakat petani yang tidak dapat dipisahkan. Di kala masyarakat sudah mebangkitkan usaha pertanian walaupun ini masih ada covid 19 untuk itu sudah memberikan vaksin yang sudah ditentukan oleh pemerintah.dan juga menerapkan menjaga pertokol kesehatan, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masyarakat petani tidak pernah mengeluh untuk mencari nafkah sampai teruskan semangatkan perjuangan petani.walaupun perjalanan yang masih dari nol. Di saat perjualan ekonomi ini seperti menjual beras,bunga yang sudah panen . jika dirasakan dengan harga yang sangat murah walaupun sudah berjuang hasil berkebun selama petani.jangan mengeluh kita harus semangat ,bangkit terus petani. Semoga apapun menghasilkan mengerjakan hasil panen selama petani tetap bangkit semangat terus walaupun masih selama pandemi ini.t terus walaupun masih selama pandemi ini.)
  • Pale Dark of World Life  + (Kurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengalKurang lebih 1 tahun berjalan dunia mengalami masalah seperti ini. Membahas tentang masalah covid-19 yang menyebabakan masyarakat kehilangan pekerjaan, kegiatan terbatas,dan tidak bisa melakukan kegiatan dengan banyak orang. Hingga sekarang belum ada yang bisa menjawab tentang ini. Jika dirasakan perlahan habis harta kekayaan yang didapatkan dan dikumpulkan dari sejak dulu yang kini habis di era pandemi. Hingga sekarang tidak bisa dijelaskan. Jika berdagang pasti akan sulit untuk membujuk pembeli. Jika mencari pekerjaan, tidak akan ada yang menerima. Lama kelamaan terasa susah dan berat jika menjalani hal ini. Upacara yang patut dilaksanakan, dan kegiatan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi biaya yang sulit diketahui datangnya dari mana. Hingga sekarang, mudah-mudahan, karena harapan semua masyarakat. Pariwisata Bali bisa dilaksanakan, karena program vaksinasi sudah dilaksanakan dengan lancar. Semoga menimbulkan rasa semangat untuk melewati gelapnya jalan kehidupan dunia ini.lewati gelapnya jalan kehidupan dunia ini.)
  • Kirangnyané Kawigunan Basa Bali Pinaka Basa Ibu ring Bali  + (Kurangnya Bahasa Bali sebagai bahasa ibu di masyarakat Bali. Sebagian besar generasi saat ini sudah jarang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa sehari-hari mereka.)
  • Kirangnyane Pendidikan Karakter Para Yowana Bali ring Aab sakadi Mangkin  + (KURANGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PARA REMAJA KURANGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PARA REMAJA BALI DI ZAMAN SEKARANG </br></br>Om Swastyastu Yang saya hormati para dewan juri. Dan juga, para hadirin yang saya banggakan. Rasa syukur saya panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas restu dan anugrah-Nya, kita bisa berkumpul di tempat yang sama di hari yang baik ini. Hadirin sekalian yang sudah berkumpul disini dalam acara Wikithon Partisipasi Publik Bali Berorasi. Hari ini, izinkan saya mempersembahkan orasi yang berjudul “Kurangnya Pendidikan Karakter Para Remaja Bali di Zaman Sekarang”.</br></br>Baik, hadirin sekalian pastilah kita semua tahu Pendidikan karakter sendiri adalah seni memahami dan bertindak sesuau norma yang berlaku agar kedepannya menjadi orang yang berkarakter yang baik dan kuat agar di masa depan kita bisa memuliakan nama bangsa. Saat ini di Bali khususnya di kalangan remaja tengah menghadapi permasalahan yang amat serius yaitu menurunnya moral dan karakter. Ini mulai terlihat jelas pada saat pandemi Covid-19 saat para anak remaja libur sekolah, mereka hanya berkutat pada social media, para remaja menjadi tidak tahu apa yang merupakan konten bermanfaat, apa yang merupakan konten yang merugikan. Misalnya mengikuti trend konten yang tidak bermanfaat, kata-kata kasar banyak yang diucapkan di social media tanpa disensor, menyebarnya berita-berita hoax,banyak konten konten yang menormalisasikan hal yang buruk, dan perilaku hidup konsumtif karena tren barang yang viral di social media yang bisa di beli melaui aplikasi belanja online.</br> Dampak dari hal tersebut membuat remaja saat ini telah terpengaruh oleh hedonisme dan kehidupan yang tidak mengenal batas. Betapa mirisnya kita melihat karakter generasi muda sekarang, dengan adanya sosial media dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang pemakaiannya dengan konten-konten yang dipertontonkan mengikuti trendsetter sangat mempengaruhi tumbuh kembang karakter generasi sekarang menjadi sangat liar.</br>Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai seorang anak. Hal ini dikarenakan kurangnya pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di rumah maupun di sekolah. Bahkan saat ini sekolah hanya mementingkan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar memiliki karakter yang baik. Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Oleh karena itu, yang kita butuh saat ini adalah pendidikan karakter agar bisa mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini dan untuk kedepannya. Jadi kami harap kepada pemimpin yang akan terpilih nanti di tahun 2024 semoga bisa melaksanakan kegiatan nyata untuk menangani hal ini, karena ini menyangkut kualitas generasi yang akan menjadi pemimpin di masa depan</br>Mari bersama-sama menyelamatkan anak remaja yang nantinya sebagai generasi penerus agar tidak semakin terpengaruh dampak negatif teknologi dan lingkungan. Jangan sampai Bali dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang krisis akan karakter dan moral.</br>Jika ada yang kurang berkenan saya mohon maaf dan akhir kata saya tutup dengan Parama Santhi.</br></br>Om Santhi, Santhi, Santhi, Omama Santhi. Om Santhi, Santhi, Santhi, Om)
  • Red Chair and the White Room  + (Kursi MErah dan Ruang Putih adlah penyajiaKursi MErah dan Ruang Putih adlah penyajian mixed media dengan mengeksplorasi perubahan sosial dan budaya melalui narasi potret simbolik. Sebuah Kolaborasi Sawidji yang melihat perubahan sosial dan budaya saat ini melalui narasi potret simbolik. Dengan seni dan fotografi oleh D.D Reich dan ManButur Suantara. Dengan tambahan kostum dan dukungan instalasi oleh Juniari dan Meliani.</br></br>Kutipan:</br></br>Ini bukan cerita tentang laki-laki dan perempuan.. Kisah potret kita adalah salah satu dari kita semua. Setiap potret membawa kita melalui sebuah transformasi. Transformasi yang terhubung dan merepresentasikan realitas kolektif yang kita hadapi sebagai komunitas tradisional. Nikmati Narasi Daring dari pameran ini.</br>https://sawidji.com/2022/08/17/red-chair-and-the-white-room-a-collaboration/-chair-and-the-white-room-a-collaboration/)
  • Kuttara Kanda Dewa Purana Bangsul  + (Kuttara Kanda Dewa Purana Bangsul adalah kKuttara Kanda Dewa Purana Bangsul adalah kitab suci semi-mitos tentang asal usul para dewa di Bali. Penulis dan tahun asli narasi ini tidak diketahui, dan telah diterjemahkan dan ditransliterasi berkali-kali hingga tahun 1978 oleh I Gusti Agung Gede Suhurta. Narasi ini unik karena menggambarkan panteon khusus dewa yang berbeda dari apa yang sekarang diterima secara luas di Bali sebagai Dewata Nawa Sanga (sembilan dewa utama). Diasumsikan bahwa narasi ini berasal dari abad-abad sebelum kedatangan budaya Hindu Majapahit pada abad ke-14 M, dan pengaruhnya yang kuat pada abad ke-16 M.</br>Pulau Bali, sebagaimana disebutkan dalam teks ini, dulu disebut sebagai Pulau Bangsul. Pulau Bangsul konon muncul dari dalam air (lautan). Ini mungkin sesuai dengan formasi geologi pulau Bali jutaan tahun yang lalu menurut data geologi dan vulkanologi yang diperoleh dari Batur Global Geopark.</br>Melihat Pulau Bangsul tidak stabil akibat aktivitas vulkanik masif, Batara Pasupati (manifestasi lain dari Siwa) mengirimkan sebelas dewa yang ternyata adalah keturunannya sendiri. Beberapa penafsir seperti Puspawati et.al. (2018) mengatakan bahwa pulau Bangsul secara politik labil pada waktu tertentu di masa lalu, namun disimbolkan secara fisik sebagai pulau yang tidak stabil dan tidak layak untuk menopang kehidupan.</br>Batara Pasupati kemudian bersemedi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Narasi ini menyiratkan bahwa Batara Pasupati bukanlah Tuhan Yang Maha Esa. Beliau mungkin adalah perwakilan dari dewa yang tertinggi, atau dewa utama dari jajaran dewa. Dari meditasinya yang dalam, dia dikaruniai tujuh orang anak. Kelompok pertama adalah Dewa Putrajaya, Dewa Gnijaya dan Dewi Danu. Kelompok kedua terdiri dari enam dewa: Dewa Manik Galang, Dewa Manik Gumawang, Dewa Tugu dan Dewa Tumuwuh. Mereka dikirim ke berbagai penjuru Bali dan menguasai unsur alam seperti pegunungan, danau, pantai, persawahan, dan pura kahyangan tiga (tiga pura utama di setiap desa adat).</br>Keberadaan para dewa yang menguasai ekosistem penting di Bali akhirnya berkontribusi pada karisma 'taksu' ekosistem tersebut. Secara spiritual, taksu inilah yang memotivasi masyarakat Bali untuk mengontrol dan melestarikan ekosistem. Masyarakat percaya bahwa jika ekosistem yang menguasai dewa-dewa tersebut di atas terganggu, maka bencana akan datang.</br>Pada bab pertama dijelaskan bahwa sebelas dewa diciptakan untuk menstabilkan kemakmuran dunia. Mereka mengelilingi Pulau Bali dan bersemayam di gunung-gunung yang dibuat dari potongan Gunung Mahameru oleh ayah mereka di era maritim. Di era maritim Hyang Pasupati memotong puncak Gunung Mahameru. Dua buah itu dibawa ke Bali dan menjadi Gunung Agung dan Gunung Batur. Satu buah dibawa ke Pulau Lombok dan menjadi Gunung Rinjani. Potongan-potongan kecil Gunung Mahameru berjatuhan di seluruh Bali. Salah satunya jatuh di bagian barat Pulau Bali dan menjadi Gunung Batukaru (Batukau atau Watukaru) yang dikenal sebagai gunung tertinggi kedua di Bali.</br>Dalam Bab II dijelaskan lima orang suci 'rsi' yang disebut Panca Pandita. Mereka adalah guru-guru asli orang Bali yang disuruh menulis dan mengajarkan ajaran agama, ilmu spiritual dan ketertiban sosial kepada masyarakat Bali.</br>Kemudian pada bab ketiga terdapat narasi tentang penciptaan enam dewa yang dikenal dengan Dewata Sadkṛti. Mereka bertanggung jawab untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Bali dengan menguasai enam harta karun yang disebut Sad Kertih yaitu Girikṛti (pegunungan), Wanakṛti (hutan), Sagarakṛti (lautan), Ranukṛti (danau), Swikṛti (sawah), dan Jagakṛti (daratan).</br>Bab terakhir menceritakan tentang Hyang Pasupati (Bhatara Guru) dan istrinya, Bhatara Umadewi, dan putra mereka, Bhatara Gana, langsung turun dalam wujud Dewa Tri Kahyangan, yang bertempat tinggal di setiap desa adat di Bali. Rekan-rekan mereka yang menemani mereka tinggal di alun-alun(perempatan), kuburan, dan sawah. Setiap orang harus menghargai dan menghormati simbol-simbol spiritual ini.n menghormati simbol-simbol spiritual ini.)
  • Kembali ke Akar  + (Lagu "Kembali ke Akar" berbicara tentang pLagu "Kembali ke Akar" berbicara tentang pentingnya manusia untuk memahami jati diri. Navicula mencoba mengajak pendengarnya untuk merenung dan kembali memaknai kearifan yang ditinggalkan oleh para leluhur.</br></br>"...Kita lupa daratan, air, dan udara / di tanah yang dipijak dan langit di atasnya/ Kembali ke akar...</br></br>Siapa diri kita, jangan sampai lupa / Apa yang kita punya, itulah yang kita jaga/ Kembali ke akar..."itulah yang kita jaga/ Kembali ke akar...")
  • Wujud Cinta  + (Lagu ini adalah persembahan cinta sang AyaLagu ini adalah persembahan cinta sang Ayah yaitu Robi Navicula kepada anaknya Rimba yang menginjak usia lima tahun. Selain itu lirik lagu ini juga memaknai bentuk cinta raga ibu yang dengan alami dan tulus melindungi, memelihara dan menciptakan kehidupan di bumi ini.ara dan menciptakan kehidupan di bumi ini.)
  • Kangoang Luh  + (Lagu kanggoang luh bertemakan menasehati dLagu kanggoang luh bertemakan menasehati dan memberi pengertian kepada istri untuk bergaya pola hidup sederhana di masa new normal pasca covid 19 ini! Dimana ekonomi masyarakat yang belum pulih! Sehingga kita benar-benar harus mengencangkan ikat pinggang dalam menjalani hidup dimasa sekarang ini! Lirik yang sederhana dan dikemas dengan musik gitar akustik semoga bisa memberi warna dalam belantika musik pop bali!beri warna dalam belantika musik pop bali!)
  • Mejangeran  + (Lagu mejangeran adalah lagu daerah Bali yang telah terkenal ke mancanegara. Lagu ini mengisahkan seorang gadis menawan yang sedang memetik bunga. Lagu ini juga dinyanyikan dalam tarian pergaulan di Bali yaitu tari janger.)
  • Arak Orin  + (Lagu terbaru dari Widi Widiana rilis pada April 2022.)
  • Different is Beautiful, Bhinneka Tunggal Ika Unites  + (Lahir dan tumbuh di negara Indonesia adalaLahir dan tumbuh di negara Indonesia adalah sebuah anugerah, karena negeri ini penuh dengan keberagaman suku, budaya, dan agama. Namun dipersatukan dalam Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan diciptakan oleh tuhan agar kita mampu saling melengkapi satu sama lain, bukan sebagai alasan untuk terus menciptakan perselisihan antar keyakinan, karena setiap agama pasti mengajarkan umatnya untuk saling mengasihi satu sama lain. Hidup berdampingan secara harmonis adalah impian semua lapisan masyarakat, menjaga kerukunan adalah hal yang harus senantiasa dilakukan di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, banyaknya ujaran kebencian, provokasi bahkan aliran radikalisme yang tersebar luas dikhawatirkan dapat mengikis rasa kebhinekaan masyarakat Indonesia. Istilah minoritas dan mayoritas bukan dimaknai dari berapa banyak jumlah penganut dari agama bersangkutan, tetapi ada sesuatu yang penting untuk disadari bahwa negara kita telah mampu mengimplementasikan nilai pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk memeluk keyakinannya masing-masing dan menjalankan ajaran agamanya. Sebagai generari muda Indonesia, kita mempunyai kewajiban untuk tetap menjunjung nilai toleransi antar keyakinan, menyebarluaskan hal-hal positif terkait kehidupan masyarakat beda agama yang mampu hidup berdampingan secara harmonis bahkan ada juga yang berbagi tempat ibadah pada area yang sama. Melakukan aksi nyata yang bukan sekadar mampu menyebutkan ajaran agama tentang kerukunan tapi tidak mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya untuk sejak dini aktif bermasyarakat sehingga terbiasa hidup berdampingan tanpa memandang perbedaan yang ada pada setiap individu. Dengan demikian, rasa saling memiliki dan sikap gotong royong akan membuka pandangan kita bahwa perbedaan itu sangatlah indah. kita bahwa perbedaan itu sangatlah indah.)
  • Lestarikan Jagat Irage  + (Lakukan sedikit kebaikan Anda di mana pun Lakukan sedikit kebaikan Anda di mana pun Anda berada, melalui hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya & mendaur ulang apa yang bisa di daur ulang, maka itulah yang dapat membuat kita terbebas dair sampah plastik dan sampah-sampah lainnya yang dapat mencemari lingkungan sekitar kita. yang dapat mencemari lingkungan sekitar kita.)
  • Tulungin, Noe Limuh!  + (Lana, Noe, Putra, dan Bima bermain sepatu roda di lapangan GOR. Tiba-tiba Noe pingsan, bagaimanakah cara membantu orang pingsan?)
  • Changes Land Use in Land Consolidation Area in Seminyak, Kuta  + (Land Consolidation (LC), merupakan solusi Land Consolidation (LC), merupakan solusi pemerintah dalam pengadaan tanah untuk pembangunan. Selain itu, LC bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan menata kembali bidang-bidang tanah agar lebih tertata dan dilengkapi dengan prasarana lingkungan, serta penguasaan lahan sesuai dengan rencana penggunaan lahan. Letak kawasan konsolidasi lahan di Desa Seminyak yang dekat dengan pusat pemerintahan, perekonomian dan pariwisata berimplikasi pada tata guna lahan di kawasan tersebut. Fenomena penggunaan lahan yang terjadi di kawasan ini cenderung mengabaikan tata ruang yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan semakin banyak pelanggaran penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukan ruang, sehingga menimbulkan konflik tata ruang dan kekacauan dalam penataan ruang wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan pada kawasan konsolidasi lahan di Desa Seminyak dan faktor dominan yang melatarbelakangi perubahan penggunaan lahan tersebut. Metode kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan, dan faktor-faktor dominan tersebut. Data primer diperoleh dari observasi, dokumentasi langsung, dan hasil wawancara dengan informan yang ditentukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian penggunaan lahan dengan rencana tata ruang pada kawasan peruntukan pemukiman dan ruang terbuka hijau. Faktor dominan yang melatarbelakangi perubahan tata guna lahan adalah faktor penegakan hukum, kemudian faktor lingkungan, faktor ekonomi, dan faktor sosial budaya. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang agar tercipta pemanfaatan ruang yang aman, nyaman dan berkelanjutan.ruang yang aman, nyaman dan berkelanjutan.)
  • Efektivitas Public Figure & Pelatihan untuk Masyarakat Dalam Meningkatkan Pariwisata di Bali  + (Langkah kreatif harus dilakukan pemerintahLangkah kreatif harus dilakukan pemerintah guna membangkitkan sektor pariwisata di Bali. menurut saya langkah awal yang harus segera diambil adalah memberikan ruang kepada alam-alam di Bali untuk dilakukan Konservasi, mengingat pada masa pandemi ini adalah kesempatan untuk membuat alam kembali merekah. langkah kedua, pemerintah harus lebih peduli lagi terkait pembersihan sampah-sampah di are pantai-pantai dan tempat-tempat pariwisata di Bali guna mewujudkan konservasi yang baik. Langkah berikutnya adalah membuat suatu konten yang memberikan infomasi terkait sektor-sektor pariwisata di bali yang belum banyak masyrakat tahu. berikan konten mengenai pariwisata bali yang menginduk pada budaya bali karena budaya bali merupakan salah satu yang terkenal sampai tingkat internasional. menurut saya Pariwisata Budaya Bali harus lebih diperluas lagi dengan syarat-syarat ketat demi menjaga kelestarian alam dan budaya itu sendiri. caranya, dengan mendatangkan publik figure yang mempunyai sebuah power positif dalam menyuguhkan konten untuk masyarakat luas.</br></br>Namun, sebelum itu dilaksanakan Pemerintah diharapkan dapat memberikan seminar untuk para masyarakat Bali yang sudah bergerak dan membantu dalam sektor Pariwisata di Bali. Hal ini untuk mencegah adanya ketidakpahaman dalam penerapan sektor wisata pada masa pandemi Covid-19. Dan langkah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai wadah dalam gotong-royong mewujudkan impian bersama untuk membangkitkan kembali Pariwisata di bali saat kini dan nanti...</br></br>Mengingat era digital telah mempermudah kita dalam membuat konten dan menjadikan konten tersebut sebagai media dalam promosi. Dan, Era digital telah banyak melahirkan Publik figure yang lebih kreatif dalam memberikan konten bermanfaat. Oleh karena itu berkerjasama dengan Publik Figure dan masyarakat Bali yang bergerak dalam pariwisata adalah langkah yang harus dicoba dan direalisasikan dalam membangkitkan sektor pariwisata di Bali oleh Pemerintah.</br></br>Tapi tentu, Konservasi alam harus lebih diutamakan demi memberikan pengalaman estetik pada setiap turis dalam negeri atau asing ketika berpariwisata/bepergian di Bali.ng ketika berpariwisata/bepergian di Bali.)
  • Partisipasi Untuk Meningkatkan Pariwisata Bali.  + (langkah-langkah yang harus dilakukan saat langkah-langkah yang harus dilakukan saat ini dan nanti tentang apa yang perlu dilakukan untuk membangkitkan pariwisata di Bali di kala pandemi. Yaitu dengan wajib vaksin yang merupakan salah satu upaya wujud mendukung pemulihan pariwisata di Bali, membangun spirit dan komitmen bersama seluruh stakeholder pariwisata bali dalam kembangkitkan kembali sektot pariwisata dikala pandemi covid-19 dengan menerapkan secara sungguh sungguh disiplin protokol kesehatan untuk mengembalikan kepercayaan dunia. tidak hanya itu saja, diharapkan bagi pemerintah untuk pemulihan pariwisata di Bali diperlukan beberapa tahapan, seperti yang saya ketahui dan pernah saya baca pertama dengan meningkatkan domestik market. Kedua membuka esensial bussines travel, agar membuka penerbangan internasional karena dirasa Bali sudah siap menerima kedatangan internasional.ah siap menerima kedatangan internasional.)
  • The Effect of Creative Arts Therapy on Stress Level and Blood Pressure of The Elderly with Hypertension  + (Lansia rentan terhadap hipertensi akibat aLansia rentan terhadap hipertensi akibat akumulasi gaya hidup tidak sehat dalam waktu yang lama dan dapat diperburuk oleh stres akibat ketidakmampuan beradaptasi dengan penurunan kondisi fisik, perubahan peran dan hubungan sosial, kemampuan ekonomi, penyakit degeneratif dan pengobatan dalam jangka panjang. Faktor risiko hipertensi dapat disebabkan oleh stres. Manajemen stres dapat dilakukan dengan kombinasi terapi seni kreatif yaitu menyanyi, menggambar, dan mendongeng yang memiliki efek relaksasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi seni kreatif terhadap tingkat stres dan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di Desa Kesiman Kertalangu Kota Denpasar Timur, Bali, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-tes dan pos-test. Sampel yang digunakan adalah 63 lansia penderita hipertensi yang mengalami stres ringan dan sedang dengan teknik sampling acak sederhana yang dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan dengan jumlah masing-masing kelompok 21 lansia. Tingkat stres hipertensi dievaluasi menggunakan The Stress Assessment Questionnaire dan pengukuran tekanan darah menggunakan manometer. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa terapi seni kreatif dapat menurunkan stres lansia secara signifikan dengan p value 0,000<0,05. Rata-rata tekanan darah pada terapi seni kreatif mengalami penurunan d. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai p nilai tekanan darah (sistole;diastole) untuk menyanyi (0,002;0,014), mendongeng (0,009;0,008) dan menggambar (0,016;0,011) < 0,05 yang artinya ada pengaruh terapi tersebut terhadap lansia tekanan darah. Hasil analisis Ancova menunjukkan tidak ada perbedaan hasil tekanan darah setelah setiap intervensi diberikan pada lansia (p value 0,244>0,05 untuk sistol dan p value 0,738>0,05 untuk diastol). Itu berarti bahwa setiap intervensi memiliki efek yang sama pada penurunan tekanan darah. Terapi seni kreatif memberikan efek relaksasi saat melakukan aktivitas seni sehingga perasaan menjadi tenang dan merangsang proses penyembuhan. Penelitian lebih lanjut dengan jumlah penduduk yang lebih besar perlu dilakukan peningkatan kesadaran masyarakat akan manfaat terapi seni kreatif untuk menurunkan stres dan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.es dan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.)
  • Historical Sites and Places About Puputan Badung  + (Lapangan Puputan Badung diambil untuk mengLapangan Puputan Badung diambil untuk mengenang jasa patriotisme I Gusti Ngurah Made Agung, beliau dalam mengusir penjajah Belanda. Peristiwa terjadi pada tanggal 20 September 1906, sehingga untuk memperingati peristiwa perang Puputan Badung tersebut Raja Badung ke VII pada waktu itu, maka dibuatkan monumen Tugu disisi utara lapangan Puputan Badung. Selain tempat rekreasi kita juga bisa sambil belajar bagaimana sejarah peperangan yang ada di Bali.imana sejarah peperangan yang ada di Bali.)
  • Literature Lapangan renon  + (Lapangan renon udah ada dari dulu. Lapangan renon salah satu eisata yang banyak pengunjung nya. Disana ada aja yang buang sampah sembarangan)
  • Dadalan Sejarah Wangunan Monumen Perjuangan Rakyat Bali  + (LATAR BELAKANG DIDIRIKANNYA MONUMEN PERJUALATAR BELAKANG DIDIRIKANNYA MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT BALI</br> </br>Perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda terjadi hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. Tekanan dan penindasan yang dilakukan secara sewenang-wenang oleh pihak Belanda telah memunculkan berbagai pemberontakan di beberapa wilayah kerajaan maupun kesultanan yang berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda di Indonesia. Namun dengan mudah pemberontakan tersebut dapat dipadamkan oleh pihak Belanda dengan siasat devide et impera yaitu dengan memecah belah kekuatan kerajaan atau kesultanan dengan taktik mengadu domba diantara keluarga raja dengan raja, raja dengan rakyat, dan rakyat dengan rakyat.</br>Namun pengalaman perang yang cukup panjang serta semakin banyaknya pemuda Indonesia yang dapat mencapai pendidikan tinggi telah membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan dari berbagai lapisan masyarakat dan suku bangsa yang ada di Indonesia dalam mengusir penjajah. Persatuan dan kesatuan tersebut telah dirintis oleh para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, yang akhirnya pada tanggal 28 Oktober 1928 dicetuskan dalam pernyataan Sumpah Pemuda. Pernyataan itu diikuti oleh organisasi pemuda dari berbagai pulau dan suku di Indonesia antara lain Jong Java, Jong Pasundan, Jong Minahasa, Jong Ambon, Jong Celebes (Sulawesi), Jong Madura, Jong Sumatranen, Jong Batak, telah melahirkan gagasan pembentukan Jong Indonesia yang mewadahi semua suku di Indonesia.</br>Gema Sumpah Pemuda tersebut telah membangkitkan pula berbagai organisasi kepemudaan di Indonesia. Salah satu organisasi terkenal antara lain adalah Sarekat Islam, yang semula sebagai gerakan agama semata, kemudian berkembang menjadi gerakan rakyat pertama di Indonesia, selanjutnya muncul juga partai Indische Partij yang bererak di bidang politik. Pada saat itu di pulau Jawa bermunculan tokoh-tokoh nasionalis seperti dr, Soetomo, HOS Cokroaminoto, Suwardi Suryaningrat (Ki Hadjar Dewantoro), Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, Agus Salim, Soekarno, Muhammad Hatta, dan sebagainya. Kepeloporan mereka akhirnya juga memberikan inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk berbuat yang sama yakni menggalang persatuan dan kesatuan dalam mengusir penjajahan Belanda, salah satunya adalah perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Bali.</br>Pulau Bali merupakan salah satu basis perjuangan melawan Belanda, antara lain yang terkenal adalah Perang Jagaraga tahun 1848-1849 di Buleleng, Perang Kusamba tahun 1849, Perlawanan Rakyat Banjar tahun 1868, Perang Puputan Badung tahun 1906 yang dilancarkan oleh Raja Badung, Puputan Klungkung tahun 1908 dan juga Perang Puputan Margarana di Desa Marga, Tabanan yang dilakukan oleh Letkol I Gusti Ngurah Rai beserta Laskar Ciung Wanara yang telah melakukan perang habis-habisan (Puputan) melawan Belanda pada tahun 1946.</br>Perjuangan tersebut meninggalkan kenangan yang mendalam bagi rakyat Bali, sehingga untuk mengenang jasa-jasanya didirikanlah monumen, nama jalan, nama lapangan terbang, dan sebagainya. Pemberian penghargaan atas jasa Beliau tersebut semata-mata karena Beliau telah memberikan tauladan kepada generasi muda dalam perjuangan membela kemerdekaan yang dilakukan tanpa pamrih. Perhatian pemerintah terhadap jasa para pejuang di Bali diwujudkan dengan dibangunnya sebuah monumen agung yang berlokasi di area Niti Mandala, Denpasar dikenal dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Bali.</br>Apa yang disajikan di dalam monumen ini, adalah untuk mengenang kembali seluruh perjuangan para pahlawan Bali sebelum maupun setelah kemerdekaan, diharapkan pula bahwa monumen ini juga akan memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan apresiasi generasi muda dalam menghayati nilai-nilai patriotik yang ditunjukkan oleh para pahlawan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya dalam membela harga diri dan martabat bangsanya tanpa pernah mengharapkan balas jasa.</br>Yang membanggakan dari pembuatan desain Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini adalah seorang generasi muda bernama Ida Bagus Gede Yadnya yang pada waktu itu statusnya masih mahasiswa pada jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Denpasar. Beliau berhasil memenangkan dan menjadi juara dalam sayembara pembuatan desain Monumen Perjuangan Rakyat Bali yang dilakukan pada tahun 1981 dengan menyisihkan para arsitek seniornya yang ada di Bali.</br>Setelah diadakan penyempurnaan rancangan dan gambar, pada bulan Agustus 1988 melalui anggaran Pemerintah Daerah Propinsi Bali dilakukan peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan monumen. Setelah melalui berbagai hambatan dan cobaan karena terjadi depresiasi uang Rupiah di tahun 1997, akhirnya monumen ini dapat diselesaikan juga pada tahun 2001. Setelah itu, pembanguan masih dilanjutkan dengan pembuatan diorama yang menggambarkan sejarah kehidupan orang Bali dari masa ke masa. Selain diorama juga dibangun pertamanan untuk menambah keasrian dan kenyamanan monumen ini, yang secara keseluruhan dapat diselesaikan pada tahun 2003.</br></br>Pada tanggal 14 Juni 2003, bersamaan dengan Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke- 25 tahun 2003, Presiden RI Megawati Soekarnoputri telah berkenan meresmikan Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Sejak saat itu monumen telah dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.</br>. </br>MAKSUD DAN TUJUAN DIBANGUNNYA MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT BALI</br></br>Maksud pembuatan diorama yang mengisahkan tentang perjuangan rakyat Bali adalah untuk merekonstruksi kembali peristiwa-peristiwa sejarah penting yang pernah terjadi di Bali, sehingga apa yang tersirat didalamnya akan lebih mudah diapresiasikan oleh generasi muda.</br></br>Tujuannya adalah untuk mengabadikan jiwa perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa dan mewariskan semangat patriotisme dalam wujud rela berkorban, cinta tanah air, cinta persatuan dan kesatuan, cinta perdamaian, kebersamaan kepada generasi penerus bangsa, dan yang utama adalah tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).</br>.</br>DASAR FALSAFAH MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT BALI</br>Monumen ini merupakan perwujudan dari Lingga dan Yoni. Lingga adalah Lambang Purusa (pria), sedangkan Yoni adalah Lambang Pradana (wanita). Pertemuan antara kedua unsur tersebut merupakan simbol kesuburan dan kesejahteraan. Selain falsafah Lingga-Yoni. Monumen ini juga dilandasi oleh falsafah kisah Pemutaran Mandara Giri (Gunung Mandara) di Ksirarnawa (Lautan Susu). Kisah ini bersumber dari Kitab Adi Parwa yaitu parwa pertama dari epos Mahabharata. Diceritakan bahwa para Dewa dan Daitya/Raksasa mencari Tirta Amertha (air kehidupan abadi) dengan jalan memutar Gunung Mandara di Ksirarnawa.</br>Adapun pelaksanaan pemutaran Gunung Mandara (Mandara Giri) diatur sebagai berikut.</br>1. Kura- Kura (Akupa) sebagai Dasar Gunung Mandara.</br>2. Naga Besuki sebagai Tali Pengikat dan Pemutar Gunung.</br>3. Para Dewa memegang ekor naga dan para daitya memegang bagian kepala, sedangkan pada bagian atas dari gunung duduk Dewa Ciwa.</br>Setelah bekerja dengan susah payah memutar gunung mandara maka berturut-turut keluar: Ardha Candra (bulan sabit), Dewi Sri dan Laksmi, Kuda Ucaisrawah (kuda terbang), Kastuba Mani (pohon kebahagiaan), dan yang terakhir keluar Dewi Dhanwantari yang membawa Tirta Amertha. Kisah mencari air Amertha inilah yang kemudian direfleksikan pada wujud monumen ini, dengan penjelasan sebagai berikut:</br>1. Guci Amertha disimbolkan dengan Swamba (periuk) yang terletak pada ujung atas monumen.</br>2. Ekor Naga Basuki diwujudkan di dekat periuk.</br>3. Kepala Naga diwujudkan pada Kori Agung.</br>4. Bedawang Nala (Akupa) sebagai landasan monumen terletak pada pinggiran telaga dan kepalanya pada Kori Agung.</br>5. Ksirarnawa (lautan susu) sebagai kolam yang mengelilingi monumen.</br>6. Gunung Mandara (Mandara Giri) sebagai Bentuk keseluruhan bangunan monumen.</br></br>Secara filosofis, para penggagas monumen ini berkeinginan memberi pesan kepada generasi muda bahwa perjuangan untuk mencapai suatu keberhasilan hanya dapat dilakukan dengan kerja keras, tekun, ulet, dan gotong royong seperti yang dikisahkan ketika para Dewa dan Daitya secara bersama-sama mencari kehidupan abadi.</br>Lambang lain yang menggambarkan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) yang terdapat dalam bangunan ini adalah denah bangunan yang berbentuk segi 8 dan bunga teratai yang berdaun delapan. Teratai berdaun delapan disebut Asta Dala sebagai lambang kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Asta Aiswarya, yaitu:</br>1. Anima : sifat yang halus bagaikan kehalusan atom.</br>2. Lagima : sifat yang ringan bagaikan ether.</br>3. Mahima : sifat yang maha besar mengisi semua tempat.</br>4. Prapti : sifat mencapai segala tempat yang dikehendaki</br>5. Prakamya : segala kehendak tercapai olehNya.</br>6. Isitawa : sifat merajai segala-galanya dan paling utama.</br>7. Wasitwa : sifat yang paling berkuasa.</br>8. Yatrakama Wasayitwa : tidak dapat ditentang sifat dan kodratNya.</br>Lambang yang menggambarkan nilai kejuangan dan jiwa nasionalisme dari monumen ini adalah jumlah anak tangga Kori Agung (pintu utama) berjumlah 17 buah, Tiang Agung yang terdapat dalam gedung berjumlah 8 buah, dan tinggi monumen dari dasar sampai puncak 45 meter. Sehingga apabila angka-angka tersebut dirangkai, maka tersusun angka 17, 8 dan 45 yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun Proklamasi Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945.masi Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945.)
  • Minced mid  + (Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali.)
  • Balinese Lawar  + (Lawar adalah masakan berupa campuran sayurLawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging rebus yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu seperti kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar tidak dapat bertahan lama, jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.dara terbuka hanya bertahan setengah hari.)
  • Lawar Godel  + (Lawar Godel menjadi kuliner khas KlungkungLawar Godel menjadi kuliner khas Klungkung yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dicincang dan dicampur berbagai macam bumbu yang nikmat. Makanan ini begitu khas yang biasanya dipadukan dengan kacang yang memberikan sensasi krispy serta nasi putih hangat bikin tambah sedap. </br></br>Serta, makanan ini dapat dijumpai di beberapa tempat di Klungkung yang pastinya memiliki rasa gurih dan begitu sedap.inya memiliki rasa gurih dan begitu sedap.)
  • Land For Flying Kites  + (Layangan adalah budaya kita.kita harus lesLayangan adalah budaya kita.kita harus lestarikan.kalo bukan kita siapa yg lesatarikan.lahan salah satu sudah di keruk.yaitu pantai mertasari.satu satunua sekarang adalah padang galak.isu nya akan di bangun padang galak.semoga pemerintah menyediakan lahan untuk anak anak yg suka menaikan layangan untuk anak anak yg suka menaikan layangan)
  • Literature Melestarikan Ilmu Aji Pangeleakan  + (Leak adalah budaya Bali yang banyak diketaLeak adalah budaya Bali yang banyak diketahui orang, wisatawan dari luar Bali mengira leak adalah hantu Bali, namun yang benar yakni leak adalah ajaran sastra agama yang membuat orang yang mempelajari ilmu leak membayangkan atau melihat Tuhan dengan manifestasi Dewi Durga agar bisa melaksanakan ilmi aji pangleakan tersebut. warga Bali mengira leak atau ilmu ini seperti ilmu hitam, yang digunakan untuk menyakiti dan membahayaka orang Bali lainnya. Namun yang saya baca, ilmu aji pangleakan itu dapat membuat orang yang mempelajarinya menjadi moksa. Moksa dalam agama berarti menyatu dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak bereinkarnasin kembali. Serta ilmu aji pangleakan tersebut dapat mengibati orang yang sakit, tetapi sakit yang dimaksud adalah sakit secara kasat mata, seperti cetik, pelet dan lainnya. Sehingga ilmu ini baik apabila digunakan oleh orang yang berperilaku baik. Apabila yang menggunakannya adalah orang yang berperilaku buruk maka ilmu ini dapat menyebabkan bahaya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama bila mengetahui ada orang yang mempelajari ilmu ini marilah berdiam diri dan jangan mengumbarnya kepada orang lain. Ilmu leak ini bukanlah ilmu hitam namun orang yang mempelajarinya yang menentukan ilmu ini baik atau tidak. Mari kita bersama melestarikan ilmu pangleakan ini bila berkenan.tarikan ilmu pangleakan ini bila berkenan.)
  • Literature Saran Darurat Rakyat tentang Penanganan Covid-19 untuk Pemerintah  + (Lebih dari setahun Indonesia menghadapi paLebih dari setahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, sejak 2 Maret 2020. Namun, Covid-19 belum juga bisa dikendalikan. Justru, tren kasus Covid-19 dan kematian terus meningkat. Dampaknya, rumah sakit banyak yang penuh. Para pasien Covid-19 diminta isolasi mandiri di rumah. Kasus kematian meningkat tajam. Tabung oksigen di rumah sakit pun kian menipis. Sebenernya ada cara lain untuk memutus secara tegas rantai penularan ini dengan mengadakan pembatasan secara total atau lock down. Namun pemerintah lebih memilih opsi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan laju penularan Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali. Memang betul opsi lock down kita harus ekstra menyiapkan diri. Begitu juga negara, yang memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan pokok rakyatnya. Seperti yang tertuang dalam UU. Kendati demikian, dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pun semestinya sudah di siapkan sebelum pemberlakuan tersebut dilaksanakan. Hal inilah yang membuat masyarakat yang sampai saat ini masih saja ada yang melanggarnya. Rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap pemberlakuan ini disebabkan adanya kesalahan pemerintah dalam hal pengambilan kebijakan dan inskonsistensi. Di samping itu adanya tindak kasus korupsi bansos Covid-19 yang sangat melukai rakyat hingga tingkat kepercayaan pun semakin berkurang. Butuh kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dan upaya untuk meningkatkan kualitas kepatuhan masyarakat akan kebijakanlah yang dapat mengakhiri pandemi Covid-19. Pemerintah juga harus menggandeng beberapa tokoh agama, influecer, artis-artis untuk bersama-sama mensosialisasikan tentang pentingnya menjalankan protokol kesehat dengan ketat. </br>Karena PPKM Darurat ini adalah adalah salah satu bentuk ketegasan pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat yang selama ini abai. Abai terhadap protokol tidak hanya membahayakan diri sendiri melainkan lingkungan di sekelilingnya.iri melainkan lingkungan di sekelilingnya.)
  • Legong Kembang Ura  + (Legong ini merupakan karya tari baru yang Legong ini merupakan karya tari baru yang mengambil esensi dari kembang ura yang terdapat pada tari Topeng Sidhakarya. Kembang ura ini adalah simbol kedermawanan dan simbol medana-dana (bersedekah). Makna dari kembang ura adalah kasih sayang pada seluruh semesta agar kesejahteraan dapat terus terjalin dan terjaga dengan baik, hal ini sama dengan Ida Dalem Sidhakarya yang memiliki kasih sayang tak terbatas pada umatnya.ki kasih sayang tak terbatas pada umatnya.)
  • Legong Kuntul  + (Legong Kuntul termasuk ke dalam jenis LegoLegong Kuntul termasuk ke dalam jenis Legong nondramatic yang menggambarkan keanggunan dan keindahan burung bangau di tengah sawah. Gerakan-gerakannya indah dan klasik, mecoba mengimitasi gerakan burung bangau dan dibawakan dengan anggun oleh para penarinya.bawakan dengan anggun oleh para penarinya.)
  • Legong Kupu-Kupu Tarum  + (Legong Kupu-Kupu Tarum adalah Sebuah tarian Legong dengan pakem asli dari Desa Bedulu yaitu jenis tarian klasik yang sudah berusia ratusan tahun. Tarian ini menggambarkan siklus kehidupan seekor kupu-kupu mulai dari kepompong hingga akhir hidupnya.)
  • Legong Pelayon  + (Legong Pelayon Peliatan merupakan tari legLegong Pelayon Peliatan merupakan tari legong klasik yang mencerminkan Dewa Siwa sebagai dewanya penari dengan karakter kuat, tegas tetapi ada sisi baik dan murah rati. Hal tersebut yang diwujudkan pada Legong Pelayon sehingga memiliki bagian gerakan aktif (enerjik) dan halus. bagian gerakan aktif (enerjik) dan halus.)
  • Legong Somia  + (Legong Somia mengisahkan tentang sejarah sLegong Somia mengisahkan tentang sejarah spiritual mengenai keberadaan dari burung bangau atau kokokan di Desa Bedulu, Ubud. Dikisahkan bahwa pada tahun 60an ketika terjadi tragedi kemanusiaan di Indonesia, Desa Bedulu melakukan suatu upacara keagamaan agar jiwa-jiwa yang meninggal dalam tragedi yang terjadi di banyak desa di Bali termasuk di Bedulu bisa lebur dan menyatu dengan Sang Pencipta. Maka ketika upacara tersebut dilaksanakan, tiba-tiba hadir puluhan bahkan ratusan burung bangau yang sampai saat ini banyak menghuni pepohonan yang ada di Bedulu. Rakyat di sana percaya bahwa burung-burung tersebut merupakan perwujudan dari jiwa-jiwa yang kini telah tenang berkat diadakannya upacara 'nyomya' atau penyucian jiwa-jiwa yang diadakan di Desa Bedulu. Burung-burung ini juga dianggap pembawa berkah, sehingga keberadaannya sangat dilindungi di Desa Bedulu.adaannya sangat dilindungi di Desa Bedulu.)
  • Yayasan Taksu Tridatu  + (Lembaga lokal yang mengembangkan model-model pertanian, peternakan, energi terbarukan yang berkelanjutan untuk menopang kehidupan masyarakat Nusa Penida secara lebih mandiri.)
  • Literature lulu ring pasisi kuta  + (Liburan sekolah yang sudah lewat, ibu dan Liburan sekolah yang sudah lewat, ibu dan apak ajak kami melibur basamo-samo ka pasisir. Saya senang sajan ajaknya ka pasisi Jadi ditu ulun jadi main pasir mabalianan yeh wan malalianan di pasisi sapuasnya. Kabaranya di pasisi itu banyak sampah nang basarang di pasisi wan di tangah pasisi. Banyak jua sampah plastik nang tasebar di lingkungan pasisi Kuta wan ulun manjaluk masyarakat di sekitarnya menyucikan lingkungan pasisi Kuta. wan bahwa para pangunjung pasisi Kuta harus membuang sampah di wadah nang sudah disediaakan. supaya sama dan menjaga kebersihan wan kelestarian lingkungan di sekitarihan wan kelestarian lingkungan di sekitar)
  • How to avoid sexual abuses in Bali's educational communities?  + (Lihat komentar dari fitur What'sUp kami di tautan ini: https://dictionary.basabali.org/Question_How_to_avoid_sexual_abuses_in_Bali%27s_educational_communities%3F)
  • What can you set as an example from Bung Karno in this millenial era?  + (Lihat komentar dari fitur What'sUp kami di tautan ini: https://dictionary.basabali.org/Question_What_can_you_set_as_an_example_from_Bung_Karno_in_this_millenial_era%3F)