Klungkung

Klungkung.jpg
Name of Place
Klungkung
Reference
https://bit.ly/2FmgIaU
Lontars
Events
Folktales
Dictionary words

Information about place

Klungkung

In English

In Balinese

In Indonesian

Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil di provensi Bali, ibu kotanya berada di Semarapura. Meski menjadi kabupaten terkecil, Klungkung memiliki banyak distinasi wisata yang popular di kalangan wisatawan, di antaranya: pantai Jungut Batu, Selambung, Crystal Bay, Mushroom Beach, Dream Beach, Pantai Atuh, Pasih Uug, Pantai Banah. Selain pantai, Klungkung juga memiliki keindahan alam lainnya seperti, Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Kabupaten Klungkung berbatasan dengan Kabupaten Bangli di sebelah utara, Karangasem di timur, Gianyar di barat dan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Pada zaman kerajaan, Klungkung menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bali. Ida Dewa Agung Jambe adalah pendiri kerajaan Klungkung pada tahun 1686 dan merupakan penerus Dinasti Gelgel. Ida Dewa Agung Jambe adalah pewaris langsung dari keturunan Dinasti Kresna Kepakisan. Oleh karenanya, sejarah Klungkung berhubungan erat dengan raja-raja yang memerintah di Samprangan dan Gelgel. Selama pemerintahan Dinasti Kepakisan di Bali, telah terjadi dua kali perpindahan pusat kerajaan dari tahun 1350-1908: pertama, dari Samprangan ke Gelgel-Swecapura; kedua, dari Gelgel-Swacapura ke pusat kerajaan Klungkung-Samarapura antara abad 17-20 Masehi.

Pada 28 April 1992 Kota Klungkung diubah dan diresmikan namanya menjadi Kota Semarapura oleh Menteri Dalam Negeri berdasarkan PP No. 18 tahun 1992. Selanjutnya setiap 28 April ditetapkan sebagai HUT Kota Semarapura dan hari Puputan Klungkung. Hari jadi Semarapura bertepatan juga dengan peresmian Monumen Puputan Klungkung.

http://www.klungkungkab.go.id/


https://bit.ly/2qMmEjn


I Kadek