Difference between revisions of "Place Desa Sidetapa"

(Created page with "{{PageSponsor}} {{Place |Page Title=Desa Sidetapa |Photograph reference link=https://bit.ly/2LGNODJ |Information about place={{Place/Information |Title of information=Kabupate...")
(No difference)

Revision as of 10:30, 8 July 2019

Name of Place
Desa Sidetapa
Reference
https://bit.ly/2LGNODJ
Lontar
Events
Folktales
Biographies
Children's Books
Books
Holidays and Ceremonies
Dictionary words

Information about place

Kabupaten Buleleng

In English

In Balinese

In Indonesian

Kabupaten Buleleng memiliki objek wisata yang wajib untuk di kunjungi. Beberapa objek wisata di kawasan ini adalah ikan lumba-lumba di pesisir Pantai Utara Bali atau lebih tepatnya Pantai Lovina, kemudian sejumlah air terjun seperti Air Terjun Gitgit, Les, dan Sekumpul, Air Panas Banjar, dan juga Desa Bali Aga seperti desa Sidetapa.

Desa Sidetapa adalah desa tua atau lebih dikenal dengan istilah Desa Bali Aga. Duhulunya desa ini bernama Desa Gunung Sari Munggah Tapa. Diperkirakan Desa Sidetapa mulai didirikan pada tahun 785 Masehi oleh penduduk pendatang dari: Sektor Daerah Batur, dari Daerah Dauh Toro Ireng, dan dari Daerah Jawa. Adapun penduduk Desa Sidetapa pada waktu itu terdiri dari 3 kelompok : 1. Kelompok yang menamakan dirinya warga Pasek yang mendiami wilayah Leked 2. Kelompok yang menamakan dirinya warga Patih yang mendiami wilayah Desa Kunyit. 3. Kelompok yang menamakan dirinya warga Batur yang mendiami wilayah Sekarung. Beberapa warisan budaya Bali Aga di Desa Sidatapa yang masih bisa ditemukan adalah adanya bangunan rumah adat yang sudah tua bernama Bale Gajah Tumpang Salu. Bangunan ini dibuat bertiang empat sesuai kaki gajah dan bertumpang 3 (salu). Keunikan lain tentang beberapa rumah penduduk dibangun membelakangi jalan kesannya tersembunyi dan tidak ingin diketahui, mungkin berbeda dengan rumah pada umumnya, lebih mengutamakan akses jalan sebagai tampilan depan rumah. Dinding tembok dan lantai bangunan masih menggunakan bahan dari tanah sebagai pelengkapnya digunakan anyaman ataupun batang bambu utuh. Umumnya masyarakat di desa ini merupakan pengrajin kerajinan anyaman bambu khas Sidetapa. Beberapa tradisi budaya semisal tari-tarian dan ritual khas Desa Sidetapa yakni Tari Rejang, Tari Jangkrang, Tari Ngabuang, Ritual Sang Hyang Gandrung, dan Ngaben yang khas dari desa. Untuk informasi lebih lanjut: https://sidatapa.wordpress.com

http://sidetapa-buleleng.desa.id


https://bit.ly/2XT3V7U


I Kadek