Desa Jatiluwih

Jatiluwih.jpg
Name of Place
Desa Jatiluwih
Reference
Lontar
    Folktales
      Biographies
        Children's Books
          Books
            Holidays and Ceremonies

              Information about place

              Jatiluwih, Tabanan

              In English

              In Balinese

              In Indonesian

              Jatiluwih merupakan desa yang berada di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Jatiluwih adalah desa wisata populer yang cocok bagi wisatawan yang ingin kabur sejenak dari rutinitas perkotaan. Desa Jatiluwih ini bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia yang sayang dilewatkan begitu saja saat berkunjung di Bali. Suasananya yang sejuk dan segar dapat menyejukkan mata dan pikiran. Dengan panorama sungai, sawah dan rumah pedesaan yang sederhana, Desa Jatiluwih akan memanjakan setiap mata.

              Daya terik utama objek wisata di Desa Jatiluwih adalah pemandangan alamnya yang masih sangat asri dan mampu menyihir siapa pun yang berkunjung. Areal persawahan terasiring seluas 53.000 hektare di Jatiluwih menjadi panorama yang menakjubkan. Kemudian keindahan alami yang ditawarkan Air Terjun Yeh Ho yang terletak di Desa Jatiluwih membuat mata seakan tak ingin berkedip. Selain itu, adanya Pura Taksu Agung yang banyak menarik perhartian karena digunakan sebagai tempat untuk memohon taksu atau karisma dan kewibawaan kepada Ida Batara membuat Jatiluwih hampir tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ketika berkunjung ke Jatiluwih, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sembari berolahraga dengan menyewa sepeda yang telah disediakan. Wisatawan juga dapat menikmati pemandian serta udara segar sambil bersepeda mengelilingi desa. Jika tak ingin bersepeda, wisatawan bisa mencoba sensari baru yaitu berkeliling desa dengan menunggang kuda yang memang disiapkan bagi para wisatawan.

              Tak hanya itu, Desa Jatiluwih juga menyiapkan wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ada beberapa restoran dan warung yang menawarkan beragam menu kuliner, mulai dari hidangan lokal, nusantara hingga western food. Ada pula restoran yang berlokasi di tengah area persawahan, seperti restoran Gong Jatiluwih dengan bangunan material menggunakan kayu serta perabotan yang ditata rapi dan bersih, tentu akan membuat pengunjung nyaman.


              https://jatiluwih.id/


              I Kadek