Literature UPAYA MELESTARIKAN BAHASA BALI DI ERA 4.0

20221112T070513288Z446571.jpeg
0
Vote
Title (Other local language)
Photograph by
Issue name
Year
ISBN
Reference for photograph
Author(s)
Subject(s)
    Reference
    Related Places
    Event
    Related scholarly work
    Reference
    Competition
    Pemaksimalan
    Category
    High School
    Affiliation


    You are not allowed to post comments.

    How can the BASAbali Wiki platform encourage you to participate with civic issues?

    Description


    In English

    In Balinese

    Om Swastyastu

    Bahasa Bali bagian ring bahasa nasional daerah Bali. Bahasa Bali basa sane kaanggen ring wewidangan Bali. Kemaon ring mangkin karana perkembangan waktu lan arus globalisasi, Bahasa Bali mangkin akeh sane ten ngangge utawi ditinggalkan eksistensi nyane. Bahasa Bali mangkin akeh ten kaanggen olih para truna truni ne. Para truna truni sepatutnyane tetep nganggen Bahasa Bali karana truna truni ne sane jagi ngemargiang budaya Baline utawi generasi muda penerus tonggak kebudayaan. Para truna truni ne sepatutnyane ngelestariang apa sane jagi kapiara di Bali utamanyane Bahasa Bali puniki. Akeh para truna truni ne sane justru malu nganggen Bahasa Bali. Para truna truni ne akeh sane madue prinsip nganggen Bahasa Bali nika kuno. Padahal nganggen Bahasa Bali nika keren lhoo .

    Bahasa Bali puniki penting dilestarikan, katonang Bahasa Bali madue kedudukan lan guna ndiri sane mekaitan sareng kayun ngajegin bahasa daerah. Bahasa Bali ritatkala kaanggen sepatutne dados guna sane becik ling masyarakat. Kemaon ritatkala kaanggen sane sepatutne Bahasa Bali ten madue guna sane becik ling masyarakat.

    Bahasa Bali mangkin dihadapkan olih krisis identitas nasional. Arus globalisasi, modernisasi, lan westernisasi lakar membuat Bahasa Bali ten madue genah sane becik ring Bali. Iraga sebagai generasi muda sane berbudaya, kreatif, lan inovatif sudah sepatutne ngeluarang ide-ide tentang upaya pelestarian Bahasa Bali puniki. Para generasi muda harus tanggap antuk kelestarian Bahasa Bali puniki. Sane dados kaanggen ngelestariang Bahasa Bali tur tetep nyagaang gegunan Bahasa Bali ring wewidangan krama inggih punika :

    a. Ngadaang Lomba Wikithon Bahasa Bali - Lomba Wikithon Bahasa Bali puniki merupakan salah satu gerbang sane kaanggen ngelestariang Bahasa Bali di era ring mangkin.

    b. Nganggen Bahasa Bali ring dina Wraspati - Kebijakan Pemerintah antuk ngangge busana adat tur mabasa Bali ring dina Wraspati nika jagi kaanggen ngelestariang Bahasa Bali. Tur kebijakan niki patut kalaksanayang sareng sami nggih semeton .

    c. Nganggen Bahasa Bali sebagai bahasa utama - Ngiring sika bedik nganggen Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari. Nganggen Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari bisa membuat iraga fasih mabahasa Bali lan secara tidak langsung dados ngajegang Bahasa Bali puniki.

    d. Ngadang sosialisasi utawi simakrama lan peplayanan sane becik - Ingat, sosialisasi nika penting. Uling sosialisasi puniki iraga nawang engken carane mabahasa Bali sane becik, napi pentingne nganggen Bahasa Bali ring kehidupan sehari-hari, lan punapa antuk mangda Bahasa Bali puniki iraga ngelestariang. Dagingin peplayanan sane becik tur dagingin edukasi indik Bahasa Bali sane patut.

    e. Memaksimalkan Website BASABali Wiki - Ring Website BASABali Wiki puniki iraga sareng sami dados uning isu-isu utawi informasi sane update ring Bali. Opini-opini masyarakat dados kaanggen sudut pandang pemikiran sane beragam. Ring website puniki iraga dados ngerereh kamus-kamus dalam Bahasa Bali sane dapat mempermudah iraga dalam nganggen Bahasa Bali. Inggih semeton, kamenten wikithon sane dapat iraga sareng sami lugrayang. Tetapi, sane paling utama nika perlunya kesadaran indik mabahasa Bali mangda iraga apisanan ngelestariang Bahasa Baline.

    Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

    In Indonesian

    Om Swastyastu.
        Bahasa Bali merupakan salah satu bahasa daerah di Bali. Bahasa ini adalah salah satu bahasa yang digunakan secara rutin oleh masyarakat Bali itu sendiri. Tetapi seiring berkembangnya waktu dan lajunya arus globalisasi, Bahasa Bali mulai ditinggalkan eksistensinya. Bahasa Bali mulai ditinggalkan oleh para generasi muda. Padahal generasi muda adalah generasi emas penerus tonggak kebudayaan. Generasi muda seharusnya mengambil peran penting dalam rangka pelestarian Bahasa Bali. Banyak para generasi muda yang justru malu menggunakan Bahasa Bali karena menggunakan bahasa daerah sering dicap kuno. Padahal pakai Bahasa Bali itu kerenn lhooo!!!
    
        Bahasa Bali sangat penting untuk kita lestarikan, melihat bahasa dan budaya Bali memiliki kedudukan serta memiliki fungsi tersendiri yang erat kaitannya dengan upaya pelestarian bahasa daerah. Bahasa Bali apabila digunakan sesuai dengan fungsinya di masyarakat pasti akan mendatangkan manfaat yang beragam. Sebaliknya jika Bahasa Bali tidak digunakan sesuai dengan fungsinya maka tidak akan mendatangkan manfaat bagi masyarkat. 
    
        Bahasa Bali sekarang dihadapkan oleh krisis identitas nasional. Arus globalisasi, modernisasi, dan westernisasi membuat Bahasa Bali mulai lebur bak ditelan timbunan longsor. Kita sebagai para generasi muda yang berbudaya, inovatif, serta kreatif seharusnya mulai mengeluarkan ide-idenya mengenai upaya pelestarian Bahasa Bali ini. Para generasi muda harus mulai tanggap akan pentingnya kelestarian bahasa ini. Adapun beberapa upaya yang dapat digunakan untuk melestarikan penggunaan Bahasa Bali dan tetap mempertahankan eksistensi Bahasa Bali di kalangan masyarakat ini antara lain : 
    

    a. Mengadakan Lomba Wikithon - Lomba Wikithon ini adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga Bahasa Bali ini tetpa lestari. Lomba Wikithon ini adalah salah satu gerbang yang dibuat oleh para generasi muda yang tanggap akan pentingnya kelestarian Bahasa Bali.

    b. Menggunakan Bahasa Bali setiap hari kamis - Adanya kebijakan dari Pemerintah mengenai penggunaan baju adat dan Bahasa Bali adalah salah satu bentuk kecintaan kita, para generasi muda, terhadap budaya yang kita miliki. Dan tentunya kebijakan ini harus kita laksanakan yaaa!!

    c. Mulai menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa utama - Ayo! Sedikit demi sedikit kita belajar menggunakan Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari. Penggunaan Bahasa Bali di keseharian membuat kita lebih fasih dalam bercakap dan secara tidak langsung kita sudah melestarikan Bahasa Bali itu sendiri lhoo.

    d. Mengadakan sosialisasi dan games yang seru - Ingat sosialisasi itu juga penting loh ternyata. Dari sosialisasi ini kita tahu bagaimana sih cara menggunakan Bahasa Bali yang baik, apa sih pentingnya Bahasa Bali ini, dan kenapa Bahasa Bali ini harus kita lestarikan. Selain itu, selingi dengan sesi games yang seru dan tentunya berisi edukasi kepada masyarakat tentang Bahasa Bali.

    e. Memaksimalkan Website BASABali Wiki - Didalam website ini kkta mengetahui isu-isu apa yang terjadi di masyarakat. Opini-opini yang sangat beragam yang bisa dijadikan berbagai sudut pandang. Didalam website ini juga kita bisa mengakses kamu-kamus Bahasa Bali yang mempermudah kita dalam pengucapan Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari.

        Itulah bagian kecil dari upaya pelestarian Bahasa Bali yang dapat kita lakukan. Tapi selain itu yang terpenting, yaitu menumbuhkan kesadaran bersama untuk melestarikan Bahasa Bali. 
    
    Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.



    <ul><li>Property "SummaryTopic id" (as page type) with input value "Bahasa Bali sangat penting untuk kita lestarikan, melihat bahasa dan budaya Bali memiliki kedudukan serta memiliki fungsi tersendiri yang erat kaitannya dengan upaya pelestarian bahasa daerah. Bahasa Bali apabila digunakan sesuai dengan fungsinya di masyarakat pasti akan mendatangkan manfaat yang beragam. Sebaliknya jika Bahasa Bali tidak digunakan sesuai dengan fungsinya maka tidak akan mendatangkan manfaat bagi masyarkat. Bahasa Bali sekarang dihadapkan oleh krisis identitas nasional. Arus globalisasi, modernisasi, dan westernisasi membuat Bahasa Bali mulai lebur bak ditelan timbunan longsor. Kita sebagai para generasi muda yang berbudaya, inovatif, serta kreatif seharusnya mulai mengeluarkan ide-idenya mengenai upaya pelestarian Bahasa Bali ini. Para generasi muda harus mulai tanggap akan pentingnya kelestarian bahasa ini. Adapun beberapa upaya yang dapat digunakan untuk melestarikan penggunaan Bahasa Bali dan tetap mempertahankan eksistensi Bahasa Bali di kalangan masyarakat ini antara lain : a. Mengadakan Lomba Wikithon - Lomba Wikithon ini adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga Bahasa Bali ini tetpa lestari. Lomba Wikithon ini adalah salah satu gerbang yang dibuat oleh para generasi muda yang tanggap akan pentingnya kelestarian Bahasa Bali. b. Menggunakan Bahasa Bali setiap hari kamis - Adanya kebijakan dari Pemerintah mengenai penggunaan baju adat dan Bahasa Bali adalah salah satu bentuk kecintaan kita, para generasi muda, terhadap budaya yang kita miliki. Dan tentunya kebijakan ini harus kita laksanakan yaaa!! c. Mulai menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa utama - Ayo! Sedikit demi sedikit kita belajar menggunakan Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari. Penggunaan Bahasa Bali di keseharian membuat kita lebih fasih dalam bercakap dan secara tidak langsung kita sudah melestarikan Bahasa Bali itu sendiri lhoo. d. Mengadakan sosialisasi dan games yang seru - Ingat sosialisasi itu juga penting loh ternyata. Dari sosialisasi ini kita tahu bagaimana sih cara menggunakan Bahasa Bali yang baik, apa sih pentingnya Bahasa Bali ini, dan kenapa Bahasa Bali ini harus kita lestarikan. Selain itu, selingi dengan sesi games yang seru dan tentunya berisi edukasi kepada masyarakat tentang Bahasa Bali. e. Memaksimalkan Website BASABali Wiki - Didalam website ini kkta mengetahui isu-isu apa yang terjadi di masyarakat. Opini-opini yang sangat beragam yang bisa dijadikan berbagai sudut pandang. Didalam website ini juga kita bisa mengakses kamu-kamus Bahasa Bali yang mempermudah kita dalam pengucapan Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari. Itulah bagian kecil dari upaya pelestarian Bahasa Bali yang dapat kita lakukan. Tapi selain itu yang terpenting, yaitu menumbuhkan kesadaran bersama untuk melestarikan Bahasa Bali." contains invalid characters or is incomplete and therefore can cause unexpected results during a query or annotation process.</li> <!--br--><li>Property "SummaryTopic ban" (as page type) with input value "Bahasa Bali puniki penting dilestarikan, katonang Bahasa Bali madue kedudukan lan guna ndiri sane mekaitan sareng kayun ngajegin bahasa daerah. Bahasa Bali ritatkala kaanggen sepatutne dados guna sane becik ling masyarakat. Kemaon ritatkala kaanggen sane sepatutne Bahasa Bali ten madue guna sane becik ling masyarakat. Bahasa Bali mangkin dihadapkan olih krisis identitas nasional. Arus globalisasi, modernisasi, lan westernisasi lakar membuat Bahasa Bali ten madue genah sane becik ring Bali. Iraga sebagai generasi muda sane berbudaya, kreatif, lan inovatif sudah sepatutne ngeluarang ide-ide tentang upaya pelestarian Bahasa Bali puniki. Para generasi muda harus tanggap antuk kelestarian Bahasa Bali puniki. Sane dados kaanggen ngelestariang Bahasa Bali tur tetep nyagaang gegunan Bahasa Bali ring wewidangan krama inggih punika : a. Ngadaang Lomba Wikithon Bahasa Bali - Lomba Wikithon Bahasa Bali puniki merupakan salah satu gerbang sane kaanggen ngelestariang Bahasa Bali di era ring mangkin. b. Nganggen Bahasa Bali ring dina Wraspati - Kebijakan Pemerintah antuk ngangge busana adat tur mabasa Bali ring dina Wraspati nika jagi kaanggen ngelestariang Bahasa Bali. Tur kebijakan niki patut kalaksanayang sareng sami nggih semeton!. c. Nganggen Bahasa Bali sebagai bahasa utama - Ngiring sika bedik nganggen Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari. Nganggen Bahasa Bali di kehidupan sehari-hari bisa membuat iraga fasih mabahasa Bali lan secara tidak langsung dados ngajegang Bahasa Bali puniki. d. Ngadang sosialisasi utawi simakrama lan peplayanan sane becik Ingat, sosialisasi nika penting. Uling sosialisasi puniki iraga nawang engken carane mabahasa Bali sane becik, napi pentingne nganggen Bahasa Bali ring kehidupan sehari-hari, lan punapa antuk mangda Bahasa Bali puniki iraga ngelestariang. Dagingin peplayanan sane becik tur dagingin edukasi indik Bahasa Bali sane patut. e. Memaksimalkan Website BASABali Wiki - Ring Website BASABali Wiki puniki iraga sareng sami dados uning isu-isu utawi informasi sane update ring Bali. Opini-opini masyarakat dados kaanggen sudut pandang pemikiran sane beragam. Ring website puniki iraga dados ngerereh kamus-kamus dalam Bahasa Bali sane dapat mempermudah iraga dalam nganggen Bahasa Bali. Inggih semeton, kamenten wikithon sane dapat iraga sareng sami lugrayang. Tetapi, sane paling utama nika perlunya kesadaran indik mabahasa Bali mangda iraga apisanan ngelestariang Bahasa Baline." contains invalid characters or is incomplete and therefore can cause unexpected results during a query or annotation process.</li></ul>