LUH AYU MANIK MAS 2

Authors
    Illustrator
    Where does this book take place
    Related Ceremony or Holiday
    Related Env. Initatives
    ISBN
    Original language
    Link to Whole Story
    Words to Learn for this Book

      Description


      In English

      In Balinese

      In Indonesian

      Kisah seorang anak yang bernama Luh Ayu Manik yang sakti bisa berubah wujud menjadi jagoan bernama Ayu Manik Mas. Luh Ayu Manik adalah seorang siswa yang kurang suka membaca buku. Dia lebih sering main dengan Hp nya. Dia tidak dikasi naik motor sendiri oleh ibunya. Suatu hari dia dijemput oleh ojek online dan ketika dijalan dia melihat dua orang jambret sedang menjambret seorang bule, seketika itu Luh manik Ayu minta berhenti dan lari mengejar jambret tersebut. Dia berubah menjadi Luh Ayu Manik Mas dan menangkap kedua jambret tersebut. Dia mengembalikan dompet milik bule yang dijambret tersebut. Bule itu memberi imbalan sebuah buku. Buku tersebut di taruh dirak buku rumahnya. Besok harinya teman-temannya datang kerumah ketika Luh Ayu masih tidur pulas. Mereka membangunkan Luh Ayu. Salah satu temannya melihat dan mengambil sebuah buku yang usam dan kotor. Ketika dibuka buku tersebut tiba-tiba muncul raksasa yang sangat seram. Raksasa tersebut mengamuk memberantakan buku-buku milik Luh Ayu Manik. Teman-temannya ketakutan dan bersembunyi. Seketika itu Luh Ayu Manik bertanya kepada raksasa. Raksasa mengatakan bahwa dia keluar dari buku karena buku tersebut hanya dipajang sampai usam kotor dan dimakan rayap. Luh Ayu manik tertegun dan berkata kepada raksasa bahwa dia berjanji akan membaca buku-buku tersebut. Seketika itu raksasa tersebut kembali masuk kedalam buku. Teman-teman Luh Ayu keluar dan langsung merapikan buku-buku yang berserakan. Saking banyaknya buku yang dimilikinya, Luh Ayu Manik akhirnya membuka perpustakaan keliling agar anak-anak lain mau dan bisa membaca buku setiap hari.

      Reviews

      In English

      -

      In Indonesian

      KELEMAHAN: cerita ini ada unsur kekerasannya yaitu ketika ada kejadian penjambretan.

      KELEBIHAN : cerita ini ada unsur ajakan untuk membaca buku yang dikemas secara apik dan menarik buat anak-anak dengan adanya tokoh raksasa yang keluar dari buku. Hal tersebut akan menyebabkan anak-anak takut untuk tidak membaca buku mereka.

      Semestinya contoh atau kejadian yang ditampilkan dalam cerita tidak berisi unsur kekerasan seperti penjambretan. Hal ini bisa diganti dengan menolong seorang pengemis yang memberi imbalan sebuah buku karena telah menolongnya. Atau seorang pemulung yang ditolong oleh Luh Ayu Manik Mas yang memungut sebuah buku untuk dikasi anak-anaknya.

      In Balinese

      • Reviewed by: I MADE SANDIKA
      • Nationality of reviewer: INDONESIA
      • Where reviewer lives: BALI
      • Year of review: 2020