I Gusti Putu Gede Wedhasmara

1wedasmara.jpg
Full Name
I Gusti Putu Gede Wedhasmara
Pen Name
-
Photograph by
Link to Photograph
Place

Biography


In English

In Balinese

In Indonesian

I Gusti Putu Gede Wedhasmara, lahir di Denpasar, 10 September 1932. Dia adalah pengarang lagu asal Bali. Lagu-lagunya populer pada era 1960-an dan 1970-an dan hingga kini masih banyak dinikmati oleh penggemarnya. Majalah “Rolling Stone Indonesia” pada edisi Februari 2014 memasukkan Wedhasmara dalam “100 Pencipta Lagu Indonesia Terbaik”.

Wedhasmara sejak kecil menyukai dunia tarik suara. Setelah menyelesaikan pendidikan SMP di Denpasar Bali, Wedhasmara melanjutkan pendidikan di SMA Santo Thomas di Kota Yogyakarta. Pada 1956-1963, Wedhasmara bekerja di Jawatan Pertanian Jakarta.

Wedhaswara tercatat pernah bergabung dalam berbagai kelompok musik seperti Orkes Gabungan Denpasar, Orkes Keroncong Denpasar, Kuartet Mulyana Sutedja Yogyakarta, Orkes Keroncong pimpinan Sukmini Yogyakarta, Orkes Melayu Ria Bluntas, Zaenal Combo, dan Empat Nada.

Lagu-lagu ciptaan Wedhasmara yang dikenal luas antara lain “Senja di Batas Kota” dan “Kau Selalu di Hatiku” yang dipopulerkan penyanyi Ernie Djohan, “Berpisah di St. Carolus” yang dipopulerkan penyanyi Lilis Surjani. Lagu-lagu tersebut adalah lagu abadi yang selalu dikenang, dan sampai hari ini masih sering diputar di radio-radio dalam versi aslinya.

Tahun 2011, Wedhasamara mendapatkan penghargaan Seni dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Sebelumnya, Wedhasamara juga mendapatkan penghargaan dari Walikota Denpasar (2003), Gubernur Bali (2003). dan Menteri Kesehatan RI (1982). Wedhasmara meninggal di Denpasar pada tanggal 17 April 2017.

Examples of work

Kau Selalu di Hatiku
Senja di Batas Kota
Berpisah di St. Carolus