UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Biography text id" with value "Dwitra J. Ariana adalah pembuat film, penulis dan pegiat teater yang lah". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 25 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Harga sembako naik, tidak ada tanda-tanda akan turun lagi!  + (Di tahun ini, harga sembako sedang naik daDi tahun ini, harga sembako sedang naik dan tidak ada tanda akan normal kembali atau turun dari harga biasanya. Apakah karena banyak gagal panen di musim sekarang sehingga harga melonjak naik? Atau harga pupuk yang sedang naik?</br></br>Jika memang benar adanya gagal panen dan pupuk yang sedang naik, saya ingin pemerintah daerah bertindak secepatnya untuk mengatasi naiknya harga sembako ini. Seperti mensubsidi kan pupuk dan mengajak para petani dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang kecil untuk bertani dengan metode hidroponik.</br></br>Dengan diadakannya sistem program bertani hidroponik dari pemerintah daerah, ini akan membantu seluruh masyarakat yang ada di Karangasem maupun di luar Karangasem, atau mungkin di seluruh Indonesia untuk mengatasi harga sembako yang terus naik hingga saat ini.</br></br>Bertani dengan metode hidroponik ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar dan tidak membutuhkan tanah yang sangat-sangat luas, yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dalam membuat alat-alatnya. Alat yang dibutuhkan juga tidak harus baru, bisa menggunakan barang-barang bekas seperti paralon yang sudah tidak terpakai namun masih bagus kondisinya dan juga ember/bekas kaleng cat.</br></br>Jadi, Saya berharap diadakannya progam seperti ini untuk mengatasi bahan sembako yang naik. Dan dengan diadakannya program ini bisa membantu mengurangi angka kemiskinan di karangasem maupun sekitarnya.emiskinan di karangasem maupun sekitarnya.)
  • I Nengah Jati  + (Dia adalah I Nengah Jati, dia biasa disapaDia adalah I Nengah Jati, dia biasa disapa Jati. Ia lahir di sama undisan, bangli pada tanggal 5 Oktober 1990. Ia berasal dari bangli tetapi sekarang tinggal di Ubud. Mengenai riwayat pendidikannya, ia lulus dari SMK TP 45 Bangli kemudian melanjutkan studi S1 bahasa Bali di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa dan atas prestasi yang telah diraihnya, ia menjadi juara menulis puisi Bali. Setelah menyelesaikan pendidikannya saat ini ia bekerja sebagai penyuluh bahasa Bali.i ia bekerja sebagai penyuluh bahasa Bali.)
  • Drs. I Wayan Selat Wirata  + (Dibalik indahnya sebuah Karya Sastra, tentDibalik indahnya sebuah Karya Sastra, tentunya terdapat seorang pengarang/sastrawan yang membuatnya. Seorang yang mampu menghasilkan Karya Sastra tentunya memiliki alasan maupun asal-usul yang membuat ia berhasil dalam membuat Karya Sastra. Tidak menutup kemungkinan, berawal dari rasa kagum, seseorang dapat menghasilkan sebuah Karya Sastra yang luar biasa dan membuat banyak orang tertarik.</br></br>Salah seorang sastrawan yang berhasil menghasilkan karya sastra yang berasal dari rasa kagum dan tertarik dengan dunia sastra, yaitu Bapak Drs. Wayan Selat Wirata. Beliau lahir di Badung, 20 Juli 1959. Beliau adalah putra dari Bapak I Ketut Biasa (alm.) dan Ibu Ni Nyoman Rajug (alm.). Beliau beralamat di Br. Umakepuh, Ds. Buduk, Kec. Mengwi, Kab. Badung. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung. Adapun penghargaan yang bernah beliau raih diantaranya: Juari I Lomba Palawakya Kab. Badung, Juara 2 Lomba Palawakya Prov. Bali, Kerti Budaya Kab. Badung. </br></br>Adapun Karya Sastra yang beliau buat diantaranya: Puisi (Besakih, Kisi-kisi Pasisi Seseh), Cerpen (Cetik Dadong Tanggu), Geguritan (Matatah, Melasti, Sri Tatwa). Dari seluruh karya sastra beliau, beliau lebih tertarik dengan karyanya yaitu Geguritan yang berjudul Geguritan Melasti, karena di dalam karyanya tersebut dapat memberikan tattwa tentang melasti, pengrupukan/tawur agung, nyepi dan ngembak geni. Kemudian ada Geguritan Matatah yang berisi makna dan filosofi tentang matatah/potong gigi, dan Geguritan Sri Tattwa yang berisi tentang pertanian di sawah. Beliau menciptakan Karya Sastra karena keinginan beliau sendiri yang gemar mempelajari sastra dan ingin menciptakan Karya Sastra seperti pendahulu.enciptakan Karya Sastra seperti pendahulu.)
  • Didon Kajeng  + (Didon Kajeng bernama asli Dwi Ari SwandanaDidon Kajeng bernama asli Dwi Ari Swandana, lahir di Denpasar, 5 Maret 1976. Sejak kanak-kanak ia aktif dalam berbagai kegiatan kesenian, seperti baca puisi, menyanyi, main drama/teater. Ia sering menjuarai lomba baca puisi, nyanyi, musikalisasi puisi. Ia juga jago merangkai bunga dan telah menerbitkan buku seni merangkai bunga berjudul “Bali Bloom, Inspirational Balinese Floral Art”. Sekitar 2013 ia kehilangan penglihatan akibat glukoma. Belakangan ia harus menjalani cuci darah dua kali seminggu. Namun ia tak pernah patah semangat menjalani hidup. Ia tetap masih bisa bermain teater, misalnya ia tampil di Bentara Budaya Bali dengan monolog “Orgil” pada tahun 2014, ia membaca puisi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 2016. Ia membina anak-anak tunanetra di Denpasar berkesenian, berteater, menyanyi, menulis puisi. Ia adalah guru, sahabat, panutan bagi anak-anak tunanetra di Denpasar. Bersama anak-anak tunanetra ia mendirikan Komunitas Seni Teratai Bali (Kostra). Didon meninggal 10 Agustus 2021.(Kostra). Didon meninggal 10 Agustus 2021.)
  • Ni Wayan Idayati  + (Dilahirkan di Denpasar, 14 April 1990. MenDilahirkan di Denpasar, 14 April 1990. Menulis puisi, esai dan berita jurnalistik. Puisinya pernah diterbitkan di Pikiran Rakyat, Bali Post, Lombok Post, Jurnal Bali Sruti, Jurnal Le Banian (Terbit di Prancis). Esai-esainya dimuat Koran Tempo, Tribun Bali, Majalah Esensi & Nuansa (terbitan Badan Bahasa) dan Bali Tribune. Bersama Komunitas Sahaja Denpasar aktif dalam kegiatan kesenian, kebudayaan, dan diskusi sastra, serta pembinaan komunitas kreatif. Kini sebagai bagian program di Bentara Budaya Bali (ruang kebudayaan Kompas Gramedia).</br></br>Pada tahun 2018, puisi-puisinya lolos sejumlah kurasi antologi puisi dan temu penyair, antara lain: Pertemuan Penyair “Dari Negeri Poci 8: Negeri Bahari” di Tegal Jawa Tengah; antologi “Senyum Lembah Ijen” dan Kemah Sastra Nasional di Banyuwangi; Pertemuan Penyair Asia Tenggara 2018 di Padang Panjang; Pertemuan Penyair Nasional di Pematangsiantar; antologi puisi bersama “Perempuan Memandang Dunia” oleh Komunitas Sangkar Buku di Mojokerto dan antologi puisi bersama “Perempuan Bahari” (segera terbit). </br></br>Pernah diundang dalam Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI di Jambi (2012) dan Bali Emerging Writers Festival (BEWF) 2015, sebuah festival sastra tahunan yang merupakan bagian dari program Ubud Writers and Readers Festival (UWRF). Masuk dalam 175 Penyair Terpilih Antologi Puisi Dari Negei Poci 6: Negeri Laut (2015), 39 Penyair Terpilih Lomba Cipta Puisi “Di Bawah Payung Hitam” Proyek Seni Indonesia Berkabung (2015), 50 Puisi Terpilih Lomba Cipta Puisi Nasional Komunitas Kopi Andalas (2013), 5 Besar Terbaik Lomba Cipta Puisi se-Nusantara (SCKS), serta 6 Besar Puisi Terbaik RBSCKS (2012) yang diadakan Fakultas Sastra Udayana (2012).</br></br>Puisi-puisinya terhimpun pula dalam Buku Antologi Puisi Bersama “Dendang Denpasar, Nyiur Sanur” (2012), Antologi Puisi Pertemuan Penyair Nusantara VI “Sauk Seloko” (2012), Antologi Puisi Bersama Lomba Cipta Puisi Komunitas Kopi Andalas (2013), Antologi Puisi Dari Negeri Poci 6: Negeri Laut (2015), Buku Antologi “Dari Gentar Menjadi Tegar” Komunitas Bergerak Seni Indonesia Berkabung (2015), Buku Antologi Puisi “Klungkung” (2016), Buku Antologi Hari Puisi Indonesia 2016 ‘Matahari Cinta Samudera Kata’, Buku Antologi Puisi-Puisi Spriritual dan Sosial “Kavaleri Malam Hari”, diterbitkan Abdurrahman Wahid Centre UI (2017).iterbitkan Abdurrahman Wahid Centre UI (2017).)
  • Pelaksanaan PTM 100% Siswa di Bali  + (dilaksanakannya ptm 100% oleh pemerintah, dilaksanakannya ptm 100% oleh pemerintah, membuat sebagian siswa sangat senang karena tidak melakukan pembelajaran lewat daring yg dianggap kurang efisien dalam memahami pelajaran. selain itu siswa bisa bertemu langsung dengan teman teman dan juga guru yg mengajar. </br></br>karena hal itu, sebagian siswa penyebaran covid 19 tidak terlalu dihiraukan, banyak dari siswa yg tidak terlalu menaati protokol yg dilaksanakan pemerintah. Banyak dari siswa yg langsung nongkrong sehabis pulang sekolah, atau berkerumun dengan teman teman yg lainnya. sehingga penanganan untuk mengatasi virus covid 19 tidak maksimal. </br></br>untuk itu kami harap, pemerintah untuk menyediakanu kami harap, pemerintah untuk menyediakan)
  • Lahirkan tur Wangun Inovasi Rancangan Kesenian Bali Kaanggen Meningkatkan Kreativitas Truna Bali Pikenoh Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat tur Sektor Industry Pariwisata Kreatif Ditengah Pandemi Covid 19  + (Dimasa Pandemic Covid 19 ini pemerintah peDimasa Pandemic Covid 19 ini pemerintah perlu untuk membangkitkan pariwisata bali kini dan nanti dengan cara melahirkan dan membangun inovasi program kesenian bali untuk meningkatkan kreativitas pemuda bali guna menumbuhkan ekonomi masyarakat dan sektor industry pariwisata kreatif ditengah pandemi covid 19. Kita ketahui dibali banyak sekali kesenian dan budaya kita yang tidak bangkit dan mati hanya karena virus yang sering kita kenal dengan corona,banyak sekali pariwisata yang mati dibali karena lockdown dan juga kesenian bali yang mulai hilang seperti tradisi pawai ogoh-ogoh,melasti dan banyak lagi,dimana toris tertarik dengan budaya tersebut,karena adanya lockdown pariwisata menurun dan jarang ada wisatawan yang berkunjung,selain pariwisata kuliner khas bali juga mulai menurun karena masalah ekonomi yang seperti sekarang ini. Hal yang perlu dilakukan adalah membangun inovasi diri pemuda bali agar meningkatkan kreativitas pemuda guna membangun pariwisata dan ekonomi Kembali pulih ,karena kita ketahui pariwisata maju karena adanya kesenian. Itu adalah hal yang utama agar bali dapat maju Kembali,jika kesenian bali mati pariwisata tidak akan maju dan perlu juga dibangun tempat-tempat wisata yang baru agar tingkat mengalami penurunan Kembali dan meningkatkan relasi tempat yang perlu dikunjungi dan perlu juga melakukan program pembaruan untuk tempat yang tidak layak dan menjadikan tempat tersebut menjadi tempat wisata baru dan kita kenalkan ke luar bali. Kita ketahui juga banyak sekali pemuda yang acuh terhadap budaya bali semenjak matinya budaya bali karena corona ini, kita perlu membangun jati diri mereka lewat kegiatan ataupun lomba agar memajukan Kembali kreativitas pemuda dan dapat bersaing dengan budaya luar dan dapat memajukan Kembali budaya kita untuk memajukan pariwisata dan ekonomi lewat budaya kita,karena kita Yakini banyak pemuda yang kreatif namun perlu diasah Kembali untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Kita perlu melakukan kegiatan massif dengan cara mengadakan pertunjukan seni dan budaya massal agar warga berkesempatan untuk menyaksikan Kembali dan pastinya dapat menaikkan ekonomi namun tetap dengan prokes. Hal lainnya yaitu menjadikan budaya kita dalam kemasan yang bagus dan menarik khususnya tertuju untuk wisatawan. Seperti lestarikan baleganjur,kecak dan joged serta tradisi masing-masing desa yang sudah lama mati. Dan adakan Kembali PKB ( Pesta Kesenian Bali ), karena dari sanalah pariwisata dapat maju dan dapat juga mengenalkan budaya yang bali miliki keluar.engenalkan budaya yang bali miliki keluar.)
  • Dinas Kebudayaan Provinsi Bali  + (Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Jalan Ir. Djuanda No.1, Renon, Civic Center Niti Mandala Denpasar 80235 Phone : (0361) 264474, 245297. Fax. (0361) 245297 Website: www.disbud.baliprov.go.id Email : infodisbud@baliprov.go.id)
  • I Gusti Dibal Ranuh  + (Direktur kreatif dan aktivis Dibal Ranuh aDirektur kreatif dan aktivis Dibal Ranuh adalah seniman visual multidisiplin yang karyanya secara konsisten dan kuat memperjuangkan suara Nusantara. Dalam bentuknya yang paling murni, karya seninya mencerminkan idealisme kreatif yang menunjukkan kekuatan transformatif seni.</br></br>Gusti Dibal Ranuh dari Singaraja Bali, lulusan desain grafis Trisakti Jakarta. Pendiri Yayasan Matahati Kitapoleng dalam bidang ruang kreatif penciptaan seni rupa kontemporer yang konsen dalam mengembangkan bakat-bakat penyandang disabilitas di bidang seni, khususnya penyandang tuna rungu dan difabel. Sebagai Artistic Director dan Film Director, Dibal menciptakan karya seni pertunjukan dan film yang mengacu pada akar budaya tradisi nusantara. Pada tahun 2018, Dibal meluncurkan buku Perjalanan Dang Hyang Nirartha di Borobudur Writers & Cultural Festival.</br></br>Pada tahun 2020, Dibal Ranuh dianugerahi penghargaan Sinematografi Terbaik dalam kompetisi film D(E) Motion Festival Indonesia. Dan lewat film Lukat, Dibal berhasil meraih juara pertama EURASIA Project International di Italia. Pada tahun 2021, film Wong Gamang; Perjalanan Dewi Melanting yang disutradarai Dibal berhasil meraih banyak penghargaan, antara lain Sutradara Film Fiksi Terbaik, Film Artistik Terbaik, dan Penyuntingan Terbaik. Pada tahun 2022, BWCF, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan UNESCO mempercayakan penyutradaraan film tari Mahendraparvata yang bekerja sama dengan kebudayaan Kamboja dan Indonesia.</br></br>Percakapan dengan Dibal Ranuh</br></br>Arahan kreatif puitis Dibal Ranuh dalam film dan pertunjukan panggung bermula dari kecintaannya pada perjalanan dan fotografi. Mempelajari desain visual, kecintaannya pada perjalanan dan eksplorasi bersama dengan kameranyalah yang membuka jalan pembingkaian visual dan kecenderungan alami terhadap pengisahan cerita visual. Kecintaan seniman terhadap warisan suku kami yang kaya memicu tekstur artistik yang memperkaya gaya visualnya.</br></br>Semangat untuk Warisan Nusantara</br></br>“Saya suka bepergian ke hutan. Saya suka pergi ke suku-suku seperti Badui, Dayak, dan Toraja dan tinggal selama berbulan-bulan di komunitas tersebut. Bisa dibilang di sanalah saya menemukan kehidupan baru. Saya menemukan sesuatu yang sangat unik di antara suku-suku tersebut. Dari sana, saya kembali ke universitas. Sebagai seorang desainer, saya mendapat banyak ide selama saya berada di komunitas suku. Ketertarikan saya terhadap keberagaman suku kami dimulai sejak saat itu. Indonesia sangat dinamis, banyak suku yang bisa menginspirasi kita dalam berkreasi.”yang bisa menginspirasi kita dalam berkreasi.”)
  • Donald Stuart Leslie Friend  + (Donald Stuart Leslie Friend lahir CremornDonald Stuart Leslie Friend lahir Cremorne, Australia, 6 Februari 1915. Ia meninggal tanggal 16 Agustus 1989 di Sydney, Australia. Ia adalah seorang pelukis berkebangsaan Australia yang lama menetap di Bali. Ia belajar seni di Sydney Long (1931) dan Antonio Dattilo Rubbo (1934-1935), kemudian di London (1936-1937) di Sekolah Seni Westminster. Ia pernah menjadi tentara saat Perang Dunia II.</br></br>Sebagian besar kehidupan dan kariernya dihabiskan di luar Australia, di berbagai tempat seperti Nigeria (akhir 1930-an), Italia (1950-an), Sri Lanka (akhir 1950-an – awal 1960-an), dan Bali (dari 1968 - 1980). Ia pernah memenangkan Hadiah Blake untuk Seni Keagamaan pada 1955. Namun belakangan, karya-karyanya sebagian besar menampilkan figur laki-laki muda telanjang. </br></br>Selain pelukis, ia dikenal sebagai penulis buku harian. Ia menulis buku harian sejak usia 14 tahun. Buku hariannya diterbitkan secara anumerta sebanyak empat jilid pada tahun 2001 hingga 2006 oleh Perpustakaan Nasional Australia. Buku hariannya yang jilid IV banyak membahas kehidupannya di Bali dan hubungannya dengan laki-laki muda Bali.an hubungannya dengan laki-laki muda Bali.)
  • I Gusti Ngurah Ady Kusuma  + (Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Komputer dan Informatika STIKOM Bali)
  • I Gusti Putu Hardi Yudana  + (Dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STIKOM Bali)
  • Dr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si.  + (Dr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si., lahiDr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si., lahir di Br. Petak, Desa Petak Kaja Gianyar Bali, pada 21 April 1963. Ia menyelesaikan pendidikan S1 (Bahasa dan Sastra Bali) pada Fakultas Sastra Universitas Udayana (1987) dan meraih Master of Cultural Studies pada Program Pascasarjana Universitas Udayana (2004). Pada 2012, ia meraih gelar Doktor Linguistik dengan Konsentrasi Wacana Sastra pada Program Pascasarjana Universitas Udayana dengan judul disertasi “Wacana Siwa-Buddha dalam Kakawin Nilacandra: Analisis Resepsi”. Ia pernah bekerja di bagian Manuskrip Perpustakaan Nasional RI Jakarta (1990-1996). Selain itu, ia adalah Dosen Luar Biasa pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jakarta (1990-1996). Selain itu, Badan Perpustakaan Provinsi Bali juga adalah tempatnya mengabdi pada 1997-2005. Sejak 2006, ia menjadi Dosen PNS Dpk pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, IKIP PGRI Bali, LLDIKTI Wilayah VIII. Ia telah meneliti sejumlah manuskrip lontar. Bukan hanya meneliti, ia juga membuat katalogisasi, transliterasi, serta menerjemahkannya. Beberapa buku telah ditulisnya. Antara lain, Geguritan Uwug Kengetan (2014), Musala Parwa (2015), Prastanika Parwa (2016), Bhomakawya (2017), Wacana Siwa-Buddha dalam Kakawin Nilacandra (2018), Ala-ayuning Dina Mwah Sasih (2018), dan Kakawin Nilacandra Abad XX (2019).8), dan Kakawin Nilacandra Abad XX (2019).)
  • NDM Santi Diwyarthi  + (Dr. Diwyarthi adalah dosen pada Politeknik Pariwisata Bali. Bidang penelitian yang ditekuninya meliputi pariwisata, hospitality, psikologi, manajemen, dan budaya.)
  • I Made Mahadi Sanatana  + (Dr. I Made Mahadi Sanatana, S.STP, MAP MerDr. I Made Mahadi Sanatana, S.STP, MAP Merupakan birokrat yang melaksanakan tugas di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali, pernah mengikuti pelatihan dan sertifikasi manajemen SDM, pelatihan asesor kompetensi. Saat ini juga bertugas sebagai asesor sumber daya manusia di UPT Assessment Centre Prov Bali. Beberapa kali ditunjuk sebagai narasumber pada pelatihan manajemen SDM dan pengajar bidang administrasi publik. Menyelesaikan pendidikan S3 ilmu ekonomi Universitas Udayana konsentrasi ekonomi kelembagaan. Tersertifikasi CHRM dari BNSP.elembagaan. Tersertifikasi CHRM dari BNSP.)
  • I Nyoman Cerita  + (Dr. I Nyoman Cerita SST, MFA adalah senimaDr. I Nyoman Cerita SST, MFA adalah seniman sekaligus akademisi seni pertunjukan khususnya seni tari di Bali yang berasal dari Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Beliau telah mampu membangun sebuah upaya pengembangan kesenian khususnya tari di Bali. Berbagai karya-karya yang hingga kini telah memberikan catatan penting terhadap perkembangan seni tari, I Nyoman Cerita mampu menciptakan karya tari dengan cara Nyeraki. Istilah Nyeraki bermakna serba bisa. Kemampuan nyeraki yang dimaksud disini adalah kemampuan Nyoman Cerita menciptakan tabuh (musik iringan tari), menciptakan gerak tari, serta mampu menciptakan konsep kostum. Kemampuan nyeraki sangat jarang dimiliki oleh seniman tari pada umumnya.</br></br>I Nyoman Cerita juga seorang seniman yang inovatif, beliau banyak memunculkan ide-ide baru seperti pengolahan properti tari yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi. Dalam salah satu karya trinya Satya Brasta, penari membawa property pajeng dan kipas, pajeng dapat di fungsikan sebagai tombak, roda kereta, dan simbol awan, sedangkan properti kipas dapat digunakan sebagai gada dan kereta kencana. Karya-karya Tari Bali beliau menjadi inspirasi bahan ajar di sanggar dan sebagai sajian seni pertunjukan.nggar dan sebagai sajian seni pertunjukan.)
  • I Wayan Kiki Sanjaya  + (Dr. I Wayan Kiki Sanjaya, SST, PAR, SE.,M.Par adalah dosen pada International Institute of Tourism and Business, Indonesia. Dr. Sanjaya termasuk kedalam salah reviewer internasional pada Journal of Hospitality and Tourism Management.)
  • I Wayan Muka  + (Dr. I Wayan Muka, ST.,MT adalah dosen tetaDr. I Wayan Muka, ST.,MT adalah dosen tetap pada program studi Teknik Sipil di Universitas Hindu Indonesia. Gelar doktornya diraih dari Universitas Diponegoro pada tahun 2015. Selain mengajar, Dr. Muka juga aktif mengkaji aspek risiko pembangunan infrastruktur dan mempublikasikan hasil penelitiannya pada berbagai jurnal ilmiah.penelitiannya pada berbagai jurnal ilmiah.)
  • Made Gde Subha Karma Resen  + (Dr. Made Gde Subha Karma Resen, SH.,M.Kn aDr. Made Gde Subha Karma Resen, SH.,M.Kn adalah salah satu dosen pengajar bidang Ilmu Hukum di Universitas Udayana, Bali Indonesia. Bidang keahliannya mencakup Hukum Agraria, Hukum Kesehatan, dan Hukum Lingkungan. Selain mengajar, Dr. Resen juga aktif membuat publikasi ilmiah terkait berbagai topik yang berkaitan dengan bidang keahliannya, termasuk salah satunya yang ditampilkan pada Rak Pengetahuan berjudul The Legal Status of Established Business in the Pakraman Village (From the perspective of customary law in Bali Province) yang ditulis bersama Putu Dyatmikawati, mantan Rektor Universitas Dwijendra, Bali Indonesia.tor Universitas Dwijendra, Bali Indonesia.)
  • Ni Ketut Sari Adnyani  + (Dr. Ni Ketut Sari Adnyani, S.Pd., M.Hum adDr. Ni Ketut Sari Adnyani, S.Pd., M.Hum adalah dosen aktif bidang Ilmu Hukum di Universitas Pendidikan Ganesha,Singaraja Bali dan peneliti di bidang gender, hukum adat/nasional, dan pariwisata. Dr. Adnyani menamatkan studi doktoralnya di Universitas Udayana pada tahun 2022 dengan predikat sangat memuaskan. Pada tahun 2021, Dr. Adnyani menerbitkan buku berjudul Gender dalam Hukum diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada.kum diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada.)
  • Putu Sabda Jayendra  + (Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. lahir di Singaraja, Buleleng, Bali pada tanggal 14 Agustus 1987. Merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan suami-istri Drs. I Made Nuada, M.Pd. dan Ni Ketut Suryaning. Menamatkan pendidikan Taman Kanak-Kanak di TK Mutiara Singaraja tahun 1993, Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Banyuasri, Singaraja hingga kelas 4, (karena mengikuti orang tuanya pindah tugas) dan melanjutkan sekolahnya di SD Negeri 2 Pekutatan, Jembrana hingga tamat tahun 1999. Selanjutnya menempuh Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di SLTP Negeri 1 Pekutatan (SMP Negeri 1 Pekutatan), Jembrana dan tamat tahun 2002. Sekolah Menengah Atas ditempuhnya di SMA Negeri 1 Pekutatan hingga kelas 2 (karena mengikuti orang tuanya kembali pindah tugas) dan melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 1 Mendoyo, Jembrana hingga tamat tahun 2005. Jenjang S1 – S3 ditempuhnya di Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dengan bidang kajian Pendidikan dan Ilmu Agama Hindu. </br></br>Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. merupakan penulis yang aktif membuat karya-karya publikasi ilmiah serta menulis buku. Sebagian besar karyanya mengeksplorasi tentang praktik pendidikan dalam tradisi keagamaan dan kearifan lokal (etnopedagogi), beberapa diantaranya adalah Barong Brutuk Penjaga Jiwa Dari Tanah Bali Kuno (terbit tahun 2019) dan Mongah, Belajar Nilai Hidup Dari Manusia Pakis (terbit tahun 2020). Saat ini aktif tercatat sebagai Dosen Tetap di Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional di Denpasar Bali, serta pernah pula menjadi Dosen Luar Biasa dan Dosen Tamu di beberapa Perguruan Tinggi lainnya, seperti IHDN Denpasar, IKIP PGRI Bali, Universitas Mahasaraswati Denpasar, STIE BIITM Denpasar, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Internasional Bali, STAHN Mpu Kuturan Singaraja, dan The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta.</br></br>Dalam kegiatan organisasi profesi dan bidang sosial budaya juga turut aktif, diantaranya pada tahun 2017-2022 menjadi anggota Asosiasi Dosen Indonesia, tahun 2020 sebagai Assessor Tri Hita Karana Awards dan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) dengan jabatan sebagai Wakil Ketua I BPC Denpasar.abatan sebagai Wakil Ketua I BPC Denpasar.)
  • Anak Agung Gde Putera Semadi  + (Dr. Semadi adalah dosen aktif pada programDr. Semadi adalah dosen aktif pada program studi Ilmu Hukum, Universitas Dwijendra, Bali Indonesia. Dengan pendidikan tertinggi adalah S3 yang diperolehnya dari Universitas Udayana pada tahun 2015, Dr. Semadi juga adalah pemerhati isu-isu sosial dan hukum di Bali serta aktif menulis di berbagai media.ali serta aktif menulis di berbagai media.)
  • Drs. I Nyoman Aris  + (Drs. I Nyoman Aris adalah sastrawan yang bDrs. I Nyoman Aris adalah sastrawan yang berasal dari Banjar Kebayan, Desa Tangeb, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Drs. I Nyoman Aris lahir pada tanggal 19 September 1984. Beliau adalah putra dari Alm. I Wayan Lanus dan Alm. Ni Nyoman Namrug. Riwayat pendidikan beliau yaitu pernah menempuh Sekolah Rakyat (SR) pada tahun 1962, smp pada tahun 1965, KPG pada tahun 1978, PGSLP pada tahun 1980 dan S1 jurusan Bahasa dan Sastra Bali pada tahun 1990. Drs. I Nyoman Aris adalah seorang tenaga pendidik di SMK Seni Ukir Tangeb. Selain itu, beliau juga seorang petani dan sering menjadi juri sekaligus pembina dalam perlombaan utsawa dharma gita. Banyak penghargaan yang beliau raih salah satunya juara 1 mekidung/makakawin. Karya terbesar beliau adalah Kidung Yadnya, karya lainnya seperti imba tembang (pupuh), tuntunan malajah makakawin, dan tuntunan malajah makidung lengkap disertai tangga nada dan notasinya sehingga memudahkan kita untuk belajar makidung.ga memudahkan kita untuk belajar makidung.)
  • Drs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.si  + (Drs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.Si adalah sasDrs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.Si adalah sastrawan Bali yang berasal dari Karangasem. Beliau lahir pada hari Jumat Pon Julungwangi pada tanggal 4 April 1952. Beliau merupakan putra dari pasangan alm. Ida Pedanda Wayan Pidada dan Ida Pedanda Istri Agung.</br></br>Disini saya akan membahas karya geguritan beliau yang beliau karang sendiri yang berjudul “Geguritan Gering Agung Pandemi Covid Sembilan Belas”. Isi dari geguritan ini berisikan tentang seputaran covid-19 yang marak saat ini. Dimulai dari mana asal covid ini dan cara pencegahannya. Geguritan ini berisikan 4 jenis pupuh yaitu pupuh dandang gula (2 bait), pupuh sinom (11 bait), pupuh ginada (11 bait) dan pupuh durma (11 bait).inada (11 bait) dan pupuh durma (11 bait).)
  • Dwitra J. Ariana  + (Dwitra J. Ariana adalah pembuat film, penuDwitra J. Ariana adalah pembuat film, penulis dan pegiat teater yang lahir di Jeruk Mancingan, Bangli, 1 Juli 1983. Ia pernah aktif di Sanggar Cipta Budaya SLTP 1 Denpasar dan Teater Angin SMU 1 Denpasar. Kemudian ia merambah ke dunia film. Film-filmnya pernah terpilih sebagai Official Selection Ganesha Film Festival (Ganffest) 2008 Bandung, Surabaya Film Festival (S13FFEST) 2007, Festival Film Dokumenter (FFD) Jogjakarta 2006. Pernah tercatat sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Teknik Arsitektur Universitas Udayana, Graphic Design WEC, Fakultas Hukum Universitas Udayana, dan Institut Seni Indonesia Denpasar jurusan Desain Komunikasi Visual; namun semua tidak ia tamatkan. Kini, ia menetap di kampung halamannya dan memilih hidup sebagai petani.lamannya dan memilih hidup sebagai petani.)
 (Dwitra J. Ariana adalah pembuat film, penulis dan pegiat teater yang lah)
  • Edward Speirs  + (Edward, atau Eddy begitu ia lebih suka dipEdward, atau Eddy begitu ia lebih suka dipanggil, adalah Managing Editor NOW! Bali dan tuan rumah NOW! Podcast Bali. Dia menikmati fotografi, perjalanan pedesaan dan senang bahwa karyanya memperkenalkan dia kepada orang-orang dari semua lapisan masyarakat.orang-orang dari semua lapisan masyarakat.)
  • Ema Sukarelawanto  + (Ema Sukarelawanto. Lahir di Tulungagung, JEma Sukarelawanto. Lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 2 Juli 1965. Setelah lulus dari Fakutas Peternakan Universitas Udayana pada 1990 ia menjadi wartawan Bali Post hingga 1994. Kemudian menjadi redaktur di Harian NUSA (1994-1998) dan mengelola majalah pariwisata Bali Tribune hingga ditutup pascatraged bom Bali 2002. Berikutnya ia bergabung ke Harian Bisnis Indonesia dan menjadi editor Bisnis.com hingga pensiun dari grup media ini.</br></br>Selain menjadi wartawan, ia terlibat aktif dalam beberapa proyek seni rupa sejak 1993 serta penerbitan buku, baik sebagai penulis maupun pengemasan tata letak dan desain grafis. Beberapa di antaranya Berbagai Dimensi Perupaan Made Wianta (Kumpulan Esei, 1998), Kitab Suci Digantung di Pinggir Jalan New York (Kumpulan Puisi Made Wianta, 2003), The Sound of Calligraphy Made Wianta (2001), Dreamland-Made Wianta (2003), Calligraphy in Song-Made Wianta (2005), 4+1=Venezia (Panji Tisna, Made Kaek, Suklu, Made Wianta, 2003), Eternal Line-Stephan Spicher (2005), To Be World Class Services, Proses Metamorfosis PLN Distribusi Bali (2006), Jero Wijaya: Inspirasi dari Kaldera Batur (2007), Menembus Batas (Wahyoe Wijaya), Konflik Tak Jadi Pelik (Biografi Nyoman Sudiantara, 2010), Leafscape (Nyoman Sujana Kenyem), Ida Bagus Kompyang dan Mirah Astuti; Pasangan Pionir Pariwisata Bali (Nyoman Darma Putra, 2012), Hadi Taryoto: Mewujudkan Impian melalui Pariwisata (Nyoman Darma Putra, 2014), Wisata Kuliner: Atribut Baru Destinasi Ubud (Putu Diah Sastri Pitanatri & Nyoman Darma Putra, 2016), dan Tjokorda Gde Putra Sukawati: Mengemban Tutur Leluhur (Nyoman Darma Putra, 2016). </br></br>Kini ia bergiat di Komunitas Kertas Padi, Komunitas Nitirupa, serta membanguan situs berita inibali.com dan katarupa.id.guan situs berita inibali.com dan katarupa.id.)
  • Eric Buvelot  + (Eric Buvelot adalah reporter dan penulis sEric Buvelot adalah reporter dan penulis senior yang tinggal di Bali sejak tahun 1995. Ia memulai karirnya di Perancis pada publikasi harian di mana ia tinggal selama 10 tahun dan mempelajari seluk beluk jurnalisme. Dia telah menulis ratusan artikel tentang Bali dan Indonesia, dalam bahasa Perancis atau Inggris, sebagian besar untuk majalah bulanan Bali La Gazette de Bali, sebagai pemimpin redaksi selama 13 tahun, tetapi juga untuk media berbahasa Inggris terkemuka di Indonesia seperti The Jakarta Post, Indonesia Expat , Sekarang Bali atau bahasa Perancis Le Banian. Ia meluncurkan surat kabar multibahasa The Communities of Indonesia dan majalah gaya hidup Saga. Selain Bali, 50 Tahun Perubahan – Percakapan dengan Jean Couteau, ia juga merupakan penulis novel kriminal Bali Club Hotel yang ditulis pada tahun 1994-1995.b Hotel yang ditulis pada tahun 1994-1995.)
  • Erick Est  + (Erick Est lahir di Medan, 7 Februari 1980.Erick Est lahir di Medan, 7 Februari 1980. Ia adalah sutradara film dan video klip. Ia menetap di Bali sejak 1999. Setamat SMA di Medan, ia melanjutkan kuliah di Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana, Bali. Film berjudul “Kenapa Aku?” adalah awal mula ia berkarir dalam bidang perfilman. Kini sudah sekitar 280 video klip dan 20 film disutradarainya, di antaranya film dokumenter tentang layangan sakral Bali, “Janggan”. Sebelumnya, karya-karya garapan Erick di antaranya video klip band-band Bali seperti Nanoe Biroe, D Ubud N Band, The Wheels, Navicula, hingga band nasional seperti Superman Is Dead dan Taboo. Bahkan, Erick pernah mendapat kepercayaan menggarap video klip bintang Norwegian Idol, Jonas Thomassen. Ia juga mendapar order ke Amerika bersama band Prison of Blues untuk membuat video klip. Erick telah meraih sejumlah penghargaan dalam dunia film. Antara lain, filmnya yang berjudul “Terakhirku” dan “Rapuh” mendapatkan penghargaan pada festival film di Australia.nghargaan pada festival film di Australia.)
  • Etika Wisatawan Di Tempat Sakral Di Bali  + (Etika Wisatawan pada tempat sakral di BaliEtika Wisatawan pada tempat sakral di Bali</br>Om swastyastu, Dewan juri yang saya hormati dan tim Bahasabali wiki yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan orasi tentang “Etika Wisatawan pada tempat sakral di Bali”. </br>Pulau Bali adalah destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Bali memiliki objek wisata yang sangat beragam, baik wisata alam, wisata budaya dan wisata bahari. Bali dan pariwisata tidak bisa dipisahkan. Objek wisata yang tidak kalah menarik, yaitu budaya masyarakatnya. Kehidupan masyarakat Bali sangat erat dengan agama hindunya sehingga setiap upacara keagamaan merupakan objek yang sangat khas. Pura merupakan tempat ibadah umat hindu yang menarik tersebar di seluruh pelosok Bali. Oleh karena itu, Bali juga memiliki julukan Pulau Seribu Pura.</br>Namun keindahan tempat wisata di Bali masih sering terancam salah satunya yaitu tempat tempat sakral. Kehadiran wisatawan asing yang mengunjungi tempat sakral masih membawa pengaruh negatif pada pulau Bali. Kasus yang sering kita dengar yaitu etika wisatawan yang masih kurang, baik dari segi pakaian maupun moral wisatawan itu sendiri. Seperti yang terjadi di Pura Dalem Prajapati Banjar Dadakan, Desa Adat Kelaci Kelod, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Wisatawan tersebut memanjat pohon yang disakralkan, di duga wisatawan tersebut tidak mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat sakral.</br>Hal ini kerap terjadi, penyebabnya adalah Kebebasan pergaulan dan pakaian di banyak tempat wisata, Kebutuhan konten komersial dan, Ketidaktahuan turis asing seputar tempat sakral di Bali. Dengan ini, kami berharap pemimpin Bali di tahun 2024 agar memperketat aturan aturan yang ada pada tempat tersebut dengan upaya yang dapat dilakukan yaitu,</br>1. Membentuk suatu komunitas untuk penjagaan yang lebih ketat pada tempat tersebut.</br>2. Pihak pengelola agar memberikan informasi rambu rambu makna dan tempat suci.</br>3. Memberikan sanksi kepada pengunjung yang melarang aturan tersebut baik sanksi moral maupun sanksi social.</br>4. Wisatawan diharapkan Didampingi pemandu wisata yang memiliki izin/berlisensi (memahami kondisi alam, adat istiadat, tradisi, serta kearifan lokal masyarakat Bali} saat mengunjungi daya Tarik wisata..</br>Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat,dan orasi ini dapat di realisasikan oleh pemimpin Bali tahun 2024 agar tempat tempat sakral di Bali selalu terjaga dan dilestarikan. Mohon maaf apabila terdapat salah kata, kami ucapkan terimakasih. Om Shanti, Shanti, Shanti Om.terimakasih. Om Shanti, Shanti, Shanti Om.)
  • Frans Nadjira  + (Frans Nadjira lahir di Makassar, Sulawesi Frans Nadjira lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 3 September 1942. Sejak 1974 dia menetap di Bali. Dia dikenal sebagai sastrawan dan pelukis. Tahun 1979 dia mengikuti program penulisan kreatif International Writing Program di University of Iowa, Iowa, USA. Dia pernah belajar seni rupa di Akademi Seni Lukis Indonesia (ASLI), Makassar. Saat melukis dia memilih dan menggunakan metode seni lukis otomatis (psikografi) yang ditekuni hingga sekarang. Irama, gerak, komposisi, dan warna menjadi ruh dalam karya-karyanya. </br></br>Dalam bidang sastra, terutama puisi, dia banyak menggembleng calon penyair di Bali yang belajar menulis puisi kepada dirinya. Tulisan-tulisannya dimuat di berbagai massa lokal dan nasional serta luar negeri, antara lain Bali Post, CAK, Kalam, Horison, Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia. Juga terangkum dalam antologi Laut Biru Langit Biru, Puisi ASEAN, Spirit That Moves Us (USA), On Foreign Shores, Ketika Kata Ketika Warna, Teh Ginseng, A Bonsai’s Morning. </br></br>Buku-buku sastranya yang telah terbit adalah Jendela (Kumpulan Puisi, 1980), Bercakap-Cakap di Bawah Guguran Daun-daun (Kumpulan Cerpen, 1981), Springs Of Fire Springs Of Tears (Kumpulan Puisi, 1998),Curriculum Vitae (Kumpulan Puisi, 2007), Pohon Kunang-Kunang (Kumpulan Cerpen, 2010), Catatan di Kertas Basah (Kumpulan Puisi, 2015), Keluarga Lara (Novel, 2016), Jejak-Jejak Mimpi (Novel, 2016), Peluklah Aku (Kumpulan Puisi, 2017).016), Peluklah Aku (Kumpulan Puisi, 2017).)
  • Sistem Tunnel Nincapang Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Nincapang Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Upaya Nincapang Kawentenan Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Gde Artawan  + (GDE ARTAWAN lahir di Klungkung, 20 FebruarGDE ARTAWAN lahir di Klungkung, 20 Februari 1959. Dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Pendidikan terakhir S3 program doktor Linguistik Universitas Udayana. Menulis esei,puisi, cerpen di beberapa media massa.Sering diundang menjadi pembicara dalam kegiatan sastra dan temu ilmiah, serta ditunjuk menjadi juri dalam kegiatan pembacaan dan penulisan sastra. Menerima Anugerah Seni Wija Kusuma dua kali dari pemerintah Buleleng, tahun 1999 dan tahun 2007. Di Singaraja menjadi koordinator Dermaga Seni Buleleng ( DSB) yang kerapkali menggelar kegiatan apresiasi sastra dan beberapa kali menggelar lomba penulisan puisi se-Bali memperebutkan Singa Ambara Raja Award dalam rangka hari ulang tahun kota Singaraja. </br></br>Kumpulan cerpennya ‘Petarung Jambul’ mendapat Anugerah Seni Widya Pataka dari Pemerintah Propinsi Bali tahun 2008. Buku karya sastranya terhimpun dalam ‘Kaki Langit’(1984). ‘Buleleng dalam Sajak’(1996), ‘Kesaksian Burung Suksma’(1996), ‘Spektrum’ (1997), ‘Tentang Putra Fajar’ (2001), ‘Puisi Penyair Bali’ (2006), Dendang Denpasar, Nyiur Sanur (2012). Buku puisi tunggalnya adalah “Tubuhku Luka Pesisir, Tubuhmu Luka Pegunungan” (2014). Pesisir, Tubuhmu Luka Pegunungan” (2014).)
  • Gde Aryantha Soethama  + (Gde Aryantha Soethama, lahir di Bali, 15 JGde Aryantha Soethama, lahir di Bali, 15 Juli 1955. Namanya dikenal melalui sejumlah karya sastranya berupa cerpen, novel, dan esai yang dipublikasikan di berbagai media massa, seperti Kompas, Bali Post, Sinar Harapan, dll. Pada tahun 2006, buku kumpulan cerpennya yang berjudul “Mandi Api” meraih penghargaan Kusula Sastra Khatulistiwa untuk kategori Prosa.</br></br>Gde Aryantha Soethama mengawali debutnya sebagai penulis sejak usia muda. Menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Dia pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi mingguan Karya Bhakti (1981-1987) dan redaktur harian Nusa Tenggara (1989-1990). </br></br>Pada tahun 1979 sampai dengan 1981, setiap dua pekan, dia menulis skenario penyuluhan peternakan dan memerankannya untuk Stasiun TVRI Denpasar. Kini ia aktif menulis esai budaya serta cerita pendek, sembari mengurus penerbitan dan percetakannya.</br></br>Buku-bukunya, antara lain: Wawancara Jurnalistik (karya jurnalistik), Koran Kampus (karya jurnalistik), Menjadi Wartawan Desa (karya jurnalistik), Tak Jadi Mati (kumpulan cerpen, 1984), Langit Dibelah Dua (naskah drama, 1984), Daerah Baru (kumpulan cerpen, 1985), Koran Kampus (1986), Suzan/ Wanita Amerika Dibunuh di Ubud (novel), Pilihanku Guru/Senja di Candi Dasa (novel), Bali is Bali (kumpulan esai, 2003), Basa Basi Bali (kumpulan esai, 2002), Bali Tikam Bali (kumpulan esai, 2004), Bolak Balik Bali (kumpulan esai), Mandi Api (kumpulan cerpen, 2006, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Vern Cock dengan judul Ordeal by Fire), Dari Bule Jadi Bali (Kumpulan esai, 2010), Jangan Mati di Bali (Kumpulan esai, 2011), Menitip Mayat di Bali (kumpulan esai, 2016).nitip Mayat di Bali (kumpulan esai, 2016).)
  • Gde Dharna  + (Gde Dharna lahir di Sukasada, 27 Oktober 1Gde Dharna lahir di Sukasada, 27 Oktober 1931. Beliau adalah pensiunan PNS dari kantor Perdagangan Buleleng. Sejak tahun 1953 beliau menulis sajak dan drama pentas, drama radio, serta drama televisi baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Bali. selain daripada itu,beliau juga menulis cerpen, lagu berbahasa Indonesia maupun berbahasa Bali, lagu Janger, Genjek, Dolanan, Geguritan dan lagu Paduan Suara. Karangan-karangan beliau yang telah dipublikasikan maupun didokumentasikan seperti:</br></br>Puisi berbahasa Indonesia 75 yang dimuat pada Koran Suluh Marhaen, Bali Post, Nusa Tenggara, dan dimuat pada kumpulan puisi berjudul “Pantai-Pantai”, “Kaki Langit”, “Penyair Asean”, dan “Perang Jagaraga dalam puisi”. Puisi berbahasa Bali 80, yang dimuat pada majalah Burat Wangi, Canang Sari, dan dikumpulkan menjadi kumpulan yang berjudul “Kobarang Apine” (Drama dan Puisi), “Perang Bali” serta “Leak Macolek Bunga”. Drama berbahasa Indonesia ada 20, berupa naskah yang dipentaskan dalam masyarakat, RRI Singaraja, dan TVRI Denpasar. Skenario film yang berjudul: “Ngawit Saking Banjar” (film PKB diputar keliling Bali), “Ki Bayan Suling” (diputar di Bali dan Lombok), dan “Ni Jempiring” (diputar di Bali dan Lombok). Tembang-tembang pop diperkirakan sudah ada 50 yang dikumpulkan menjadi kumpulan oleh Dinas Pengajaran Provinsi Bali sebagai tembang anak-anak SD (jilid I, II, III), dan sudah juga dijadikan kumpulan oleh Listibiya Kabupaten Buleleng. Nyayian Janger sebanyak 50, Nyanyian paduan suara berbahasa Bali ada 12, dan nyanyian yang berjudul “Dagang Tuak” dinyanyikan oleh duta Bali ke Tingkat Nasional. Lagu pop daerah kategori dewasa ataupun anak-anak. Nyanyian genjek ada sekitar 30 dan sempat mendapatkan juara lomba Genjek se-Bali. Gegitan ada sebanyak 15, dan dua dari tembang tersebut yang berjudul Gili Menjangan dan I Pepaka mendapat penghargaan dari gubernur Bali. Tembang Dolanan sebanyak 12, dan Mars serta Hymne ada 10 seperti mars TP 45, “Singa Ambara Raja”, “Porda Bali”, dsb. Juga menulis dua cerita pendek berbahasa Bali yang berjudul “Tusing Ada Apa Dé” (2003), serta “Dasa Tali Dogen” (2009). Ada juga Novel berbahasa Indonesia berjudul Bintang Den Bukit (2015) berbagai juara dan penghargaan juga pernah didapatkan seperti: Juara I Lomba Penulisan Puisi Kartini se-Nusa Tenggara, Juara Lomba Bintang Radio Se-Bali, Jenis Seriosa dan Keroncong (Juara II tahun 1956; Juara II tahun 1957, Juara I tahun 1958, Juara II tahun 1959, tahun 1960, lan tahun 1974), Juara I Lomba Penulisan Naskah Drama Berbahasa Bali yang dilaksanakan oleh Listibya Bali tahun 1986, Juara I Lomba Menulis Lagu Bali Anak-Anak (tahun 1987; tahun 1988, dan tahun 1994), Juara I Menulis Lagu Pop Bali jenis déwasa tahun 1989, Juara II Menulis Lagu Pop Bali jenis remaja tahun 1994, penghargaan Wijaya Kusuma dari Bupati Buléléng tahun 1981, penghargaan Dharma Kusuma dari Gubernur Bali tahun 1989, Hadiah Sastra Rancagé dari Yayasan Rancagé Indonésia, dan penghargaan Widya Pataka dari Gubernur Bali dengan kumpulan cerita pendek “Dasa Tali Dogén”. Lain daripada itu, Gde Dharna juga aktif dalam berbagai bidang organisasi seperti menjadi Ketua Lembaga Kebudayaan Nasional (LKN) (1963-1971), Ketua Anak Cabang PNI Kecamatan Sukasada (1963-1987), Ketua Bagian Seni Budaya dan Kerohanian DPD Kabupaten Buleleng dan sebagai anggota DPRD Buleleng dua periode (1075-1985), Ketua Markas Ranting LVRI Kecamatan Sukasada sejak tahun 1987, Sekretaris Markas Cabang LVRI Kabupatén Buléléng sejak tahun 1986. Beliau berpulang meninggalkan dunia pada hari Minggu, 13 Séptémber 2015. Segala hasil karya beliau dan juga prestasi beliau akan senantiasa dikenanang di dunia ini khususnya pada hati masyarakat Bali.a ini khususnya pada hati masyarakat Bali.)
  • Gede Geruh  + (Gede Geruh, lahir di Pedungan, Denpasar, BGede Geruh, lahir di Pedungan, Denpasar, Bali, 17 Juli 1915. Ia adalah maestro seni tari Gambuh. Menekuni seni tari sejak usia enam tahun. Meski buta huruf alias tak bisa baca-tulis, namun segala jenis tembang berbahasa Jawa Kuna (Kawi) yang mengiringi pertunjukan Gambuh mampu dikuasainya di luar kepala. Gambuh diperkirakan masuk dari Jawa ke Bali sejak pemerintahan Raja Udayana di Bali, sekitar abad ke-10 Masehi. Pertengahan dasawarsa 1960-an, Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI, kini ISI) Denpasar, menjadikan Geruh narasumber penting untuk riset dan merekonstruksi tari Gambuh yang langka itu. Geruh pernah diangkat menjadi Dosen Luar Biasa di ASTI Denpasar. Dari Geruh inilah ASTI kemudian dapat memadukan Gambuh dengan Gong Semar Pagulingan sebagai pengiring sehingga lahir istilah Gambuh Anyar. Aslinya, tarian Gambuh banyak diiringi instrumen rabab dan suling.anyak diiringi instrumen rabab dan suling.)
  • Gede Gunada  + (Gede Gunada adalah seorang pelukis kelahirGede Gunada adalah seorang pelukis kelahiran Desa Ababi, Karangasem, Bali, 11 April 1979. Dia menempuh pendidikan seni di SMSR Negeri Denpasar, kemudian melanjutkan kuliah di STKIP Amlapura, Karangasem. Sejak 1995 dia banyak terlibat dalam pameran bersama, antara lain: Pameran Gebyar Sekolah Menengah Kesenian (SMK) se-Indonesia (1995), Pameran Kelompok Komunitas Lempuyang di Hilton Hotel, Surabaya (1999), Pameran “Sensitive” Komunitas Lempuyang di Danes Art Veranda, Denpasar (2006). Dia pernah meraih penghargaan Karya Lukis Terbaik 2002 dalam Lomba Melukis “Seni itu Damai” di Sanur, Bali; Karya Lukis Kaligrafi Terbaik 2009 dalam Lomba Melukis Kaligrafi se-Indoneisa di kampus UNHI Denpasar. Karya-karyanya banyak mengangkat tentang manusia dan alam dengan gaya yang ekspresif.nusia dan alam dengan gaya yang ekspresif.)
  • GN Surya Hadinata  + (Gede Ngurah Surya Hadinata adalah ketua PeGede Ngurah Surya Hadinata adalah ketua Pekumpulan Filatelis Indonesia Pengurus Daerah Bali sekaligus anggota Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia. Dia telah lebih dari dua puluh tahun aktif dalam dunia perangko dan pos. Selain menjadi salah satu filatelis terkemuka di Bali, dia juga mendirikan sekolah menengah kejuruan di kampung halamannya, Nusa Lembongan. Dalam dunia pendidikan, dia aktif pula sebagai anggota pembina dan pelatih Pramuka yang memang ditekuninya sejak kecil. </br></br>Pak Surya, atau Kak Surya, demikian sapaan akrabnya dalam dunia kepramukaan, rutin menyelenggarakan pameran filateli berskala lokal, regional, nasional maupun internasional., regional, nasional maupun internasional.)
  • Gede Prama  + (Gede Prama (Guruji Gede Prama) adalah seorGede Prama (Guruji Gede Prama) adalah seorang penulis buku spiritual, pembicara, motivator dan pembimbing meditasi asal Bali. Ia lahir di Desa Tajun, Buleleng, 2 Maret 1963. Pada tahun 1993, ia meraih gelar Master of Art di Human Behavioral Science dari Lancaster University, Inggris dan mengikuti top management course di INSEAD Fontainebleau, Perancis. Ia pernah menjadi dosen MBA Sekolah Manajemen di Universitas Prasetiya Mulya (1990-1993), bekerja di PT Air Mancur Solo sebagai anggota Dewan Komisaris, sebagai direktur SDM hingga akhirnya sebagai CEO (presiden direktur) dengan ribuan karyawan (1997-2002). Tahun 2002 ia menarik diri dari dunia usaha dan memulai perjalanan spiritual. Pada tahun 2008 ia pergi ke India dan berguru pada Dalai Lama. </br></br>Ia telah menerbitkan lebih dari seratus buku, puluhan buku audio, ribuan artikel yang dimuat di media-media ternama di Indonesia seperti Kompas, Media Indonesia. Ia sering diundang sebagai motivator, baik dalam dunia korporasi, pendidikan maupun keagamaan. Selama beberapa tahun ia memberikan bimbingan meditasi untuk umum di Brahma Vihara Arama, Buleleng, mengajarkan cinta kasih dan menyebarkan pesan kedamaian. Dari kediamannya yang dikenal dengan nama Ashram Avalokiteshvara, ia memberikan pelayanan bimbingan meditasi tanpa pernah memungut bayaran. Pelayanan lainnya yang telah berlangsung bertahun-tahun diantaranya pusat layanan melalui telepon 24 jam tanpa bayar. Di antaranya P3A (Pusat Pelayanan dan Perawatan Anak-anak berkebutuhan khusus), P3B (Pusat Pelayanan dan Pencegahan Bunuh diri), P3C (Pusat Pelayanan dan Pencegahan Perceraian).</br></br>Buku-bukunya yang telah terbit, antara lain Praktik Kepemimpinan Berdasarkan Air (1997), Inovasi atau Mati (2000), Memimpin dengan Hati (2001), Cinta Membuat Kita Bersayap (2003), Kaya Raya Selamanya (2003), Jalan-Jalan Penuh Keindahan (2004), Percaya Cinta Percaya Keajaiban (2004), Jejak-Jejak Makna (2004), Rumah Kehidupan Penuh Keberuntungan (2005), Kebahagiaan Yang Membebaskan (2006), Pencerahan dalam Perjalanan (2006), Dengan Hati Menuju Tempat Tertinggi (2007), Simfoni di Dalam Diri (2009), Pencerahan dalam Perjalanan (2010), Compassion (2013), Nyanyian Kedamaian (2015).assion (2013), Nyanyian Kedamaian (2015).)
  • Gedong Bagoes Oka  + (Gedong Bagoes Oka lahir di Karangasem, BalGedong Bagoes Oka lahir di Karangasem, Bali, 2 Oktober 1921. Dia adalah tokoh, intelektual, cendekiawan dalam pembaruan Hindu dan gerakan anti kekerasan di Indonesia. Dia dilahirkan dengan nama Ni Wayan Gedong dari pasangan I Komang Layang dan Ni Komang Pupuh. Gedong menempuh pendidikan di Yogyakarta. Di kota itu dia banyak ditempa dengan nilai-nilai demokrasi dan kebinekaan. Kemudian dia melanjutkan sekolah di sekolah tinggi Kristen di Bogor. Pada 1941, Gedong kembali ke Bali dan mengajar di sebuah Sekolah Lanjutan Atas di Singaraja. Pada 1964, Gedong mendapatkan gelar sarjana muda dari Universitas Udayana, Bali. Dia kemudian mengajar bahasa Inggris di Fakultas Sastra Universitas Udayana pada 1965 – 1992. </br></br></br>Gedong menikah dengan I Gusti Bagoes Oka. Dia banyak mendapat dukungan dan dampingan rohani dari suaminya, yang sama-sama merupakan pengagum dan pengikut ajaran-ajaran Gandhi. Gedong sangat konsisten menerapkan ajaran-ajaran Mahatma Gandhi dalam kehidupannya. Dia kemudian mendirikan Ashram Gandhi di Denpasar dan Candidasa, Karangasem, Bali. Gedong bersahabat baik dengan Gus Dur dan Romo Mangunwijaya yang sama-sama memperjuangkan nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan. Gedong meninggal pada 14 November 2002. Wajahnya diabadikan dalam perangko terbitan Indonesia.badikan dalam perangko terbitan Indonesia.)
  • Geg Ary Suharsani  + (Geg Ary Suharsani, lahir di Mengwitani, BaGeg Ary Suharsani, lahir di Mengwitani, Badung, Bali, 13 Oktober 1980. Menamatkan pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana. Dia aktif menulis sejak remaja, berupa cerpen, esai, novel. Semasa mahasiswa dia aktif di pers kampus Akademika, Universitas Udayana. Dia juga pernah menjadi jurnalis di Majalah Pantau. Tulisan-tulisannya dimuat di Majalah Pantau, Bali Post, tatkala.co, Denpost, Nusa Bali, dll. Bukunya yang telah terbit adalah kumpulan cerpen “Cubang” (2019) dan novel “Kunang-kunang Hitam” (2020). Kini dia bekerja sebagai pegawai Bank Negara Indonesia (BNI).bagai pegawai Bank Negara Indonesia (BNI).)
  • Georges Breguet  + (Georges Breguet adalah penulis banyak karya tentang seni rupa di Indonesia.)
  • Gm. Sukawidana  + (Gm. Sukawidana lahir di Bali, 16 Juli. MenGm. Sukawidana lahir di Bali, 16 Juli. Menulis puisi sejak 1979. Dia salah satu pendiri Sanggar Minum Kopi dan Sanggar Cipta Budaya (SMPN 1 Denpasar). Puisi-puisinya dimuat di Bali Post, Nafiri, Swadesi, Simphoni, Berita Buana, Republika, dll. Puisinya juga terangkum dalam buku Lukisan Magis Tanah Bali (2000). Buku puisi tunggalnya: Upacara Tengah Hari (1993), Upacara Senja Upacara Tanah Moyang (2000). Kini dia sedang menyiapkan buku puisi terbarunya.a sedang menyiapkan buku puisi terbarunya.)
  • Ida Ayu Komang Sartika Dewi  + (Guru seni rupa dan juga pelukis cat air. LGuru seni rupa dan juga pelukis cat air. Lulus dari Pendidikan Seni Rupa di Universitas Pendidikan Ganesha, memberikan dia bekal yang cukup untuk memberikan pembelajaran dalam menggambar secara manual dan melukis cat air, tentu saja dari tingkat dasar. Sudah berkecimbung dalam dunia seni lukis cat air sejak tahun 2016, dan memiliki cukup pengalaman dalam kursus menggambar.</br></br>Praktik kreatif seniman Bali yang sedang naik daun, Ida Ayu Komang Sartika Dewi, menghilangkan lapisan tak terlihat dari dirinya dalam pencarian pengetahuan dan pemahaman diri. Dengan melakukan itu, dia mengeksplorasi potensi kreatifnya sambil melakukan terapi yang kuat. Dilumpuhkan oleh berbagai penyakit yang menyakitkan sejak usia dini, seni telah menjadi tempat perlindungan Dayu yang sempurna.</br></br>Dayu lahir pada tahun 1998 di Buleleng.. Dayu lahir pada tahun 1998 di Buleleng.)
  • Gus Dark  + (Gus Dark adalah seorang kartunis kelahiranGus Dark adalah seorang kartunis kelahiran Karangasem, Bali, 21 Juli 1982. Dia belajar seni grafis di Sekolah Desain Modern, Yogyakarta. Karakter kartunnya dinamai “Mang Ogel” oleh seorang editor dan diterbitkan di surat kabar secara berkala. Pada 2013, Gus Dark dianugerahi (marine awareness through environmental cartoons) untuk Superstar Supporter Award oleh ROLE Foundation. Tahun 2014 dia bergabung dalam gerakan Relawan Jokowi dengan mengirimkan karya seninya ke "Kolak Kotak". Dia pernah memamerkan kartunnya dalam pameran “Call of Duty” (Pameran Kartun Peduli Sampah Jilid II) di Singaraja; “Show Off” dalam pameran Kartun Surabaya dengan Komunitas Kartun Indonesia. </br></br></br></br>Gus Dark pernah menjadi Juara II dalam acara Kartun Walhi (Wahana Lingkungan Hidup). Bersama Komunitas Kartun Malang, dia bergabung dengan gerakan pameran kartun "Menolak Lupa, Penghargaan untuk Munir". Kemudian bergabung dengan Pakarti (Persatuan Kartunis Indonesia) dan berpartisipasi di acara Indonesia World Record (MURI) "KARTUN KORUPSI TERBANYAK" dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia juga berpartisipasi dalam “Mabesikan: Art for Social Change” yang digelar oleh Search for Common Ground-USA. Dia juga pernah menjadi pemenang ke-2 untuk lomba poster anti korupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia berpartisipasi dalam Rekor Dunia Indonesia "Komik Terpanjang" dengan 31 seniman dari seluruh Indonesia, berpartisipasi dalam “Ketemu Project” yang digelar Bekraf Indonesia dan British Council. Gus Dark adalah salah satu founder dari “Seni Lawan Korupsi Bali”, sebuah komunitas lintas seniman dalam melawan korupsi. Selain aktif dalam gerakan Tolak Reklamasi Teluk Benoa, dia juga aktif menyebarkan ide dan kritik melalui seni propaganda di media sosial. Kartun-kartunnya juga banyak ditayangkan di BasaBali Wiki. Contoh-contoh kartunnya bisa dilihat dalam www.artinbali.blogspot.com. dilihat dalam www.artinbali.blogspot.com.)
  • Agus Teja Sentosa  + (Gus Teja merupakan seorang maestro alat muGus Teja merupakan seorang maestro alat musik tiup yaitu Suling dari sebuah desa kecil di dekat Ubud, Bali. Ia merupakan bungsu dari empat anak dari orang tuanya yaitu I Nyoman Kadjil dan Ni Wayan Darpini. Gus Teja mulai bermain suling ketika berada pada jenjang sekolah Dasar, namun ia banyak menghabiskan waktunya selama masa ini untuk berlatih gamelan (instrumen tradisional bali). Semakin tahun, ketertarikannya akan instrumen angin ini meningkat. hal ini memunculkan obsesinya untuk mempelajari semua yang berkaitan dengan instrumen udara dari seluruh dunia. </br></br>Sejak masa kanak-kanak Gus Teja sangat bersemangat menjadi seorang pemain suling. Suling merupakan isntrumen dengan suara melodi yang mewakili suara kedamaian. Ia merasa bebas ketika memainkan sulit kapan saja bahkan sebagai media meditasi dalam pemujaan kepada Tuhan. </br></br>Gus Teja selanjutnya menguji dirinya untuk berkarya instrumen baru sejalan dengan gairahnya terhadap suling. Mulai dari instrumen dari kayu yang dipangkas hingga suling dari bambu. Ia selalu bereksperimen dengan menciptakan kreasi musik baru dengan menggabungkannya dengan instrumen musik dari instrumen modern dengan nada tradisional. Setelah bertahun-tahun berlatih dan bersabar, Gus Teja akhirnya membentuk band musik dunia bernama Gus Teja World Music.</br></br>Pekerjaan musik yang sudah diciptakan tidak hanya merepresentasikan ekspresi perasaannya dari dalam lubuk hati, namun juga mencerminkan perasaan damai, ketenangan dan ikatan kuat persaudaraan terlepas dari latar belakang budaya dari ras yang berbeda. Gus Teja mengatakan bahwa "Musik adalah universal.., bagaimanapun melalui musik mari kita bawa kedamaian dan cinta kepada dunia".ta bawa kedamaian dan cinta kepada dunia".)
  • PENDIDIKAN SANE BECIK PINAKA PIRANTI ANTUK NINCAPANG KUALITAS SDM BALI  + (Hadirin sekalian, terutama kepada dewan juHadirin sekalian, terutama kepada dewan juri yang sangat saya hormati. Bapak dan Ibu pembina yang saya hormati, juga para peserta lomba Orasi BASAbali Wiki yang saya kasihi. Om Sywastyastu. Melalui hati suci tanpa dosa, tiada hentinya saya menghaturkan rasa syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nya, saya bisa berjumpa dengan hadirin seperti sekarang ini. Yang mana, saya mengikuti perlombaan orasi dalam Wikithon Partisipasi Publik hari ini. Semoga acara seperti ini terus berkembang di kemudian hari, sehingga membuat Bali menjadi kukuh. Hadirin sekalian, hal yang akan saya orasikan berjudul "Pendidikan yang Baik sebagai Alat Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Bali".</br></br>Hadirin sekalian yang saya hormati, apa yang membuat saya mengambil judul seperti itu? Karena banyak yang saya lihat, para pemuda di Bali tidak mendapatkan pendidikan yang baik. Hal tersebut yang membuat SDM atau Sumber Daya Manusia Bali, sulit dalam mendapatkan pekerjaan yang bisa mengembangkan ekonomi Provinsi Bali. Apabila menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2021, persentase warga Bali yang tidak bersekolah adalah 1,03 ribu jiwa atau 24,04̤%, selanjutnya yang tidak lulus SD sebanyak 377,18 ribu jiwa atau 8.83%. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tersebut, pemerintah dan masyarakat Bali terutama mahasiswa sebaiknya berusaha melaksanakan program-program yang dapat membantu warga Bali yang belum mendapatkan pendidikan layak. Lalu, program apa yang dapat dilaksanakan ? Mari berpikir bersama-sama.</br></br>Saya sebagai pemuda Bali, akan memberikan solusi atau saran untuk Bapak dan Ibu DPD Bali juga pemerintah yang menjadi penyamb ung lidah masyarakat, agar selalu membantu memberikan pengetahuan yang baik kepada saudara Bali sekalian. Saran yang pertama, perhatikan kualitas dan kuantitas para guru sekalian. Guru atau tenaga pendidik bagaikan kunci utama yang akan mengajar atau memberikan pengetahuan kepada para murid. Apabila upah, fasilitas dan akomodasi guru tidak baik atau tidak memadai, itu akan berpengaruh pada proses mengajar. Yang kedua, fasilitas penunjang sekolah dan kelas patut diutamakan. Ketika proses belajar berlangsung, namun fasilitas yang dipakai belum lengkap, sudah barang tentu guru dan para murid akan malah belajar atau mengganggu proses belajar di kelas. Saran ketiga, berikan para pemuda sekalian melaksanakan kegiatan yang positif di luar sekolah atau program belajar di luar sekolah. Contoh yang baik, yakni, melaksanakan dan mengikuti lomba, mengikuti program pengabdian masyarakat juga pekerjaan yang berguna lainnya. Agar tidak hanya belajar di sekolah.</br></br>Hadirin sekalian yang saya hormati, berdasarkan banyak hal yang saya bicarakan sebelumnya akan saya berikan simpulan sebagai berikut. Pemerintah dan masyarakat Bali tidak boleh meremehkan atau memandang sebelah mata mengenai pendidikan itu. Karena melalui pendidikan, kita bisa mendapatkan pekerjaan yang baik untuk meningkatkan kualitas SDM Bali yang belum berkembang. Juga para warga Bali diharapkan agar tidak terbuai dengan kekayaan yang ada di dunia saat ini, yang disebut "Revolusi Industri 4.0". Mari kita bersama-sama membantu warga Bali yang belum memndapatkan pendidikan yang baik melalui program atau kegiatan yang positif dan bermanfaat. Yang terakhir, kita sebaiknya mengintrospeksi diri agar tidak lupa diri, bersama-sama melaksanakan kewajiban beragama dengan mengukuhkan Bali.</br></br>Baiklah, hadirin sekalian yang sangat saya hormati, sekian yang dapat saya sampaikan di hari yang baik ini. Terima kasih saya haturkan kepada hadirin yang telah menyaksikan orasi saya ini. Semoga apa yang saya sampaikan ada manfaatnya. Untuk segala kekurangan, izinkan saya memohon maaf. Sebagai penutup, saya ucapkan paramasanthi. Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.ramasanthi. Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.)
  • Bullying di Sekolah  + (Hadirin yang saya hormati, Hari ini, sayHadirin yang saya hormati, </br></br>Hari ini, saya akan membahas masalah yang sangat serius di sekolah kita, yakni perundungan. Perundungan adalah tindakan yang tidak bisa diterima dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di sekolah.</br></br>Tindakan tersebut termasuk perilaku yang merugikan dan mempunyai dampak jangka panjang yang buruk pada kesehatan mental dan emosional korban. Tak ada alasan untuk melakukan perundungan.</br></br>Saat bullying terjadi, kita menciptakan lingkungan yang tak sehat dan tak ramah bagi korban. Ini juga bisa membuat korban merasa terasing dan merasa bahwa mereka tidak punya tepat di sekolah ini. Untuk itu, marilah kita semua bekerja sama untuk mengakhiri perundungan di sekolah kita.uk mengakhiri perundungan di sekolah kita.)