UPGRADE IN PROCESS - PLEASE COME BACK AT THE END OF MAY

Search by property

From BASAbaliWiki

This page provides a simple browsing interface for finding entities described by a property and a named value. Other available search interfaces include the page property search, and the ask query builder.

Search by property

A list of all pages that have property "Biography text id" with value "Donald Stuart Leslie Friend lahir Cremorne, Australia, 6 Februari 1915.". Since there have been only a few results, also nearby values are displayed.

Showing below up to 25 results starting with #1.

View (previous 50 | next 50) (20 | 50 | 100 | 250 | 500)


    

List of results

  • Dewa Made Beratha  + (Dewa Made Beratha lahir di Gianyar, Bali, Dewa Made Beratha lahir di Gianyar, Bali, 12 Juli 1941. Ia adalah mantan Gubernur Bali yang menjabat dua periode, yakni periode 1998-2003 dan 2003-2008. Jauh sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Bupati Bangli periode 1968-1970.</br></br>Ia menamatkan pendidikan Ilmu Sosial Politik di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia memulai karir pada tahun 1967 sebagai staf sekretaris daerah Kabupaten Bangli, dan satu tahun kemudian terpiih menjadi Bupati Bangli. Kemudian ia menjadi anggota DPRD Bali dari tahun 1970 hingga 1998, sebelum akhirnya menjadi Gubernur Bali.8, sebelum akhirnya menjadi Gubernur Bali.)
  • Dewa Putu Bedil  + (Dewa Putu Bedil lahir di Ubud, Bali, pada Dewa Putu Bedil lahir di Ubud, Bali, pada tahun 1921. Meninggal tahun 1999. Bedil adalah salah satu anggota termuda dari kelompok Pita Maha yang ia ikuti pada tahun 1936. Dengan dorongan dan arahan dari Rudolf Bonnet, ia mengembangkan gaya lukisan yang unik dengan warna-warna yang elegan. Dia sering menggambarkan kehidupan sehari-hari, ritual, atau tarian dalam lukisan-lukisannya. Figur-figur lukisannya ramping dan terkesan surealis. Karya-karyanya dikoleksi oleh Taman Budaya Bali (Denpasar, Bali), Tropen Museum (Amsterdam, Belanda), Rijksmuseum voor Volkenkunde (Leiden, Holland), Museum Nasional (Jakarta), dan banyak kolektor kelas dunia. Ia pernah memamerkan karya-karyanya di dalam dan luar negeri, seperti di Museum Nasional Jakarta dan pada acara Festival Persahabatan Indonesia-Jepang (Morioka , Tokyo, 1997). Indonesia-Jepang (Morioka , Tokyo, 1997).)
  • Dewa Putu Kantor  + (Dewa Putu Kantor, lahir di Sukawati, GianyDewa Putu Kantor, lahir di Sukawati, Gianyar, 1957. Dia adalah seorang pelukis tradisional yang menganut gaya seni lukis Batuan. Dia belajar melukis teknik Batuan kepada pelukis Dewa Putu Mangku, Dewa Made Jaya, dan Made Tubuh. Lebih dari sembilan tahun ia menyerap teknik melukis gaya Batuan yang terkenal dengan konsep ruang gambar yang penuh, rumit, bernuansa gelap dan tanpa fokus yang jelas. </br></br>Ia kemudian menyederhanakan gaya yang rumit itu menjadi tarikan-tarikan dan liukan-liukan garis yang membentuk wujud tertentu tanpa ada proses pelapisan tinta Cina. Gambar-gambarnya melulu bersandar pada kekuatan garis yang berpengaruh pada keutuhan karya. Tema-tema karyanya juga mengalami perubahan, dari cerita pewayangan menjadi tema-tema keseharian masyarakat pedesaan. Ia kemudian dikenal sebagai pelukis neo-tradisional karena mengangkat kehidupan sehari-hari masyarakat pedesaan Bali pada era kontemporer. Dia mengembalikan kekuatan lukisan khas Bali kepada intinya, yaitu: garis. Sepintas karya-karya drawingnya mengingatkan orang pada karya-karya I Gusti Nyoman Lempad. </br></br>Keutuhan dan kekuatan karyanya bertumpu pada kesederhanaan dan ketajaman tarikan garis. Dengan menggunakan tinta Cina dan kuas bambu ukuran kecil, ia menggambar suasana pasar, warung penggak, tajen, upacara di pura, pemuda desa menabuh gamelan, mobil dengan muatannya, bocah-bocah dengan permainannya, cerita rakyat, gadis mandi di sungai, dan berbagai aktivitas kehidupan desa. Subjek matter yang digarapnya mengesankan kelucuan, lugu, konyol, satire, penuh ironi dan tentu saja menyegarkan. </br></br>Karya-karyanya pernah dipamerkan secara tunggal maupun bersama di sejumlah galeri, antara lain pameran tunggal di Gallery Duta Fine Arts, Jakarta (1999), pameran bersama “Ibu Rupa Batuan” di Bentara Budaya Bali (2019).upa Batuan” di Bentara Budaya Bali (2019).)
  • Dewa Putu Sahadewa  + (Dewa Putu Sahadewa lahir di Denpasar, 23 FDewa Putu Sahadewa lahir di Denpasar, 23 Februari 1969. Sejak remaja aktif dalam seni sastra, jurnalistik, dan teater. Dia pernah aktif dalam Sanggar Minum Kopi dan turut menggagas Jatijagat Kampung Puisi. Antologi puisi tunggalnya: 69 Puisi di Rumah Dedari (2015), Penulis Mantra (2016). Kini dia menetap di Kupang dan berprofesi sebagai dokter ahli kandungan. berprofesi sebagai dokter ahli kandungan.)
  • Dewi Pradewi  + (Dewi Pradewi bernama lengkap Ni Putu Dewi Dewi Pradewi bernama lengkap Ni Putu Dewi Ariantini lahir, di Denpasar, Bali, 12 Januari 1987. Dia adalah salah satu penyanyi lagu pop Bali papan atas yang telah memulai karirnya sejak tahun 2000-an. Album lagunya, antara lain “Bungan Tresna” (2001), “Muani Buaya” (2015), “Bermain Cantik” (2017, duet bersama Dek Arya). Dia sering diundang menyanyi atau menjadi pembawa acara (MC) di berbagai event besar di Bali. Kesibukannya yang lain adalah menjadi asisten Ketua PHRI Bali dan pelatih yoga. Pada masa remaja, dia juga aktif mengikuti lomba baca puisi. Selain itu, beberapa kali dia pernah terlibat dalam kegiatan musikalisasi puisi. Dia menamatkan kuliahnya di Kajian Budaya, Pasca Sarjana, Universitas Udayana dengan tesis berjudul “Konstruksi Stigma pada Perempuan Bali Bertato di Kota Denpasar”. Perempuan Bali Bertato di Kota Denpasar”.)
  • Dewi Susiloningtyas  + (Dewi Susiloningtyas adalah dosen di DepartDewi Susiloningtyas adalah dosen di Departemen Geografi Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Sarjananya dalam perencanaan pembangunan daerah dari Universitas Gajah Mada, di mana ia juga mendapatkan gelar Magister dalam studi ilmu lingkungan.</br></br>Dr Susiloningtyas mengajar berbagai mata pelajaran yaitu Geografi Industri, Geografi Asia Regional, penelitian Kerja Lapangan, dan Sosiologi untuk beberapa nama. Beberapa tahun terakhir ini, Dr. Susiloningtyas fokus mengembangkan mata pelajaran yang lebih fokus pada siswa, atau SCL (Student Center Learning).siswa, atau SCL (Student Center Learning).)
  • DG Kumarsana  + (DG Kumarsana lahir di Denpasar. Menulis puDG Kumarsana lahir di Denpasar. Menulis puisi sejak remaja dan dimuat di berbagai media massa dan terangkum dalam buku bersama. Selain puisi, dia juga menulis cerpen, novel, dan esai, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Bali. Dia pernah aktif di Sanggar Minum Kopi. Bukunya yang telah terbit: Komedi Birokrat (2010), Senggeger (2010), Kabinet Ngejengit (2012), Mata Dadu (2014). Kini mukim di desa Telagawaru, Labuapi, Lombok Barat.di desa Telagawaru, Labuapi, Lombok Barat.)
  • Ngiring Ngebangkitang Pariwisata Ring Bali  + (Di Bali yang sudah terkenal di manca negarDi Bali yang sudah terkenal di manca negara ini banyak mempunyai pariwisata yang bagus dan juga indah. Pariwisata tersebut seperti Pura Tanah Lot, Pura Ulun Danu Beratan, Pura Besakih, Pantai Kuta, Desa Penglipuran, Nusa Penida, Nusa Lembongan dan masih banyak lagi yang lainnya yang terdapat di kabupaten – kabupaten yang ada di Bali. Pariwisata – pariwisata yang bagus dan juga indah tersebut membuat banyaknya pelancong pelancong asing yang berlibur ke Bali. Itu sebabnya Bali adalah pulau kecil yang indah dan juga menarik hati bukan hanya para wisatawannya saja, akan tetapi seluruh masyarakat yang ada di Bali</br></br>Dengan adanya virus covid-19 seperti sekarang ini membuat pariwisata – pariwisata yang ada di Bali ini banyak yang tidak bisa dijalankan. Hal itu membuat pelancong - pelancong asing tidak bisa berpergian ke Bali dikarenakan adanya virus ini. Akan tetapi keadaan seperti sekarang, virus covid-19 ini kasusnya sudah turun dan sudah mulai perlahan – lahan mulai sedikit. Adapun langkah yang harus diambil oleh pemerintah Bali agar pariwisata di Bali ini bisa bangkit kembali adalah yang pertama yaitu melaksanakan vaksinasi. Vaksinasi ini sangat penting dilakukan oleh seluruh masyarakat bukan hanya masyarakat yang ada di Bali saja namun juga masyarakat yang ada di negara yang lainnya. Namun jika sudah melaksanakan vaksinasi, jangan lupa untuk senantiasa memakai masker jika ingin berpergian ke Bali. Langkah yang bisa diambil oleh pemerintah guna membangkitkan pariwisata Bali yang kedua yaitu merancang membuka kembali penerbangan internasional yang menuju ke Bali. Namun, tetap menjalankan prokes sudah melaksanakan vaksinasi dan memakai masker. Jika semua orang sudah melaksanakan prokes tersebut, semoga semua orang dalam keadaan baik – baik saja dan bisa kembali berpergian ke Bali.</br></br>Itulah yang bisa saya sampaikan, terimakasih karena sudah membaca karya saya ini.kasih karena sudah membaca karya saya ini.)
  • Ngrajegang Pariwisata Ring Bali  + (Di dalam kondisi sekarang ini masih banyakDi dalam kondisi sekarang ini masih banyak tempat wisata baru yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Tempat-tempat wisata yang berada di tengah desa atau tempat-tempat terpencil.</br></br>Menurut saya hal hal yang harus di lakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ini adalah mengajak desa-desa yang memiliki tempat wisata untuk membuat vidio tentang keindahan tempat wisatanya,lalu mengunggahnya di media sosial agar banyak orang mengetahui tempat wisata tersebut. Dan memperbaiki jalan rusak yang menjadi akses menuju ke tempat wisata tersebut agar wisatawan lebih mudah menuju objek wisatanya. Dengan cara yang tadi kita bisa menjadikan pariwisata di Bali menjadi lebih maju.kan pariwisata di Bali menjadi lebih maju.)
  • Jalan rusak ring pandak gede  + (Di desa pandak gede kecamatan kediri kabupDi desa pandak gede kecamatan kediri kabupaten tabanan banyak jalan yang rusak.biasanya banyak orng yang jatuh karna jalannya berlubang.sekarang saya mengusul siapa yang akan jadi pemimpin bali tolong benerin jalan jalan yang ada di desa saya. Terima kasih jalan yang ada di desa saya. Terima kasih)
  • Permasalahan jalanan yang rusak  + (Di Indonesia masih banyak jalan yang berloDi Indonesia masih banyak jalan yang berlobang dan jembatan yang tidak layak, lama yang tidak di perbaiki. Kenapa di saat pemilu sudah dekat banyak yang berebutan memberikan dana, kenapa tidak waktu sebelum pemilu, kenapa harus pemilu, perbaikan jalan masak harus menunggu itu, kan jadinya bahaya pengendara yang melintasi jalanan yang rusak itu, apalagi berlobang dan di waktu hujan otomatis di lobang itu akan tergenang air hujan, pasti ada pengendara yang tidak ngeh di genangan air itu ternyata ada lobang itulah yang banyak menyebabkan kecelakaan itulah yang banyak menyebabkan kecelakaan)
  • Jalan sane usak  + (Di jalan raya yang rusak di mambal, jalan raya mambal tempat nya di jalan yang ngelewatin pasar mambal itu sangat rusak, banyak orang" bilang jalan itu cocok buat trek"an Karena rusak)
  • "BUDI DAYA MAGGOT ANGGEN NEPASIN PIKOBET LUU RING KOTA DENPASAR"  + (Di Kota Denpasar yang merupakan ibu kota, Di Kota Denpasar yang merupakan ibu kota, pusat pemerintahan dan ekonomi Provinsi Bali, saya melihat bahwa banjir adalah masalah utama di kota ini. Tidak mengherankan jika seratus ton sampah diperoleh di Kota Denpasar setiap hari. Hal ini sangat berbahaya jika tidak diperhatikan, karena bisa membuat tempat yang rusak semakin parah. Akibatnya banyak masalah lain yang muncul di kota denpasar karena penyakit ini. Masalah ini tidak dapat diserahkan kepada pemerintah saja, tetapi peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kebutaan, salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya masalah kebutaan. Sebagai siswa, bahkan di bangku SMA saya masih diajarkan oleh guru untuk selalu peduli terhadap lingkungan melalui program P5 yang dilaksanakan di sekolah. Melalui program ini saya berpikir bahwa masalah bodoh ini dapat diselesaikan dengan budidaya Magot. "Budaya Daya Maggot Untuk Mengatasi Masalah kutu di Kota Denpasar" Pemerintah Kota telah membantu mengatasi masalah kutu ini dengan teknologi canggih, dari setiap warga dapat membantu pemerintah dalam masalah kutu ini dengan budidaya maggot karena karena budidaya maggot ini dapat memecah sampah organik menjadi pupuk atau di Bali sering disebut nyanyad. Maggot berasal dari lalat Black Soldier Fly (BSF), budidaya hanya menggunakan kandang papan/kayu yang memiliki celah dan ditutup dengan kain, ruang kecil untuk menekan telur maggot dan Rak untuk tempat tumbuh maggot, dalam proses pertumbuhan maggot, ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari. Limbah organik seperti kulit kacang, sisa buah-buahan, dan rumput di kebun dapat ditempatkan di tempat ini. Magot untuk mengurai limbah organik atau kotoran menjadi pupuk atau pupuk. 1 Kg Maggot dapat menguraikan 4 Kg Limbah organik atau sampah setiap dua hari. Jika setiap warga kota memiliki 1 kg lemak maka tidak akan ada lagi sampah organik di kota ini. Sisa sampah plastik harus diserahkan kepada pemerintah yang memiliki peralatan canggih untuk mendaur ulang. </br></br>Berikut ini adalah Manfaat Budidaya Maggot: </br></br>1. Mengurangi volume limbah di TPA karena limbah organik digunakan untuk pakan maggot </br>2. Buah maggot dapat digunakan sebagai pakan ternak yang mengandung protein tinggi karena maggot mengkonsumsi limbah organik seperti sayuran dan buah-buahan </br>3. Maggot yang dapat membuang limbah akan menghasilkan Kasgot (Residu Maggot) yang dapat dijadikan pupuk organik Budidaya maggot ini sangat menguntungkan bagi lingkungan dan para pengasuh maggot, karena selain dapat menanam sampah organik, pupuk dan bekas maggot dapat digunakan atau dijual dengan harga yang lebih tinggi, dapat dikatakan bahwa budidaya maggot lebih mudah dan memiliki nilai fungsional yang lebih tinggi.miliki nilai fungsional yang lebih tinggi.)
  • Ngelawan Gelombang: Tantangan Banjir ring Kabupaten Badung  + (Di Provinsi Bali, seperti halnya di banyakDi Provinsi Bali, seperti halnya di banyak daerah tropis lainnya, banjir menjadi masalah serius yang sering kali mengganggu kehidupan sehari-hari penduduk. Salah satunya Kabupaten Badung mengalami masalah yang serupa, dan untuk mengatasinya, sejumlah solusi dapat diusulkan. Pertama-tama, pembangunan sistem drainase yang lebih baik menjadi langkah penting dalam mengatasi banjir. Drainase yang efisien dapat membantu memperlancar aliran air hujan dan mencegah genangan air di permukaan jalan maupun pemukiman penduduk. Pembersihan dan pemeliharaan rutin juga diperlukan untuk menjaga kinerja sistem drainase tetap optimal.</br></br>Selanjutnya, penanaman vegetasi dan rehabilitasi lahan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk memperkuat daya serap tanah. Dengan meningkatkan vegetasi seperti pohon dan semak, air hujan akan lebih mudah diserap oleh tanah dan mengurangi risiko erosi. Program penghijauan dan restorasi lahan yang terdegradasi dapat membantu memperbaiki ekosistem serta mengurangi risiko banjir di masa mendatang. Selain itu, pengaturan tata ruang yang lebih baik menjadi kunci dalam mencegah banjir. Pemerintah setempat perlu memastikan bahwa pembangunan dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan potensi risiko banjir. Pemetaan daerah rawan banjir dan pengendalian pembangunan di area tersebut dapat mengurangi kerentanan terhadap banjir.</br></br>Peningkatan kesadaran masyarakat juga sangat penting dalam upaya mengatasi banjir. Melalui edukasi dan kampanye, penduduk dapat diberitahu tentang pentingnya menjaga lingkungan dan perilaku yang ramah lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan memelihara vegetasi. Semakin banyak orang yang terlibat dalam menjaga lingkungan, semakin kecil risiko terjadinya banjir. Terlebih lagi, pemanfaatan teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mengantisipasi banjir. Sistem peringatan dini yang terhubung dengan pemantauan cuaca dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat tentang potensi banjir, sehingga memungkinkan evakuasi dini dan langkah-langkah mitigasi lainnya. </br></br>Selain itu, penggunaan teknologi dalam manajemen drainase dan pengendalian banjir dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas upaya-upaya tersebut. Dengan kombinasi dari berbagai solusi tersebut, diharapkan dapat mengurangi risiko banjir di Kabupaten Badung. Penting bagi pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait lainnya untuk bekerja sama dalam implementasi solusi-solusi tersebut guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan bagi semua orang.h aman dan berkelanjutan bagi semua orang.)
  • Mangkitang Pariwisata Bali  + (di tahun 2022 ini serangan corona nampaknya sudah mulai mereda dan ini adalah tahun kebangkitan dari pari wisata bali dengan ada nya kebijakan kebijakan dari pemerintah yang membuat pariwisata bali bisa bertahan selama ini)
  • Harga sembako naik, tidak ada tanda-tanda akan turun lagi!  + (Di tahun ini, harga sembako sedang naik daDi tahun ini, harga sembako sedang naik dan tidak ada tanda akan normal kembali atau turun dari harga biasanya. Apakah karena banyak gagal panen di musim sekarang sehingga harga melonjak naik? Atau harga pupuk yang sedang naik?</br></br>Jika memang benar adanya gagal panen dan pupuk yang sedang naik, saya ingin pemerintah daerah bertindak secepatnya untuk mengatasi naiknya harga sembako ini. Seperti mensubsidi kan pupuk dan mengajak para petani dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang kecil untuk bertani dengan metode hidroponik.</br></br>Dengan diadakannya sistem program bertani hidroponik dari pemerintah daerah, ini akan membantu seluruh masyarakat yang ada di Karangasem maupun di luar Karangasem, atau mungkin di seluruh Indonesia untuk mengatasi harga sembako yang terus naik hingga saat ini.</br></br>Bertani dengan metode hidroponik ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar dan tidak membutuhkan tanah yang sangat-sangat luas, yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dalam membuat alat-alatnya. Alat yang dibutuhkan juga tidak harus baru, bisa menggunakan barang-barang bekas seperti paralon yang sudah tidak terpakai namun masih bagus kondisinya dan juga ember/bekas kaleng cat.</br></br>Jadi, Saya berharap diadakannya progam seperti ini untuk mengatasi bahan sembako yang naik. Dan dengan diadakannya program ini bisa membantu mengurangi angka kemiskinan di karangasem maupun sekitarnya.emiskinan di karangasem maupun sekitarnya.)
  • I Nengah Jati  + (Dia adalah I Nengah Jati, dia biasa disapaDia adalah I Nengah Jati, dia biasa disapa Jati. Ia lahir di sama undisan, bangli pada tanggal 5 Oktober 1990. Ia berasal dari bangli tetapi sekarang tinggal di Ubud. Mengenai riwayat pendidikannya, ia lulus dari SMK TP 45 Bangli kemudian melanjutkan studi S1 bahasa Bali di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa dan atas prestasi yang telah diraihnya, ia menjadi juara menulis puisi Bali. Setelah menyelesaikan pendidikannya saat ini ia bekerja sebagai penyuluh bahasa Bali.i ia bekerja sebagai penyuluh bahasa Bali.)
  • Drs. I Wayan Selat Wirata  + (Dibalik indahnya sebuah Karya Sastra, tentDibalik indahnya sebuah Karya Sastra, tentunya terdapat seorang pengarang/sastrawan yang membuatnya. Seorang yang mampu menghasilkan Karya Sastra tentunya memiliki alasan maupun asal-usul yang membuat ia berhasil dalam membuat Karya Sastra. Tidak menutup kemungkinan, berawal dari rasa kagum, seseorang dapat menghasilkan sebuah Karya Sastra yang luar biasa dan membuat banyak orang tertarik.</br></br>Salah seorang sastrawan yang berhasil menghasilkan karya sastra yang berasal dari rasa kagum dan tertarik dengan dunia sastra, yaitu Bapak Drs. Wayan Selat Wirata. Beliau lahir di Badung, 20 Juli 1959. Beliau adalah putra dari Bapak I Ketut Biasa (alm.) dan Ibu Ni Nyoman Rajug (alm.). Beliau beralamat di Br. Umakepuh, Ds. Buduk, Kec. Mengwi, Kab. Badung. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung. Adapun penghargaan yang bernah beliau raih diantaranya: Juari I Lomba Palawakya Kab. Badung, Juara 2 Lomba Palawakya Prov. Bali, Kerti Budaya Kab. Badung. </br></br>Adapun Karya Sastra yang beliau buat diantaranya: Puisi (Besakih, Kisi-kisi Pasisi Seseh), Cerpen (Cetik Dadong Tanggu), Geguritan (Matatah, Melasti, Sri Tatwa). Dari seluruh karya sastra beliau, beliau lebih tertarik dengan karyanya yaitu Geguritan yang berjudul Geguritan Melasti, karena di dalam karyanya tersebut dapat memberikan tattwa tentang melasti, pengrupukan/tawur agung, nyepi dan ngembak geni. Kemudian ada Geguritan Matatah yang berisi makna dan filosofi tentang matatah/potong gigi, dan Geguritan Sri Tattwa yang berisi tentang pertanian di sawah. Beliau menciptakan Karya Sastra karena keinginan beliau sendiri yang gemar mempelajari sastra dan ingin menciptakan Karya Sastra seperti pendahulu.enciptakan Karya Sastra seperti pendahulu.)
  • Didon Kajeng  + (Didon Kajeng bernama asli Dwi Ari SwandanaDidon Kajeng bernama asli Dwi Ari Swandana, lahir di Denpasar, 5 Maret 1976. Sejak kanak-kanak ia aktif dalam berbagai kegiatan kesenian, seperti baca puisi, menyanyi, main drama/teater. Ia sering menjuarai lomba baca puisi, nyanyi, musikalisasi puisi. Ia juga jago merangkai bunga dan telah menerbitkan buku seni merangkai bunga berjudul “Bali Bloom, Inspirational Balinese Floral Art”. Sekitar 2013 ia kehilangan penglihatan akibat glukoma. Belakangan ia harus menjalani cuci darah dua kali seminggu. Namun ia tak pernah patah semangat menjalani hidup. Ia tetap masih bisa bermain teater, misalnya ia tampil di Bentara Budaya Bali dengan monolog “Orgil” pada tahun 2014, ia membaca puisi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 2016. Ia membina anak-anak tunanetra di Denpasar berkesenian, berteater, menyanyi, menulis puisi. Ia adalah guru, sahabat, panutan bagi anak-anak tunanetra di Denpasar. Bersama anak-anak tunanetra ia mendirikan Komunitas Seni Teratai Bali (Kostra). Didon meninggal 10 Agustus 2021.(Kostra). Didon meninggal 10 Agustus 2021.)
  • Ni Wayan Idayati  + (Dilahirkan di Denpasar, 14 April 1990. MenDilahirkan di Denpasar, 14 April 1990. Menulis puisi, esai dan berita jurnalistik. Puisinya pernah diterbitkan di Pikiran Rakyat, Bali Post, Lombok Post, Jurnal Bali Sruti, Jurnal Le Banian (Terbit di Prancis). Esai-esainya dimuat Koran Tempo, Tribun Bali, Majalah Esensi & Nuansa (terbitan Badan Bahasa) dan Bali Tribune. Bersama Komunitas Sahaja Denpasar aktif dalam kegiatan kesenian, kebudayaan, dan diskusi sastra, serta pembinaan komunitas kreatif. Kini sebagai bagian program di Bentara Budaya Bali (ruang kebudayaan Kompas Gramedia).</br></br>Pada tahun 2018, puisi-puisinya lolos sejumlah kurasi antologi puisi dan temu penyair, antara lain: Pertemuan Penyair “Dari Negeri Poci 8: Negeri Bahari” di Tegal Jawa Tengah; antologi “Senyum Lembah Ijen” dan Kemah Sastra Nasional di Banyuwangi; Pertemuan Penyair Asia Tenggara 2018 di Padang Panjang; Pertemuan Penyair Nasional di Pematangsiantar; antologi puisi bersama “Perempuan Memandang Dunia” oleh Komunitas Sangkar Buku di Mojokerto dan antologi puisi bersama “Perempuan Bahari” (segera terbit). </br></br>Pernah diundang dalam Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI di Jambi (2012) dan Bali Emerging Writers Festival (BEWF) 2015, sebuah festival sastra tahunan yang merupakan bagian dari program Ubud Writers and Readers Festival (UWRF). Masuk dalam 175 Penyair Terpilih Antologi Puisi Dari Negei Poci 6: Negeri Laut (2015), 39 Penyair Terpilih Lomba Cipta Puisi “Di Bawah Payung Hitam” Proyek Seni Indonesia Berkabung (2015), 50 Puisi Terpilih Lomba Cipta Puisi Nasional Komunitas Kopi Andalas (2013), 5 Besar Terbaik Lomba Cipta Puisi se-Nusantara (SCKS), serta 6 Besar Puisi Terbaik RBSCKS (2012) yang diadakan Fakultas Sastra Udayana (2012).</br></br>Puisi-puisinya terhimpun pula dalam Buku Antologi Puisi Bersama “Dendang Denpasar, Nyiur Sanur” (2012), Antologi Puisi Pertemuan Penyair Nusantara VI “Sauk Seloko” (2012), Antologi Puisi Bersama Lomba Cipta Puisi Komunitas Kopi Andalas (2013), Antologi Puisi Dari Negeri Poci 6: Negeri Laut (2015), Buku Antologi “Dari Gentar Menjadi Tegar” Komunitas Bergerak Seni Indonesia Berkabung (2015), Buku Antologi Puisi “Klungkung” (2016), Buku Antologi Hari Puisi Indonesia 2016 ‘Matahari Cinta Samudera Kata’, Buku Antologi Puisi-Puisi Spriritual dan Sosial “Kavaleri Malam Hari”, diterbitkan Abdurrahman Wahid Centre UI (2017).iterbitkan Abdurrahman Wahid Centre UI (2017).)
  • Pelaksanaan PTM 100% Siswa di Bali  + (dilaksanakannya ptm 100% oleh pemerintah, dilaksanakannya ptm 100% oleh pemerintah, membuat sebagian siswa sangat senang karena tidak melakukan pembelajaran lewat daring yg dianggap kurang efisien dalam memahami pelajaran. selain itu siswa bisa bertemu langsung dengan teman teman dan juga guru yg mengajar. </br></br>karena hal itu, sebagian siswa penyebaran covid 19 tidak terlalu dihiraukan, banyak dari siswa yg tidak terlalu menaati protokol yg dilaksanakan pemerintah. Banyak dari siswa yg langsung nongkrong sehabis pulang sekolah, atau berkerumun dengan teman teman yg lainnya. sehingga penanganan untuk mengatasi virus covid 19 tidak maksimal. </br></br>untuk itu kami harap, pemerintah untuk menyediakanu kami harap, pemerintah untuk menyediakan)
  • Lahirkan tur Wangun Inovasi Rancangan Kesenian Bali Kaanggen Meningkatkan Kreativitas Truna Bali Pikenoh Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat tur Sektor Industry Pariwisata Kreatif Ditengah Pandemi Covid 19  + (Dimasa Pandemic Covid 19 ini pemerintah peDimasa Pandemic Covid 19 ini pemerintah perlu untuk membangkitkan pariwisata bali kini dan nanti dengan cara melahirkan dan membangun inovasi program kesenian bali untuk meningkatkan kreativitas pemuda bali guna menumbuhkan ekonomi masyarakat dan sektor industry pariwisata kreatif ditengah pandemi covid 19. Kita ketahui dibali banyak sekali kesenian dan budaya kita yang tidak bangkit dan mati hanya karena virus yang sering kita kenal dengan corona,banyak sekali pariwisata yang mati dibali karena lockdown dan juga kesenian bali yang mulai hilang seperti tradisi pawai ogoh-ogoh,melasti dan banyak lagi,dimana toris tertarik dengan budaya tersebut,karena adanya lockdown pariwisata menurun dan jarang ada wisatawan yang berkunjung,selain pariwisata kuliner khas bali juga mulai menurun karena masalah ekonomi yang seperti sekarang ini. Hal yang perlu dilakukan adalah membangun inovasi diri pemuda bali agar meningkatkan kreativitas pemuda guna membangun pariwisata dan ekonomi Kembali pulih ,karena kita ketahui pariwisata maju karena adanya kesenian. Itu adalah hal yang utama agar bali dapat maju Kembali,jika kesenian bali mati pariwisata tidak akan maju dan perlu juga dibangun tempat-tempat wisata yang baru agar tingkat mengalami penurunan Kembali dan meningkatkan relasi tempat yang perlu dikunjungi dan perlu juga melakukan program pembaruan untuk tempat yang tidak layak dan menjadikan tempat tersebut menjadi tempat wisata baru dan kita kenalkan ke luar bali. Kita ketahui juga banyak sekali pemuda yang acuh terhadap budaya bali semenjak matinya budaya bali karena corona ini, kita perlu membangun jati diri mereka lewat kegiatan ataupun lomba agar memajukan Kembali kreativitas pemuda dan dapat bersaing dengan budaya luar dan dapat memajukan Kembali budaya kita untuk memajukan pariwisata dan ekonomi lewat budaya kita,karena kita Yakini banyak pemuda yang kreatif namun perlu diasah Kembali untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Kita perlu melakukan kegiatan massif dengan cara mengadakan pertunjukan seni dan budaya massal agar warga berkesempatan untuk menyaksikan Kembali dan pastinya dapat menaikkan ekonomi namun tetap dengan prokes. Hal lainnya yaitu menjadikan budaya kita dalam kemasan yang bagus dan menarik khususnya tertuju untuk wisatawan. Seperti lestarikan baleganjur,kecak dan joged serta tradisi masing-masing desa yang sudah lama mati. Dan adakan Kembali PKB ( Pesta Kesenian Bali ), karena dari sanalah pariwisata dapat maju dan dapat juga mengenalkan budaya yang bali miliki keluar.engenalkan budaya yang bali miliki keluar.)
  • Dinas Kebudayaan Provinsi Bali  + (Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Jalan Ir. Djuanda No.1, Renon, Civic Center Niti Mandala Denpasar 80235 Phone : (0361) 264474, 245297. Fax. (0361) 245297 Website: www.disbud.baliprov.go.id Email : infodisbud@baliprov.go.id)
  • I Gusti Dibal Ranuh  + (Direktur kreatif dan aktivis Dibal Ranuh aDirektur kreatif dan aktivis Dibal Ranuh adalah seniman visual multidisiplin yang karyanya secara konsisten dan kuat memperjuangkan suara Nusantara. Dalam bentuknya yang paling murni, karya seninya mencerminkan idealisme kreatif yang menunjukkan kekuatan transformatif seni.</br></br>Gusti Dibal Ranuh dari Singaraja Bali, lulusan desain grafis Trisakti Jakarta. Pendiri Yayasan Matahati Kitapoleng dalam bidang ruang kreatif penciptaan seni rupa kontemporer yang konsen dalam mengembangkan bakat-bakat penyandang disabilitas di bidang seni, khususnya penyandang tuna rungu dan difabel. Sebagai Artistic Director dan Film Director, Dibal menciptakan karya seni pertunjukan dan film yang mengacu pada akar budaya tradisi nusantara. Pada tahun 2018, Dibal meluncurkan buku Perjalanan Dang Hyang Nirartha di Borobudur Writers & Cultural Festival.</br></br>Pada tahun 2020, Dibal Ranuh dianugerahi penghargaan Sinematografi Terbaik dalam kompetisi film D(E) Motion Festival Indonesia. Dan lewat film Lukat, Dibal berhasil meraih juara pertama EURASIA Project International di Italia. Pada tahun 2021, film Wong Gamang; Perjalanan Dewi Melanting yang disutradarai Dibal berhasil meraih banyak penghargaan, antara lain Sutradara Film Fiksi Terbaik, Film Artistik Terbaik, dan Penyuntingan Terbaik. Pada tahun 2022, BWCF, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan UNESCO mempercayakan penyutradaraan film tari Mahendraparvata yang bekerja sama dengan kebudayaan Kamboja dan Indonesia.</br></br>Percakapan dengan Dibal Ranuh</br></br>Arahan kreatif puitis Dibal Ranuh dalam film dan pertunjukan panggung bermula dari kecintaannya pada perjalanan dan fotografi. Mempelajari desain visual, kecintaannya pada perjalanan dan eksplorasi bersama dengan kameranyalah yang membuka jalan pembingkaian visual dan kecenderungan alami terhadap pengisahan cerita visual. Kecintaan seniman terhadap warisan suku kami yang kaya memicu tekstur artistik yang memperkaya gaya visualnya.</br></br>Semangat untuk Warisan Nusantara</br></br>“Saya suka bepergian ke hutan. Saya suka pergi ke suku-suku seperti Badui, Dayak, dan Toraja dan tinggal selama berbulan-bulan di komunitas tersebut. Bisa dibilang di sanalah saya menemukan kehidupan baru. Saya menemukan sesuatu yang sangat unik di antara suku-suku tersebut. Dari sana, saya kembali ke universitas. Sebagai seorang desainer, saya mendapat banyak ide selama saya berada di komunitas suku. Ketertarikan saya terhadap keberagaman suku kami dimulai sejak saat itu. Indonesia sangat dinamis, banyak suku yang bisa menginspirasi kita dalam berkreasi.”yang bisa menginspirasi kita dalam berkreasi.”)
  • Donald Stuart Leslie Friend  + (Donald Stuart Leslie Friend lahir CremornDonald Stuart Leslie Friend lahir Cremorne, Australia, 6 Februari 1915. Ia meninggal tanggal 16 Agustus 1989 di Sydney, Australia. Ia adalah seorang pelukis berkebangsaan Australia yang lama menetap di Bali. Ia belajar seni di Sydney Long (1931) dan Antonio Dattilo Rubbo (1934-1935), kemudian di London (1936-1937) di Sekolah Seni Westminster. Ia pernah menjadi tentara saat Perang Dunia II.</br></br>Sebagian besar kehidupan dan kariernya dihabiskan di luar Australia, di berbagai tempat seperti Nigeria (akhir 1930-an), Italia (1950-an), Sri Lanka (akhir 1950-an – awal 1960-an), dan Bali (dari 1968 - 1980). Ia pernah memenangkan Hadiah Blake untuk Seni Keagamaan pada 1955. Namun belakangan, karya-karyanya sebagian besar menampilkan figur laki-laki muda telanjang. </br></br>Selain pelukis, ia dikenal sebagai penulis buku harian. Ia menulis buku harian sejak usia 14 tahun. Buku hariannya diterbitkan secara anumerta sebanyak empat jilid pada tahun 2001 hingga 2006 oleh Perpustakaan Nasional Australia. Buku hariannya yang jilid IV banyak membahas kehidupannya di Bali dan hubungannya dengan laki-laki muda Bali.an hubungannya dengan laki-laki muda Bali.)
 (Donald Stuart Leslie Friend lahir Cremorne, Australia, 6 Februari 1915.)
  • I Gusti Ngurah Ady Kusuma  + (Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Komputer dan Informatika STIKOM Bali)
  • I Gusti Putu Hardi Yudana  + (Dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STIKOM Bali)
  • Dr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si.  + (Dr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si., lahiDr. Anak Agung Gde Alit Geria, M.Si., lahir di Br. Petak, Desa Petak Kaja Gianyar Bali, pada 21 April 1963. Ia menyelesaikan pendidikan S1 (Bahasa dan Sastra Bali) pada Fakultas Sastra Universitas Udayana (1987) dan meraih Master of Cultural Studies pada Program Pascasarjana Universitas Udayana (2004). Pada 2012, ia meraih gelar Doktor Linguistik dengan Konsentrasi Wacana Sastra pada Program Pascasarjana Universitas Udayana dengan judul disertasi “Wacana Siwa-Buddha dalam Kakawin Nilacandra: Analisis Resepsi”. Ia pernah bekerja di bagian Manuskrip Perpustakaan Nasional RI Jakarta (1990-1996). Selain itu, ia adalah Dosen Luar Biasa pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jakarta (1990-1996). Selain itu, Badan Perpustakaan Provinsi Bali juga adalah tempatnya mengabdi pada 1997-2005. Sejak 2006, ia menjadi Dosen PNS Dpk pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, IKIP PGRI Bali, LLDIKTI Wilayah VIII. Ia telah meneliti sejumlah manuskrip lontar. Bukan hanya meneliti, ia juga membuat katalogisasi, transliterasi, serta menerjemahkannya. Beberapa buku telah ditulisnya. Antara lain, Geguritan Uwug Kengetan (2014), Musala Parwa (2015), Prastanika Parwa (2016), Bhomakawya (2017), Wacana Siwa-Buddha dalam Kakawin Nilacandra (2018), Ala-ayuning Dina Mwah Sasih (2018), dan Kakawin Nilacandra Abad XX (2019).8), dan Kakawin Nilacandra Abad XX (2019).)
  • NDM Santi Diwyarthi  + (Dr. Diwyarthi adalah dosen pada Politeknik Pariwisata Bali. Bidang penelitian yang ditekuninya meliputi pariwisata, hospitality, psikologi, manajemen, dan budaya.)
  • I Made Mahadi Sanatana  + (Dr. I Made Mahadi Sanatana, S.STP, MAP MerDr. I Made Mahadi Sanatana, S.STP, MAP Merupakan birokrat yang melaksanakan tugas di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali, pernah mengikuti pelatihan dan sertifikasi manajemen SDM, pelatihan asesor kompetensi. Saat ini juga bertugas sebagai asesor sumber daya manusia di UPT Assessment Centre Prov Bali. Beberapa kali ditunjuk sebagai narasumber pada pelatihan manajemen SDM dan pengajar bidang administrasi publik. Menyelesaikan pendidikan S3 ilmu ekonomi Universitas Udayana konsentrasi ekonomi kelembagaan. Tersertifikasi CHRM dari BNSP.elembagaan. Tersertifikasi CHRM dari BNSP.)
  • I Nyoman Cerita  + (Dr. I Nyoman Cerita SST, MFA adalah senimaDr. I Nyoman Cerita SST, MFA adalah seniman sekaligus akademisi seni pertunjukan khususnya seni tari di Bali yang berasal dari Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Beliau telah mampu membangun sebuah upaya pengembangan kesenian khususnya tari di Bali. Berbagai karya-karya yang hingga kini telah memberikan catatan penting terhadap perkembangan seni tari, I Nyoman Cerita mampu menciptakan karya tari dengan cara Nyeraki. Istilah Nyeraki bermakna serba bisa. Kemampuan nyeraki yang dimaksud disini adalah kemampuan Nyoman Cerita menciptakan tabuh (musik iringan tari), menciptakan gerak tari, serta mampu menciptakan konsep kostum. Kemampuan nyeraki sangat jarang dimiliki oleh seniman tari pada umumnya.</br></br>I Nyoman Cerita juga seorang seniman yang inovatif, beliau banyak memunculkan ide-ide baru seperti pengolahan properti tari yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi. Dalam salah satu karya trinya Satya Brasta, penari membawa property pajeng dan kipas, pajeng dapat di fungsikan sebagai tombak, roda kereta, dan simbol awan, sedangkan properti kipas dapat digunakan sebagai gada dan kereta kencana. Karya-karya Tari Bali beliau menjadi inspirasi bahan ajar di sanggar dan sebagai sajian seni pertunjukan.nggar dan sebagai sajian seni pertunjukan.)
  • I Wayan Kiki Sanjaya  + (Dr. I Wayan Kiki Sanjaya, SST, PAR, SE.,M.Par adalah dosen pada International Institute of Tourism and Business, Indonesia. Dr. Sanjaya termasuk kedalam salah reviewer internasional pada Journal of Hospitality and Tourism Management.)
  • I Wayan Muka  + (Dr. I Wayan Muka, ST.,MT adalah dosen tetaDr. I Wayan Muka, ST.,MT adalah dosen tetap pada program studi Teknik Sipil di Universitas Hindu Indonesia. Gelar doktornya diraih dari Universitas Diponegoro pada tahun 2015. Selain mengajar, Dr. Muka juga aktif mengkaji aspek risiko pembangunan infrastruktur dan mempublikasikan hasil penelitiannya pada berbagai jurnal ilmiah.penelitiannya pada berbagai jurnal ilmiah.)
  • Made Gde Subha Karma Resen  + (Dr. Made Gde Subha Karma Resen, SH.,M.Kn aDr. Made Gde Subha Karma Resen, SH.,M.Kn adalah salah satu dosen pengajar bidang Ilmu Hukum di Universitas Udayana, Bali Indonesia. Bidang keahliannya mencakup Hukum Agraria, Hukum Kesehatan, dan Hukum Lingkungan. Selain mengajar, Dr. Resen juga aktif membuat publikasi ilmiah terkait berbagai topik yang berkaitan dengan bidang keahliannya, termasuk salah satunya yang ditampilkan pada Rak Pengetahuan berjudul The Legal Status of Established Business in the Pakraman Village (From the perspective of customary law in Bali Province) yang ditulis bersama Putu Dyatmikawati, mantan Rektor Universitas Dwijendra, Bali Indonesia.tor Universitas Dwijendra, Bali Indonesia.)
  • Ni Ketut Sari Adnyani  + (Dr. Ni Ketut Sari Adnyani, S.Pd., M.Hum adDr. Ni Ketut Sari Adnyani, S.Pd., M.Hum adalah dosen aktif bidang Ilmu Hukum di Universitas Pendidikan Ganesha,Singaraja Bali dan peneliti di bidang gender, hukum adat/nasional, dan pariwisata. Dr. Adnyani menamatkan studi doktoralnya di Universitas Udayana pada tahun 2022 dengan predikat sangat memuaskan. Pada tahun 2021, Dr. Adnyani menerbitkan buku berjudul Gender dalam Hukum diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada.kum diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada.)
  • Putu Sabda Jayendra  + (Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. lahir di Singaraja, Buleleng, Bali pada tanggal 14 Agustus 1987. Merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan suami-istri Drs. I Made Nuada, M.Pd. dan Ni Ketut Suryaning. Menamatkan pendidikan Taman Kanak-Kanak di TK Mutiara Singaraja tahun 1993, Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Banyuasri, Singaraja hingga kelas 4, (karena mengikuti orang tuanya pindah tugas) dan melanjutkan sekolahnya di SD Negeri 2 Pekutatan, Jembrana hingga tamat tahun 1999. Selanjutnya menempuh Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di SLTP Negeri 1 Pekutatan (SMP Negeri 1 Pekutatan), Jembrana dan tamat tahun 2002. Sekolah Menengah Atas ditempuhnya di SMA Negeri 1 Pekutatan hingga kelas 2 (karena mengikuti orang tuanya kembali pindah tugas) dan melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 1 Mendoyo, Jembrana hingga tamat tahun 2005. Jenjang S1 – S3 ditempuhnya di Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dengan bidang kajian Pendidikan dan Ilmu Agama Hindu. </br></br>Dr. Putu Sabda Jayendra, S.Pd.H., M.Pd.H. merupakan penulis yang aktif membuat karya-karya publikasi ilmiah serta menulis buku. Sebagian besar karyanya mengeksplorasi tentang praktik pendidikan dalam tradisi keagamaan dan kearifan lokal (etnopedagogi), beberapa diantaranya adalah Barong Brutuk Penjaga Jiwa Dari Tanah Bali Kuno (terbit tahun 2019) dan Mongah, Belajar Nilai Hidup Dari Manusia Pakis (terbit tahun 2020). Saat ini aktif tercatat sebagai Dosen Tetap di Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional di Denpasar Bali, serta pernah pula menjadi Dosen Luar Biasa dan Dosen Tamu di beberapa Perguruan Tinggi lainnya, seperti IHDN Denpasar, IKIP PGRI Bali, Universitas Mahasaraswati Denpasar, STIE BIITM Denpasar, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Internasional Bali, STAHN Mpu Kuturan Singaraja, dan The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta.</br></br>Dalam kegiatan organisasi profesi dan bidang sosial budaya juga turut aktif, diantaranya pada tahun 2017-2022 menjadi anggota Asosiasi Dosen Indonesia, tahun 2020 sebagai Assessor Tri Hita Karana Awards dan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) dengan jabatan sebagai Wakil Ketua I BPC Denpasar.abatan sebagai Wakil Ketua I BPC Denpasar.)
  • Anak Agung Gde Putera Semadi  + (Dr. Semadi adalah dosen aktif pada programDr. Semadi adalah dosen aktif pada program studi Ilmu Hukum, Universitas Dwijendra, Bali Indonesia. Dengan pendidikan tertinggi adalah S3 yang diperolehnya dari Universitas Udayana pada tahun 2015, Dr. Semadi juga adalah pemerhati isu-isu sosial dan hukum di Bali serta aktif menulis di berbagai media.ali serta aktif menulis di berbagai media.)
  • Drs. I Nyoman Aris  + (Drs. I Nyoman Aris adalah sastrawan yang bDrs. I Nyoman Aris adalah sastrawan yang berasal dari Banjar Kebayan, Desa Tangeb, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Drs. I Nyoman Aris lahir pada tanggal 19 September 1984. Beliau adalah putra dari Alm. I Wayan Lanus dan Alm. Ni Nyoman Namrug. Riwayat pendidikan beliau yaitu pernah menempuh Sekolah Rakyat (SR) pada tahun 1962, smp pada tahun 1965, KPG pada tahun 1978, PGSLP pada tahun 1980 dan S1 jurusan Bahasa dan Sastra Bali pada tahun 1990. Drs. I Nyoman Aris adalah seorang tenaga pendidik di SMK Seni Ukir Tangeb. Selain itu, beliau juga seorang petani dan sering menjadi juri sekaligus pembina dalam perlombaan utsawa dharma gita. Banyak penghargaan yang beliau raih salah satunya juara 1 mekidung/makakawin. Karya terbesar beliau adalah Kidung Yadnya, karya lainnya seperti imba tembang (pupuh), tuntunan malajah makakawin, dan tuntunan malajah makidung lengkap disertai tangga nada dan notasinya sehingga memudahkan kita untuk belajar makidung.ga memudahkan kita untuk belajar makidung.)
  • Drs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.si  + (Drs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.Si adalah sasDrs. Ida Bagus Ratu Sanca, M.Si adalah sastrawan Bali yang berasal dari Karangasem. Beliau lahir pada hari Jumat Pon Julungwangi pada tanggal 4 April 1952. Beliau merupakan putra dari pasangan alm. Ida Pedanda Wayan Pidada dan Ida Pedanda Istri Agung.</br></br>Disini saya akan membahas karya geguritan beliau yang beliau karang sendiri yang berjudul “Geguritan Gering Agung Pandemi Covid Sembilan Belas”. Isi dari geguritan ini berisikan tentang seputaran covid-19 yang marak saat ini. Dimulai dari mana asal covid ini dan cara pencegahannya. Geguritan ini berisikan 4 jenis pupuh yaitu pupuh dandang gula (2 bait), pupuh sinom (11 bait), pupuh ginada (11 bait) dan pupuh durma (11 bait).inada (11 bait) dan pupuh durma (11 bait).)
  • Dwitra J. Ariana  + (Dwitra J. Ariana adalah pembuat film, penuDwitra J. Ariana adalah pembuat film, penulis dan pegiat teater yang lahir di Jeruk Mancingan, Bangli, 1 Juli 1983. Ia pernah aktif di Sanggar Cipta Budaya SLTP 1 Denpasar dan Teater Angin SMU 1 Denpasar. Kemudian ia merambah ke dunia film. Film-filmnya pernah terpilih sebagai Official Selection Ganesha Film Festival (Ganffest) 2008 Bandung, Surabaya Film Festival (S13FFEST) 2007, Festival Film Dokumenter (FFD) Jogjakarta 2006. Pernah tercatat sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Teknik Arsitektur Universitas Udayana, Graphic Design WEC, Fakultas Hukum Universitas Udayana, dan Institut Seni Indonesia Denpasar jurusan Desain Komunikasi Visual; namun semua tidak ia tamatkan. Kini, ia menetap di kampung halamannya dan memilih hidup sebagai petani.lamannya dan memilih hidup sebagai petani.)
  • Edward Speirs  + (Edward, atau Eddy begitu ia lebih suka dipEdward, atau Eddy begitu ia lebih suka dipanggil, adalah Managing Editor NOW! Bali dan tuan rumah NOW! Podcast Bali. Dia menikmati fotografi, perjalanan pedesaan dan senang bahwa karyanya memperkenalkan dia kepada orang-orang dari semua lapisan masyarakat.orang-orang dari semua lapisan masyarakat.)
  • Ema Sukarelawanto  + (Ema Sukarelawanto. Lahir di Tulungagung, JEma Sukarelawanto. Lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 2 Juli 1965. Setelah lulus dari Fakutas Peternakan Universitas Udayana pada 1990 ia menjadi wartawan Bali Post hingga 1994. Kemudian menjadi redaktur di Harian NUSA (1994-1998) dan mengelola majalah pariwisata Bali Tribune hingga ditutup pascatraged bom Bali 2002. Berikutnya ia bergabung ke Harian Bisnis Indonesia dan menjadi editor Bisnis.com hingga pensiun dari grup media ini.</br></br>Selain menjadi wartawan, ia terlibat aktif dalam beberapa proyek seni rupa sejak 1993 serta penerbitan buku, baik sebagai penulis maupun pengemasan tata letak dan desain grafis. Beberapa di antaranya Berbagai Dimensi Perupaan Made Wianta (Kumpulan Esei, 1998), Kitab Suci Digantung di Pinggir Jalan New York (Kumpulan Puisi Made Wianta, 2003), The Sound of Calligraphy Made Wianta (2001), Dreamland-Made Wianta (2003), Calligraphy in Song-Made Wianta (2005), 4+1=Venezia (Panji Tisna, Made Kaek, Suklu, Made Wianta, 2003), Eternal Line-Stephan Spicher (2005), To Be World Class Services, Proses Metamorfosis PLN Distribusi Bali (2006), Jero Wijaya: Inspirasi dari Kaldera Batur (2007), Menembus Batas (Wahyoe Wijaya), Konflik Tak Jadi Pelik (Biografi Nyoman Sudiantara, 2010), Leafscape (Nyoman Sujana Kenyem), Ida Bagus Kompyang dan Mirah Astuti; Pasangan Pionir Pariwisata Bali (Nyoman Darma Putra, 2012), Hadi Taryoto: Mewujudkan Impian melalui Pariwisata (Nyoman Darma Putra, 2014), Wisata Kuliner: Atribut Baru Destinasi Ubud (Putu Diah Sastri Pitanatri & Nyoman Darma Putra, 2016), dan Tjokorda Gde Putra Sukawati: Mengemban Tutur Leluhur (Nyoman Darma Putra, 2016). </br></br>Kini ia bergiat di Komunitas Kertas Padi, Komunitas Nitirupa, serta membanguan situs berita inibali.com dan katarupa.id.guan situs berita inibali.com dan katarupa.id.)
  • Eric Buvelot  + (Eric Buvelot adalah reporter dan penulis sEric Buvelot adalah reporter dan penulis senior yang tinggal di Bali sejak tahun 1995. Ia memulai karirnya di Perancis pada publikasi harian di mana ia tinggal selama 10 tahun dan mempelajari seluk beluk jurnalisme. Dia telah menulis ratusan artikel tentang Bali dan Indonesia, dalam bahasa Perancis atau Inggris, sebagian besar untuk majalah bulanan Bali La Gazette de Bali, sebagai pemimpin redaksi selama 13 tahun, tetapi juga untuk media berbahasa Inggris terkemuka di Indonesia seperti The Jakarta Post, Indonesia Expat , Sekarang Bali atau bahasa Perancis Le Banian. Ia meluncurkan surat kabar multibahasa The Communities of Indonesia dan majalah gaya hidup Saga. Selain Bali, 50 Tahun Perubahan – Percakapan dengan Jean Couteau, ia juga merupakan penulis novel kriminal Bali Club Hotel yang ditulis pada tahun 1994-1995.b Hotel yang ditulis pada tahun 1994-1995.)
  • Erick Est  + (Erick Est lahir di Medan, 7 Februari 1980.Erick Est lahir di Medan, 7 Februari 1980. Ia adalah sutradara film dan video klip. Ia menetap di Bali sejak 1999. Setamat SMA di Medan, ia melanjutkan kuliah di Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana, Bali. Film berjudul “Kenapa Aku?” adalah awal mula ia berkarir dalam bidang perfilman. Kini sudah sekitar 280 video klip dan 20 film disutradarainya, di antaranya film dokumenter tentang layangan sakral Bali, “Janggan”. Sebelumnya, karya-karya garapan Erick di antaranya video klip band-band Bali seperti Nanoe Biroe, D Ubud N Band, The Wheels, Navicula, hingga band nasional seperti Superman Is Dead dan Taboo. Bahkan, Erick pernah mendapat kepercayaan menggarap video klip bintang Norwegian Idol, Jonas Thomassen. Ia juga mendapar order ke Amerika bersama band Prison of Blues untuk membuat video klip. Erick telah meraih sejumlah penghargaan dalam dunia film. Antara lain, filmnya yang berjudul “Terakhirku” dan “Rapuh” mendapatkan penghargaan pada festival film di Australia.nghargaan pada festival film di Australia.)
  • Etika Wisatawan Di Tempat Sakral Di Bali  + (Etika Wisatawan pada tempat sakral di BaliEtika Wisatawan pada tempat sakral di Bali</br>Om swastyastu, Dewan juri yang saya hormati dan tim Bahasabali wiki yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan orasi tentang “Etika Wisatawan pada tempat sakral di Bali”. </br>Pulau Bali adalah destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Bali memiliki objek wisata yang sangat beragam, baik wisata alam, wisata budaya dan wisata bahari. Bali dan pariwisata tidak bisa dipisahkan. Objek wisata yang tidak kalah menarik, yaitu budaya masyarakatnya. Kehidupan masyarakat Bali sangat erat dengan agama hindunya sehingga setiap upacara keagamaan merupakan objek yang sangat khas. Pura merupakan tempat ibadah umat hindu yang menarik tersebar di seluruh pelosok Bali. Oleh karena itu, Bali juga memiliki julukan Pulau Seribu Pura.</br>Namun keindahan tempat wisata di Bali masih sering terancam salah satunya yaitu tempat tempat sakral. Kehadiran wisatawan asing yang mengunjungi tempat sakral masih membawa pengaruh negatif pada pulau Bali. Kasus yang sering kita dengar yaitu etika wisatawan yang masih kurang, baik dari segi pakaian maupun moral wisatawan itu sendiri. Seperti yang terjadi di Pura Dalem Prajapati Banjar Dadakan, Desa Adat Kelaci Kelod, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Wisatawan tersebut memanjat pohon yang disakralkan, di duga wisatawan tersebut tidak mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat sakral.</br>Hal ini kerap terjadi, penyebabnya adalah Kebebasan pergaulan dan pakaian di banyak tempat wisata, Kebutuhan konten komersial dan, Ketidaktahuan turis asing seputar tempat sakral di Bali. Dengan ini, kami berharap pemimpin Bali di tahun 2024 agar memperketat aturan aturan yang ada pada tempat tersebut dengan upaya yang dapat dilakukan yaitu,</br>1. Membentuk suatu komunitas untuk penjagaan yang lebih ketat pada tempat tersebut.</br>2. Pihak pengelola agar memberikan informasi rambu rambu makna dan tempat suci.</br>3. Memberikan sanksi kepada pengunjung yang melarang aturan tersebut baik sanksi moral maupun sanksi social.</br>4. Wisatawan diharapkan Didampingi pemandu wisata yang memiliki izin/berlisensi (memahami kondisi alam, adat istiadat, tradisi, serta kearifan lokal masyarakat Bali} saat mengunjungi daya Tarik wisata..</br>Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat,dan orasi ini dapat di realisasikan oleh pemimpin Bali tahun 2024 agar tempat tempat sakral di Bali selalu terjaga dan dilestarikan. Mohon maaf apabila terdapat salah kata, kami ucapkan terimakasih. Om Shanti, Shanti, Shanti Om.terimakasih. Om Shanti, Shanti, Shanti Om.)
  • Frans Nadjira  + (Frans Nadjira lahir di Makassar, Sulawesi Frans Nadjira lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 3 September 1942. Sejak 1974 dia menetap di Bali. Dia dikenal sebagai sastrawan dan pelukis. Tahun 1979 dia mengikuti program penulisan kreatif International Writing Program di University of Iowa, Iowa, USA. Dia pernah belajar seni rupa di Akademi Seni Lukis Indonesia (ASLI), Makassar. Saat melukis dia memilih dan menggunakan metode seni lukis otomatis (psikografi) yang ditekuni hingga sekarang. Irama, gerak, komposisi, dan warna menjadi ruh dalam karya-karyanya. </br></br>Dalam bidang sastra, terutama puisi, dia banyak menggembleng calon penyair di Bali yang belajar menulis puisi kepada dirinya. Tulisan-tulisannya dimuat di berbagai massa lokal dan nasional serta luar negeri, antara lain Bali Post, CAK, Kalam, Horison, Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia. Juga terangkum dalam antologi Laut Biru Langit Biru, Puisi ASEAN, Spirit That Moves Us (USA), On Foreign Shores, Ketika Kata Ketika Warna, Teh Ginseng, A Bonsai’s Morning. </br></br>Buku-buku sastranya yang telah terbit adalah Jendela (Kumpulan Puisi, 1980), Bercakap-Cakap di Bawah Guguran Daun-daun (Kumpulan Cerpen, 1981), Springs Of Fire Springs Of Tears (Kumpulan Puisi, 1998),Curriculum Vitae (Kumpulan Puisi, 2007), Pohon Kunang-Kunang (Kumpulan Cerpen, 2010), Catatan di Kertas Basah (Kumpulan Puisi, 2015), Keluarga Lara (Novel, 2016), Jejak-Jejak Mimpi (Novel, 2016), Peluklah Aku (Kumpulan Puisi, 2017).016), Peluklah Aku (Kumpulan Puisi, 2017).)
  • Sistem Tunnel Nincapang Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Nincapang Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Upaya Nincapang Kawentenan Uyah Khas Kusamba  + (Garam Kusamba merupakan garam organik tradGaram Kusamba merupakan garam organik tradisional Bali yang disebut-sebut jadi</br>salah satu garam terbaik di dunia. Garam yang dihasilkan di desa Kusamba, Kabupaten</br>Klungkung, Provinsi Bali. Sebagai garam organik, garam Kusamba tidak menggunakan</br>bahan-bahan kimiawi, garam Kusamba dikatakan organik karena cara pembuatannya</br>yang masih sangat bergantung dengan alam. sinar matahari dan terik menjadi sahabat</br>para petani garam Kusamba. Cara pembuatannya pun masih dilakukan dengan cara</br>tradisional. Akan tetapi kini, usaha tradisional ini kian terancam gulung tikar. Harga jual</br>garam berkualitas tinggi ini kurang menguntungkan. Para petani rata-rata menjualnya</br>dengan harga Rp1.200 per kilogram, jika musim penghujan harga jual hanya mencapai</br>Rp3 ribu per kilogram. Masalah lainnya, garam kusamba yang dibuat secara tradisional</br>dan produksinya terbatas. Hal inilah yang mendasari untuk menginisasi sistem yang</br>mampu meningkatkan produksi garam turun-temurun itu. Lalu, bagaimanakah solusinya?</br></br>Solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan</br>sistem tunnel. Secara sederhana, sistem tunnel berarti menambah wadah penampung</br>dengan bantuan geoisolator dan penutup, lalu dirangkai seperti lorong. Sistem ini</br>membuat petani garam tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Selain itu, dengan</br>adanya sistem Tunnel ini petani garam mampu menghasilkan puluhan-ratusan Kg</br>garam per Tunnel. Selain itu, manfaat lainnya seperti:</br></br>1. Membuat waktu panen garam menjadi lebih cepat</br>2. Petani dapat melakukan proses panen pada saat malam hari.</br>3. Membuat hemat tenaga dan waktu dalam mengisi lahan pembuatan garam</br>dengan air laut.</br>4. Kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari produksi sebelumnya dengan</br>palungan.</br></br>Menurut pengakuan dari petani garam, Melalui produksi sistem tunnel ini banyak</br>manfaat yang diperoleh oleh para petani garam di dalam produksi dan pemasarannya.</br>Selain garam, air yang terdapat pada saat panen garam tersebut dapat dijual dengan</br>harga mencapai kurang lebih Rp. 80.000,00 jerigen ukuran 35 liter. Air garam ini dapat</br>digunakan untuk proses pengentalan pembuatan produksi tahu. Perlu diketahui sistem</br>tunnel yang digunakan oleh Petani garam Kusamba merupakan teknologi sederhana</br>bantuan dari kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.i kerjasama Kementerian Sosial dengan ITS.)
  • Gde Artawan  + (GDE ARTAWAN lahir di Klungkung, 20 FebruarGDE ARTAWAN lahir di Klungkung, 20 Februari 1959. Dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Pendidikan terakhir S3 program doktor Linguistik Universitas Udayana. Menulis esei,puisi, cerpen di beberapa media massa.Sering diundang menjadi pembicara dalam kegiatan sastra dan temu ilmiah, serta ditunjuk menjadi juri dalam kegiatan pembacaan dan penulisan sastra. Menerima Anugerah Seni Wija Kusuma dua kali dari pemerintah Buleleng, tahun 1999 dan tahun 2007. Di Singaraja menjadi koordinator Dermaga Seni Buleleng ( DSB) yang kerapkali menggelar kegiatan apresiasi sastra dan beberapa kali menggelar lomba penulisan puisi se-Bali memperebutkan Singa Ambara Raja Award dalam rangka hari ulang tahun kota Singaraja. </br></br>Kumpulan cerpennya ‘Petarung Jambul’ mendapat Anugerah Seni Widya Pataka dari Pemerintah Propinsi Bali tahun 2008. Buku karya sastranya terhimpun dalam ‘Kaki Langit’(1984). ‘Buleleng dalam Sajak’(1996), ‘Kesaksian Burung Suksma’(1996), ‘Spektrum’ (1997), ‘Tentang Putra Fajar’ (2001), ‘Puisi Penyair Bali’ (2006), Dendang Denpasar, Nyiur Sanur (2012). Buku puisi tunggalnya adalah “Tubuhku Luka Pesisir, Tubuhmu Luka Pegunungan” (2014). Pesisir, Tubuhmu Luka Pegunungan” (2014).)